Pemenang Polling sebelumnya adalah Artillery. Sejak awal Cap 90, jarang sekali di Blog/Guild/Facebook yang menanyakan tentang Artillery. Kebanyakan orang hanya fokus pada Sniper yang katanya menjadi TOP DPS JOB di Cap 90 ini. Artillery memang mendapatkan peningkatan DPS yang lebih kecil dibandingkan dengan Sniper (baca: Analisis Bow Master Class), tetapi masih lebih konsisten untuk segala jenis boss. Kebetulan saya belum leveling Char ke level 90, jadi belum mengetahui kondisi per PVE-an. Saya ingin sekali mengecek apakah Artillery terkena diskriminasi Job juga.
Jade/Jewel
Armor: INT + VIT / INT + CRIT
Weapon + Ring: MATK + INT
Earring + Necklace: INT + VIT / INT + CRIT
Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed/Wind
Skill Build
Seperti biasa kita lihat tabel Potensi DPSnya dulu:
Build PVE
Build 2
Build ini berbeda dengan sebelumnya, saya menaikan beberapa Skill DPS di Line Sniper yang memiliki Potensi DPS tinggi.
Magic Arrow
Sniper Skill Build saja mengambil Magic Arrow masa Artillery tidak :p
Multi Shot
Bisa kalian gunakan untuk Armor Break.
Swift Shot
Swift Shot masih mempertahankan posisinya di TOP DPS Artillery. Waktu saya membahas Sniper Skill Build, banyak yang heran kenapa Swift Shot memiliki Potensi DPS yang besar. Biar saya beri sedikit gambarannya saja ya.
Full Hit: 9.5x Board Damage (angka ini mustahil didapatkan)
Full Hit dua: 8.5x Board Damage (ini yang lebih mungkin terjadi)
Jumlah Hitnya tergantung dengan posisi kita jadi di Lapangan bisa berbeda-beda tentunya. Rata-rata saya sih bisa 6.5-7.5 Board Damage. Kita misalkan begini:
Full Hit: 7x Board Damage
Board Damage: 592%
Damage: 592% x 7 = 4144%
Cooldown: 10 detik
DPS: 4144%/10 = 414%
Bandingkan saja dengan Siege Stance (Sylph Aid)
DPS: (9 x 830%)/30 detik = 249%
Dengan kata lain, Potensi DPS Siege Stance (SA) di Artillery sama dengan 4.5x Board Damage Swift Shoot (3 Hit Awal + 3 Hit tambahan EX), berarti tidak perlu Full Hit saja sudah besar DPSnya.
Note: Perhitungan untuk Sniper akan berbeda lagi
Rapid Shot
Beberapa hari lalu, salah satu pengunjung Blog bertanya tentang Skill ini. Apakah mengorbankan Rapid Shot untuk menaikan Siege Stance itu merugikan. Pada saat itu saya belum menghitung Potensi DPSnya, jadi jawabannya masih gantung. Daripada di PHP terus mending saya kasih kepastian. Dilihat dari tabel Potensi DPSnya, Rapid Shot bisa menduduki posisi kedua. Berarti sangat sayang kan mengorbankan Skill DPS no 2 untuk menaikan Skill DPS no 3. Bahkan sampai sekarang saya belum mengetahui berapakan Hit Maksimal Skill ini. Terakhir saya uji coba kemarin di Boss Abyss of Heat, hanya bisa maksimal 24x Hit (12x Board Damage). Ini berarti ada kemungkinan Hitnya akan lebih besar jika saya coba di Boss Raid (GDN/SDN/RDN).
Tracking Arrow (Guided Shot)
Skill yang paling Simpel di Bow Master karena hanya tinggal klik dan serangan akan mengarah langsung ke musuh. Kelemahan Tracking Arrow kalian pasti sudah tahu yaitu jika ada banyak monster Hitnya akan menyebar. Di Build saya hanya menaikannya sampai level 11 karena kekurangan Skill Point. Damagenya memang tidak terlalu jauh sih, tapi Level Skill Tracking Arrow juga mempengaruhi damage dari Fatal Tracking Arrow.
Revolution Balissta
Ultimate Skill yang wajb Max
Mari mulai kebagian galau
Tabel Kenaikan DPS per Level |
Aerial Chain Shot vs Siege Stance vs Arrow Shower vs Frag Arrow (Scope Arrow)
Disinilah saya sempat bingung skill mana yang harus dikorbankan. Sebelumnya banyak yang bilang lebih baik mengorbankan Rapid Shot, tapi saya kurang setuju. Setelah melihat tabel Kenaikan DPS untuk keempat Skill itu, saya jadi berfikir untuk mengorbankan Scope Arrow (T_T). Hal tersebut dikarenakan Scope Arrow memiliki potensi DPS yang paling kecil dan kenaikan DPSnya tiap level pun tidak terlalu besar (Lihat dibagian 1 vs 16). Berarti tersisa tiga skill lainnya.Aerial Chain Shot
Potensi DPSnya oke, perbedaan DPSnya antara level 1 dengn 16 juga lumayan besar. Aerial Chain Shot juga memiliki Casting Time yang lebih cepat dibanding Siege Stance dan Arrow Shower. Jadi saya tetap menaikannya sampai Peak Level yaitu 16.
Siege Stance vs Arrow Shower
Saya hanya bisa memaksimalkan salah satu diantara kedua skill ini atau bisa menaikannya pada level yang sama seperti di Build. Ini semua berdasarkan kalian sendiri, apakah kalian akan menaikan Siege Stance MAX + 1 atau tidak. Jika iya, berarti kalian harus menaikan Siege Stance level 15 dan Arrow Shower level 6. Apakah itu merugikan? mari kita lihat di tabel Kenaikan DPS per Level.- Kenaikan DPS Siege Stance dari Level 11 menjadi 16 adalah 22050
- Pengurangan DPS Arrow Shower dari Level 11 menjadi 6 adalah 22000 (tidak ada ditabel)
Ini berarti menaikan Siege Stance ke level 16 dan menurunkan Arrow Shower ke level 6 akan memberi keuntungan DPS sebesar 50 point (LOL).
Nah pada Build di atas, saya memang tidak berniat menaikan Siege Stance ke Level 16 jadi hanya mengambil posisi seimbangnya saja. Lagipula saya hanya mendapatkan kerugian 50 point DPS aja, hehehe.
Bulls eye + Stunning Shot
Kenaikan Level Bulls eye tidak menaikan efek Debuffnya. Kenaikan Level Stunning Shot tidak mengurangi Cooldown Skillnya. Jadi saya hanya menaikan sampai level 1 saja. Stunning Shot digunakan untuk Class Mastery II (Level 90), jadi jangan sampai tidak dinaikan ya.
Longbow vs Crossbow Mastery
Saya sudah terbiasa menggunakan Longbow karena cara Hitnya lebih enak dan jaraknya lumayan jauh. Kalian bebas saja memilih diantara keduanya, sesuaikan dengan kebiasaan kalian masing-masing.
Kekurangan Skill Build kedua adalah Siege Stance dan Arrow Shower memiliki Casting Time yang lumayan lama. Arrow Shower memiliki Casting Time sekitar 3-4 detk, sedangkan Siege Stance 10 detik. Casting Time yang lama ini bisa mengganggu rotasi Skill di Artillery Line, karena hampir semua Skill Artillery Line punya cooldown yang cepat. Inilah yang kadang membuat saya khawatir dengan Build ini. Contohnya saja ya, casting time Siege Stance sama dengan cooldown Swift Shot. Istilahnya sih kalian harus melakukan Siege Stance setelah cast Swift Shot agar kalian tidak kehilangan Damage 1x Swift Shot.
Build PVP
Skill di Archer Treenya masih sama dengan Sniper Skill Build. Jika kalian kurang cocok dengan Magic Arrow, maka bisa menguranginya ke Level 6. Lalu cari Skill lain di Archer Tree yang pas dengan kalian di PVP, misal Twin Shot/Multi Shot.
Aerial Chain Shot
Saya tidak akan mungkin Full Hit juga di PVP, jadi level 1 saja sudah cukup.
Siege Stance + Arrow Shower
Damage kedua Skill ini cukup besar di PVP. Kalian harus memastikan musuh tidak bisa bergerak dengan bantuan Ankle Shot dulu.
Scope Arrow
Seperti biasa, saya mengorbankan Skill ini ke level 1.
Swift Shot
Swift Shot memiliki damage yang besar dan Iframe untuk menghindari musuh yang mendekat.
Rapid Shot
Skill ini bisa digunakan untuk mencicil lawan dari jauh dan damagenya lumayan tinggi juga kok.
Tracking Arrow
Skill yang paling menyebalkan untuk Job-job yang tidak memiliki Summon (Relic, Towe dll). Damagenya sangat besar untuk musuh yang memiliki MDEF kecil.
Revolution Ballista
Memang Ultimate Skill ini memiliki Casting Time yang agak lama. Nah supaya bisa mengenai musuh, lebih baik kalian ikat dulu musuhnya dengan Ankle Shot supaya tidak bisa kabur kemana-mana.
Ankle Shot
Selama Cap 24-80, Artillery saya tidak pernah menaikan Ankle Shot di Ladder (ya iyalah Build Pure PVE). Itu sangat capek sekali karena kalian harus Hit and Run sampai-sampai disebut Runner. Menaikan Ankle Shot Max itu sangat membantu terutama ketika melawan musuh yang tidak memiliki Cure, seperti Sorce atau Kali. Kebanyakan orang mengkombo Ankle Shot dengan Arrow Shower atau Siege Stance.
Skill Heraldry
PVE:
1. Swift Shot (damage)
2. Magical Breeze (damage)
3. Rapid Shot (damage)
4. Tracking Arrow (damage)
Optional: Aerial Chain Shot (damage), Revolution Ballista (cooldown)
PVP
1. Swift Shot (damage)
2. Magical Breeze (damage)
3. Ankle Shot (cooldown)
4. Tracking Arrow (damage)
Optional: Aerial Chain Shot, Rapid Shot, Detonating Arrow (damage), Revolution Ballista (cooldown)
Sebetulnya burst terbesar arti sebelum patch 90 adalah mampu mengcast fatal TA berkali-kali dalam kondisi FF/BT,namun sayangnya buff tersebut menjadi self buff di cap 90 ini jadi pukulan keras bagi arti user tapi kelebihan arti di cap 90 adalah lebih gampang ngumpulin buble melalui skill instannya
ReplyDeletelalu rapid shot yg hit limitnya di remove ini jadi boost yg cukup besar bagi DPS
Overal menurut gw kelebihan arti dibanding sniper adalah lebih enak dipakai PVP baik grup maupun ladder
Memang artillery DPSnya kurang kalo nggak FatalTA +FF tapi skrng juga cari full hitnya susah jadi DPSnya masi kurang menurutku tapi ada tambahan debuff di rapid shotnya cukup membantu
DeleteYap pasti bakal kangen momen2 Spam FTA pas FF
Deletebang ramdan megikal breeze opsi demage
Deletemaksud nya kek mna ?
klo ngk salah ntu buf kan
Ya itu Buff, tapi ada opsi +20% Magical Damagenya kok..
DeleteJadi damage all skill bakal naek 20%
misal nya guide shot pakek plat 20% demage
Deleteberarti nambah 20% lg lah dari megikal breeze
klo skil line snip bsa dapat jga ngk demage 20% dari magikal breeze ?
Dulu sih skill di Line Artillery..
DeleteCuman sekarang saya belum cek, nanti saya cek ya
ayo vote guardian ^^
ReplyDeleteAyo vote Soul Eater!! :3
ReplyDeleteAyo vote Ripper!! :D
ReplyDeleteMemaksa untuk mengambil siege stance rasanya kurang bagus. sekilas artil memang lebih konsisten soal damage tapi nyatanya tidak juga. Frag arrow EX justru malah aplikasinya susah dan kalo anak panahnya gagal menyebar/tidak full hit rasanya geli-geli gimana gitu. Selanjutnya detonating arrow, termasuk chanelling skill yang nyatanya tidak lebih baik daripada siege stance non EX. Hal yang membuat artil masih enak dimainkan adalah karena rapid shot EX dan spam guided shot EX/fatal nya (itupun kadang ins nyala pas cuma tinggal ada 1 momon kecil). Untuk jalur sniper paling bagus ambil antara aerial chain shot atau arrow shower karena selain 2 skill tsb jika diambil artil (berarti tanpa versi EX) tidak akan maksimal, relakan saja karena itu sudah bagiannya snip. rasanya penting bagi artil user untuk melatih instingnya menggunakan frag arrow EX dan penempatan detonating arrow EX nya.
ReplyDeletemelotot pas liat ada heral magical breeze +20% MATK (O.O) lgsg lari TH
ReplyDelete*MATK strength
DeleteYap..masa baru tau
Deletekalau gak salah dulu dia reduce MP sama buff duration yah? jadi saya ga pernah lirik2 >.<
Delete...........sampai sekarang. apa salah lihat yah T.T
bener dulu emang itu.. hehehe
DeleteTrus diganti pas pertengahan cap 80
ahh.. untung baca sampe akhir!
DeleteSukses terus untuk blognya mas Ramdan, ditunggu postingan2 lainnya.
Semoga selalu mencerahkan player dan bisa mendorong lebih banyak player untuk bisa berkontribusi bikin insight sekeren blog ini. Cheers!
Yap makasih ..
Deleteask ask, Artil make Longbow atau Crossbow ?! masih pusing O.O
ReplyDeletemohon di reply !!
Hmmm saya pribadi udah terbiasa pake Longbow, karena jatuh cinta sama range, cara Hit biasanya + bonus criticalnya..
DeleteCrossbow itu damagena lebih stabil aja..
Sekarang semua bow stat awal nya sama..
DeleteNightmare: atk 10647~13012, matk 8711~10647
#CMIIW
Wah ya.. thx for informationnya (lg gak sempet check2)
DeleteApabila penggunaan Slyph Aid itu selalu dipasangkan dengan Siege Stance, saya rasa sangat merugikan.. karena tidak mendapat kesempatan utk stack bubble Fatal Guided Shot ins yang notabene nya, selalu menyumbang >25% damage di DPS meter saya.
ReplyDeleteFull cast SS kurang lebih 10 detik, begitu juga durasi SA. Saat SS selesai, begitu juga durasi SA. Terlebih lagi momon di DDL sangat, sangat mobile. Sehingga saya merasa sangat kesulitan utk bisa mendapatkan full hit SS. Dimana setiap miss 1 arrow, adalah kerugian sebesar sekitar 1-2 detik.
Jaman sekarang pun, sniper sudah tidak ada yang pakai SS dengan kuda-kuda aslinya. Pasti lebih memilih jalur ins karena lebih simple dan tidak memakan waktu. Padahal rotasi skill sniper lebih pelan daripada artillery.
Nah, apalagi kalau artillery yang harus pakai stance itu saat buff SA, maka kerugiannya double, yaitu kehabisan waktu rotasi skill dan tidak bisa stack bubble FGSins.
Sejujurnya, mudah utk stack 50% critical (65% self buff). Bubble FGSins tidak sesulit itu distack. Bahkan dengan critical sebesar itu, magic arrow pun bisa menyumbang 1-2 bubble. Maka itu, dalam kesempatan apapun, saya rasa lebih baik utk selalu spam skill magic, drpada skill atk.
Ow Build 2 ya..
DeleteItu emang Request temen Build yang agak Hybrid.
Saya juga sampe sekrang masih setia pake Build 1 yang lebih simple Spam Skill Line Artillery.
Di Cap 90 ini, critical resist Boss emang kecil yaitu sekitar 20%an berbeda dengan Cap 80 yang sampe 60%. Mangkanya dengan Critical kecil aja sudah gampang dapet Bubblenya.
Oh ya satu lagi, Artillery dari Cap 80 sudah tidak ada batasan Skill Magic atau fisik. Jadi semua Artillery sudah berdasarkan Magic Attack.
Bro arti cap 90 bwt raid nest dll msh guna gk? Sniper damage sakit tp gerakanny lmbat
ReplyDeleteArillry masih berguna sih cmn DPSnya masih kalah mayan jauh sama Sniper, mangkanya di Raid lebih sering bawa Sniper sih. Kalau buat nest2 biasa sih asal Gearnya oke dah mayan juga.
DeleteOohh ahaha ane ampe gonta ganti oper eq dr sniper ke arti soalny skill spam combony menurut gw seh lbh sakit soalny sniper kelamaan di delay and rasany jumlaj skill yg bs dipke jd dkit brhubung aerial chain shot jarang kepKe krn sibuk lari kiri kanan
DeleteOohh ahaha ane ampe gonta ganti oper eq dr sniper ke arti soalny skill spam combony menurut gw seh lbh sakit soalny sniper kelamaan di delay and rasany jumlaj skill yg bs dipke jd dkit brhubung aerial chain shot jarang kepKe krn sibuk lari kiri kanan
DeleteSaya mau tanya, Crossbow bukannya lebih bagus yah untuk magic attack?? Apa seharusnya Artillery menaikkan crossbow mastery instead of long bow mastery??
ReplyDeleteDI cap 90 Artillery Mulai Menurun Keberadaannya,namun Gua mah masih di bawa karna full HC.:V
ReplyDeleteMin Tamplate Blognya minta dong Kirim ke Email ku
Min punyaku kek artilnya crit nya kecil? Padahal armornya dah kukasi int crit jade smua
ReplyDelete