GLADIATOR SKILL BUILD LEVEL 90

    Satu hari menjelang Cap 90 di DN SEA, sepertinya akan susah buat Update Skill Build mulai besok. Saya sih akan tetap mengusahakan bisa tetap Update Skill Build, kalau tidak harap maklum ya. Polling sudah saya ganti dengan yang terbaru supaya Votenya tidak menumpuk di Job-Job yang sudah ada Skill Buildnya. Ini menjadi kesempatan baru buat kalian yang Job kesayangannya belum saya bahas Skill Buildnya. Berdasarkan hasil Polling sebelumnya, saya akan membahas mengenai Gladiator Skill Build.
    Gladiator merupakan salah satu Job DPS yang kurang populer di Cap 80. Hal ini dikarenakan Gladiator selalu ada dibayang-bayang Moonlord (Lunar Knight). Beberapa teman saya terpaksa harus lebih fokus ke PVP selama Cap 80, dibandingkan harus sakit hati selalu dikucilkan oleh Party Nest/Raid. Gladiator memiliki skill andalannya yaitu Finish Attack EX. Sayangnya skill tersebut baru berasa damagenya ketika HP musuh dibawah 40%an.
    Gladiator mendapatkan harapannya di Cap 90, karena sebagian besar skillnya ditingkatkan damagenya. Walaupun developer sepertinya masih setengah hati menaikannya, karena setelah saya hitung kenaikannya hanya sekitar 16% dari Cap 80 (baca: Analisis Swordmaster Class). Saya masih merasa peningkatan ini kurang untuk mengalahkan kepopuleran Moonlord (Lunar Knight). Kita tunggu saja Update Skill setiap bulannya, akankah ada Boost lanjutan untuk Gladiator?



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT

Kenapa tidak menggunakan AGI?
1. Konversi 1 STR =  0.75 PATK dan 1 AGI = 0.25 PATK
2. Buff Class Master I (Pasif 65) dapat meningkatkan 60% STR (bukan PATK/AGI ya)

Bermain Kritikal tidak ada salahnya tetapi harus menggunakan Cara yang tepat seperti yang pernah saya jelaskan di Dark Avenger Skill Build.

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate

Skill Build
Setiap Post Skill Build, saya akan memberikan tabel Potensi DPSnya dulu, supaya kalian yang kurang cocok dengan Build PVE saya bisa memilih mana Skill yang punya DPS besar.

Keterangan:
1. Gear Char sama dengan Analisis Swordmaster Class
2. DPS Full Hit dan Buff/Debuff
3. Level Skill Max atau Max +1

Build PVE

Circle Break
Circle Break masih menjadi Skill DPS terbesar diantara semua Skill DPS di Warrior Tree. Skill ini dilengkapi Iframe 0.3 detik juga, sehingga sangat cocok untuk dijadikan Skill DPS.

Dash Kick
Skill ini sangat diperlukan untuk mereset cooldown Line Drive INS


Lunar Knight (Moonlord) Skill
Tadinya saya hanya ingin menaikan Great Wave (Ultimate Skill Moonlord) saja, karena memiliki potensi DPS yang lebih tinggi dibandingkan Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Lalu saya bingung mau membuang 12 Skill Point kemana. Daripada bingung lebih baik saya sekalian menaikan Moonlight Splitter, Cyclone Slash, Crescent Cleave dan Halfmoon Slash level 1. Ke empat skill itu bisa digunakan untuk mengisi kekosangan skill atau kombo dan DPS/damagenya juga lumayan.

Note: saya belum tahu apakah menggunakan Skill di Moonlord Line ini bisa menambah Bubble Pasif 65 (class Mastery I) juga?

Triple Slash
Di tabel Potensi DPS, Triple Slash menduduki peringkat ke 4. Boost damage Triple Slash di Cap 90 memang besar yatu sekitar 91%an (baca:  Analisis Swordmaster Class). Bahkan di Lunar Knight (Moonlord) Skill Build saja saya menaikan skill ini untuk PVE, hehehe.

Deep Straight/Front Shove
Menyusul Triple Slash di posisi ke 4, Front Shove juga memiliki Potensi yang cukup besar. Walaupun terpaut sekitar 60000 poin tetapi masih layak untuk dinaikan Max atau Level 16.

Hacking Stance
Seharusnya jika tidak ada perhitungan Finish Attack (HP 10%), Hacking Stance masih tetap menjadi TOP DPS untuk Gladiator. Syarat agar Hacking Stance menjadi TOP DPS cukup berat. Pertama kalian harus menggunakan Skill Ring +1 agar damagenya meningkat dan cooldownnya berkurang. Kedua, kalian harus melakukan Full Hit (6 detik Stance) atau jangan sampai di cancel, hehehe.

Line Drive
Potensi DPS Line Drive memang masih bisa kalah dengan 3 Skill Lunar Knight, tetapi jangan lupa Line Drive merupakan Skill INS untuk Gladiator. Line Drive INS dapat di cast setelah Dash Kick atau Dash Combo. Jika Dash Kick berhasil mengenai musuh, maka cooldown Line Drive INS akan reset. Itu berarti Line Drive INS bisa digunakan setiap 20 detik sekali atau 16 detik sekali kalau menggunakan Skill Heraldry Dash Kick cooldown.

Brave
Peningkatan level Skilll ini akan menambahkan durasi Buffnya.

Provoking Slam/Luring Slash
Peningkatan level Skill ini tidak akan meningkatkan % Debuffnya tetapi hanya Damagenya saja. Oleh karena itu. saya tidak perlu menaikannya MAX.

Evasion Slash
Potensi DPS Evasion Slash di atas adalah untuk yang menggunakan Skill Ring +1, sehingga cooldownnya lebih cepat 0.5 detik. Jika tidak menggunakan Skill Ring, maka DPSnya akan kalah tipis dengan Triple Slash EX.

Finish Attack
Saya heran kenapa ada orang bilang Finish Attack EX merupakan Skill dengan DPS terbaik di Dragon Nest (pengalaman di DN INA). Saya sih cuman bisa senyum saja mendengarnya. Lihat saja tabel di atas, Potensi DPS Finish Attack disaat musuh Full HP atau 60%+ masih kalah dengan Cyclone Slash level 16 (LOL). Memang untuk Low HP Finish Attack memiliki penambahan Damage yang besar, tetapi tetap saja masih jauh untuk menjadi Skill DPS terbaik (maaf ya fans berat Finish Attack). Yah walaupun seperti itu, Finish Attack tetap wajib MAX.

Build PVP

Rising Slash (6) + Circle Break (6)
Seperti biasa, kedua skill ini menjadi perlengkapan kombo PVP saya. Sebenarnya ingin sekali ditambah Impact Wave level 6, tetapi skill pointnya tidak cukup.

Triple Slash + Front Shove
Saya tidak memaksimalkan kedua skill ini karena untuk menghemat Skill Point dan sedikit MP. Yap, skill yang MAX akan memiliki konsumsi MP yang besar pula. Saya agak malas ketika Ladder lalu kehabisan MP.

Halfmoon Slash
Kali ini saya menaikan Halfmoon Slash sampai level 11. Di PVE saya tidak tertarik menaikan/memaksimalkan skill ini karena potensi DPSnya tidak terlalu besar. Berbeda dengan PVE, Halfmoon Slash memiliki damage yang lumayan besar di PVP sehingga sangat cocok untuk Team PVP atau Ladder.

Great Wave
Ultimate ini biasanya saya gunakan ketika melawan Range Job di Ladder. Biasanya mereka sangat sulit sekali di tempel oleh Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Sedikit tips dari saya, sebelum menggunakan Great Wave kalian pastikan Musuh tidak memiliki Escape Skill atau Aerial Evasion (niat mode).


Skill Heraldry
PVE:
1. Finish Attack (damage/cooldown)
2. Triple Slash (damage)
3. Line Drive (damage)
Optional: Evasion Slash/Front Shove (damage), Hacking Stance, Great Wave, Dash Kick (cooldown)

PVP:
1. Finish Attack (cooldown)
2. Line Drive (damage)
3. Side Kick (action speed)
Optional: Triple Slash, Front Shove, Evasion Slash (damage), Halfmoon Slash (Action Speed)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

55 comments:

  1. Wah ngakak saya gan, jadi pertamx disini. Ini pada kemana yang komen, emang job ini jarang ada ya soalnya lagi nyari info mau buat karakter untuk lanjutan Sword Master ternyata masih mantep LK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya.. Developer emang lbh suka LK kayanya

      Delete
    2. nih ane setia sama GL, mau LK banyak juga ane tete setia pada kemurnian Finish Attack nya GL

      Delete
  2. Keduax :v

    Sedikit Tambahan Penjelasan Buat Mas Ramdan....
    Sebenarnya Plate Damage Buat Hacking Stance Sudah Dicabut/Dihilangkan, Jadi Cuman Ada Plate Untuk Cooldown Aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke makasih ntar ku koreksi di atas..
      Sayang banget sih padahal DPS SKillnya T_T

      Delete
  3. masih nunggu buildnya Ripper ama Sting Breezer


    kayaknya masih lama ya ? T_T

    ReplyDelete
  4. kapan nih gan untuk smasher ? hehe

    ReplyDelete
  5. Hacking stance tetep d fullin gan? berhub plate heraldry damage buat hacking stance di apus ane jadi bingung sebenarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhitungan di atas aja No Heraldry Skill bisa tinggi banget DPSnya..
      Jadi kalau ga da Damage bisa pake CD, atau gak pake Heralrd Hacking Stance..
      Tapi kalau skill saya masih tetep Max +1

      Delete
  6. Ya gan, sekarang banyak Plate Skill Heraldry yang di hapus atau di ganti statnya, kasihan yang jualan plate skill di hapus statnya karena terlanjur di craft dan stamp.
    Karakter utama saya Light Fury nasib baik pengurangan reset cooldown untuk Plate Skill Heraldry Chakra of Miracle ga di hapus, cuma LF sekarang skill tapa yang action speed 50% harus ganti yang reset cooldown 30% biar bisa tapa terus setiap 48 detik biar ada pengurangan damage 20%

    ReplyDelete
  7. bang ramdan,,,,,scara dps ,kira2 moonlight spiltter worth gak dinaikin ke lv16 jika yg menggunakannya GL???? soalnya saya gak enak melihat skill ini yg cdnya cepat tp cuma lv1.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lunar Knight: 62 Comments.
      Dark Avenger: 30 Comments.
      Gladiator: 13 Comments.

      Sedih euy, plate hacking stance damage di remove, ketika LK bisa stance setiap kali tumble. ._.

      Salam sesama fans berat Finish Attack.

      Delete
    2. ane juga fans Finish Attack selain animasi dan suaranya yg keren gan hahaha, GL lebih lincah dprda LK

      Delete
  8. Rugi gak ya saya dari job LK pindah ke GL? soalnya saran dari temen sama pengen coba" aja pas dapet reset job gratisan

    ReplyDelete
  9. mas Ramdan itu skill passive 65 nya kalo pake skill Moonlord Line bsa dapat bubble...
    jadi saran dong skill Moonlord Line yg di naikan yg mana aja??

    ReplyDelete
  10. gak sengaja naik pangkat ke captain, jadinya malah dapet reset skill,padahal mau ane simpen aj dlu tuh rest skill, ane masih bingung utnuk naikkin parry lv 2,apa harus wajib naikkin skill ini mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ane ambil parry ,jadinya skill buildnya kayak gini ane http://dnss.herokuapp.com/job/gladiator-90?----40-0540-50---03005-0I000-01-G000E800C--01---7---A0---0---0--00--00--- terpaksa halfmoon gak jadi lv 11, itu masih ada sisa sp 7, kira2 apa ya mau dinaikkin, ane males mau nambahin attunned mind, karna kayaknya bner2 gak ngaruh lagi, karna semua mp, mau pvp ato pve, udah di tinggiin smua, jadinya gak ada masalah mp bocor lagi...

      Delete
  11. Ane Pake nih skill build untuk pvp/pve(hybrid)

    ReplyDelete
  12. bang P.ATK GL gua low banget nih gimana ya solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempa senjatanya minimal +10-13 (Epic), terus Jadenya pake Full STR.

      Delete
    2. ennak ya ngomong nya "tempa senjatanya minimal +10-13" nempa ke +7 aja dah sering ancur :3

      Delete
    3. wkwkwkwwwwk coba sebelum nempa berendem dulu di Hot Spring kan mayan nambah 7% kemungkinan sukses nempa.

      Delete
  13. Bang MP GL gw low mudah abis pas lgi nest gimana nih solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. MP recoverynya dah mentok kan??
      Solusinya ya bawa tukang isi MP atau Pot MP T_T

      Soalnya dah gak da Herald/Jade untuk naikin MP

      Solusi lainnya, jangan sering spam skill (wwkwkwkwk)

      Delete
  14. Ring Necklace dan Earrings yg cocok buat GL itu apa ya? Mohon pencerahan nya bro

    ReplyDelete
  15. mas maaf sebelumnya saya newbie ini di main gladiator, bisa tolong screenshoot tempat penyimpanan skil buat mainnya engga, saya kebingungan maininnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaduh penempatan skill ya.. T_T kamu PM FB dragonesia aja, nanti saya coba SS penempatan skillnya

      Delete
  16. Kang mau nanya, Luring itu naikin Damage untuk GL/LK aja atau satu Partyan ?

    ReplyDelete
  17. mas mohon pencerahanya, di KDN kan baru2 ini udah update baru lg GL ny di boost lg, ap dnganbosst itu GL masih jadi bayang2 LK, ap imbang, atau lebih unggul dari LK
    makasih mas ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih lebih unggul ya, cmn ya gitu. Walaupun lebih unggul tp LK jauh lebih simpel gameplaynya ^^

      Delete
  18. makasih mas, maaf mau nanya lg ni. klo mau make ECJ bagusnya berelemen ap ya mas trus cara nge UP persen elemennya gmna ya mas?
    makasi h ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ECJ buat Cap 90 ini bebas mau apa aja atau mau jd Avatar juga gpp :P

      Kalau paling bagus sih Full Dark cmn modalnya gede, karna harga Tough Earrin/Necklace itu pasti mahal.

      Cara upnya pertama:
      1. Jade element
      2. Skill Ring Unik yang ada elemen (2x)
      3. Skill Earring juga bisa kalau kamu main Fire/Ice
      4. Tittle jangan lupa
      5. Ring Cash/Costumenya juga

      Segitu aja udah cukup kok..

      Delete
  19. Maaf mas perhitunganya skrg lbh bsar dmge ele ama pure atp mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ELemental lbh besar, karna diuntungkan dengan Debuff -element resist

      Delete
  20. Bro Ramdan !!
    minta sarannya nih , Gladiator ku Full FD 3rd plate dan talisman (100%), RDN Legend 2 set acc 3set RDN Legend, plate Fellowship (2 plate 2nd Critical dan 2 Set 2nd STR, untuk crical hanya dapat 60%, nah pertanyaan mending kejar critical atau STR stat untuk memaksimalkan damage ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending Critical aja, usahakan bisa tembus 80%++
      SOalnya crit resist monster cap 90 ini gak terlalu besar.

      Delete
  21. Mas mau tanya kalo GL saya Jadenya pake Bear+Wind dengan jumlah Bear lebih banyak dari Wind. Kemudian di weapon dan acc saya pasang 2 jade destruc sama 2 jade fatal. Terus sisa slot jadenya saya isi life fit. Apakah formasi dari jade saya sudah benar? Masalahnya saya juga butuh koreksi. Tadinya saya ikutin rekomendasi teman saya. Nah kalo semua jadenya saya jadiin full wind ini sama aja gedein crit kan? sedangkan kalo kata teman saya 'percuma crit gede kalo Phy.Attnya kecil'. Terus kebanyakan blog yang saya temui menyatakan yang namanya crit itu min 70%. Apa pernyataan itu juga benar? Lalu apakah GL itu harus menggunakan jade elemen? Maaf kalo pertanyaannya banyak. Tapi, mohon bantuannya. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke ada tekniknya sih buat ngejar Critical cmn agak berisiko aja..
      1. pake Full jade STR + CRIT (equip 90 ya)
      2. Earring + Necklace bisa ganti Wind
      3. Bermain element dengan mencari Skill RIng opt Crit + Element 2 biji
      4. Jade weapon bisa ECJ + elemnt jade
      5. Jade ring bisa pake Element Jade
      6. Ada modal bisa pake Plate 3rd Critical jauh lbh aman

      Masalah Crit dan element bisa dilihat di Post saya terbaru, bermain main Full Crit punya potensi DPS yang lbh besar dibandingkan main PATK aja ^^

      Delete
  22. Bang, saya mau tanya, GL biasanya attp sama critnya berapa minimal? sama kalau farming gold dungeon 90 dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya gak pernah perhatiin ATK minimal, pokoknya asal Gear + Jadena bener sih dah oke. Kalau crit minimal sih paling enak 70%, kalau bisa 89% :P

      Buat Solo Dungeon 90 kan gak terlalu susah jd gak perlu Atk gede2 juga

      Delete
    2. OK bang, makasih banyak, tapi kalau jade bear saya pake crit atau vit?

      Delete
  23. Gan, minta build Gladiator Pure PvE yg sudah Revamp dong bang ..
    masih bingung untuk Full Dash Kick (untuk Line Drive EXi) atau Halfmoon Slash nya >_<

    ReplyDelete
  24. mau nanya nie tentang GL imbangin crit sama hp susah soalnya gw naikin hp crit turun tapi pada FA all hp pada diri kita sama dri musuh di jadiin selisih bukan ya , jadi kalo hp kita besar kemungkinan FA makin sakit soalnya gw dah nyobain naikin hp sampe 2jt critical 38% di deadalus HC kena 2 bar att dasar 100kpas jadi gw bingung crit apa all hp kita di naikin , minta saran dong dan lu cobain naikin crit sama hp lu sendiri , soalnya banyak para tetua main jade str+vit trus naroh agi+crit di acc jadi gmna nie

    ReplyDelete
  25. Mau nanya ni Gan,,
    Soal JOB GL, itu enak nya pake ECJ Apa ya??
    Masih bingung kbanyakan orang2, Ada yg pake Abys/Dark, Ada yg pake Lighting,.
    Tapi saya ngeliat di server Althea, GL itu pada pake ECJ HeatWave Fire att, apakah betul pake ECJ Fire? Minta Saran nya gan, TQ

    ReplyDelete
  26. Gan skill build yang ini apa masih bisa buat gladiator yang baru???
    Soalnya kan habis di revamp skillnya..
    Finish Attack cooldown cuman 5 detik tapi butuh buble 15..
    Sementara mungkin beberapa perubahan tipe damage sudah lebih dahulu diganti..
    Contohnya skill pada jalur Moonlord yang semula magic, ketika di Gladiator berubah menjadi fisik..
    Maaf kalau seandainya ada yang salah..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih nyebelin bgt FA pake bubble segala jadi timming make nya kisaran 20-25% boss hp
      waktu nest daedlus HC disuruh skill FA mulu sama partyan malah dikoment "FA mahal ya"-_-

      Delete
  27. Knp disebut top DPS ? Karena rasanya saat membunuh naga terasa banget.. dengan teriakanya dari WR yg ngeluarin FA yang menyatakan kemenangan..
    Last hit emang terbaik wkwk

    ReplyDelete