ARTILLERY SKILL BUILD LEVEL 70 (PVE)

Artillery Skill Build

      Saya akan membahas tentang Artillery Skill Build  PVE. Sebelum membahas masalah skill build kita perlu tahu juga tentang Revamp Artillery, bisa dilihat disini. Gara-gara Revamp terbarunya itu, saya jadi bimbang  karena beberapa skill magic dinaikan damagenya dan butuh kritikal untuk casting Fatal Guided Arrow. Jadi saya bingung menaikan skillnya antara Aerial Chain Shot (ACS), Guided Shot, Wise of Owl dan Spirit Excel. Build saya kali ini mungkin akan sedikit beda atau aneh. Prinsipnya sih sedikit penghematan untuk reset skillnya buat next cap.


Artillery Skill Build

Artillery Skill Build


Magic Arrow lv 21:
Semenjak cap 70 ini, magic arrow lv 6++ berubah jadi EX  versi yaitu arrownya bisa tembus (mirip Rapid Shot EX). Maksimal hit untuk satu monsternya itu 3x hit. Perbedaan cooldown antara twin shot dengan magic arrow itu hanya 3 detik dan versi baru magic arrow punya damage lebih besar dibanding twin shot (untuk artillery) 

MP Recovery vs Wise of Owl:

Dua skill ini, membuat saya bingung di archer skill tree. Kenapa? karena saya itu suka ladder. Kebocoran MP di ladder membuat saya lebih milih menaikan MP recovery mentok. Selain itu, cooldown wise of owl yang lama yaitu 120 detik, sedangkan buffnya hanya 22 detik. 

Aerial Chain Shot (ACS) lv 11:
Awalnya saya pakai ACS lv 16 dan Guided shot lv 6, tapi karena ada revamp saya lebih milih guided shot. Apalagi kalo ACS crit, itu tidak masuk ke buff untuk cast Fatal Guided Arrow.


Frag Arrow lv 16:

Salah  satu  serangan jarak jauh dengan damage yang sakit. 

Swift Shot lv 16:
Skill dengan damage yang besar, apalagi kalau kena full hit. Revamp artillery membuat damage skill ini dinaekan dan bisa di cast dari jarak jauh. 


Rapid Shot lv 16:
Area luas, jarak jauh dan damage lumayan. Kalian bisa mendapatkan banyak kritikal dari skill ini untuk cast Fatal Guided Shot.


Guided Shot lv 11:
Keinginan saya sih menaekan skill ini MAX yaitu lv 13 + 1 skill ring, tapi bingung dengan skill point yang terlalu ngepas. Setelah di revamp, kita bisa mengeluarkan Fatal Guided Arrow tiap 5 detik, asalkan serangan magic kita ke monster kritikal sebanyak 20x. Damage Fatal Guided Arrow yang 2x lipat dari Guided shot (Skill plate tidak dihitung), jadi semakin tinggi level Guided Shot maka semakin tinggi juga damage Fatal Guided Arrownya. 


Revolution Balista lv 2:
Damage sudah tidak mengecewakan lagi setelah dinaikan 100%.


Bulleye lv 6:
Debuff yang berguna untuk nest/raid karena meningkatan serangan fisik dan magic party. Dulu sih saya pakai skill ring +1 buat ini. Tapi karena butuh kritikal, saya lepas dulu sampai dapat skill ring yang ada kritikalnya.


Spiritual Excel lv 4:
Skill yang tadinya mau saya korbankan untuk  menaikan ACS, tapi menambah persen AGI dan INT itu berguna juga. AGI berguna untuk meningkatkan kritikal, sedangkan INT berguna untuk meningkatan damage + kritikal damage (% kritikal dari jumlah INT+STR kita) #kalo tidak salah di INA belum ada kritikal damage


Sylph Aid lv 5:
Buff wajib MAX buat artillery.

Longbow Mastery lv 4:
Kok Longbow sih? karena saya mengincar kritikal bonusnya yang jauh lebih besar dibandingkan crossbow. Selain itu hit biasa longbow lebih enak (pendapat pribadi) terutama buat ladder pas saya kehabisan MP.


Magical Breeze lv 3:
Buff untuk meningkatkan matk dan mengubah serangan fisik menjadi matk. Maksudnya adalah bila kita menggunakan skill serangan fisik seperti ACS, damagenya dihitung berdasarkan MATK kita.

Detonating Arrow lv 6:
Sebagian artillery bilang ini skill terlalu kurang sakit, jadi banyak yang memilih menaikan sampai lv 1 aja. Tapi saya sedikit berbeda, kalo ada skill point lebih, saya lebih memilih untuk menaikan skill ini MAX. Alasannya karena selain lebih sakit di PVP/Ladder dan pada cap 80 nanti versi EXnya bagus sehingga harus MAX.


Penting tidak meningkatkan kritikal? menurut saya sih tidak terlalu penting, lebih baik fokus ke INT dan cari crit di 60% aja. (Lv 70 crit cap = 61k)


Bagi yang ingin memiliki kritikal tinggi, saya kasih beberapa tips hemat/mahal:

1. Dua fatal ring 70, masing" nambah 6607 
2. Dua equip epic ladder 70 nambah 2512 
3. New Moon Long Bow nambah 8033 
4. Empat set New Moon nambah 1586 
5. Premium fatal plate lv 70  nambah 4404
6. Dua ring knight (unik lv 70 dr FOD 70) masing-masing nambah 8090 
8. DDN legend (bagi yang mampu) nambah banyak Agi
9. Premium plate lv 60/70 yang 3rd kritikal
Tinggal kalian pilih deh yang kalian suka, kalo gw sih pake cara no 2, 3, 4, 5, dan 6. Segitu aja kritikal gw ampe 55k di kota.


Skill Plate:
1. Aerial Chain Shot (+20%  Damage)
2. Swift shot (+20% Damage)
3. Rapid Shot (+20% 
 Damage)
4. Frag Arrow (+20% 
 Damage)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

15 comments:

  1. Gan request Skill Build Tempest Lv 70 Dong :D
    Skalian Ma Heraldry dan equip yg Pas :) (y)

    ReplyDelete
  2. cuma Frag Arrow yg ada heral skill damage/cooldown. Swift Shot, Rapid shot, Guide shot, heral skillnya damage/-50% pemakaian mp... :-d :-d :-d :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya bener, barusan cek Creat Heraldry ternyata ga da yang cooldown ya. berarti saya ganti de.. Makasih ya..

      Delete
  3. Untuk plate hearldy gan ? :D
    Char k3 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Magic, INT, Health, Life, Tent, Iron wall, Fatal,
      1 lagi seperti biasa sesuai pilihan: Blessed,Ultimate,

      Delete
    2. Pake 1 set newmoon brarti ya ne ? tanpa savior?

      Delete
    3. Bisa 5 New moon (Armor) + 2 weapon Savior..
      atau 3 Armor New Moon + 2 Armor Savior + 2 Weapon Savior

      Delete
  4. kk,, kalo arty d jadiin tipe dark bagus gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dilihat post perbandingan Moonlord dark/Light/normal..
      Sama kaya Artillery, Dark atau Light sama-sama bagus..

      Delete
    2. owh,, sip2
      btw,, dari segi damage, apa arty yg tipe dark damage'a lebih kecil atau setara drpd dps dark lain'a khusus'a raven kk?

      Delete
    3. Wah dibandingnya sama Raven ya..
      Secara Teori Damagenya lebih besar Artillery..
      *Teori = Full Hit

      Tetapi..
      Sebagian Skill Top DPSnya Artillery agak susah buat Full Hit..
      Ambil saja contohnya Swift Shot EX yang Full Hitnya memiliki damage besar namun agak tidak mungkin bisa dilakukan dan banyak lagi kendala lain dari Artillery. contoh lain,Tracking Arrow yang membentur tembok bisa hilang dan DPSnya kacau jika di Boss ada banyak monster.

      Oleh karena itu, secara Konsistensi DPS Raven masih lebih unggul di Nest.


      Delete
    4. owh,, okok
      makasi kk atas pencerahan'a..

      Delete
  5. maaf gan saya mau tanya mungkin bisa di bantu kalau MP Recovery saya tidak ambil 2 2 nya bagai mana gan and saya kan hanya ingin fokus untuk nest untuk leader saya tidak minat jd itu skill MP Recovery saya tidak isi tidak'' atau ada pengaruhnya?

    maaf masih newbie maklumkan bang hanya minta saran dari senior

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh Artillery gak da kendala besar di MP, jadi bole2 saja tidak mengambil MP Recovery..
      Skill Point sisanya bisa dimasukan ke Skill lain atau Wise of Owl..

      Delete