ARTILLERY SKILL REVAMP

ARTILLERY SKILL REVAMP

Setelah melihat-lihat changelog patch "800 mb" di Dragon Nest SEA, ternyata ada pemberitahuan tentang Artillery Skill Revamp. Kemungkinan besar, pada patch "800 mb"nya Dragon Nest Indonesia pada tanggal 23 Oktober nanti, Artillery Skill Revamp ini termasuk dalam patchnya. 

Yuk kita lihat skill apa aja yang di revamp...




[Artillery]


Frag Arrow/Scope Arrow EX (PVE) : Ketika skill mengenai tanah dan meledak, maka akan muncul "Extension Core" ditengah ledakan tersebut. Dari "Extension Core" itu, kita bisa casting Swift Shot dari jarak jauh. Dengan cara menekan tombol mundur + Swift shot secara bersamaan.


- Swift Shot EX (PVE) : Bisa di casting melalui "Extension Core" (Jadi tidak usah repot mendekati musuh)


- Swift Shot (PVE): Damage meningkat 


Guided Shot/Tracking Arrow (PVE): Damage meningkat


Guided Shot/ Tracking Arrow EX (PVE) : Ketika serangan magic mengenai musuh dengan kritikal, maka di samping buff kita akan muncul Buff (berupa angka 1-20). Jika angka pada Buff tersebut sudah 20, maka kita bisa casting "Fatal Guided Arrow".


Fatal Guided Arrow (PVE) : Waktu untuk menggunakannya 5 detik (jadi kalau skillnya udah aktif dan selama 5 detik tidak dipakai, langsung berubah menjadi tidak aktif), cooldown skill selama 5 detik dan damage skill 2x dari Tracking Arrow (tanpa tambahan 20% damage dari skill plate)


- Revolution Ballista (PVE) : Damage meningkat 



Kalau masih bingung bisa lihat video ini..






Kalau dari video itu, kita bisa lihat duet antara Force User (FU) dengan Artillery. Waktu Force User ngeluarin skill Fast Forward/Beyond Time/Time Aceleration, kelihatan keren karena bisa mengeluarkan  skill terus menerus, apalagi Guided Shot EX. Kalau begitu ada kemungkinan Artillery  bisa mengisi salah satu slot DPS Utama, apalagi ditambah skill Bulls Eye lv 6 (meningkatkan serangan fisik/magic sebesar 30%).


Perubahan skill Swift Shot dan Guided Shot, pasti akan membuat kita bimbang mencari Artillery Skill Build. Apakah mau full PVE magic?? PVE Magic + ACS?? Hybrid (PVE+PVP)??
Jadi sekarang kalian harus menentukan mau gimana buildnya, soalnya kalau di DN SEA tidak ada reset skill gratis untuk revamp kali ini. (tidak seperti revamp engineer)




Setelah saya melakukan test skill di Dragon Nest SEA, saya mau bagi beberapa info nih:


Swift Shot lv 16 (Sebelum Revamp) : 381%

Swift Shot lv 16 (Setelah Revamp) : 571%
#berarti ada peningkatan sekitar 50% damage, apalagi skill ini udah terkenal sakit (kalau full hit :P)
Permasalahan utama skill ini pasti dirangenya, biar full hit kita harus menempel monster. Def dan Mdef Artillery yang terlalu lemah kadang bisa membuat skill ini menjadi skill bunuh diri, ketika kita salah timing di Raid Nest.

Dan akhirnya kabar gembira ini datang, Artilery bisa casting skill ini dari jauh, asal ada "Extension Core". Jujur sih, pertama kali mencoba agak sedikit susah, apalagi untuk cast Swift Shot dari jauh menekan dua tombol sekaligus, #hadeuhhh.
Kalo kita pinter simpan  "Extension Core"nya ini skill pasti berguna sekali, tapi kalau tidak lebih baik menggunakan cara biasa.
Kekurangan revamp baru ini tuh agak susah untuk Boss/Monster yang sering bergerak 
Oh ya satu lagi, Swift shot yang dicasting dari jauh melalui "Extension Core" tidak ada tambahan damage dari herald skillnya.

Guided Shot lv 11 (Sebelum Revamp) : 144%
Guided Shot lv 11 (Setelah Revamp) : 191%

#berarti ada peningkatan sekitar 30% damage, ditambah ada "Fatal Guided Arrow" yang damagenya 2x lipat dari Guided Shot (CD 5s, tidak ada penambahan dari Skill Plate)
Tapi setelah saya coba tuh "Fatal Guided Arrow" damagenya besar juga.

Revolution Balista (Sebelum Revamp) :3336% + 49452

Revolution Balista (Setelah Revamp) : 7506% + 111267
Wowww.. damagenya naek hampir 100%, pada senyum dah ini yang pakai Artillery. Tapi kira-kira masih adakah Artillery yang ambil ulti Sniper. LOL

Dan yang terakhir adalah semakin cepatnya casting time skill Artillery. 

Waktu cap lv 60, para pecinta Artillery merasa senang karena Rapid Shot bisa EX di lv 55. Ya bayangkan saja, masa untuk cast Rapid Shot (non EX) full hitnya butuh waktu kira-kira 3 detik. Tapi setelah EX, castingnya jadi hanya 0.6 detik. (Sedikit kilas balik)

Balik lagi saya bahas revamp terbarunya. Kira-kira   berapa detik kita casting Swift Shot EX full hit? setelah saya hitung sekitar 2 detik. Tapi kalau kita cast Swift Shot melalui  "Extension Core" itu hanya butuh waktu sekita 0,6 detik. Selain itu casting time untuk skill "Fatal Guided Arrow" cepat juga sekitar 0,8s.











     


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments: