ICE STACKING AND ICE RESIST ELESTRA

   
    Hampir seminggu saya tidak post di Blog. Seminggu ini sibuk sekali dengan event dan memperbaiki blog. Soalnya kata teman saya, semakin hari blog ini semakin berat. Jadi saya harus mengompres semua gambar  dan mengurangi jumlahnya. Yah semoga perjuangan selama seminggu ini berhasil mengurangi loading blog ini.
    Sejujurnya saya memiliki rencana untuk melakukan post beberapa hari sekali, agar saya tidak kehabisan konten untuk dibahas. Dengan begitu saya juga bisa lebih bersantai-santai. Saya juga selalu menunggu ide atu request dari kalian tentang topik pembahasan di Blog ini.
      Pada post kali ini saya tidak akan membahas skill build atau damage compare, tetapi hanya akan membahas sedikit pertanyaan yang masuk di Blog dan Facebook. Pertanyaan yang akan saya bahas adalah tentang Elestra. Masalah yang akan dibahas mengenai Ice Stacking dan Ice Resistnya.
   
 
1. Apakah Debuff Ice Stacking dikurangi?

      Pertanyaan ini pernah ditanya teman guild saya juga. Dia merasa ada yang aneh dengan penambahan damage ketika sedang melakukan Ice Stack/beku. Kalau saya tidak salah, dulu efek beku adalah meningkatkan 50% damage. Sehingga Ice Stacking Elestra bisa sampai meningkatkan 150% damage. Saya juga tidak sadar pada patch yang mana ada pengurangan efek beku. Agar saya tidak penasaran, hari ini akan melakukan sedikit uji coba. Tetapi untuk uji coba kali ini hanya berupa gambar ya, soalnya kuota internet lagi menipis untuk upload video (T_T).


Skill yang saya pilih untuk uji coba kali ini adalah Shockwave. Berikut damage Shockwave tanpa beku/ice stack.


*catat ya. Damage Shockwave Normal = 4986

Sekarang kita lihat damage Shockwave + Glacial Wave

Aw malah kritikal, tapi jangan khawatir kita hitung saja.
Damage kritikal = 13106
Damage non kritikal = 13106 / 2 = 6553

Oke, mari kita hitung efek bekunya
- (Damage beku - Damage normal) / Damage Normal
- (6553 - 4986) / 4986
- 0.31 atau 31% (Saya biasa sebut sih +30% aja, soalnya nanggung itu 1%, hehehe)
Jadi, sekarang efek beku hanya +30% damage.


Selanjutnya saya mencoba Ice Stacking dengan melihat damage Shockwave + Ice Sphere + Glacial Wave dan hasilnya sebagai berikut.

LOL, Fokus ke damagenya ya, jangan ke pose char saya.
Damage non Kritikal = 16116 / 2 = 8058

Efek Ice Stacking:
- (8058 - 4986) / 4986
- 0.62 atau 62%
Berarti menambahkan Glacial Wave sesudah Ice Sphere akan meningkatkan damage sebesar 60-62%.


Terakhir, berapa damage Shockwave + Blizzard + Ice Sphere + Glacial Wave.

Damage Shocwave = 9470

Efek Ice Stacking:
- (9470 - 4986) / 4986
- 0.899 atau 90%
Berarti dengan melakukan Blizzard + Ice Sphere + Glacial Wave akan meningkatkan damage sebesar 90%.

        Tadinya saya akan mencoba apakah bisa melakukan Ice Stacking 4 Layer dengan melakukan Blizzard + Ice Sphere + Glacial Wave + Freezing Field. Tetapi hasilnya masih terus gagal, karena damagenya masih sama dengan 3 Layer. Saya jadi penasaran apakah ada 1 Ice Stack yang pecah atau memang maksimal Ice Stacking adalah 3 Layer. Kenapa saya bilang 1 Ice Stack pecah? karena untuk melakukan Kombo 4 Ice Stack di atas perlu waktu yang mayan lama, apalagi Freezing Field harus benar-benar pas. Jika kalian ada yang berhasil melakukan Ice Stacking 4 Layer, tolong beritahu saya ya, hehehehe.


2. Apakah pengaruh dari debuff -Ice Resist?

     Sudah ada Blog yang membahas ini dari dulu. Debuf -Ice Resist bisa membuat efek beku menjadi lebih lama. Misalnya jika Glacial Wave dapat membekukan musuh selama 8 detik, jika ditambah -50% Ice Resist Debuff bisa menjadi 12 detik. Lalu apakah hanya menambah waktu bekunya saja? tentu tidak ada efek lain dari debuff -Ice Resist yaitu meningkatkan Ice Damage. Biar lebih jelas mari kita coba.

Kali ini saya mengunakan Frozen Burst Mode, agar skill beku berubah menjadi -Ice Resist. Pertama kita lihat damage normalnya dulu. Skill yang saya pilih adalah Frozen Spike.

Ambil salah satu damage saja yang tidak kritikal yaitu 28134

Sebenarnya Frozen Spike memiliki debuff -10% Ice Resist juga selama 4 detik. Jadi damage itu saya rasa sudah termasuk efek Debuffnya.


Damage Frozen Spike + Glacial Wave (Frozen Burst Mode)

Damage = 30966

Pada keterangan Skillnya, Glacial Wave ketika Frozen Burst akan memberikan efek -10% Ice Resist selama 8 detik. Mari kita cek, apakah benar meningkatkan 10%?

- (30966 - 28134) / 28134
- 0.1006 atau 10%


Damage Frozen Spike + FB Glacial Wave + FB Ice Sphere


Damage Kritikal = 68241
Damage Normal = 68241 / 2 = 34120

Pada keterangan Skillnya FB Ice Sphere akan memberikan efek -10% Ice Resist selama 4 detik. Sehingga jika ditambah dengan FB Glacial Wave akan menjadi 20%.

- (34120-28134) / 28134
- 0.2127 atau 21%
Sangat mendekati bukan, walaupun ada kelebihan 1% hehehhe.


Damage Frozen Spike + FB Glacial Wave + FB Ice Sphere + FB Glacial Spike

Saya masih sering gagal untuk melakukan Stacking Ice Resist yang ini, karena durasi debuff untuk Ice Sphere dan Glacial Spike terlalu sebentar. Untungnya kali mendapatkan Screen Shot damagenya, walaupun lagi-lagi pose char saya sedang melayang.

Damage = 36590

Sama dengan sebelumnya, FB Glacial Spike juga punya debuff  -10% Ice Resist selama 4 detik.

- (36590-28134) / 28134
- 0.30056 atau 30%

Nah berarti debuff -30% Ice Resistnya berhasil. Saya tiba bisa melakukan stacking debuff -ice resist lebih lanjut, karena kendala durasi debuffnya yang terlalu singkat.

      Bayangkan saja jika debuff ini di stacking dengan debuff dari job lain seperti Icing mass + CH2COOH dari adept dan Chemical Granade + Ice Pulm + MM Ice Pulm dari Engineer. Pasti peningkatan damagenya akan menjadi lebih besar.  Oleh karena itu, kenapa akhir-akhir ini lebih banyak yang melakukan Element Party, karena demi memaksimalkan kemungkinan damagenya.

      Sebelumnya saya juga sudah membahas sedikit perbedaan damage antara non element dan element untuk satu job di Moonlord Damage Comparison.


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments:

  1. Gan, ane punya elestra dan suka main solo cuma bwt daily, Enaknya pke jade apa ya? Ice atau Magic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Pure ICE mending pake ICE
      Kalau Hybrid mending Magic

      Delete
  2. gan mau nanya dong , klo elestranya ga ambil flameroad biar g sayang SP d fire shield tpi skill yng ignite 14 shatter 11 sama 2 skill fire lvl 6 kecuali fire ball sma phoenix storm , kira2 efektif ga ? itu masuknya k PVP / PVE ? ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 skill fire lv 6 maksudnya inferno + firewall?
      Sayang banget kalau inferno dinaekin, jarang kepake di PVE..

      Kalau gitu buildnya lebh ke arah PVP sih

      Delete