BLADE DANCER SKILL BUILD LEVEL 90

     Waduh ternyata saya kurang teliti kemarin pas buat Spirit Dancer Skill Build. Saya kira Update Dancer Boost belum diterapkan di DN SEA. Pada saat testing Blade Dancer tadi, saya baru sadar kalau DN SEA ternyata sudah Update sampai Dancer Boost (Saya belum tahu di DN INA). Gara-gara Update ini saya jadi semangat lagi deh bermain Dancer.
      Boost yang cukup besar didapatkan oleh Blade Dancer ini. Bayangkan saja jika kalian Fokus dan Konsisten terhadap Skill-Skill di Line Blade Dancer, maka Blade Dancer dapat mengurangi 50%. Cooldown Skillnya setiap 10 detik sekali. Bahkan pengurangan cooldownnya di PVP pun lumayan besar yaitu 20%.  Saya ikut senang sih karena sudah menunggu-nunggu momen seperti ini. Dan akhirnya Dancer-Dancer saya yang berada di Gudang Char bisa muncul kembali di permukaan. Yah walaupun tantangan terbesarnya adalah meyakinkan kebanyakan party untuk bisa memilih Blade Dancer sebagai salah satu Job DPS (Please banget, jangan Job Mainstream mulu)
   


Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau  STR + CRIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear,  Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed/Wind

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Dancer Class
- Skill Full Hit + Buff
- Perhitungan tanpa Skill Plate
- Saya hanya menggunakan Breeze Call Dance saja
- Perhitungan berdasarkan Dancer Boost
- Asumsi 5 Turn Bubble setiap 10 detik

Skill Build

Build PVE
Sejujurnya, semenjak Dancer Boost saja sudah jarang menggunakan Skill di Spirit Dance Line. Saya membuat Build ini untuk player yang belum terbiasa dengan Gameplay baru Blade Dancer.

Phantom Guard
Skill ini bisa mengurangi serangan yang diterima oleh kalian, tetapi MP kalian akan bocor.

Breeze Call Dance vs Illusion Dance
Ada hal yang spesial di Cap 90 ini yaitu kedua Heal di Dancer Skill Tree sama-sama Max. Keduanya memiliki buff +60% Final Damage, tapi jangan harap bisa menggunakan keduanya bergantian ya karena keduanya Share Cooldown. Kalian perlu memperhatikan satu hal, keduanya memiliki fungsi Buff yang berbeda. Buff Breeze Call Dance hanya berlaku untuk Blade Dancer Skill, sedangkan Illusion Dance hanya untuk Spirit Dancer Skill.

Twinkle Spin (16) vs  General Dunblade (11)
Skill Point di Dancer Skill Tree ini sangat padat. Jika kalian ingin mengambil dual line, maka dengan terpaksa harus mengorbankan salah satu skill. Kali ini yang saya korbankan adalah Twinkle Spin karena yang memiliki Potensi DPS terkecil di antara semua skill di Linenya dan areanya tidak besar.

Pilihannya hanya tiga yaitu Sufi Dancer, Dusk Hunter atau General Dunblade.

Kenapa saya memilih General Dunblade? karena Potensi DPS Sufi Dancer sangat tergantung ukuran musuh dan Dusk Hunter non EX punya area kecil, sedangkan General Dunblade memiliki Damage besar, stabil dan areanya lumayan besar. Selain itu, dengan gameplay yang lebih fokus ke line Blade Dancer, kalian pasti akan lebih jarang menggunakan skill di Line Spirit Dancer. Oleh karena itu, saya memilih skill yang mempunyai Board Damage besar dan cooldown lebih lama seperti General Dunblade.

Estatic Dance
Ketiga skill Dance ini saling Share Cooldown, sehingga dilapangan kalian hanya bisa memilih menggunakan salah satunya setiap 60 detik. Saya tidak menaikan Dance Part 1 (Ghoul Dance) MAX karena Heal dan +damagenya tidak bisa dibagikan untuk Party. Jika ingin Heal lebih baik membawa Job Healer saja dan +Damagenya yang mirip Bone Crash itu kurang efektif jika digunakan hanya untuk diri sendiri. Oleh karena itu, saya lebih sering menggunakan Dance Part 3 (Minotaur Dance) karena mengincar Buff +60% PATKnya.

Note: Saya menerima kabar kalau Estatic Dance masih bisa digunakan untuk Party, nanti saya cari-cari infonya lagi kenapa bisa begitu. Padahal di Patch Note 90nya bilang Estatic Dance menjadi Self Buff. Bisa jadi antara Bug atau diganti menjadi Party Buff lagi.

Build Pure PVE
Build Pure PVE ini lebih simpel, kalian hanya perlu fokus ke satu Line saja. Memang agak canggung ketika pertama kali mencobanya (termasuk saya), tetapi lama-kelamaan menjadi terbiasa juga. Saya tidak sarankan menggunakan Build ini untuk PVP ya, soalnya pasti akan bingung kombonya.

Build PVP

Spirit Blow 
Spirit Blow memiliki super armo break dan damage yang cukup besar di PVP.

Despair Needle
Bisa digunakan untuk musuh yang terjatuh ditanah. Fungsinya agak mirip dengan Poison Missile, tetapi durasinya lebih cepat.

Soul Wind
Soul Wind memiliki paralyze yang bisa mengganggu pergerakan musuh dan jangkauan serangannya pun jauh.

Graze Dance
Perbedaan DPSnya sangat jauh sekali dengan PVE. Damagenya tidak terlalu besar di PVP.

General Dunblade
Diantara semua line Spirit Dancer, tetap General Dunblade yang memiliki Board Damage paling besar di PVE maupun PVP.

Skill Heraldry
PVE:
- Hurricane Dance (damage)
- Graze Dance (damage)
- Elegant Storm (damage)
- Deadly Drill (cooldown)
Optional: Inner Fire, Squall Flaker, Sweet Circle, General Dunblade (damage)

PVP:
- Hurricane Dance (damage)
- Elegant Storm (damage)
- Breeze Call Dance (cooldown)
- Deadly Drill (cooldown)
Optional: Inner Fire, Squall Flaker, Sweet Circle, General Dunblade (damage)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

27 comments:

  1. bang kalo hybird lebih enak pake yang mana

    ReplyDelete
  2. boost paling welcome menurut gw untuk BD adalah squal flaker yg sekarang justru jadi skill andalan BD gw pdahal tadinya skill ini worthless gw tinggalin di lvl 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw kok sama..
      Dulu syaa jarang bareng pake itu skill, setelah cap 90 langsung sering pake..

      Delete
  3. Phantom guard pernah aku pakai, MP cepat habis. BCD udah cukup untuk skill pertahanan
    jadi aku alokasikan aja ke mist step biar CD nya cepet (PVE), lumayan buat ngehindar dari serangan bos dadakan dan memaksimalkan INS skillnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap itu situasional sih.. kalau di Spam trus + kena hit terus pasti cepet abis.

      Delete
  4. Kemarin sy reset job BD saya jadi SD, dari topik pembahasan BD vs SD sebelumnya (yg jadi 1 artikel); BD agak susah untuk full hit karena dmg nya mencicil sedangkan SD lebih instan. Betul?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... SD lebih simpel gameplaynya, BD agak ribet T_T

      Delete
  5. Mas, mau nanya. Jadenya lebih baik fokus salah satu antara agi vit atau agi crit yah. Sarannya lebih baik apa? Saya pengen crit buat damahe besar, tp sering banget mati di nightmare TT

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh, Blade Dancer itu maen STR loh bukan AGI..
      Mending sih STR + VIT aja, bole pake STR + Crit asal HPnya jangan dibawah 1.5jt

      Delete
    2. ah ya maaf, maksud saya STR lol. hmm VIT aja yah... Okay sep makasih banyak yah ^^

      Delete
  6. Mas mau tanya, kenapa pakai plate Deadly Drill & Inner Fire ( CD ) bukannya (DMG)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew Inner Fire di atas bukannya damage ya..
      Kalau Deadly Drill sih untuk sekrng biar lebh sering dapet Debuffnya, mayan kan 20% damage

      Delete
  7. bang keterangan Skill di gambar potensi DPS nya gk sama dengan nama skillnya , coba di cek bang . mohon maaf jika saya salah , mohon koreksinya juga :)
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hurricane Dance tuh skill yang mana? bukannya itu skill Tempest? apa ngambil nama skill dri Sea bikan Ina?

      Delete
    2. Hurricane Dance tuh skill yang mana? bukannya itu skill Tempest? apa ngambil nama skill dri Sea bikan Ina?

      Delete
  8. Mas Ramdan, request perbandingan pengaruh estatic dance 1 2 3 PVP / PVE boleh? Saya sekarang jadi maniak main BD, kalo baca forum luar, lebih suggest di dance 2 dan/atau dance 1 ( ghoul ). Terus mas, untuk PVP, bagus di twinkle spin lv 16 atau craze dance 16 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dance itu sebenerny udah jelas, jadi gak perlu dibandingin.
      Buat Solo + awal bar boss mending Part 3
      Buat Solo/Party (kalau efek) + Bar terakhir boss mending Part 2
      Buat Party (kalau efek) awal Bar boss mending pake Part 1

      Saya sih gak pernah pake Part 1, lebh enakan Part 2 atau 3

      Twinkle Spin 16 lbh enak sih

      Delete
  9. bagusan balde dance a[a spirit ?

    ReplyDelete
  10. Gan, blade dancer di SEA udah revamp dan skillnya ada perubahan. Selain damage boost, kalau twinkle spin hit, hurricane gust reset cd.
    Kalo kayak gini twinkle spin worth to max ga gan?

    ReplyDelete
  11. Gan, blade dancer di SEA udah revamp dan skillnya ada perubahan. Selain damage boost, kalau twinkle spin hit, hurricane gust reset cd.
    Kalo kayak gini twinkle spin worth to max ga gan?

    ReplyDelete
  12. gan Ramdan, mau minta penjelasan mengenai BD, saya termasuk awam bngt dengan chara yg satu ini, MP kenapa bisa bocor banget ya? tlong beri penjelasan kenapa bsa bocor gitu. thanks gan^

    ReplyDelete
    Replies
    1. gajadi deh gan, baru baca deskripsi skill udah nemu :3

      Delete
  13. bang blade dancer itu pake elemen fire atau ndak?

    ReplyDelete
  14. min bisa ga kalo str nya diganti ama wind

    ReplyDelete