Pemenang Vote berikutnya adalah Saint. Job Healer ini tiba-tiba menjadi populer di Cap 90. Sepertinya kepopulerannya meningkat karena Damage Miracle Relic yang sedang Bug/Error. Gara-gara Bug/Error itu banyak player yang bilang Saint termasuk Job Healer yang memiliki DPS besar. Perlu diingat yang namanya Bug/Error itu suatu saat akan diperbaiki, nah ketika sudah diperbaiki kalian jangan sampai menyesal ya. Lagian Miracle Relic (Bug) tidak memiliki DPS sebesar Shock Relic kok :P.
     Sebagai Healer banyak yang mempertanyakan apakah Saint lebih baik dari Light Fury. Hmm gimana ya, saya masih menjagokan Light Fury sebagai Healer. Tetapi bila digabungkan dengan kemampuan Debuff dan Potensi DPSnya, Saint bisa lebih unggul. Yang terpenting adalah Saint sudah kembali bangkit dan siap bersaing di Cap 90 ini. Saya juga senang ketika para Saint yang vakum mulai kembali bermunculan.
   



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + Crit (Tipe Kritikal)
Weapon + Ring: Light + INT
Earring + Necklace: INT + VIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate/Wind.


Skill Build
Build ini saya peruntukan untuk Pure PVE player.


Build PVE + Lightning Bolt
Berdasarkan saran dari Ronny Setiawan, saya jadi punya ide Skill Build PVE yang menaikan Lightning Bolt. 

Seperti biasa, saya tidak akan membahas Skill Build tanpa menggunakan Data Potensi DPSnya.

Note: Gear/Equip sama dengan yang saya gunakan di Analisis Priest Class yaitu Saint tipe Light.

Charge Bolt
Saya sudah hitung-hitung semua Skill Aktif di Cleric Skill TRee dan DPSnya tidak ada yang bisa menandingi Charge Bolt (Full Hit). Skill lain yang DPS agak mendekati Charge Bolt adalah Divine Combo level 26 (Full Hit), tetapi Full Hit-nya sama susahnya dengan Charge Bolt. Jadi untuk PVE saya masih memilih Charge Bolt.

No Block
Saya tetap konsisten dari Cap 50 untuk Build PVE Saint tidak menggunakan Block. Jika kamu butuh Block bisa mengarungi Charge Bolt ke Level 16.

Chain Lightning
Berdasarkan tabel di atas, Chain Lightning menduduki posisi 4 Skill DPS Saint. Kelebihan Chain Lightning Max adalah lompatan petirnya bisa 10x dan itu berguna sekali untuk PVE.

Detonate
Di Cap 90, Detonate mendapatkan Boost Damage yang lumayan besar, sehingga menjadi Top 3 DPS skill untuk Saint. Detonate sangat cocok jika dikombo dengan Chain Lightning MAX. Agar Damage Detonate lebih besar lagi, kalian harus menggunkan Skill Ring +1.

Grand Cross
Full Hit Grand Cross adalah 20 Hit dengan damage tiap Hit adalah 0.2x Board damage, sehingga total Full Hit damagenya adalah 4x Board Damage.Saya tidak memasukan Skill ini di Tabel Skill DPS Saint, walaupun potensi DPS skill ini lebih besar daripada Detonate. Selama menggunakan Grand Cross (Inquisitor), saya baru mendapatkan total Full Hit Damage ketika melawan Basilisk di Saint Haven Defence. Pergerakan Grand Cross yang lambat membuat semakin sulit untuk Full Hit, apalagi untuk Boss yang aktif bergerak.

Holy Burst
Secara DPS memang skill ini tidak begitu besar, tetapi area serangan cukup besar dan berguna untuk PVE.

Lightning Relic
Sebagian orang menyarankan untuk memaksimalkan Lightning Relic, terutama setelah ada Mini Relic. Saya masih kurang berminat untuk memaksimalkan Lightning Relic, karena untuk mendapatkan damage yang besar kalian harus bisa mendapatkan posisi yang tepat. Kaliah haru mengusahakan Lightning Relic menempel dengan Boss/musuh dan berharap Boss/musuh itu tidak bergerak. Alasan lainnya adalah Debuff dari mini relic yang +10% Damage sudah dihilangkan, sehingga saya hanya menggunakan Lightning Relic + Mini Relic hanya untuk Shock Relic, bukan menjadi skill DPS utama.

Bind Relic
Bind Relic EX memiliki Debuff +20% damage, sehingga saya menaikannya max agar durasi relicnya lebih lama dan cooldownnya lebih cepat. Kalian bisa mendapatkan permanen Debuff itu jika menggunakan Skill ring +1 dan Skill plate Cooldown.

Miracle Relic
Jujur ya, Ultimate Skill ini bukan merupakan Skill DPS. Jadi untuk kalian yang berubah Job atau Full Gear Saint karena melihat Damage Miracle Relic, saya sarankan untuk tidak melakukannya. Memang seperti yang saya pernah jelaskan di  Analisis Priest Class kalau Miracle Relic memiliki damage besar. Itu semua dikarenakan memang Damagenya sedang Bug/Error. Lalu bagaimana jika Bug/Error itu diperbaiki? ya tinggal lihat saja di atas seberapa besar Potensi DPS Miracle Relic (Normal) :P.

Shock Relic
Sebelum ada Mini Relic saya sudah menaikan Skill ini Max, walaupun sempat diprotes oleh teman Guild. Sekarang saya kira tidak ada alasan untuk tidak menaikan Shock Relic Max, karena menjadi Top DPS skill untuk Saint. Pada Potensi di atas saya asumsikan setiap 15 detik (cooldown SR) kamu bisa melakukan Summon sebanyak 11 Relic yang terdiri dari 2x Healing, 1x Cure/Bind, 2x Light Relic dan 6x Mini Relic.


Build PVP
Build ini bisa kalian gunakan untuk PVE dan PVP juga.

Perbedaan Build pertama dan kedua hanya pada susunan Skill di Cleric Skill Tree dan menaikan Dual Ultimate. Sayangnya saya tidak memiliki Dual Skill Build sehingga tidak bisa mencoba langsung Build alias tetap setia dengan Build pertama.

Divine Combo + Holy Kick 
Saya merasa aneh ketika pertama kali melihat Saint bermain kombo tendang-tendang. Semakin hari malah semakin banyak Saint yang bermain tendangan dan itu membuat saya tertarik.  Divine Combo memiliki Super Armor Break yang besar dan sangat membantu untuk menjatuhkan musuh yang mendekat atau mengangkat musuh yang terjatuh ke tanah. Holy Kick level 6 memiliki Area tendangan yang lebih panjang dan memiliki kemungkinan Stun. Di Ladder Cap 80, Crusader saya menggunakan Jade, Ring  dan Plate Stun (Shock/Impact) agar Holy Kick lebih sering stun. Nah saya belum pernah mencobanya untuk Saint, apakah ada yang pernah mencoba?

Block
Saya rasa di PVP Block sangat berguna apalagi ketika sedang dikeroyok atau ditempel oleh Job Melee.

Holy Bolt
Skill untuk mengikat musu selama 1 detik.

Skill Heraldry
PVE (DPS):
- Miracle Relic (cooldown)
- Shock Relic (damage)
- Detonate (damage)
Optional:  Bind Relic/Lightning Relic (cooldown)

PVE (Support):
- Miracle Relic (cooldown)
- Heal (Heal Rate)
- Cure Relic (cooldown)
Optional: Bind Relic (cooldown)

Ladder/PVP:
- Miracle Relic (cooldown)
- Detonate (damage)
- Bind Relic (cooldown)
Optional: Half Turn Kick/Holy Kick (Action Speed), Holy Burst (Damage) dan Holy Shield (cooldown)

        Horeee..akhirnya sampai juga di Analisis Class terakhir. Terimakasih ya buat teman-teman yang sudah setia menunggu giliran, hehehe. Setelah ini saya bisa lebih fokus lagi membuat Skill Build. Tolong jangan meminta saya membuat DPS Chart untuk Cap 90 ya, karena sudah tidak sanggup lagi. Semua Posting Analisis Class bukan untuk mencari siapa DPS terbaik, tetapi untuk mengetahui berapa peningkatan/pengurangan Potensi DPS terbesar untuk masing-masing Skill per Job. Dengan itu kalian bisa melihat Skill apa yang memiliki Potensi DPS besar di Cap 90, sehingga bisa membantu kalian merancang Skill Build sendiri.
        Kembali ke pembahasan awal, Class terakhir yang saya akan analisis adalah Screamer (Dark Summoner dan Soul Eater). Kedua job ini sudah mulai jarang saya jumpai di dunia per PVE-an. Berbeda dengan dunia PVP, selama 3 bulan ini saya perhatikan jumlah Soul Eater dan Dark Summoner meningkat di Ladder DN SEA. Apakah mereka memang asli tukang santet atau hanya dukun musiman. Yang pasti setelah mendapatkan kabar bahwa salah satu Screamer Class mendapatkan Boost cukup besar di Cap 90, saya jadi lebih sering melihat tukang santet ditengah kota. Disinilah nikmatnya memiliki semua Job, saya tidak perlu menjadi player musiman yang sangat niat sampai Change Job.
       Diantara semua Kali Class, saya paling suka dengan Dark Summoner sejak pertama muncul. Saya sangat menyukai Dark Summoner dari gameplay PVPnya bukan PVE. Soalnya di PVE damagenya memang kurang terasa atau teman guild saya bilang "cuman buat potong kuku boss doang" T_T. Sempat di Boost besar-besaran tidak membuat Dark Summoner menjadi Top DPS atau mengalahkan DPS mainstream lainnya. Malahan Boost itu memperburuk kondisi DS di dunia PVE, karena masalah Buff terbarunya yang sangat Boros MP. Dark Summoner saya pun harus saya istirahatkan sampai Developer melakukan pengurangan konsumsi MP untuk Buffnya itu. Kabar gembira itu datang di Patch Note 90 yang lalu, saya melihat jumlah konsumsi MPnya dikurangi. Saya ingin uji coba konsumsi MPnya, tapi apa daya malas leveling DS di DN INA. (Buat yang sudah mencobanya boleh kasih info dong)
      Dark Summoner masih lebih beruntung dibandingkan Soul Eater. Sejak cap 50-80, Soul Eater belum mendapatkan Boost yang berarti/besar. Lebih menyedihkan lagi, ketika banyak player yang masih tidak tahu tentang Buff, Debuff dan Skill dari Soul Eater. Saya pun harus menjelaskan kelebihan dari Soul Eater hanya untuk diterima di Party, walaupun beberapa kali tetap tidak berpengaruh banyak. Patch Note Awal di DN Korea membuat saya kecewa, karena peningkatan damage Soul Eater masih nanggung. Kesabaran pengguna Soul Eater membuahkan hasil dengan patch Soul Eater Boost beberapa bulan kemudian. Saya yakin pengguna Soul Eater akan terpuaskan dengan peningkatan damagenya.



     Awalnya saya kira Saint akan memangkan Vote untuk hari ini, tapi secara tiba-tiba Light Fury berhasil menyusul. Kasusnya mirip ketika membuat Skill Build Dark Avenger, padahal beberapa jam sebelum Vote untuk Inquisitor lebih unggul. Beberapa orang bilang agar saya lebih cepat mengupdate Skill Buildnya. Mimpi saya sih ketika bangun tidur tiba-tiba semua Post Skill Build sudah ada di Blog (hehehehe). Intinya saya harap teman-teman sedikit bersabar karena membuat Post Skill Build/Analisis itu butuh waktu. Saya takut salah membuat Skill Build seperti kemarin, sampai ada yang kerugian Reset Skill.
      Saya sarankan jangan langsung percaya sama Skill Build yang saya Share. Kalian harus mengecek ulang lagi terutama masalah kecocokan Gameplay. Jika merasa ragu-ragu baca sampai komentar-komentarnya, biasanya disana sering ada saran-saran dari player lain. Saya berterimakasih juga buat teman-teman yang sudah bantu koreksi atau memberi masukan. Cukup curhatannya mari kita bahas Light Fury.
    Light Fury merupakan salah satu Healer unggulan di Cap 80. Bagaimana tidak disebut unggulan, LF memiliki buff damage, minus damage, element dan Heal yang besar. Itu dulu tapi sekarang (cap 90), beberapa Buff dan Healnya yang dikurangi (baca: Bringer Class Analysis). Hal ini membuat pengguna LF merasa khawatir posisinya akan digantikan oleh Saint (gantian dong). Dalam pembahasan Skill Build kali ini saya akan memberikan data DPS Skill dan beberapa pilihan Skill Build.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: ATK + AGI atau Light + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build

Build ini saya peruntukan untuk Pure PVE player.

Kenapa saya menyisakan 30 Skill Point?
Karena saya akan memberikan kalian pilihan Skill DPS-nya

Saya tidak mau asal-asalan merekomendasikan DPS Skill yang bagus di Cap 90. Oleh karena itu, saya akan memberikan Daftar perhitungan DPS Skill:

Equip/gear yang saya gunakan masih sama dengan postingan Bringer Class Analysis yaitu untuk Light Fury Tipe PATK.

Keterangan:
1. Biru = Skill di Assassin Tree
2. Orange = Skill dengan Light Attack
3. Ungu = Skill dengan Dark Attack

Mari kita mulai berdongeng...

Fan of Edge vs Piercing Strike vs Shadow Hand (Level 26)

Fan of Edge
Beberapa hari lalu ada yang bertanya Skill DPS apa yang mengalahkan Fan of Edge di Assassin Skill Tree? secara Full Hit DPS tentunya tidak ada yang mengalahkan Fan of Edge, tapi jangan lupa itu hanya perhitungan di atas kertas. Kenyataan dalam Nest, beberapa orang kesulitan untuk melakukan Full Hit FoE karena posisi kita harus berdekatan dengan musuh. Jika kalian sudah biasa dan lihai dalam menggunakan Fan of Edge, saya sarankan tetap menaikan Fan of Edge. Full Hit Fan of Edge adalah 6 Hit dan masing-masing hit sama dengan Board damagenya. Saya akan memperinci perhitungan DPSnya:
- 1 Hit = 14.491
- 2 Hit = 28.982
- 3 Hit = 43.473
Nah, kena 3 Hit saja DPSnya hampir sama dengan Piercing Strike Full Hit. Oleh karena itu, saya selalu menempatkan Fan of Edge sebagai pilihan pertama di Assassin Skill Tree.

Piercing Strike
Piercing Strike bisa menjadi pilihan berikutnya jika kamu merasa kurang cocok dengan Fan of Edge. Damagenya memang tidak terlalu besar tapi mekanik skillnya jauh lebih mudah. Kalian tidak perlu harus berdekatan dengan Boss untuk Full hit, yang perlu kalian lakukan hanya melempar Shuriken dari jauh.

Shadow Hand
Di Cap 80, Shadow Hand memiliki DPS yang lebih baik dibandingkan Cap 90. Sayangnya nerf/pengurangan DPS juga dialami oleh Shadow Hand. Pada level 6, Shadow Hand mendapatkan tambahan 25% damage, namun DPSnya tetap tidak bisa mengalahkan Piercing Strike dan Fan of Edge.

Kenapa tidak menaikan MP Recovery?
Hmm, Saya fikir Light Fury bukan Job yang boros MP


Outbreak vs Illusion Strike vs Night Exploison vs Plasma Burst vs Shadow Focus

Inilah alasan saya menyisakan 30 Skill Point, karena masih bingung bin galau memilih mana yang paling enak digunakan untuk Skill DPS. Saya harus memilih 2 Skill dari 5 Skill di atas

Outbreak 
Saya sempat optimis karena Outbreak mendapatkan peningkatan Board Damage, tapi ternyata tidak dapat mendongkrak posisinya ke TOP 5 DPS. Ironisnya Potensi DPS Outbreak malah kalah dengan semua skill di Line Abyss Walker.

Illusion Strike
Siapa yang menyangka Top DPSnya Abysswalker bisa menjadi TOP DPS juga untuk Light Fury (tipe PATK). Walaupun skill ini memiliki Potensi DPS yang besar, saya masih ragu-ragu. Alasannya adalah Illusion Strike lebih efektif untuk Single Target (satu musuh).

Shadow Focus
Ingin tahu kenapa Shadow Focus bisa berada di posisi ke 4, karena cooldownnya menjadi sangat cepat yaitu 5 detik. Ini berarti jika kamu menggunakan skill ini setiap 5 detik maka potensi DPSnya akan sama dengan yang di atas.  Dibandingkan dengan lllusion Strike, Shadow Focus memiliki Area yang lebih luas. Tugas kamu hanya harus pintar merotasi skill yang memiliki Dark Burn, agar Shadow Focus bisa diguanakan setiap 5 detik. Satu hal yang perlu diingat, jika kamu memilih Shadow Focus maka kamu harus menggunakan Skill Ring +1 agar Damagenya lebih maksimal.

Night Exploison vs Plasma Burst
Jujur sampai artikel ini dibuat pilihan saya tertuju antara Night Exploison dan Plasma Burst. Keduanya memiliki area serangan yang lumayan luas dan Casting time yang cepat. Plasma Burst malahan memiliki Iframe dan sering saya gunakan untuk menghindari serangan musuh. tetapi DPSnya berbeda lumayan jauh dengan Night Explosion.

Masih galau? mari kita analisis lebih dalam lagi untuk Dark Skill di atas



Dari data di atas, saya mempunyai tiga pilihan:
1. Night Explosion + Plasma Burst (Prioritas utama)
2. Night Explosion + Shadow Focus
3. Night Explosion + Illusion Strike

Kenapa saya terus memberi kalian pilihan?
Karena saya lebih menyukai diskusi masalah Skill Build dibandingkan saya harus langsung memberikan Skill Buildnya.

Summon Shadow
Bayangan ini memang sudah berada di Top 3 DPS Light Fury sejak cap 80. Sebagain besar pengguna Bringer tidak mengetahui sebenarnya berapa damage dari Shadow ini. Berdasarkan informasi dari forum KDN,  damage terbesar Summon Shadow adalah 1980% (Dark Damage) + 5432% (Light Damage). Angka tersebutlah yang saya masukan dalam perhitungan di atas.

Ring Strike EX
Pada Cap 80, Ring Strike bisa menjadi TOP DPS skill untuk Light Fury. Damagenya berdasarkan pada jumlah Hitnya. Pada tabel di atas saya menggunakan total 20x Hit (nilai rata-rata). Saya belum yakin berapa Total Hit maksimal dari Ring Strike, karena dibeberapa percobaan saya pernah sampai 26 Hit. Jika kamu berhasil menggunakan Ring Strike sampai 24-26 setiap kali cast, maka skill ini akan tetap menjadi TOP DPS Light Fury. Jangan lupa menggunakan Skill +1 untuk Ring Strike ya.

Line of Darkness
DPSnya memang tidak begitu besar tapi dari cap 80 saya sudah biasa menggunakannya.

Pact of Ajna
Summon yang satu ini agak sulit menghitung potensi damagenya, karena skillnya sangat kompleks. Beberapa orang bilang kalau Izuna Drop Cat = 1x Board Damage dan melempar Shuriker = 2.5x Board Damage. Saya pernah mencoba menghitung potensi damagenya dengan cara menghitung damage total yang bisa Ajna lakukan dalam 1 menit. Setelah uji coba sebayak 3x , saya mendapatkan perkiraan DPS Pact of Ajna lv 1 adalah {(1.5 x PATK) x Dark Attack}. Mungkin ada di antara kalian yang pernah uji coba?

Dark Conviction
Saya heran dengan Board Damage skill ini di Cap 90 yaitu 3128%. Apakah pihak developer lupa kalau Dark Conviction Full hit = 12.5x Board damagenya. Berarti potensi damage terbesarnya adalah 3128% x 12.5 = 39100%, waduh melebihi Bug Miracle relic :P.

Sunshine Spark
Skill yang Potensi DPSnya di diskon lebih dari 60%. Kecewa sih, karena Sunshine Spark adalah skill andalan saya untuk PVE di Cap 80. Berharap pihak developer terketuk pintu hatinya untuk menaikan kembali Damagenya,

Akhirnya Dongeng Build pertama selesai..

Build Pure PVE sudah, sekarang saat memberikan Skill Build kedua..


Build ini saya gunakan untuk PVE + Ladder/PVP

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar untuk Build ini, soalnya energi sudah terkuras oleh Build pertama.

Triple Edge + Shadow Hand (6) + Piercing Strike (6) + Dirty Trick (6)
Perlengkapan Skill untuk kombo di PVP. Shadow Hand (Level 6) memiliki Super Armor Break besar, Piercing Strike 2x (Level 6) bisa digunakan untuk menjatuhkan lawan atau mencicil dari jauh, Triple Edge bisa dikombo dengan Piercing Strike dan Dirtry Trick (Level 6) bisa mengangkat musuh yang terjatuh.

Ring Strike 
Peningkatan damage Ring Strike per-level di PVP memang tidak terlalu besar, tapi saya gunakan build ini untuk PVE juga. Oleh karena itu, saya tetap menaikannya sampai MAX untuk membantu DPS di PVE.

Healing of Ajna
Jumlah healnya memang menjadi imut-imut yaitu 0.4% HP per 2 detik, tapi di PVP lumayan berguna untuk membantu Heal dan menghalau serangan musuh seperti Tracking Arrow dll.

Illusion Strike
Kalian bisa memilih antara Illusion Strike, Night Explosion dan Plasma Burst. Dari Cap 80, saya selalu menaikan Illusion Strike level 16/max untuk Bringer PVP.  Perbedaan damage antara level 1 dan 16/max lumayan besar dan jarak serangannya juga jauh (lumayan buat nyicil).

Line of Darkness
Skill yang pedih di PVP terutama bagi Low Def Job, seperti Majesty, Smasher dkk.

Dark Conviction
Sama dengan Ring Strike, Dark Conviction saya gunakan untuk PVE saja, sedangkan untuk PVP lebih baik menggunakan Ring of Energy.


Skill Heraldry
PVE (DPS):
- Chakra Miracle (cooldown)
- Ring Strike (damage)
- Line of Darkness (damage)
- Dark Conviction (damage/cooldown)

PVE (Support):
- Chakra Miracle (cooldown)
- Chakra of Healing (cooldown)
- Chakra of Energy (cooldown)
- Chakra of Cure (cooldown)

Ladder/PVP:
- Chakra Miracle (cooldown)
- Line of Darkness (damage)
- Sunshine Spark (action speed)
- Chakra of Energy (heal rate)

      Penggemar Priest Class (Saint dan Inquisitor) dari kemarin ada yang protes karena Analisis Classnya tidak muncul-muncul. Sesuai urutan awal Cleric Class memang ada di dua terakhir. Kebetulan juga hari ini hasil Vote Skill Build yang memang itu Saint. Jadi sebelum saya membuat Skill Buildnya lebih baik menganalisisnya dulu sebagai pemanasan.
      Saint dan Inquisitor merupakan salah satu job Healer yang popularitasnya naik turun. Priest Class sudah menjadi Healer sejak Cap 24, lalu pada Cap 50 dan 60 Saint berhasil megambil posisi Healer utama di Nest atau Raid. Posisi Saint mulai tergeser dengan kehadiran Light Fury dan memaksa beberapa Saint harus vakum. Pihak Developer sudah berusaha membantu dengan Saint Boost di Cap 80, tetapi pada saat itu masih belum bisa menandingi Light Fury. Patch 90 membangkitkan harapan baru untuk Saint karena Healer Job dibuat lebih imbang. Dari komentar teman-teman di Blog malahan ada yang bilang Saint merupakan job DPS di Cap 90. Penasaran kan kenapa mereka sebut Saint job DPS?
     Inquisitor memiliki nasib yang agak berbeda. Setelah popularitasnya naik di Cap 80 lalu dengan menjadi Support untuk Light Party, karena memiliki Buff, Debuff dan Heal. Bahkan Debuffnya dulu bisa mencapai 60% Light Resist. Sayangnya di Cap 90 maksimal Debuff (Element Resist, Kritikal Resist dan Damage) hanya 20% dan tidak bisa Stacking. Selain itu pengurangan jumlah Heal juga membuat posisi Inquisitor lebih sulit. Saya menduga Developer ingin membuat Inquisitor menjadi DPS job, seperti yang dialami oleh Elestra (Cyromancer). Nah yang jadi pertanyaan adalah apakah Inquisitor memiliki amunisi yang cukup untuk menjadi DPS? mari kita analisis bersama-sama.


     Hujan-hujan gini enaknnya bahas yang panas-dingin. Saya akan kembali membahas tentang Analisis Elemental Lord Class. Elemental Lord terdiri dari dua job yaitu Elestra (Cyromancer) dan Saleana (Pyromancer). Seharusnya Postingan ini selesai kemarin, cuman karena dah pusing liat angka jadi ditunda hari ini.  Saya perhatikan hasil Vote skill build selalu berubah-ubah dan ketat. Saya jadi ingin cepat-cepat menyelesaikan Posting Analisis supaya bisa lebih fokus membuat Skill Build. Apalagi seminggu ke depan akan banyak waktu kosong, karena DN SEA belum Update Cap 90.
     Diantara Elestra dan Saleana, saya lebih sering menggunakan Elestra untuk Raid/Nest biasa. Gara-gara keseringan pakai Sorceress jadi dapat julukan Tante. Kemampuan Ice Stacking yang membuat saya betah pakai Elestra, karena kerjaan saya hanya merotasi skill Freeze saja alias gabut. Pada Cap 80, Elestra hanya membutuhkan HP dan Defence yang besar dan tidak perlu menempa Senjata sampai +10-13-an (Hemat mode). Ketika Patch Note 90 keluar saya Spechless karena skill yang biasa saya pakai untuk Solo Daily/Nest dihapus yaitu Frozen Burst, selain itu Shield ada durasi dan cooldown. Yang paling buruk adalah hilangnya kemampuan Ice Stacking, ice resist debuff dan pengurangan damage dari Freeze Status. Saya tidak membayangkan bagaimana perasaan Elestra saat ini.
     Perubahan di Elestra membuat saya mulai melirik Char Saleana saya yang ada di daftar koleksi Char. Harap maklum ya, terakhir saya memfokuskan Equip untuk Saleana adalah ketika Cap 50, selanjutnya saya jatuh cinta dengan Elestra sampai hari ini (Sebelum DN SEA Patch 90). Melihat Patch Note untuk Saleana, saya melihat ada harapan baru dengan Boost Skill dan Buffnya. Dan lagi-lagi Developer membuat kesal karena dua Skill Pasif utama Saleana di Nerf beberapa bulan setelah Update Cap 90 DN Korea (kayanya DN INA sudah yang versi Nerf). Intinya kedua Job ini membuat saya pesanaran bagaimana nasibnya di Cap 90 ini.


Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home