SOUL EATER SKILL BUILD LEVEL 70 (PVE)

SOUL EATER SKILL BUILD

        Soul Eater (SE) merupakan job yang memiliki damage lumayan besar, apalagi dibanding saudaranya Dark Summoner. Kelebihan Soul eater adalah memiliki banyak Debuff, Curse dan Buff. Skill Debuff seperti  Ghost Scream (-crit resist dan +crit chance), Summon Puppet (+damage) dan Stigma of Curse (meningkatan total hit Soul Eater line). 

        Skill Curse Spirit Paper, Soul Gate dan Spirit Beast (Curse damage = 100% matk), semuanya stacking jadi total Curse damage yaitu 300% matk/2 detik. Skill Curse dengan Delay Status (-30% Movement Speed) yaitu Ghost Scream, Cling Snake dan Dragon Soul. Skill Buff yaitu Genies (+80% all stat), Increase Soul (+matk), Grudge formation (+damage), Phantom Guard (-damage) dan Phantom Avenger (+Movement Speed, -Cooldown dan Invisible). Jika dilihat dari banyak skill suport seharusnya SE bisa kita gunakan untuk Nest/Raid, tapi masih jarang yang menggunakan job ini di Dragon Nest INA.
          Soul Eater Skill Build yang saya buat lebih kearah PVE, karena fokus ke Nest/Raid. Saya menaikan semua skill suport yang berguna bagi party dan diri sendiri, Masalah damage jangan dikhawatirkan karena ada skill Soul Gate EX dan Beast Spirit EX yang damagenya tidak mengecewakan, Apalagi akan ada Revamp Screamer pada bulan Desember, yang kemungkinan akan menaikan damage skill di Screamer Tree, dan ini sangat menguntungkan bagi para pencinta screamer.




Soul Eater Skill Build

SOUL EATER SKILL BUILD

Soul Wind lv 21:
Salah satu skill DPS di Kali Tree, apalagi semenjak ada versi exnya yang range skillnya lebih jauh, bentuknya lebih besar, bisa menembus monster, cooldown cepat dan ada penambahan damage 25% untuk level 6 keatas. 

Tumble + Dummy ghost + Aerial evasion max:


Phantom Guard lv 5:

Ini sebenernya salah satu skill yang bisa jadi penyelamat kita, karena mengurangi damage yang masuk dan menambah superarmor. Pengertian gampangnya sih damage yang masuk di diskon 22%, diskon itu dibayar pakai MP, lalu MP yang dibayar kena diskon lagi yaitu 60%. Nah kalo seharusnya kita kena hit 100k, tapi sesudah pake skill ini damage yang masuk menjadi 78k dan mengurangi MP 8800 (22k di diskon 60%). Jadi kalau kalian cast skill ini usahakan jangan terlalu sering kena hit nanti MPnya bocor.

MP Recovery lv 4:
Sedikit membantu apabila MP kita bocor, tapi sejauh ini jika dipakai PVE jarang bocor, kecuali ketika Ladder bocor.


Phantom Claw + Chain Claw + Ravenge Hand + Phantom Rage + Blitz Claw lv 1:
Persyaratan


Rampage Claw lv 11:

Skill yang paling sakit di Line Dark Summoner, jadi saya ambil.

Increase Soul 4:

Buff matk yang mengurangi HP kita tiap detiknya,

Recent Area lv 6:

Board Damage skill ini di level 6 yaitu 231%. Buff damage selama 15 detik dan total full hitnya 8x. Jadi Board totalnya kalau full hit yaitu 8 x 231% = 1848%, dan itu sangat besar. Tapi untuk full hit skill ini kalian harus dekat dengan musuh, karena range yang kecil.

Stigma of Curse lv 1:

Skill yang berguna untuk menandai monster supaya bisa cast puppet, selain itu skill ini berguna untuk menambah hit damage skill di Soul Eater line.

Summon Puppet lv 6:

Skill yang sebenarnya berguna di PVE, tapi karena  ada resist untuk beberapa boss nest/raid yang membuat skill ini jadi agak kurang. Semoga saja di revamp screamer nanti, resistnya jangan terlalu cepat biar screamer bisa dilirik di party.

Grudge Formation lv 9:

buff super armor 100% dan meningkatan serangan. Buff yang wajib dinaikan max, karena berguna ketika party dengan job yang super armornya lemah. Kekurangan skill ini adalah cooldownnya masih lumayan lama dan kadang bisa membuat lag/dc pas nest (saya pribadi sih).

Spirit Paper lv 11:

Cooldown Curse skill ini di level 11 yaitu 14 detik dengan cooldown skill 13 detik. Jadi kita bisa dapat permanen curse dan sangat berguna untuk skill pasif level 65nya.

Cling Snake lv 1:

Skill ini mirip dengan Phoenix Stromnya EL dan damagenya juga lumayan besar, tapi karena masalah Skill Point jadi tidak bisa menaikan ini skill. 

Soul Gate lv 15: (+1)

Skill yang Wajib MAX untuk Soul Eater, karena menjadi TOP DPSnya SE. Soul Gate EX + Stigma of Curse bisa mengeluarkan total hit lebih dari 30x dan damage per hitnya dijamin sakit apalagi level 16.

Spirit Beast lv 13:

Damage Spirit Beast EX full hit sangat sakit, tapi agak sedikit sulit untuk full hit karena casting time yang diperlukan untuk full hit agak  lama. Jadi jika monster/bossnya gerak terkadang sia-sia.

Dragon Soul lv 1:

Ulti Soul Eater ini kurang begitu populer. Walaupun damagenya lebih sakit dibanding Phantom Avenger, tapi casting timenya terlalu lama.

Phantom Avenger lv 2:

Ultimate skill favoritenya para screamer, karena gabungan divine avatar dan spirit boost.

Spectre of Pain lv 1:

Secara DPS skill ini MAX masih kalah dengan Soul Wind level 21. Jadi saya lebih memilih menaikan Soul Wind lv 21 saja, mungkin saya akan menaikan ini skill max pada cap 80 setelah keluar versi EXnya.

Ghost Scream lv 5: (+1)

Debuff skill untuk mengurangi crit resist sebesar 20% dan meningkatkan kemungkinan crit 60% selama 15 detik. Debuff ini sangat berguna sekali padasaat party nest/raid.


Skill Plate:

1. Soul gate (Cooldown)
2. Ramapage Claw (+20% Damage)
3. Beast Spirit (+20% Damage)

4. Ghost Scream (+20% Damage)
Optional: Grudge Formation (Cooldown), Soul wind (Damage)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

21 comments:

  1. ane salah satu penggemar SE, dan tahu bagaimana terpuruknya job ini, di TH aja untuk equip SE harga sangat jeblok ;-( ... setelah beberapa kali jalan dan melakukan sebenarnya Job ini juga mampu men cancel beberapa skil seperti CPP di DDN dan magical power di TKN... dan mungkin beberapa skill lain yang karena kurangnya pengguna SE masih belum ditemukan :-b , ada tambahan juga untuk grudge formation yaitu +m atk dan p atk teman separty sampai +25%, semoga juga untuk status freze pada cling snake ex bisa agak lama... sangat ditunggu artikel mengenai job ini karena sangat jarang adanya penjelasan mengenai SE di artikel lain... :-b

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener banget, banyak yang blum tau kelebihan SE..
      padahal job ini punya banyak Buff dan Debuff yang bener-bener berguna.
      Damage/DPSnya juga lmayan besar..

      Di Dragon Nest SEA, pengguna SE juga semakin berkurang. Lebih banyak yang memilih menjadi Dark Summoner, terutama setelah lihat Patch Note Screamer Boost.

      Delete
  2. mas...saya mau nanya, SE itu pakai heraldy ultimate kagak? dan equipmentnya yang weapon sama second. weaponnya apa harus pakai savior ( saat cap 70 ) saat blom punya equipment DDN HC? tolong di balas ya mas ^_^ _DragonNestIndonesia_ServerVestinel_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur ya, dari sekian banyak char saya, ga da satupun yang pake ultimate.. ;-( ;-(
      Saya kurang suka kalau Final Damage nanggung.

      Kalau SE mu emang niat main FD, bole juga pake kok pake Ultimate..
      saya sih pake Blessed (Hemat dan meningkatkan crit resist)

      Masalah senjata emang agak-agak2 galau..
      Saya sih walau punya DDN HC tapi gak pernah diketok, soalnya biaya ketoknya mayan mahal sih..
      Jadi tetep pake savior sampe cap 80.
      Paling ganti dengan Unik 70 dari ladder..

      Delete
  3. Menurut Ane hebat SE tuh main AGI ama Crit klw bisa 8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe,, sebenernya tidak usah bermain AGI pun bisa kok Critnya 70-80% di Cap 70..
      Tinggal gimana kita nge build gearnya aja..

      Waktu Cap 70 dulu, SE saya pernah sampai 75% Crit Chance dan itu tanpa menaikan AGI. Hanya menggunakan Ring dengan Opt Crit dan beberapa Herald 3rd OPT crit :d :d

      Delete
  4. numpang nanya kk,, kalo acc buat SE antara skill acc sama set acc manti lebih ok yg mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dilihat secara kasar sih, kita akan rugi kalau menggunakan ACC Low Level untuk level gede.
      Tapi Majesty saya masih pake Tough Earring + Necklace level 13 :-)

      Sekarang masalahnya adalah bagaimana dengan manti ring?
      Full Set Twilight manti Set memiliki kelebihan 13% Dark Atk dibandingkan Skill Ring 70.
      Tapi Skill Ring 70 memiliki kelebihan status yang lebih besar.
      Ini menjadi lebih menarik MATK+ INT vs Dark Atk..

      Tadinya saya mau mencoba menghitung perbandingan equip ini, tapi sayangnya web item simulatornya sedang error.. ;-( ;-( ;-(

      Delete
    2. Lebih baik Matk. Sejauh pengamatan Saya, Spirit paper setiap hitnya mengaplikasikan 1 curse. So, 300% matk setiap 2 detik dan PERMANEN pada level tinggi. Curse tidak dipengaruhi DarkATT. So, Useless (-``- ,)

      Delete
    3. Yap bener Damage Curse emang tergantung sama besar MATK kita..
      Apalagi SE bisa permanen Curse + di Cap 80 ada tambahan Curse Spectre of Pain EX semakin2 de..

      Sepertinya sih DPSnya Full Dark masih menang. Soalnya walaupun MATK player punya damage Curse yang besar, tetapi Dark SKill yang keluar memiliki Board Damage yang lebih besar. Tapi saya belum coba2 hitung sih, itu cmn perkiraan saja hehehehe..

      Delete
    4. Well, curse effect sekitar 9000% per Menit.
      plus -15% dark ressist.

      Well, yahh.. segitu aja.. Seengaknya kalo si Korban ATT terus. Kan kalo gak nyerang, si korban gak kena effect :-s :-s

      Lebih lagi, di PvP curse jadi 60% ( maximum ) dan durasi jadi 5 detik. Gak aan kerasa :-s :-s :-s

      Delete
    5. Hehehe Dulu enak maen SE di PVP, karena Efek Cursenya lebih gede dari damage skillnya. Sekarang sih udah gak begitu kerasa damagenya..

      Ya kelemahan Curse disaat Musuh lagi gak nyerang..

      Eits tapi hati" kalau dibayangkan sih 9000% MATK/menit.
      tapi harus ingat kalau Skill yang punya efek Curse juga punya Cooldown..
      1. Spirit Paper: CD 13s, durasi curse 10s
      2. Soul Gate, CD 35s, durasi curse 10s
      3. Beast Spirit, CD 27s, durasi curse 10s
      jadi kira2 perhitungan kasarnya sih:
      1 menit bisa:
      5x Spirit Paper : 5 x 5 x 100% = 2500%
      2x Soul Gate : 2 x 5 x 100% = 1000%
      3x Beast Spirit: 3 x 5 x 100% = 1500%
      Total sih kira" 4500% MATK/menit
      itupun diasumsikan musuh terus pakai skill.

      Delete
    6. Nda juga kok.
      Spirit papper lv 16 itu udah permanen karena curse lebih laaaamaa dar CD.
      Lebih lagi setiap hit dari Spirit Papper mengaplikasikan 1 curse. Jadi kalo udah EX ver. 2 burung udah stack 3.

      Yahh... 300% PER 2 detik is still possible :-) :-) :-)

      Delete
    7. EH iya bener saya salah ternyata..
      Lupa kalau Curse untuk masing" skill Max Stackednya 3..
      Jadi dengan Spirit Papper aja udah bisa 9000% MATK/menit.

      Thx udah diingetin..

      Delete
  5. Kok keliatannya agak asal sih?
    Selama saya pake SE, gak pernah ambil Ulti DS. Ulti SE udah bagus, plus instant cast pasca Soul Scream. jadi bisa santet sambil ulti. :-) :-) :-)

    Resent area diambil 1 buat PvP, dan sejauh ini PvE gak kepake tuh. Kan SE mid-ranged. Untuk Stigma diambil 6. Untuk lempar 2 talisman, extra amunisi untuk paper dan Soul Gate. Dan ada beberapa lainnya yang disini gak diambil dan aku ambil untuk alasan ALAT.

    Yahh, itu sih gimana playstyle orang aja 8-) 8-)
    Ini cuma sekedar info dan saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya ini Build agak lama ya, sebelum ada Boost Screamer..
      Heheh sebelum di Boost saya lebih suka pake Ulti DS, karena lebih aman (invulnerability), +action Speed dan -cooldown.

      Recent Area punya Board Damage Total yang besar, memang kalau belum terbiasa menggunakannya agak males make. Soalnya kita musti sedikit mendekat ke musuh, biasanya Recent saya pake ketika Mobbing monster atau dikombo dengan Ulti DS.

      Kalau Stimga of Curse saya ambil level 1 karena durasi Debuffnya lebih lama daripada Cooldownnya.

      Delete
    2. Saran aja..

      SoC mendingan diambil lv 6.
      Kalo double branding bisa satu puppet 2 target. :-) :-) :-)
      dan double branding juga extra amunisi untuk spirit papper, jadi 8 papper :-) :-) :-)
      extra 2 tembakan SOUL GATE!!! @-) @-) @-)
      yakin gak mau diambil??
      Dan katanya CD lebih cepet dari pada branded status kan?
      Berarti Bisa 3 atau lebih branded target. More damage :-) :-) :-)

      Delete
    3. Ow ini masalah Double Branded ya..
      Di Cap 70/80, hanya ada beberapa Boss Nest/Raid yang bisa dilakukan Double Branded. Walaupun ada yang bisa di Double Branded seperti Boss pertama di Volcano Nest, itupun ada Puppet Resist jadi cuman 3-4s. Selain itu, Double Branded juga sedikit repot kalau jarang Boss sedang tidak berdekatan.

      Tanpa Double Branded pun (1x Branded), jika mengenai musuh sudah dapat meningkatkan Hit Spirit Paper menjadi 8x Board dan meningkatkan Hit Soul Gate EX dari 21.2 menjadi 33.6 Board damage.

      Stigma level 6 memang bisa memberikan kesempatan lebih, jika kita gagal mengenai Stigma pada Hit pertama.

      Dulu memang saya menggunakan Stigma level 6++
      Efek terlalu mikirn DPS jadi Skill Point kepake banyak oleh skill" itu..

      Delete
  6. mw tanya nih, skill ghost scream apa bener nih ngurangin CD per lv 6,11,16? terus sy ngambil spirit paper sampe lv 16, SoC 6. oh iya minta skill rotation nya dong. masih aga ribet set up nya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, mangkanya di SE Ghost Scream level 16 (Full Hit) bisa masuk ke TOP 5 DPSnya.

      Wew Rotasi skill ya,, nanti saya ingat" lagi..
      Soalnya Cap 80 ini, SE saya cmn buat Ladder doank sih..

      Delete