STING BREEZER SKILL BUILD (LADDER)

    Wah kayanya sampai selasa depan saya bakal jarang post di blog, soalnya lagi sibuk event di Dragon Nest SEA. Post kali ini saya akan memberikan Sting Breezer Skill Build (LADDER). Sting Breezer termasuk Job yang tidak begitu ditakuti di Ladder. Di Ladder saja, sangat jarang Sting Breezer yang memiliki rating besar. Padahal jika kombo serangan Sting Breezer mengenai musuh, bisa sangat mematikan untuk job yang memiliki Mdef kecil. Saya pernah mengalahkan Mercenary dalam waktu kurang dari satu menit di Ladder. Itupun kebetulan kombo serangannya masuk semua, sampe saya heran bisa secepat itu.

     Sting Breezer punya masalah MP yang lumayan menyebalkan di Ladder. Saya coba dengan Build ini, MP bisa habis dalam waktu kurang dari 2 menit jika Full Skill.  Kekurangan lain dari Sting Breezer adalah Casting Time skillnya yang lumayan lama. Kalian akan sering sakit hati, ketika sedang asik cast lalu batal (T_T). Satu lagi yang akan menjadi tantangan terbesar kalian adalah masih sering Bugnya kombo Hovering Blade EX / Dent Blow EX + Arcane Focus. Kadang-kadang serangannya sudah masuk, namun tidak berdamage. Padahal kombo tersebut cukup sulit dan rasanya kesal ketika sekalinya kena malah Bug no damage. Ah daripada curhat terus, mending langsung kalian cek aja Skill Buildnya dan jangan lupa baca penjelasannya ya.
(Baca juga: Sting Breezer Skill Build PVE)



Sting Breezer Skill Build
STING BREEZER SKILL BUILD (LADDER)

Wheel Blade lv 6:
Pada level 6, skill ini memiliki efek Knockback yang lumayan berguna untuk menjauhkan musuh.

Cross Cutter lv 6:
Biasanya saya gunakan ketika musuh jatuh di lantai. Pada hit terakhirnya akan mengangkat musuh yang terjatuh ke udara. Pada level 6, musuh diangkat lebih tinggi dari pada level sebelumnya.

Hornet Touch lv 1:
Hanya sebagai skill penolong saya ketika dalam keadaan terpojok. Hornet Touch bisa menahan serangan yang masuk dan melawannya dengan serangan lurus ke depan.

MP Recovery lv 6:
Di Ladder, Sting Breezer memiliki masalah dengan MPnya. Apalagi dengan Build seperti ini, pasti akan membuat konsumsi MP semakin besar.

Harmonize lv 1:
Buff yang bisa membuat status (INT,STR,AGI) kalian sama rata, sesuai dengan status yang paling besar.

Shutter Bounce 1:
Shutter Bounce memang memiliki Super Armor Break yang besar, tapi Non EX hanya memiliki area yang sempit. Kalian akan sering-sering menggunakan Skill ini untuk membuat musuh terjatuh dan menghabiskan aerial evasion lawan.

Stab Screw lv 1:
Daya hisap dan areanya tidak terlalu besar, biasanya saya gunakan untuk menarik musuh yang jatuh di tanah agar lebih dekat.

Spinning Cut lv 1:
Saya jarang sekali menggunakan Spinning Cut, karena kadang-kadang tidak bisa mengangkat musuh.

Lollipop Chups lv 15 (+1):
Skill Iframe ini saya naikan sampai level 16 karena damagenya di PVP lumayan besar. Terutama bagi Sting Breezer yang bermain MATK, akan cukup kesulitan ketika melawan musuh dengan MDEF besar pula. Biasanya job yang ber-Mdef besar akan memiliki Def yang kecil, sehingga Lollipop Chups sangat cocok untuk melawan mereka.

Fling Fling lv 1:
Jika musuh terkena full hit skill ini, maka kemungkin besar dia akan terjatuh. Selain itu, skill ini bisa di kombinasikan dengan Flag untuk skill kabur, hehehe.

Spinning Swing lv 1:
Skill ini lumayan berguna di PVP, saya lakukan putaran 1x + Special skill. Areanya memang tidak sebesar versi EX, namun super armor breaknya tetap lumayan besar.
(Baca juga: Lancea Skill Description)

Erratic Power lv 6:
Buff untuk meningkatkan Action + Movement Speed dan Final Damage kalian.

Scar Maker lv 5 (+1):
Buff untuk meningkatkan Patk dan Matk kalian, sering-sering menggunakannya agar serangan lebih besar.

Wall Maker lv 5:
Buff untuk mengurangi serangan yang masuk, seperti Transitional Damage Engineer. Di PVP kalian harus menggunakannya lebih bijak, karena cooldownnya tidak secepat di PVE.

Flag lv 1:
Skill ini memiliki Iframe 0.3 detik dan bisa menjadi ekstra Tumble atau skill serangan fisik.

Buzz Off lv 1:
Skill Counter Attack untuk Lancea dengan menekan special attack ketika terkena hit musuh.

Rushing Blade lv 1:
Serangan Tumble + Normal attack, damagenya tidak terlalu besar.

Hovering Blade lv 6:
Selalu jaga jarak dengan musuh ketika menggunakan skill ini, karena Casting Timenya lumayan lama sehingga sangat beresiko gagal atau dihit. Jika sudah melakukan Full hit kalian jangan diam saja, usahakan musuh terkena Arcane Focus. Hovering Blade EX + Arcane Focus akan membuat serangan mengejar musuh, damage dan armor breaknya lumayan besar. Tetapi seperti penjelasan di awal post saya, kadang-kadang skill ini suka error.

Spear Hand lv 18:
Saya agak kesal dengan skill ini, karena sering sekali lagi asik casting malah batal. Selain itu, serangan tombak Full Castnya bejalan sangat lambat dan gampang dihindari. Gunakan Spear Hand EX pada jarak sangat dekat, memiliki kemungkinan 2x damage (tanpa perlu full hit).

Piercing Strike lv 16:
Piercing Strike EX memiliki super armor break yang besar, musuh yang dilewati saja bisa jatuh. Secara normal damagenya tidak terlalu besar paling hanya 3k x 2 untuk terkena tombak dan 3k x 2 untuk ledakannya. Tetapi jika dikombo dengan Poking Behive EX damage ledakannya akan naik. Rekor terbesar saya  sampai 25k x 2 ke Mercenary. Saya beri sedikit saran untuk mengenainya Full Hit Kombo, kalian harus memastikan musuh tidak memiliki Aerial Evasion atau Escape. Ketika tombak kedua berhasil mengenai musuh, cepat-cepat cast Poking Beehive EX sebelum dia menggunakan Wake Attack.

Dent Blow lv 13:
Sama dengan Hovering Blade, skill ini bisa di kombo dengan Arcane Focus. Namun lagi-lagi damagenya kadang-kadang tidak muncul.

Arcane Focus lv 4:
Cooldown skill ini di PVP termasuk cepat, saya selalu gunakan untuk melakukan kombo dengan skill Hovering Blade dan Dent Blow.

Poking Beehive lv 11:
Poking Beehive EX memiliki damage yang besar di PVP, namun agak cukup sulit mengenai musuh yang bisa melakukan Escape. Saya biasa menggunakannya untuk dikombo dengan Piercing Strike EX. Oh ya, berhati-hati dalam casting skill ini, karena kalian tidak bisa membatalkannya. Kadang-kadang itu menjadi celah bagi musuh untuk melakukan serangan dari belakang (T_T).

Skill Plate:
1. Dent Blow (Damage)
2. Piercing Strike (Damage)
3. Poking Beehive (Cooldown)
4. Lollipop Chups (Cooldown)
Optional: Hovering Blade (Cooldown) , Spear Hand (Damage).


 
Moonlord/Lunar Knight Damage Comparison

    Maaf ya, beberapa hari ini jarang post di Blog. Ada orang yang merasa iri, kenapa saya hanya melakukan Raven Damage Comparison. Dia meminta saya untuk melakukan Moonlord (Lunar Knight) Damage Comparison sesuai gearnya. Perbandingan gear yang dia minta adalah Magic, Dark dan Light Moonlord. Jika saya hanya membandingkan damage dengan Buff sendirinya sih, itu tidak akan repot dan saya sudah bisa nebak bahwa Magic Moonlord pasti menang. Tapi dia meminta saya untuk membandingkan Damagenya di tiap party yang berbeda, misalnya DPS Dark Moonlord di Dark Party.
Guardian Skill Build
 
      Job Tanker satu ini memang sudah mulai kehilangan peminatnya. Sekarang kalau saya lihat di Party Nest atau Raid, banyak yang lebih membutuhkan Crusader sebagai DPS. Efek kurang dibutuhkannya Tanker untuk Nest atau Raid di Cap 80 ini lumayan menyiksa para Guardian. Banyak yang tidak tahan dengan diskriminasi memutuskan untuk mengubah jobnya atau pensiun. Guardian memang sudah di Boost, tapi itu tidak membuat pemainnya semakin banyak.

      Saya sih sangat menyukai Guardian setelah Boost, apalagi saya bisa mencoba Light Guardian. Semenjak Justice Crush menjadi Light Attack, lumayan banyak Guardian yang bermain Light Attack. Saya pun menjadi bimbang untuk membuat Guardian Skill Build Level 80 (PVE). Oleh karena itu, pada post kali ini saya memberikan 3 Skill Build.






Guardian Skill Build
Build 1
Guardian Skill Build


Build 2
Guardian Skill Build


Build 3
Guardian Skill Build


Charge Bolt lv 1:
Berguna untuk mengurangi light resist sebesar 15% dan persyaratan untuk mengambil Skil Lightning Zap.

Block lv 3-5:
Semenjak Boost Guardian, saya jadi mengurangi level block. Karena Bubble jadi lebih mudah didapatkan dengan Stance of Faith EX.

Heal lv 14:
Satu-satunya Skill Heal, jadi wajib Max.

MP Recovery lv 6:
Untuk mencegah agar tidak kehabisan MP. Terutama jika Elemental Aura terus aktif dan pengguna setia Half Turn Kick.

Toughness lv 0-5:
Skill Build no 1 membuat saya tidak bisa menaikan Toughness, karena permasalahan Skill Point. Toughness memang kadang-kadang tidak saya naikan, karena Cleric Class memiliki Def yang besar. Tetapi jika kalian memiliki Skill Point yang berlebih, sangat dianjurkan untuk menaikan Toughness.

Divine Combo vs Holy Kick vs Holy Relic:
Ketiga skill ini yang membuat saya lumayan bimbang. Saya akan mencoba membandingkan DPS antara ketiga skill ini.

Board damage + Cooldown
Divine Combo lv 26 = 675% + 33170 (Patk +Matk) / Cd = 15 detik
Holy Kick lv 16 = 278% +8337 (Patk + Matk) / Cd = 1 detik
Holy Relic lv 16 = 363% + 9634 (Patk + Matk) / Cd = 14 detik

DPS
Divine Combo lv 26 = 45% + 2211 
Holy Kick lv 16 = 278% +8337 
Holy Relic lv 16 = 26% + 688

Yah jika dilihat seperti ini, Holy Kick pasti mengungguli semuanya. Tapi tentunya kita tidak akan melakukan Holy Kick Setiap 1 detik kan? Karena kalian pasti akan melakukan skill suport atau serangan lain. Selain itu, melakukan Full Holy Kick tiap 1 detik akan membuat MP kalian bocor. 

Sekarang pilihan saya antara Divine Combo dan Holy Relic. Divine Combo memiliki DPS yang lebih besar, namun memiliki beberapa kelemahan yaitu area serangannya kecil, termasuk skill non element dan untuk melakukan full hit (8 hit) kita harus berdekatan dengan musuh. Sedangkan Holy Relic termasuk serangan Light Attack yang damagenya bisa bertambah dengan meningkatnya Light Attack. Selain itu, Holy Relic memiliki area serangan yang cukup besar dan kita tidak perlu berdekatan untuk melakukan full hit. Wah kalau dari penjelasan saya di atas, sudah pasti memilih Holy Relic sih. Tapi kalian bebas kok memilih Skill yang mana, yang penting cocok dengan gameplay kalian.

Sacred Hamering lv 11:
Sebagai pengganti Holy Kick saya lebih memilih menaikan Sacred Hammering. 

Electric Smite lv 11-13:
Perbedaan Damage atau DPS antara level 11 atau 13 tidak begitu jauh.

Provoke lv 5:
Pada level 5, cooldown provoke lebih cepat dibandingkan durasi buffnya.

Armor Break lv 10:
Armor Break yang memiliki efek debuff meningkatkan serangan kita. Sebenarnya pada level 6, cooldownya lebih cepat dibandingkan debuffnya. Namun saya melebihkan beberapa detik durasi debuffnya dengan menaikan Armor Break sampai level 10. Soalnya kadang-kadang saya tidak bisa melakukan Armor Break setiap cooldown.

Auto Block lv 6:
Persyaratan untuk EX.

Stance of Faith lv 6 + Divine Ascension lv 11:
      Stance of Faith (SoF) lv 6 memiliki durasi buff (24 detik) dan cukup untuk melakukan Divine Ascension 10x. Semenjak Guardian Boost, Divine Ascension menjadi naik daun karena memiliki cooldown 2 detik. Selain itu, pada saat melakukan SoF kita bisa melakukan Divine Ascension tanpa perlu di hit terlebih dahulu. Lalu kenapa SoF saya level 6? untuk melakukan Divine Ascension kita memerlukan 1 Bubble. Setiap melakukan SoF, Guardian akan mendapatkan 10 Bubble. Sehingga dengan waktu 24 detik saya rasa sudah cukup untuk melakukan Spam Divine Ascension 10x. 
     Bagaimana jika saya menaikan SoF Max? SoF level 11 (Max) memiliki waktu buff 39 detik. Bukan berarti dengan waktu 39 detik kalian bisa melakukan Divine Ascension 19 kali ya, karena tetap saja kalian memerlukan Bubble. Jadi jika SoF max dan tidak ada Bubble yang tersisa, saya harus berusaha terkena hit agar bisa mendapatkan Bubble sekaligus melakukan Divine Ascension dan itu lumayan merepotkan.

Divine Punishment lv 1:
Skill ini sangat berguna untuk mengembalikan serangan lawan dan memberikan serangan area pada musuh yang mendekat. Lalu kenapa saya level 1? karena serangan area dan movement speed untuk Divine Punishment EX tidak terpengaruh dengan level skill.

Iron will lv 1:
Durasi Buffnya terlalu cepat, sedangkan cooldownnya lumayan lama. Peningkatan levelnya pun hanya menambah beberapa detik saja, sehingga saya tidak menaikannya max. 

Elemental Aura lv 5:
Semenjak Guardian Revamp, skill ini menjadi all in one. Elemental Aura dapat meningkatkan semua serangan element (kecuali dark attack).

Divine Avatar lv 2:
Walaupun saya menggunakan Gear Light, tapi tidak mungkin untuk menggunkan Thor Hammer untuk Guardian. 

Guardian Force lv 7:

Skill Buff untuk memberian Perisai dan meningkatkan super armor. Cooldown skill ini dibuat lebih cepat yaitu 5 detik, sehingga Guardian bisa melakukan lebih sering.

Justice Crush lv 11:

Setelah Guardian Revamp, Justice Crush berubah menjadi element light. Hal ini yang membuat saya menjadi pengguna Light Guardian, agar damage Justice Crush menjadi lebih besar.


Skill Plate:

1. Electric Smite (Damage)
2. Justice Crush (Cooldown)
3. Divine Avatar (Cooldown)

Optional: Half Turn Kick / Holy Kick (Action Speed), Heal (Cooldown), Divine Ascension / Holy Relic (Damage)











   
   
    Saya baru sadar ternyata ada beberapa job yang saya belum bagikan Buildnya, salah satunya adalah Adept. Ini bukan sengaja yah, tapi memang untuk cap 80 ini saya tidak menaikan Adept. Alasannya karena memang terlalu banyak char lumayan merepotkan.

     Adept masih tetap menjadi salah satu DPS yang sering diajak untuk Nest di cap 80, walaupun pamornya sedikit berkurang karena Physician. Secara perhitungan DPS memang Physician lebih unggul, namun pada kenyataan Adept lebih konsisten dalam DPS.
      Adept Skill Build (PVE) yang akan saya bagikan ini agak lumayan berbeda dengan Build saya di cap 70. Saya menaikan 5 Skill yang masuk top DPS Adept di post DPS Chart. Mungkin beberapa dari kalian akan kembali merasa aneh dengan build ini, tetapi saya akan berusaha menjelaskannya. Semoga saja tidak ada yang salah paham, kalau saya memberikan build yang super kacau.



Adept Skill Build
Adept Skill Build


Wax lv 8:
Selain untuk mengisi kekosongan Skill di Academic Tree, Wax lv 8 juga memiliki cooldown cepat.

Force out lv 11:

Force out merupakan salah satu skill dengan basic MATK di Academic Tree. Pada level 6, Force Out akan di upgrade dengan tambahan damage 25% dan sedikit efek tumble yang memiliki Iframe.

MP recovery lv 6:
Adept merupakan job dengan status dasar INT, sehingga MP recovery bisa saja tidak perlu MAX. Namun agar Skill Point di Academic Tree bisa 45, saya memilih untuk menaikannya MAX. MP Recovery juga bisa membantu saya, ketika sewaktu-waktu mencoba memasuki Ladder.


Magma Punch lv 16:
Damage untuk level 16 dengan 19 memang tidak jauh beda. Selain itu, saya tidak berniat menggunakan Skill Ring +1 dan Epic Costume senjata untuk menaikan Magma Punch sampai level 21.


Magma Wall lv 15: (+1)
Top DPS skill untuk Adept jadi sangat wajib untuk MAX. Saya sarankan untuk menggunakan Skill Ring +1 agar bisa mendapatkan Peak Damage di level 16.


Magma Wave lv 11:
Mungkin kalian akan  heran ketika melihat Rank DPS Magma Wave di DPS Chart saya. Bagaimana mungkin Magma Wave EX bisa berada di posisi ketiga DPS. Alasannya adalah karena saya menggunakan Magician Jade sehingga DPS Magma Wave EX tidak akan maksimal. Jika kalian menggunakan Fire Jade, Magma Wave EX akan berada diurutan DPS kedua, mengalahkan Ice Palm.

(Baca: Dragon Nest DPS Chart)

Ice Punch lv 1:

Dulu saya pernah mencoba menaikan Ice Punch EX max, namun ternyata DPSnya tidak terlalu besar. Dan itu terbukti setelah saya menghitung DPS diberbagai kemungkinan Gear, Ice Punch tetap tidak memiliki DPS yang besar.

Icing Mass lv 11: (+1)

Icing Mass memiliki debuff -30% ice resist. Debuff ini dapat membantu meningkatkan damage dan lama beku untuk skill element Ice kalian. Selalu menggunakan Icing Mass setiap delay atau akan melakukan skill element ice. Saya sarankan untuk menggunakan Skill Ring +1, agar durasi debuffnya bisa bertambah menjadi 10 detik.

Ice Palm lv 16:
Mungkin jika kalian pernah membaca penjelasan saya di Adept Skill Build level 70 yang mengatakan bahwa damage skill ini tidak terlalu besar. Saya akui bahwa memang board damagenya tidak terlalu besar. Namun jika dihitung dengan maksimal hitnya, board damagenya menjadi sangat besar. Kendala terbesar skill ini adalah kadang-kadang total hitnya tidak konsisten.

Elemental Bubble Charging lv 1:

Supaya mendapatkan Bubble yang lebih jika menggunakan skill di Elemental Line.

Cocktail lv 6:
Buff yang berguna untuk party, karena jika kita menggunakan 6 bubble bisa mengurangi cooldown skill sebesar 18% dan meningkatkan status.


Eureka:
Skill pasif yang wajib diambil, karena bisa meningkatkan INT dan mengurangi serangan yang masuk berdasarkan jumlah Bubble kita.


Slime lv 1:
Summon untuk membantu serangan dan Slime dapat membantu ice stack selama 5 detik.


Injector + Disease + Poison Charging + Mixed Infection lv 1:
Persyaratan saja dan untuk skill poison saya pakai untuk memberi debuff poison ke musuh biar bisa menggunakan Poison Break. Mixed Infection walaupun sudah di boost damagenya, namun DPSnya untuk Adept tidak terlalu besar. Sehingga saya tidak berminat untuk menaikannya MAX.


Poison Break lv 11:
Skill yang lumayan sakit di PVE dan PVP, karena skill ini saya main MATK untuk solo dungeon atau nest.


Chemical Bubble Charging lv 1:
Supaya mendapatkan Bubble lebih jika menggunakan skilll di Chemical Line.


Hypnosis lv 1:
Skill Counter attack yang bisa membuat musuh tertidur.


Icicle Expression lv 2:

Ultimate skill ini memiliki damage yang besar. Gunakan Icing Mass, C2H5OH dan Ice Beam sebelum menggunakan ulti maka akan membuat damagenya lebih besar. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kalian melakukannya padasaat bubble ada 5.

C2H5OH lv 8:
Debuff untuk menggurangi element def musuh, gunakan skill ini secara rutin agar damage kalian lebih besar.


Ice Beam lv 11:
Pada cap 80, Ice Beam EX berhasil masuk ke dalam Top 5 DPS skill. Hal ini dikarenakan Ice Beam EX memiliki damage 2x lipat dari Ice Beam non EX. 



Skill Plate:

1. Magma Wave (+20% Damage)
2. Magma Wall (+20% Damage)
3. Poison Break (+20% Damage)
4. Ice Beam (-20% Cooldown)
Optional: Magma punch/Icicle Expression (20% Damage) dan Wax (-20% Cooldown)

Raven Damage Comparison

       Beberapa hari lalu, ada salah satu komentar yang meminta saya menghitung DPS untuk job-job yang bermain Element. Berhubung saya sedang tidak memiliki banyak waktu sekarang ini (Efek banyak Event dan kerjaan), jadi saya akan membandingkan satu Job saja. Job yang saya pilih adalah Raven, karena penggunanya di Dragon Nest SEA atau INA banyak sekali. Selain itu, masih banyak yang merasa kebingunan untuk Gearnya.
Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home