BOWMASTER CLASS (ANALYSIS FOR UPDATE CAP 90)

       Halo, jumpa lagi di Post mingguan tentang Analisis Class. Kali ini yang akan saya bahas adalah Bow Master Class (Artillery dan Sniper). Sejak cap 24, saya sudah menyukai Artillery dari segi gameplay. Sniper memang memiliki damage yang sangat besar, namun DPSnya masih kurang stabil.
     Saya kadang agak sedikit kesal ketika menggunakan Sniper pada musuh yang rajin bergerak. Selain itu, beberapa Skill DPSnya seperti Aerial Chain Shot, Arrow Shower dan Wind Shot sangat tergantung pada ukuran Boss/Monster. Bayangkan saja jika melawan Boss yang berukuran kecil dan terus bergerak, alhasil DPSnya bisa turun drastis.
    Artillery juga memiliki kendala dalam Stabilitas DPS, seperti sulitnya Full Hit Swift Shot, Rapid Shot dan Frag Arrow. Namun semua itu terselamatkan oleh Cooldown dan Casting Time Skill  yang cepat. Sehingga secara DPS Artillery bisa lebih konsisten dibandingkan Sniper. Lalu, bagaimana dengan Cap 90 nanti? secara sekilas sih Sniper akan mendapatkan peningkatan Damage. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya mari kita analisis.




Artillery

Status Conversion Change

Pada Update Cap 90 nanti, Artillery akan mendapatkan peningkatan konversi Status INT dari 1 INT = 0.5 MATK menjadi 1 INT = 1 MATK (wuhh~). Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.



Dari Gear di atas berarti:

Magic Attack Artillery Cap 80
- MATK (tertinggi): 45186 ~ anggap saja 45000 (biar gampang)
- Jumlah INT: 17804 ~ anggap saja 17800 (biar bulet) :P

Berhubung Perhitungan Buff Artillery itu sangat Kompleks, jadi saya Asumsikan perhitungannya seperti ini saja:

Spiritual Excel
Efek:  +21% INT
- 17800 x 0.21 = +3738 INT
- 3738 x 0,5 = 1869 MATK
All Red Jade Magician: +16% MATK
Plate : +10% MATK
- 1869 x 1.26 = 2355 MATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 45000 + 2355 = 47355

Sylph Aid
Efek: +20% MATK
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)

MATK Artillery Full Buff
- 45000 x 0.2 = 9000

Total MATK: 47355 + 9000 = 56355

Magic Attack Artillery Cap 90
Gearnya saya samakan dengan yang Cap 80, sehingga:
- MATK 45000
- Jumlah INT: 17800

Seperti yang saya katakan di paragraf pertama, Artillery pada Cap 90 mendapatkan peningkatan Konversi INT menjadi 1 INT = 1 MATK. Sehingga MATKnya akan meningkat sebesar:
- INT: 17800
- Peningkatan Konversi = 0.5 MATK

Peningkatan MATK:
- 17800 x 0,5 = 8900 MATK
- 8900 x 1.26 = 11214

MATK (No Buff) = 45000 + 11214 = 56214

Spiritual Excel

Pada Cap 90, Efek +INTnya dihilangkan T_T

Sylph Aid
Efek: +25% MATK  (+5% Damage dari Cap 80)
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)

MATK Artillery Full Buff
- 56214 x 1.25 = 67466




Magic Arrow
Board Damage 
Cap 80: 629% + 18274
Cap 90: 369% 
Perhitungan:
Cap 80: 6.29 x 56355 +  18274 = 372747
Cap 90: 3.69 x 67466 = 248950
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 372747 x 1.48 = 551666
Cap 90: 248950 x 1.32 = 328614

Jadi pada Cap 90 damage Magic Arrow berkurang 40%

Frag Arrow
Board Damage
Cap 80: 393% + 9789
Cap 90: 241%
Perhitungan:
Cap 80: 3.93 x 56355 +  9789 = 231264
Cap 90: 2.41 x 67466 = 162593
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 231264 x 1.48 = 342271
Cap 90: 162593 x 1.32 = 214623

Jadi pada Cap 90 damage Frag Arrow berkurang 37%

Swift Shot
Board Damage
Cap 80: 585% + 14473
Cap 90: 621%
Perhitungan:
Cap 80: 5.85 x 56355 +  14473 = 344150
Cap 90: 6.21 x 67466 = 418964
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 344150 x 1.48 = 509342
Cap 90: 418964 x 1.32 = 553032

Jadi pada Cap 90 damage Swift Shot meningkat 9%

Aerial Chain Shot
Board Damage
Cap 80: 192% + 2565
Cap 90: 196%
Perhitungan:
Cap 80: 1.92 x 56355 +  2565 = 110767
Cap 90: 1.96 x 67466 = 132233
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 110767 x 1.48 = 163935
Cap 90: 132233 x 1.32 = 174548

Jadi pada Cap 90 damage Aerial Chain Shot meningkat 6%


Rapid Shot
Board Damage
Cap 80: 209% + 10804
Cap 90: 287%
Perhitungan:
Cap 80: 2.09 x 56355 +  10804 = 128586
Cap 90: 2.87 x 67466 = 193627
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 128586 x 1.48 = 163935
Cap 90: 193627 x 1.32 = 174548

Jadi pada Cap 90 damage Rapid meningkat 34%

Guided Shot
Board Damage
Cap 80: 196% + 4540
Cap 90: 195%
Perhitungan:
Cap 80: 1.96 x 56355 +  4540 = 114996
Cap 90: 1.95 x 67466 = 131559
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 114996 x 1.48 = 170194
Cap 90: 131559 x 1.32 = 173657

Jadi pada Cap 90 damage Guided Shot meningkat 2%


Detonating Arrow
Board Damage 
Cap 80: 1190% + 25637
Cap 90: 536% 
Perhitungan:
Cap 80: 11.9 x 56355 +  25637 = 673190
Cap 90: 5.36 x 67466 = 361618
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 673190 x 1.48 = 996320
Cap 90: 361618 x 1.32 = 477335

Jadi pada Cap 90 damage Detonating Arrow berkurang 52%


Revolution Ballista
Board Damage 
Cap 80: 7506% + 111267
Cap 90: 6321% 
Perhitungan:
Cap 80: 75.06 x 56355 + 111267 = 4341273
Cap 90: 63.21 x 67466 = 4264526 
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 4341273 x 1.48 = 6425084
Cap 90: 4264526 x 1.32 = 5629174

Jadi pada Cap 90 damage Revolution Balista berkurang 12%


Perbandingan DPS Cap 80 dan 90
Data di samping sudah memperhitungkan:
- Debuff terbaru Rapid Shot yaitu -20% Critical Resist
- Critical Resist Boss 60%
- Critical Chance Artillery 35%
- Damage Fatal Guided Shot menjadi 1.5x Guided Shot
- Cooldown Fatal Guided Shot adalah 16 detik
- Semua Skill Full Hit





Dari data di atas, DPS Artillery di Cap 90 dapat turun sebesar 6%.



Sniper

Status Conversion Change

Pada Update Cap 90 nanti, Sniper akan mendapatkan peningkatan konversi Status AGI dari 1 AGI = 0.5 PATK menjadi 1 AGI = 0.75 PATK. Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.



Dari Gear di atas berarti:

Physical Attack Sniper Cap 80
- PATK(tertinggi): 51576
- Jumlah AGI: 20792

Spiritual Excel
Efek:  +21% AGI
- 20792 x 0.21 = +4366 AGI
- 4366 x 0,5 = 2183 PATK
All Red Jade Magician: +16% PATK
Plate : +10% PATK
- 2183 x 1.26 = 2750 PATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 51576 + 2750 = 54326

Sylph Aid
Efek: +20% PATK
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)

PATK Artillery Full Buff
- 51576 x 0.2 = 10315

PATK Total: 54326 + 10315 = 64641

Physical Attack Sniper Cap 90
Gearnya saya samakan dengan yang Cap 80, sehingga:
- PATK(tertinggi): 51576
- Jumlah AGI: 20792

Peningkatan Status:
- AGI: 20792
- Peningkatan Konversi = 0.25 PATK

Peningkatan PATK:
- 20792 x 0.25 = 5198 PATK
- 5198 x 1.26 = 6550

PATK (No Buff) = 51576 + 6550 = 58126

Spiritual Excel

Efek: +27% AGI
- 20792 x 0.27 = +5614 AGI
- 5614 x 0,75  = 4211 PATK
All Red Jade Magician: +16% PATK
Plate : +10% PATK
- 4211 x 1.26 = 5306 PATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 58126 + 5306 = 63432

Sylph Aid

Efek: +25% MATK  (+5% Damage dari Cap 80)
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)

MATK Artillery Full Buff
- 58126 x 1.25 = 14532

Total PATK: 63432 + 14532 = 77964



Twin Shot
Board Damage
Cap 80: 148% + 7423
Cap 90: 131%
Perhitungan:
Cap 80: 1.48 x 64641 + 7423 = 103101
Cap 90: 1.31 x 77964 = 102133
Bulls Eye + Cheating Point 
Cap 80: 103101 x 1.8 = 185581
Cap 90: 102133 x 1.7 = 173626

Jadi pada Cap 90 damage Twin Shot berkurang 6%


Charge Shot (Update)
Board Damage
Cap 80: 620% + 16911
Cap 90: 1109%
Perhitungan:
Cap 80: 6.2 x 64641 + 16911 = 417685 
Cap 90: 11.09 x 77964 = 864621
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 417685 x 1.8 = 751833
Cap 90: 864621 x 1.7 = 1469855

Jadi pada Cap 90 damage Charge Shot meningkat 96%

Ankle Shot
Board Damage
Cap 80: 208% + 5369
Cap 90: 223%
Perhitungan:
Cap 80: 2.08 x 64641 + 5369 = 139822 
Cap 90: 2.23 x 77964 = 173860
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 139822 x 1.8 = 251680
Cap 90: 173860 x 1.7 = 295562

Jadi pada Cap 90 damage Ankle Shot meningkat 17%


Aerial Chain Shot (Update)
Board Damage
Cap 80: 192% + 2565
Cap 90: 169%
Perhitungan:
Cap 80: 1.92 x 64641 + 2565 = 126676 
Cap 90: 1.69 x 77964 = 131759
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 126676 x 1.8 = 228016
Cap 90: 131759 x 1.7 = 223991

Jadi pada Cap 90 damage Aerial Chain Shot berkurang 2%


Siege Stance (Update)
Board Damage
Cap 80: 762% + 21736
Cap 90: 838%
Perhitungan:
Cap 80: 7.62 x 64641 + 21736 = 514300
Cap 90: 8.38 x 77964 = 653338
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 514300 x 1.8 = 925741
Cap 90: 653338 x 1.7 = 1110675

Durasi Siege Stance meningkat dari 8 detik menjadi 10 detik, berarti ada kemungkinan tambahan 2x serangan, sehingga perhitungannya menjadi:
Cap 80: 925741 x 7 = 6480187
Cap 90: 1110675 x 9 = 9996075

Jadi pada Cap 90 damage Siege Stance meningkat 54%


Arrow Shower (Update)
Board Damage
Cap 80: 66% + 320
Cap 90: 64%
Perhitungan:
Cap 80: 0.66 x 64641 + 320 = 42983
Cap 90: 0.64 x 77964 = 49897
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 42983 x 1.8 = 77370
Cap 90: 49897 x 1.7 = 84825

Jadi pada Cap 90 damage Arrow Shower meningkat 10%


Cheating Point (Update)
Board Damage
Cap 80: 7.74% + 30948
Cap 90: 542%
Perhitungan:
Cap 80: 7.74 x 64641 + 30948 = 531269
Cap 90: 5.42 x 77964 = 422565
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 531269 x 1.8 = 956285
Cap 90: 422565 x 1.7 = 718

Jadi pada Cap 90 damage Cheating Point berkurang 25%


Arrow Barrage
Board Damage
Cap 80: 152% + 2333
Cap 90: 181%
Perhitungan:
Cap 80: 1.52 x 64641 + 2333 = 100587 
Cap 90: 1.82 x 77964 = 141115
Bulls Eye + Arrow Barrage
Cap 80: 100587 x 1.8 = 231351
Cap 90: 141115 x 1.7 = 310453

Jadi pada Cap 90 damage Arrow Barrage meningkat 34%

Perbandingan DPS Cap 80 dan 90
Data di samping sudah memperhitungkan:
- Buff terbaru Aerial Chain Shot : Critical Resist -20%
- Critical Resist Boss 60%
- Critical Chance Sniper 89%
- Semua Skill Full Hit
- Wind Shot diasumsikan 20 Hit dan Cooldown 15 detik





Dari data di atas, DPS Sniper di Cap 90 dapat naik sebesar 90%.
Jika tidak memperhitungkan DPS Wind Shot maka DPSnya  naik sebesar 49%



Kesimpulan
     Setelah melalui perhitungan yang rumit akhirnya diperoleh hasil yaitu DPS Artillery dapat turun sebesar 6%, sedangkan Sniper dapat naik hingga 90%. Kenaikan yang sungguh luar biasa dapat dialami oleh Sniper. Kenaikan itu sebagian besar dipengaruhi oleh Charge Shot. Damage Charge Shot yang naik sebesar 96% membuat Damage/DPS Wind Shot semakin besar pula. Sehingga dengan Asumsi Wind Shot 20 Hit dan Cooldown 15 detik, dapat meningkatan DPS Sniper sebesar 41%.
     Seperti yang saya katakan di kalimat awal Post ini, DPS Sniper masih kurang stabil. Beberapa Skillnya masih bergantung pada ukuran dan pergerakan Boss. Hal itu diperparah dengan Casting Time beberapa Skillnya yang lumayan lama, seperti Siege Stance (10 detik), Arrow Shower (6 Detik) dan Arrow Barrage (4 detik). Berbeda dengan Artillery yang memiliki Skill dengan Casting Time dan Cooldown Skill lebih cepat. Jadi saya sih menganggap Boost ini sangat wajar untuk Sniper.

Bagaimana pendapat kalian??
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

76 comments:

  1. ane masi bingung gan ama skill siege stance instant
    siege stance durasi 10 detik 8-9 hit tanpa spirit apa lah itu yg naikin AS
    jadi kalo kita cast fake shot lalu trigger inst siege nanti jadi 1 panah rasa 10an panah ato masi butuh klik'' gt yah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup 1x Klik aja keluat SIngle Hit dengan Rasa Full Hit..

      Delete
  2. gan klo ngitung dps comparison diitung juga gan SELF buff debuff job elemental attack sama job non elemental biar bandingin dps per jobnya lebih enak, btw itu ripper sama raven blom termasuk dps elementalnya kan, baru dps non elementalnya kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh ini bukan Comparison..
      Ini cuman Analisis Update Cap 90 nanti aja
      Yang dibandingin kan Board Damage Skill Cap 80 vs 90
      Jadi, kalau dah Compare Board Damage Skill yang pengaruh cuman PATK/MATK aja..

      Soalnya kan yang berubah % PATK/MATK skillnya..
      Mangkanya saya gak pakai Element"an, karena hasilnya pun akan tetap sama..

      Delete
  3. usul nih itung juga dong skill ex instannya cukup ngaruh juga loh ke damage output contohnya siege stance(SS) ex instan yg sekali tembak lgs 7 hit (full hit) beda dgn SS biasa/SS ex yg harus full duration + kena semua baru full hit ex instan arty juga ngaruh ke damage outputnya buff 5% damage + 10 FGC (yg berarti FGA lebih bisa lebih sering di cast)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih dah banyak yg bilang gitu..
      Nanti saya coba perhitungkan deh..

      Delete
  4. om Ramdan minta link emulator gearnya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya dari Gambarnya aja udah keliatan Link Websitenya..
      Cuman sekrang udah gak bsa d akses lagi

      Delete
  5. Seperti Job bangkit dari Kematian sekarang Sniper menjadi Ratu DPS >_< Menyusul Raja dari DA tinggal menunggu apakah Sniper akan Bertahan masa kejayaan nya Kita lihat saja ? yuhu Silver Hunter akan mucul kemudian ^^

    ReplyDelete
  6. AKU SMAKIN SUKA SNIPER <3 SAYANGNYA DAMAGE WINDBLAST LBIH KERASA SAAT BOS DRAGON DENGAN UKURAN GEDE BSA SMPEK 3 BAR DI BDN. salam dri DNINA ALTHEA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk RAID NEST bawa Sniper memang GG tapi kalo menurut saya untuk Nest biasa atau pun dungeon BB atau pun semacam nya cukup

      Delete
    2. BB pun di nerf habis2an dibuat makin susah stack fury + enchanted CS dikurangi jadi 500%

      Delete
    3. Ya BB kena Nerf juga tuh..
      Sniper kayanya udah spesialis Raid Nest..
      Kalau buat Nest" yg ukuran bossnya kecil agak2 ribet

      Delete
    4. nanya nih, cara mkek rain of arrow yg pas jraknya gmna? susah,,, trus bunga snipr katanya bsa nambah FD, nah itu hrus kena letupan spora bunganya yg dilingkaran apa dri jauh jg kena efek? skali2 update critanya DN donk stiap job, maklum bru 6 bulan main game gnian

      Delete
    5. waduh kalau itu sih musti sering2 latihan dan uji coba, segimana range yang pas buat Rain of Arrow..

      Buffnya otomatis dapat pas kita pake skill Bunganya..
      Wah cerita apa nih, saya sering cerita2 dikit/curhat masalah job di setiap post kok..
      Kalau 1 Post bikin cerita sndiri dan jadi novel :P

      Delete
  7. CP duration 20s, CD 13s serius? permanen fd +50% dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups kalo dilihat penjelasan nya permanent but realy ? >_<

      Delete
    2. Itu salah ngetik kayanya..
      wkwkwkw
      Soalnya kalau diperhatiin Skill Lv sama CDnya sama" 13..

      Delete
  8. Thx kk udah buatin untuk class Bow Master

    ReplyDelete
  9. Di neft tapi % DA lihat sendiri lah dan 1 lg DA full Fire + FD = IMBA Coyyyy

    ReplyDelete
  10. Damage arty memang sedikit diturunkan sebagai kompensasi peningkatan 1 INT= 1 MATK nasib serupa pun dialami ML yg diturunkan sedikit karena alasan yg sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, rata" orang cmn liat turun Damage Skillnya aja..
      Tapi gak liat Conversi Statusnya

      Delete
  11. jir bener kan dugaan gw, sniper bisa jdi top dps, gila 0.o

    ReplyDelete
  12. berita terahir CS sniper diturunkan 30% damageya sekarang skitar 1300% still strong thought

    ReplyDelete
  13. min numpang tanya, board damage skill yg cap 90 emang gak ada damage bonus ya??
    damage bonus yg setelah %amp itu maksudnya

    ReplyDelete
  14. sob situ masih bisa makek dn simmulator ? ane kok kgk bisa itu linknya beberapa bulan ini

    ReplyDelete
  15. Kemaren waktu buat buat DA (yg notabene job gbungan seluruh class warrior); ternyata ada 4 slot kosong dibawahnya. Bro Ramdhan barangkali ada bocoran apakah slot tersebut buat job hybrid archer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. numpang bantu jawab gan,, kalo gak salah buat archer nanti hybrid classny silver hunter gan

      Delete
    2. itu kayanya slot machina dan hunter..
      Malahan developernya lg bikin job cabang dari lancea,

      Delete
  16. bukannya cooldown fatal guide shot itu 5 detik tapi harus diaktifin dengan 20x critical hit?
    ato emang berubah sekarang cooldownnya makenismenya di cap 90?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cooldownya emang 5 detik ko, tapi dengan Kritikal Resist Boss Cap 80/90 yang besar, jadi agak susah buat ngumpulin Bubble Kritikalnya.. Mangkanya saya asumsikan cooldownnya sekitar 16 detik (16 detik sekali baru bisa ke kumpul 20 Bubble, dengan syarat semua skill lainnya Full Hit). Kenyataannya sih bisa lebih lama lagi kalau di Nest 80..

      Delete
    2. solusinya gampang pake stuning shot krit atau g lgs dapet 10 bubble

      Delete
  17. Secara besaran masuknya damage ke momon ane lebih prefer ke sniper karena jika kita memilih jadi sniper user, boss atau monster yang terus gerak bukan jadi faktor untuk nge-less. Selain perbedaan damage, bermain sniper dan artil juga memeiliki perbedaan dalam style maennya, jika anda terbiasa dengan sniper maka pegang job skill spammer semacam artil/elemental lord menjadi tidak sulit. Overall, pihak perancang game DN sudah menjadi lebih bijaksana dalam hal ini. Sniper menurut saya memiliki tingkatan beramain yg lebih sulit ketimbang artillery tapi dgn damage yg lebih besar juga. Sebaliknya, skill artillery memiliki cakupan aoe yang lumayan untuk hit momon dan lebih sedikit melakukan kegiatan manuver ketimbang sniper. So tidak ada salahnya mencoba artillery jika bener2 blank dengan job hunter/bowmaster, but sniper seems legit.

    ReplyDelete
  18. Eyedentity PHP mana janji lu yg pernah bilang "longer cast time bigger damage" dasar developer g kompeten

    ReplyDelete
    Replies
    1. wind shot di nerf gw bisa ngerti tapi sampe CP di nerf juga?????? sniper emang gg kalau lawan naga tapi medicore buat nest sekarang malah dinerf semua skill hadehhh

      Delete
  19. pasti acronya copo ya
    sampe ga ada ss nya
    ckckckck

    ReplyDelete
  20. gan itu gear simulatornya webnya apa dah? kok di gw down

    ReplyDelete
  21. itu CD fatal guided shot 16 dtk brti klo misal
    abis keluarin fatal arrow trus sebelum 15dtk blm bisa fatal lagi apa gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asumsi itu, agar mempermudahkan perhitungan aja
      Fatal Guide kan berdasarkan gimana cepatnya kamu ngumpulin Bubble Kritikal..
      Nah di atas itu, cooldown 16 detik itu maksudnya saya asumsikan Artillery setiap 16 detik bisa mengumpulkan 20 Bubble untuk cast FGS.

      Asumsi cooldown itu aslinya bisa berbeda" kok, tergantung keseringan/ketepatan kamu pakai skill, % kritikal kamu dan kritikal resist Boss/monsternya.

      Delete
    2. oh makasih mz kirain CD satu FGS ke FGS selanjutnya 16 dtk xD

      Delete
  22. Saya nunggu skill build tempest gan haha, mudahan aja admin ngupdate hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Update sih selalu, cuman butuh waktu aja..
      Soalnya saya gak bisa Update semua Skill Build dalam satu hari sekaligus.. T_T

      Delete
  23. Siap gan, pokoknya ane nunggu aja hahaha.. thanks admin :D

    ReplyDelete
  24. gan nanya nih, saya punya sniper sama moonlord
    mau dijadiin itemnya, kirak-kira antara sniper sama moonlord jadi DPS bagusan mana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dari potensi DPSnya, Sniper punya DPS yang oke sih, cmn sangat tergantung dengan ukuran dan pergerakan boss..

      menurut saya sih, kalau buat RDN/RDN HC enak pilih Sniper, tapi kalau untuk Nest2 biasa yang ukuran bossnya mini2 mending Moonlord aja.

      Delete
  25. dps tertinggi cap 90 sniper gan ?

    ReplyDelete
  26. nanya donk bang. untuk build arti lv 90.
    berhubung cap 90 ini damage stiap class diambil dari main attack power, Seperti moonlord kalo pake impact punch pake MATK.

    Apa bisa nyolong2 dikit treenya snip? berhubung charged shot dan siege dpt boost. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw khusus Artillery aturan itu dah berlaku dari Cap 80 lalu..
      Cuman dulu klau mau mengubah Skill Fisik ke Magic harus pake Buff Magical Breeze dlu..

      Nyolong skill Snip bole2 aja tapi cari yang pas dan sesuai sama Gameplay..
      Kalau di Game PLay saya sih, kurang cocok sama Siege Stance atau Chage Shot ^^

      Delete
  27. bang mau nanya itu skill tree di bow master yang arah artillery itu jadi PATK atau tetep MATK
    soalnya tulisannya cuma Magic Arrow

    ga kayaq di skill tree Paladin tertulis jelas "Magic Damage:" dan "Physical Damage", di skill nya cuma tertulis "Magic Arrow"

    kalo misalnya jadi PATK Scoope Arrow atau Tracking Arrow bijak ga kalo gwe fullin di sniper

    rencananya ditingkatin kalo PATK berhubungan gwe maen sniper di pve/nest kabur-kaburan dan selalu jarak jauh

    tolong dijawab bang, galau maximal nih, kalo Magic Arrow maksudnya MATK ya ningkatin Twin Shot aja

    Thx a lot!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain di Paladin kayanya job lain dah ga da tulisan PATK/MATK, diganti sama Damage...
      Jadi Magic Arrow di Sniper ya jd PATK

      Scope + Tracking kalau ada SP sih oke2 aja..
      (Kayanya sih SPnya terbatas banget)

      Delete
    2. oh berarti fix berubah PATK ya? soalnya macem Sting Breezer aja di SEA sekarang jadi PATK (dan banyak pemain SB yang ngeluh, mungkin gegara jade, talisman dan heraldy terlanjur int)

      sip makasih banyak

      Delete
  28. Gan mau nanya nih..
    bgusan sniper apa artillery di cap 90 ini? saya masi bimbang antara 2 job ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingung Bagus apanya nih..
      Kalau Bagus DPSnya sih Sniper
      Kalau Gameplaynya saya lebih suka Artillery

      Kamu pilih de

      Delete
  29. gan, artillery msh bsa boost gk di cap 90 ini?

    ReplyDelete
  30. Bang ramdan.. Kalo sniper Pake Paketan RDN+ELMENT(LIGHT)
    ?. Dammagenya apakah akan meningkat pesat??

    ReplyDelete
  31. Gan mau nanya saya ada job silver hinter dan sniper lebih baik jadikan yang mana? Dan dri segi dps mana yang bagus?

    ReplyDelete