LIGHT FURY SKILL BUILD LEVEL 90

     Awalnya saya kira Saint akan memangkan Vote untuk hari ini, tapi secara tiba-tiba Light Fury berhasil menyusul. Kasusnya mirip ketika membuat Skill Build Dark Avenger, padahal beberapa jam sebelum Vote untuk Inquisitor lebih unggul. Beberapa orang bilang agar saya lebih cepat mengupdate Skill Buildnya. Mimpi saya sih ketika bangun tidur tiba-tiba semua Post Skill Build sudah ada di Blog (hehehehe). Intinya saya harap teman-teman sedikit bersabar karena membuat Post Skill Build/Analisis itu butuh waktu. Saya takut salah membuat Skill Build seperti kemarin, sampai ada yang kerugian Reset Skill.
      Saya sarankan jangan langsung percaya sama Skill Build yang saya Share. Kalian harus mengecek ulang lagi terutama masalah kecocokan Gameplay. Jika merasa ragu-ragu baca sampai komentar-komentarnya, biasanya disana sering ada saran-saran dari player lain. Saya berterimakasih juga buat teman-teman yang sudah bantu koreksi atau memberi masukan. Cukup curhatannya mari kita bahas Light Fury.
    Light Fury merupakan salah satu Healer unggulan di Cap 80. Bagaimana tidak disebut unggulan, LF memiliki buff damage, minus damage, element dan Heal yang besar. Itu dulu tapi sekarang (cap 90), beberapa Buff dan Healnya yang dikurangi (baca: Bringer Class Analysis). Hal ini membuat pengguna LF merasa khawatir posisinya akan digantikan oleh Saint (gantian dong). Dalam pembahasan Skill Build kali ini saya akan memberikan data DPS Skill dan beberapa pilihan Skill Build.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: ATK + AGI atau Light + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build

Build ini saya peruntukan untuk Pure PVE player.

Kenapa saya menyisakan 30 Skill Point?
Karena saya akan memberikan kalian pilihan Skill DPS-nya

Saya tidak mau asal-asalan merekomendasikan DPS Skill yang bagus di Cap 90. Oleh karena itu, saya akan memberikan Daftar perhitungan DPS Skill:

Equip/gear yang saya gunakan masih sama dengan postingan Bringer Class Analysis yaitu untuk Light Fury Tipe PATK.

Keterangan:
1. Biru = Skill di Assassin Tree
2. Orange = Skill dengan Light Attack
3. Ungu = Skill dengan Dark Attack

Mari kita mulai berdongeng...

Fan of Edge vs Piercing Strike vs Shadow Hand (Level 26)

Fan of Edge
Beberapa hari lalu ada yang bertanya Skill DPS apa yang mengalahkan Fan of Edge di Assassin Skill Tree? secara Full Hit DPS tentunya tidak ada yang mengalahkan Fan of Edge, tapi jangan lupa itu hanya perhitungan di atas kertas. Kenyataan dalam Nest, beberapa orang kesulitan untuk melakukan Full Hit FoE karena posisi kita harus berdekatan dengan musuh. Jika kalian sudah biasa dan lihai dalam menggunakan Fan of Edge, saya sarankan tetap menaikan Fan of Edge. Full Hit Fan of Edge adalah 6 Hit dan masing-masing hit sama dengan Board damagenya. Saya akan memperinci perhitungan DPSnya:
- 1 Hit = 14.491
- 2 Hit = 28.982
- 3 Hit = 43.473
Nah, kena 3 Hit saja DPSnya hampir sama dengan Piercing Strike Full Hit. Oleh karena itu, saya selalu menempatkan Fan of Edge sebagai pilihan pertama di Assassin Skill Tree.

Piercing Strike
Piercing Strike bisa menjadi pilihan berikutnya jika kamu merasa kurang cocok dengan Fan of Edge. Damagenya memang tidak terlalu besar tapi mekanik skillnya jauh lebih mudah. Kalian tidak perlu harus berdekatan dengan Boss untuk Full hit, yang perlu kalian lakukan hanya melempar Shuriken dari jauh.

Shadow Hand
Di Cap 80, Shadow Hand memiliki DPS yang lebih baik dibandingkan Cap 90. Sayangnya nerf/pengurangan DPS juga dialami oleh Shadow Hand. Pada level 6, Shadow Hand mendapatkan tambahan 25% damage, namun DPSnya tetap tidak bisa mengalahkan Piercing Strike dan Fan of Edge.

Kenapa tidak menaikan MP Recovery?
Hmm, Saya fikir Light Fury bukan Job yang boros MP


Outbreak vs Illusion Strike vs Night Exploison vs Plasma Burst vs Shadow Focus

Inilah alasan saya menyisakan 30 Skill Point, karena masih bingung bin galau memilih mana yang paling enak digunakan untuk Skill DPS. Saya harus memilih 2 Skill dari 5 Skill di atas

Outbreak 
Saya sempat optimis karena Outbreak mendapatkan peningkatan Board Damage, tapi ternyata tidak dapat mendongkrak posisinya ke TOP 5 DPS. Ironisnya Potensi DPS Outbreak malah kalah dengan semua skill di Line Abyss Walker.

Illusion Strike
Siapa yang menyangka Top DPSnya Abysswalker bisa menjadi TOP DPS juga untuk Light Fury (tipe PATK). Walaupun skill ini memiliki Potensi DPS yang besar, saya masih ragu-ragu. Alasannya adalah Illusion Strike lebih efektif untuk Single Target (satu musuh).

Shadow Focus
Ingin tahu kenapa Shadow Focus bisa berada di posisi ke 4, karena cooldownnya menjadi sangat cepat yaitu 5 detik. Ini berarti jika kamu menggunakan skill ini setiap 5 detik maka potensi DPSnya akan sama dengan yang di atas.  Dibandingkan dengan lllusion Strike, Shadow Focus memiliki Area yang lebih luas. Tugas kamu hanya harus pintar merotasi skill yang memiliki Dark Burn, agar Shadow Focus bisa diguanakan setiap 5 detik. Satu hal yang perlu diingat, jika kamu memilih Shadow Focus maka kamu harus menggunakan Skill Ring +1 agar Damagenya lebih maksimal.

Night Exploison vs Plasma Burst
Jujur sampai artikel ini dibuat pilihan saya tertuju antara Night Exploison dan Plasma Burst. Keduanya memiliki area serangan yang lumayan luas dan Casting time yang cepat. Plasma Burst malahan memiliki Iframe dan sering saya gunakan untuk menghindari serangan musuh. tetapi DPSnya berbeda lumayan jauh dengan Night Explosion.

Masih galau? mari kita analisis lebih dalam lagi untuk Dark Skill di atas



Dari data di atas, saya mempunyai tiga pilihan:
1. Night Explosion + Plasma Burst (Prioritas utama)
2. Night Explosion + Shadow Focus
3. Night Explosion + Illusion Strike

Kenapa saya terus memberi kalian pilihan?
Karena saya lebih menyukai diskusi masalah Skill Build dibandingkan saya harus langsung memberikan Skill Buildnya.

Summon Shadow
Bayangan ini memang sudah berada di Top 3 DPS Light Fury sejak cap 80. Sebagain besar pengguna Bringer tidak mengetahui sebenarnya berapa damage dari Shadow ini. Berdasarkan informasi dari forum KDN,  damage terbesar Summon Shadow adalah 1980% (Dark Damage) + 5432% (Light Damage). Angka tersebutlah yang saya masukan dalam perhitungan di atas.

Ring Strike EX
Pada Cap 80, Ring Strike bisa menjadi TOP DPS skill untuk Light Fury. Damagenya berdasarkan pada jumlah Hitnya. Pada tabel di atas saya menggunakan total 20x Hit (nilai rata-rata). Saya belum yakin berapa Total Hit maksimal dari Ring Strike, karena dibeberapa percobaan saya pernah sampai 26 Hit. Jika kamu berhasil menggunakan Ring Strike sampai 24-26 setiap kali cast, maka skill ini akan tetap menjadi TOP DPS Light Fury. Jangan lupa menggunakan Skill +1 untuk Ring Strike ya.

Line of Darkness
DPSnya memang tidak begitu besar tapi dari cap 80 saya sudah biasa menggunakannya.

Pact of Ajna
Summon yang satu ini agak sulit menghitung potensi damagenya, karena skillnya sangat kompleks. Beberapa orang bilang kalau Izuna Drop Cat = 1x Board Damage dan melempar Shuriker = 2.5x Board Damage. Saya pernah mencoba menghitung potensi damagenya dengan cara menghitung damage total yang bisa Ajna lakukan dalam 1 menit. Setelah uji coba sebayak 3x , saya mendapatkan perkiraan DPS Pact of Ajna lv 1 adalah {(1.5 x PATK) x Dark Attack}. Mungkin ada di antara kalian yang pernah uji coba?

Dark Conviction
Saya heran dengan Board Damage skill ini di Cap 90 yaitu 3128%. Apakah pihak developer lupa kalau Dark Conviction Full hit = 12.5x Board damagenya. Berarti potensi damage terbesarnya adalah 3128% x 12.5 = 39100%, waduh melebihi Bug Miracle relic :P.

Sunshine Spark
Skill yang Potensi DPSnya di diskon lebih dari 60%. Kecewa sih, karena Sunshine Spark adalah skill andalan saya untuk PVE di Cap 80. Berharap pihak developer terketuk pintu hatinya untuk menaikan kembali Damagenya,

Akhirnya Dongeng Build pertama selesai..

Build Pure PVE sudah, sekarang saat memberikan Skill Build kedua..


Build ini saya gunakan untuk PVE + Ladder/PVP

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar untuk Build ini, soalnya energi sudah terkuras oleh Build pertama.

Triple Edge + Shadow Hand (6) + Piercing Strike (6) + Dirty Trick (6)
Perlengkapan Skill untuk kombo di PVP. Shadow Hand (Level 6) memiliki Super Armor Break besar, Piercing Strike 2x (Level 6) bisa digunakan untuk menjatuhkan lawan atau mencicil dari jauh, Triple Edge bisa dikombo dengan Piercing Strike dan Dirtry Trick (Level 6) bisa mengangkat musuh yang terjatuh.

Ring Strike 
Peningkatan damage Ring Strike per-level di PVP memang tidak terlalu besar, tapi saya gunakan build ini untuk PVE juga. Oleh karena itu, saya tetap menaikannya sampai MAX untuk membantu DPS di PVE.

Healing of Ajna
Jumlah healnya memang menjadi imut-imut yaitu 0.4% HP per 2 detik, tapi di PVP lumayan berguna untuk membantu Heal dan menghalau serangan musuh seperti Tracking Arrow dll.

Illusion Strike
Kalian bisa memilih antara Illusion Strike, Night Explosion dan Plasma Burst. Dari Cap 80, saya selalu menaikan Illusion Strike level 16/max untuk Bringer PVP.  Perbedaan damage antara level 1 dan 16/max lumayan besar dan jarak serangannya juga jauh (lumayan buat nyicil).

Line of Darkness
Skill yang pedih di PVP terutama bagi Low Def Job, seperti Majesty, Smasher dkk.

Dark Conviction
Sama dengan Ring Strike, Dark Conviction saya gunakan untuk PVE saja, sedangkan untuk PVP lebih baik menggunakan Ring of Energy.


Skill Heraldry
PVE (DPS):
- Chakra Miracle (cooldown)
- Ring Strike (damage)
- Line of Darkness (damage)
- Dark Conviction (damage/cooldown)

PVE (Support):
- Chakra Miracle (cooldown)
- Chakra of Healing (cooldown)
- Chakra of Energy (cooldown)
- Chakra of Cure (cooldown)

Ladder/PVP:
- Chakra Miracle (cooldown)
- Line of Darkness (damage)
- Sunshine Spark (action speed)
- Chakra of Energy (heal rate)

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

39 comments:

  1. Bang Ramdan Kalo Soal Skil Healing Lebih besar mana Light Fury apa Saint?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya punya 3 Skill Heal..
      Saint:
      1. Healing Relic EX (0.4%/ 2detik dan CD 10 detik)
      2. Holy SHield (30% HP cd 60 detik)
      3. Heal (3% HP CD 60 detik)

      Light Fury:
      1. Healing of Ajna (0.4%/ 2detik dan CD 10 detik)
      2. CHakra Miracle (30% HP cd 60 detik)
      3. Chakra Energy (15% HP, CD 30 detik)

      Nah distu dah jelas LF punya Skill Heal lbh unggul di Chakra of Energy.. Keunggulan lain dari Heal LF aja Jangkauannya 1 map.

      Delete
    2. Kalo RAta Rata DPS paling tinggi apa bang?

      Delete
    3. wah gak tau dah.. Soalnya itu musti dibandingin pake equip setara..

      Delete
    4. sekedar nambahin gan... LF memang unggul dari jumlah skill healing tapi HEAL MP TERBESAR cap90 adalah SAINT gan.
      dengan Healing Relic EX Durasi 30s cd hanya 10s dibanding tapa LF yg jadi kayak gitu....

      ditambah Saint memiliki BEST CURE EVER in whole dragonnest..

      bisa dibilang mereka setara. dari heal hp saja LF unggul. tapi dari segi supporter secara keseluruhan, Saint unggul karena bisa heal mp (tahta sumur MP sudah direbut saint) dan cure yang terbaik, dan dari segi damage saint ga boleh diremehkan, saint unggul secara support. LF unggul sebagai healer saja.

      Delete
    5. bang ramdan soal heal LF di build pve nya kok ga ambil heal of azna??

      Delete
  2. Gan di cap 90 ni skill Summon Shadow-nya skrg kok ga kluarin skill Ring Strike sama Line of Darkness lg? Pas cap 70 dan 80 tu sy prnh cb skill tu, jika lvl 1 Clone-nya hit musuh dengan normal hit trs keluarlin skill OutBreak dan Plasma Burst di level 2 keluarin OutBreakEX, Plasma Burst EX, Ring Strike EX dan Line of Darkness EX, tanpa normal hit. Jadi DPS dari skill Summon Shadow ini jg mengurang gan, cuma tulisannya yg msh ATT 200%, saya prnh coba gan job LF cap 80, gmn yg pake job AW skill Summon Shadow apa jg seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau gak RIng Strike berarti DPSnya drop banget itu..
      Soalnya Ring Strike penyumbang DPS terbesar Shadow

      Duh musti cek ulang DPS Shadow lg dong ya.

      Delete
    2. Saya sudah coba juga gan di PvP, hasilnya sama Clone ga keluarin LoD EX dan Ring Strike EX

      Delete
    3. Saya tunggu Cap 90 versi DN SEA aja dulu de,, Soalnya terlalu banyak BUG dan tiap server2 beda2..

      Kaya di CDN dan INA Miracle relic dan Healing Relic BUG, tapi di KDN normal.
      Berharap DN SEA ikut jalur normal alias no Bug..

      Delete
  3. mungkin ada yang multivote bang, jadi perubahan vote nya bisa tiba2 banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal udah di setting satu komputer/Hp cmn bisa sekali vote..
      hehehehe

      Delete
  4. Informasi untuk Light Fury DN INA gan:

    Untuk Plate Skill Heraldry Chakra Cure sy prnh coba pake yang mengurangi 20% cooldown ternyata tidak work (error). Cooldown skill tersebut adalah 20 detik jika memakai Premium Skill Heraldry Chakra Cure (cooldown -20%) maka harusnya 16 detik tetapi di DN INA tidak. Dapat Plate Cure dari Fragment langsung saya kasih tau ke orang yang pake job ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cmn di DN INA aja apa semua ya..
      Soalnya Error emang masih banyak aplagi di Cap 90 ini.
      Di DN SEA aja Cure Relic Saint Error hampir 5 bulan gak di Fix, jadi Saint jalannya slow lg de..

      Delete
    2. bukan kek gt bang , awal cooldown nya kan 25 , kalau d kasih plate ya tinggal 20 gan ,

      Delete
  5. Untuk Jade gambar pedang gan, harusnya pake Dark juga dong karena sebagian skill-nya ada yang Dark juga. Saya ada info lagi gan jade-nya kalau 4 Destruction campur AGI atau STR itu DPSnya kuat di kucing sama Summon Shadow tapi kalau kita pake jade Elemen, DPS mereka jadi berkurang tapi serangan si LF tambah kuat jadi bingung mau pilih jade yang mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pake Dark DPS Lightnya turun..
      Saya suka jade Netral (Destruction) aja sih biar sama2 enak maen Dark Skill/ Non Element SKill dan Light Skill..

      Shadow ma Kucing itu bentrok sebetulnya
      Shadow lbh besar ATKnya di Light
      Kucing Full Dark

      Mangkanya saya pake Destruc aja cari aman..

      Jade sih mending Full AGI aja soalnya STR atau AGI sama 0.5PATK

      Delete
    2. Terima kasih gan, baru tau Shadow ama kucing bentrok hahaha.
      Kalo ente mending AGI gan, yang saya tau gini perbedaannya, kalo AGI ningkatin Critical biar skill DPS-nya LF kuat, kalo pake STR ningkatin Paralyze supaya lawannya kejal-kejal alias bangunnya lama jika jatuh (guna di PvP).

      Tapi tetep dah setia di AGI wkwkwkwk.
      Tu gan bedanya walaupun peningkatan Physical Attack sama: 0.5 PATK

      Delete
  6. Bro, ane mau buat Assassin-Light Furry, buildnya gimana kira-kira kalo dungeon/nest solo??
    1.STR/VIT?
    2.AGI/VIT?
    3.STR/AGI?

    ReplyDelete
  7. Skill build nya lebih 4 slot Gan, jdi bingung yg gk d pake yg mna ??

    ReplyDelete
  8. Cuma sekedar tambahan, diskusi skill na harus tambahkan SP yang akan digunakan karena SP untuk max ilussion strike & outbreak jauh lebih besar dibandingkan skill lainnya.

    ReplyDelete
  9. Gan,gi mana mahunya tambahkan def dan magdef light fury

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di PVE? ya tinggal pake Heraldry 3rd Mdef/Pdef atau main STR juga bsa naekin Pdef kita

      Delete
  10. halo mas ramdan saya pemain dn ina..mau tanya nih job utamanya saya LF..smnjak diskriminasi healer LF dipandang DPS bukan helaer bukan..kena kick mulu..niat saya mau ganti job..boleh minta saran antara RAVEN dan AW mana yg lbih mantap DPSnya dan masadepanya bagus hehhe..atau stay di LF aja ntar2 kepake lg buat nest2 makasih bang ramdan sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah LF bisa kena Diskriminasi di DN INA?
      Asli loh di DN SEA aman2 aja itu LF, karena Healnya masih tetep oke

      DUh saya sih seneng pake Job Healer jd gak pernah berfikiran untuk berubah Job. Kalau kamu terpaksa banget ubah job antara AW atau Raven sih gini:
      - AW bagus untuk sekarang2 ini karna DPSnya oke
      - Raven bagus untuk Update paling terbaru di DN Korea

      Nah kalau kamu butuh buru2 mending pilih AW, kalau sabar beberapa bulan lg enkan RAven

      Delete
    2. Yup, DN INA LF lagi turun daun banyak yg lari ke SAINT untuk segi Support'y

      DI DN INA LF hanya seperti anak Bawang saja hahaha dulu ramai di Kota skarang SEPI gk ada peminatnya

      kalo menurut ku Segi DPS UNTUK JOB Abyss Walker sama RAVEN
      lebih bagus di AW, ntah kenapa gk bisa kasih alasan, soalnya aku pengguna Abyss Walker

      kalo AW dari segi DPS bagus + bisa HEal sama Summon juga Dalam Artian Solo NEST Cepat Terselesaikan dah yah Intinya AW enak SOLO sama Party Nest

      ntah kalo RAVEN gmn, soalnya trakhir maen Raven Cap 80 dan ITU BOROS MP, dan agak kurang enak Solo Nest (menurut ku Pribadi sih :D)

      Delete
    3. Wah kasian yang LF, padahal saya d SEA sering banget party sama LF.
      Dan Healnya itu masih enak2 aja.

      DPS LF emang gak sebesar Shock Relicnya Saint, tp secara heal masih lbh unggul karna punya 3 Heal.

      untuk AW vs Raven, skrang AW emang lbh unggul. Cuman di Update terbaru sepertina Raven bisa nyusul AW.

      Delete
  11. Itu maksudnya reven lebih bagus unt update terbaru gmn, apakah AW akan di nerf atau raven nya yg akan di bost?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raven yang di Boost, coba cek aja Posting terbaru saya

      Delete
  12. Hai Bang Ramdan makasih buildnya sangat membantu, bang ramdan kalau LF urutan talisman dari 200% ke kanan urutanya gimana ?
    Lebih baik attk kecil element light besar atau sebaliknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. urutan Heraldry di atas sebenernya bsa untuk talisman
      Destruc Wind 200%
      Health Bear
      Life Tent
      Fatal SHinning(ironwall)

      Nah ini tergantung Build mu, kalau kamu main banyak skill Dark Element. Lebih bagus main PATK besar.

      Delete
  13. Gan minta tolong urutan combo skill buat pvp LF masih bingung -_-
    makasih ^_^

    ReplyDelete
  14. nyesek banget gan pas update cap 90 rasanya beda banget pakai LF, eh nyatanya di nerf, nyoba ganti job ke AW jadi ngga berasa demagenya, mana equip helardy udah pro LF T^T
    ampooonnn dah makasih gan info buildnya, bermanfaat banget. ^^

    ReplyDelete
  15. Sebagai pecinta support class, saya ingin membagi build LF saya

    1. Full Support Build: https://dnmaze.com/lightfury-90/-E---0--0-0000-00030----0-0F00000010E!--E!0-6!C0---0---A0---0---0--00--00--

    2. DPS / Support Build: https://dnmaze.com/lightfury-90/-----0--K-0000-00030----0-000-00001FE!--E!0-6!C0--10---A0---0---0--00--00--

    Full Support Build~
    knp saya ambil Pierching Star di banding Fan of Edge?
    karna skill ini bisa men-stagger musuh, yg membantu party lain seperti LK Flash Stance (damage meningkat ketika musuh terjatuh)

    lv.16 Illusion Strike untuk mid range DPS dan burn damage
    lv.15 + 1 Shadow Focus gunakan setiap 5 detik setiap musuh terkena burn damage
    lv.13 Line of Darkness Main DPS anda
    lv.7 + 1 Pact of Azna Support / DPS party, decent damage

    lv.15 + 1 Ring Strike gunakan skill ini setelah Line of Darkness, rotasi skill itu penting

    DPS / Support Build~
    Hampir sama seperti build support, tapi dengan sedikit make over.

    lv.21 Fan of Edge high DPS damage di assassin class tree.
    lv.16 Plasma Burst Low CD + high damage.
    lv.15 + 1 Shadow Focus sama seperti support build.
    lv.13 Line of Darkness MAIN DPS!!!
    lv.7 + 1 Pact of Azna karna kucing is life
    lv.15 + 1 Ring Strike karna Ring Strike is life wwwwwww

    kalo di lihat2 skill lightfury lebih ke Dark Skill tree, karna DPS skill Light sedikit sekali di cap 90 ini, jadi Lightfury lebih bagus menjadi DarkFury (gunakan dark jade & skill acc)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaka mau tanya, itu settingan yg full supp, Dark Conviction ga di ambil kenapa ya ka? brati lfnya main di blkg aja ya? thanks

      Delete