Ketika melihat hasil Vote kemarin sore saya sempat khawatir karena melihat Inquisitor berada di posisi pertama. Soalnya saya belum mulai ngetik Analisis untuk Priest Class. Untungnya pas bangun pagi tadi Dark Avenger ada di posisi pertama, walaupun saya bingung membuat buildnya. Bagaimana tidak bingung, hampir semua Skill Dark Avenger kena pengurangan (Nerf). Kalau tidak percaya coba lihat beberapa teman yang sudah mulai  curhat masalah Damage DA di kolom komentar Posting Analisis Sword Master Class.
      Kebanyakan pengguna Dark Avenger kecewa dengan penurunan Damage di Cap 90. Saya sih tidak begitu kecewa, toh penurunannya hanya sekitar 30% saja kan. Dark Avenger sudah mengalami penurunan yang lebih parah sebelum Cap 90 yaitu hilangnya  Duplikator +170% Damage dari Doom Blade. Keputusan Developer menghilangankan Duplikator Damage itu karena Bug Doom Blade + Summon Puppet yang bisa menghasilkan Damage Milyaran. Saya pernah iseng hitung pengaruh hilangnya Duplikator Damage untuk DPS DA. Ternyata penghapusan itu menurunkan potensi DPS DA sebesar 40%-an. Jadi kasarnya sih Dark Avenger ketika pertama muncul memiliki potensi DPS lebih besar 70% dibandingkan di Cap 90.
       Daripada meratapi penurunan ini lebih baik kita mencari solusi terbaik untuk memaksimalkan Damage Dark Avenger, misalnya dengan menggunakan Gear, Jade dan Skill Build yang tepat. Disini lah saya akan memberikan masukan tentang Dark Avenger Skill Build Level 90. Saya akan mencoba membahasnya dengan gaya baru (tidak seperti cap 80 lalu). Selain itu, banyak teman yang meminta saya memasukan rekomendasi Jade dan Heraldy.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT
Weapon: FIRE + PATK + VIT
Ring: FIRE + PATK + VIT
Earring + Necklace:STR + VIT

Kenapa tidak menggunakan jade AGI?
Dari Cap 80 saya sudah menggunakan Jade STR dan tidak merkomendasikan AGI untuk Dark Avenger. Alasannya adalah:
1. Skill pasif Dark Mastery yang bisa meningkatkan STR hingga 90%.
2. Kritikal Resist Boss Nest 80 adalah 60%

Di Cap 90, Status Conversion STR mendapatkan peningkatan dari 1 STR = 0.5 PATK menjadi 1 STR = 0.75 PATK, sedangkan 1 AGI = 0.25 PATK.

Update itu membuat penggunaan Jade Wind semakin kurang tepat. Saya akan coba hitung secara kasar saja:
Full STR vs Full AGI
Asumsikan:
STR = 30000
AGI = 30000
PATK:
Full STR = 0.75 x 30000 =  22500
Full  AGI = 0.25 x 30000 = 7500
Anggap kemungkinan kritikal untuk Full AGI adalah 100%, maka:
Full STR; 22500
Full AGI: 7500 x 2 = 15000

Perhitungan di atas masih belum memperhitungkan Pasif Dark Mastery (+90% STR), Critical Damage dan Critical Resist.

Berarti Dark Avenger yang main Kritikal jelek ya?
Saya tidak menyebutkan Dark Avenger tipe Kritikal itu jelek ya, tapi caranya mengejar kritikalnya harus tepat, misalkan menggunakan:
1. Skill Ring Opt Element + Kritikal
2. Heraldry 3rd Opt Kritikal
3. Khusus Ekstrem Player bisa menggunakan Jade STR + Krtikal (No Vit/HP)

Bisa juga memanfatkan Skill Dark Avenger.
Level 4: +3200 Kritikal
Level 5: +6200 Kritikal
Level 6: +11480 Kritikal

Heraldy + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shining (Ironwall), Fatal, Wind/Ultimate.


Skill Build

Build PVE ini yang saya gunakan untuk Cap 90.

Circle Break 
Penjelasannya bisa dibaca di Lunar Knight Skill Build saja ya, hehehehe.

Sebelum memasuki pembahasan Skill di Avenger atau Dark Avenger, mari kita cek dulu tabel dari Postingan  Analisis Sword Master Class:

*Perhitungan di atas ketika berubah menjadi Dark Avenger.

Avenger Force
Skill ini memang sudah kehilangan debuff untuk meningkatkan 28% Damage, tetapi sebagai Dark Avenger tetap wajib menaikannya Max + 1 agar cooldown skillnya lebih cepat.

Graves
Skill ini menjadi Top DPS Skill untuk Dark Avenger di Cap 90. Di Cap 80 kalian tahu kan kalau Grave memiliki 2 mekanisme serangan? cara pertama adalah yang normal dengan 2x klik kiri/kanan, sedangkan cara kedua adalah 1x klik kiri/kanan lalu ditahan.  Perbedaan mekanisme pertama dan kedua adalah damagenya. Mekanisme pertama memiliki 1.5x Board damage, sedangkan kedua 2x Board Damage. Angka DPS Grave di atas adalah untuk mekanisme yang kedua atau 2x Board Damage. Lalu bagaimana jika menggunakan Mekanisme pertama?
- (1096289/2) x 1.5 = 822217
Tetap saja Grave masih memiliki DPS tertinggi kan. Potensi DPSnya bisa semakin besar kalau kalian menaikannya sampai Level 21.

Dark Stinger
Penurunan Damage Dark Stinger di Cap 90 ini membuat Potensi DPSnya dengan Graves menjadi lumayan jauh. Walaupun seperti itu, Dark Stinger masih tetap menduduki posisi ketiga jadi masih layak untuk dinaikan. Selain itu Dark Stinger memiliki Debuff + 20% Damage juga.

Piercing Crescent
Potensi DPSnya menduduki posisi ke 4, tetapi masih meninggalkan permasalahan. Masalahnya adalah agak susah mendapatkan Full Hit Damage (54 Hit). Hal itulah yang membuat damage Piercing Crescent tidak stabil, sehingga membuat beberapa orang hanya menggunakannya untuk mencari Kritikal. Saya sih tetap menaikannya Max, soalnya potensi DPSnya masih lumayan baik.

Doom Blade
Saya sudah bilang di awal posting kalau Doom Blade ini skill yang paling banyak dikurangi. Pertama efek Duplikat Damagenya dihilangkan dan kedua Board Damagenya diturunkan. Hal ini membuat DPSnya turun jauh bila dibandingkan di awal kemuncula Dark Avenger. Berdasarkan tabel di atas, DPS Doom Blade malah menempati posisi 2 terbawah, sehingga saya rasa kurang begitu layak untuk menaikannya.

Vengeance Storm
DPSnya memang tidak begitu besar, tetapi mempertimbangkan Area serangan dan Casting Timenya saya pikir Skill ini tetap layak dinaikan.

Death Knell
Kalian mungkin heran kok bisa DPS Death Knell sebesar itu. Perhitungkan di atas adalah Full Hit Damage, sedangkan Death Knell Full Hit itu sama dengan 21x Board Damagenya (bahkan masih bisa lebih). Potensi DPS yang sebesar itu hanya bisa kalian lakukan di Boss yang berukuran besar. Apabila ukuran Bossnya sedang atau kecil maka DPSnya pasti akan turun.

Dark Riser
Skill yang terlihat biasa saja ini ternyata memiliki DPS yang lumayan besar juga. Setiap kenaikan level Skill maka Cooldown Dark Riser akan berkurang 1 detik. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan DPS maksimal untuk Skill ini kalian bisa menaikannya ke Level 11 (Peak Level).

Dark Suffering
Skill yang mirip dengan Flash Stance (LK) ini sayangnya bukan merupakan Skill INS untuk Dark Avenger. Damagenya meman sudah besar dari Cap 80, tetapi durasi skill untuk Full Hitnya agak lama yaitu 7 detik. Skill ini sangat cocok dipakai pada saat kita tidak sedang berubah menjadi Dark Avenger. Soalnya dengan lama Stance 7 detik, kalian bisa memilih DPS lain yang lebih efektif seperti Graves atau Dark Stinger.

Dark Avenger
Saya sudah bahas kegunaan skill ini untuk mengejar Kritikal di atas.

Dark Crash
Mantan TOP DPS Skill ini harus rela turun ke posisi kedua setelah damagenya dikurangi lumayan besar. Saya sering melihat pengguna DA yang suka menggagalkan Cast Dark Crash ditengah. Sayang sekali padahal damage Full Cast dengan Cancel Cast berbeda 2x lipat. Saya juga kadang-kadang suka Cancel Cast, tapi disaat melihat musuh akan lari dari Area serangan.

Soul Cutter INS
Instant Skill untuk Dark Avenger ini adalah satu-satunya skill yang mendapatkan Boost. Jika menaikan Step Blade level 1, maka kalian bisa melakukan 2x Soul Cutter dalam 25 detik. Sehingga secara DPS skill ini bisa merebut posisi pertama (Jika Graves menggunakan Mekanisme pertama). Lalu kenapa saya menaikannya sampai level 6 saja? masalahnya tentu di Skill Point yang kurang. Damage level 6 tidak begitu beda jauh dengan level 9 (MAX), kecuali kamu niat untuk menaikan skill ini sampai level 11. Jika ingin MAX bisa dengan mengurangi Graves ke Level 16, lalu skill pointnya digunakan untuk menaikan Soul Cutter.


Build terakhir saya adalah tipe PVE dengan sentuhan PVP

Circle Break + Rising Slash + Impact Wave + Swipping Kick Level 6
Keempat Skill itu sangat cocok untuk memperlancar kombo di PVP. Penjelasannya masih sama dengan Lunar Knight Skill Build .

Doom Blade
Berhuung di DN SEA belum Cap 90 dan saya belum sempat Patch DN INA, jadi saya masih belum mencoba damage Doom Blade di Cap 90. Sejauh ini sih Fungsi Doom Blade masih sama dengan Cap 90 yaitu untuk mengankat musuh ke udara. :P


Heraldry Skill
Tipe PVE:
1. Avenger Force (Cooldown)
2. Shadow Focus (Cooldown)
3. Dark Crash (Damage)
Optional: Graves, Dark Stinger, Piercing Crescent (Damage)

Tipe Hybrid
1. Avenger Force (Cooldown)
2. Shadow Focus (Cooldown)
3. Side Kick (Action Speed)
Optional: Dark Riser (Action Speed), Dark Crash (Cooldown)


      Ada yang nanya kenapa saya tidak Leveling di DN INA daripada harus nunggu CAP 90 di DN SEA. Alasannya utamanya adalah saya mau lebih santai saja. Bayangkan saja kalau saya Leveling + Coba Dungeon/Nest baru + Posting Analisis Class dan Skill Buid. Waduh bisa besok masuk rumah sakit karena kram otak + tangan. Oleh karena itu, selagi DN SEA belum Cap 90 saya berusaha secepat mungkin membuat Postingan Analisis Class dan Skill Build.
     Kali ini  saya kan menganalisis Acrobat Class yang kemarin sempat tertunda karena disalip Analisis Sword Master Class. Acrobat Class terdiri dari Tempest dan Windwalker. Kedua job itu kehilangan pamornya di Cap 80, padahal pernah di Boost besar-besaran. Windwalker bahkan bisa menggunakan Ultimate Skill setiap 8 detik dan Tempest bisa 15 detik, tetapi sayangnya itu kurang membantu posisinya sebagai DPS. Pada perhitungan DPS Chart terakhir saya, keduanya berada diposisi terbawah diantara 16 Job. 
    Update Cap 90 ini menambah kekecewaan Acrobat Class, karena Buff andalannya Spirit Boost menjadi Self Buff (untuk diri sendiri). Ini bisa mengganggu dunia per GB-an, karena banyak tukang GB yang merupakan Acrobat. Para Acrobat pasti berharap ada kompensasi yang pantas dengan Revamp Buff itu, misalnya dengan peningkatan Damage Skill. Apakah harapan mereka bisa terwujud?





    Terimakasih yah teman-teman yang sudah Vote. Pemenang Vote untuk Postingan Skill Build pertama ini adalah Lunar Knight (Moonlord). Persaingannya sih lumayan ketat, tapi di detik-detik terakhir Lunar Knight berhasil unggul. Berhubung Skill Build Lunar Knightnya akan saya Posting, jadi bagi teman yang sudah Vote untuk Lunar Knight bisa mengganti pilihannya ke Job lain.
    Berdasarkan Analisis DPS Swordmaster Class, Lunar Knight seperti tidak akan mengalami penurunan DPS di Cap 90 ini. Sehingga kemungkinan posisinya sebagai DPS masih akan tetap diperhitungkan. Supaya tidak membingungkan pembaca, saya informasikan kalau Analisis itu sudah disesuaikan dengan Board Damage Skill paling terbaru di DN Korea. Jadi jika di ada perbedaan dengan DN INA, berarti DN INA belum melakukan Update sampai Lunar Knight Boost. Walaupun saya sendiri kecewa sih, kenapa harus Lunar Knight yang di Boost (ngarepnya sih Gladiator).
     Back to topik, pada Postingan kali ini saya akan memberikan dua Skill Build yang akan saya gunakan di Cap 90. Seperti biasa, saya lebih suka ke Build yang Pure PVE dan ada sentuhan PVPnya juga untuk Ladder. Kalian jangan terpaku bahwa Skill Build saya berikan ini 100% bener. Jika merasa ada yang kurang cocok, kalian bebas memodifikasi Skill Buildnya atau memberi saran. Soalnya saya sendiri belum mencoba Skill Build ini, karena di DN SEA belum Cap 90 T_T


Jade
Armor: INT + VIT
Weapon: MATK + INT + VIT
Ring: MATK + INT + VIT
Earring + Necklace: INT + VIT

Kenapa Magic Attack?
Revamp 3R Buff/Debuff yang bikin pusing dunia Party Element. Sampai hari ini saya belum menghitung potensi dari Element Party di Cap 90. Contohnya saja Light Party yang kehilangan Banyak Buff dan Debuff. Dengan kondisi yang tidak menentu ini, saya memutuskan sementara pakai Magic Attack dulu (cari aman).

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Iron Wall (Shinning), Fatal, Ultimate/Blessed/Wind.


Moonlord Skill Build

Build 1

    Build pertama lebih saya peruntukan untuk PVE dengan bantuan beberapa Skill DPS. Build ini saya buat berdasarkan dari Posting sebelumnya tentang Analisis DPS Swordmaster Class.

Breaking Point
Buff terbaru di Warrior Tree ini wajib kalian ambil untuk meningkatan 10% MATK.

Circle Break vs Impact Wave
Seperti biasa, kedua skill ini selalu membuat saya dilema. Jika kalian ingat Build saya di Cap 80, saya lebih memilih Impact Wave dibandingkan Circle Break. Alasannya adalah Impact Wave memiliki Board Damage berdasarkan MATK dan lebih besar pula. Bagaimana dengan Cap 90? Lunar Knight bisa bernafas lega karena Board Damage Skill Cap 90 sudah disesuaikan dengan Status Utama Karakter. Jadi baik Impact Wave atau Circle Break damagenya berdasarkan MATK Lunar Knight kita. Dengan begitu saya bisa membandingkan langsung saja ya:
Board Damage
Circle Break lv 25: 446%, CD 11 detik
Impact Wave lv 26: 354%, CD 13 detik
Hasilnya sudah jelaskan, Circle Break lv 25 lebih unggul. Kelebihan lain dari Circle Break adalah kita mendapatkan bonus Iframe (kondisi dimana Char tidak dapat di Hit) selama 0.3 detik. Jadi untuk Cap 90, jika kamu dihadapkan antara 2 skill ini, saya sarankan untuk mengambil Circle Break.

Triple Slash vs Front Shove vs Hacking Stance vs Line Drive
Sebelumnya saya sudah jelaskan kalau Skill Fisik untuk Lunar Knight akan dihitung berdasarkan MATK. Jadi tidak ada salahnya bukan untuk menaikan salah satu dari Skill di Line Gladiator. Nah yang jadi pertanyaan adalah Skill mana yang DPS dan Castingnya paling baik. Mari kita analisis lebih lanjut:
Board Damage
Triple Slash lv 16: 1887%
Front Shove lv 16: 1465%
Hacking Stance lv 16: 415%
Line Drive lv 11: 2042%
Dilihat dari Board Damagenya Line Drive memang lebih unggul, tapi jangan lupa menghitungkan Damage Full Hitnya ya.
Full Hit
Triple Slash lv 16: 1887%
Front Shove lv 16: 1465%
Hacking Stance lv 16: 415% x 14 = 5810%
Line Drive lv 11: 2042%
Waw ternyata Hacking Stance unggul jauh sekali ya. Selanjutnya mari kita hitung DPSnya,
DPS
Triple Slash lv 16: 1887%/12 = 157%
Front Shove lv 16: 1465%/13 = 113%
Hacking Stance lv 16: 5810%/20 = 291%
Line Drive lv 11: 2042%/27 = 76%
Saya ambil dua Skill terbaik saja ya antara Triple Slash atau Hacking Stance. Kenapa di Skill Build saya memilih Triple Slash? pengguna warrior pasti sudah tahu bahwa Hacking Stance itu membutuhkan Casting Time yang lebih lama untuk Full Hit. Casting selama 6 detik ini bisa mengganggu rotasi untuk Skill Lunar Knight lain. Selain itu, Area serangan Hacking Stance (non EX) pun sangat kecil sehingga untuk Full Hit harus dekat dengan musuh (tentunya itu beresiko bukan?).

Brave
Peningkatan level untuk Brave membuat waktu Buffnya lebih lama, oleh karena itu saya naikan MAX.

Provoking Slam (Luring Slash)
Berbeda dengan Brave, peningkatan level untuk skill ini hanya akan meningkatkan damagenya saja, sedangkanya buffnya masih tetap. Jadi tidak perlu MAX kan?

Moonlight Splitter
Kenapa saya tidak MAX? ini kembali ke masalah pribadi sih. Char saya tidak memiliki Chas Weapon/Heraldry Skill +1 untuk Moonlight Splitter. Sehingga sangat rugi jika saya mengambil MAX tetapi tidak bisa mencapai level 21. Hal ini dikarenakan, Peak Damage Skill itu ada di Level 6, 11, 16, 21 dan 26.

Cyclone Slash
Jujur ya, saya agak berat menaikan skill ini. Walaupun damagenya sudah di Boost (cek:Analisis DPS Swordmaster Class), tetapi saya masih kurang nyaman dengan Casting Time untuk Full hit. Jumlah Hit Cyclone Slash itu adalah 16 Hit, sehingga damage Skillnya dibagi 16 selama kurang lebih 5-6 detik. Nah, jika musuh bergerak atau kabur dari Cyclone Slash tentunya damagenya tidak maksimal dan konsisten. Kalian tidak perlu memperdulikan curhatan di atas, toh saya juga menaikannya sampai level 16. Pokoknya berfikir positif dulu saja dan berusaha mencari Timing terbaik agar Damage Cyclone Slash bisa maksimal.

Crescent Cleave + Halfmoon Slash
Saya sarankan untuk Skill Crescent Cleave kalian harus menggunakan Skill +1 agar damagenya lebih maksimal di Level 16. Board Damage kedua skill ini dinaikan di Cap 90, tetapi karena efek perubahan Debuff Luring dan Cyclone Slash EX, DPS kedua skill ini tidak begitu naik signifikan malahan cenderung turun bila dibandingkan Cap 80. (Sumber: Analisis DPS Swordmaster Class)

Great Wave
Sesuai dengan namanya Great, maka kenaikan damage Skill ini di Cap 90 pun sangat besar. Bahkan di Analisis saya sebelumnya, Great Wave merupakan Skill yang mengalami kenaikan DPS terbesar diantara semua skill Lunar Knight.

Moonblade Dance
Top DPS Skill untuk Lunar Knight ini sudah wajib untuk MAX. Apalagi pada Cap 90 Damagenya dinaikan juga, sehingga posisinya sebagai TOP DPS tidak tergoyahkan.

Flash Stance
Saya gembira ketika melihat Skill ini di Boost juga, namun setelah di analisis lebih dalam ternyata DPSnya hanya berbeda sedikit dengan Cap 80.

Flash Stance INS
Nah ini adalah alasan saya memaksimalkan Flash Stance di Cap 90, karena Lunar Knight bisa melakukan Spam skill ini. Pada Cap 80, saya hanya menggunakan skill ini di PVP saja, namun di Cap 90 saya harus terbiasa melakukan Spam Flash Stance INS. Bagi yang tetap kurang suka melakukan Spam Flash Stance INS, kalian bisa menaikannya sampai level 1 atau 6. Sehingga buildnya menjadi seperti ini:

Build 2

    Seperti yang saya katakan sebelumnya, kalau Build 2 ini hanya untuk player yang tidak suka Spam Flash Stance INS. Kalian bisa melakukan kombinasi seperti ini:
- Flash Stance lv 1 + Circle Break 21 + Impact Wave 6
- Flash Stance lv 6 + Circle Break 21 + Impact Wave 1

Note: Saran saya sih mulai lah membiasakan diri melakukan Spam Flash Stance INS.

Build 3

    Sedikit berbeda dengan Build pertama, pada Build ketiga ini saya lebih mempertimbakan Skill untuk PVE dan PVP.

Circle Break + Rising Slash + Impact Wave lv 6
Ketiga skill ini sangat berguna untuk memperlancar kombo di PVP. Circle Break punya Iframe 0.3 detik dan Super Armor Break yang besar untuk membatalkan skill musuh. Rising Slash bisa mengangkat musuh dan memiliki paralyze yang lumayan. Impact Wave juga memiliki Area dan Super Armor break yang lebih besar, serta bisa mengangkat musuh juga.

Cyclone Slash lv 1 
Di Build pertama agak ragu dengan skill ini di PVE. Berhubung Build ketiga ini saya gunakan untuk PVP juga, jadi saya memilih untuk menaikannya sampai level 1 saja. Sehingga fungsinya di PVE dan PVP hanya Debuff atau Lock musuh.

Flash Stance
Flash Stance ini memiliki damage yang lumayan besar di PVP  dan jarak cukup jauh. Apalagi dengan bantuan Class Mastery II, kita bisa melakukan Spam skill Flash Stance INS. Kebiasaan saya  di Ladder sih mengunakan skill ini untuk mencicil musuh dari jarak jauh.

Sampai Skill Build Ketiga di Posting saya masih bingung mau memasukan kemana Sisa 7 Skill Point itu, mungkin kalian ada masukan?

Heraldy Skill
1. Crescent cleave (Damage)
2. Halfmoon Slash (Action Speed/Damage)

3. Moon Blade Dance (Damage)
Optional: Moonlight Spliter, Great Wave, Triple Slash (Damage) dan Side Kick (Action Speed)
    Seharusnya hari ini saya membuat Postingan Analisis untuk Acrobat Class. Namun setelah melihat pemenang Vote Skill Build adalah Lunar Knight/Moonlord, jadi saya harus Analisis Swordmaster untuk membantu pembuatan Skill Build level 90. Bagi yang melakukan Vote untuk Lunar Knight bisa mengganti pilihan ke Next Job.
    Analisis Swordmaster Class ini salah satu analisis yang banyak ditunggu pengunjung Blog. Swordmaster Class terdiri dari 3 Job yaitu Gladiator, Lunar Knight (Moonlord) dan Dark Avenger. Jika kalian mengikuti perkembangan Revamp Skill dari Awal Patch Cap 90 di DN Korea, maka saya rasa awalnya Gladitor akan mengungguli kedua saudaranya. Tetapi beberapa bulan kemudian Lunar Knight atau Moonlord mendapatkan Boost lagi, sehingga persaingan Lunar Knight dan Gladiator semakin memanas.
    Berbeda dengan Lunar Knigt dan Gladiator, Dark Avenger yang merupakan salah satu Job terbaru ini malah mendapatkan banyak pengurangan Damage. Padahal beberapa orang di Blog sering Curhat kalau susah mencari party menggunakan Dark Avenger di DN INA. Bayangkan saja, dengan DPS yang super di CAP 80 saja sudah kena diskriminasi apalagi di CAP 90 ini. Jujur sih, melihat kondisi itu saya juga sedih karena pernah mengalaminya sendiri. Saya akan berusaha membuka wawasan kalian tentang  Swordmaster Class di Cap 90, agar diskriminasi ini bisa berkurang/hilang.




      Para pemain DN INA pasti hari ini akan sibuk Leveling ke level 90 nih. Saya tidak bisa ikutan leveling juga, soalnya belum Patch dan Kuota Internet terbatas :P. Seperti biasa setiap kenaikan Level Cap, saya mulai mendapatkan permintaan Skill Build Level 90. Awalnya saya agak malas buat Skill Build tapi belum mencoba langsung Buildnya, takutnya nanti malah kena protes pula kalau salah-salah. Setelah dipikir-pikir, mulai besok saya akan membuat Posting Skill Build Cap 90 berdasarkan hasil Voting. Jadi kalian harus cepat-cepat Vote Job Favorit kamu, supaya besok bisa saya buatkan rekomendasi Skill Buildnya.
     Cukup Intermezonya, Posting kali ini saya akan kembali membahas mengenai Analasis Class untuk Bringer (Abyss Walker dan Light Fury). Saya tidak mau membahas terlalu banyak untuk kedua Job ini. Apalagi kita semua sudah tahu bahwa Light Fury sudah menjadi Support/Healer terbaik di Cap 80 lalu. Sedangkan untuk Abysswalker selalu menjadi bayang-bayang kesuksesan Saudaranya. Nah akankan pada Cap 90 ini Abysswalker mendapatkan tempat di Party atau tetap menjadi bayang-bayang dari Light Fury? Mari kita Analisis bersama-sama.    





Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home