DRAGON NEST INA: LEVELING GUIDE LEVEL 1-70

Dragon Nest Leveling

     Pengalaman saya leveling di Dragon Nest Indonesia memang tidak sebanyak di Dragon Nest SEA. Sampai hari ini saja, saya baru mencoba leveling 1-70 untuk 9 char. Kendala yang paling sering saya hadapi itu masalah FTG. Tanpa FTG kita tidak bisa memasuki Dungeon untuk Leveling, berbeda dengan DN SEA yang bisa masuk dungeon tanpa FTG. Jika ingin leveling lebih cepat harus menggunakan Premium G-Warnet yang menambah 130% EXP dan 1000 FTG.
     
      Keunggulan DN INA dalam Leveling yaitu FTG potion dan Like Sistem menjadi lebih berguna. Kita harus saling bertukar like ketika FTG habis, ini jarang sekali saya lakukan di DN SEA. Player yang sering membuka Gatcha Box pun tidak sia-sia, karena FTG potion mereka bisa digunakan untuk leveling. Mangkanya saya tidak heran ketika ada teman yang memiliki banyak FTG Potion bisa leveling dari 60-70 dalam waktu sehari.
       Berdasarkan pengalaman, rata-rata waktu yang saya butuhkan untuk leveling 1-70 itu bisa 7-8 hari, beberapa char bisa 5-6 hari. Selain itu, saya pernah mencoba Estafet Leveling 1-70 untuk 4 char dan membutuhkan waktu sekitar 15 hari. Sekarang sih, saya sudah mulai mengurangi kegiatan leveling, lebih banyak bersantai ngobrol di game dan membagi beberapa tips di Blog. Walaupun Leveling Guide ini sangat telat, tetapi saya hanya ingin membagi cara saya leveling. Tahapan awalnya hampir sama dengan DN SEA, tapi selanjutnya ada beberapa perbedaan.



Persiapan awal

      Sebagai Newbie, persiapan awal untuk leveling pastinya harus membuat char dulu. Supaya leveling kalian lebih cepat, kalian harus menggunakan Premium G-warnet yang bisa dibeli di Cash Shop atau bermain di warnet yang ada layanan G-Warnetnya. Alasannya karena kalian akan mendapatkan tambahan EXP 130% dan FTG 1000/hari.

Mencari Guild

     Setelah kita melewati Tutorial awal, maka kita akan otomatis masuk ke Guild untuk Char baru, biasanya Hero Academy. Keluar dari Guild itu, lalu cari Guild baru untuk leveling. Dulu memang sulit mencari Guild baru, tetapi sekarang sudah ada sistem Recruitment Guild sehingga kita bisa Apply ke Guild yang sedang membutuhkan member.
     Dalam mencari Guild, perlu diperhatikan juga Level Guildnya. Saya sarankan minimal Level 25, supaya ada Costum Guild untuk menambah 10% EXP. Selain itu, Perhatikan Buff Guild mu, apakah ada Buff Extra EXP.
     Ada hal yang perlu diperhatikan ketika pertama kali masuk guild. Lihatlah kotak surat dan periksa apakah ada kiriman dari GM. Biasanya GM akan memberikan Hero Document (+50% EXP) berlaku satu minggu dan sampai level 60. Selain itu, ada pula Tittle Beginning yang berguna untuk solo Hunt.


 



Level 1-10

      Sebelum memulai masuk ke Dungeon Level 1-10, gunakan Tittle Beginning terlebih dahulu. Sehingga kalian tidak perlu gear up char, hanya bermodalkan Tittle dengan Equip Putih. Pilih Dungeon yan sesusai dengan Level kalian, sehingga EXP yang didapatkan akan lebih banyak.

Level 10-16

      Kebiasaan saya untuk leveling 10-16 itu di Orc Base Camp. Alasannya karena tempatnya kecil dan jalurnya pendek. Saya biasanya masuk di mode Master. Dungeon ini mungkin agak sedikit berbeda dengan sebelumnya, sehingga perlu sedikit Gear Up (khususnya Armor), karena damage monsternya lebih sakit.

Level 16-24

      Rata-rata hampir semua player sudah mengetahui tempat paling enak untuk leveling 16-24, jawabannya pasti Dark Tower Magic Institute (DTMI). Map yang lumayan pendek dengan musuh yang mudah. Bagi solo player, perlu ada Gear Up dulu sebelum memasuki DTMI. Pertama buatlah minimal HP 3k dan senjata menggunakan +6 Rare atau +8 magic level 15/16. Alasannya agar lebih cepat menyelesaikan dungeon dan tidak mudah mati ketika melawan Boss. Bila kalian rasa Gear tidak bagus, jangan memaksa untuk Leveling di Abyss mode, lebih baik pada Master Mode saja.

Leveling 24-32

      Perjuangan leveling untuk Newbie akan lebih berat di tahap ini, apalagi newbie solo player. Modal yang dibutuhkan untuk Solo Leveling 24-32 adalah Epic SET level 24. Kalian harus menempa Elf Queen Set minimal sampai +6 saja. Bila harga Rough alteum mahal, utamakan menempa Senjata terlebih dahulu dan armor sampai +3.
       Dungeon yang bagus untuk leveling 24-32 adalah Flooded Downstream Ruin.  Saya lebih memilih Leveling di Abyss mode, supaya bisa mendapatkan Dropan Rare Plate dan Gold Bunny. Sebaiknya kalian berhati-hati ketika melawan boss (khususnya Abyss Mode), karena damagenya yang besar.
       Heraldry Plate Level 32 berguna untuk mengisi slot Heraldry, utamakan mengisi Life Vitality, Health, Destruction/Magician, Wind/Wise/Bear dan Fatal. Jangan pernah lupa membawa Key Dimesional Box setiap kali masuk Abyss Dungeon, karena kalian perlu mengumpulkan Fragment Dimensional Gem. Bila sudah mencapai 800/1000/1200 bisa ditukarkan dengan Pouch Heraldy Skill Plate.


Level  32-46

       Equip yang saya gunakan masih Elf Queen Set (Armor), senjata bisa diganti dengan Epic level 32 (Minimal +6). Gunakan Heraldry plate level 32 yang kamu dapatkan dari Dungeon sebelumnya dan kelebihan Ordinary Alteum (Dropan dari Abyss Dungeon) bisa di jual untuk modal. Usahakan minimal HP kalian 25k, gunakan ACC yang murah di TH untuk meningkatkan HP/Attack.
        Dungeon yang digunakan untuk leveling kali ini adalah Gate of Death City (Abyss Mode). Kenapa sampai level 46? karena untuk menghemat gear (Ingat Armor saya masih Elf Queen) dan jumlah EXP yang didapatkan tidak berbeda jauh dengan Riverwort Ruin (Master Mode) pada level 40++.


Level 46-50

      Hal yang perlu dilakukan sebelum memulai leveling adalah mengganti job anda. Lakukan Quest penggantian Job di Lotus Marsh. Pada Quest penggantian Job kalian akan diminta berkeliling-keliling Dungeon level 50 untuk menyelesaikannya. Ini bisa dijadikan kesempatan juga yaitu dengan mengambil semua Quest di Lotus Marsh, termasuk Daily level 46. Dengan bantuan Quest dan keliling Dungeon, maka leveling kalian akan lebih cepat.
       Biasanya setelah menyelesaikan Daily Quest dan Change Job Quest, saya bisa naik level sampai level 48. Selanjutnya, saya akan Grinding (mengulang-ulang) dungeon Riverwort Ruins (Master Mode) sampai level 50.

*Perhatikan semua Dropan dari Dungeon, misalnya ada Life Vitality, Wise/Bear/Wind (Sesuai Job) dan Magician/Destruction/Elemen (Sesuai Job) harus kalian ambil. Karena akan berguna nantinya untuk Leveling di Level 50 ke atas.

Level 50-60

        Disini saatnya anda mengganti semua equip dengan Gear Level 50. Untungnya harga bahan Equip level 50 di Dragon Nest INA murah merih, jadi saya hanya tinggal menempa saja. Jangan lupa memasukan Jade di Equip kalian, gunakan jade dari hasil dropan Dungeon level 32-50. Jika tidak ada, cari di Trading House yang harganya murah saja. Tempa Equip kalian (Minimal Armor +3 dan Senjata +6), usahakan HP kalian lebih dari 50k.
        Saya biasanya leveling di Mutant Habitat (Master Mode) sampai level 56. Setelah level 56, saya pulang ke kota dan mulai menjalani Daily dan NPC Quest di Saint Haven. Jangan habiskan semua NPC Quest di Saint Haven. Saya biasanya hanya 2x Quest Keliling, karena nantinya Quest NPC di Saint Haven akan saya gunakan untuk leveling  60-70.

*Jangan lupa sebelum kalian level 60, selesaikan Quest di 3 NPC ini, tetap jangan langsung dilaporkan setelah selesai. Ada 14 Quest yang harus kalian simpan untuk membantu Leveling  60-70.

 


Note: Adventurer Guild Master Jose dan Master Cleric John ada di Lotus Marsh, sedangkan Sorceress Tysha ada di Map Riverwort.



Level 60-70

       Leveling di level 60 ini kalian harus mempunyai HP minimal 100k. Masalah Gear Armor kadang-kadang saya pakai +3/5 untuk menghemat (walaupun sering di kick dari party karena low Gear). Main dan Second Weapon bisa menggunakan Epic 60 yang murah dan ditempa minimal +6 (sedikit beresiko di kick juga). Jade bisa pakai yang level 50 (hasil dropan dari Dungeon 60).
        Tantangan terbesar untuk leveling dari 60-70 adalah FTG. Bergabunglah dengan Party agar FTG yang dikeluarkan lebih hemat. Bila FTG kalian sudah habis, bisa saling menukar Like di CH 1 untuk mendapatkan 300 FTG bonus. Saya akan berikan sedikit tahapan saya leveling 60-70:

1) Bergabung ke Party untuk Daily Quest Blacksmith Merlin. Setelah itu, saya tidak melakukan Grinding Golden Meadow (Hard), namum mengulang-ulang keliling Dungeon dengan masuk ke Party Daily Quest. Alasannya untuk membuat Quest Papan untuk semua Dungeon 70 merata. Setelah semua Quest Papan kalian harus Master Mode, carilah Party yang sedang Daily Quest untuk Master Mode. Hal ini akan memudahkan kali ke depannya, karena tidak semua party leveling yang suka membantu kalian menyelesaikan Quest Papan Master Mode. Bila semua Quest Papan sudah tinggal Hard Mode, saya baru mulai melakukan Grinding Golden Meadow (Hard).

2) Bila kalian sering di Kick karena Low gear, cobalah menjadi Ketua Party dan mencari anggota yang mau hunt bersama. Hal ini sering saya alami sendiri, karena ada orang DN INA yang pemilih, padahal hanya untuk Run Golden Meadow Hard Mode.

3) Setelah FTG kalian habis, bisa saling bertukar Like di CH 1. Jika semua FTG sudah habis, bisa mendapatkan EXP dari menyelesaikan Nest Low Level, seperti Minotaur, Cerberus dll (Saya sih jarang sekali Nest, hehehehe) atau mulai melakukan Quest NPC di Saint Haven.
  • Ingat pada Level sebelumnya kalian memiliki 14 Quest yang tidak dilaporkan (Quest FTG). Kalian akan mendapatkan 15 FTG untuk setiap Quest yang dilaporkan, oleh karena itu saya tidak melaporkannya pada saat FTG masih ada.
  • Hilangkan Checklist di Hide Quest Marker. Fungsi untuk melihat Quest yang di Hide karena Selesih levelnya lebih dari 10 Level (Misalnya, kamu level 65 maka semua Quest di Level 55 ke bawah akan di Hide). Sehingga Quest Papan Dungeon 60 (Mutant Habitat dkk) akan muncul kembali.
  • Ambil Semua Quest level 50-59 di NPC Saint Haven. Jangan sampai Quest kalian Full, sisakan di 39/40 agar kalian bisa mengambil Quest Papan. 
  • Sebelum masuk Dungeon Mutant Habitat dkk, cek Dungeon mana yang memiliki Quest paling banyak. Prioritaskan untuk menyelesaikan Dungeon itu terlebih dahulu. Biasanya saya memilih Dungeon yang memiliki Quest lebih dari 3 terlebih dahulu.
  • Setelah menyelesaikan Dungeon, kembali ke Lotus Marsh/Riverwort Map untuk melaporkan 1 Quest FTG dan kembali memilih Dungeon yang banyak Questnya.
  • Bila Quest di  Dungeon tersebut sudah habis atau kurang dari 3 Quest, kalian kembali ke kota untuk melaporkan Questnya dan mengambil Quest lanjutannya.
  • Lakukan Cara ini berulang-ulang, sampai ke 14 Quest FTG kalian habis.
  • Permasalahan Difficult Mode apa yang sebaikannya kalian ambil. Saya lebih suka menyelesaikannya di Abyss Mode. Memang kemungkinan akan menyulitkan untuk beberapa Job atau char dengan Low Gear. Saya hanya ingin memanfaatkan kesempatan saja, karena EXPnya didapatkan dari Solo Abyss Mode Dungeon level 60 hampir sama dengan Solo Master Mode Dungeon level 70. Tentunya lebih mudah Abyss Mode level 60 dibandingkan Master level 70.
  • Dari pengalaman saya melakukan cara ini pada level di bawah level 65, kemungkinan bisa naik 2 - 3 level. Jika kalian merasa berat, sebaikanya lakukan setelah mencapai level 65, karena pasif level 65 bisa membantu untuk mempercepat selesaikan Dungeon.
4) Pada level 66, kalian akan mendapatkan  tambahan 5 Daily Quest dari Blacksmith Merlin dan  Remote Quest. Remote Quest bisa kalian dapatkan dengan terlebih dahulu menyelesaikan Dungeon level 70. Setelah itu, tekan "U" (Menu Quest) lalu pilih bagian Remote Quest, bila ada Quest baru di Anu Arendel bisa kalian ambil. Untuk menyelesaikan semua Remote Quest, biasanya saya melakukan 2x Daily Quest.

*Catatan: Dalam mendapatkan Remote Quest, kalian harus benar-benar mengambilnya dahulu setelah selesai Dungeon. Apabila kalian sudah selesai Dungeon dan lupa mengambil Remote Quest, lalu kalian Disconect, maka Remote Quest akan menghilang dan kalian harus mengulang menyelesaikan Dungeon lagi.

5) Pada Level 67, saya mulai melakukan NPC Quest level 61 ke atas. Langkah pertama adalah mengambil semua Quest NPC di Anu Arendel. Perhatikan Pola Quest pada gambar di bawah ini:


*Saya agak sedikit lupa dengan susunan Dungeonnya, bila ada kesalahan bisa di koreksi.

       Susun Dungeon untuk Side Quest (Quest NPC) di atas tidak menjadi kendala bila kalian melakukannya sendirian (tanpa party). Namun itu akan membuat FTG kalian lebih cepat habis. Cara yang biasa saya lakukan adalah melakukan Daily Quest/Dungeon Keliling berulang-ulang (tidak Grinding di Golden Meadow). Strategi saya seperti ini:

  • Lakukan  Dungeon no 1 sendiri dulu, lalu melaporkan Questnya. 
  • Mencari Party Daily Quest bersama untuk menyelesaikan Dungeon No 2-4, karena Dungeonnya Beurutan. 
  • Mencari Party Grinding Golden Meadow, secara tidak langsung Quest Dungeon no 5 akan selesai.
  • Setelah semua FTG habis (700 harian, 1000 G-warnet, 300 Like), biasanya kalian bisa mencapai level 68.
6) Pada level 68 (Setelah reset FTG) , lanjutkan kembali NPC Questnya, dengan strategi:
  • 2x Solo Dis. Halfmoon Desert untuk menyelesaikan Quest Dungeon no 6 dan 7
  • Kembali ke Kota dan ambil Quest di Black Smith Merlin (Quest no 8)
  • Cari party yang mau Daily Quest Merlin dan minta Ketua untuk mengurutkan Dungeon seperti ini: Valey Eclipse (Quest no 8), Bronze Crescent (Quest no 9), Golden Meadow dan Sea of Sand (Quest level 10)/ Dis Halfmoon Desert. 
  • Setelah itu, mencari party Grinding Golden Meadow Hard.
  • Biasanya kalian akan mencapai Level 69.
7) Pada level 69, ini saatnya kalian naik level ke 70. Pastikan kalian menyelesaikan Quest no 11 dan 12 ketika sedang bergabung dengan Party Daily Quest Merlin. Setelah Daily, kalian bisa langsung Grinding Golden Meadow sampai level 70.

*Beberapa bagian  mungkin akan membingungkan kalian, Jika sudah terbiasa dapat membantu kalian untuk leveling lebih cepat.










Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

76 comments:

  1. Gan itu Main Questnya gak diselesaiin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap gan,
      Kebetulan saya gak terlalu suka Main Quest, soalnya makan waktu lumayan banyak..

      Delete
  2. Di DN SEA nggak pake ftg ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. FTG abis masih bisa masuk Dungeon..

      Delete
    2. Wah enak dong

      Delete
    3. Hehehe mangkanya bisa lebih cepet..
      Event Lancea kemren aja 1-80 ada yang kurang dr 10 jam..

      Delete
  3. gan, DTMI itu dimana ya :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih Patch lama, DTMI masih di Blizzard Pain, tapi kalau udah Patch baru pindah ke Gray Ruin..

      Delete
  4. Kk kalo mainnya duet, tanpa guru, cara cepetnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah duet ya,
      leveling duet itu dapet EXPnya sama kaya kita be2 ma Guru..
      Bisa juga kok pake cara diatas..

      Tapi saya saranin ya, kalo Hunt be2 dr level 1-70...
      harus cepat-cepat sampe level 60 sebelum seminggu (Hero EXP abis)
      Soalnya kalau Hero EXP abis, jadi makin lama lagi..

      kalau dirasa equip cukup bagus dan punya modal sih lebih baik solo lving sampe lv 60..
      trus baru party di level 60-70..

      Delete
  5. gan, itu side quest NPC diambil semua? (dri lv 1 - 70) apa cuman ambil side quest papan?
    ane baca tadi leveling fokus di 1 dungeon, apa agan jg pindah2 dungeon ngikutin side quest yg lain?
    mohon pencerahan, thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cmn ambil Side Quest untuk level 60-69 saja..
      Kalo papan pasti wajib ambil..

      1-60 biasanya fokus di 1 DG..
      Kalo udah 60-70, bisa fokus di Golden Meadow atau Daily Quest + Side Quest..

      Cara saya di atas pake dua2nya..

      Delete
  6. Gan bisa Nge GB DN sea punya saya gk baru lv 25 Nick : NFS2017
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  7. om, tanya sebentar >.<
    Menurut om lebih prefer mana antara DN sea sama ina ? beserta alasannya ya om, hehe ... (kayak soal UN aja >.< )
    Ini saya lagi galau mau fokus di sea atau ina soalnya, sblm melangkah lebih lanjut @_@

    NB : ini bukan menjudge antar server, hanya untuk memastikan saja , hohohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. DN SEA:
      1. Unggul Lv Cap :-)
      2. Laddernya jauh lebih kondusif
      3. Leveling lebih enak (tidak ada batasan FTG)
      4. Nest emang tetep ada Diskriminasi, tapi tidak separah pengalaman saya di INA.
      5. Chat Worldnya masih lebih enak dilihat, gak terlalu banyak SPAM Chat.
      6. Banyak Event yang menarik dan lebih menunjang Gear Char.


      DN INA:
      1. PVP lebih rame, tapi Laddernya masih kurang kondusif. Kadang" kalo gak hoki ketemu yang pake Cheat. ;-(
      2. Nestnya lebih enak, soalnya HP dan Damage boss dikurangi dari aslinya.
      3. Terlalu banyak Farmer, contohnya saja hari pertama AAON harga acc sudah 100G ;(
      4. Masalah Leveling cmn belum terbiasa aja.
      5. Chat Worldnya kadang2 mengganggu, ya mungkin karena harga BB murah disana.
      6. Efek dari harga barang yang murah, bikin orang jadi susah Gear. Kalau sudah Low Gear Nest pun akan susah, karena pasti ditolak party.
      7. saya tidak tahu kenapa orang DN INA banyak yang agak susah dikasih tahu masalah mekanisme Nest, Skill Build dll. Saya jadi agak sedikit malas memberi saran, soalnya nanti malah dicuekin, diomelin dan di kick.
      8. Kebersamaan DN INA bagus, soalnya kita lebih sering Hunt atau Daily Party.
      9. Harga Cash Murah. :d

      Kalau saja Lv Cap dan Kondisi Ladder di DN INA sama dengan SEA. Saya pasti lebih memilih untuk fkus di DN INA. Tetapi sekarang ni saya lebih memilih untuk fokus di DN SEA.


      Oh ya, ini bukan nge judge DN INA lebih jelek ya. Walaupun banyak kekurangan saya masih lebih sering berdiskusi dengan anak DN INA daripada SEA. Saya juga agak kesel kalau ada orang dari DN SEA (asal indo) yang menghina2 DN INA.

      Delete
    2. Setubuh sih kalo masalah harga cash murah, wkwkwk ... Cuman kendala nya di sea jarang ketemu orng indo nya @@, tmn ku jd males main nda ngerti bahasanya soalnya, juga makin kesini bahasa 'tang ina' banyak banget di world chat, semakin alien aja >.< ...
      emang DN masih bisa di cheat om ? @@
      om ikut guild indo ? masi aktif kah om ?
      o ya, di sea lebih sepi drpd ina ya om, di kota kelihatannya sepi bgt @@

      Delete
    3. Hahahahaa.. Saya dah lama gak main di INA..
      Tapi waktu terakhir sering Ladder, sekitar Tahun lalu di INA masih ketemu orang yang skill terus"an dan Blink.
      Kalau sekarang udah ga da berarti bagus.

      Kendala bahasa yah, kalau main di Westwood/Greenwood bisa pergi ke CH 6 dekat Trading House, disana banyak orang INA mangkal.
      Di SEA emang rada sepi kok dan banyak orang Filipina, jadi wajar kalo bahasanya bikin Roaming.

      Saya ketua Guildnya :))
      Sekarang lagi jarang Online, paling Online untuk itung2 DPS atau Ladder.
      Isi Guild juga cuman saya + 2 temen..
      Disebutnya Private Guild karena sebagian besar Char saya + temen doank..

      Delete
    4. Oalah, wkwkwkwk :-)
      Kalo mau tanya untuk masalah kali om, diantara 4 job Kali, om lebih prefer mana ? Pingin coba Kali :d

      Delete
    5. Saya lebih suka Dark Summoner..

      Delete
    6. Mengenai DN SEA vs DN INA,

      Saya lebih focusnya tuh ke PvP. Kalo dari sisi latency, DN SEA bagaimana dibanding DN INA? Rasanya pengen ke DN SEA aja tapi males kalo gara2 latency doang jadinya banyak kalah2.

      Delete
    7. Hmm ntah kenapa DN SEA saya, kalau main Captain atau Respawn sering Not Responding.. Jadi kebanyakan saya main di Ladder, itupun kadang" suka not responding..
      Masalah Lag sih gak ada masalah untuk dua-duanya..
      Cuman di Ladder INA lagi kurang Nyaman aja, masih banyak job yang terlalu OP.
      Jadi sementara pindah ke SEA dlo aja.. hehehe

      Delete
  8. Gan ane baru lv 64 nih tp butuh 2 hari bagi ane ke 65 T_T tolong gan di perjelas lg gimana cara ke 70 yg cepet. Terus tolong gan di buat rinci lagi quest ftg nya... makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew 64 ke 65 bukannya cukup 1 Hari aja..
      Kecuali kamu emang gak pake G Warnet, bisa jadi levelingnya agak lam..

      BTW, kalau Quest FTG kamu masih ada..
      Bisa tinggal ikutin langkah di leveling 60-65 di atas.
      Tapi kalau belum ngambil pada saat level 60++, nah ini yang agak repot..
      - Kamu ambil 14 Quest FTGnya di RiverWorth + Lotus Marsh (NPCnya bisa dilihat di atas).
      - Leveling seperti biasa, sampai FTG sisa dikit banget atau bisa 1x Masuk Dungeon.
      - Selesaikan 1 Quest FTG dengan sisa FTG mu
      - Jika Habis, laporkan dulu dan kembali selesaikan 1 Quest FTG.
      - Lakukan trus sampai semua Quest FTG selesai. Kalau saya tidak salah nanti tersisa 8 Quest FTG.. Dan itu mayan buat lakukan cara leveling saya di 60-65 (bisa dilihat di atas).

      Masalah Leveling cepet, ini udah cara saya yang paling cepet leveling ke 70..
      Rinciannya juga udah lumayan panjang untuk leveling 60-70..
      Saya tidak bisa membuatnya lebih Detail, karena sudah tidak pernah leveling lagi di DN INA
      (p) (p) (p)

      Delete
  9. mo tanya gan untuk exp bonus = (gwarnet) + (hero exp) + (max char exp) + (guild costume) + (guild benefit) itu stack / bisa digabung semua ????
    tambahan untuk event exp+ juga mungkin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap semua Stacking kok..
      Apalagi pas ada event EXP +100% semakin cepet levelingnya

      Delete
  10. Gan cara dapetin epic set level 24 gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak dapat dari GM, ya harus Minotaur Nest (nest level 24)..
      paling gampang sih beli di TH, biasanya harganya gak terlalu mahal.

      Delete
  11. Saya biasanya hanya 2x Quest Keliling, karena nantinya Quest NPC di Saint Haven akan saya gunakan untuk leveling 60-70.

    maksudnya apa ya min kurang jelass hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow itu..
      Maksudnya Side Quest di Saint Haven 50-59..
      Kan Banyak banget dan Bersambung..
      Biasanya kalau sampai harus Bulak Balik berkali-kali.
      Tapi untuk Level 56-60 saya hanya menyelesaikan sebagian saja (2x keliling = 2x masuk Semua Dungeon Mutant Habitat dkk).

      Sisa Questnya saya gunakan untuk Next Level..
      BTW bukannya setelah Cap 80, Leveling ke 70 FTGnya udah lebih enak ya..

      Delete
  12. flooded down stream ruin lewat mana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di hermalte Port lewat Saint Haven di bagian selatan

      Delete
  13. Maaf mas, ane kan lvl 32, tapi hp & mp masih 10k, btw ane pake eq Jojoba set ( tinkerer )
    saran nya :'v lvling 32 ke 46 kan minim hp 25k ;'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew 10k kecil juga ya, padahal dah epic 32
      Benerin platenya aja, pake Health + Life Vit
      Kalau gak kuat maen di Master Mode aja

      Delete
    2. Eh mas, jual GOLD g ? Althea :3

      Delete
    3. Heheheheh lg gak da Stock juga..

      Delete
    4. Mas saya kan dah level 50 nih eq yg cocok apa ya...? Job saya raven..

      Delete
    5. Level 50 pake yg murah meriah aja,
      Di TH kayanya Set Epic 50 murah,
      di tempanya jangan tinggi2

      Delete
    6. om tanya sarannya nih
      kan gw masih lv 69, mau ke 70.. nah gw galau om, enaknya beli eq new moon atau yg di wonderful theme park (sanders). kalo di TH si new moon masih mahal kan. jd gw juga itung" gold nih, soalnya tabungan masih 2k
      sarannya om :D

      Delete
    7. Sudah Cap 80 kan?
      Jangan modalin Char pake Equip 70, percuma itu gak akan tahan lama juga di Cap 80.
      Mending cari yg gratisan atau apa adanya..
      Toh Leveling ke 80 gak butuh Armor bagus, saya aja cmn pake equip level 60. ;-(

      Delete
    8. ooh oke oke gan makasih yaa gan :D

      Delete
    9. oh iya gan satu lagi
      kalo masalah dragon jewel enaknya diperbarui apa nggak?
      dragon jewel gue masih low grade lv 60 warna oren
      gmna gan? :/

      Delete
    10. Jewel enaknya sih pake High Jewel 70 sih..
      Kalau masih mahal, bisa cari Jade 80 di Abyss mode

      Delete
    11. akhirnya gw udh 80 gan wkwk
      oiya gan, saran buat char slanjutnya..
      menurut agan nih, kali sama tinker atau mungkin DS sama adept lbih unggul yg mana?
      thanks gan

      Delete
    12. Enakan Adept lebih simple dan gak perlu Gear terlalu GG
      Kalau DS harus bener" High Gear (Full Wise and Krit)

      Delete
    13. hmm kalo adept nggedein apanya? jewelnya ambil apa?

      Delete
    14. Adept gedein INT,
      Jadi pake Wise Jewel

      Delete
  14. Skarang mah enak min.. leveling 60-70 di wonderfull max 2 hari aja..

    ReplyDelete
  15. om kok ane prasaan udah 2minggu lebih maen ne dn , sehari sekitar 10 jam kok masih lvl 46 , ajar ato gimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew lama banget itu sih Levelingnya..
      jangan2 sehari 10 jam PVP lagi.. :-d :-d

      Delete
  16. gan, inikan DA dah keluar di ina, nah sama dn ina harus 80 sebelum 7 oct, kalo ngak di hapus nanti. minta saran levelingnya dong gan. ane lg bingung karena ane anak warnet, main 2 jam per hari 1 - 24 aja 1 hari (lama banget kan?) plz minta tips leveling DA sampe 80 ya gan, sankyu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Permintaannya sama semua ya..
      Cara leveling..
      Besok saya bikin ya..

      Hari ini persiapan Videonya dulu

      Delete
    2. thanks ya gan, ane tungu~

      Delete
  17. kk mau tnya pada saat sblm 60 kn kta dsruh mngerjakan d 3 NPC d atas, nah itu knp ga blh d laporkn dlo? mohon pnjelasanny kak, soalny msh krg paham hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow itu sih soalnya, buat cadangan FTG doank..
      Sekarang udah ada Leveling Guide yg terbaru kan..
      Ini versi jadul banget

      Delete
  18. Gan Ane Mau tanya Ganti Job lvl 45 warrior setelah lawan si velskud dimana ya kok gak ketemu-ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya dah lama gak ganti2 job,
      Kayanya sih abis itu pengenalan Skill de di Map Riverwort
      Cari aja yg ada Portal bentuk Pedang nusuk ke tanah

      Delete
  19. Quest gnati job 2nd creamer aq gx ada, gmna tuh.
    Tolong pencerahannya. :D

    ReplyDelete
  20. Gam kok abyss mode nya gak ad yak?

    ReplyDelete
  21. update lg donk bang cap 90 hehehe

    ReplyDelete
  22. punya link yg valid bwt download bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. DN Sea = dn.cherrycredits.com
      DN INA = dn.gemscool.com

      Delete
  23. like game adventure
    nice posting

    done y

    ReplyDelete
  24. Kok ngak nambah ftg nya ya sdh d like

    ReplyDelete
  25. Om enaknya main di server mana ya. Kemudian hero apa yg mudah solo..

    ReplyDelete