Hari ini saya mau istirahat dulu dari Post Skill Build, soalnya Update terbaru lumayan menggiurkan untuk dibahas. Pada tanggal 9 desember 2015 lalu ada Update Skill Boost terbaru di DN Korea. Job yang di Boost kali ini adalah Gladiator, Acrobat (Tempest + Windwalker) dan Elestra (Cyromancer). Padahal minggu lalu saya baru Curhat masalah acrobat di Windwalker Skill Build, eh 4 hari kemudian Developer update Acrobat Boost (wah curhatan saya dibaca Developer "Geer mode"). Boost Acrobat lebih kepeningkatan Board Damage Skill di Acrobat Skill Treenya saja.
     Gladiator dan Elestra (Cyromancer) mendapatkan Boost yang agak berbeda dengan Acrobat. Mereka mendapatkan Boost untuk Mekanisme Skill EX dan Class Mastery I.  Boost untuk Gladiator ini bisa menjadi ancaman untuk Barbarian atau Moonlord (Lunar Knight). Seandainya Boost ini bisa cepat sampai DN INA dan SEA, bisa-bisa harga Change Job akan naik di TH. Sedangkan untuk Elestra saya agak kurang yakin kalau DPSnya setelah Boost akan bisa menyaingi Saleana (Pyromancer) dan Smasher. 
    Tidak hanya Acrobat, Gladiator dan Elestra yang mendapatkan Boost, tetapi Priest dan Machina juga. Priest hanya mendapatkan perbaikan error damage dari Skill Grand Cross, sedangkan Machina banyak Skill yang di Boost. Berhubung saya belum punya char Machina dan sedang tidak sempat leveling Machina di DN INA, jadi saya tidak bisa menganalisis Machina-nya (termasuk membuat Skill Buildnya :P). Saya juga sedang malas mengedit Analisis Swordmaster, Elemental Lord dan Acrobat sebelumnya. Lebih baik saya langsung beri hasilnya saja disini, supaya kalian tidak pusing lihat banyak angka bergentayangan di layar. hehehe



Sword Master
Triple Slash: cooldown menjadi 12 detik (PVP)

Deep Straight (Front Shove): cooldown menjadi 13 detik (PVP)

Provoking Slam (Luring Slash): serangan meningkat (PVE)
Lv1: 148% > 433%
Lv9: 217% > 920%

Eclipse: Setiap peningkatan level maka cooldown akan berkurang 1 detik (PVE)

Line Drive: serangan meningkat
Lv1: 1198% > 1748%
Lv6: 1621% > 2381%
Lv11: 2042% > 3013%
Lv13: 2139% > 3159%


Gladiator
Evasion Slash: cooldown menjadi 12 detik (PVP)

Class Mastery I:
- Bubble STR dari 10 menjadi 20 (PVE/PVP)
- Durasi Buff dari 5 detik menjadi 60 detik (PVE/PVP)
- 1 Bubble dari 0.6% STR menjadi 0.4% STR (Berarti dari Max 60% menjadi 80% STR)
- Ketika Bubble mencapai 20 maka cooldown dari Skill Gladiator** berkurang 50%
(**Triple Slash, Deep Straight (Front Shove), Hacking Stance, Line Drive dan Evasion Slash)
- Cooldown Bubble STR dari 0.5 detik menjadi 0.3 detik (PVE) dan 2 detik (PVP)

Line Drive EX:
- Damage untuk setiap Wind Blade meningkat dari 5% menjadi 10% (PVE/PVP)
- Menekan tombol mundur + Cast Skill akan membuat jarak serangan berkurang dan klik kanan setelah Cast akan otomatis melakukan Dash Kick (PVE/PVP)
(Mekanisme terbaru ini sangat membantu untuk cast Line Drive EX + Line Drive INS)

Finish Attack EX:
- Pada Versi EX, cooldownya berubah menjadi 5 detik dan hanya bisa di Cast dengan mengorbankan Bubble STR sebanyak 15. (PVE/PVP)

Evasion Slash:
- Efek tambahan: Cooldown Triple Slash dan Deep Straight (Front Shove) akan reset apabila Evasion Slash berhasil mengenai musuh (PVE)

Analisis Potensi DPS
Sebelumnya terima kasih yang udah koreksi tentang Boost Gladiator ini ya. Berdasarkan Video yang salah lihat tentang Boost Gladiator terbaru maka kemungkinan kalian bisa menggunakan 2 Gameplay. Pertama tetap bertahan di 20 Bubble untuk mendapatkan pengurangan cooldown skill 50% atau Spam Finish Attack setiap 5 detik. Spam Finish Attack itu memerlukan beberapa syarat yang tidak mudah, yaitu:

Gladiator harus melakukan 1 Hit setiap 0.3 detik (cooldown Bubble STR)
Dengan melakukan 1 Hit/0.3 detik maka gladiator bisa melakukan Cast Finish Attack setiap 5 detik sekali. Memang agak tidak mungkin kalau kita perhitungkan Casting Time untuk Skill, tapi saya tetap menghitung Potensi DPS terbesarnya. Soalnya pada perhitungan kolom Cap 80 dan 90 juga menggunakan Potensi DPS maksimal. 

Jika konsisten, maka cooldown skill menjadi:
- Triple Slash: 5 detik
- Deep Straight (Front Shove): 6.5 detik
- Hacking Stance: 24 detik
- Line Drive: 26 detik
- Evasion Slash:  5 detik

Efek tambahan Evasion Slash
Cooldown Triple Slash dan Deep Straight (Front Shove) akan reset apabila Evasion Slash berhasil mengenai musuh (PVE). Dengan asumsi cooldown Evasion Slash = 5 detik, maka Triple Slash atau Deep Straight bisa digunakan setiap 5 detik sekali. Kita tidak mungkin menggunakan Triple Slash dan Deep Straight bersamaan kan? jadi saya tambahankan sedikit pengaruh casting timenya, sehingga cooldown Triple Slash tetap 5 detik dan Deep Straight menjadi 6.5 detik (+1.5 detik Casting Time Triple Slash).

Kesimpulan
Berdasarkan Analisis di atas saya lebih memilih untuk menggunakan Gameplay 20 Bubble pada Gladiator Boost nanti. Hal tersebut dikarenakan cooldown skillnya akan tetap konsisten di pengurangan 50%. Jika kalian Spam Finish Attack, cooldown skill akan berjalan seperti biasa (tanpa pengurangan 50%), karena Finish Attack akan mengonsumsi 15 Bubble kalian setiap 5 detik. Saran saya sih gunakan Gameplay campur-campur, misalnya hanya menggunakan Spam FA ketika HP Boss di bawah 20%.

Acrobat
Spiral Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 240% > 414%
Lv6: 343% > 647%
Lv11: 446% > 879%
Lv16: 550% > 1112%
Lv19: 581% > 1182%

Blooming Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 489% > 1151%
Lv6: 804% > 2000%
Lv11: 1118% > 2635%

Cyclone Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 1140% > 1972%
Lv6: 1521% > 2658%
Lv11: 1902% > 3344%
Lv13: 1984% > 3491%

Kick Shot: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 478% > 894%
Lv6: 623% > 1198%
Lv11: 768% > 1502%
Lv16: 912% > 1806%
Lv19: 948% > 1881%

Binding Shot: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 370% > 626%
Lv6: 503% > 885%
Lv11: 636% > 1144%
Lv16: 769% > 1404%
Lv17: 780% > 1425%

Double Somersault Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 514% > 907%
Lv6: 743% > 1353%
Lv11: 971% > 1799%
Lv 15+1: 1200% > 2204%

Spiral Vortex: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 932% > 2221%
Lv6: 1290 > 3135%
Lv11: 1648% > 4048%
Lv13: 1731% > 4258%

Eagle Dive: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 450% > 791%
Lv6: 645% > 948%
Lv11: 645% > 1178%
Lv16: 743% > 1371%
Lv18: 760% > 1403%


Tempest
Hurricane Dance: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 705% > 1462%
Lv6: 868% > 1828%
Lv11: 1031% > 2194%

Analisis Potensi DPS
Potensi DPS Tempest meningkat sebesar 61%


Windwalker
Rising Strom: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 1137% > 2424%
Lv6: 1421% > 3072%
Lv11: 1705% > 3711%

Analisis Potensi DPS
Potensi DPS Windwalker meningkat sebesar 54%


Elemental Lord
Blizzard Storm: tidak dapat dihit ketika cast Skill


Elestra
Ice Sphere: cooldown menjadi 25 detik (PVP)

Ice Barier:
- Efek Freeze (beku) dihilangkan (PVE/PVP)
- Durasi menjadi 60 detik dan cooldown menjadi 120 detik (PVE/PVP)
- Durability Shield 195% MATK

Class Mastery I: Setiap serangan Ice yang berhasil mengenai musuh maka cooldown Ice Barier akan berkurang 1 detik (PVE/PVP). Ice Attack meningkat 20%.

Ice Barrier EX
- Tidak bisa memcahkan Barrier secara manual
- Selama durasi Ice Barrier, cooldown dari Elestra Skill** menjadi lebih cepat 30%
(**Freezing Sword (Icy Shard), Freezing Field, Ice Stab (Frozen Spike), Chilling Mist, Blizzard dan Ice Sphere)
- Ice Attack Buff hanya berpengaruh ketika durasi Ice Barrier
- Buff Ice Attack +30%
Analisis Potensi DPS
Note:
- Asumsikan Ice Barrier EX tidak pernah pecah dan Elestra berhasil melakukan minimal 60x Hit serangan Ice selama 60 detik, sehingga Buff Ice Barrier menjadi permanen.


Priest
Grand Cross: perubahan damage karena adanya Bug Fix (PVE/PVP)
Lv1: 471% > 361%
Lv6: 568% > 428%
Lv11: 663% > 494%
Lv16: 758% > 561%

Koefisien:
Sebelum: 5 Hit = 1x Board Damage
Sesudah: 1x Hit = 1x Board Damage

Analisis Potensi DPS
Ada dua job yang terpengaruh dengan Boost Grand Cross di atas yaitu Saint dan Inquisitor. Inquisitor mendapatkan keuntungan paling besar dengan Boost itu, karena damage Grand Cross ketika Consecration. Oleh karena itu, saya gunakan Potensi DPS Inquisitor saja.

Potensi DPS Inquisitor meningkat sebesar 68%

Sekalian nitip pesan deh buat Inquisitor yang tidak suka menaikan Grand Cross Max. Tuh Potensi DPSnya segede gitu, masa kalian masih tetap menaikan Grand Cross level 1. Hmm~



     Hasil Polling untuk Guardian sama dengan Flurry, jadi biar adil saya posting dihari yang sama (sekalian biar cepat kelar juga). Oh ya saya baru ingat juga ternyata hari ini DN INA keluar Machina (Maquina). Maaf ya tidak bisa membantu membahas Maquina karena saya tidak punya char itu, kecuali ada yang mau kasih pinjam Machina level 90 untuk test skill (ngarep banget).
     Kembali ke topik utamanya tentang Flurry Skill Build level 90. Kejayaan Job Non Element di Cap 90 ini, ikut mengangkat nama Flurry menjadi salah satu Top DPS. Sebenarnya potensinya sudah mulai terlihat di Cap 80 dan saya juga sering menggunakan Flurry untuk Nest. Sayangnya itu hanya berlaku untuk beberapa Party saja. Kebanyakan Party masih terpaku pada susunan Element Party yang membosankan. Di Cap 90, ketika pengaruh Element Party menjadi loyo, banyak party yang mulai mencari Job Non Element (ih baru sadar).
     Kelemahan Flurry itu tergantung dengan Gameplay pilotnya. Jika pilotnya hanya melakukan Spam Skill asal-asalan, jangan berharap kalian mendapatkan Potensi DPS yang besar. Flurry harus pandai dalam merotasi Skill yang memiliki Hit banyak, agar Vulnerable Status bisa sering muncul minimal 7 detik sekali. Selain itu, Flurry harus pandai mengatur Fatigue ketika sedang menggunakan Buff (Scar/Wall Maker dan Eratic Power), agar efek Fatiguenya tidak mengganggu pergerakan kalian.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau  STR + CRIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Lancea Class
- Skill Full Hit + Buff


Skill Build

Build PVE

Cross Cutter
Cross Cutter memiliki Potensi DPS yang paling tinggi diantara semua skill di Lancea Skill Tree.

Shutter Bounce
Saya hanya menaikan Shutter Bounce sampai level 16 untuk mendapatkan Peak level dan penghematan Skill Point.

Stab Screw vs Spear Hand
Kalian bisa memilih antara Stab Screw atau Spear Hand level 16. Potensi DPS Spear Hand di atas itu ketika serangan berada di tengah musuh (biasanya dengan melakukan Spear Hand berdempetan dengan musuh). Memang agak sulit dijelaskan dengan kata-kata, mungkin video saya tentang Sting Breezer Skill Deskripsi bisa sedikit membantu.

Kalian bisa melihat pada bagian Spear Hand EX yang memiliki 2.4x Board Damage (untuk Flurry hanya 2.1x Board Damage). Jika kalian belum terbiasa lebih baik memilih Stab Screw level 16, karena menggunakan Spear Hand tidak dengan cara di atas akan memiliki Potensi DPS yang lebih kecil dari Stab Screw EX.

Spinning Cut + Spinning Swing
Dua skill yang memiliki Potensi DPS besar ini sangat layak dinaikan sampai Peak Level (6,11,16,21,26). Potensi DPS di atas untuk Spinning Cut EX (Stage 2 + klik kanan) dan Spinning Swing (4x putaran + klik kanan).

Lollipop Chups vs Fling-Fling
Kedua Skill ini memiliki DPS yang tidak jauh berbeda. Potensi DPS di atas untuk Lollipop Chups dan Fling-Fling level 16. Kalian hanya bisa memilih salah satunya untuk MAX (Skill Point terbatas). Saya lebih memilih Lollipop Chups karena memiliki Iframe dan casting timenya lebih cepat, sehingga kemungkinan Full Hitnya lebih besar.

Fling Sky
Ultimate skill yang wajib untuk Flurry.

Eratic Power + Scar Maker + Wall Maker
Seperti yang saya katakan di awal post, kalian harus bisa mengatur Fatigue dari ketiga skil ini. Jika tidak ada Healer jangan memaksa untuk tetap mengaktifkan Eratic Power karena HP kalian akan terus berkurang dan jalan pun menjadi lambat. Saran saya setiap 10 Fatigue, kalian non aktifkan Eratic Power selama 10 detik untuk mengembalikan Fatigue ke 0. Selain itu, jangan terlalu sering Cast Scar/Wall Maker ketika Eratic Power Aktif karena akan mempercepat Fatigue sampai 10. Sebaiknya setiap akan menggunakan Scar/Wall Maker bisa mematikan sebentar Eratic Powernya.

Spinning Skewer
TOP DPS Flurry ini sangat tergantung dari gameplay kalian. Cobalah merotasi skill yang memiliki banyak Hit seperti Lollipop Chups, Stab Screw, Spinning Swing dan Rough Sweep, agar Vulnerable statusnya lebih sering.

Rough Sweep
Saya perhatikan masih ada Flurry yang sering menggagalkan Rough Sweep dipertengahan cast. Padahal damagenya akan berkurang 50% jika kalian melakukan itu. Saya juga akan menggagalkan Castnya jika ditengah cast Vulnerable Status muncul (demi mendapatkan 5x Damage Spinning Skewer :P).

Build PVP


Cross Cutter + Wheel Blade 
Skill untuk pelengkap kombo di PVP

Headbutt vs MP Recovery
Flurry PVP biasanya sering sekali spam skill ini. Supaya damagenya besar saya naikan sampai level 16, tetapi MP Recovery harus diturunkan ke level 1. Saya belum test bagaimana konsumsi MP Flurry di PVP level 90 (Flurry saya belum 90). Jika kalian merasa MPnya terlalu bocor, bisa mengurangi Headbutt ke level 6 atau 11 dan naikan MP Recovery Max.

Skill Line Flurry
Diantara semua skill di Line Flurry, haya Stab Screw saja yang saya tidak naikan sampai Peak Level/Max. Alasan utamanya lebih kepada penghematan Skill Point supaya bisa menaikan Skill lain yang damagenya besar di PVP.

Fling-Fling + Dent Blow
Kedua Skill ini merupakan Skill Sting Breezer Line yang paling saya sering gunakan di PVP.

Spring Haze
Fungsinya agak mirip dengan Fan of Edge/Swift Shot, hanya versinya lebih besar. Skill ini memiliki damage yang lumayan besar dan bisa membuat musuh terpental di PVP.

Spinning Skewer
Selain damagenya pada saat Vulnerable Status, jangan lupa juga kalau Spinning Skewer memiliki Iframe 0.3 detik.


Skill Heraldry
PVE:
- Rough Sweep (damage)
- Lollipop Chops (cooldown)
- Spinning Skewer (damage)
- Spinning Cut (damage)
Optional: Flying Sky, Shutter Bounce  (cooldown) Cross Cutter, Spear Hand (damage)

PVP:
- Rough Sweep (damage)
- Lollipop Chops (cooldown)
- Spinning Skewer (cooldown)
- Headbutt (action speed)
Optional: Fling-Fling, Flying Sky, Shutter Bounce (cooldown) Spinning Cut, Cross Cutter, Spear Hand (damage)

    Sehabis pulang Travelling kembali disibukan dengan Update Skill Build terbaru. Job yang memenangkan hasil Polling selanjutnya adalah Guardian. Saya agak khawatir kalau harus membahas tentang Guardian Skill Build Level 90, karena banyak pro Guardian di DN INA/SEA. Kalian harus bantu koreksi Skill Build saya ya, soalnya saya hanya memiliki waktu yang terbatas untuk masing-masing job. Sehingga pasti akan ada hal-hal yang tidak saya ketahui/terlewat juga.
    Pada Cap 90, Guardian kembali mendapatkan harapan untuk lolos dari masalah diskriminasi Job. Developer benar-benar merancang Skill Guardian untuk menjadi Tanker. Saya sedikit aneh ketika ada yang bertanya tentang Guardian tipe DPS. Walaupun di Boost lumayan besar tetapi Guardian tetap tidak akan bisa menjadi DPS. Kecuali kalian hanya menjadi Solo Player saja, sehingga perlu menaikan skill-skill yang memiliki Potensi DPS besar untuk menyelesaikan Solo Nest/Dungeon dengan cepat.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT
Weapon + Ring: LIGHT + STR/VIT atau PATK + STR/VIT
Earring + Necklace: STR + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Paladin Class
- Skill Full Hit + Buff
- Holy Kick + Plate = Half Turn Kick + Holy Kick (action speed) / cooldown:  1 detik
- Holy Kick (16/2) = digunakan setiap 2 detik sekali (cd 2 detik)/ no plate
- Holy Kick (16/3) - (16/5) = cast Holy Kick setiap 3-5 detik sekali.

Skill Build

Build PVE

Build 2
Build ini untuk yang suka dengan Stance of Faith Max

Divine Combo 
Di Cap 90 ini saya tidak merekomedasikan kalian menaikan Divine Combo untuk Max karena potensi DPSnya sangat kecil. Kalian bisa menaikannya ke level 1 atau 6.

Holy Kick vs Sacred Hammering
Membandingkan kedua lumayan sulit karena sangat tergantung pada Gameplay masing-masing. Saat bermain Guardian saya lebih menyukai Gameplay Full Skill atau tidak hanya Spam satu skill saja. Di PVE saya jarang sekali bermain tendangan karena saya merasa itu kurang efektif jika dijadikan sebagai DPS utama Guardian. Kalian bisa hitung sendiri berapa detik sekali kalian menggunakan Holy Kick dengan merekamnya lewat video ketika Nest/Dungeon. Nah jika rata-rata kalian menggunakan Holy Kick lebih dari 6 detik sekali, saya sarankan sih naikan saja sampai level 6.

Sacred Hammering juga sama dengan Holy Kick, jika kalian jarang menggunakan normal hit maka Potensi DPSnya tidak akan sebesar di atas. Dilema antara Skill perusak klik kanan (Holy Kick) atau klik kiri (Sacred Hammering). Kebiasaan saya sih lebih sering Normal Hit (klik kiri), sehingga saya memilih Sacred Hammering level 11.

Holy Relic
Potensi DPSnya memang tidak besar, tetapi Holy Relic ini mudah di Cast dari jarak agak jauh dan areanya lumayan besar.

Lightning Zap
Awalnya saya kira damage Lightning Zap itu berdasarkan PATK Guardian, tapi ternyata masih MATK Guardian. Potensi DPSnya pun sangat kecil jadi tidak perlu dinaikan.

Electric Smite
Jika tidak ada Sacred hammering dan Holy Kick, Electric Smite bisa menempati posisi ke 5 DPS Skill., sehingga masih bagus untuk Max.

Shin Breaker + Armor Break + Shield Charge
Ketiga skill ini memiliki Potensi DPS yang lumayan kecil. Jika kalian menyukai salah satunya, bisa menaikan Armor Break saja karena hanya butuh 9 Skill Point (+ 1 Skill Ring) dan Potensi DPSnya paling besar.

Stance of Faith
Stance of Faith level 6 sudah cukup untuk Spam 10x Divine Ascension.

Divine Ascension  vs Guardian Force
Ketiga skill ini membutuhkan Bubble dari Block/SoF, sehingga bisa saling bentrok. Potensi DPS terbesar adalah spam 10x Divine Ascension EX ketika Stance of Faith. Di Nest/Raid, melakukan spam Divine Ascension itu tidak mungkin karena teman party pasti lebih membutuhkan Guardian Force. Kalian perlu ingat bahwa posisi Guardian itu lebih ke arah Tanker yang mementingkan keselamatan Party. Oleh karena itu kalian perlu pintar-pintar melihat situasi agar nantinya tidak merugikan orang lain, kecuali kalian hanya bermain Solo Dungeon/Nest.

Divine Vengeance
Potensi DPSnya juga lumayan besar di PVE tetapi tidak sebesar Divine Ascension. Jadi lebih baik Spam Divine Ascension dibandingkan dengan Divine Vengeance.

Divine Avatar + Thor Hammer
Saya menaikan Dua Ultimate Skill ini. Divine Avatar saya gunakan untuk Nest/Raid disaat situasi genting saja, sedangkan Thor Hammer saya gunakan ketika solo leveling/dungeon atau kadang-kadang pada saat Nest.

Justice Crash
Pengurangan 50% cooldown membuat Justice Crash bisa menempati urutan kedua. Justice Crash EX juga memiliki Debuff pengurangan damage musuh yang sangat berguna ketika menjadi Tanker.

Build PVP
Saya tidak pernah membuat Skill Build untuk PVP jadi harap maklum kalau kacau.

Divine Combo + Holy Kick 
Skill wajib untuk guardian di PVP. Holy Kick memiliki kemungkinan Stun yang cukup besar. Seandainya Ladder Cap 90 dikembalikan seperti Cap 80, mungkin dengan menggunakan Jade Stun akan meningkatkan kemungkinan Stun lebih sering lagi,

Holy Bolt
Terimakasih untuk Infonya, Holy Bolt level 11 bisa mengikat musuh selama 2 detik di PVP.

Sliding Knee Kick
Bisa kalian naikan ke level 6 atau 1 sesuaikan dengan gameplay kalian saja. Kelebihan level 6 adalah memiliki penambahan serangan diakhir cast.

Holy Relic + Sacred Hammering + Lightning Zap
Saya mencoba ketiga skill ini di Practice Mode dan damagenya tidak terlalu besar. Sacred Hammering memang lumayan sakit di Level 11, tetapi durasi Buffnya terlalu cepat di PVP.

Elecric Smite
Masih menjadi salah satu skill yang damagenya besar di PVP.

Shin Breaker + Armor Break + Shield Charge
Diantara ketiga skill ini yang memiliki damage lumayan di PVP adalah Armor Break level 11. Kalian bisa saja menukar skill point dari skill lain, misalnya tidak menaikan Sliding Knee Kick lalu semua Skill Point sisanya dimasukan ke Armor Break sampai level 10.

Stance of Faith
Perbedaan waktu Stance antara level 6 dengan 11 hanya 2 detik. Jadi saya kira level 6 saja sudah cukup untuk menahan serangan seperti Tracking Arrow dll.

Divine Ascension + Divine Vengeance
Saya menaikan kedua skill ini di PVP untuk counter attack saat sedang block.

Justice Crash
Skill ini memiliki damage yang besar di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
Tipe 1 (Tanker)
- Stance of Faith (buff duration)
- Iron Will (buff duration)
- Divine Avatar (cooldown)
- Block (cooldown)
Optional: Electric Smite, Holy Relic, Divine Ascension (damage), Divine Punisment (Buff Duration)

Tipe 2 
- Half Turn Kick (action speed)
- Holy Kick (action speed)
- Divine Ascension (damage)
- Electric Smite (damage)
Optional: Block, Divine Avatar/Thor Hammer(cooldown), Holy Relic (damage), Divine Punisment. Iron Will (Buff Duration)

PVP
- Half Turn Kick (action speed)
- Holy Kick (action speed)
- Block (cooldown)
- Justice Crash (cooldown)
Optional: Divine Avatar(cooldown), Electric Smite (damage), Stomping Kick (action speed)
    Maaf ya dua hari kemarin saya sibuk banget sampai tidak bisa posting Skill Build. Kayanya sih seminggu ini bakal susah buat bikin postingan di blog, soalnya masih banyak acara. Seharusnya posting ini buat hari minggu kemarin tapi baru sempat saya post hari ini. Skill Build yang akan saya bahas adalah Ripper Skill Build Level 90.
    Ripper hampir memiliki nasib yang sama dengan Raven di Cap 90. Job yang naik daun di Cap 80 ini tiba-tiba meredup di Cap 90. Ini bisa jadi dikarenakan kenaikan Potensi DPSnya tidak terlalu besar di Cap 90 (baca: Analisis Chaser Class). Seharusnya sih buat Job dengan Gameplay agak ribet di PVE, peningkatan damagenya lebih besar lagi.
    Izuna Drop dan Cripple Punisher mendapatkan pengurangan damage yang paling besar untuk Ripper. Kedua skill ini saling berhubungan karena pada saat Cripple Punisher, clone bisa melakukan Izuna Drop. Berati Cripple Punisher mendapatkan kerugian 2x, pertama Board Damagenya dikurangin lalu damage Izuna Drop Clone juga berkurang. Untungnya damage skill lainnya dinaikan lumayan besar bahkan ada yang lebih dari 100%, sehingga bisa menutupi kekurangan DPS dari Izuna Drop dan Cripple Punsiher. Harapan saya sih semoga ada kenaikan damage yang lebih layak lagi untuk Job-Job Element dengan Gameplay ribet seperti Ripper.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: FIRE+ AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS

Keterangan:
- PATK: 50000, Fire Attack: 50% dan Dark Attack: 18%
- Skill Full Hit + Buff

Skill Build

Build PVE
Build tanpa Dedicated Crow (Heal)

Build dengan Dedicated Crow (Heal)

Fan of Edge
Tidak ada pilihan skill lain untuk PVE. Fan of Edge sudah yang paling besar DPSnya dibandingkan dengan DPS Skill lain di Assassin Skill Tree.

Shift Blow
Salah satu skill yang mendapatkan efek Class Mastery II (INS 90).Shift blow memiliki Potensi DPS yang besar juga dan menempati urutan ke 3 terbesar.

Camouflage (Flame Locust)
Level 16 sudah Peak Level karena memiliki damage yang besar dan cooldown yang cepat.

Blade Runner vs Applause
Kedua skill ini memiliki cooldown yang sama dan debuff. Blade Runner EX memiliki debuff mengurangi Element Defence dan Applause mengurangi Critical Resist. Dilihat dari Board Damagenya Blade Runner lebih unggul, tetapi Applause bisa juga unggul bila 2x Damage. Setelah saya hitung Potensi DPSnya pada Ripper Full Fire, Blade Runner EX berhasil unggul hampir 2x lipat dari Applause 2x Damage. Beberapa orang bilang, Blade Runner kurang efektif karena damagenya tidak akan keluar jika tidak menghit monster (ya iyalah namanya juga Miss). Itu sih terlalu pesimis, masa dari Cap 70-80 alasannya masih tetap sama. Saya hitung-hitung sih, jika kalian Miss sebanyak 3x dalam 5x Cast Blade Runner, itu masih memiliki DPS yang lebih besar dibandingkan 5x Applause (Normal) mengenai musuh.

Mortal Blow vs Rain Drop
Mungkin kalian heran, bagaimana Rain Drop yang memiliki elemen Dark bisa mengalahkan Potensi DPS Mortal Blow yang berelemen Fire. Sebagian mungkin belum mengerti tentang Koefisien setiap Skill. Memang Mortal Blow memiliki Board Damage yang lebih besar di keterangan Skillnya, tetapi Full Hit Rain Drop adalah 8x Board Damage yang tertera. Simpelnya kita coba bandingkan saya Mortal Blow vs Rain Drop (Level 11).
Mortal Blow: 1250%
Rain Drop: 351% x 8 = 2808%
Lumayan jauh kan? untungnya damage Mortal Blow bisa ditolong oleh Fire Attack Ripper. Selain itu, Mortal Blow memiliki jumlah Hit lebih sedikit (1 Hit) sehingga potensi untuk Full Hitnya lebih besar dibandingkan Rain Drop yang 8 Hit.

Izuna Drop
Duh saya malas bahas skill ini. Tadinya saya berfikir untuk menaikannya hanya level 1, cuman masih tidak tega. Lagian kan Izuna Drop termasuk skill INS 90 juga, jadi saya kira masih cukup layak untuk level 11.

Cripple Punisher
Senasib dengan Izuna Drop, skill ini juga mendapat penurunan DPS yang lumayan besar di Cap 90. Tetapi Cripple Punisher (clone mode) masih memiliki Potensi DPS yang jauh lebih baik dibandingkan Izuna Drop.

Artful Chaser
Skill ini masih tetap mempertahankan posisinya sebagai TOP DPS Skill Ripper.

Build PVP

Shadow Hand + Piercing Strike + Triple Edge
Seperti biasa, Assassin saya selalu menggunakan ketiga Skill ini di PVP.

Applause + Punishment + Izuna Drop
Ketiga skill ini memiliki damage yang lumayan besar di PVP.

Rain Drop + Mortal Blow
3x CTC sangat berguna sekali di PVP

The End
Ultimate Skill Raven ini kadang-kadang saya gunakan di PVP, terutama ketika melawan musuh Sorceress atau job-job yang bisa Counter Serangan Cripple Punisher.

Dedicated Crow
Saya copy paste penjelasan di Raven Skill Build aja ya, hehehe.
"Saya perhatikan masih banyak Chaser yang kurang bisa menggunakan Skill ini di Ladder/PVP. Heal hanya bisa didapatkan jika kalian terkena serangan Magic saja. Kalian harus menunggu musuh mengeluarkan Skill baru menabrakan diri ke Skillnya, misalnya Poison Missile (Toxic Spray) Sorce atau Lightning Zap Paladin dll. Alasannya supaya kalian bisa mendapatkan 1-2x Heal. Jangan pernah menabrakan diri untuk Skill yang memiliki damage besar ya. Saya suka tertawa ketika memakai Saleana (Pyromancer) di Ladder, ada Chaser yang menabrakan diri ke Rolling Lava EX (Itu sih namanya tekor/rugi) ;P."

Skill Heraldry
PVE:
- Shift Blow (action speed)
- Cripple Punisher (cooldown)
- Artful Chaser (action speed)
- Arsonist (cooldown)
Optional: Izuna Drop, Camouflage (damage), Blade Runner, Rain Drop (cooldown)

PVP
- Shift Blow (action speed)
- Cripple Punisher (cooldown)
- Artful Chaser (action speed)
- Izuna Drop (cooldown)
Optional: Camouflage (damage), Blade Runner, Rain Drop, Punishment (cooldown)
    Pada post kali ini saya akan membahas tentang Windwalker Skill Build Level 90. Saya tidak akan memberikan banyak pilihan untuk Skill Build Windwalker, karena saya tetap mennggunakan Hybrid Build (PVE+PVP). Saya heran saja, bagaimana bisa Windwalker menang Vote. Padahal saya agak jarang melihat orang yang menggunakan Acrobat Class di Cap 90 ini.
     Berdasarkan Analisis Acrobat Class, Windwalker mendapatkan peningkatan damage yang lumayan besar. Sayangnya peningkatan tersebut kurang membantu Windwalker untuk bersaingan di deretan Job DPS teratas. Apalagi Spirit Boost yang merupakan Buff Andalannya tidak bisa diberikan ke teman Party. Dan akhirnya pun ketebak, lumayan banyak Acrobat Class yang berpindah ke Bow Master Class. Saya saja sampai bingung sendiri ketika melihat Friend/Guild List, banyak yang ganti-ganti Job.
    Saya pernah membahas sedikit tentang Element Resist Boss Nest 90 di Majesty Skill Build. Nah jika kita asumsikan All Resist Element Boss Nest 90 itu 40%, maka para Job DPS yang bermain Element seperti Abysswalker, Saleana, Physician dll akan mengalami penurunan DPS. Disinilah kesempatan bagi Job non Element seperti Windwalker untuk mengambil alih posisi DPS. Oleh karena itu, para Windwalker harus tetap optimis dan tidak putus asa ketika mengahadapi Party-Party yang hobi diskriminasi Job.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Acrobat Class
- Skill Full Hit + Buff
- Saya tidak mempehitungan Spirit Boost
 
Skill Build

Magic Arrow
Mau bagaimanapun Magic Arrow tetap DPS Skill terbaik di Archer Skill Tree. Damagenya masih lebih tinggi lagi

Willow Kick + Multi Shot
Hanya untuk keperluan PVP

Double Somersault Kick
Beberapa orang pernah tanya berapa Cooldown yang saya gunakan untuk mendapatkan angka Potensi DPS itu. Windwalker sebenarnya bisa melakukan Double Somersault Kick lebih sering dibandingkan Tempest, karena Windwalker bisa menggunakan DSK setelah Eagle Dive EX dan Binding Shot. Eagle Dive memiliki Cooldown 12 detik sedangkan Binding Shot 11 detik. Berarti dalam 12 detik Double Somersault Kick bisa dicast sebanyak 2x, sehingga saya asumsikan Cooldownnya menjadi 12/2 atau 6 detik. Dengan Potensi DPS yang cukup besar itulah saya tetap menaikan Double Somersault Kick Max + Skill Ring.

Spiral Vortex + Eagle Dive
Potensi DPS keduanya hampir sama di PVE. Keduanya memiliki area serangan yang lumayan besar. Selain itu, damagenya lumayan besar di PVP. Yah dibandingkan harus menaikan Skill lain, saya masih suka dengan dua skill ini.

Air Pounce + Spiral Kick
Mungkin nanti ada yang nanya, kenapa dua skill yang masuk Top 5 DPS ini malah saya tidak naikan max. Potensi DPS itu dihitung berdasarkan Damage Total dibagi Cooldown. Dalam artian Air Pounce atau Spiral Kick ex (Showtime) jika di cast terus menerus setiap kali cooldown selesai, maka akan mendapatkan Potensi DPS seperti di atas. Semenjak Acrobat Boost di Cap 80, sudah jarang orang yang Spam Spiral Kick EX padasaat Showtime. Kebanyakan Windwalker lebih fokus reset Spiral Edge dibandingkan harus terus menurus cast Spiral Kick. Oleh karena itu, saya tidak menaikan Spiral Kick sampai Max. Selain itu, Spiral Kick level 1 bisa menghemat konsumsi MP juga di PVP.

Sama halnya dengan Spiral Kick, saya juga tidak akan mungkin terus-terusan melompat di kepala boss (Air Pounce). Okelah kalau kepalanya bisa diinjak-injak, kalau tidak? bisa rugi Skill Point naikan Air Pounce Max. Oleh karena itu saya hanya menaikannya sampai level 6, agar bisa 5x lompatan.

Blooming Kick
Blooming Kick adalah skill yang mendapatkan peningkatan damage terbesar di Windwalker (baca: Analisis Acrobat Class). Jadi sangat wajar jika Potensi DPSnya melompat dari urutan di bawah (Cap 80) menjadi di atas (Cap 90). Saya sarankan untuk menggunakan Skill Ring +1 agar mendapatkan damage yang lebih maksimal di level 11.

Cyclone Kick
Cyclone Kick merupakan Skill INS level 90 Windwalker. Oleh karena itu agar damage INSnya lebih  besar, saya naikan Cyclone Kick Max.

Spiral Edge
Spiral Edge + Showtime memiliki Potensi DPS yang paling besar karena 2x damage normal. Tanpa Showtime pun Potensi DPS Spiral Edge masih tinggi. Saya mengasumsikan cooldown Spiral Edge + Showtime adalah 13 detik, Memang masih bisa lebih cepat tapi itu rata-rata waktu saya ketika uji coba di video ini:

Rising Storm
Sejak Cap 80, Potensi DPS Rising Storm tetap kosisten di posisi bawah, padahal sudah dinaikan damagenya.

Skill Heraldry
- Spiral Edge (damage)
- Spirit Boost (cooldown)
- Cyclone Kick (damage)
- Showtime (buff duration)
Optional: Blooming Kick (reset cooldown), Eagle Dive, Rising Storm, Double Somersault Kick (damage), Spiral Vortex (action speed)

Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home