ARTILLERY vs SNIPER BOOST


    Pada post kali ini, saya akan kembali menjawab pertanyaan dari Blog dan Facebook. Pertanyaan yang akan dibahas kali ini tentang Boost Skill. Salah satu pengunjung Blog bertanya tentang mana yang lebih baik Artillery Skill Boost atau Sniper Skill Boost. Saya tidak bisa menjawab lebih dalam di kolom komentar. Selain itu perlu banyak perhitungannya pula, sehingga saya akan membahasnya langsung di Blog saja
     Sejujurnya saya belum pernah mencoba Sniper Boost karena saya hanya bermain di DN SEA dan INA. Sedangkan Update terbaru di DN SEA dan INA hanya sampai Screamer Skill Boost. Jadi saya hanya akan menghitung berdasarkan video-video review Sniper Boost di Youtube saja ya. Kita tahu sendiri, perhitungan DPS disini tidak akan sama dengan yang terjadi di lapangan atau nest. Perhitungan kali ini pun hampir sama dengan Dragon Nest: DPS Chart, namun saya tidak memperhitungkan Buff atau Debuff masing-masing job.


Artillery Boost vs Sniper Boost?

ARTILLERY vs SNIPER BOOST

    Kadang saya bingung menanggapi pertanyaan seperti ini, karena pasti akan sulit membandingkannya. Saya juga harus berfikir gimana caranya membuat perbandingan lebih mudah. Selain itu, saya perlu mengecek ulang Board Damage Artillery yang jaman dulu. Untungnya ada sedikit datanya di Blog dan Forum. Biar lebih mudah saya akan membandingkan tiap Skill di Sniper vs Artillery.

PATK Sniper : 37000
MATK Artillery :31695


Charge Shot EX vs Scope Arrow EX

Charge Shot:
Sebelum: 471% + 11736 , CD: 13 detik
Sesudah: 613% + 15270, CD: 10 detik
Koefisien: 1.3

- DPS Sebelum: ((471% x 37000 + 11736)x 1.3)/13 = 18401
- DPS Sesudah: ((613% x 37000 + 15270)x 1.3)/10 = 31470

Peningkatan DPS:
- (31470 - 18401)/18401 = 0.71 atau ~70%

# Bandingkan dengan Scope Arrow EX
- Board Damage: 393% + 9789
- Koefisien: 4
- Cooldown: 13 detik

DPS: ((393% x 31695 + 9789) x 4)/13 = 41339

Walaupun sudah di Boost, Charge Shot EX tetap memiliki DPS lebih rendah dibandingkan Scope Arrow EX.

Aerial Chain Shot EX vs Swift Shot EX

Aerial Chains Shot (Boost): Cooldown berkurang menjadi 15 detik
- Board Damage: 192% + 2565
- Koefisien: 18

DPS sebelum: ((192% x 37000 + 2565) x 18)/18 = 73605
DPS sebelum: ((192% x 37000 + 2565) x 18)/15 = 88326

Peningkatan DPS:
- (88326 - 73605)/73605 = 0.2 atau 20%

# Bandingkan dengan Swift Shot EX
- Board Damage: 585% + 14473
- Koefisien: 8.5
- Cooldown: 10 detik

DPS: ((585% x 31695 + 14473) x 8.5)/10 = 169905

Wah, DPS Swift Shot EX masih unggul hampir 2x lipat dari Aerial Chain Shot EX setelah Boost.

Siege Stance EX vs Rapid Shot EX

Siege Stance:
Sebelum: 581% + 16028 , CD: 45 detik
Sesudah: 755% + 20837, CD: 30 detik
Koefisien: 5

- DPS Sebelum: ((581% x 37000 + 16028)x 5)/45 = 25666
- DPS Sesudah: ((755% x 37000 + 20837)x 5)/30 = 50031

Peningkatan DPS:
- (50031 - 25666)/25666 = 0.95 atau 95%

# Bandingkan dengan Rapid Shot EX
- Board Damage: 209% + 10840
- Koefisien: 6.8
- Cooldown: 13 detik

DPS: ((209% x 31695 + 10840) x 6.8)/13 = 40320

Disini bisa dilihat bahwa Efek Sniper Boost membuat DPS Siege Stance EX lebih besar dibandingkan dengan Rapid Shot EX.

Arrow Shower EX vs Tracking Arrow EX

Arrow Shower:
Sebelum: 58% + 232 , CD: 40 detik
Sesudah: 75% + 302, CD: 30 detik
Koefisien Board Damage: 55
Addtional Damage: 150% x 13 hit
Koefisien EX: 1.3

- DPS Sebelum: ((58% x 37000 + 232) x 55 + (150% x 37000) x 13)) x 1.3 /40 = 62223
- DPS Sesudah: ((75% x 37000 + 302) x 55 + (150% x 37000) x 13)) x 1.3 /30 = 98122

Peningkatan DPS:
- (98122 - 62223)/62223 = 0.58 atau ~60%

# Bandingkan dengan Tracking Arrow EX
- Board Damage: 196% + 4540
- Koefisien: 13
- Cooldown: 16 detik

DPS: ((196% x 31695 + 4540) x 13)/16 = 54163

Full Hit Arrow Shower EX masih tetap unggul dibandingkan dengan Tracking Arrow EX.

Arrow Barrage vs Revolution Ballista

Arrow Barrage:
Sebelum: 126% + 1944 , CD: 125 detik
Sesudah: 152% + 2333, CD: 125 detik
Koefisien: 24
Final Damage +50%
Cooldown: 125 detik

- DPS Sebelum: ((126% x 37000 + 1944) x 24) /125 = 9324
- DPS Sesudah: (((152% x 37000 + 2333) x 24) x 1.5) /125 = 16869

# Bandingkan dengan Revolution Ballista
- Board Damage: 7506% + 111267
- Koefisien: 1
- Cooldown: 125 detik

DPS: ((7506% x 31695 + 111267)/125 = 19922

Arrow Barrage setelah Boost masih memiliki DPS yang kurang dari Revolution Ballista.

Wind Shot vs Fatal Tracking Arrow

    Sejujurnya membandingkan dua skill yang castingnya berdasarkan Bubble Kritikal adalah sulit. Saya tidak bisa memastikan cooldown dari Wind Shot dan Fatal Tracking Arrow, karena cooldownya berdasarkan seberapa seringnya serangan kita kritikal. Jadi kali ini saya akan memberikan prediksi saja ya.

1 Hit Wind Shot = 1x Board Damage Charge Shot
Total Hit Wind Shot: 6-30 (tergantung ukuran boss dan ketepatan skill)

     Masalah cooldown, mungkin saya asumsikan saja 30 detik. Sesuai dengan cooldown Arrow Shower yang memiliki Total Hit besar, sehinga kemungkinan kritikal juga besar. Masalah selanjutnya adalah total hit Wind Shot, saya terpaksa mengasumsikan ukuran boss sama dengan Boss Pertama TKN, sehingga total hit rata-ratanya 10 Hit.

DPS:  ((613% x 37000 + 15270)x 10)/30 = 80693

# Bandingkan degan Fatal Tracking Arrow

  Kali ini saya sudah melakukan Test untuk mengetahui seberapa banyak Fatal Tracking Arrow yang dapat saya cast selama 1 menit di Boss pertama TKN. Hasilnya sebagai berikut:

Board Damage: 196% + 4540
Koefisien Board: 20
Jumlah Skill yang dapat di cast: 5x
Durasi: 60 detik

DPS: ((196% x 31695 + 4540) x 20 x 5)/60 = 111104

   Pada Boss Pertama TKN, DPS Fatal Tracking Arrow lebih besar dibandingkan Wind Shot. Hal ini karena saya melakukan Test untuk ukuran Boss yang sedang. Jika ukuran boss diganti sebesar Dragon, saya kira Wind Shot akan memiliki DPS lebih besar. Selain itu, Fatal Tracking Arrow memang baik untuk Single Boss. Kekurangannya apabila terdapat banyak monster di sekitar boss, sehingga DPSnya menjadi tidak fokus.


Perbandingan DPS Sniper vs Artillery setelah Boost

    Kali ini saya akan jumlahkan semua Perhitungan DPS Sniper dan Artillery diatas, lalu membandingkan mana yang lebih besar.

Charge Shot EX vs Scope Arrow EX = 31470 vs 41339
Aerial Chain Shot EX vs Swift Shot EX = 88326 vs 169905
Siege Stance EX vs Rapid Shot EX = 50031 vs 40320
Arrow Shower EX vs Tracking Arrow EX = 98122 vs  54163
Arrow Barrage vs Revolution Ballista = 16869 vs 19922
Wind Shot vs Fatal Tracking Arrow = 80693 vs 111104

    Jika dilihat dari data di atas, Artillery memiliki keunggulan untuk 4 Skill, sedangkan Sniper untuk 2 Skill. Sekarang saya coba lihat perbandingannya.

Sniper: (31470 + 88326 + 50031 + 98122 + 16869 +  80693) / 6 = 60919
Artillery: (41339 +  169905 + 40320 + 54163 + 19922 + 111104) / 6 = 72792

Perbandingan DPS:
-  (72792 - 60919) / 60919 = 0.195 atau ~20%

      Dalam perhitungan saya kali ini, Artillery memiliki keunggulan DPS sebesar 20% dibandingkan Sniper. Saya ingatkan sekali lagi, ini hanya perhitungan kasar dan prediksi saja. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi DPS mereka di Nest, misalnya ukuran Boss, ketepatan skill dan Self Buff.

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

23 comments:

  1. Kalau berdasarkan data mentah mungkin memang seperti apa yang anda tulis, akan tetapi berdasarkan skill line mungkin akan berbeda.
    Sniper : cheating point, Critikal break
    Artillery : Magical breeze
    Kedua faktor itu yang membuat perbedaan dari job ini, namun jika melihat kelapangan sesuai pengalaman saya user Artillery dan sniper.
    Sniper : equip standar saja bagus karena bantuan critikal break
    Artillery : equip harus lebih (modal) banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener, Itu kan emang perhitungan kasar.. No Buff dan lain2..
      Terlalu banyak faktor di DN yang bisa ngebuat perbedaan DPS..

      Sniper emang terbantu dengan Critical Break, apalagi + Skill Platenya.
      Artillery punya Magic Breeze + Plate Skillnya..

      Char yang bermain Agi biasanya memang lebih mudah di Gear, sedangkan CHar yang melawan Kodrat seperti Artillery/Moonlord agak butuh modal besar. Terutama Artillery membutuhkan kritikal agar bisa sering-sering melakukan Fatal Tracking Arrow.

      Delete
  2. gan boleh minta link sumbernya dari mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber Artikel ini ya?
      Dari hitungan saya sendiri.. T_T

      Delete
    2. soalnya saya kira ini ambil dari data forum luar.ini acuannya dari skill level max ya a?aku bukan player SEA ya jadi lagi nunggu update hari ini boss :D takutnya nanti misal saya repost banyak yang tanya acuan skillnya dari mana

      Delete
    3. skarang juga revampnya ada windshot ,oke anggep aja skill netral tanpa buff biar ga pada tanya kan ada tuh efek dari EX yang direvamp juga

      Delete
    4. kalo bisa bales secepetnya gan ini mau aku buat postingan di grup. hehe oh iya saya user sniper sentinel

      Delete
    5. Khusus Sniper ya, Data sebelum di Boost saya ambil di Simulatornya..
      http://dn.duowan.com/t4/

      Berhubung, Simulatornya belum di Update sampe Sniper Boost
      Jadi untuk Board Damage setelah Boost, saya langsung tambahkan saja, karena Boost Sniper rata" hanya peningkatan damage dan pengurangan cooldown. Tidak ada mekanisme baru yang diubah, paling hanya penambahan Wind Arrow.

      Perhitungan di atas itu benar" kasar, hanya membandingkan DPS tanpa Buff, kritikal resist boss dan lain-lain.
      Saya kasih sedikit Info ya (takut nanti ada yang nanya):
      - Jika Buff dan pasif diperhitungkan, Sniper unggul.
      - Jika Boss rajin bergerak, Artillery tunggul
      - Jika ukuran Boss kecil, Artillery unggul
      - Jika memperhitungkan Kritikal Resist, Sniper bisa unggul.

      *Ukuran dan Pergerakan Boss mempengaruhi Total Hit Skill, misalnya Arrow Shower yang bisa Full Hit jika Boss berukuran sangat besar dan tidak bergerak.

      Satu lagi, Perhitungan WInd Shot di atas menggunakan ukuran Boss sedang sehingga cmn bisa 6-10 hit. Kalau Boss Raid (seperti naga), mungkin bisa 3x lipatnya dan pasti mengalahkan Fatal Guide Shotnya Arti.

      Delete
  3. Hmmmm... jd bimbang milih sniper ap artillery... kira2 lbih enakan mana ya....

    ReplyDelete

  4. Am Mr Jad Kimi adalah reputasi yang sah pemberi pinjaman kredit yang baik. Kami adalah perusahaan yang dinamis Dengan Itu Kami Menyediakan dana bantuan keuangan kepada yang membutuhkan bantuan keuangan Individu, itu memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis Jad Kimi menggunakan media ini untuk menginformasikan Itu kami Memberikan bantuan penerima terpercaya akan senang untuk menawarkan pinjaman Silahkan hubungi kami melalui email: jadkimi@gmail.com

    ReplyDelete
  5. mau tanya ni gan. cheating poin nya sniper versi DN INA sama SEA emag beda ya? di SEA CP kesumon 6m di depan, di DN INA CP bisa diarahkan. baru belajar pake sniper gan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sama sih bisa di arahkan..
      Saya cuman seminggu sekali pake Sniper, itupun untuk Ladder doank..
      Jadi jarang banget merhatiin hal" itu.

      Delete
    2. saya gak bisa niru casting CP kyk di dn SEA. cast depan kaki munculnya 6m di depan. pdhal itu katanya sbagai patokan dari range Rain of Arrow. tp yudahlah gapapa. mlai membiasakan diri pake feeling pas casting rain of arrow biar ful hit :D

      Delete
  6. bang, kalo liat dari perbandingannya, keknya kalo artilery mnding korbanin rapid shot 1, trz ambil siege stance 15 + 1 dari item aja ?
    Soalnya mnrt ane, dlu kita pake rapid shot krena ada 10% debuff, dan lagi, 2-2nya pas casting harus diem. mskpun siege stance lbh lama,

    klo liat advantagenya, untuk musuh bergerak rapid shot pun sulit kena, beda dgn tracking arrow yg ngejar orangnya,
    gmn nih mnrt agan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia ya...
      Bener Siege Stance punya DPS lebih besar jauh dibanding Rapid Shot..
      Tapii..
      Kalau saya mikirnya gini,
      Artillery itu kan job yang punya cooldown Skill cepet sehingga bisa di Rotasi terus-terusan... Semakin banyak Hit/rotasi yang bisa dilakukan maka Fatal Tracking Arrow bsa lebih sering keluar.

      Siege Stance itu kita diem selama 10 detik (Full Cast), selama 10 detik itu kita cmn dapet jumlah Hit 6-7 (solo boss). Saya sih mikirnya sayang banget.. Padahal 10 detik aja kita bisa Cast Swift Shot ex yg jd DPS GGnya Artillery

      Delete
    2. oh gitu ya bang, kalo charged shot gmn gan? kan lbh singkat tuh, damagenya jg lbh yahut.
      trz, untuk yg fatal track arrow, kan skrg uda ada instanya gan, stunning +10 buble crit.

      swift shot sih ane tetep pake, dps terbesarnya arti itu, ga bole dikorbanin,
      cmn rapid shotnya -_- ilang debuff jdi mikir2 dah, haha

      Delete
    3. Ya udah Siege Stance aja gpp..
      Yang penting sesuai sama cara main kamu..
      Kalau saya kan gak terlalu suka pake SS..

      Soalnya lbh rugi lg kalau pake Charge Shot

      Delete
  7. menurut agan, lebih bagus arti atau sniper buat pvp ? baik 1 vs 1 atau rusuh.

    ReplyDelete
  8. Kalo raid RDN arti masih bisa nyumbang DPS gk soalnya mau coba main RDN :)

    ReplyDelete
  9. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

    ReplyDelete