PHYSICIAN SKILL BUILD LEVEL 90

    Wah maaf baru bisa buat Skill Build Physician hari ini, kemarin soalnya saya keluar kota jadi tidak sempat. Awalnya saya kira membuat Physician Skill Build Level 90 itu tidak terlalu sulit, karena banyak pilihan DPSnya. Ternyata malah membuat saya bingung bin galau membuat Buildnya. Apalagi setelah saya coba hitung potensi DPS masing-masing skill yang biasanya saya naikan.
    Banyak yang bilang Physician merupakan salah satu Job yang mempunyai DPS yang baik. Hal itulah yang membuat banyak Engineer atau Adept tiba-tiba change job ke Physician. Untungnya saya sudah menjadikan Physician sebagai Main Char sejak cap 80 lalu, jadi tidak terlalu heboh melihat Potensi DPSnya. Dulu saya sudah pernah 2x membuat DPS Chart mulai dari yang Rataan 5 Skill DPS tertinggi dan Skenario DPS selama 125 detik. Hasil keduanya tetap sama, Potensi DPS Physician selalu di atas Adept. Apalagi Di Cap 90, beberapa Skill DPS Physician di Boost (baca: Analisis Alchemist Class).
    Saya selalu menganggap Physician adalah Job paket komplit. Secara Potensi DPS besar, mempunyai Buff/Debuff dan Heal. Buff andalannya adalah Heal Shower (Heal 30% HP, +20% Element Attack dan -30% Damage), sedangkan Debuffnya adalah Magma Punch (-20% Element Resist) dan Love Virus (+20% MATK/PATK Damage). Ketiga Buff itu bisa membantu DPS Physician + Party. Oleh karena itu, wajar jika banyak Job Academic Class lainnya yang ingin mengganti Job menjadi Physician.


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: MATK + INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Kenapa saya masih menggunakan jade MATK?
Agar Damagenya merata antara Skill Element dan Non Element, karena saya masih menggunakan Dual Line Skill DPS (Fire dan Dark).

Heraldry
Magician, Wise (Intellect), Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate.

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear sama dengan Analisis Alchemist Class
- Damage Full Hit + Buff/Debuf
- Saya tidak menghitung pengaruh dari Skill Plate

Skill Build
Ini adalah Build Dasar Physician saya dengan menyisakan 41 Skill Point. Saya bingung sekali ingin memasukan 41 SP itu ke Skill apa. Pilihannya adalah Icing Mass (Level 11) + Mixed Infection (Level 6), Ice Palm (Level 16) dan Magma Punch (Level 16). Saya bahas satu persatu deh..

Icing Mass + Mixed Infection
Kedua Skill ini mempunyai Potensi DPS yang hampir sama. Jika saya lihat dari kemudahan Full Hitnya, Mixed Infection lebih mudah karena hanya memiliki 1 Hit saja. Secara Area pun Mixed Infection masih lebih besar dibandingkan dengan Icing Mass. Kelemahan Mixed Infection adalah jika di Cast saat Bubble kalian tidak 5++, maka DPSnya akan dibawah Icing Mass. Dengan sisa Skill Point itu saya sebenarnya bisa menaikan keduanya yaitu Icing Mass level 11 dan Mixed Infection level 6, tapi saya masih harus menganalisis dua Skill lainnya.

Ice Palm vs Magma Punch
Selama menggunakan Physician saya tidak pernah terfikir sama sekali untuk menaikan kedua Skill ini MAX. Ice Palm memang sudah memiliki DPS yang besar dari Cap 80, tetapi Summonnya terlalu lambat dan tidak stabil. Selain itu, kadang-kadang Ice Palm bisa menghalangi pandangan juga.
Semenjak Post Analisis Alchemist Class, saya sudah mengetahui kalau Magma Punch mendapatkan kenaikan damage. Saya hanya tidak menyangka Magma Punch menjadi pilihan DPS skill saya. Memang tanpa EX, Magma Punch memiliki Area yang kecil, tapi ada Debuff -20% Element Resist membuat saya tertarik. Dengan adanya debuff itu, saya pasti akan sering menggunakan Magma Punch juga. Alangkah lebih baiknya sambil memberikan Debuff ke musuh, saya memberikan Damage Magma Punch yang lebih besar juga dengan menaikannya sampai level 16.

Berhubung masih bimbang, saya akan memberikan tabel peningkatan DPS (Level 1 vs MAX).
Dari tabel di atas, saya memutuskan untuk meningkatan Magma Punch ke level 16. 

Build PVE
Saya masih menyisakan 10 Point untuk kalian masukan ke Skill di Academic/Physician Tree.

Napalm Bomb
Sudah tidak ada pilihan Skill lain untuk Academic Tree. Napalm Bomb memiliki Potensi DPS yang terbaik diantara semuanya.

Magma Wall 
Potensi DPSnya berada di urutan kedua jadi cukup berasalan untuk dinaikan ke level 16 (15 +1)

Magma Wave
Area dan Potensi DPSnya besar, saya rasa Magma Wave masih cocok menjadi Skill DPS Physician.

Injector
Pemain Physician pasti merasa aneh, bagaimana Potensi DPS Injector EX bisa dikalahkan Magma Wall. Alasannya adalah perhitungan saya diatas tidak menggunakan Skil Plate Cooldown, sehingga cooldown yang saya perhitungkan adalah 2.4 detik. Jika menggunakan Skill Plate (cooldown) maka Injector EX bisa tidak memiliki Cooldown atau 1 detik (casting time). Itu pasti akan membuat Potensi DPS Injector EX jauh lebih besar dibandingkan Magma Wall atau Poison Break EX.

Disease
Skill ini memiliki Potensi DPS yang sangat kecil jadi tidak perlu MAX. Kegunaannya hanya untuk status Deseasenya saja yaitu meningkatan 100% damage dari Mixed Infection, Poison Break EX dan Poison Pool.

Poison Charging
DPSnya tidak terlalu besar sih tapi saya lebih sering menggunakan Skill ini. Soalnya Poison Charging adalah Skill untuk mengerluarkan Poison Break INS.

Mixed Infection
Saya senang ketika Mixed Infection masuk ke daftar Skill yang mendapatkan Debuff +100% Damage dari Skill Disease, tetapi Developer malah menurunkan Board Damagenya lebih dari 50%. Itulah yang menyebabkan Potensi DPSnya tidak besar di Cap 90 ini.

Poison Break
Potensi DPS Poison Break berada diurutan pertama. Hal ini dikarenakan Board Damagenya dinaikan 2x lipat di Cap 90. Sayangnya sih Poison Break EX tidak bisa digunakan untuk Heal lagi (diganti dengan Cure).

Poison Pool
Sangat aneh jika Physician dangan Skill Build PVE yang menaikan Ultimate Skill Adept (Icicle Expression), karena DPS Poison Pool jauh diatas Icicle Expression.

Sacrifice Slime
Healnya memang sangat kecil yaitu 0.4% HP selama 30 detik. Setelah saya test, selama 30 detik itu saya mendapatkan 14x Heal. Jadi total Healnya adalah 0.4% x 14 = 5.6% setiap 30 detik. Walaupun Cooldown Sacrifice menjadi 10 detik saja, tetapi Healnya tidak bisa di Stacking.

Love Virus
Peningkatan level hanya menaikan Board Damagenya saja, jadi tidak perlu Max. Toh Potensi DPSnya juga kecil kan.

Build 2
Build ini bagi yang kurang suka Poison Charging MAX. Sisa Skill Pointnya bisa dimasukan ke Mixed Infection (Level 6) + Icing Mass (Level 11) atau Ice Palm (Level 16).

Build PVP

Stun Granade 
Stun Granade memang sangat cocok untuk PVP, kalau perlu kalian bisa menggunakan Skill Ring  +1.

Bubble + Force Out
Bubble utnuk mengikat musuh selama 2 detik dan Force Out level 6 memiliki Iframe dan Tumble ke belakang.

Disease + Mixed Infection
Di Skill Build PVE, saya hanya menaikan kedua Skill ini level 1, sedangkan di PVP MAX. Disease adalah salah satu Skill yang sering saya Cast di PVP, sehingga agar damagenya lebih besar saya naikan MAX. Mixed Infection memiliki Board Damage yang 2x lipat lebih besar di PVP. Sangat jarang ada Skill yang memiliki Board Damage lebih besar di PVP.

NO Sacrifice Slime
Saya hitung-hitung sih, Sacrifice sudah tidak cocok digunakan di PVP. Bayangkan saja, Sacrifice akan Heal sebanyak 0.2% HP kalian selama 30 detik. Misalkan HP kalian 200k, maka Sacrifice hanya akan mengheal 0.2% x 14 x 200000 = 5600 HP. Dengan jumlah Heal segitu setiap 30 detik, saya sih sayang menaikannya, apalagi untuk menaikannya butuh 10 Skill Point. Lebih baik menaikan Skill lain yang lebih bagus di PVP.

Love Virus
Perbedaan damage level 1 dengan MAXnya lumayan terasa di PVP, jadi saya naikan saja sampai MAX.

Skill Heraldry
PVE:
1. Heal Shower (cooldown)
2. Poison Break (cooldown/damage)
3. Injector (cooldown)
4. Poison Pool (cooldown/damage)
Optional: Wax (cooldown), Magma Wave (damage)

PVP:
1. Heal Shower (cooldown)
2. Poison Break (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Stun Granade (cooldown)
Optional: Magma Wave, Poison Pool, Mixed Infection, Injector (cooldown)

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

33 comments:

  1. aduh,,,maaf oot bang, atp rata2 yg dibutuhkan buat survive nest lv90 HC (ABN&MANTI) berapa ya bang????

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya gak pernah cek2 ampe sgituna..
      Survive itu brarti ke HP dan apal Mekanik Boss
      Kalau Attack sih asal pake senjata +10 ke atas dan Jadenya bener sih dah oke..

      Delete
  2. Physician make ATP amat Matp gan , Thaks :D

    ReplyDelete
  3. Permisi bang kalo Hybird mending pake yang mana yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ga da yg buat Hybrid ya..
      Enakan pake Build 2 cmn di Academic Treenya
      kamu kurangin Napalm Bomb ke level 1, trus SPnya dimasukin ke Stun GRanade, Bubble dan lain2

      Delete
    2. bang satu lagi bombard tuh skillnya guna gak si ?

      Delete
  4. Gini gan..... itu ijector gunanya apa sekarang dulu kan FD 50%.... sekarang buat apa?

    ReplyDelete
  5. bang kalo physi mending main elem atau gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. maen MATK aja, soalnya main Dual Line.
      Kecuali kalau kamu maen Full Dark Skill

      Delete
    2. bang kalo aku sih rencana mau pakek ACC manti gimana menurut abang lebih bagus gak?

      Delete
    3. Wuih masih jaman Acc Manti? mending maen Skill Ring aja de

      Delete
  6. gimana pendapat agan kalo di weapon pake jade dark, di ring pake fire ?

    ReplyDelete
  7. Bang mau nanya nih jadinya jade buat physician tu dark ato m.attack?? Bingung nih biar DPSnya konsisten tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsisten di Dark DPS apa Dark+Fire DPS?
      Kalau saya kan maen dual Line jd biar konsisten pake MATK

      Kalau kamu main Line Dark doang, mending pake Jade Dark

      Delete
  8. bang saya anti maen PVP Saya mau buat character khusus PVE Mau bikin Physician Pengen jadi DPS Brarti Full M,atk ya :) nah.. kalo abang maen duel line , emang kalo duel line itu apa sih ?? kalo saya maen khusus PVE apa termasuk duel line ?? apa yg di maksud duel line itu PVE iya PVP iya ?? bingung saya Pertanyaan saya adalah : apa yang di maksud dengan Duel Line ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dual Line it kamu ambil skill di Line Physician (Injector dkk) dan Line Adept (Magma Punch dkk).
      Nah build saya kan Magma Wave + Wall di naekin jd saya milih Jade MATK.

      Delete
  9. Dual line = memaiknan 2 skill job
    Physician linenya Dark dan adepter line Ice & Fire
    jdi dual line memainkan 3 element dark, Fire, & Ice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbedaan antara Dark atk Sama M.atk Apa Sih ??

      Delete
    2. Dark Attack itu lbh khusus untuk meningkatkan damage SKill Dark..
      Sedangkan MATK lebih merata damagenya untuk semua Element

      Delete
  10. kok disini gada susun buat talismannya :(

    ReplyDelete
  11. Bang mau nyk nii.. jdi klau main 2 line dark+fire demage poison break ama poison pool demagenya lbh kecil dibanding yg fokus Dark doank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap PB sama Poison Poolnya pasti lbh kecil dibanding yang full dark

      Delete
  12. emg bner banget alokasi sp di physician bikin bingung bang...
    tapi saya masih bingung kenapa nest byk yg btuh ini job, apa karena magma punch nya yah,,, tpi agak beresiko, secara cast skill nya kudu dket dket :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkw karna Physician punya 3 Debuff + Heal
      itu dah paket komplit aja, pertama kan Magma Punch (-20% ele resist), Slime (beku = 20% damage) dan Love Virus (+20% magical/physical damage).

      Delete
  13. Phys Masih main m.attack kah ? Atau beralih ke dark ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tetep matk karna masih main dual element

      Delete
  14. permisi boleh nanya?kombo PvE Psycian skiilnya apa saja ya?
    trus naikin Magic Attack sampai 100k+ gimana ya?

    ReplyDelete
  15. physician kalo menggunakan jade dark element di weapon sama ring gimana ???
    btw physician juga bermain critical ya ???

    ReplyDelete
  16. bang kalo physician lane adeptnya cuma ambil magma punch dan pake jade dark gimana menurut abaang?

    ReplyDelete