Satu hari menjelang Cap 90 di DN SEA, sepertinya akan susah buat Update Skill Build mulai besok. Saya sih akan tetap mengusahakan bisa tetap Update Skill Build, kalau tidak harap maklum ya. Polling sudah saya ganti dengan yang terbaru supaya Votenya tidak menumpuk di Job-Job yang sudah ada Skill Buildnya. Ini menjadi kesempatan baru buat kalian yang Job kesayangannya belum saya bahas Skill Buildnya. Berdasarkan hasil Polling sebelumnya, saya akan membahas mengenai Gladiator Skill Build.
    Gladiator merupakan salah satu Job DPS yang kurang populer di Cap 80. Hal ini dikarenakan Gladiator selalu ada dibayang-bayang Moonlord (Lunar Knight). Beberapa teman saya terpaksa harus lebih fokus ke PVP selama Cap 80, dibandingkan harus sakit hati selalu dikucilkan oleh Party Nest/Raid. Gladiator memiliki skill andalannya yaitu Finish Attack EX. Sayangnya skill tersebut baru berasa damagenya ketika HP musuh dibawah 40%an.
    Gladiator mendapatkan harapannya di Cap 90, karena sebagian besar skillnya ditingkatkan damagenya. Walaupun developer sepertinya masih setengah hati menaikannya, karena setelah saya hitung kenaikannya hanya sekitar 16% dari Cap 80 (baca: Analisis Swordmaster Class). Saya masih merasa peningkatan ini kurang untuk mengalahkan kepopuleran Moonlord (Lunar Knight). Kita tunggu saja Update Skill setiap bulannya, akankah ada Boost lanjutan untuk Gladiator?



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT

Kenapa tidak menggunakan AGI?
1. Konversi 1 STR =  0.75 PATK dan 1 AGI = 0.25 PATK
2. Buff Class Master I (Pasif 65) dapat meningkatkan 60% STR (bukan PATK/AGI ya)

Bermain Kritikal tidak ada salahnya tetapi harus menggunakan Cara yang tepat seperti yang pernah saya jelaskan di Dark Avenger Skill Build.

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate

Skill Build
Setiap Post Skill Build, saya akan memberikan tabel Potensi DPSnya dulu, supaya kalian yang kurang cocok dengan Build PVE saya bisa memilih mana Skill yang punya DPS besar.

Keterangan:
1. Gear Char sama dengan Analisis Swordmaster Class
2. DPS Full Hit dan Buff/Debuff
3. Level Skill Max atau Max +1

Build PVE

Circle Break
Circle Break masih menjadi Skill DPS terbesar diantara semua Skill DPS di Warrior Tree. Skill ini dilengkapi Iframe 0.3 detik juga, sehingga sangat cocok untuk dijadikan Skill DPS.

Dash Kick
Skill ini sangat diperlukan untuk mereset cooldown Line Drive INS


Lunar Knight (Moonlord) Skill
Tadinya saya hanya ingin menaikan Great Wave (Ultimate Skill Moonlord) saja, karena memiliki potensi DPS yang lebih tinggi dibandingkan Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Lalu saya bingung mau membuang 12 Skill Point kemana. Daripada bingung lebih baik saya sekalian menaikan Moonlight Splitter, Cyclone Slash, Crescent Cleave dan Halfmoon Slash level 1. Ke empat skill itu bisa digunakan untuk mengisi kekosangan skill atau kombo dan DPS/damagenya juga lumayan.

Note: saya belum tahu apakah menggunakan Skill di Moonlord Line ini bisa menambah Bubble Pasif 65 (class Mastery I) juga?

Triple Slash
Di tabel Potensi DPS, Triple Slash menduduki peringkat ke 4. Boost damage Triple Slash di Cap 90 memang besar yatu sekitar 91%an (baca:  Analisis Swordmaster Class). Bahkan di Lunar Knight (Moonlord) Skill Build saja saya menaikan skill ini untuk PVE, hehehe.

Deep Straight/Front Shove
Menyusul Triple Slash di posisi ke 4, Front Shove juga memiliki Potensi yang cukup besar. Walaupun terpaut sekitar 60000 poin tetapi masih layak untuk dinaikan Max atau Level 16.

Hacking Stance
Seharusnya jika tidak ada perhitungan Finish Attack (HP 10%), Hacking Stance masih tetap menjadi TOP DPS untuk Gladiator. Syarat agar Hacking Stance menjadi TOP DPS cukup berat. Pertama kalian harus menggunakan Skill Ring +1 agar damagenya meningkat dan cooldownnya berkurang. Kedua, kalian harus melakukan Full Hit (6 detik Stance) atau jangan sampai di cancel, hehehe.

Line Drive
Potensi DPS Line Drive memang masih bisa kalah dengan 3 Skill Lunar Knight, tetapi jangan lupa Line Drive merupakan Skill INS untuk Gladiator. Line Drive INS dapat di cast setelah Dash Kick atau Dash Combo. Jika Dash Kick berhasil mengenai musuh, maka cooldown Line Drive INS akan reset. Itu berarti Line Drive INS bisa digunakan setiap 20 detik sekali atau 16 detik sekali kalau menggunakan Skill Heraldry Dash Kick cooldown.

Brave
Peningkatan level Skilll ini akan menambahkan durasi Buffnya.

Provoking Slam/Luring Slash
Peningkatan level Skill ini tidak akan meningkatkan % Debuffnya tetapi hanya Damagenya saja. Oleh karena itu. saya tidak perlu menaikannya MAX.

Evasion Slash
Potensi DPS Evasion Slash di atas adalah untuk yang menggunakan Skill Ring +1, sehingga cooldownnya lebih cepat 0.5 detik. Jika tidak menggunakan Skill Ring, maka DPSnya akan kalah tipis dengan Triple Slash EX.

Finish Attack
Saya heran kenapa ada orang bilang Finish Attack EX merupakan Skill dengan DPS terbaik di Dragon Nest (pengalaman di DN INA). Saya sih cuman bisa senyum saja mendengarnya. Lihat saja tabel di atas, Potensi DPS Finish Attack disaat musuh Full HP atau 60%+ masih kalah dengan Cyclone Slash level 16 (LOL). Memang untuk Low HP Finish Attack memiliki penambahan Damage yang besar, tetapi tetap saja masih jauh untuk menjadi Skill DPS terbaik (maaf ya fans berat Finish Attack). Yah walaupun seperti itu, Finish Attack tetap wajib MAX.

Build PVP

Rising Slash (6) + Circle Break (6)
Seperti biasa, kedua skill ini menjadi perlengkapan kombo PVP saya. Sebenarnya ingin sekali ditambah Impact Wave level 6, tetapi skill pointnya tidak cukup.

Triple Slash + Front Shove
Saya tidak memaksimalkan kedua skill ini karena untuk menghemat Skill Point dan sedikit MP. Yap, skill yang MAX akan memiliki konsumsi MP yang besar pula. Saya agak malas ketika Ladder lalu kehabisan MP.

Halfmoon Slash
Kali ini saya menaikan Halfmoon Slash sampai level 11. Di PVE saya tidak tertarik menaikan/memaksimalkan skill ini karena potensi DPSnya tidak terlalu besar. Berbeda dengan PVE, Halfmoon Slash memiliki damage yang lumayan besar di PVP sehingga sangat cocok untuk Team PVP atau Ladder.

Great Wave
Ultimate ini biasanya saya gunakan ketika melawan Range Job di Ladder. Biasanya mereka sangat sulit sekali di tempel oleh Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Sedikit tips dari saya, sebelum menggunakan Great Wave kalian pastikan Musuh tidak memiliki Escape Skill atau Aerial Evasion (niat mode).


Skill Heraldry
PVE:
1. Finish Attack (damage/cooldown)
2. Triple Slash (damage)
3. Line Drive (damage)
Optional: Evasion Slash/Front Shove (damage), Hacking Stance, Great Wave, Dash Kick (cooldown)

PVP:
1. Finish Attack (cooldown)
2. Line Drive (damage)
3. Side Kick (action speed)
Optional: Triple Slash, Front Shove, Evasion Slash (damage), Halfmoon Slash (Action Speed)
    Job yang mendapatkan Voting tertinggi kali ini adalah Abys Walker. Saya perhatikan hasil Vote untuk JOB yang sudah ada Skill Buildnya masih tetap tinggi saja. Kasian beberapa Job lain masih sepi yang Vote dan pengguna job itu sudah mulai meminta Skill Build. Saya bukannya cuek dengan permintaan kalian, tetapi masalah keterbatasan waktu dalam membuat Artikel. Apalagi hari selasa nanti DN SEA akan Cap 90 dan pasti saya akan susah membagi waktunya.
     Abyss Walker adalah salah satu job yang akan saya leveling-kan duluan (mungkin setelah Smasher/Soul Eater :P). Saya sangat tertarik sekali dengan Skill Boostnya dan Line of Darkness Instan. Menjelang Cap 90 (H-2) di DN SEA, harga Skill Plate untuk skill Abyss Walker mulai merangkak naik, Padahal nanti di Cap 90 kan Judi Pouch Skill Plate menjadi lebih sedikit membutuhkan Fragment Dimesional Gemnya, hehehe.
     Kenaikan damage hampir semua skill Skill Abyss Walker membuat saya tidak begitu galau membuat Skill Buildnya di Cap 90 (tidak seperti membuat Gear Master Skill Build). Berdasarkan post Analisis Bringer Class, diantara semua skill Abyss Walker hanya Nightfall saja yang mengalami penurunan damage. Ini berarti pada Cap 90, Abyss Walker hanya pelu fokus pada Dark Skillnya alias kembali kejalur yang benar.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: Dark + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Dark Attack vs Physical Attack (PATK)
Jujur saya sudah mulai agak bosan ketika ditanya mana yang lebih baik Dark Attack atau PATK untuk Abyss Walker. Saya selalu menjawab Dark Attack pasti lebih baik, karena semua Skill Abyss Walker itu elemnnya Dark. Sebagai pembuktian mari kita hitung-hitungan seperti di Gear Master Skill Build:
Abyss Walker (PATK)
- PATK: 53081
- Dark Attack: 70% (Full Buff)
Abyss Walker (Dark Attack)
- PATK: 46349
- Dark Attack: 102% (Full Buff)

Hitung Damage salah satu skill yaitu Line of Darkness EX
- Board Damage: 2361%
- Koefisien: 3 Board Damage

Abyss Walker (PATK)
Damage: (53081 x 23.61) x 3 x 1.7 = 6391536

Abyss Walker (Dark Attack)
Damage: (46349 x 23.61) x 3 x 2.02 = 6631457

Nah, sudah jelaskan Abyss Walker yang bermain Dark Atack akan lebih unggul. Bayangkan saja perbedaan Damagenya untuk Abyss Walker yang menggunakan Tough Earring + Necklace (Full Dark), pasti Damagenya akan lebih besar lagi.

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Kali ini saya hanya akan memberikan dua Skill Build saja yaitu PVE dan PVP, tetapi seperti biasa saya akan menyediakan tabel potensi DPSnya terlebih dahulu:

Note: Perhitungan menggunakan Gear/Equip Abyss Walker (Dark) seperti Analisis Bringer Class

Build PVE


Fan of Edge
Beberapa teman saya sudah protes tentang Skill ini. Mereka merasa aneh kenapa saya suka sekali menaikan Fan of Edge. Jawabannya adalah hampir semua Char saya menggunakan Build Pure PVE, termasuk char Assassin juga. Pure PVE berarti saya menaikan Skill yang memiliki DPS besar, salah satunya adalah Fan of Edge. Yah walaupun damagenya dikurangin di Cap 90, tapi saya belum bisa move on atau menemukan pengganti skill DPS lain di Assassin Skill Tree. Bagi yang tidak cocok dengan Gameplay saya, kalian bebas memilih Skill yang kalian suka.

No Ring Strike 
Secara DPS, Ring Strike tidak bisa menandingi Skill Dark lainnya. Padahal perhitungan di atas menggunakan Total 21 Hit, tetapi potensi DPSnya tetap diurutan terbawah. Dengan Build seperti di atas, untuk menaikan Ring Strike Level 1 saya harus mengorbankan 13 Skill Point (10 SP untuk ambil Skill dibawah Chakra Energy dan 3 SP untuk Ring Strike lv 1). Dibandingkan harus membuang SP untuk Skill yang DPSnya tidak besar lebih baik saya alokasikan untuk Skill lainnya saja.

Chakra Cure
Skill ini sangat berguna untuk menghilangkan Debuff Boss, seperti burn, poison dll. Dengan menaikan Skill ini, berarti Abyss Walker bisa menjadi DPS paket komplit, karena memiliki DPS besar, Heal dan Cure.

Illusion Chakra
Abyss Walker level 90 pasti sudah tahu apa kegunaan skill ini. Kegunaannya adalah untuk mengurangi Cooldown Line of Darkness Instant. Jika Illusion Chakra berhasil mengenai musuh maka akan mengurangi Cooldown LOD INS 27 detik. Line of Darkness instant memiliki cooldown 27 detik juga, sehingga jika Illusion Chakra terus berhasil mengenai musuh maka Cooldown LOD INS akan sama dengan Cooldown Illusion Chakra. Illusion Chakra level 10 (MAX) memiliki Cooldown 12 detik, berarti kalian bisa menggunakan LOD INS tiap 12 detik (asal berhasil hit musuh). Saya malah punya rencana untuk menggunakan Skill Ring +1 dan Plate cooldown (niat mode), sehingga cooldownnya bisa 8 detik (dah kaya Setrikaan bolak-balik LOD).

Abyss Walker Skill

Perhatikan saja Tabel Potensi DPS di atas, ke enam Skill di Abyss Walker Line berhasil menguasai peringkat 1-6 DPS Skill. Ini merupakan efek dari Abyss Walker Boost yang saya pernah bahas di Analisis Bringer Class. Dengan Potensi DPS yang hampir merata seperti itu, saya rasa tidak ada salahnya untuk mengembalikan Abyss Walker ke jalan kegelapan. Mungkin nanti ada yang nanya kok Ultimate Skill Abyss Walker (Dark Conviction) bisa berada di Top 2 DPS. Kalian bisa lihat alasannya di Light Fury Skill Build.

Nightfall
Nightfall sempat menjadi TOP DPS Abyss Walker di Cap 80 lalu, Namun di Cap 90 ini, damagenya dikurangi lumayan besar yaitu hampir 50%, bahkan debuffnya juga ikut dikurangi dari +32% menjadi +20% Damage. Saya malah sempat ingin menaikannya sampai level 1 saja karena masalah peningkatan damagenya per-levelnya tidak terlalu besar. Coba saya hitungnya:
Nightfall lv 1: 102% per hit
Nightfall lv 11: 113% per hit
Max Hit: 20x Hit
Mid Hit: 1.5x board damage (posisi monster di tengah Nightfall)
Koefisien: 20 x 1,5 = 30x Board damage

Nightfall lv 1: 102% x 30 = 3060%
Nightfall lv 11: 113% x 30 = 3390%
Peningkatan: 3390% - 3060% = 330%

Tuhkan perbedaan Level 1 dengan 11nya tidak terlalu besar. Coba saya hitung peningkatan DPS antara level 1 dengan 11.
Cooldown: 30 detik
Peningkatan DPS: 330%/30 = 11%/detik (imuth banget)

Dibandingkan Nightfall, peningkatan Fan of Edge dari level 16 ke 26 malah lebih besar yaitu 16%. Atau kalian bisa juga menggunakan 10 SPnya untuk meningkatkan Shadow Hand level 6 yang memiliki peningkatan DPS 26%.

Saya yakin pasti ada yang tidak mengerti dengan maksud saya di atas. Intinya dengan kondisi damage Nightfall di Cap 90, saya agak bimbang dengan 3 pilihan ini;

1. Fan of Edge lv 16 dan Nightfall lv 11 (seperti build di atas)
2. Fan of Edge lv 26 dan Nightfall lv 1
3. Fan of Edge lv 16, Shadow Hand lv 6 dan Nightfall lv 1



Build PVP


Shadow Hand + Triple Edge + Piercing Strike
Seperti biasa ketiga skill ini perlengkapan untuk kombo di PVP.

Ring Strike
Ring Strike punya Iframe di awal Castnya dan bisa juga digunakan untuk mengunci musuh yang terjatuh. Ring Strike juga sangat efektif untuk mengunci musuh di area Nightfall EX.

Chakra of Healing + Healing of Ajna
Saya tidak menaikan kedua Skill ini karena membutuhkan masing-masing 10 Skill Point (Boros sekali). Chakra of Healing juga tidak memiliki kemampuan untuk memulihkan HP, jadi saya rasa tidak terlalu penting juga dinaikan. Lebih baik Skill Pointnya diberikan ke Skill lain yang lebih berguna.

Illusion Chakra
Di PVP tidak ada pengurangan cooldown untuk setiap peningkatan Skill ini, jadi saya rasa percuma juga dinaikan MAX.

Shadow Focus
Saya terpaksa mengurangi Shadow Focus sampai level 6 demi menaikan Ring Strike lv 1. Saya rasa sih perbedaan damagenya juga tidak terlalu jauh di PVP.

Nightfall
Berbeda dengan PVE yang galau antara level 1 atau Max. Di PVP saya lebih memilih untuk MAX karena damagenya di Ladder/PVP lebih besar dan itu berpengaruh untuk mempercepat penurunan HP musuh.

Ring of Energy
Kalian tidak akan mungkin bisa Full Hit menggunakan Skill Ultimate Abysswalker. Skill Ultimate Light Fury (Ring of Energy) lebih mudah kena Full Hitnya dan damagenya juga besar di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Chakra (cooldown)
3. Illusion Strike (damage)
Optional: Nightfall (cooldown), Dark Conviction, Night Exploison, Shadow Focus, Plasma Burst (damage)

PVP:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Strik (damage)
3. Nightfall (action speed)
Optional: Illusion Strike (cooldown), Chakra of Energy (Heal Rate),

      Pemenang Vote selanjutnya adalah Inquisitor. Saya ingatkan bagi yang sudah Vote untuk Lunar Knight (Moonlord), Dark Avenger, Saint dan Gear Master bisa mengganti Votenya ke pilihan lain (yang belum ada SKill Buildnya). Sebelum membahas Skill Build saya juga mohon bantuannya agar mengkoreksi kesalahan-kesalahan Skill Build dan pejelasannya. Soalnya saya membuat Skill Build ini tanpa melakukan Uji Coba lansung, karena DN SEA masih belum Cap 90. Jadi saya membuat Skill Buildnya lebih kepada Potensi DPS dan pengalaman PVE/PVP di Cap 80.
      Sebelumnya, Inquisitor dikenal sebagai job yang memilik Buff, Debuff, Heal dan beberapa Skill DPS. Hal itu berubah drastis semenjak Patch 90 lalu, posisinya sebagai Support saya rasa sudah tidak pas lagi. Melihat beberapa Skill DPSnya ditingkatkan damagenya (baca:Analisis Priest Class), saya rasa sudah sepantasnya Inquisitor masuk ke Job DPS. Saya sih cuman khawatir akan banyak pemain DN yang kurang bisa menerima kenyataan ini.






Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT (Tipe Crit)
Weapon + Ring: LIGHT+ INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Blessed/Ultimate

Skill Build
Sebelum membuat Skill Build mari kita lihat dulu tabel potensi DPSnya:

Note; Gear/Equipnya masih sama dengan Analisis Priest Class

Build 1

Build pertama ini rencananya akan saya gunakan di CAP 90. Saya tidak mau lagi menjadi Support seperti Cap 80 lalu. Sekarang saya akan membiasakan menjadi Inquisitor DPS, hehehe. 

Kenapa saya suka sekali dengan Charge Bolt MAX?
Saya sudah menggunakan Charge Bolt dari Cap 24, lalu mulai Max di Cap 50 sampai sekarang ini. Memang sebagian orang bilang Skillnya tidak efektif karena susah/ribet untuk Full Hit. Sejauh ini, maksimal Hit untuk Charge Bolt yang saya alami adalah 12x Hit. Setiap Hitnya mewakili 0.5 Board Damage, sehingga total Full Hit Damagenya adalah 6x Board Damage (0.5 x 12 hit). Seandainya kalian hanya bisa melakukan 6 Hit saja, DPSnya akan turun di bawah Holy Burst (Consecration).

Kombinasikan Mind Breaker EX dengan Charge Bolt
Di Inquisitor saya biasa mengkombinasikan kedua Skill ini, karena Cooldown keduanya sama-sama 10 detik. Saya yakin Inquisitor pasti akan selalu menggunakan Mind Breaker EX untuk mendapatkan Efek Debuffnya. Mind Breaker EX akan memiliki damage lebih besar jika jarak kita dengan monster sangat dekat karena akan ada tambahan 30% damage. Oleh karena itu, tidak ada salahnya setelah menggunakan Mind Breaker EX langsung disambung dengan Charge Bolt, lagipula casting Charge Bolt tidak terlalu lama.

No Block
DiSaint Skill Build PVE, saya tidak menyebutkan alasannya kurang menyukai Block. Di Cap 90, kalian bisa memblok 18x serangan denga durasi 20 detik. Menghabiskan 18x Block dalam 20 detik itu agak berat (kecuali kena poison missile :P), sehingga jika tidak cepat habis Block itu akan mengganggu keberhasilan Casting Skill kalian. Saya sering melihat orang yang Ultimate Skillnya gagal karena Block.

Lightning Bolt
Saya menaikannya sampai level 16 karena perbedaan damagenya tidak terlalu besar dengan MAX. Selain itu Skill Pointnya juga sangat terbatas. Jika kalian ingin menaikannya sampai MAX +2, maka bisa tidak menaikan Avenging Wave.

Mind Breaker
Siapa yang menyangka Skill yang biasa saya pakai cuman untuk Debuffnya bisa menjadi Top DPS no 4 Inquisitor. Berdasarkan post Analisis Priest Class, kenaikan damage Mind Breaker sampai 300%. Jadi tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai salah satu skill DPS terbaru.

Chain Lightning
Board Damage Chain Lightning ditingkatkan tetapi debuff -15% Light Resistnya dihilangkan di Cap 90. Hal itu membuat Potensi DPSnya tidak meningkat, malahan cenderung menurun dibandingkan cap 80 (baca: Analisis Priest Class). Potensi DPS di atas berlaku untuk Single Target, sedangkan untuk MOB bisa lebih besar lagi karena ada lompatan petirnya.

Detonate
Di Saint Skill Build saja saya menaikannya MAX +1 apalagi untuk Inquisitor. Potensi DPSnya yang tiba-tiba menjadi  besar ini membuat saya tertarik menaikannya MAX +1 untuk PVE Build. Detonate EX juga bisa digunakan untuk mengaktifkan Buff +10% Light Attack dan 5% MATK dari pasif Class Mastery II.

Heavenly Judgement
Ultimate Skill yang wajib dinaikan MAX oleh Inquisitor. Tolong jangan pernah membandingkan DPS Heavenly Judgement ini dengan Miracle Relic (BUG) ya, soalnya nanti kalau sudah di FIX baru ketahuan siapa yang lebih besar damagenya.

Grand Cross
Mantan TOP DPS skill untuk Inquisitor ini agak kurang disukai sebagian orang. Saya maklumi karena memang Casting Time dan pergerakannya lama. Potensi DPS di atas untuk Grand Cross Full Hit. Maksimal Hit untuk Grand Cross adalah 20 Hit dengan masing-masing hit sama dengan 0.2x Board Damage, sehingga total Full Hit damagenya adalah 4x Board damage (0.2 x 20). Ibaratnya seperti ini:
- Jika kamu hanya bisa mendaratkan 5 Hit saja, maka DPSnya berada di bawah Chain Lightning.
- Jika kamu hanya bisa mendaratkan 10 Hit saja, maka DPSnya masih tetap berada di atas Detonate.

Holy Burst
Potensi DPSnya memang tidak terlalu besar tapi ada yang kurang rasanya kalau tidak menaikan skill ini, hehehe.

Consecration
Consecration tiba-tiba muncul menjadi TOP DPS Inquisitor di Cap 90 ini.

Kelamahan Build pertama adalah agak repot ketika digunakan juga untuk Ladder, terutama ketika bertemu Tracking Arrownya Artillery.

Build 2
Build kedua ini untuk Inquisitor untuk Support + DPS

Saya khawatir sebagian orang masih belum menerima kalau Inquisitor sebagai DPS. Bayangkan saja jika teman party kalian menanyakan mana Healing Relic, Cure Relic dan Miracle Relicnya seperti Cap 80 lalu. Bisa-bisa kalian malah ditolak oleh Party. 

Healing Relic
Saya melihat di DN INA durasi Healing Relic masih pakai versi jadul yang 10 detik. Padahal di KDN durasi Healing Relic itu 30 detik dengan cooldown 10 detik, sehingga kalian bisa summon Healing Relic sebanyak 3 buah. Sebenarnya saya malas sekali menaikan Healing Relic di Cap 90, karena jumlah healnnya kecil sekali.

Cure Relic
Inti dari Skill Build kedua adalah mengambil Cure Reli yang berguna untuk menghilangkan Debuff dari Boss Nest/Raid. Masalah utama adalah kadang Cure Relic ini mudah sekali hancur dan areanya Curenya tidak terlalu besar.

Miracle Relic
Sebagai Support tentunya tidak komplit jika tidak menaikan Miracle Relic. Inquisitor saya di DN SEA saja dulu pernah dimarahi oleh Party karena tidak menaikan Miracle Relic. Kebetulan Damage Miracle Relic juga sedang Bug, jadi bisa sekalian untuk Skill DPS juga (LOL).

Grand Cross
Kenapa saya mengorbankan salah satu TOP DPS Inquisitor demi Skill Relic? karena diantara semua DPS Skill Inquisitor, Grand Cross yang paling susah untuk mendapatkan Full Hit.

Kelemahan Build kedua ini tidak ada Avenging Wave sehingga kalian akan lebih mudah jatuh.

Build 3
Build ketiga ini saya gunakan untuk PVP

Divine Combo + Holy Kick + Holy Bolt 
Sama seperti  Saint Skill Build untuk PVP, Inquisitor juga saya lengkapi engan Skill yang sama. Ke empat skill ini berguna untuk membantu kombo di PVP.

Block
Di PVP skill ini sangat diperlukan untuk menahan serangan.

Mind Breaker + Grand Cross
Kemungkinan Full Hit kedua skill ini tidak terlalu besar di PVP. Mind Breaker biasa digunakan untuk men-Stun + Paralyze musuh. Sedangkan Grand Cross memiliki super armor yang cukup besar (tidak mudah cancel) ketika Casting Skill. Biasanya saya cast Grand Cross ketika sedang ditempel oleh Melee Job agar saya tidak cepat terjatuh.

Bind Relic
Saya berharap sisa 2 Skill Point itu bisa dimasukan ke Bind Relic supaya bisa MAX, hehehe. Saya belum tahu apakah Bind Relic di Ladder masih gampang hancur atau tidak.


Skill Heraldry
PVE:
1. Consecration (cooldown)
2. Detonate (cooldown/damage)
3. Chain Lightning (damage)
Optional: Holy Burst/Grand Cross/Lightning Bolt(damage), Heal/Cure Relic (cooldown)
*Khusus Detonate saya belum tahu apakah ada yang Opsi Cooldown, jika ada lebih baik menggunakan Cooldown agar Buff dari Class Mastery bisa lebih sering didapat. 

PVP:
1. Consecration (cooldown)
2. Detonate (damage)
3. Holy Burst (damage)
Optional: Heal (Heal Rate), Half Turn Kick/Holy Kick (Action Speed), Bind Relic (cooldown)
      Hasil vote mulai nakal lagi ya, saya kira setelah Saint Skill Build itu Abysswalker atau Inquisitor. Hasilnya malah Gear Master yang menempati urutan berikutnya.  Berbicara tentang Gear Master, kita semua sudah pasti tahu bahwa job ini mempunyai Potensi DPS yang tinggi di Cap 80. Sayangnya, Gear Master mendapatkan penurunan Damage untuk beberapa Skillnya yang menyebabkan Potensi DPSnya ikut turun. Saya sudah mulai mendengar Gear Master yang akan berubah Job gara-gara penurunan itu.
       Padasaat membuat Build Gear Master di Cap 80, saya merasa bingung karena kekurangan Skill Point. Sedangkan di Cap 90 Skill Point yang tersedia banyak, tetapi saya malah bingung memilih Skillnya. Hal ini disebabkan pengurangan damage untuk beberapa Skill (baca: Analisis Engineer Class). Selain itu, saling bentroknya Skill Reload dengan Mechanic Mode juga membuat penyusunan Skill menjadi semakin sulit. Rasanya benar-benar campur aduk banget membuat Skill Build Gear Master ini. Sekarang tugas saya adalah mengumpulkan orang-orang bingung untuk berdiskusi tentang Gear Master Skill Build Level 90.
   




Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Bagaimana dengan Light, Dark atau Ice Gear Master?
Saya uji coba dengan menggunakan Status Char Gear Master saya saja.
PATK Gear Master
PATK: 47343
Light Gear Master
PATK: 40183
Light Attak: 11.69%

Langkah berikutnya adalah ambil salah satu Skill sebagai contoh. Saya ambil TOP DPS Skillnya saja yaitu Chain Saw Tower.
Board Damage: 3150%
Koefisien: 7x Board Damage
Cooldown: 17 detik

PATK Gear Master
DPS: ((31.5 x 47343) x 7)/17 = 614068

Light Gear Master
DPS: ((31.5 x 40183) x 7 x 1.1169)/17 = 591252
*DPS di atas belum termasuk Debuff -20% Resist dari Chemical Granade
Chemical Granade
- 591252 x 1.2 = 709502

Jadi untuk ECJ Gear Master harus memperhatikan hal berikut:
1. Persentase Elementnya minimal 5% dan jangan sampai minus
2. Sering-seringlah mengeluarkan Skill Chemcal Granade

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Sebelum membuat Skill Build mari kita lihat dulu tabel potensi DPSnya:

Dengan melihat dan mempertimbangkan hasil perhitungan di atas, maka saya memutuskan membuat dua Skill Build PVE (bahasanya berat :P).

Build 1

Build 2

Kalian bingung kan dengan keputusan saya menaikan Reload Max, apalagi Reload dengan Mechanic Mode tidak bisa digunakan bersamaan. Ketika membuat Skill Build ini, saya sudah pasrah akan kembali mengalami kram jari karena merotasi Mechanic Mode dan Reload.

Build 3
Seorang tanpa nama memberi saran untuk menaikan Napalm Bomb di PVE. Saya rasa itu ide yang cukup bagus, karena DPSnya lumayan besar juga. Di Build ini juga saya peruntukan orang yang males senam jari dan lebih fokus untuk Tower + Mechanic Mode saja.


Wax 
Skill yang wajib Max.

Force Out
Pada level 6 skill ini bisa menjadi ekstra tumble dan memiliki iframe juga. Jika kalian tidak terbiasa menggunakan bisa menaikannya sampai level 1 saja dan skill pointnya dimasukan ke Stun Granade.

Stun Granade
Semoga pencinta Stun Granade tidak ada yang protes lagi. Jika kalian perhatikan semua Skill Aktif di Academic Skill Tree tidak ada yang memiliki DPS yang besar. Jadi Stun Granade ini saya naikan hanya untuk menutupi kekurangan Persyaratan Skill Point saja.

Tower Skill
Gatling Gun Tower 
Berdasarkan tabel potensi DPS di atas, Gatling Gun Tower (Mechanic Mode) memiliki DPS yang besar. Lalu kenapa saya tidak menaikannya? tentunya karena Teori tidak seindah di lapangan. Gatling Gun sangat sulit untuk Full Hit, karena kalian harus memastikan posisinya sangat dekat/menempel dengan Boss. Jika tidak berdekatan maka DPSnya akan sangat kecil.

Cannon Tower
Di Cap 80, Mechanic Mode Cannon Tower adalah favorit saya, karena memilik Board damage yang besar. Walaupun Board Damagenya dikurangi cukup besar di Cap 90, saya tetap menaikannya MAX karena DPS MM Cannon masih lumayan besar.

Ice Pump Tower
Dulu alasan saya menaikan ini sampai level 8 karena Debuff -30% Ice Resistnya (soalnya saya Ice Gear Master). Revamp Buff berhasil menghapus Debuff andalan saya itu (T_T) dan menyisakan hanya efek Slow. Peningkatan Level Ice Pump Tower meningkatan Board Damage dan durasi Slow saja. Dilihat dari DPSnya yang menempati urutan terbawah, jadi tidak perlukan untuk menaikan Tower ini Max.

Mecha Skill
Mecha Duck
Setiap peningkatan level untuk Mecha Duck tidak meningkatkan jumlah HPnya. Selain itu, peningkatan Board Damagenya juga tidak terlalu besar.

Mecha Shock
Salah satu Skill DPS terbaik untuk para bebek dan berhasil masuk ke posisi ke 9.

Mecha Siren
Daridulu Skill ini tidak memiliki Board Damage yang besar.

Mecha Bomber
Top DPS Skill untuk para bebek. Kalian boleh menaikannya sampai level 11, karena board damagenya tidak terlalu berbeda jauh dengan Max.

Skill Line Shooting Star
Pingpong Bomb
Damagenya dikurangi jadi saya kurang berminat menaikannya.

Reload
Skill ini malah masuk ke dalam Top 10 DPS Gear Master. Tujuan utama saya menaikannya adalah agar saya bisa lebih cepat mengumpulkan peluru. Kalian bebas menaikannya skill ini disesuaikan dengan seberapa sering kalian menggunakannya. Setiap kenaikan 1 Level skill maka Cooldownnya berkurang 0.5 detik (silakan sesuaikan dengan kecepatan jari masing-masing).

Chemical Granade
Saya sudah membicarakan Skill ini dibagian analisis Jade. Bukan hanya pengguna ECJ Gear Master saja yang wajib menaikan skill ini, tetapi PATK Gear Master juga.

Mine Thrower atau Biochemical Missile
Saya hanya memberi satu pilihan karena dua-duanya membutuhkan jumlah peluru yang sama (2x Reload). Secara DPS Mine Thrower memang lebih besar namun agak sulit mendapatkan Full Hit damagenya (40 Hit), terutama ketika ukuran monsternya kecil dan sedang. Biochemical Missile memiliki DPS yang lebih konsisten karena Full Hitnya hanya 1x Hit dan areanya luas pula. Sekarang terserah kalian mau memilih yang mana atau kalian bisa tidak menaikan keduanya dan menaikan Skill DPS lain yang menurut kalian besar juga.

Gear Master Skill
Chainsaw Tower
Top DPS Skill jadi tidak perlu ditanya lagi ya

Big Mecha Bomber
Big Mecha Bomber memang tidak termasuk ke Top 5 DPS Gear Master, karena memiliki Cooldown yang lebih lama dibandingkan Skill di atasnya. Di Cap 90, kalian akan sering menggunakan skill ini karena memiliki Debuff tambahan +20% Damage selama 10 detik.

Force Out INS
Instant Skill yang suram untuk DPS Job. Apalagi diaktifkannya setelah skill Flashbang, berarti itu harus kena Hit dulu dong. Efek Force Out INS sudah otomatis seperti Force Out Level 6++ yang memiliki Iframe (tidak bisa dihit). Jadi kalian boleh saja tidak menaikan Force Out sampai Level 6. 

Skill Build PVE memang membuat saya galau. Setidaknya saya mempunyai pilihan lain yaitu Skill Build PVP.

Build PVP


Vending Machine
Di INA sering disebut Kulkas alias Skill untuk mengeluar Potion. Di Ladder saya selalu menggunakan Skill Ring +1 untuk Skill ini, agar jumlah Potionnya lebih banyak. Walaupun kadang-kadang itu bisa menjadi malapetaka ketika musuh berhasil menguasai Area Potion. 

Stun Granade
Skill wajib dan sangat berguna di PVP. Kalau perlu kalian bisa menggunakan Skill Ring +1 agar kemungkinan Stunnya semakin besar. Di Ladder bisa juga mengunakan Elixir/Potion untuk meningkatan kemungkinan Stun dan hasilnya pasti membuat "pusing pala barbie" musuh :P

Wax
Wajib max juga agar musuh lebih mudah terpeleset

Bubble
Bisa mengikat musuh selama 2 detik.

Reload
Di PVP, peningkatan level skill ini tidak berpengaruh untuk cooldownnya, jadi level 1 saja cukup.

Chemical Granade
Area serangannya dan damagenya cukup besar, ditambah ada Debuffnya pula.

Mine Thrower (Brainwave Projection) vs Biochemical Missile
Di PVP saya lebih memilih Biochemical Missile karena memiliki area dan damage yang besar. 

Ice Pump Tower
Saya naikan sampai Level 8 agar durasi Debuffnya Maksimal. Walaupun Debuffnya hanya untuk membuat musuh Slow/lambat saja, tetapi itu sangat berguna di PVP.

Mecha Duck 
Masih tetap level 1 karena kenaikan levelnya tidak meningkatkan jumlah HPnya,

Mecha Shock
Paralyzenya dan Areanya lumayan besar, skill ini sangat mengganggu di PVP. Akan lebih baik jika sudah mengganggu damagenya besar pula.

Mecha Siren 
Menaikan Skill ini sampai level 6 supaya Buff yang dihapuskan menjadi 2 Buff. Penghapusan Buff itu sangat berguna ketika melawan musuh yang memiliki Buff banyak seperti Cleric Class.

Mecha Bomber
Banyak yang tidak tahu bahwa bebek akan Iframe (tidak bisa di Hit) ketika sedang cast Mecha Bomber. Skill ini selalu menjadi penyelamat saya ketika melawan musuh yang hobi nempel-nempel. Tips menggunakan Mecha Bomber adalah selalu sisakan 1 Bebe didekat kamu lalu Cast Mecha Bomber (walaupun musuh tidak ada di dekatmu). Lalu fungsinya apa? nanti ketika musuh mendekat si Bebek tadi akan otomatis Cast Mecha Bomber dan itu jarang sekali diduga. (Koreksi kalau saya salah)


Skill Heraldry
PVE:
1. Chainsaw Tower (cooldown)
2. Transitional Damage (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Big Mecha Bomber (cooldown/damage)
Optional: Mine Thrower/Biochemical Missile (damage)

PVP:
1. Chainsaw Tower (cooldown)
2. Transitional Damage (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Stun Granade (cooldown)
Optional: Rocket Jump (cooldown), Tumble (reset cooldown), Biochemical Missile (damage)

     Pemenang Vote berikutnya adalah Saint. Job Healer ini tiba-tiba menjadi populer di Cap 90. Sepertinya kepopulerannya meningkat karena Damage Miracle Relic yang sedang Bug/Error. Gara-gara Bug/Error itu banyak player yang bilang Saint termasuk Job Healer yang memiliki DPS besar. Perlu diingat yang namanya Bug/Error itu suatu saat akan diperbaiki, nah ketika sudah diperbaiki kalian jangan sampai menyesal ya. Lagian Miracle Relic (Bug) tidak memiliki DPS sebesar Shock Relic kok :P.
     Sebagai Healer banyak yang mempertanyakan apakah Saint lebih baik dari Light Fury. Hmm gimana ya, saya masih menjagokan Light Fury sebagai Healer. Tetapi bila digabungkan dengan kemampuan Debuff dan Potensi DPSnya, Saint bisa lebih unggul. Yang terpenting adalah Saint sudah kembali bangkit dan siap bersaing di Cap 90 ini. Saya juga senang ketika para Saint yang vakum mulai kembali bermunculan.
   



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + Crit (Tipe Kritikal)
Weapon + Ring: Light + INT
Earring + Necklace: INT + VIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate/Wind.


Skill Build
Build ini saya peruntukan untuk Pure PVE player.


Build PVE + Lightning Bolt
Berdasarkan saran dari Ronny Setiawan, saya jadi punya ide Skill Build PVE yang menaikan Lightning Bolt. 

Seperti biasa, saya tidak akan membahas Skill Build tanpa menggunakan Data Potensi DPSnya.

Note: Gear/Equip sama dengan yang saya gunakan di Analisis Priest Class yaitu Saint tipe Light.

Charge Bolt
Saya sudah hitung-hitung semua Skill Aktif di Cleric Skill TRee dan DPSnya tidak ada yang bisa menandingi Charge Bolt (Full Hit). Skill lain yang DPS agak mendekati Charge Bolt adalah Divine Combo level 26 (Full Hit), tetapi Full Hit-nya sama susahnya dengan Charge Bolt. Jadi untuk PVE saya masih memilih Charge Bolt.

No Block
Saya tetap konsisten dari Cap 50 untuk Build PVE Saint tidak menggunakan Block. Jika kamu butuh Block bisa mengarungi Charge Bolt ke Level 16.

Chain Lightning
Berdasarkan tabel di atas, Chain Lightning menduduki posisi 4 Skill DPS Saint. Kelebihan Chain Lightning Max adalah lompatan petirnya bisa 10x dan itu berguna sekali untuk PVE.

Detonate
Di Cap 90, Detonate mendapatkan Boost Damage yang lumayan besar, sehingga menjadi Top 3 DPS skill untuk Saint. Detonate sangat cocok jika dikombo dengan Chain Lightning MAX. Agar Damage Detonate lebih besar lagi, kalian harus menggunkan Skill Ring +1.

Grand Cross
Full Hit Grand Cross adalah 20 Hit dengan damage tiap Hit adalah 0.2x Board damage, sehingga total Full Hit damagenya adalah 4x Board Damage.Saya tidak memasukan Skill ini di Tabel Skill DPS Saint, walaupun potensi DPS skill ini lebih besar daripada Detonate. Selama menggunakan Grand Cross (Inquisitor), saya baru mendapatkan total Full Hit Damage ketika melawan Basilisk di Saint Haven Defence. Pergerakan Grand Cross yang lambat membuat semakin sulit untuk Full Hit, apalagi untuk Boss yang aktif bergerak.

Holy Burst
Secara DPS memang skill ini tidak begitu besar, tetapi area serangan cukup besar dan berguna untuk PVE.

Lightning Relic
Sebagian orang menyarankan untuk memaksimalkan Lightning Relic, terutama setelah ada Mini Relic. Saya masih kurang berminat untuk memaksimalkan Lightning Relic, karena untuk mendapatkan damage yang besar kalian harus bisa mendapatkan posisi yang tepat. Kaliah haru mengusahakan Lightning Relic menempel dengan Boss/musuh dan berharap Boss/musuh itu tidak bergerak. Alasan lainnya adalah Debuff dari mini relic yang +10% Damage sudah dihilangkan, sehingga saya hanya menggunakan Lightning Relic + Mini Relic hanya untuk Shock Relic, bukan menjadi skill DPS utama.

Bind Relic
Bind Relic EX memiliki Debuff +20% damage, sehingga saya menaikannya max agar durasi relicnya lebih lama dan cooldownnya lebih cepat. Kalian bisa mendapatkan permanen Debuff itu jika menggunakan Skill ring +1 dan Skill plate Cooldown.

Miracle Relic
Jujur ya, Ultimate Skill ini bukan merupakan Skill DPS. Jadi untuk kalian yang berubah Job atau Full Gear Saint karena melihat Damage Miracle Relic, saya sarankan untuk tidak melakukannya. Memang seperti yang saya pernah jelaskan di  Analisis Priest Class kalau Miracle Relic memiliki damage besar. Itu semua dikarenakan memang Damagenya sedang Bug/Error. Lalu bagaimana jika Bug/Error itu diperbaiki? ya tinggal lihat saja di atas seberapa besar Potensi DPS Miracle Relic (Normal) :P.

Shock Relic
Sebelum ada Mini Relic saya sudah menaikan Skill ini Max, walaupun sempat diprotes oleh teman Guild. Sekarang saya kira tidak ada alasan untuk tidak menaikan Shock Relic Max, karena menjadi Top DPS skill untuk Saint. Pada Potensi di atas saya asumsikan setiap 15 detik (cooldown SR) kamu bisa melakukan Summon sebanyak 11 Relic yang terdiri dari 2x Healing, 1x Cure/Bind, 2x Light Relic dan 6x Mini Relic.


Build PVP
Build ini bisa kalian gunakan untuk PVE dan PVP juga.

Perbedaan Build pertama dan kedua hanya pada susunan Skill di Cleric Skill Tree dan menaikan Dual Ultimate. Sayangnya saya tidak memiliki Dual Skill Build sehingga tidak bisa mencoba langsung Build alias tetap setia dengan Build pertama.

Divine Combo + Holy Kick 
Saya merasa aneh ketika pertama kali melihat Saint bermain kombo tendang-tendang. Semakin hari malah semakin banyak Saint yang bermain tendangan dan itu membuat saya tertarik.  Divine Combo memiliki Super Armor Break yang besar dan sangat membantu untuk menjatuhkan musuh yang mendekat atau mengangkat musuh yang terjatuh ke tanah. Holy Kick level 6 memiliki Area tendangan yang lebih panjang dan memiliki kemungkinan Stun. Di Ladder Cap 80, Crusader saya menggunakan Jade, Ring  dan Plate Stun (Shock/Impact) agar Holy Kick lebih sering stun. Nah saya belum pernah mencobanya untuk Saint, apakah ada yang pernah mencoba?

Block
Saya rasa di PVP Block sangat berguna apalagi ketika sedang dikeroyok atau ditempel oleh Job Melee.

Holy Bolt
Skill untuk mengikat musu selama 1 detik.

Skill Heraldry
PVE (DPS):
- Miracle Relic (cooldown)
- Shock Relic (damage)
- Detonate (damage)
Optional:  Bind Relic/Lightning Relic (cooldown)

PVE (Support):
- Miracle Relic (cooldown)
- Heal (Heal Rate)
- Cure Relic (cooldown)
Optional: Bind Relic (cooldown)

Ladder/PVP:
- Miracle Relic (cooldown)
- Detonate (damage)
- Bind Relic (cooldown)
Optional: Half Turn Kick/Holy Kick (Action Speed), Holy Burst (Damage) dan Holy Shield (cooldown)

Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home