SHOOTING STAR SKILL BUILD LEVEL 90

     Hari ini DN SEA Cap 90 tapi saya masih tidak bisa main gara-gara kuota internet sedang menipis. Rencananya saya akan leveling Soul Eater atau Smasher dulu, buat test damage mereka. Saya masih belum tertarik untuk leveling Shooting Star di minggu-minggu awal ini, karena masih belum ikhlas beberapa skill favorit saya malah dikurangi damagenya (baca: Engineer Class Analisis).
     Shooting star adalah salah satu job DPS yang terkenal di Cap 80. Dulu ketika Reload EX bisa digunakan ketika Mechanic Mode, Shooting Star memiliki DPS yang luar biasa. Dipertengahan Cap 80, Shooting Star mendapatkan Revamp untuk Reload EX yang tidak bisa digunakan di Mechanic Mode dan pengurangan damage Splash sebesar 30%. Update itu membuat beberapa pemain Shooting Star terguncang. Ada yang Change Job ke Gear Master dan ada juga yang pensi dari dunia PVE :P. Melihat kejadian itu, saya jadi merasa bangga sama teman-teman yang mempertahankan Job yang DPSnya tidak begitu besar dan kurang favorit, seperti acrobat dan dancer class.
     Jika dihitung berdasarkan total potensi DPS Skillnya, Shooting Star tidak mendapatkan peningkatan DPS di CAP 90. Hal tersebut dikarenakan dua Skill DPS terbesarnya dikurangi damagenya yaitu Splash dan Mine Thrower (Brainwave Projection). Beruntung developer me-revamp Debuff Biochemical Granade dari Def -20% (+3-5% Damage) menjadi +20% damage. Debuff itu membuat Potens DPS full Buff Shooting Star meningkat. Selain itu, ada peningkatan jumlah peluru dari Splash EX dan cooldown Reload EX. Dibandingkan dengan saudarinya (Gear Master), setidaknya Shooting Star masih lebih baik. Jadi sampai sekarang saya masih belum memiliki alasan kuat untuk tidak Gear Up Shooting Star kesayangan saya.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI atau ECJ/Element + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Note: Penjelasan masalah ECJ di Engineer bisa lihat di  Gear Master Skill Build


Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Mari lihat tabel potensi DPSnya dulu.


Build PVE

Jika dibandingkan dengan membuat Gear Master Skill Build (PVE), Shooting Star tidak begitu dilema. Apalagi kemarin banyak masukan yang keren dari teman-teman di Blog.

Napalm Bomb
Selama main Academic Class, saya sangat jarang sekali menggunakan skill. Sebelumnya ada yang memberi saran untuk menaikan Napalm Bomb Max karena memiliki Board Damage yang lumayan besar juga. Setelah hitung, ternyata benar Potensi DPSnya tidak begitu mengecewakan. Selain itu, Napalm Bomb sangat mudah digunakan dan castingnya cepat pula.

No Stun Granade
Saya mengerti kalau sebagian orang sangat suka sekali dengan Skill ini, khususnya anak-anak dari DN INA. Saya pernah dimarahi ketika membuat Build tanpa Stun Granade di DN INA. Kenapa masih ada yang tidak mengerti kalau Build saya adalah untuk Pure PVE. Dasarnya Build PVE adalah mencari Skill dengan DPS yang baik. Coba bandingkan saja DPS Stun Granade dengan Napalm Bomb, perbedannya hampir 3x lipat. Saya juga tidak pernah mendengar ada Boss di Nest/Raid kena Stun gara-gara Skill ini (LOL) :P.

Pingpong Bomb
Di Cap 80, saya menaikan skill ini Max bahkan sampai level 21. Melihat DPSnya yang dikurangi di Cap 90, saya terpaksa harus menaikannya sampai level 16 saja. Perhatikan saja tabel di atas, Pingpong Bomb EX hanya menempati urutan ke 9. Padahal sebelumnya Pingpong Bomb EX menempati urutan no 4.

Reload
Sangat tidak disangka skill yang biasanya saya spam hanya untuk mencari peluru ini menjadi Top 4 DPS Shooting Star. Kenaikan damagenya di Cap 90 hampir 200% atau 3x lipat dibandingkan cap 80 (baca: Engineer Class Analisis).

Chemical Granade
Damage Chemical Granade memang dinaikan di Cap 90 ini, tetapi tetap saja memiliki DPS yang tidak besar. Kalian harus tetap menaikannya MAX agar Debuff (-20% All Resist) menjadi lebih lama.

Mine Thrower (Brainwave Projection)
Di Cap 80, Mine Thrower sempat mengalahkan Splash menjadi Top DPS Shooting Star. Potensi DPSnya memang besar tapi itu untuk Full Hit. Mine Thrower Full Hit (40 Hit) agak susah dilakukan, kecuali untuk Boss yang berukuran super besar seperti Naga di Raid Nest. Kadang-kadang karena damage Mine Thrower  kurang konsisten, saya menjadi lebih sering spam Biochemical Granade atau Splash.

Biochemical Missile
Biochemical Missile merupakan satu-satunya skill di TOP 3 DPS yang mendapatkan peningkatan damage. Hal yang paling penting adalah Debuff Biochemical Missile akhirnya diganti. Awalnya hanya -20% Defence, sedangkan yang terbaru adalah +20% Damage. Efek keduanya sangat berbeda jauh, Debuff -20% Def (cap 80) hanya akan meningkatan 4-6% Damage saja (tergantung Def musuh), sedangkan yang terbaru benar-benar +20% Damage,

Demolition vs Skyline
Saya agak kurang terbiasa menggunakan Ultimate Skill ini, jadi lebih sering menggunakan Skyline (Ultimate Skill Gear Master)

Mecha Bomber
Yah walaupunn sudah tidak ada Debuff -damagenya lagi, saya mash tertarik dengan potensi damagenya.

Splash
Splash berhasil kembali merebut peringkat 1 DPS untuk Shooting Star. Hal ini dikarenakan ada peningkatan jumlah peluru dari 7x  menjadi 9x peluru. Kalian harus berdekatan atau menempel dengan musuh agar Splash bisa Full Hit (18x Hit).

Alfredo Beam
Skill andalannya Alfredo yang memiliki potensi DPS lumayan besar juga.


Build Hybrid

Build ini bisa digunakan di PVE maupun PVP. Saya menaikan Stun Granade untuk PVP dan ada sisa 4 Skill Point untuk menaikan Bubble. Skill DPS utamanya masih sama dengan Build PVE.

Build PVP

Stun Granade
Skill ini sangat berguna di PVP karena kemungkinan Stunnya. Beberapa orang malah berniat untuk MAX +1 dan Skill Heraldry cooldown. Dengan menambahkan Stun Elixir juga bisa menambah kemungkinan Stun skill ini di Ladder

Bubble
Bisa mengikat musuh selama 2 detik

Force Out
Force Out bisa digunakan untuk ekstra tumble dan memili Iframe sekitar 0.3 detik.

Reload 
Tidak ada pengurangan cooldown untuk setiap peningkatan levelnya. Jadi untuk menghemat MP saya tidak menaikannya Max.

Mine Thrower (Brainwave Projection)
Di PVP skill ini jarang sekali digunakan

Biochemical Missile
Skill kesukaan saya di PVP karena memiliki damage dan area yang besar.

Ice Pump Tower
Pada Level 8, efek Slow menjadi lebih lama dan itu sangat membantu untuk mengurangi pergerakan lawan.

Mecha Silent
Pada Level 6 bisa menghilangkan 2 Buff musuh. Sangat berguna untuk melawan musuh yang memiliki banyak Buff.

Mecha Bomber
Damagenya di PVP cukup besar dan mecha akan Iframe ketika menggunakan Skill ini.

Mechanic Mode
Saya hanya menggunakan untuk Cast MM Ice Pulm Tower

Skill Heraldry
PVE:
1. Transitional Damage (cooldown)
2. Splash (damage)
3. Mine Thrower (damage)
Optional: Biochemical missile/Pingong Bomb (damage), Wax (cooldown)

PVP:
1. Transitional Damage (cooldown)
2. Stun Granade (cooldown)
3. Wax (cooldown)
Optional: Biochemical Missile/Splash (damage), Rocket Jump (cooldown), Dodge (cooldown/reset cooldown)

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

27 comments:

  1. Salam Dari DN NA bang :D

    ReplyDelete
  2. Waktu cap 80 saya lbh pro ke brainwave project ketimbang bio chemical. Terus karena harus berbagi peluru, daya jadi malas mengambil skill splash. Saat ini saya malah jd SS hybrid yg ambil max ice pump, gatling tower, dan skill bebek nyetrum, apa tuh ... Dari semua job sy rasa class SS adalah yg paling banyak diacak2, jadi seperti om Ramdhan sy juga agak malas untuk leveling ini job, heheheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh kenapa pada suka Gatling ya..
      Padahal itu Tower agak suram DPSnya kalau posisinya kejauhan...



      Delete
    2. tipikal boss level 90 juga ikut menentukan, nanti bro dapat lihat sendiri boss lv 90 itu gimana kalau sudah update di SEA. hehe

      Delete
  3. skill build DS/SE antrian paling terakhir ya mas

    ReplyDelete
  4. Bang,skill guardian ane tunggu ya :D

    ReplyDelete
  5. Waduh, akhirnya datang juga build SS :))
    Kemarin nyoba build acak"an, eh pas run lembek gitu. Setelah itu saya nyoba liat analisis Engineer dan, akhirnya hari ini di post buildnya =w=

    ReplyDelete
  6. bang ramdan, ditunggu yah buat artillery nya hehehe, makasih

    ReplyDelete
  7. kang skill build barbar blum yah? #putraU

    ReplyDelete
  8. mau tanya juga kang, mending ATK naik 3,5% atau STR naik 3,5% di barbarian ? #putraU

    ReplyDelete
  9. bang kalo di LV 90 ada eq yg ada set bonus nya gak

    ReplyDelete
  10. wah setuju gua sama nih build.. thanks ya referensi nya :D :D

    ReplyDelete
  11. mkasih... bermanfaat bgt ,terutama sy yg main PVE70%/PVP30%... oke fixx yang HYBRID, Sedih bgt tapi di cap 90 damage SS jadi berkurang :( Smangaaatttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh semnjak badai Nerf, blum ada kabar bakal di Boost lg SSnya

      Delete
  12. ane baru leveling lg nih SS nya ( Kolektor Cebol). hahahahaha. boleh ngasih saran ga nih bang ramdan, setelah adept kemaren kita bahas.
    ane sebenernya mau ngasih masukan ke build pure PVE nya. kalo SS ane lebih prioritasin maxin di bebek dan SS tree. termasuk ping pong dan mecha bomb beserta mecha shock itu mentok level skillnya. over all ga jauh beda sih dari build bang ramdan yg bedain sebenernya ane ga main alpedo. so alpedo cuman buat Trans Damage. ada tambahan ga nih bang kira2 ke build ane? terutama untuk towernya sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skill Tower selain Chainsawnya Gear Master agak kurang sakit damagenya ya. Paling mending sih Cannon level 16.
      Kalau SP banyak sih bisa juga ke Napalm Granade yang level 26
      Saya juga agak kurang suka maen skill Alfredo karna kurang konsisten

      Delete
    2. sepertinya saya urungkan untuk bermain tower. baru banget rilis kemaren future update di KDN. kalau semua skill tree SS nambahin semua CD skill tower ( kalau saya tidak salah artikan ). so lebih baik lagi mendingan fokusin di SS tree dan bebek aja.

      Delete
    3. Hooh Cooldown Skill Tower dinaekin, mending coba ke cannon Blaster aja + Skill di Line SS

      Delete
    4. mending canon blaster dibuat lv6 tapi ndak ambil gravity grande atau canon blaster lv4 + gravity grande ya gan ?
      kira" seperti ini build saya, bingung di blaster dan gravitynya aja, yang lain udah mantep haha
      https://dnmaze.com/shootingstar-90/----E70----02---00300--3I300A00A94-0E4-C70--1-0-B---A0---0---0--00--00--

      Delete
    5. Cannon Blaster mantap sih tp gak seakrang..
      Tapi kalau buat persiapan Boost nanti saya milih cannon Blaster

      Delete
  13. gan abis update IDN kalau build nya gini boleh nggak? btw aku gk terlalu suka summon bebek jd gk aku ambil skill bebeknya

    https://dnmaze.com/shootingstar-90/----O7-----02---00330--3II--A0A-94--E4--70--1-0-B---A0---0---0--00--00--

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah oke kok buildnya, jadi gak terlalu senam jari

      Delete
  14. Bang apakah shooting star main ecj fire gak papa kan

    ReplyDelete