Saya baru mengetahui kalau DN INA minggu depan akan Update Machina. Soalnya sudah mulai banyak yang bertanya masalah Machina. Saya belum pernah mencoba pakai char itu, apalagi tahu masalah Skill Buildnya. Bagi yang ingin buat Machina mungkin bisa cek skillnya di Freedomplays.Kembali ke topik pembahasan utamanya, pada post kali ini saya akan membahas Majesty Skill Build level 90.
     Saya sedih ketika melihat Gravity Switch EX dikurangi segitu besarnya (baca: Analisis Force User Class). Hal itu yang membuat posisi Majesty sebagai DPS semakin sulit bersaing, terutama dengan Smasher. Apalagi nanti Update Nest 90 yang Bossnya memiliki Element Resist besar sekitar 30-40%. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana nasib Job-Job element nanti, termasuk Majesty ini. Semenjak Cap 90, saya hanya menggunakan Majesty untuk PVP. Harapan saya sih sederhana, semoga damage Gravity Switch dikembalikan seperti semula ^^.



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: DARK + INT
Necklace + Earring: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Force User Class
- Damage/DPS Full Hit dan Buff/Debuff


Skill Build

Build PVE
Build ini untuk yang lebih suka bermain Void Blast

Build ini untuk yang lebih suka bermain Wheeling Staff

Wheeling Staff vs Void Blast
Berbeda dengan Smasher Skill Build, pada Majesty Void Blast level 26 (25+1) bisa mengimbangi Potensi DPSnya Wheeling Staff. Saya sih bimbang untuk memilih mana yang terbaik. Dilihat dari berbagai sisi (Casting time, kemungkinan Full Hit dan area) saya pasti akan milih Void Blast. Sedangkan jika kita melihat update ke depannya, Wheeling Staff punya potensi lebih baik karena Element Resist Boss Nest 90 sangat besar.

Gravity Ball + Triple Orb
Kedua TOP DPS Skill Majesty ini wajib max, kalau bisa salah satunya dinaikan ke level 21.

Summon Comet vs Black Hole
Kedua skill ini memiliki Potensi DPS yang hampir sama. Saya lebih memilih Summon Comet karena lebih mudah untuk Full Hit.

Gravity Ascension
Lumayan kaget lihat Potensi DPS Gravity Ascension bisa diperingkat 4. Padahal waktu Cap 80, banyak Majesty yang hanya menaikannya sampai level 1 saja.

Meteor Storm
Sudah Cap 90 tapi Developer tidak memberikan Invulnerable Status pas Majesty Cast Skill ini, Memang Board Damagenya ditingkatkan lumayan tinggi, tapi saya masih deg-degan setiap cast skill ini.

Teleport
Mobilitas itu penting.

Smasher Skill
Diantara tiga Skill DPD di Smasher Line, saya tidak berminat menaikan satu pun, karena Potensi DPSnya kurang begitu besar untuk Majesty. Selain itu Skill Pointnya juga kan pas-pasan.

Gravity Switch
Sedih banget melihat salah satu Skill GG di Sorceress Class ini kena Nerf yang lumayan besar. Pertama Board Damagenya dikurangi, lalu efek Duplikat Damage dari Pasif 65nya juga dikurangi. Sehingga posisinya harus turun dari peringkat 1 menjadi 3 TOP DPS Majesty.

Build PVP

Wheeling Staff + Poison Missile
Skill ini bisa digunakan untuk mendorong musuh. Kalian bisa menggunakan kombo Wheeling Staff + Hit biasa + Poison Missile.

Void Blast + Nine Tail Laser + Black Hole
Void Blast biasa saya kombinasikan dengan Nine Tail Laser untuk jaga-jaga jika Nine Tail Laser tidak berhasil membuat musuh terjatuh. Selanjutnya bisa langsung cast Black Hole EX.

Summon Comet
Damage dan Areanya lumayan besar di PVP.

Gravity Ascension 
Skill yang sangat berguna ketika melawan musuh yang tidak memiliki Escape, seperti warrior atau cleric. Berbeda dengan Smasher, Majesty bisa sambil melakukan Skill lain ketika Gravity Ascension. Ada pilihannya antara menggunakan Poison Missile + Triple Orb + Summon Comet + Gravity Trap atau Gravity Switch. Gravity Switch biasanya saya gunakan ketika melawan Mercenary yang sedang Iron Skin karena duplikat damagenya akan aktif. Perlu di ingat juga, Debuff dari Gravity Ascension baru aktif ketika akhir Cast. Jadi kalian bisa juga menggunakan Gravity Switch di akhir untuk mendapatkan 20% tambahan damage. Oh ya untuk melawan musuh yang memiliki Escape, seperti Sorceress Class kalian harus memastikan Escapenya sedang delay dulu ya.

Teleport
Mobilitas itu penting banget di PVP.

Time Stop  + Time Dodge
Dua skill yang berguna di PVP untuk membuat musuh diam lebih lama.

Gravity Trap
Slownya sangat bagus untuk menghambat pergerakan musuh. Gunakan skill ini di saat musuh terkunci oleh poison missile supaya pas bangun menjadi slow motion. Gravity Trap juga bisa digunakan untuk menghabiskan Block atau menakut-nakuti musuh :P.

Gravity Swicth
Skill andalan Majesty di PVP.

Magic Steal
Skill ini bisa mengopi Buff musuh, biasanya digunakan setelah musuh menggunakan Beyond Time (Fast Forward), Ice Barrier dll.

Skill Heraldry
PVE:
- Gravity Switch (damage)
- Triple Orb (damage)
- Gravity Ball (damage)
- Beyond Time/Fast Forward (cooldown)
Optional: Teleport, Meteor Storm (cooldown), Summon Comet, Gravity Ascension (damage)

PVP:
- Teleport (cooldown)
- Beyond Time/Fast Forward (cooldown)
- Gravity Ball (cooldown)
- Time Stop (cooldown)
Optional: Gravity Switch, Meteor Storm (cooldown), Triple Orb, Summon Comet, Gravity Ascension (damage).
    Smasher merupakan satu-satunya job yang saya naikan ke level 90 sampai hari ini. Saya masih belum memiliki banyak waktu untuk Leveling dan masih sibuk membuat Update Skill Build. Ketika teman-teman guild sedang leveling, ladder dan nest 90, saya hanya Online untuk test-test skill/damage dan chatting sambil buat Skill Build. Kira-kira saya masih kurang 15 Job lagi untuk dibahas Skill Buildnya. Semoga saja pertengahan bulan bisa selesai dan kembali ke dunia leveling.
    Di Physician Skill Build saya membahas banyak academic yang Change Job menjadi Physician. Kejadian serupa menimpa Smasher, banyak juga Sorceress lain yang tiba-tiba Change Job menjadi Smasher. Sepertinya job yang paling banyak Change Job jadi Smasher adalah Elestra (Cyromancer) dan Majesty. Mau bagaimana lagi, Potensi DPS Smasher dinaikan sangat tinggi di Cap 90 (baca: Analisis Force User Class). Sampai-sampai Char utama saya dari cap 24-60 akhirnya bangkit dari kubur, demi untuk mencoba Potensi DPSnya.
    Dulu Smasher hanya mengandalkan Laser Cutter sebagai TOP DPSnya. Walaupun Laser Cutter bukan Perfect Skill DPS, karena Damagenya terlalu tergantung pada ukuran dan pergerakan Boss. Kini Smasher tidak perlu tergantung 100% dengan Laser Cutter lagi, karena Potensi DPS di Smasher Line sudah merata. Apalagi jika Smasher bisa mengatur penggunaan Spectrum Shower EX dan INS. Pokoknya selamat untuk para Smasher, hari-hari yang mereka tunggu sudah datang. Saya pesankan jangan balas dendam dengan Job lain ya karena Update Skill masih berjalan, khawatirnya nanti Smasher terkena Nerf lagi :P.



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: MATK + INT
Necklace + Earring: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Force User Class
- Damage/DPS Full Hit dan Buff/Debuff


Skill Build

Build PVE

Wheeling Staff vs Void Blast
Dari Cap 80, saya sudah bilang kalau Wheeling Staff memiliki potensi DPS yang besar. Kebanyakan orang tertipu dengan Board Damagenya yang tidak sebesar Void Blast, tetapi jika dihitung Full Hit maka damagenya akan mengalahkan Void Blast. Keunggulan Void Blast ada di jangkau Cast dan lebih mudah untuk Full Hit. Berbeda dengan Wheeling Staff yang harus lebih berdekatan dengan musuh dan lebih sulit untuk Full Hit. Lalu apa keunggulan Wheeling Staff selain Potensi DPSnya? Wheeling Staff merupakan Skill Non Element, sehingga sangat cocok digunakan untuk membantu DPS di Nest 90 yang Bossnya mempunyai Element Resist sangat besar. Selain itu, Skill Point yang dibutuhkan untuk Wheeling Staff MAX lebih sedikit dibandingkan dengan Void Blast Max.

Triple Orb
Skill Plate Triple Orb adalah satu-satunya Skill plate yang tidak pernah saya lepas dari Cap 24. Setelah jadi Smasher pun saya masih setia menaikan Triple Orb sampai level 16. Disaat damage Laser Skill ditingkatkan, Triple Orb masih bisa menduduki posisi 5 DPS. Oleh karena itu, tidak ada salahnya saya tetap menaikan skill ini.

Summon Comet
Saya pikir setelah Board Damagenya dinaikan hampir 4x Lipat, Summon Comet bisa masuk ke Top 5 DPS Smaher. Yah walaupun seperti itu, Summon Comet tetap memiliki damage dan area yang cukup besar. Oleh karena itu, saya menaikannya sampai level 11 saja.

Teleport
Setelah 4 tahun, akhirnya semua Char Force User saya bisa menaikan Teleport lebih dari level 1/Max :P. Selama ini saya hanya menaikannya sampai level 1 + Skill Hrealdy (cooldown).

Linear Ray
Board damage Linear Ray naik sekitar 6x lipat, sangat wajar jika DPSnya melompat dari posisi 3 terbawah menjadi 4 teratas. Kadang-kadang saya masih terganggu dengan Casting Time Full Hitnya yang agak lama, sehingga sering tidak sampai full cast.

Nine Tail Laser
Potensi DPSnya berada diurutan kedua jadi wajib MAX dong

Spectrum Shower
Selain Skill EX, Spectrum Shower juga merupakan INS skill level 90. Setiap 25 detik-an kalian bisa melakukan 3x Spectrum Shower (EX/INS). Pertama kalian harus menggunakan Void Wave + cast Spectrum Shower INS, lalu gunakan Spectrum Shower EX + Spectrum Shower INS lagi. Oleh karena itu Spectrum Shower wajib untuk MAX.

Eraser
Smasher tidak mungkin menggunakan Ultimate Skill Majesty di PVE, walaupun Board Damage Eraser lebih kecil dibandingkan Meteor Storm. Alasannya adalah Eraser lebih Fleksible (bisa di cancel kapan saja) dan ketika cast ada pengurangan damage 75%.

Laser Cutter
Di awal cap 90, Laser Cutter mempunyai Potensi DPS yang hampir 2x lipat dari yang di atas. Developernya keburu sadar kalau Laser Cutternya terlalu OP DPS. Mangkanya pada Update beberapa bulan kemudian Mekanik Skillnya banyak yang dihilangkan, seperti penambahan damage ledakannya. Walaupun seperti itu, tetap saja Laser Cutter memiliki Potensi DPS terbesar di Smasher (kalau Full Hit :P)

Build PVP

Wheeling Staff
Skill ini bisa digunakan untuk mendorong musuh. Biasanya saya kombo saya begini, Time Stop - Laser Cutter - Wheeling Staff.

Poison Missile
Poison Missile sangat bagus untuk mengunci musuh dilantai.

Void Blast
Saya jarang menggunakan Skill ini di PVP, tapi jika kalian ingin menaikannya bisa sampai level 6 saja. Skill Pointnya bisa diambil dengan menurunkan Wheeling Staff ke level 6.

Summon Comet
Saya naikan sampai level 6 hanya untuk mendapatkan ukuran yang lebih besar.

Gravity Ascension
Skill yang sangat berguna ketika melawan musuh yang tidak memiliki Escape, seperti warrior atau cleric. Misalnya ketika Mercenary Iron Skin, kalian bisa menimpanya dengan Skill ini dan tunggu sampai Iron Skin habis :P.

Teleport
Mobilitas itu penting banget di PVP.

Time Stop  + Time Dodge
Dua skill yang berguna di PVP. Saya menaikan Time Dodge level 8 agar musuh diam lebih lama.

Gravity Trap
Slownya sangat bagus untuk menghambat pergerakan musuh. Gunakan skill ini di saat musuh terkunci oleh poison missile supaya pas bangun menjadi slow motion. Gravity Trap juga bisa digunakan untuk menghabiskan Block atau menakut-nakuti musuh :P.

Linear Ray + Nine Tail Laser
Kedua skill ini untuk mencicil musuh dari jarak jauh.

Spectrum Shower
Spectrum Shower EX + INS menjadi skill andalan terbaru untuk Smasher di PVP.

Mana Surge
Bermain Smasher full Arcane tanpa Skill ini pasti akan kehabisan MP.

Laser Cutter
Sangat tidak mungkin ada player yang kena Laser Cutter Full Hit. Oleh karena itu, saya lebih sering bermain-main di dekat tembok supaya ketika musuh mendekat bisa saya Time Stop lalu cast Laser Cutter ke arah tembok.

Skill Heraldry
PVE:
- Arcane (damage)
- Spectrum Shower (damage)
- Laser Cutter(damage)
- Beyond Time/Fast Forward (cooldown)
Optional: Teleport (cooldown), Triple Orb, Linear Ray, Ninetail Laser (damage)

PVP:
- Teleport (cooldown)
- Beyond Time/Fast Forward (cooldown)
- Spectrum Shower (damage)
- Time Stop (cooldown)
Optional: Linear Ray, Laser Cutter (damage)
      Pengalaman membuat Adept Skill Build Level 90 ini tidak terlalu membuat saya galau. Pada Physician Skill Build, saya sudah menceritakan tentang banyak Adept yang secara tiba-tiba Change Job ke Physician. Beberapa orang mungkin tidak percaya kalau DPS Adept bisa dikalahkan oleh Physician. Kalian bisa bandingkan sendiri Tabel Potensi DPS antara Adept dan Physician, karena saya menghitung dengan Gear yang sama hanya Jade Weapon/Ring saja yang berbeda. Disamping itu saya tetap optimis Adept masih mempunyai DPS yang lebih konsisten dibandingkan Physician.
      Di Cap 90 ini, Adept mendapatkan Boost damage yang lumayan besar (baca: Analisis Alchemist Class). Boost yang paling saya sukai adalah penambahan satu tiang di Magma Wall EX. Magma Wall merupakan TOP DPS Skill Adept sejak cap 80 lalu, jadi dengan Boost itu saya pastikan posisinya tidak akan tergeser oleh skill lain. Ada hal yang membuat saya heran, kenapa Developer memindahkan Debuff di Magma Punch EX ke Magma Punch (Non EX). Itu sedikit merugikan posisi Adept karena dengan memindahkan Debuffnya ke Magma Punch (Non EX), maka Physician bisa mendapatkan Debuff itu juga. Selain itu, saya masih belum melakukan Test untuk Debuff terbaru C2H5OH (mungkin yang sudah test bisa di Share).



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: FIRE + INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry
Magician, Wise (Intellect), Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate.

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear sama dengan Analisis Alchemist Class
- Damage Full Hit + Buff/Debuf, kecuali Freeze Effect (Beku)
- Saya tidak menghitung pengaruh dari Skill Plate

Skill Build

Build PVE

Napalm Bomb
Sudah tidak ada pilihan Skill lain untuk Academic Tree. Napalm Bomb memiliki Potensi DPS yang terbaik diantara semuanya.

Dark Skill (Line Physician)
Ada 5 Skill DPS di Line Dark/Phycian yaitu Injector, Disease, Poison Charging, Mixed Infection dan Poison Break. Diantara kelima Skill itu, saya hanya menaikan Poison Break karena memiliki Potensi DPS yang paling tinggi.

Magma Punch
Saya ingin sekali menaikannya sampai MAX (level 19) supaya bisa menaikannya sampai level 21, tapi Skill Point di Alchemist Treenya mentok (145/147). Jika kalian ingin MAX, saya sarankan untuk menurunkan Magma Wave ke level 12.

Icy Punch
Potensi DPSnya tidak terlalu besar.

Icing Mass
Damagenya dinaikan di Cap 90 ini, sehingga Potensi DPSnya bisa mengalahkan Icy Punch EX MAX.

Magma Wall 
Wajib Max dan menggunakan Skill Ring +1 karena Magma Wall merupakan TOP DPS Skill Adept.

Magma Wave
Magma Wave memiliki Potensi DPS yang besar (posisi kedua) jadi harus MAX atau Level 11.

Sacrifice Slime
Healnya memang sangat kecil yaitu 0.4% HP selama 30 detik (14x Heal), jadi 0.4% x 14 = 5.6% setiap 30 detik. Saya rasa Sacrifice Slime bisa membantu kalian/teman Party Nest/Raid. Jika kurang setuju boleh saja tidak menaikannya dan Skill Point sisanya bisa digunakan untuk menaikan Magma Punch MAX, Poison Break MAX dll.

Icicle Expression
Saya tidak akan merekomendasikan kalian untuk menaikan Ultimate Skill Physician kan?

C2H5OH
Nasibnya sama dengan Love Virus Physician, setiap peningkatan Levelnya tidak mempengaruhi besar dan durasi Debuffnya. Jujur sampai hari ini saya belum Test Fungsi "Miss" itu, jadi tolong kasih saya Info dong tentang Debuff barunya.

Ice Beam
Ice Beam menjadi Skill INS Level 90 dan Potensi DPSnya juga lumayan besar.

Build PVP

Stun Granade 
Stun Granade memang sangat cocok untuk PVP, kalau perlu kalian bisa menggunakan Skill Ring  +1.

Bubble + Force Out
Bubble utnuk mengikat musuh selama 2 detik dan Force Out level 6 memiliki Iframe dan Tumble ke belakang.

Mixed Infection
Di Physician Skill Build saya sudah memberitahu kalau Mixed Infection memiliki Damage yang lebih besar di PVP.

NO Sacrifice Slime
Alasannya saya masih sama dengan Physician Skill Build yaitu Healnya terlalu kecil di PVP.

C2H5OH
Skill ini memiliki Damage yang lebih baik di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
1. Ice Beam (cooldown)
2. Magma Wave (damage)
3. Icicle Expression (damage)
4. Magma Punch (cooldown)
Optional: Wax. Ice Palm (cooldown), Icing Mass, Napalm Bomb, Poison Break (damage)

PVP:
1. Ice Beam (cooldown)
2. Magma Wave (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Stun Granade (cooldown)
Optional: Poison Break, Ice Palm, Mixed Infection, Icicle Expression (cooldown)

    Wah maaf baru bisa buat Skill Build Physician hari ini, kemarin soalnya saya keluar kota jadi tidak sempat. Awalnya saya kira membuat Physician Skill Build Level 90 itu tidak terlalu sulit, karena banyak pilihan DPSnya. Ternyata malah membuat saya bingung bin galau membuat Buildnya. Apalagi setelah saya coba hitung potensi DPS masing-masing skill yang biasanya saya naikan.
    Banyak yang bilang Physician merupakan salah satu Job yang mempunyai DPS yang baik. Hal itulah yang membuat banyak Engineer atau Adept tiba-tiba change job ke Physician. Untungnya saya sudah menjadikan Physician sebagai Main Char sejak cap 80 lalu, jadi tidak terlalu heboh melihat Potensi DPSnya. Dulu saya sudah pernah 2x membuat DPS Chart mulai dari yang Rataan 5 Skill DPS tertinggi dan Skenario DPS selama 125 detik. Hasil keduanya tetap sama, Potensi DPS Physician selalu di atas Adept. Apalagi Di Cap 90, beberapa Skill DPS Physician di Boost (baca: Analisis Alchemist Class).
    Saya selalu menganggap Physician adalah Job paket komplit. Secara Potensi DPS besar, mempunyai Buff/Debuff dan Heal. Buff andalannya adalah Heal Shower (Heal 30% HP, +20% Element Attack dan -30% Damage), sedangkan Debuffnya adalah Magma Punch (-20% Element Resist) dan Love Virus (+20% MATK/PATK Damage). Ketiga Buff itu bisa membantu DPS Physician + Party. Oleh karena itu, wajar jika banyak Job Academic Class lainnya yang ingin mengganti Job menjadi Physician.


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: MATK + INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Kenapa saya masih menggunakan jade MATK?
Agar Damagenya merata antara Skill Element dan Non Element, karena saya masih menggunakan Dual Line Skill DPS (Fire dan Dark).

Heraldry
Magician, Wise (Intellect), Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate.

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear sama dengan Analisis Alchemist Class
- Damage Full Hit + Buff/Debuf
- Saya tidak menghitung pengaruh dari Skill Plate

Skill Build
Ini adalah Build Dasar Physician saya dengan menyisakan 41 Skill Point. Saya bingung sekali ingin memasukan 41 SP itu ke Skill apa. Pilihannya adalah Icing Mass (Level 11) + Mixed Infection (Level 6), Ice Palm (Level 16) dan Magma Punch (Level 16). Saya bahas satu persatu deh..

Icing Mass + Mixed Infection
Kedua Skill ini mempunyai Potensi DPS yang hampir sama. Jika saya lihat dari kemudahan Full Hitnya, Mixed Infection lebih mudah karena hanya memiliki 1 Hit saja. Secara Area pun Mixed Infection masih lebih besar dibandingkan dengan Icing Mass. Kelemahan Mixed Infection adalah jika di Cast saat Bubble kalian tidak 5++, maka DPSnya akan dibawah Icing Mass. Dengan sisa Skill Point itu saya sebenarnya bisa menaikan keduanya yaitu Icing Mass level 11 dan Mixed Infection level 6, tapi saya masih harus menganalisis dua Skill lainnya.

Ice Palm vs Magma Punch
Selama menggunakan Physician saya tidak pernah terfikir sama sekali untuk menaikan kedua Skill ini MAX. Ice Palm memang sudah memiliki DPS yang besar dari Cap 80, tetapi Summonnya terlalu lambat dan tidak stabil. Selain itu, kadang-kadang Ice Palm bisa menghalangi pandangan juga.
Semenjak Post Analisis Alchemist Class, saya sudah mengetahui kalau Magma Punch mendapatkan kenaikan damage. Saya hanya tidak menyangka Magma Punch menjadi pilihan DPS skill saya. Memang tanpa EX, Magma Punch memiliki Area yang kecil, tapi ada Debuff -20% Element Resist membuat saya tertarik. Dengan adanya debuff itu, saya pasti akan sering menggunakan Magma Punch juga. Alangkah lebih baiknya sambil memberikan Debuff ke musuh, saya memberikan Damage Magma Punch yang lebih besar juga dengan menaikannya sampai level 16.

Berhubung masih bimbang, saya akan memberikan tabel peningkatan DPS (Level 1 vs MAX).
Dari tabel di atas, saya memutuskan untuk meningkatan Magma Punch ke level 16. 

Build PVE
Saya masih menyisakan 10 Point untuk kalian masukan ke Skill di Academic/Physician Tree.

Napalm Bomb
Sudah tidak ada pilihan Skill lain untuk Academic Tree. Napalm Bomb memiliki Potensi DPS yang terbaik diantara semuanya.

Magma Wall 
Potensi DPSnya berada di urutan kedua jadi cukup berasalan untuk dinaikan ke level 16 (15 +1)

Magma Wave
Area dan Potensi DPSnya besar, saya rasa Magma Wave masih cocok menjadi Skill DPS Physician.

Injector
Pemain Physician pasti merasa aneh, bagaimana Potensi DPS Injector EX bisa dikalahkan Magma Wall. Alasannya adalah perhitungan saya diatas tidak menggunakan Skil Plate Cooldown, sehingga cooldown yang saya perhitungkan adalah 2.4 detik. Jika menggunakan Skill Plate (cooldown) maka Injector EX bisa tidak memiliki Cooldown atau 1 detik (casting time). Itu pasti akan membuat Potensi DPS Injector EX jauh lebih besar dibandingkan Magma Wall atau Poison Break EX.

Disease
Skill ini memiliki Potensi DPS yang sangat kecil jadi tidak perlu MAX. Kegunaannya hanya untuk status Deseasenya saja yaitu meningkatan 100% damage dari Mixed Infection, Poison Break EX dan Poison Pool.

Poison Charging
DPSnya tidak terlalu besar sih tapi saya lebih sering menggunakan Skill ini. Soalnya Poison Charging adalah Skill untuk mengerluarkan Poison Break INS.

Mixed Infection
Saya senang ketika Mixed Infection masuk ke daftar Skill yang mendapatkan Debuff +100% Damage dari Skill Disease, tetapi Developer malah menurunkan Board Damagenya lebih dari 50%. Itulah yang menyebabkan Potensi DPSnya tidak besar di Cap 90 ini.

Poison Break
Potensi DPS Poison Break berada diurutan pertama. Hal ini dikarenakan Board Damagenya dinaikan 2x lipat di Cap 90. Sayangnya sih Poison Break EX tidak bisa digunakan untuk Heal lagi (diganti dengan Cure).

Poison Pool
Sangat aneh jika Physician dangan Skill Build PVE yang menaikan Ultimate Skill Adept (Icicle Expression), karena DPS Poison Pool jauh diatas Icicle Expression.

Sacrifice Slime
Healnya memang sangat kecil yaitu 0.4% HP selama 30 detik. Setelah saya test, selama 30 detik itu saya mendapatkan 14x Heal. Jadi total Healnya adalah 0.4% x 14 = 5.6% setiap 30 detik. Walaupun Cooldown Sacrifice menjadi 10 detik saja, tetapi Healnya tidak bisa di Stacking.

Love Virus
Peningkatan level hanya menaikan Board Damagenya saja, jadi tidak perlu Max. Toh Potensi DPSnya juga kecil kan.

Build 2
Build ini bagi yang kurang suka Poison Charging MAX. Sisa Skill Pointnya bisa dimasukan ke Mixed Infection (Level 6) + Icing Mass (Level 11) atau Ice Palm (Level 16).

Build PVP

Stun Granade 
Stun Granade memang sangat cocok untuk PVP, kalau perlu kalian bisa menggunakan Skill Ring  +1.

Bubble + Force Out
Bubble utnuk mengikat musuh selama 2 detik dan Force Out level 6 memiliki Iframe dan Tumble ke belakang.

Disease + Mixed Infection
Di Skill Build PVE, saya hanya menaikan kedua Skill ini level 1, sedangkan di PVP MAX. Disease adalah salah satu Skill yang sering saya Cast di PVP, sehingga agar damagenya lebih besar saya naikan MAX. Mixed Infection memiliki Board Damage yang 2x lipat lebih besar di PVP. Sangat jarang ada Skill yang memiliki Board Damage lebih besar di PVP.

NO Sacrifice Slime
Saya hitung-hitung sih, Sacrifice sudah tidak cocok digunakan di PVP. Bayangkan saja, Sacrifice akan Heal sebanyak 0.2% HP kalian selama 30 detik. Misalkan HP kalian 200k, maka Sacrifice hanya akan mengheal 0.2% x 14 x 200000 = 5600 HP. Dengan jumlah Heal segitu setiap 30 detik, saya sih sayang menaikannya, apalagi untuk menaikannya butuh 10 Skill Point. Lebih baik menaikan Skill lain yang lebih bagus di PVP.

Love Virus
Perbedaan damage level 1 dengan MAXnya lumayan terasa di PVP, jadi saya naikan saja sampai MAX.

Skill Heraldry
PVE:
1. Heal Shower (cooldown)
2. Poison Break (cooldown/damage)
3. Injector (cooldown)
4. Poison Pool (cooldown/damage)
Optional: Wax (cooldown), Magma Wave (damage)

PVP:
1. Heal Shower (cooldown)
2. Poison Break (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Stun Granade (cooldown)
Optional: Magma Wave, Poison Pool, Mixed Infection, Injector (cooldown)

    Halo-halo, saya tadinya sempat khawatir tidak bisa melakukan Post ini karena Laptop saya tiba-tiba tidak mau menyala (duh hawa-hawa masuk Rumah Sakit nih Laptop). Nanti jika saya tidak melakukan Posting Harian berarti kemungkinan besar laptop saya sedang diperbaiki ya (harap maklum). Pokoknya selama masih nyala saya akan tetap berusaha Posting tiap hari sampai semua Skill Build selesai.
    Pemenang Polling sebelumnya adalah Artillery. Sejak awal Cap 90, jarang sekali di Blog/Guild/Facebook yang menanyakan tentang Artillery. Kebanyakan orang hanya fokus pada Sniper yang katanya menjadi TOP DPS JOB di Cap 90 ini. Artillery memang mendapatkan peningkatan DPS yang lebih kecil dibandingkan dengan Sniper (baca: Analisis Bow Master Class), tetapi masih lebih konsisten untuk segala jenis boss. Kebetulan saya belum leveling Char ke level 90, jadi belum mengetahui kondisi per PVE-an. Saya ingin sekali mengecek apakah Artillery terkena diskriminasi Job juga.
   


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT / INT + CRIT
Weapon + Ring: MATK + INT
Earring + Necklace: INT + VIT / INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed/Wind

Skill Build
Seperti biasa kita lihat tabel Potensi DPSnya dulu:

Note: Gear/Equip yang digunakan sama dengan Analisis Bowmaster Class

Build PVE
Simple Build yang cocok untuk Artillery yang tidak mau terlalu banyak Skill DPS. Buildnya sangat mirip dengan Cap 80 lalu yaitu hanya bermain di Line Artillery + Aerial Chain Shot.

Build 2
Build ini berbeda dengan sebelumnya, saya menaikan beberapa Skill DPS di Line Sniper yang memiliki Potensi DPS tinggi.

Magic Arrow
Sniper Skill Build saja mengambil Magic Arrow masa Artillery tidak :p

Multi Shot 
Bisa kalian gunakan untuk Armor Break.

Swift Shot
Swift Shot masih mempertahankan posisinya di TOP DPS Artillery. Waktu saya membahas Sniper Skill Build, banyak yang heran kenapa Swift Shot memiliki Potensi DPS yang besar. Biar saya beri sedikit gambarannya saja ya.
Full Hit: 9.5x Board Damage (angka ini mustahil didapatkan)
Full Hit dua: 8.5x Board Damage (ini yang lebih mungkin terjadi)
Jumlah Hitnya tergantung dengan posisi kita jadi di Lapangan bisa berbeda-beda tentunya. Rata-rata saya sih bisa 6.5-7.5 Board Damage. Kita misalkan begini:
Full Hit: 7x Board Damage
Board Damage: 592%
Damage: 592% x 7 = 4144%
Cooldown: 10 detik
DPS: 4144%/10 = 414%

Bandingkan saja dengan Siege Stance (Sylph Aid)
DPS: (9 x 830%)/30 detik = 249%

Dengan kata lain, Potensi DPS Siege Stance (SA) di Artillery sama dengan 4.5x Board Damage Swift Shoot (3 Hit Awal + 3 Hit tambahan EX), berarti tidak perlu Full Hit saja sudah besar DPSnya.
Note: Perhitungan untuk Sniper akan berbeda lagi 

Rapid Shot
Beberapa hari lalu, salah satu pengunjung Blog bertanya tentang Skill ini. Apakah mengorbankan Rapid Shot untuk menaikan Siege Stance itu merugikan. Pada saat itu saya belum menghitung Potensi DPSnya, jadi jawabannya masih gantung. Daripada di PHP terus mending saya kasih kepastian. Dilihat dari tabel Potensi DPSnya, Rapid Shot bisa menduduki posisi kedua. Berarti sangat sayang kan mengorbankan Skill DPS no 2 untuk menaikan Skill DPS no 3. Bahkan sampai sekarang saya belum mengetahui berapakan Hit Maksimal Skill ini. Terakhir saya uji coba kemarin di Boss Abyss of Heat, hanya bisa maksimal 24x Hit (12x Board Damage). Ini berarti ada kemungkinan Hitnya akan lebih besar jika saya coba di Boss Raid (GDN/SDN/RDN).

Tracking Arrow (Guided Shot)
Skill yang paling Simpel di Bow Master karena hanya tinggal klik dan serangan akan mengarah langsung ke musuh. Kelemahan Tracking Arrow kalian pasti sudah tahu yaitu jika ada banyak monster Hitnya akan menyebar. Di Build saya hanya menaikannya sampai level 11 karena kekurangan Skill Point. Damagenya memang tidak terlalu jauh sih, tapi Level Skill Tracking Arrow juga mempengaruhi damage dari Fatal Tracking Arrow.

Revolution Balissta
Ultimate Skill yang wajb Max

Mari mulai kebagian galau

Tabel Kenaikan DPS per Level
Aerial Chain Shot vs Siege Stance vs Arrow Shower vs Frag Arrow (Scope Arrow)
Disinilah saya sempat bingung skill mana yang harus dikorbankan. Sebelumnya banyak yang bilang lebih baik mengorbankan Rapid Shot, tapi saya kurang setuju. Setelah melihat tabel Kenaikan DPS untuk keempat Skill itu, saya jadi berfikir untuk mengorbankan Scope Arrow (T_T). Hal tersebut dikarenakan Scope Arrow memiliki potensi DPS yang paling kecil dan kenaikan DPSnya tiap level pun tidak terlalu besar (Lihat dibagian 1 vs 16). Berarti tersisa tiga skill lainnya.

Aerial Chain Shot
Potensi DPSnya oke, perbedaan DPSnya antara level 1 dengn 16 juga lumayan besar. Aerial Chain Shot juga memiliki Casting Time yang lebih cepat dibanding Siege Stance dan Arrow Shower. Jadi saya tetap menaikannya sampai Peak Level yaitu 16.

Siege Stance vs Arrow Shower
Saya hanya bisa memaksimalkan salah satu diantara kedua skill ini atau bisa menaikannya pada level yang sama seperti di Build. Ini semua berdasarkan kalian sendiri, apakah kalian akan menaikan Siege Stance MAX + 1 atau tidak. Jika iya, berarti kalian harus menaikan Siege Stance level 15 dan Arrow Shower level 6. Apakah itu merugikan? mari kita lihat di tabel Kenaikan DPS per Level.
- Kenaikan DPS Siege Stance dari Level 11 menjadi 16 adalah 22050
- Pengurangan DPS Arrow Shower dari Level 11 menjadi 6 adalah 22000 (tidak ada ditabel)
Ini berarti menaikan Siege Stance ke level 16 dan menurunkan Arrow Shower ke level 6 akan memberi keuntungan DPS sebesar 50 point (LOL).

Nah pada Build di atas, saya memang tidak berniat menaikan Siege Stance ke Level 16 jadi hanya mengambil posisi seimbangnya saja. Lagipula saya hanya mendapatkan kerugian 50 point DPS aja, hehehe.

Bulls eye + Stunning Shot
Kenaikan Level Bulls eye tidak menaikan efek Debuffnya. Kenaikan Level Stunning Shot tidak mengurangi Cooldown Skillnya. Jadi saya hanya menaikan sampai level 1 saja. Stunning Shot digunakan untuk Class Mastery II (Level 90), jadi jangan sampai tidak dinaikan ya.

Longbow vs Crossbow Mastery
Saya sudah terbiasa menggunakan Longbow karena cara Hitnya lebih enak dan jaraknya lumayan jauh. Kalian bebas saja memilih diantara keduanya, sesuaikan dengan kebiasaan kalian masing-masing.

Kekurangan Skill Build kedua adalah Siege Stance dan Arrow Shower memiliki Casting Time yang lumayan lama. Arrow Shower memiliki Casting Time sekitar 3-4 detk, sedangkan Siege Stance 10 detik. Casting Time yang lama ini bisa mengganggu rotasi Skill di Artillery Line, karena hampir semua Skill Artillery Line punya cooldown yang cepat. Inilah yang kadang membuat saya khawatir dengan Build ini. Contohnya saja ya, casting time Siege Stance sama dengan cooldown Swift Shot. Istilahnya sih kalian harus melakukan Siege Stance setelah cast Swift Shot agar kalian tidak kehilangan Damage 1x Swift Shot.

Build PVP

Skill di Archer Treenya masih sama dengan Sniper Skill Build. Jika kalian kurang cocok dengan Magic Arrow, maka bisa menguranginya ke Level 6. Lalu cari Skill lain di Archer Tree yang pas dengan kalian di PVP, misal Twin Shot/Multi Shot.

Aerial Chain Shot
Saya tidak akan mungkin Full Hit juga di PVP, jadi level 1 saja sudah cukup.

Siege Stance + Arrow Shower
Damage kedua Skill ini cukup besar di PVP. Kalian harus memastikan musuh tidak bisa bergerak dengan bantuan Ankle Shot dulu.

Scope Arrow
Seperti biasa, saya mengorbankan Skill ini ke level 1.

Swift Shot
Swift Shot memiliki damage yang besar dan Iframe untuk menghindari musuh yang mendekat.

Rapid Shot
Skill ini bisa digunakan untuk mencicil lawan dari jauh dan damagenya lumayan tinggi juga kok.

Tracking Arrow
Skill yang paling menyebalkan untuk Job-job yang tidak memiliki Summon (Relic, Towe dll). Damagenya sangat besar untuk musuh yang memiliki MDEF kecil.

Revolution Ballista
Memang Ultimate Skill ini memiliki Casting Time yang agak lama. Nah supaya bisa mengenai musuh, lebih baik kalian ikat dulu musuhnya dengan Ankle Shot supaya tidak bisa kabur kemana-mana.

Ankle Shot
Selama Cap 24-80, Artillery saya tidak pernah menaikan Ankle Shot di Ladder (ya iyalah Build Pure PVE). Itu sangat capek sekali karena kalian harus Hit and Run sampai-sampai disebut Runner. Menaikan Ankle Shot Max itu sangat membantu terutama ketika melawan musuh yang tidak memiliki Cure, seperti Sorce atau Kali. Kebanyakan orang mengkombo Ankle Shot dengan Arrow Shower atau Siege Stance.

Skill Heraldry
PVE:
1. Swift Shot (damage)
2. Magical Breeze (damage)
3. Rapid Shot (damage)
4. Tracking Arrow (damage)
Optional: Aerial Chain Shot (damage), Revolution Ballista (cooldown)

PVP
1. Swift Shot (damage)
2. Magical Breeze (damage)
3. Ankle Shot (cooldown)
4. Tracking Arrow (damage)
Optional: Aerial Chain Shot, Rapid Shot, Detonating Arrow (damage), Revolution Ballista (cooldown)


Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home