Saya kadang agak sedikit kesal ketika menggunakan Sniper pada musuh yang rajin bergerak. Selain itu, beberapa Skill DPSnya seperti Aerial Chain Shot, Arrow Shower dan Wind Shot sangat tergantung pada ukuran Boss/Monster. Bayangkan saja jika melawan Boss yang berukuran kecil dan terus bergerak, alhasil DPSnya bisa turun drastis.
Artillery juga memiliki kendala dalam Stabilitas DPS, seperti sulitnya Full Hit Swift Shot, Rapid Shot dan Frag Arrow. Namun semua itu terselamatkan oleh Cooldown dan Casting Time Skill yang cepat. Sehingga secara DPS Artillery bisa lebih konsisten dibandingkan Sniper. Lalu, bagaimana dengan Cap 90 nanti? secara sekilas sih Sniper akan mendapatkan peningkatan Damage. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya mari kita analisis.
Artillery
Status Conversion Change
Pada Update Cap 90 nanti, Artillery akan mendapatkan peningkatan konversi Status INT dari 1 INT = 0.5 MATK menjadi 1 INT = 1 MATK (wuhh~). Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.
Dari Gear di atas berarti:
Magic Attack Artillery Cap 80
- MATK (tertinggi): 45186 ~ anggap saja 45000 (biar gampang)
- Jumlah INT: 17804 ~ anggap saja 17800 (biar bulet) :P
Berhubung Perhitungan Buff Artillery itu sangat Kompleks, jadi saya Asumsikan perhitungannya seperti ini saja:
Spiritual Excel
Efek: +21% INT
- 17800 x 0.21 = +3738 INT
- 3738 x 0,5 = 1869 MATK
All Red Jade Magician: +16% MATK
Plate : +10% MATK
- 1869 x 1.26 = 2355 MATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 45000 + 2355 = 47355
Sylph Aid
Efek: +20% MATK
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
MATK Artillery Full Buff
- 45000 x 0.2 = 9000
Total MATK: 47355 + 9000 = 56355
Magic Attack Artillery Cap 90
Gearnya saya samakan dengan yang Cap 80, sehingga:
- MATK 45000
- Jumlah INT: 17800
Seperti yang saya katakan di paragraf pertama, Artillery pada Cap 90 mendapatkan peningkatan Konversi INT menjadi 1 INT = 1 MATK. Sehingga MATKnya akan meningkat sebesar:
- INT: 17800
- Peningkatan Konversi = 0.5 MATK
Peningkatan MATK:
- 17800 x 0,5 = 8900 MATK
- 8900 x 1.26 = 11214
MATK (No Buff) = 45000 + 11214 = 56214
Spiritual Excel
Pada Cap 90, Efek +INTnya dihilangkan T_T
Sylph Aid
Efek: +25% MATK (+5% Damage dari Cap 80)
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
MATK Artillery Full Buff
- 56214 x 1.25 = 67466
Status Conversion Change
Pada Update Cap 90 nanti, Artillery akan mendapatkan peningkatan konversi Status INT dari 1 INT = 0.5 MATK menjadi 1 INT = 1 MATK (wuhh~). Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.
Dari Gear di atas berarti:
Magic Attack Artillery Cap 80
- MATK (tertinggi): 45186 ~ anggap saja 45000 (biar gampang)
- Jumlah INT: 17804 ~ anggap saja 17800 (biar bulet) :P
Berhubung Perhitungan Buff Artillery itu sangat Kompleks, jadi saya Asumsikan perhitungannya seperti ini saja:
Spiritual Excel
Efek: +21% INT
- 17800 x 0.21 = +3738 INT
- 3738 x 0,5 = 1869 MATK
All Red Jade Magician: +16% MATK
Plate : +10% MATK
- 1869 x 1.26 = 2355 MATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 45000 + 2355 = 47355
Sylph Aid
Efek: +20% MATK
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
MATK Artillery Full Buff
- 45000 x 0.2 = 9000
Total MATK: 47355 + 9000 = 56355
Magic Attack Artillery Cap 90
Gearnya saya samakan dengan yang Cap 80, sehingga:
- MATK 45000
- Jumlah INT: 17800
Seperti yang saya katakan di paragraf pertama, Artillery pada Cap 90 mendapatkan peningkatan Konversi INT menjadi 1 INT = 1 MATK. Sehingga MATKnya akan meningkat sebesar:
- INT: 17800
- Peningkatan Konversi = 0.5 MATK
Peningkatan MATK:
- 17800 x 0,5 = 8900 MATK
- 8900 x 1.26 = 11214
MATK (No Buff) = 45000 + 11214 = 56214
Spiritual Excel
Pada Cap 90, Efek +INTnya dihilangkan T_T
Sylph Aid
Efek: +25% MATK (+5% Damage dari Cap 80)
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
MATK Artillery Full Buff
- 56214 x 1.25 = 67466
Magic Arrow
Board Damage
Cap 80: 629% + 18274
Cap 90: 369%
Perhitungan:
Cap 80: 6.29 x 56355 + 18274 = 372747
Cap 80: 6.29 x 56355 + 18274 = 372747
Cap 90: 3.69 x 67466 = 248950
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 372747 x 1.48 = 551666
Cap 90: 248950 x 1.32 = 328614
Cap 80: 372747 x 1.48 = 551666
Cap 90: 248950 x 1.32 = 328614
Jadi pada Cap 90 damage Magic Arrow berkurang 40%
Frag Arrow
Board Damage
Cap 80: 393% + 9789
Cap 80: 393% + 9789
Cap 90: 241%
Perhitungan:
Cap 80: 3.93 x 56355 + 9789 = 231264
Cap 80: 3.93 x 56355 + 9789 = 231264
Cap 90: 2.41 x 67466 = 162593
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 231264 x 1.48 = 342271
Cap 90: 162593 x 1.32 = 214623
Cap 80: 231264 x 1.48 = 342271
Cap 90: 162593 x 1.32 = 214623
Jadi pada Cap 90 damage Frag Arrow berkurang 37%
Swift Shot
Board Damage
Cap 80: 585% + 14473
Cap 90: 621%
Perhitungan:
Cap 80: 5.85 x 56355 + 14473 = 344150
Cap 80: 5.85 x 56355 + 14473 = 344150
Cap 90: 6.21 x 67466 = 418964
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 344150 x 1.48 = 509342
Cap 90: 418964 x 1.32 = 553032
Cap 80: 344150 x 1.48 = 509342
Cap 90: 418964 x 1.32 = 553032
Jadi pada Cap 90 damage Swift Shot meningkat 9%
Aerial Chain Shot
Board Damage
Cap 80: 192% + 2565
Cap 90: 196%
Perhitungan:
Cap 80: 1.92 x 56355 + 2565 = 110767
Cap 80: 1.92 x 56355 + 2565 = 110767
Cap 90: 1.96 x 67466 = 132233
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 110767 x 1.48 = 163935
Cap 90: 132233 x 1.32 = 174548
Cap 80: 110767 x 1.48 = 163935
Cap 90: 132233 x 1.32 = 174548
Rapid Shot
Board Damage
Cap 80: 209% + 10804
Cap 90: 287%
Perhitungan:
Cap 80: 2.09 x 56355 + 10804 = 128586
Cap 80: 2.09 x 56355 + 10804 = 128586
Cap 90: 2.87 x 67466 = 193627
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 128586 x 1.48 = 163935
Cap 90: 193627 x 1.32 = 174548
Cap 80: 128586 x 1.48 = 163935
Cap 90: 193627 x 1.32 = 174548
Jadi pada Cap 90 damage Rapid meningkat 34%
Guided Shot
Board Damage
Cap 80: 196% + 4540
Cap 90: 195%
Perhitungan:
Cap 80: 1.96 x 56355 + 4540 = 114996
Cap 80: 1.96 x 56355 + 4540 = 114996
Cap 90: 1.95 x 67466 = 131559
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 114996 x 1.48 = 170194
Cap 90: 131559 x 1.32 = 173657
Cap 80: 114996 x 1.48 = 170194
Cap 90: 131559 x 1.32 = 173657
Jadi pada Cap 90 damage Guided Shot meningkat 2%
Detonating Arrow
Board Damage
Cap 80: 1190% + 25637
Cap 90: 536%
Perhitungan:
Cap 80: 11.9 x 56355 + 25637 = 673190
Cap 80: 11.9 x 56355 + 25637 = 673190
Cap 90: 5.36 x 67466 = 361618
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 673190 x 1.48 = 996320
Cap 90: 361618 x 1.32 = 477335
Cap 80: 673190 x 1.48 = 996320
Cap 90: 361618 x 1.32 = 477335
Jadi pada Cap 90 damage Detonating Arrow berkurang 52%
Revolution Ballista
Board Damage
Cap 80: 7506% + 111267
Cap 90: 6321%
Perhitungan:
Cap 80: 75.06 x 56355 + 111267 = 4341273
Cap 80: 75.06 x 56355 + 111267 = 4341273
Cap 90: 63.21 x 67466 = 4264526
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 4341273 x 1.48 = 6425084
Cap 90: 4264526 x 1.32 = 5629174
Cap 80: 4341273 x 1.48 = 6425084
Cap 90: 4264526 x 1.32 = 5629174
Jadi pada Cap 90 damage Revolution Balista berkurang 12%
Perbandingan DPS Cap 80 dan 90
- Debuff terbaru Rapid Shot yaitu -20% Critical Resist
- Critical Resist Boss 60%
- Critical Chance Artillery 35%
- Damage Fatal Guided Shot menjadi 1.5x Guided Shot
- Cooldown Fatal Guided Shot adalah 16 detik
- Semua Skill Full Hit
Dari data di atas, DPS Artillery di Cap 90 dapat turun sebesar 6%.
Sniper
Status Conversion Change
Pada Update Cap 90 nanti, Sniper akan mendapatkan peningkatan konversi Status AGI dari 1 AGI = 0.5 PATK menjadi 1 AGI = 0.75 PATK. Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.
Status Conversion Change
Pada Update Cap 90 nanti, Sniper akan mendapatkan peningkatan konversi Status AGI dari 1 AGI = 0.5 PATK menjadi 1 AGI = 0.75 PATK. Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.
Physical Attack Sniper Cap 80
- PATK(tertinggi): 51576
- Jumlah AGI: 20792
Spiritual Excel
Efek: +21% AGI
- 20792 x 0.21 = +4366 AGI
- 4366 x 0,5 = 2183 PATK
All Red Jade Magician: +16% PATK
Plate : +10% PATK
- 2183 x 1.26 = 2750 PATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 51576 + 2750 = 54326
Sylph Aid
Efek: +20% PATK
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
PATK Artillery Full Buff
- 51576 x 0.2 = 10315
PATK Total: 54326 + 10315 = 64641
Physical Attack Sniper Cap 90
Gearnya saya samakan dengan yang Cap 80, sehingga:
- PATK(tertinggi): 51576
- Jumlah AGI: 20792
Peningkatan Status:
- AGI: 20792
- Peningkatan Konversi = 0.25 PATK
Peningkatan PATK:
- 20792 x 0.25 = 5198 PATK
- 5198 x 1.26 = 6550
PATK (No Buff) = 51576 + 6550 = 58126
Spiritual Excel
Efek: +27% AGI
- 20792 x 0.27 = +5614 AGI
- 5614 x 0,75 = 4211 PATK
All Red Jade Magician: +16% PATK
Plate : +10% PATK
- 4211 x 1.26 = 5306 PATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 58126 + 5306 = 63432
Sylph Aid
Efek: +25% MATK (+5% Damage dari Cap 80)
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
MATK Artillery Full Buff
- 58126 x 1.25 = 14532
Total PATK: 63432 + 14532 = 77964
Twin Shot
Board Damage
Cap 80: 148% + 7423
Cap 90: 131%
Perhitungan:
Cap 80: 1.48 x 64641 + 7423 = 103101
Cap 80: 1.48 x 64641 + 7423 = 103101
Cap 90: 1.31 x 77964 = 102133
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 103101 x 1.8 = 185581
Cap 90: 102133 x 1.7 = 173626
Cap 80: 103101 x 1.8 = 185581
Cap 90: 102133 x 1.7 = 173626
Jadi pada Cap 90 damage Twin Shot berkurang 6%
Charge Shot (Update)
Board Damage
Cap 80: 620% + 16911
Cap 90: 1109%
Perhitungan:
Cap 80: 6.2 x 64641 + 16911 = 417685
Cap 80: 6.2 x 64641 + 16911 = 417685
Cap 90: 11.09 x 77964 = 864621
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 417685 x 1.8 = 751833
Cap 90: 864621 x 1.7 = 1469855
Cap 80: 417685 x 1.8 = 751833
Cap 90: 864621 x 1.7 = 1469855
Jadi pada Cap 90 damage Charge Shot meningkat 96%
Ankle Shot
Board Damage
Cap 80: 208% + 5369
Cap 90: 223%
Perhitungan:
Cap 80: 2.08 x 64641 + 5369 = 139822
Cap 80: 2.08 x 64641 + 5369 = 139822
Cap 90: 2.23 x 77964 = 173860
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 139822 x 1.8 = 251680
Cap 90: 173860 x 1.7 = 295562
Cap 80: 139822 x 1.8 = 251680
Cap 90: 173860 x 1.7 = 295562
Jadi pada Cap 90 damage Ankle Shot meningkat 17%
Aerial Chain Shot (Update)
Board Damage
Cap 80: 192% + 2565
Cap 90: 169%
Perhitungan:
Cap 80: 1.92 x 64641 + 2565 = 126676
Cap 80: 1.92 x 64641 + 2565 = 126676
Cap 90: 1.69 x 77964 = 131759
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 126676 x 1.8 = 228016
Cap 90: 131759 x 1.7 = 223991
Cap 80: 126676 x 1.8 = 228016
Cap 90: 131759 x 1.7 = 223991
Jadi pada Cap 90 damage Aerial Chain Shot berkurang 2%
Siege Stance (Update)
Board Damage
Cap 80: 762% + 21736
Cap 90: 838%
Perhitungan:
Cap 80: 7.62 x 64641 + 21736 = 514300
Cap 80: 7.62 x 64641 + 21736 = 514300
Cap 90: 8.38 x 77964 = 653338
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 514300 x 1.8 = 925741
Cap 90: 653338 x 1.7 = 1110675
Cap 80: 514300 x 1.8 = 925741
Cap 90: 653338 x 1.7 = 1110675
Durasi Siege Stance meningkat dari 8 detik menjadi 10 detik, berarti ada kemungkinan tambahan 2x serangan, sehingga perhitungannya menjadi:
Cap 80: 925741 x 7 = 6480187
Cap 90: 1110675 x 9 = 9996075
Jadi pada Cap 90 damage Siege Stance meningkat 54%
Arrow Shower (Update)
Board Damage
Cap 80: 66% + 320
Cap 90: 64%
Perhitungan:
Cap 80: 0.66 x 64641 + 320 = 42983
Cap 80: 0.66 x 64641 + 320 = 42983
Cap 90: 0.64 x 77964 = 49897
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 42983 x 1.8 = 77370
Cap 90: 49897 x 1.7 = 84825
Cap 80: 42983 x 1.8 = 77370
Cap 90: 49897 x 1.7 = 84825
Jadi pada Cap 90 damage Arrow Shower meningkat 10%
Cheating Point (Update)
Board Damage
Cap 80: 7.74% + 30948
Cap 90: 542%
Perhitungan:
Cap 80: 7.74 x 64641 + 30948 = 531269
Cap 80: 7.74 x 64641 + 30948 = 531269
Cap 90: 5.42 x 77964 = 422565
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 531269 x 1.8 = 956285
Cap 90: 422565 x 1.7 = 718
Cap 80: 531269 x 1.8 = 956285
Cap 90: 422565 x 1.7 = 718
Jadi pada Cap 90 damage Cheating Point berkurang 25%
Arrow Barrage
Board Damage
Cap 80: 152% + 2333
Cap 90: 181%
Perhitungan:
Cap 80: 1.52 x 64641 + 2333 = 100587
Cap 80: 1.52 x 64641 + 2333 = 100587
Cap 90: 1.82 x 77964 = 141115
Bulls Eye + Arrow Barrage
Cap 80: 100587 x 1.8 = 231351
Cap 90: 141115 x 1.7 = 310453
Cap 80: 100587 x 1.8 = 231351
Cap 90: 141115 x 1.7 = 310453
Jadi pada Cap 90 damage Arrow Barrage meningkat 34%
- Buff terbaru Aerial Chain Shot : Critical Resist -20%
- Critical Resist Boss 60%
- Critical Chance Sniper 89%
- Semua Skill Full Hit
- Wind Shot diasumsikan 20 Hit dan Cooldown 15 detik
Dari data di atas, DPS Sniper di Cap 90 dapat naik sebesar 90%.
Kesimpulan
- Critical Resist Boss 60%
- Critical Chance Sniper 89%
- Semua Skill Full Hit
- Wind Shot diasumsikan 20 Hit dan Cooldown 15 detik
Dari data di atas, DPS Sniper di Cap 90 dapat naik sebesar 90%.
Jika tidak memperhitungkan DPS Wind Shot maka DPSnya naik sebesar 49%
Kesimpulan
Setelah melalui perhitungan yang rumit akhirnya diperoleh hasil yaitu DPS Artillery dapat turun sebesar 6%, sedangkan Sniper dapat naik hingga 90%. Kenaikan yang sungguh luar biasa dapat dialami oleh Sniper. Kenaikan itu sebagian besar dipengaruhi oleh Charge Shot. Damage Charge Shot yang naik sebesar 96% membuat Damage/DPS Wind Shot semakin besar pula. Sehingga dengan Asumsi Wind Shot 20 Hit dan Cooldown 15 detik, dapat meningkatan DPS Sniper sebesar 41%.
Seperti yang saya katakan di kalimat awal Post ini, DPS Sniper masih kurang stabil. Beberapa Skillnya masih bergantung pada ukuran dan pergerakan Boss. Hal itu diperparah dengan Casting Time beberapa Skillnya yang lumayan lama, seperti Siege Stance (10 detik), Arrow Shower (6 Detik) dan Arrow Barrage (4 detik). Berbeda dengan Artillery yang memiliki Skill dengan Casting Time dan Cooldown Skill lebih cepat. Jadi saya sih menganggap Boost ini sangat wajar untuk Sniper.
Bagaimana pendapat kalian??
Seperti yang saya katakan di kalimat awal Post ini, DPS Sniper masih kurang stabil. Beberapa Skillnya masih bergantung pada ukuran dan pergerakan Boss. Hal itu diperparah dengan Casting Time beberapa Skillnya yang lumayan lama, seperti Siege Stance (10 detik), Arrow Shower (6 Detik) dan Arrow Barrage (4 detik). Berbeda dengan Artillery yang memiliki Skill dengan Casting Time dan Cooldown Skill lebih cepat. Jadi saya sih menganggap Boost ini sangat wajar untuk Sniper.
Bagaimana pendapat kalian??
ane masi bingung gan ama skill siege stance instant
ReplyDeletesiege stance durasi 10 detik 8-9 hit tanpa spirit apa lah itu yg naikin AS
jadi kalo kita cast fake shot lalu trigger inst siege nanti jadi 1 panah rasa 10an panah ato masi butuh klik'' gt yah gan?
Cukup 1x Klik aja keluat SIngle Hit dengan Rasa Full Hit..
Deletegan klo ngitung dps comparison diitung juga gan SELF buff debuff job elemental attack sama job non elemental biar bandingin dps per jobnya lebih enak, btw itu ripper sama raven blom termasuk dps elementalnya kan, baru dps non elementalnya kan ?
ReplyDeleteLoh ini bukan Comparison..
DeleteIni cuman Analisis Update Cap 90 nanti aja
Yang dibandingin kan Board Damage Skill Cap 80 vs 90
Jadi, kalau dah Compare Board Damage Skill yang pengaruh cuman PATK/MATK aja..
Soalnya kan yang berubah % PATK/MATK skillnya..
Mangkanya saya gak pakai Element"an, karena hasilnya pun akan tetap sama..
usul nih itung juga dong skill ex instannya cukup ngaruh juga loh ke damage output contohnya siege stance(SS) ex instan yg sekali tembak lgs 7 hit (full hit) beda dgn SS biasa/SS ex yg harus full duration + kena semua baru full hit ex instan arty juga ngaruh ke damage outputnya buff 5% damage + 10 FGC (yg berarti FGA lebih bisa lebih sering di cast)
ReplyDeleteIya sih dah banyak yg bilang gitu..
DeleteNanti saya coba perhitungkan deh..
om Ramdan minta link emulator gearnya dong
ReplyDeleteSebenernya dari Gambarnya aja udah keliatan Link Websitenya..
DeleteCuman sekrang udah gak bsa d akses lagi
Seperti Job bangkit dari Kematian sekarang Sniper menjadi Ratu DPS >_< Menyusul Raja dari DA tinggal menunggu apakah Sniper akan Bertahan masa kejayaan nya Kita lihat saja ? yuhu Silver Hunter akan mucul kemudian ^^
ReplyDeletesayangnya DA di nerf habis2an di cap 90
DeleteHooh.. DA kena Nerf..
DeleteAKU SMAKIN SUKA SNIPER <3 SAYANGNYA DAMAGE WINDBLAST LBIH KERASA SAAT BOS DRAGON DENGAN UKURAN GEDE BSA SMPEK 3 BAR DI BDN. salam dri DNINA ALTHEA
ReplyDeleteKalo untuk RAID NEST bawa Sniper memang GG tapi kalo menurut saya untuk Nest biasa atau pun dungeon BB atau pun semacam nya cukup
DeleteBB pun di nerf habis2an dibuat makin susah stack fury + enchanted CS dikurangi jadi 500%
DeleteYa BB kena Nerf juga tuh..
DeleteSniper kayanya udah spesialis Raid Nest..
Kalau buat Nest" yg ukuran bossnya kecil agak2 ribet
nanya nih, cara mkek rain of arrow yg pas jraknya gmna? susah,,, trus bunga snipr katanya bsa nambah FD, nah itu hrus kena letupan spora bunganya yg dilingkaran apa dri jauh jg kena efek? skali2 update critanya DN donk stiap job, maklum bru 6 bulan main game gnian
Deletewaduh kalau itu sih musti sering2 latihan dan uji coba, segimana range yang pas buat Rain of Arrow..
DeleteBuffnya otomatis dapat pas kita pake skill Bunganya..
Wah cerita apa nih, saya sering cerita2 dikit/curhat masalah job di setiap post kok..
Kalau 1 Post bikin cerita sndiri dan jadi novel :P
CP duration 20s, CD 13s serius? permanen fd +50% dong
ReplyDeleteYups kalo dilihat penjelasan nya permanent but realy ? >_<
DeleteItu salah ngetik kayanya..
Deletewkwkwkw
Soalnya kalau diperhatiin Skill Lv sama CDnya sama" 13..
Thx kk udah buatin untuk class Bow Master
ReplyDeleteSama"
DeleteDi neft tapi % DA lihat sendiri lah dan 1 lg DA full Fire + FD = IMBA Coyyyy
ReplyDeleteSemua char kalau pake Full FD pasti IMBA
DeleteDamage arty memang sedikit diturunkan sebagai kompensasi peningkatan 1 INT= 1 MATK nasib serupa pun dialami ML yg diturunkan sedikit karena alasan yg sama
ReplyDeleteYap, rata" orang cmn liat turun Damage Skillnya aja..
DeleteTapi gak liat Conversi Statusnya
jir bener kan dugaan gw, sniper bisa jdi top dps, gila 0.o
ReplyDeletekan gak konsisten DPSnya :P
Deleteberita terahir CS sniper diturunkan 30% damageya sekarang skitar 1300% still strong thought
ReplyDeleteYapp.. nanti deh di Update sekalian..
Deletemin numpang tanya, board damage skill yg cap 90 emang gak ada damage bonus ya??
ReplyDeletedamage bonus yg setelah %amp itu maksudnya
Semua Bonus damagenya dihilangkan..
Deletesob situ masih bisa makek dn simmulator ? ane kok kgk bisa itu linknya beberapa bulan ini
ReplyDeleteSayangnya udah gak bisa dipake
DeleteKemaren waktu buat buat DA (yg notabene job gbungan seluruh class warrior); ternyata ada 4 slot kosong dibawahnya. Bro Ramdhan barangkali ada bocoran apakah slot tersebut buat job hybrid archer?
ReplyDeletenumpang bantu jawab gan,, kalo gak salah buat archer nanti hybrid classny silver hunter gan
Deleteitu kayanya slot machina dan hunter..
DeleteMalahan developernya lg bikin job cabang dari lancea,
bukannya cooldown fatal guide shot itu 5 detik tapi harus diaktifin dengan 20x critical hit?
ReplyDeleteato emang berubah sekarang cooldownnya makenismenya di cap 90?
Cooldownya emang 5 detik ko, tapi dengan Kritikal Resist Boss Cap 80/90 yang besar, jadi agak susah buat ngumpulin Bubble Kritikalnya.. Mangkanya saya asumsikan cooldownnya sekitar 16 detik (16 detik sekali baru bisa ke kumpul 20 Bubble, dengan syarat semua skill lainnya Full Hit). Kenyataannya sih bisa lebih lama lagi kalau di Nest 80..
Deletesolusinya gampang pake stuning shot krit atau g lgs dapet 10 bubble
DeleteWKwkw itu Cap 90 kan
DeleteSecara besaran masuknya damage ke momon ane lebih prefer ke sniper karena jika kita memilih jadi sniper user, boss atau monster yang terus gerak bukan jadi faktor untuk nge-less. Selain perbedaan damage, bermain sniper dan artil juga memeiliki perbedaan dalam style maennya, jika anda terbiasa dengan sniper maka pegang job skill spammer semacam artil/elemental lord menjadi tidak sulit. Overall, pihak perancang game DN sudah menjadi lebih bijaksana dalam hal ini. Sniper menurut saya memiliki tingkatan beramain yg lebih sulit ketimbang artillery tapi dgn damage yg lebih besar juga. Sebaliknya, skill artillery memiliki cakupan aoe yang lumayan untuk hit momon dan lebih sedikit melakukan kegiatan manuver ketimbang sniper. So tidak ada salahnya mencoba artillery jika bener2 blank dengan job hunter/bowmaster, but sniper seems legit.
ReplyDeleteYap bener banget,
DeleteSetuju banget dah
Eyedentity PHP mana janji lu yg pernah bilang "longer cast time bigger damage" dasar developer g kompeten
ReplyDeletewind shot di nerf gw bisa ngerti tapi sampe CP di nerf juga?????? sniper emang gg kalau lawan naga tapi medicore buat nest sekarang malah dinerf semua skill hadehhh
Deleteupdate job priest dong min :D
ReplyDeleteSabar~
DeleteAnalisisnya priest dong kk
ReplyDeleteAnalisisnya priest dong kk
ReplyDeleteanalisis buat acro kapan kk?
ReplyDeleteBisa ditunggu.. heheh
Deletepasti acronya copo ya
ReplyDeletesampe ga ada ss nya
ckckckck
Ish kan situ yang gak mau Gear Acronya :P
Deletegan itu gear simulatornya webnya apa dah? kok di gw down
ReplyDeleteYap Webnya Down udah lama banget
Deleteitu CD fatal guided shot 16 dtk brti klo misal
ReplyDeleteabis keluarin fatal arrow trus sebelum 15dtk blm bisa fatal lagi apa gmn?
Asumsi itu, agar mempermudahkan perhitungan aja
DeleteFatal Guide kan berdasarkan gimana cepatnya kamu ngumpulin Bubble Kritikal..
Nah di atas itu, cooldown 16 detik itu maksudnya saya asumsikan Artillery setiap 16 detik bisa mengumpulkan 20 Bubble untuk cast FGS.
Asumsi cooldown itu aslinya bisa berbeda" kok, tergantung keseringan/ketepatan kamu pakai skill, % kritikal kamu dan kritikal resist Boss/monsternya.
oh makasih mz kirain CD satu FGS ke FGS selanjutnya 16 dtk xD
DeleteSaya nunggu skill build tempest gan haha, mudahan aja admin ngupdate hehe
ReplyDeleteUpdate sih selalu, cuman butuh waktu aja..
DeleteSoalnya saya gak bisa Update semua Skill Build dalam satu hari sekaligus.. T_T
Siap gan, pokoknya ane nunggu aja hahaha.. thanks admin :D
ReplyDeletegan nanya nih, saya punya sniper sama moonlord
ReplyDeletemau dijadiin itemnya, kirak-kira antara sniper sama moonlord jadi DPS bagusan mana ya gan?
Dilihat dari potensi DPSnya, Sniper punya DPS yang oke sih, cmn sangat tergantung dengan ukuran dan pergerakan boss..
Deletemenurut saya sih, kalau buat RDN/RDN HC enak pilih Sniper, tapi kalau untuk Nest2 biasa yang ukuran bossnya mini2 mending Moonlord aja.
dps tertinggi cap 90 sniper gan ?
ReplyDeletesepertina
Deletenanya donk bang. untuk build arti lv 90.
ReplyDeleteberhubung cap 90 ini damage stiap class diambil dari main attack power, Seperti moonlord kalo pake impact punch pake MATK.
Apa bisa nyolong2 dikit treenya snip? berhubung charged shot dan siege dpt boost. trima kasih
Wkwkwkwkw khusus Artillery aturan itu dah berlaku dari Cap 80 lalu..
DeleteCuman dulu klau mau mengubah Skill Fisik ke Magic harus pake Buff Magical Breeze dlu..
Nyolong skill Snip bole2 aja tapi cari yang pas dan sesuai sama Gameplay..
Kalau di Game PLay saya sih, kurang cocok sama Siege Stance atau Chage Shot ^^
bang mau nanya itu skill tree di bow master yang arah artillery itu jadi PATK atau tetep MATK
ReplyDeletesoalnya tulisannya cuma Magic Arrow
ga kayaq di skill tree Paladin tertulis jelas "Magic Damage:" dan "Physical Damage", di skill nya cuma tertulis "Magic Arrow"
kalo misalnya jadi PATK Scoope Arrow atau Tracking Arrow bijak ga kalo gwe fullin di sniper
rencananya ditingkatin kalo PATK berhubungan gwe maen sniper di pve/nest kabur-kaburan dan selalu jarak jauh
tolong dijawab bang, galau maximal nih, kalo Magic Arrow maksudnya MATK ya ningkatin Twin Shot aja
Thx a lot!
Selain di Paladin kayanya job lain dah ga da tulisan PATK/MATK, diganti sama Damage...
DeleteJadi Magic Arrow di Sniper ya jd PATK
Scope + Tracking kalau ada SP sih oke2 aja..
(Kayanya sih SPnya terbatas banget)
oh berarti fix berubah PATK ya? soalnya macem Sting Breezer aja di SEA sekarang jadi PATK (dan banyak pemain SB yang ngeluh, mungkin gegara jade, talisman dan heraldy terlanjur int)
Deletesip makasih banyak
Gan mau nanya nih..
ReplyDeletebgusan sniper apa artillery di cap 90 ini? saya masi bimbang antara 2 job ini
Bingung Bagus apanya nih..
DeleteKalau Bagus DPSnya sih Sniper
Kalau Gameplaynya saya lebih suka Artillery
Kamu pilih de
gan, artillery msh bsa boost gk di cap 90 ini?
ReplyDeletebelum ada kabar
DeleteBang ramdan.. Kalo sniper Pake Paketan RDN+ELMENT(LIGHT)
ReplyDelete?. Dammagenya apakah akan meningkat pesat??
Gan mau nanya saya ada job silver hinter dan sniper lebih baik jadikan yang mana? Dan dri segi dps mana yang bagus?
ReplyDelete