PHYSICIAN SKILL BUILD LEVEL 70 (PVE)

Physician Skill Build
      
      Physician termasuk job yang langka di Dragon Nest Indonesia. Saya jarang sekali menemui Physician di Ladder atau Nest, karena lebih banyak yang menggunakan Adept. Adept memang lebih unggul untuk DPS, namun Physician memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah bisa menjadi Suport DPS party karena memiliki skill Heal. Menurut saya kekurangannya adalah Love Virus yang hanya mengurangi Magic Defence saja, sehingga pada Cap 70 yang mengandalkan Elemen DPS membuat skill itu agak kurang berguna, kecuali kalian party dengan DPS yang bermain magic attack. Oleh karena itu, Physician mendapatkan Skill Boost dengan harapan bisa menyaingi kepopuleran Adept.

        Pada Physician Skill Boost, banyak skill serangan di Physician Line yang damagenya ditingkatkan. Beberapa Buff/Debuff pun diperbaharui, salah satunya adalah Injector yang bisa meningkatkan Attack/Movement Speed dan Final damage kita. Selain itu, skill Heal utama Physician yaitu Heal Shower akan dikurangi juga Cooldownnya lebih dari setengahnya. Saya sangat berharap setelah Update Skill Boost, pengguna Physician semakin bertambah, karena Buff  +Final Damagenya akan diperlukan untuk Raid Nest. Oleh karena itu, Physician Skill Build yang saya bagikan kali ini akan disesuaikan dengan Update Skill Boostnya, sehingga saya tidak perlu menggunakan reset skill lagi nantinya. 



Physician Skill Build
Physician Skill Build

Wax lv 7:
Alasannya supaya untuk mobilitas dan cooldownnya lebih cepat dibandingnya level dibawahnnya.

Force out lv 11:
Salah satu skill dengan basic matk di Academic tree dengan cooldown yang cepat (7 detik) dan ketika Level skill diatas lv 6, maka ada upgrade skill dengan tambahan 25% addtional damage.


Tumble + Aerial Evasion MAX:
Supaya cooldownya lebih cepat


HP mastery lv 6:
Sebagai job dengan def/mdef yang kurang besar di PVE, skill ini bisa membantu untuk jumlah HP charmu lebih banyak.

MP recovery lv 5:
Supaya MPnya tidak terlalu boros, apalagi ketika bermain di Ladder


Magma Punch + Ice Punch + Icing Mass + Ice Palm lv 1:
Persyaratan saja

Magma Wall lv 15: (+1)
Saya menggunakan skill ring +1 untuk skill ini, supaya damagenya lebih besar di level 16. Walaupun Physician, magma wall tetap memiliki damage yang besar dengan area yang luas pula.


Magma Wave lv 11:
Skill dengan damage yang besar dan area yang luas. Damage dan area skill ini  dipengaruhi oleh jumlah bubble kita, semakin banyak bubble maka damage dan areanya semakin besar. 


Elemental Bubble Charging lv 1:
Supaya mendapatkan Bubble yang lebih jika menggunakan skill di Elemental Line.

Cocktail lv 6:
Buff yang berguna untuk party, karena jika kita menggunakan 6 bubble bisa mengurangi cooldown skill sebesar 18%.


Eureka:
Skill pasif yang wajib diambil, karena bisa meningkatkan INT dan mengurangi serangan yang masuk berdasarkan jumlah Bubble kita.


Slime lv 1:
Summon untuk membantu serangan dan Slime dapat membantu ice stack selama 5 detik.


Injector lv 11:

Skill ini sangat berguna bagi Physician untuk mengheal teman dan diri sendiri. Jumlah healnya berdasarkan levelnya, semakin tinggi level maka heal akan lebih besar lagi. Namun apabila sudah Update Physician Skill Boost, efek skill ini akan berubah. Heal tidak lagi dapat diberikan kepada party, tetapi ada buff penggantinya yaitu Movement/Attack speed dan Final Damage. Selain itu, elemen skillnya akan menjadi dark attack dan ada pengurangan cooldown.

Disease lv 1:
Persyaratan EX saja, secara damage memang kurang besar dibandingkan skill dark lain. Setelah Skill Boost, Disease akan memberikan Debuff yang berfungsi untuk meningkatkan serangan Poison Break EX dan Poison Pool.

Poison Charging lv 16:
Agak sedikit aneh mungkin, kenapa saya menaikan skill ini sampai level 16. Alasannya adalah untuk persiapan setelah Boost nanti, maka % Board Damagenya akan ditingkatkan 2x lipat. Apalagi cooldown skill ini termasuk singkat yaitu 9 detik dan termasuk Skill EX.

Mixed Infection lv 6:
Kenaikan damagenya setelah level 6 agak kurang besar, sehingga level 6 saja sudah cukup. Setelah Update Skill Boost Physician, skill ini damagenya dapat ditingkatkan berdasarkan bubble.


Poison Break lv 11:
Skill Exnya Physician yang sakit di PVE atau PVP. Damagenya akan ditingkatkan setelah Update Physician Boost.


Chemical Bubble Charging lv 1:
Supaya mendapatkan Bubble lebih jika menggunakan skilll di Chemical Line.


Hypnosis lv 1:
Skill Counter attack yang bisa membuat musuh tertidur.


Poison Pool lv 2:
Damage skill Ultimate ini akan ditingkat pada Physician Skill Boost sehingga saya tidak menggunakan Ultimate skill Adept. 


No Sacrifice Slime:
Alasannya karena setelah Physician Skill Boost, maka cooldown Heal Shower akan berkurang menjadi 25 detik. Oleh karena itu, saya tidak menaikannya untuk menghemat skill point, sehingga bisa menaikan skill serangan.

Love Virus lv 6:
Skill yang dapat mengurangi magical defence musuh. Di PVP, debuff skill ini bisa membuat semua serangan kalian menjadi tidak berguna. 

Heal Shower lv 7:
Skill heal andalannya Physician, karena selain Heal skill ini juga bisa menghilangkan debuff. Pada Physician Skill Boost, cooldown skillnya akan berkurang dari 60 detik menjadi 25 detik.




Skill Plate:

1. Magma Wave (+20% Damage)
2. Magma Wall (+20% Damage)
3. Poison Break (+20% Damage)
4. Heal Shower (-20% Cooldown)
Optional: Wax/Cocktail (-20% Cooldown), Poison Charging/Pool/Mixed Infection (Damage +20%)


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

6 comments:

  1. Jika misalkan mengambil force out hanya untuk tumble, bukankah lebih baik mengambilnya di 6 saja?
    Lagipula FO bukannya skill Physical ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. FO termasuk skill magic..
      Berhubung Physician saya main MATK, jadi tidak ada salahnya menaikan FO sampai level 11..
      daripada memilih skill Fisik..

      Delete
    2. ga tau guna nya PO buat apa -__

      Delete
    3. Itu bisa jadi Ekstra Tumble sekaligus serangan magic..
      ada Iframenya sebentar juga

      Delete
  2. mas, physician itu termasuk element apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya sih Line Physician itu Full Dark..

      Tapi saya ambil Skill Element Fire juga, jadi biar Damagenya merata saya main MATK. Selain itu, beberapa Heal Physician juga berdasarkan MATK kita..

      Delete