SPIRIT DANCER SKILL BUILD LEVEL 90

     Wah Post Skill Build sudah mulai masuk ke Job-Job anti Mainstream nih. Saya akan membahas tentang Spirit Dancer Skill Build Level 90. Spirit Dancer merupakan salah satu Job yang rencananya akan saya gear di Cap 90 ini. Masalahnya Update Skill Dancer belum sampai yang terbaru, jadi saya masih menunda dulu untuk leveling Spirit Dancer. Semoga sih tidak terlalu lama Update Spirit Dancer Boost sampai di DN SEA, soalnya saya sudah tidak sabar testing gameplay terbarunya (baca: Analisis Dancer Class).
       Spirit Dancer selama ini menjadi Job Support + DPS dengan Dancer Part 2 (Elf Dance) yang cukup fenomenal di Cap sebelumnya. Saya ingat sekali ketika awal-awal Kali Class keluar, kehadiran Dancer di Raid Party itu sudah wajib. Sampai akhirnya Element Party muncul dan mulai menggeser fungsi Dancer Part 2 dengan Stacking Buff/Debuff Element. Beberapa Party masih tetap setia menggunakan Dancer sebagai damage Booster, tapi kebanyakan masih terperangkap dengan Komposisi Element Party. Harapan saya sih dengan adanya Dancer Boost dan melemahnya element party bisa mengangkat job-job seperti Spirit Dancer ini.


Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau  STR + CRIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear,  Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed/Wind

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Dancer Class
- Skill Full Hit + Buff
- Perhitungan tanpa Skill Plate
- Saya hanya menggunakan Illusion Dance saja
- Perhitungan berdasarkan Dancer Boost

Skill Build

Build PVE
Build ini sangat memanfaatkan Semua Skill Spirit Dancer.

Soul Wind vs Despair Needle vs Spirit Blow
Dua Skill Dark vs satu Skill Normal. Secara Potensi DPS saya akan mengeliminasi Spirit Blow terlebih dahulu karena potensi DPSnya sangat kecil, sehingga menyisakan Soul Wind vs Despair Needle. Potensi DPS Despair Needle lebih unggul tetapi untuk kemudahan Full hit dan Area lebih unggul Soul Wind. Ketika menyusun Skill Build ini, sisa Skill Point saya untuk Skill di Kali Tree hanya 15 Point. Dengan begitu saya hanya mempertimbahan 2 pilihan antara Soul Wind level 16 (Peak Level) vs Depair Needle level 11. Saya akhirnya memilih untuk menaikan Soul Wind level 16 saja.

Phantom Guard
Skill ini bisa mengurangi serangan yang diterima oleh kalian.

Breeze Call Dance vs Illusion Dance
Ada hal yang spesial di Cap 90 ini yaitu kedua Heal di Dancer Skill Tree sama-sama Max. Keduanya memiliki buff +60% Final Damage, tapi jangan harap bisa menggunakan keduanya bergantian ya karena keduanya Share Cooldown. Kalian perlu memperhatikan satu hal, keduanya memiliki fungsi Buff yang berbeda. Buff Breeze Call Dance hanya berlaku untuk Blade Dancer Skill, sedangkan Illusion Dance hanya untuk Spirit Dancer Skill.

Blade Dancer Skill Line 
Kalian mungkin bertanya kenapa saya hanya menaikan sampai Deadly Drill saja di Line Blade Dancer. Pertama karena Potensi DPS di Line Blade Dance tidak akan bisa maksimal selama kita hanya menggunakan Illusion Dance. Kedua saya fokus di Spirit Dancer Line untuk mengumpulkan Spirit Bubble (1 Bubble untuk setiap penggunaan Skill Spirit Dancer). Bubble tersebut sangat penting sekali untuk mengaktifkan efek Class Mastery I yaitu -30% Cooldown untuk semua skill Spirit Dancer. Ketiga adalah Deadly Drill memiliki Debuff +20% damage.

Saya tidak menaikan Elegant Strom dan Inner Fire karena gameplay saya setelah Dancer Skill Boost adalah fokus kepada Skill di Line Spirit Dancer. Elegant Strom non EX memiliki casting time agak lama sehingga cukup mengganggu rotasi Skill di Spirit Dancer Line. Selain itu, Potensi DPSnya pun tidak terlalu besar. Sedangkan untuk Inner Fire memang Ultimate Skill yang lebih fleksible dibandingkan dengan Storm of Ewinia, tetapi cooldownnya tidak dikurangi oleh Class Mastery I terbaru. Dan jangan lupa kalau Cooldown kedua Ultimate skill itu Shared Cooldown.

Dance Skill
Ketiga skill Dance ini saling Share Cooldown, sehingga dilapangan kalian hanya bisa memilih menggunakan salah satunya setiap 60 detik. Saya tidak menaikan Dance Part 1 (Ghoul Dance) MAX karena Heal dan +damagenya tidak bisa dibagikan untuk Party. Jika ingin Heal lebih baik membawa Job Healer saja dan +Damagenya yang mirip Bone Crash itu kurang efektif jika digunakan hanya untuk diri sendiri. Oleh karena itu, saya lebih sering menggunakan Dance Part 3 (Minotaur Dance) karena mengincar Buff +60% PATKnya.

Spirit Dancer Skill Line
Tema Skill Buildnya adalah Fokus ke Skill di Line Spirit Dancer jadi saya naikan semua skill Spirit Dancer sampai Max atau Peak Level .


Build PVP

Spirit Blow 
Spirit Blow memiliki super armo break dan damage yang cukup besar di PVP.

Despair Needle
Bisa digunakan untuk musuh yang terjatuh ditanah. Fungsinya agak mirip dengan Poison Missile, tetapi durasinya lebih cepat.

Soul Wind
Soul Wind memiliki paralyze yang bisa mengganggu pergerakan musuh dan jangkauan serangannya pun jauh.

Elegant Strom + Deadly Drill
Keduanya memiliki damage yang besar di PVP.

Stalker
Saya biasanya menggunakannya untuk menakut-nakuti musuh dan ledakannya bisa menjatuhkan musuh juga. Damage cukup besar di PVP, namun cooldownnya 2.5x lebih lama dibandingkan di PVE.

Sufi Dancer
Sufi Dancer tidak akan mungkin bisa Full hit dengan ukuran musuh yang sebesar itu.

Inner Fire vs Strom of Ewinia
Menggunakan Storm ow Ewinia itu agak sulit, jadi saya masih mengandalkan Inner Fire untuk PVP.

Skill Heraldry
PVE:
- Praetor (damage)
- Illusion Dance (cooldown)
- General Dunblade (damage)
- Wide Stinger (cooldown)
Optional: Sufi Dancer, Dusk Hunter, Abolisher, Storm of Ewinia (damage)

PVP:
- Praetor (damage)
- Illusion Dance (cooldown)
- General Dunblade (damage)
- Wide Stinger (cooldown)
Optional: Elegant Storm, Deadly Drill, Sufi Dancer, Dusk Hunter, Abolisher (damage), Inner Fire (cooldown)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

19 comments:

  1. Job yg lumayan enak dimainkan walau populasinya bnr2 langka; Dps gede (bukan su** gede), dan cd (jgn mikir celana da**m) yang singkat. Saya minta saran buat skill acc nya sebaiknya buat apa (koleunu bikin kantong bolong).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skill ACC buat ke depannya paling enak cari skill yang levelnya gak di Peak Leve (6,11,16,21).

      Kalau dari Build sih, saya pake Abolisher, General Dunblade, Wide Stinger

      Delete
  2. entah kenapa SD begitu op di pvp setara on ud beberapa kali ketemu sd cuma cast 2 skill tau2 hap turun dari 200K jadi tinggal 50K kan gebleg bgt tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah Bug mungkin ya..
      Seharusnya sih gak segede itu

      Delete
  3. Gan, ED 1 di Ina efeknya bisa buat party.baik pvp maupun pve. Entah bug atau emang fix itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh harusnya kan Self Buff..
      Nanti saya cari infonya lagi ya

      Delete
  4. Reset cd biasanya sy gunakan setelah combo praetor dan dunblade sehingga bisa sering2 pake dua skill maut ini hehe

    ReplyDelete
  5. gan masih bingung ne mau pick screamer atau dancer, ada sarah bagus yg mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih sekrang lbh suka dancer, cmn cape aja mainnya..
      Kalau mau aman dr Kram Jari ya screamer

      Delete
  6. Terkadang kesal bubble ilang setelah pke storm of ewinia

    ReplyDelete
  7. Bang, tolong kasih tau video dong dimana cara main SD yang bener. gue ga bisa-bisa make reset cd nya T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reset Cooldown kan tinggal pake Skill SD + klik kanan (SPesial Skill) kalau Bubblenya dah sampe 5.

      Delete
  8. bro , Dancer uda d buff tuh d update dn ina april , bisa d update kan gambarannya lagi ? :p thx btw

    ReplyDelete
  9. Gan, anekan pemain PvP dan PvE. kalo bisa share skill build hybirdnya dong... jd seimbang antara pvp pve

    ReplyDelete
  10. Gan, anekan pemain PvP dan PvE. kalo bisa share skill build hybirdnya dong... jd seimbang antara pvp pve

    ReplyDelete
  11. bubble itu buat apa ya

    ReplyDelete
  12. mas klo job SD pakek jade element kira-kira berdemage gax???

    ReplyDelete