Sesuai dengan janji saya nih, hari ini saya akan Post Analisis untuk Dancer Class, sambil nunggu Patch RDN HC di DN SEA (Hehehe, RDN Normal Stage 1 aja dah Roto). Job yang termasuk Dancer Class itu adalah Spirit Dancer dan Blade Dancer. Kedua Job ini agak jarang saya temui di Nest/Raid. Padahal Dance Part 2-nya masih berguna banget untuk Nest atau Raid. 
     Kalau saya berbicara masalah DPS sih, saya rasa Spirit Dancer masih lebih unggul dan stabil. Soalnya sebagian besar skillnya lebih mudah untuk Full Hit. Saya selalu beranggapan begini, Spirit Dancer lebih ke Instant Damage sedangkan Blade Dancer lebih mencicil damage. Kalian bisa bandingkan saja dua Skill DPS untuk masing-masing Job itu. 
      Dua Skill DPS untuk Spirit Dancer adalah General Dunblade EX dan Preator EX, sedangkan Blade Dancer adalah Elegant Storm EX dan Hurricane Gust EX. Pertama kita bandingkan General Dunblade EX vs Elegant Strom EX, secara Board Damage Elegant unggul tipis (2900% vs 2700%), Cooldown Dunblade lebih cepat 10 detik (22 vs 32) dan area serangan Dunblade masih lebih luas. Berarti kasarnya sih, Dunblade lebih unggul secara DPS dan Area serangan, ditambah Dunblade tidak perlu berdekatan dengan musuh (tidak seperti Elegant). Perbandingan kedua adalah Preator vs Hurricane Gust. Dua skill ini sih udah jelas siapa yang lebih unggul kan? Pecinta Dancer pasti tahu kalau Skill Preator EX masih jauh lebih mudah digunakan dibandingkan Hurricane Gust EX. Dengan Preator yang lebih ke Instant Cast, maka kalian tidak perlu pusing mengendalikan roda yang berputar (Hurricane Gust). Ini belum memperhitungkan Buff Wide Stinger milik Spirit Dancer yang bisa meningkatkan kemungkinan kritikal 90% untuk General Dunblade EX dan Preator EX. 
     Nah pada Patch Cap 90 nanti, saya sangat berharap Developer memberi sedikit keadilan untuk pada Dancer. Supaya Job yang Seksi ini tidak makin tenggelam di dunia Nest/Raid. Ketika saya intip Patch Note Awal Cap 90 di KDN sih saya masih kecewa  dengan developer. Board Damagenya memang ditingkatkan besar-besaran, namun nilai jualnya di Party harus berkurang dengan menjadikan Dance Part 2 sebagai Self Buff (T_T). Apalagi persepsi sebagian Player untuk Dancer adalah Dance Elfnya, bukan DPSnya. Dan akhirnya pada Patch 14 Oktober 2015 lalu, Dancer mendapatkan Boost yang bikin saya tersenyum. Ingin tahu Boostnya apa? langsung saja kita analisis yuk.
     

 

     Halo-halo, sorry ya saya telat lagi buat Artikel tentang Analisis Class. Minggu ini, saya berencana akan memposting dua analisis yaitu Paladin dan Dancer. Sekarang kita bahas tentang Paladin Class terlebih dahulu yuk. Seperti yang sudah kita ketahui, Paladin Class terdiri dari Crusader dan Guardian. Kedua Job ini bersaing sangat ketat untuk merebut hati para player.
    Pada cap 80 ini, Crusader sedang unggul dibandingkan dengan Guardian. Hal ini karena Crusader memiliki DPS yang lebih besar dibandingkan Guardian. Saya merasa Cap 80 ini, Guardian malah menjadi Tanker/Support yang lumayan nanggung. Bayangkan saja sih, Crusader dan Guardian memiliki Buff dan Debuff sama dan secara DPS keduanya terpaut  jauh (apalagi Crusader tipe Ekstrem STR INT). Sehingga keunggulan Guardian hanya ada pada Guardian Force dan beberapa skill Block. Sayangnya, cap 80 ini lebih banyak party yang Run Nest di Easy Mode, sehingga posisi Tanker masih kurang dibutuhkan. Oleh karena itu, saya berharap di Patch terbaru nanti, Guardian bisa benar-benar menjadi Tanker dan Crusader bisa lebih fokus ke DPS saja.


Jangan Lupa, lihat Update Analisa terbaru untuk:
- Engineer Class
- Force User Class
- Bowmaster Class

- Chaser Class






     Jumpa lagi dengan Posting Analisis Class Minggu ini. Class yang saya pilih sekarang adalah Force User (Majesty dan Smasher). Dari awal main Dragon Nest sekitar 4 tahun lalu, Force User sudah menjadi Job Favorit saya. Pada Level Cap 50-60, Smasher banyak diminati di Party/PVP, karena Laser Cutternya yang memiliki Damage Besar. Musibah terjadi di awal Cap 70, Smasher mendapatkan pengurangan damage 50% untuk hampir semua skillnya. Hal ini membuat dunia Per PVP-an terguncang, saya sendiri merasa Hopeless ketika melihat damage Smasher di Ladder. 
     Berbanding terbalik dengan saudaranya, Majesty pada Cap 70 mendapatkan Boost yang luar Biasa. Damage Switch Gravity dinaikan berkali-kali lipat, ditambah dengan Pasif 65nya. Update ini yang membuat banyak Smasher yang Change Job menjadi Majesty (untungnya saya punya semua job). Semenjak itu, saya pun jarang sekali menggunakan Smasher (paling cuman untuk Ladder saja). Harapan kembali muncul, ketika saya melihat Patch Note Cap 90. Smasher sepertinya mendapatkan Boost yang luar biasa, sedangkan beberapa Skill Majesty malah di Nerf. Sedih sih karena saya sudah terbiasa menggunakan Majesty, tetapi kesedihan saya sudah agak terobati dengan Update Terbaru Majesty Bosst pada 30 September 2015 lalu. Saya rasa cukup Curhatannya, sekarang saya analisis saja langsung.



     Hai.. sorry telat updatenya, karena weekend kemaren padat merayap banget jadwalnya. Bahasannya masih sama dengan minggu-minggu sebelumya yaitu tentang Analisis Cap 90 (semoga tidak bosan). Class yang saya pilih adalah Mercenary (Barbarian dan Destroyer). 
     Pengguna Destroyer sepertinya menunggu-nunggu Update ini. Mereka berharap Patch Cap 90 nanti bisa memperbaiki nasib Destroyer yang semakin terasingkan. Berbanding terbalik dengan Barbarian yang lagi ngeTOP dengan Circle Swing  x10nya.
     Saya sih berharap ada keseimbangan Class, karena kondisi Destroyer sudah benar-benar mengkhawatirkan. Di Party Nest pun, secara logika orang akan memilih Barbarian yang memiliki Damage luar biasa dan Howl. Melihat Patch note Cap 90, saya sedikit bingung sih karena banyak yng dirombak Buff/Howlnya. Beberapa Skill dinaikan Board Damagenya dan ada beberapa yang dikurangi juga. Biar lebih jelasnya mari kita lihat satu per satu.



       Halo, jumpa lagi di Post mingguan tentang Analisis Class. Kali ini yang akan saya bahas adalah Bow Master Class (Artillery dan Sniper). Sejak cap 24, saya sudah menyukai Artillery dari segi gameplay. Sniper memang memiliki damage yang sangat besar, namun DPSnya masih kurang stabil.
     Saya kadang agak sedikit kesal ketika menggunakan Sniper pada musuh yang rajin bergerak. Selain itu, beberapa Skill DPSnya seperti Aerial Chain Shot, Arrow Shower dan Wind Shot sangat tergantung pada ukuran Boss/Monster. Bayangkan saja jika melawan Boss yang berukuran kecil dan terus bergerak, alhasil DPSnya bisa turun drastis.
    Artillery juga memiliki kendala dalam Stabilitas DPS, seperti sulitnya Full Hit Swift Shot, Rapid Shot dan Frag Arrow. Namun semua itu terselamatkan oleh Cooldown dan Casting Time Skill  yang cepat. Sehingga secara DPS Artillery bisa lebih konsisten dibandingkan Sniper. Lalu, bagaimana dengan Cap 90 nanti? secara sekilas sih Sniper akan mendapatkan peningkatan Damage. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya mari kita analisis.



Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home