GOLD FARMING LEVEL CAP 70 DRAGON NEST


       Gold merupakan mata uang di Dragon Nest. Para player pasti membutuhkan gold untuk gear char mereka. Kebutuhan gold akan meningkat setiap kali ada update level cap, terutama bagi player dengan gear standar dan low gear yang membutuhkan extra gold untuk mengganti dengan equip terbaru. Apalagi pada cap 70 damage monster di Nest lebih sakit, sehingga untuk clear Nest ini setidaknya membutuhkan gear yang baik. Oleh karena itu, saya akan memberikan sedikit tips untuk gear hemat sambil farming gold.


Hal yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Sabar dan rajin
Kedua hal tersebut harus kalian miliki sebelum memulai melakukan gold farming, karena kalian pasti akan mengulang-ulang kegiatan yang sama setiap hari/minggu.
  • Char yang lumayan banyak
Jujur ya, di DN SEA saya punya 18 char lv 70, sedangkan di DN INA sekarang baru 8 char level 70 (kemungkinan akan terus bertambah). Jika kalian punya banyak char saya akan memberi sedikit tips:
  1. Pisahkan char tersebut menjadi beberapa ID. Jumlah ID yang saya punya di DN SEA sekarang ini sampai 20 ID (Sebagian warisan) :P. Alasan utama memisahkan char ke beberapa ID itu adalah mendapatkan keuntungan lebih ketika ada event/gift yang dibagian untuk setiap ID.
  2. Buatlah kombinasi char yang tepat dalam satu ID, usahakan char jangan dicampur aduk (ex: dalam satu ID terdapat beberapa char yang berbeda class). Kalau saya sih bikinnya gini,  ID dengan Assassin job (Raven, AW, LF), Engineer job (GM, SS), Sorceres job (Elestra, Smasher, Majesty) dan Warior job (Gladiator, Barbarian, LK). Tapi kalian bisa cari kombinasi lain seperti job yang sama (ex: All Raven) atau base status yang sama (ex: LK, Artillery, Alchemist, Priest, Screamer, dan Sorce yang punya status INT). Alasannya adalah memudahkan kita untuk saling bertukar equip atau jade.

    Jika kalian sudah memiliki kedua syarat itu, saya akan memberikan rekomendasi gold farming di level cap 70. Tetapi sebelumnya saya mohon maaf, karena tidak akan membahas gold farming dari Farming/CookingReseller Barang di TH, dan Jualan Cash Item.


Beberapa Cara Farming Gold yaitu:

  • Ladder
           Pada patch terakhir di DN INA, terdapat update baru yaitu Epic Armor/Weapon level 70 dari Ladder. Nah, itu menjadi kesempatan besar bagi para farmer gold untuk mencari keuntungan. Caranya adalah dengan membeli Weapon ladder dan menjualnya ke TH. Weapon ladder tanpa plusan hanya membutuhkan 7 seal stamp, sedangkan harganya kisaran (4500 untuk 2nd weapon dan 6000 untuk main weapon), sangat menguntukan bukan?? Apalagi kita bisa run banyak char. hal yang dibutuhkan adalah kalian harus sabar menaikan rating laddernya (min rate 1700 untuk membeli main weapon). Selain itu untuk membeli weapon pertama kalian butuh waktu sekitar 3 minggu, selanjutnya bisa 2 minggu dapat. Jika ingin memastikan setiap 2 minggu gajian, kalian harus memiliki rating 2000++. Mas rating 2000 kan susah? kalau susah tidak usah dipaksa, lebih baik kalian berusaha minimal sampai rate 1700 atau cari job yang sedikit overpower di ladder (ex: assassin class).
             Cara di atas itu bagi orang yang benar-benar hanya farm gold, tetapi saya punya pemikiran sedikit berbeda. Di awal-awal launching ladder equip, saya lebih memilih "gear up" gratisan pakai equip ladder. Apalagi saya punya keuntungan di kesamaan job pada satu ID, jadi  bisa selesaikan full gear ladder dengan lebih cepat (Ex: saya punya 3 sorce dalam 1 ID, pada minggu pertama gajian ladder saya beli tangan di sorce 1, kaki di sorce 2, dan kepala di sorce 3. Nahkan di minggu pertama sorce saya sudah punya 3 equip 70 gratisan). Kenapa saya lebih memilih gear char terlebih dahulu daripada memulai farm gold?? karena untuk melancarkan farming gold di next pacth.

*Tips: Bagi yang rajin leveling char, kalian bisa memanfaatkan diskon ladder 3% dari "Combine Skill"



  • Guardian Nest Solo Mode
           Bagi player yang low gear, GN solo mode adalah jawaban untuk farming gold. Kenapa begitu? kan dropnya lebih sedikit dari normal? Okee, normal memang lebih banyak dropnya, tetapi siapa yang mau mengajak low gear player ke GN normal? daripada resiko capek-capek GN normal terus gagal dan lama, lebih baik solo mode yang lebih cepat dan aman. Hal yang terpenting adalah pastikan setiap minggu semua char kita limit Guardian Nest. Pengalaman saya GN solo mode minggu pertama itu dapat 62 spring crystal dan 7 fall crystal dari 8 char. Loh emang GN solo mode bisa dapat Fall Crystal?? ya bisa dong, tapi rate dropanya jarang, fall crystal dapat dari pemilihan gold chest atau buka box. Terus hasilnya kamu jual smua? pasti saya jual semua, karena harganya menggiurkan. Kok tidak di craft saja, kan lumayan untuk gear? kan di awal saya sudah bilang kalau saya akan menggunakan full ladder equip karena jauh lebih hemat :P

(Baca: Guardian Nest Guide)
  • Daily Quest Merlin Abyss Mode
          Cara ini bagi yang rajin dan punya waktu banyak untuk main. Daily Quest Merlin tiap hari kita bisa dapat Goddess Breath. Lalu Goddess Breathnya bisa dipakai untuk menukar bahan craft high jade 60. Tapi High jade 60 kan sudah murah? yap, kalau begitu lebih baik simpan saja sampai update Goddess Lament. Goddess Lament bisa kita dapat dari menukarkan 3 Goddess Breath. Fungsinya adalah dapat ditukar dengan bahan craft high jade 70 (1 bahan = 8 Lament). Jadi cara ini bisa dijadikan tabungan untuk update berikutnya. 
  • Stronghold
          Stronghold pada hari senin-jumat bisa dijadikan salah satu cara farming gold. Karena setiap clear kita mendapatkan 1 Hope Exchange Coupon lv 70 (max 1 minggu dapat 15 HEC) yang bisa ditukarkan dengan Pouch Jade lv 70 (7 HEC) , tangan epic 70 (25 HEC) dan 2nd Weapon epic 70 (40 HEC).  Hope Exchange Coupon lv 70 dapat kita tukar di Blacksmith Merlin.
  • Desert Dragon Nest Hardcore Service
          Bisnis ini diperuntukan bagi player yang memiliki Gear diatas rata (ex: Full Final Damage). Caranya adalah kita menawarkan service 100% clear DDN HC dengan bayaran misalnya 50k gold (Harga rata" ACC Legend). Disini biasanya kita kerja bersama team dan semua dropan diserahkan kepada yang meminta jasa.
  • Mist Nest 
          Harga inter jade 70 yang lumayan mahal, bisa kita dapatkan dengan mudah dari Mist Nest. Clear Mist Nest Normal terkadang bisa drop 1-4 inter jade lv 70, dan pastinya low gear lagi-lagi tidak bisa join party mist nest. Inilah salah satu alasan saya memilih gear dari ladder equip sekarang, supaya nanti bisa MN normal. Tetapi jangan khawatir dulu, low gear masih bisa MN solo mode, sehingga masih bisa limit setiap minggunya. Mist Nest solo mode max bisa dapat 3 jade (2 dari box dan 1 dari pilihan gold chest).
  • Daily Quest Merlin Chaos Mode
          Daily Merlin Chaos Mode juga menjadi salah satu alasan saya gear up char, supaya bisa solo daily. Monster di chaos mode tidak terlalu keras, kalau kita sudah full gear 70. Hadiah dari DQ merlin Chaos Mode itu Goddess Lament yang bisa kita tuker bahan craft High jade lv 70. Pengalaman saya pakai 8 char setiap hari untuk solo DQ ini (itu aja pegel) selama seminggu bisa dapat kurang lebih 35 bahan craft high jade 70 yang harganya dulu sekitar @600 gold.
  • Remote Quest Dungeon Chaos Mode
          Ketika kita masuk Dungeon Chaos Mode, maka akan aktif remote quest. Apabila kalian baru masuk DG chaos mode, langsung pencet "U" (tombol daftar quest) dan cek pada bagian Remote Quest lalu akan muncul Quest Baru. Remote Quest itu terdiri dari 10 Quest dan kita harus benar" teliti baca questnya, karena terkadang sedikit menyulitkan. Kita bisa melakukan spam chaos mode yaitu dengan cara masuk DG chaos mode apapun 10x berturut-turut dan selesaikan RQ setiap runnya. Keuntungannya yang kita dapet dari RQ tersebut adalah jika kita menyelesaikan RQ ke 7 maka kita dapat Inter Jade Pouch 70 (Life/Wind/Int/Mana/Bear) dan pada RQ ke 10 mendapatkan Inter Talisman Pouch 70. Jadi lumayan bukan untuk farming jade/talisman?

(Baca: Remote Quest Guide)
  • Anu Arendel Ordeal Nest 
          Nest hell 70 ini akan membuat kalian kewalahan, karena damagenya yang besar dan bossnya penggabungan anatara GN dan MN. Dropan yang kita dapat dari AAON adalah Epic Accessories Lv 70 yang kalau beruntung 1x  Run Party bisa dapat 8 ACC level 70  atau Crescent ACC set (Final Damage set) yang pasti harganya mahal. Clear nest ini bagi Low Gear bisa dibilang tidak mungkin dan tidak ada pula solo modenya :P. Oleh karena itu, saya melakukan gear 70 + full high jade 70 untuk beberapa char supaya bisa clear ini nest. Pengalaman saya dibulan awal patch AAON dan selalu limit setiap minggunya untuk 5 char dari 18 char. Keuntungan yang saya dapat dari limit 5 char itu  kisaran 20k - 40k gold/minggu, kalo beruntung bisa ampe 100k (dapet Crescent ACC).

(Baca: Anu Arendel Ordeal Nest Guide)
  • Hero Battlefield
          Hero Battlefield adalah dungeon pengganti Chaos Opening, dengan limit tiap minggunya yaitu 5x. Dropan yang kita dapat adalan brilliant fragment (penggabungan dari 3 fragment chaos mode, untuk crafting skill acc lv 70) dengan kemungkinan dapat 3-7/run dan harganya @30 gold (harga sekarang di SEA). Apakah low gear bisa masuk Hero Battlefield?? pasti bisalah, karena di HB kita bermain dengan sistem seperti compen on (PVP).
  • Saint Haven Defence 
          Event ini biasanya cuman beberapa minggu saja. Dropan yang kita dapat adalah mount basilick, goddess lament, dan coin. Coin tersebut dapat kita tukar dengan Elemental Conversion Jade yaitu jade yang dapat membuat semua serangan kita berubah menjadi elemen (ex: dark,light,ice dll). Harga ECJ di DN SEA hari ini kisaran 30-60k gold dan itupun stock terbatas. Jadi kalau ada event ini kalian jangan terlalu terburu" menjual ECJnya, lebih baik menunggu sampai beberapa minggu/bulan setelah event ini selesai pasti harganya mahal.
  • Anu Arendel New Dungeon
         Anu Arendel akan mendapatkan tiga dungeon baru yang portalnya terletak disamping kiri portal dungeon sand dust atau moon. Kelebihan dari dungeon baru ini adalah ada kemungkinan drop bahan craft untuk Rare (Biru) talisman level 70. Item tersebut bisa kita dapat dari dropan boss atau pilihan gold chest. Harganya pada awal bisa sampai @3k, tapi sekarang sudah turun menjadi @1k. Selain itu ada pula Remote Questnya loh, jadi bisa sambil hunt pouch inter jade 70.


  • Fellowship of Dragon Lv 70 
        Beberapa stagenya sama dengan FOD cap 60, namun ada penambahan boss DDN, Guardian Nest, dan Mist Nest. Damage bossnya lebih sakit dibanding FOD 60, tapi defnya lebih tipis. Dropan yang didapatkan yaitu unique plate dan ACC level 70, yang harganya pasti lumayan mahal.


         Segini aja dolo ya, soalnya agak lupa-lupa inget juga. Nanti saya update beberapa cara lain yang bisa jadi cara farming gold.

Terimakasih..





Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

41 comments:

  1. Jadi ada gambaran untuk ke depan nih tq

    ReplyDelete
  2. jadi maksimalnya dapet berapa coin tuk Saint Haven Defence sekali run pake 1 karakter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksimal dapet 4 Coin per run..
      Jangan run hanya 1 char, karena setiap kali selesai 1 RUN kita harus nunggu 10 menit lebih..
      Beli ECJ level 70 itu butuh 144 Coin.

      Delete
  3. coin bisa ditaro server storage ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ga bisa.. Koin saya aja di sea nanggung nih.. Nunggu Saint Haven Defende Season 2

      Delete
    2. gan, kira2 SHD season 2 kapan ya di update di dn ina..?? mohon replice nya :))

      Delete
    3. Wew SHD Season 2 di SEA aja blum muncul..
      Kemungkinan pertengahan Cap 80,

      Delete
  4. kapan updete cap 80,Lencea,BDN dan SH kembali seperti dulu engga tolong jawab secepatnya ya ganz

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew Indo baru aja Update 70 gak mungkin langsung 80 dong..
      80nya paling pertengahan/akhir taun 2015..
      SH udah FIX kaya gitu trus kok..

      kalo Lancea belum tau kapan, orang di SEA aja blum keluar kok..

      BDN paling bentar lg juga keluar..
      1-2 bulan lagi..

      Delete
  5. ooh makasih infonya ganz aku nanya 1 lagi cari gold cepat selain yg di atas dimana yah kalo spring/fall lama lakunya kalo daily males DDN blom kuat eq rata'' +7

    ReplyDelete
  6. waduh males semua ya..
    Hmm bisa Hero Battlefield, soalnya ga butuh equip bagus dan Fragment Brilliant lumayan cepet laku..
    Judi Costume Rare (modalnya gede)
    Jual Weapon Ladder

    ReplyDelete
  7. oo gitu yah kalo dah limit kemana lagi selain itu ganz trus cara nempa biar naik gampang gimana ga pake jelly
    sekalian yg lengkap dimana cari goldnya ya ganz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo nempa saya gak tau dan gak pernah ada trick yang bener2 pasti sukses..
      nempa sih kayanya lebih ke Hoki2an..

      Guide di atas sebenernya udah lumayan lengkap buat cari gold, syaratnya itu jangan cepet bosen dan males.. Soalnya kalau pake cara lain pasti butuh modal, misalnya judi Rare Costume atau Jual beli Plate FD di TH..

      Delete
  8. nanem essence ga masuk gan?
    cuma modal char lvl 24, apalgi klo punya char lebih dari 20 char

    sehari mainin aja 3 jam udh untung banyak tuh
    daripada bkin char lvl 70 capeee levelingnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas udah ditulis kecuali Farming/cooking, Reseller barang dan Jual beli Cash. :) :)

      Delete
  9. gan di DN sea kan udah update Lancea Di DN indo kapan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh pertanyaaanya..
      saya tidak tau kapan Lancea akan Update di DN INA..
      Mungkin sebelum Cap 80, Lancea udah di Update di DN INA..
      Kaya waktu Assassin dulu yang di Update di akhir cap 60..

      Delete
  10. Kalau player Low Gears mending pakai cara yang mana ya? :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dengan cari gold dari ladder misalnya (kalau senjata ladder masih ada harganya), daily quest Chaos, solo mode nest dan hero battlefield..

      Delete
  11. kak,,, itu semua udah update sampai DBN,, lanjutannya donk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwkw sorry..
      ini efek saya jarang banget Raid Nest..
      BDN pun baru nyoba pas ada Event doank..

      Efek Laptop + Koneksi kurang dan malas ke Warnet...
      Nanti saya tambahin lagi de tentang BDN

      Delete
  12. gan mau tanya aku kan punya 3 char ini yg kepakek di cap 80 apa aja 1.Majesty 2.Gladiator 3.Ligh Fury

    ReplyDelete
    Replies
    1. Majesty sama LF kepake kok.
      Majesty sebagai Dark DPS
      Light Fury tetap jadi Best Support

      Delete
  13. Kak, nasib Saint di cap 80 gimana ya?
    Kalo di SEA, para saint ngapain aja buat ngalahin ketenaran LF dan Physician?
    Thx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semenjak Light Fury muncul nasib Saint gak berubah, walaupun udah CAP 80.
      Masalah Heal + Support, Light Fury masih paling baik.
      Physician sih bisa dikalahin setelah Patch Saint Boost.

      Usaha segimana besarnya pun, Heal Saint masih lebih lemah dibandingkan Light Fury..
      Jadi, kebanyakn Saint di SEA pada Pensi atau di reset job jadi Inquist..
      Beberapa bertahan cuman AFK atau Party sama Teman Guild.
      Soalnya Saint udah termasuk job yang kena Diskriminasi

      Delete
  14. gan, Gua BAgi Char dong. lv.70 (bebas job)
    Server Vestinel.

    Yg Baik Hati, Pasti Ngasih. Inbox Fb saya gan. : Yotta Ariez Riswandi

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Masuknya tetap harus berdua, tidak bisa solo..
      Nah kalau Solo itu Equipnya harus benar2 bagus, soalnya damage BOSS di FOD 70 besar banget..

      Delete
  16. kk bentar lagi kan cap 80 minta tips leveling ke 80 dong trus cari goldnya dimana aja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah Leveling pastinya DN INA dan SEA berbeda, jadi musti nunggu Patch 80 dulu baru bisa beri tips.. Buat Gold Farming juga harus nunggu ptchnya, biar bisa menyesuaikan.

      Delete
  17. gan klo buat yang anu arendel new dungeon itu difficultynya apa?
    trus equip minimal pake apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. New Dungeon itu yg mana ya?
      Kalau mau aman sih pake equip level 70..

      Delete
  18. gan request tutorial dapetin mission point ampe 15K aja.
    biar bisa beli seal stamp di pero.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew jujur ya, dari totoal 40 Char level 80, cmn ada 4 char yang Mission Pointnya 15k.. itupun karena char jadul dari cap 24..

      Buat dapetin 15k, tinggal liat di Achievment dan cek mana aja yang belum..
      Usahain kelarin Mission Point yang dari Nest/Raid dulu, karena poinnya mayan gede..
      Buat Party sendiri dan ajak orang lain untuk Mission Party.

      Delete
  19. Gan cara bertukar item sesama ID itu gimana gan..........?

    ReplyDelete