Artillery Skill Build

      Saya akan membahas tentang Artillery Skill Build  PVE. Sebelum membahas masalah skill build kita perlu tahu juga tentang Revamp Artillery, bisa dilihat disini. Gara-gara Revamp terbarunya itu, saya jadi bimbang  karena beberapa skill magic dinaikan damagenya dan butuh kritikal untuk casting Fatal Guided Arrow. Jadi saya bingung menaikan skillnya antara Aerial Chain Shot (ACS), Guided Shot, Wise of Owl dan Spirit Excel. Build saya kali ini mungkin akan sedikit beda atau aneh. Prinsipnya sih sedikit penghematan untuk reset skillnya buat next cap.


Artillery Skill Build

Artillery Skill Build


Magic Arrow lv 21:
Semenjak cap 70 ini, magic arrow lv 6++ berubah jadi EX  versi yaitu arrownya bisa tembus (mirip Rapid Shot EX). Maksimal hit untuk satu monsternya itu 3x hit. Perbedaan cooldown antara twin shot dengan magic arrow itu hanya 3 detik dan versi baru magic arrow punya damage lebih besar dibanding twin shot (untuk artillery) 

MP Recovery vs Wise of Owl:

Dua skill ini, membuat saya bingung di archer skill tree. Kenapa? karena saya itu suka ladder. Kebocoran MP di ladder membuat saya lebih milih menaikan MP recovery mentok. Selain itu, cooldown wise of owl yang lama yaitu 120 detik, sedangkan buffnya hanya 22 detik. 

Aerial Chain Shot (ACS) lv 11:
Awalnya saya pakai ACS lv 16 dan Guided shot lv 6, tapi karena ada revamp saya lebih milih guided shot. Apalagi kalo ACS crit, itu tidak masuk ke buff untuk cast Fatal Guided Arrow.


Frag Arrow lv 16:

Salah  satu  serangan jarak jauh dengan damage yang sakit. 

Swift Shot lv 16:
Skill dengan damage yang besar, apalagi kalau kena full hit. Revamp artillery membuat damage skill ini dinaekan dan bisa di cast dari jarak jauh. 


Rapid Shot lv 16:
Area luas, jarak jauh dan damage lumayan. Kalian bisa mendapatkan banyak kritikal dari skill ini untuk cast Fatal Guided Shot.


Guided Shot lv 11:
Keinginan saya sih menaekan skill ini MAX yaitu lv 13 + 1 skill ring, tapi bingung dengan skill point yang terlalu ngepas. Setelah di revamp, kita bisa mengeluarkan Fatal Guided Arrow tiap 5 detik, asalkan serangan magic kita ke monster kritikal sebanyak 20x. Damage Fatal Guided Arrow yang 2x lipat dari Guided shot (Skill plate tidak dihitung), jadi semakin tinggi level Guided Shot maka semakin tinggi juga damage Fatal Guided Arrownya. 


Revolution Balista lv 2:
Damage sudah tidak mengecewakan lagi setelah dinaikan 100%.


Bulleye lv 6:
Debuff yang berguna untuk nest/raid karena meningkatan serangan fisik dan magic party. Dulu sih saya pakai skill ring +1 buat ini. Tapi karena butuh kritikal, saya lepas dulu sampai dapat skill ring yang ada kritikalnya.


Spiritual Excel lv 4:
Skill yang tadinya mau saya korbankan untuk  menaikan ACS, tapi menambah persen AGI dan INT itu berguna juga. AGI berguna untuk meningkatkan kritikal, sedangkan INT berguna untuk meningkatan damage + kritikal damage (% kritikal dari jumlah INT+STR kita) #kalo tidak salah di INA belum ada kritikal damage


Sylph Aid lv 5:
Buff wajib MAX buat artillery.

Longbow Mastery lv 4:
Kok Longbow sih? karena saya mengincar kritikal bonusnya yang jauh lebih besar dibandingkan crossbow. Selain itu hit biasa longbow lebih enak (pendapat pribadi) terutama buat ladder pas saya kehabisan MP.


Magical Breeze lv 3:
Buff untuk meningkatkan matk dan mengubah serangan fisik menjadi matk. Maksudnya adalah bila kita menggunakan skill serangan fisik seperti ACS, damagenya dihitung berdasarkan MATK kita.

Detonating Arrow lv 6:
Sebagian artillery bilang ini skill terlalu kurang sakit, jadi banyak yang memilih menaikan sampai lv 1 aja. Tapi saya sedikit berbeda, kalo ada skill point lebih, saya lebih memilih untuk menaikan skill ini MAX. Alasannya karena selain lebih sakit di PVP/Ladder dan pada cap 80 nanti versi EXnya bagus sehingga harus MAX.


Penting tidak meningkatkan kritikal? menurut saya sih tidak terlalu penting, lebih baik fokus ke INT dan cari crit di 60% aja. (Lv 70 crit cap = 61k)


Bagi yang ingin memiliki kritikal tinggi, saya kasih beberapa tips hemat/mahal:

1. Dua fatal ring 70, masing" nambah 6607 
2. Dua equip epic ladder 70 nambah 2512 
3. New Moon Long Bow nambah 8033 
4. Empat set New Moon nambah 1586 
5. Premium fatal plate lv 70  nambah 4404
6. Dua ring knight (unik lv 70 dr FOD 70) masing-masing nambah 8090 
8. DDN legend (bagi yang mampu) nambah banyak Agi
9. Premium plate lv 60/70 yang 3rd kritikal
Tinggal kalian pilih deh yang kalian suka, kalo gw sih pake cara no 2, 3, 4, 5, dan 6. Segitu aja kritikal gw ampe 55k di kota.


Skill Plate:
1. Aerial Chain Shot (+20%  Damage)
2. Swift shot (+20% Damage)
3. Rapid Shot (+20% 
 Damage)
4. Frag Arrow (+20% 
 Damage)
ARTILLERY SKILL REVAMP

Setelah melihat-lihat changelog patch "800 mb" di Dragon Nest SEA, ternyata ada pemberitahuan tentang Artillery Skill Revamp. Kemungkinan besar, pada patch "800 mb"nya Dragon Nest Indonesia pada tanggal 23 Oktober nanti, Artillery Skill Revamp ini termasuk dalam patchnya. 

Yuk kita lihat skill apa aja yang di revamp...




[Artillery]


Frag Arrow/Scope Arrow EX (PVE) : Ketika skill mengenai tanah dan meledak, maka akan muncul "Extension Core" ditengah ledakan tersebut. Dari "Extension Core" itu, kita bisa casting Swift Shot dari jarak jauh. Dengan cara menekan tombol mundur + Swift shot secara bersamaan.


- Swift Shot EX (PVE) : Bisa di casting melalui "Extension Core" (Jadi tidak usah repot mendekati musuh)


- Swift Shot (PVE): Damage meningkat 


Guided Shot/Tracking Arrow (PVE): Damage meningkat


Guided Shot/ Tracking Arrow EX (PVE) : Ketika serangan magic mengenai musuh dengan kritikal, maka di samping buff kita akan muncul Buff (berupa angka 1-20). Jika angka pada Buff tersebut sudah 20, maka kita bisa casting "Fatal Guided Arrow".


Fatal Guided Arrow (PVE) : Waktu untuk menggunakannya 5 detik (jadi kalau skillnya udah aktif dan selama 5 detik tidak dipakai, langsung berubah menjadi tidak aktif), cooldown skill selama 5 detik dan damage skill 2x dari Tracking Arrow (tanpa tambahan 20% damage dari skill plate)


- Revolution Ballista (PVE) : Damage meningkat 



Kalau masih bingung bisa lihat video ini..






Kalau dari video itu, kita bisa lihat duet antara Force User (FU) dengan Artillery. Waktu Force User ngeluarin skill Fast Forward/Beyond Time/Time Aceleration, kelihatan keren karena bisa mengeluarkan  skill terus menerus, apalagi Guided Shot EX. Kalau begitu ada kemungkinan Artillery  bisa mengisi salah satu slot DPS Utama, apalagi ditambah skill Bulls Eye lv 6 (meningkatkan serangan fisik/magic sebesar 30%).


Perubahan skill Swift Shot dan Guided Shot, pasti akan membuat kita bimbang mencari Artillery Skill Build. Apakah mau full PVE magic?? PVE Magic + ACS?? Hybrid (PVE+PVP)??
Jadi sekarang kalian harus menentukan mau gimana buildnya, soalnya kalau di DN SEA tidak ada reset skill gratis untuk revamp kali ini. (tidak seperti revamp engineer)




Setelah saya melakukan test skill di Dragon Nest SEA, saya mau bagi beberapa info nih:


Swift Shot lv 16 (Sebelum Revamp) : 381%

Swift Shot lv 16 (Setelah Revamp) : 571%
#berarti ada peningkatan sekitar 50% damage, apalagi skill ini udah terkenal sakit (kalau full hit :P)
Permasalahan utama skill ini pasti dirangenya, biar full hit kita harus menempel monster. Def dan Mdef Artillery yang terlalu lemah kadang bisa membuat skill ini menjadi skill bunuh diri, ketika kita salah timing di Raid Nest.

Dan akhirnya kabar gembira ini datang, Artilery bisa casting skill ini dari jauh, asal ada "Extension Core". Jujur sih, pertama kali mencoba agak sedikit susah, apalagi untuk cast Swift Shot dari jauh menekan dua tombol sekaligus, #hadeuhhh.
Kalo kita pinter simpan  "Extension Core"nya ini skill pasti berguna sekali, tapi kalau tidak lebih baik menggunakan cara biasa.
Kekurangan revamp baru ini tuh agak susah untuk Boss/Monster yang sering bergerak 
Oh ya satu lagi, Swift shot yang dicasting dari jauh melalui "Extension Core" tidak ada tambahan damage dari herald skillnya.

Guided Shot lv 11 (Sebelum Revamp) : 144%
Guided Shot lv 11 (Setelah Revamp) : 191%

#berarti ada peningkatan sekitar 30% damage, ditambah ada "Fatal Guided Arrow" yang damagenya 2x lipat dari Guided Shot (CD 5s, tidak ada penambahan dari Skill Plate)
Tapi setelah saya coba tuh "Fatal Guided Arrow" damagenya besar juga.

Revolution Balista (Sebelum Revamp) :3336% + 49452

Revolution Balista (Setelah Revamp) : 7506% + 111267
Wowww.. damagenya naek hampir 100%, pada senyum dah ini yang pakai Artillery. Tapi kira-kira masih adakah Artillery yang ambil ulti Sniper. LOL

Dan yang terakhir adalah semakin cepatnya casting time skill Artillery. 

Waktu cap lv 60, para pecinta Artillery merasa senang karena Rapid Shot bisa EX di lv 55. Ya bayangkan saja, masa untuk cast Rapid Shot (non EX) full hitnya butuh waktu kira-kira 3 detik. Tapi setelah EX, castingnya jadi hanya 0.6 detik. (Sedikit kilas balik)

Balik lagi saya bahas revamp terbarunya. Kira-kira   berapa detik kita casting Swift Shot EX full hit? setelah saya hitung sekitar 2 detik. Tapi kalau kita cast Swift Shot melalui  "Extension Core" itu hanya butuh waktu sekita 0,6 detik. Selain itu casting time untuk skill "Fatal Guided Arrow" cepat juga sekitar 0,8s.











     


Gear Master Skill Build
       
      Para Gear Master banyak yang kebingunan ketika ada skill barunya (termasuk saya). Kebanyakan bingung untuk membuat build yang tepat dan efektif. Sama seperti ketika saya membuat Skill Build Shooting Star, Gear Master juga akan kekurangan banyak SP. Jadi, perlu hati-hati dalam memilih skillnya, jangan sampai menaikan skill yang kurang efektif.

        Skill barunya adalah Reload, Chemical Granade dan Mechanic Mode. Skill yang saya gunakan di build ini adalah Chimcal Granade (-15% element def) dan Mechanic Mode (+atk power). Mechanic Mode membuat Gear Master menjadi salah satu Top DPS di dragon nest. Oleh karena itu, untuk membuat build ini saya harus merelakan mengambil reset coloseum untuk melakukan test build yang nyaman bagi saya. Kalian bisa menilai bagaimana build ini dan bisa dijadikan referensi Skill Build Gear Master.





Gear Master Skill Build

Gear Master Skill Build



Tumble + Aerial Evasion : Max

Wax lv 4:

Karena Skill Pointnya terbatas, saya rasa segini saja sudah cukup.

Stun Grenade lv 11:

Skill ini level 11 memiliki kemungkinan stun sebesar 65%, tetapi kalau masalah damagenya masih tidak terlalu besar.

Summon Alfredo lv 3  +  Recall Alfredo lv 1:

Skill wajib buat Engineer

MP Recovery Max:
Nah ini skill yang wajib MAX. Kenapa? karena semenjak revamp skill baru, Gear Master menjadi job yang boros MPnya. Apalagi skill Mechanic Mode yang bisa membuat Gear Master mengeluarkan skill terus menerus.


Vending Machine lv 1: (+1)
Saya pakai skill ring +1 untuk skill ini, supaya jumlah potion yang dikeluarkan lebih banyak dan persenannya lebih tinggi. Sehingga bisa saya gunakan ketika sedang kehabisan MP atau HP di PVE atau Ladder.



Ping Pong Bomb lv 11 atau Mecha Shock lv 11:
Saya masih sedikit bimbang memilih antara dua skill ini. Setelah berfikir bahwa bebek tidak selalu konsisten dalam mengeluarkan mecha shock bahkan terkadang random, sehingga saya memilih untuk menaikan pingpong level 11.

Reload lv 1:

Syarat untuk mengambil Chemical Granade.

Chemical Granade lv 10:

Debuff minus elemen def selama18 detik dan cooldown 20 detik.

Alfredo Stomp lv 1:
persyaratan


Alfredo Berseker lv 1:
Alfredo di GM tidak terlalu dipakai untuk DPS.


Transition Damage lv 5:

Ini skill berguna untuk penyelamat para Sorce/job yang mempunyai def kecil di Nest/Raid 70.

Rocker Jump lv 1:
Setelah revamp, ini skill jadi punya dua fungsi yaitu tumble klik kanan/kiri.

Gravity Granade lv 1:
Skill ini saya gunakan untuk mengumpulkan musuh.


Gatling Gun Tower lv 1:
Persyaratan, walaupun secara DPS MM Gatling Gun Tower itu paling tinggi, tetapi untuk penggunaannya saya rasa kurang begitu efektif. Karena untuk mendapatkan full hitnya kita harus benar-benar menempel dengan monster/boss, dan itu sangat beresiko untuk nest/raid pada cap 70.


Cannon Tower lv 15: (+1)

Kenapa max? karena damagenya yang besar, pada MM Cannon Tower tidak ada Cooldown untuk skill ini dan rangenya sangat jauh.

Ice Pump Tower lv 1:

Karena saya memilih build atk power, jadi saya tidak menaikan ini skill sampai MAX.

MechaDuck lv 6 dan Mecha Siren lv 1:

Persyaratan saja

Mecha Bomber lv 12:
Buat suport ketika sedang Nest/raid karena mengurangi serangan musuh sebesar 36% selama 12s. Ditambah ini menjadi EX 70 sehingga damagenya menjadi lebih besar.


Mechanic Mode lv 13:
Bila kita ingin menjadi DPS, maka wajib menaikan skill ini MAX. Mechanic Mode(MM) lv 13 menambah 30% atk dan mengurangi serangan 22% . Ketika sedangan cast MM, kita bisa menggunakan Gatling Gun dan Cannon Tower tanpa cooldown. Sehingga skill ini bisa menjadi sumber DPS kita, apalagi kalau kita rajin on/off Mechanic mode sehingga bisa menggunakan tower dan juga MM tower secara bersamaan.


Skyline lv 2:
Sudah pasti ambil skill ultimate ini, karena tidak memerlukan casting time yang lama.


*Kenapa saya tidak mengambil Mine Thrower dan Biochemical Missile (BCM)? Karena itu butuh 2x Reload, sedangkan kalau sedang Mechanic Mode kita tidak bisa menggunakan Reload. Jadi pasti akan membuat kalian lebih kerepotan, ditambah BCM sudah tidak ada debuff lagi.


Chainsaw Tower lv 9:
Wajib Max!! Apalagi ini menjadi salah satu top DPS skill. Ditambah sekarang ada Mechanic Mode yang bisa membuat kita melakukan dua serangan chainsaw tower yang berasan dari summon tower dan Mechanic mode.

Big Mecha Bomber lv 6:
Jika ingin skill ini sakit, kalian harus mengusahkan casting skill sampai selesai sehingga ada penambahan damage 50%. Casting time hingga selesai itu kira-kira memakan waktu 3 detik, jadi kalian harus berhati-hati menggunakan, kalau situasi tidak memungkinkan lebih baik di cancel/langsung dilempar.

Skill Plate:
1. Chainsaw Tower (-20% Cooldown)
2. Big Mecha Bomber (+20% Damage)

3. Transitional Damage (-20% Cooldown)
4. Mecha duck (-20% cooldown)


       Banyak Indonesia player yang sulit mencari referensi tentang Shooting Star Skill Build yang sudah direvamp skillnya. Pengalaman pertama kali saya liat skill barunya masih bingung fungsinya. Apalagi saya memikirkan antara mengambil Mechanic Mode atau tidak.

     Sekarang saya akan memberikan sedikit referensi tentang Shooting Star Skill Build. Build kali ini lebih kearah PVE Pure dengan Atk power mode, jadi para pencinta PVP jangan kecewa. Jika sudah update Elemental Jade Conversion, skill build ini bisa digunakan bagi kalian yang ingin menjadi Dark/light Shooting star, tetapi jika kalian ingin mencoba build lain bisa dilihat pada  Ice Shooting Star.

Update Skill Build: New Shooting Star Skill Build



Shooting Star Skill Build

Shooting Star Skill Build


Tumble + Aerial Evasion : Max

Wax lv 4:

Perbedaaan Max dengan level 4 hanya di cooldown skillnya saja yaitu lebih cepat 1,5 detik. Tetapi karena saya kekurangan dan menghemat skill point, maka saya hanya menaikan sampai level 4 saja.

Stun Grenade lv 11:

walaupun damagenya masih dibawah standar, tetapi kemungkinan stun 65%nya bisa berguna untuk ladder.

Summon Alfredo lv 3  +  Recall Alfredo lv 1:

Skill wajib buat seorang Shooting Star.

MP Recovery Max:
Cap 70 dan Revamp Engineer membuat MP Shooting Star sangat boros, terlebih jika kalian rajin menggunakan Reload dan spam skill.


Vending Machine lv 1: (+1)

Skill yang sangat berguna ketika saya solo dungeon/nest/ladder lalu kehabisan MP/HP, karena pada level 2 potion yang keluar lebih banyak dengan persenan lebih tinggi.

Ping Pong Bomb lv 19:

Max pastinya, apalagi ditambah EX + Mechanic Mode pasti lebih pedih damagenya. Bagi kalian yang berniat untuk menaikannya sampai level 21, bisa menggunakan skill ring +1 dan rare weapon +1. 

Reload lv 11:

Wajib max, selain EX barunya Shooting Star, ini skill juga berguna untuk meningkatkan damage skill serangan di Shooting Star Line. Semakin tinggi level skillnya, maka cooldownya semakin cepat. Versi EXnya  menambah 30% damage yang keluar (seperti +30% FD), terutama untuk line shooting star + splash. Jadi sebelum splash diusahakan menggunakan reload terlebih dahulu, karena waktu buffnya hanya 4 detik.

Chemical Granade lv 10:

Berguna untuk support serangan element, karena mengurangi element def selama 18 detik dan cooldownnya 20 detik. 

Mine Thrower lv 1:

Skill yang berguna untuk boss-boss yang ukurannya besar, karena total hitnya 20 peluru. Semenjak  revamp skill, damage skill ini ditingkatan namun hit damagenya dikurangi, selain itu untuk casting skill ini perlu melakukan 2x reload. Walaupun damage skill ini termasuk besar, tapi saya masih jarang sekali menggunakannya karena biasanya reload saya gunakan untuk casting Splash. 

Biochemical Bomb lv 1:
Skill ini mirip dengan Mine Thrower, buat pakainya harus 2x Reload dulu. Kenapa saya memilih level 1? karena debuff skillnya sudah diambil sama Chemical Granade, jadi sedikit kurang berguna. Tetapi karena ada Debuff EXnya yaitu -20% mdef dan def jadi tetap saya ambil, walaupun -20% itu hanya meningkatkan 4% serangan kita.


Alfredo Stomp lv 1:
Kasian ini skill. EXnya ditukar sama Reload, jadi tidak ada alasan untuk menaikan skill ini MAX.


Alfredo Berseker lv 1:
Skill yang berguna untuk meningkatan serangan alfredo, membuat alfredo lebih lincah dan tebal, tapi karena permasalahan skill point saya memilih untuk tidak menaikannya sampai MAX.


Transition Damage lv 5:

Skill yang berguna untuk Nest/Raid 70, karena dapat mengurangi damage yang masuk.

Rocker Jump lv 1:
Setelah revamp, ini skill jadi punya dua fungsi yaitu tumble klik kanan/kiri.

Gravity Granade lv 1:
Skill mobbing


Gatling Gun Tower + Cannon Tower + Ice Pump Tower lv 1:
Persyaratan 


Mecha Duck + Shock + Siren + Bomber lv 1:

Persyaratan

Mechanic Mode lv 13:

Shooting star  ambil MM mode? Ya karena untuk memaksimalkan DPS. Pasti akan membuat kalian kerepotan main reload + MM sekaligus, karena kalau MM aktif kita tidak bisa reload. Hal tersebut yang membuat saya lebih tertantang memainkan Shooting Star, walaupun bisa berakibat pada kerusakan keyboard dan jari keseleo.

Demolition lv 1:
Dari awal cap 40, saya kurang suka dengan skill ini.


Skyline lv 2:
Skill ultimate memiliki waktu casting yang lebih cepat dibandingkan dengan Demolition.



Splash lv 9:
Wajib MAX, karena ini skill salah satu TOP DPS Shooting Star. Apalagi semenjak Revamp, ini skill menjadi no cooldown. Buat pakai skill ini kita hanya perlu melakukan 1x Reload. Kalau kalian rajin menumpuk Reload sampai 10x, kita bisa cast ini skill 10x berturut-turut
(tanpa cooldown)


Alfredo Beam lv 6:
Alfredo Beam merupakan skill pamungkasnya Alfredo dan damagenya juga besar, tetapi karena alfredo sering melakukannya skill ini dengan random membuat saya sedikit ragu-ragu untuk ambil MAX. 


SKill Plate:

1. Transitional Damage (-20% Cooldown)
2. Pingpong Bomb (+20% Damage)
3. Splash (+20% Damage)
4. Wax (-20% Cooldown)


      
Raven Skill Build

      Semenjak munculnya Assassin, Raven sudah menjadi job yang paling banyak diminati oleh sebagian player di Dragon Nest Indonesia. Damage yang besar di PVE dan PVP membuat job ini menjadi idola baru. Sebagian besar party untuk nest banyak yang mencari Raven sebagai DPS utamanya.  

      Skill Build Raven  saya lebih kearah pure PVE, karena saya lebih banyak menggunakan Raven untuk Nest dan Solo Dungeon. Selain itu, build ini juga bisa digunakan di PVP/Ladder, walaupun kalian tidak bisa melakukan non stop kombo dan konsumsi MPnya lebih banyak.








Raven Skill Build

Raven Skill Build

Aerial Evasion + Tumble: Max

Fake Log lv 3:
Sangat terpaksa mengurangi skill ini supaya bisa menaikan Fan of Edge level 21.

Faint Lv 1:
Skill untuk penyelamat ketika HP sekarat.

Fan of Edge lv 21:
Skill yang menjadi TOP DPS pada Assassin Skill Tree dengan total 6 hit dan cooldown yang cepat. Namun untuk mendapatkan damage full hit, kita harus menempel dengan monster/boss.

MP recovery: Max
Jika kalian sudah pernah coba Full PVE, pasti kalian akan merasakan konsumsi MP yang lebih boros, sehingga diperlukan MP Recovery yang besar.

Open Edge lv 19:
Skill chaser dengan cooldown yang cepat, instan casting dan damage yang lumayan besar. Walaupun sebenarnya damage skill level 16 dengan 19 tidak terlalu beda jauh.

Applause lv 18:
Skill dengan damage yang besar dan debuff (-10% def). Saya masih sedikit heran dengan skill ini, terkadang bisa 2x damage. 

Rake lv 18:
Salah satu top DPSnya raven, max bisa 16 hit (bolak balik). Tips biar bisa bolak balik, usahakan casting skill jangan dekat tembok. 

Rain Drop lv 11:
Cap 70, Rain drop bisa dinaikan sampai level 15.
Skill lv 11 = 191% + 5187
Skill lv 15 = 199% + 7366 
Skill lv 16 = 216% + 9179
Bagi raven yang tidak main full dark (tanpa tough acc) bisa ambil skill ini MAX  ditambah skill earring +1, biar damagenya lebih besar.

Punishment lv 13:
Debuff, damage sakit, dan cooldown lumayan cepat.

The End lv 2:
Para raven sudah pasti tahu, kalau damage skill ini di PVE/PVP dahsyat sekali.

Fade lv 11:
Banyak raven tidak mau ambil skill ini, ya mungkin mereka menggunakan build dual line dan buff skill ini kecepetan. Fade lv 11 dapat meningkatkan damage sebesar 35% selama 5 detik dan cooldownnya 20 detik. Kalau menurut saya, lumayan berguna agar setiap 20 detik dapet bonus atk. Apalagi kalau pakai kombo Dedicated crow + applause/punishment+ fade + the end, pasti damagenya sangat besar.

Illusion step lv 1:
Skill ini hanya saya gunakan untuk lari ke depan.

Burning Coal lv 1:
Kelebihan skill ini adalah ada iframe ketika casting dan armor breaknya besar.

Receive edge lv 1:
Bonus Aerial evasion

Access Chain lv 1:
Biasanya untuk lompat ke depan.

Dedicated Crow lv 4:
Kebalikan dari skill dance part 2 (elf dance), kalau skill ini biasanya dipakai padasaat HP musuh masih di atas 30% (bar awal).

Umbra lv 1:
Sampai sekarang masih belum menemukan apa yang spesial dari skill ini selain slownya, karena damagenya agak kurang untuk skill level 45.

Crows Dead Fall lv 6:

Karena kekurangan skill point, saya tidak bisa menaikan skill ini MAX. Damage MAX dengan level 6 sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh.


Skill Plate:
1. Applause (+20% Damage)
2. Rake (+20% Damage)
3. Punishment (+20% Damage)
4. Crow Dead Fall (+20% Damage)
Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home