Horeee..akhirnya sampai juga di Analisis Class terakhir. Terimakasih ya buat teman-teman yang sudah setia menunggu giliran, hehehe. Setelah ini saya bisa lebih fokus lagi membuat Skill Build. Tolong jangan meminta saya membuat DPS Chart untuk Cap 90 ya, karena sudah tidak sanggup lagi. Semua Posting Analisis Class bukan untuk mencari siapa DPS terbaik, tetapi untuk mengetahui berapa peningkatan/pengurangan Potensi DPS terbesar untuk masing-masing Skill per Job. Dengan itu kalian bisa melihat Skill apa yang memiliki Potensi DPS besar di Cap 90, sehingga bisa membantu kalian merancang Skill Build sendiri.
        Kembali ke pembahasan awal, Class terakhir yang saya akan analisis adalah Screamer (Dark Summoner dan Soul Eater). Kedua job ini sudah mulai jarang saya jumpai di dunia per PVE-an. Berbeda dengan dunia PVP, selama 3 bulan ini saya perhatikan jumlah Soul Eater dan Dark Summoner meningkat di Ladder DN SEA. Apakah mereka memang asli tukang santet atau hanya dukun musiman. Yang pasti setelah mendapatkan kabar bahwa salah satu Screamer Class mendapatkan Boost cukup besar di Cap 90, saya jadi lebih sering melihat tukang santet ditengah kota. Disinilah nikmatnya memiliki semua Job, saya tidak perlu menjadi player musiman yang sangat niat sampai Change Job.
       Diantara semua Kali Class, saya paling suka dengan Dark Summoner sejak pertama muncul. Saya sangat menyukai Dark Summoner dari gameplay PVPnya bukan PVE. Soalnya di PVE damagenya memang kurang terasa atau teman guild saya bilang "cuman buat potong kuku boss doang" T_T. Sempat di Boost besar-besaran tidak membuat Dark Summoner menjadi Top DPS atau mengalahkan DPS mainstream lainnya. Malahan Boost itu memperburuk kondisi DS di dunia PVE, karena masalah Buff terbarunya yang sangat Boros MP. Dark Summoner saya pun harus saya istirahatkan sampai Developer melakukan pengurangan konsumsi MP untuk Buffnya itu. Kabar gembira itu datang di Patch Note 90 yang lalu, saya melihat jumlah konsumsi MPnya dikurangi. Saya ingin uji coba konsumsi MPnya, tapi apa daya malas leveling DS di DN INA. (Buat yang sudah mencobanya boleh kasih info dong)
      Dark Summoner masih lebih beruntung dibandingkan Soul Eater. Sejak cap 50-80, Soul Eater belum mendapatkan Boost yang berarti/besar. Lebih menyedihkan lagi, ketika banyak player yang masih tidak tahu tentang Buff, Debuff dan Skill dari Soul Eater. Saya pun harus menjelaskan kelebihan dari Soul Eater hanya untuk diterima di Party, walaupun beberapa kali tetap tidak berpengaruh banyak. Patch Note Awal di DN Korea membuat saya kecewa, karena peningkatan damage Soul Eater masih nanggung. Kesabaran pengguna Soul Eater membuahkan hasil dengan patch Soul Eater Boost beberapa bulan kemudian. Saya yakin pengguna Soul Eater akan terpuaskan dengan peningkatan damagenya.



     Awalnya saya kira Saint akan memangkan Vote untuk hari ini, tapi secara tiba-tiba Light Fury berhasil menyusul. Kasusnya mirip ketika membuat Skill Build Dark Avenger, padahal beberapa jam sebelum Vote untuk Inquisitor lebih unggul. Beberapa orang bilang agar saya lebih cepat mengupdate Skill Buildnya. Mimpi saya sih ketika bangun tidur tiba-tiba semua Post Skill Build sudah ada di Blog (hehehehe). Intinya saya harap teman-teman sedikit bersabar karena membuat Post Skill Build/Analisis itu butuh waktu. Saya takut salah membuat Skill Build seperti kemarin, sampai ada yang kerugian Reset Skill.
      Saya sarankan jangan langsung percaya sama Skill Build yang saya Share. Kalian harus mengecek ulang lagi terutama masalah kecocokan Gameplay. Jika merasa ragu-ragu baca sampai komentar-komentarnya, biasanya disana sering ada saran-saran dari player lain. Saya berterimakasih juga buat teman-teman yang sudah bantu koreksi atau memberi masukan. Cukup curhatannya mari kita bahas Light Fury.
    Light Fury merupakan salah satu Healer unggulan di Cap 80. Bagaimana tidak disebut unggulan, LF memiliki buff damage, minus damage, element dan Heal yang besar. Itu dulu tapi sekarang (cap 90), beberapa Buff dan Healnya yang dikurangi (baca: Bringer Class Analysis). Hal ini membuat pengguna LF merasa khawatir posisinya akan digantikan oleh Saint (gantian dong). Dalam pembahasan Skill Build kali ini saya akan memberikan data DPS Skill dan beberapa pilihan Skill Build.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: ATK + AGI atau Light + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build

Build ini saya peruntukan untuk Pure PVE player.

Kenapa saya menyisakan 30 Skill Point?
Karena saya akan memberikan kalian pilihan Skill DPS-nya

Saya tidak mau asal-asalan merekomendasikan DPS Skill yang bagus di Cap 90. Oleh karena itu, saya akan memberikan Daftar perhitungan DPS Skill:

Equip/gear yang saya gunakan masih sama dengan postingan Bringer Class Analysis yaitu untuk Light Fury Tipe PATK.

Keterangan:
1. Biru = Skill di Assassin Tree
2. Orange = Skill dengan Light Attack
3. Ungu = Skill dengan Dark Attack

Mari kita mulai berdongeng...

Fan of Edge vs Piercing Strike vs Shadow Hand (Level 26)

Fan of Edge
Beberapa hari lalu ada yang bertanya Skill DPS apa yang mengalahkan Fan of Edge di Assassin Skill Tree? secara Full Hit DPS tentunya tidak ada yang mengalahkan Fan of Edge, tapi jangan lupa itu hanya perhitungan di atas kertas. Kenyataan dalam Nest, beberapa orang kesulitan untuk melakukan Full Hit FoE karena posisi kita harus berdekatan dengan musuh. Jika kalian sudah biasa dan lihai dalam menggunakan Fan of Edge, saya sarankan tetap menaikan Fan of Edge. Full Hit Fan of Edge adalah 6 Hit dan masing-masing hit sama dengan Board damagenya. Saya akan memperinci perhitungan DPSnya:
- 1 Hit = 14.491
- 2 Hit = 28.982
- 3 Hit = 43.473
Nah, kena 3 Hit saja DPSnya hampir sama dengan Piercing Strike Full Hit. Oleh karena itu, saya selalu menempatkan Fan of Edge sebagai pilihan pertama di Assassin Skill Tree.

Piercing Strike
Piercing Strike bisa menjadi pilihan berikutnya jika kamu merasa kurang cocok dengan Fan of Edge. Damagenya memang tidak terlalu besar tapi mekanik skillnya jauh lebih mudah. Kalian tidak perlu harus berdekatan dengan Boss untuk Full hit, yang perlu kalian lakukan hanya melempar Shuriken dari jauh.

Shadow Hand
Di Cap 80, Shadow Hand memiliki DPS yang lebih baik dibandingkan Cap 90. Sayangnya nerf/pengurangan DPS juga dialami oleh Shadow Hand. Pada level 6, Shadow Hand mendapatkan tambahan 25% damage, namun DPSnya tetap tidak bisa mengalahkan Piercing Strike dan Fan of Edge.

Kenapa tidak menaikan MP Recovery?
Hmm, Saya fikir Light Fury bukan Job yang boros MP


Outbreak vs Illusion Strike vs Night Exploison vs Plasma Burst vs Shadow Focus

Inilah alasan saya menyisakan 30 Skill Point, karena masih bingung bin galau memilih mana yang paling enak digunakan untuk Skill DPS. Saya harus memilih 2 Skill dari 5 Skill di atas

Outbreak 
Saya sempat optimis karena Outbreak mendapatkan peningkatan Board Damage, tapi ternyata tidak dapat mendongkrak posisinya ke TOP 5 DPS. Ironisnya Potensi DPS Outbreak malah kalah dengan semua skill di Line Abyss Walker.

Illusion Strike
Siapa yang menyangka Top DPSnya Abysswalker bisa menjadi TOP DPS juga untuk Light Fury (tipe PATK). Walaupun skill ini memiliki Potensi DPS yang besar, saya masih ragu-ragu. Alasannya adalah Illusion Strike lebih efektif untuk Single Target (satu musuh).

Shadow Focus
Ingin tahu kenapa Shadow Focus bisa berada di posisi ke 4, karena cooldownnya menjadi sangat cepat yaitu 5 detik. Ini berarti jika kamu menggunakan skill ini setiap 5 detik maka potensi DPSnya akan sama dengan yang di atas.  Dibandingkan dengan lllusion Strike, Shadow Focus memiliki Area yang lebih luas. Tugas kamu hanya harus pintar merotasi skill yang memiliki Dark Burn, agar Shadow Focus bisa diguanakan setiap 5 detik. Satu hal yang perlu diingat, jika kamu memilih Shadow Focus maka kamu harus menggunakan Skill Ring +1 agar Damagenya lebih maksimal.

Night Exploison vs Plasma Burst
Jujur sampai artikel ini dibuat pilihan saya tertuju antara Night Exploison dan Plasma Burst. Keduanya memiliki area serangan yang lumayan luas dan Casting time yang cepat. Plasma Burst malahan memiliki Iframe dan sering saya gunakan untuk menghindari serangan musuh. tetapi DPSnya berbeda lumayan jauh dengan Night Explosion.

Masih galau? mari kita analisis lebih dalam lagi untuk Dark Skill di atas



Dari data di atas, saya mempunyai tiga pilihan:
1. Night Explosion + Plasma Burst (Prioritas utama)
2. Night Explosion + Shadow Focus
3. Night Explosion + Illusion Strike

Kenapa saya terus memberi kalian pilihan?
Karena saya lebih menyukai diskusi masalah Skill Build dibandingkan saya harus langsung memberikan Skill Buildnya.

Summon Shadow
Bayangan ini memang sudah berada di Top 3 DPS Light Fury sejak cap 80. Sebagain besar pengguna Bringer tidak mengetahui sebenarnya berapa damage dari Shadow ini. Berdasarkan informasi dari forum KDN,  damage terbesar Summon Shadow adalah 1980% (Dark Damage) + 5432% (Light Damage). Angka tersebutlah yang saya masukan dalam perhitungan di atas.

Ring Strike EX
Pada Cap 80, Ring Strike bisa menjadi TOP DPS skill untuk Light Fury. Damagenya berdasarkan pada jumlah Hitnya. Pada tabel di atas saya menggunakan total 20x Hit (nilai rata-rata). Saya belum yakin berapa Total Hit maksimal dari Ring Strike, karena dibeberapa percobaan saya pernah sampai 26 Hit. Jika kamu berhasil menggunakan Ring Strike sampai 24-26 setiap kali cast, maka skill ini akan tetap menjadi TOP DPS Light Fury. Jangan lupa menggunakan Skill +1 untuk Ring Strike ya.

Line of Darkness
DPSnya memang tidak begitu besar tapi dari cap 80 saya sudah biasa menggunakannya.

Pact of Ajna
Summon yang satu ini agak sulit menghitung potensi damagenya, karena skillnya sangat kompleks. Beberapa orang bilang kalau Izuna Drop Cat = 1x Board Damage dan melempar Shuriker = 2.5x Board Damage. Saya pernah mencoba menghitung potensi damagenya dengan cara menghitung damage total yang bisa Ajna lakukan dalam 1 menit. Setelah uji coba sebayak 3x , saya mendapatkan perkiraan DPS Pact of Ajna lv 1 adalah {(1.5 x PATK) x Dark Attack}. Mungkin ada di antara kalian yang pernah uji coba?

Dark Conviction
Saya heran dengan Board Damage skill ini di Cap 90 yaitu 3128%. Apakah pihak developer lupa kalau Dark Conviction Full hit = 12.5x Board damagenya. Berarti potensi damage terbesarnya adalah 3128% x 12.5 = 39100%, waduh melebihi Bug Miracle relic :P.

Sunshine Spark
Skill yang Potensi DPSnya di diskon lebih dari 60%. Kecewa sih, karena Sunshine Spark adalah skill andalan saya untuk PVE di Cap 80. Berharap pihak developer terketuk pintu hatinya untuk menaikan kembali Damagenya,

Akhirnya Dongeng Build pertama selesai..

Build Pure PVE sudah, sekarang saat memberikan Skill Build kedua..


Build ini saya gunakan untuk PVE + Ladder/PVP

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar untuk Build ini, soalnya energi sudah terkuras oleh Build pertama.

Triple Edge + Shadow Hand (6) + Piercing Strike (6) + Dirty Trick (6)
Perlengkapan Skill untuk kombo di PVP. Shadow Hand (Level 6) memiliki Super Armor Break besar, Piercing Strike 2x (Level 6) bisa digunakan untuk menjatuhkan lawan atau mencicil dari jauh, Triple Edge bisa dikombo dengan Piercing Strike dan Dirtry Trick (Level 6) bisa mengangkat musuh yang terjatuh.

Ring Strike 
Peningkatan damage Ring Strike per-level di PVP memang tidak terlalu besar, tapi saya gunakan build ini untuk PVE juga. Oleh karena itu, saya tetap menaikannya sampai MAX untuk membantu DPS di PVE.

Healing of Ajna
Jumlah healnya memang menjadi imut-imut yaitu 0.4% HP per 2 detik, tapi di PVP lumayan berguna untuk membantu Heal dan menghalau serangan musuh seperti Tracking Arrow dll.

Illusion Strike
Kalian bisa memilih antara Illusion Strike, Night Explosion dan Plasma Burst. Dari Cap 80, saya selalu menaikan Illusion Strike level 16/max untuk Bringer PVP.  Perbedaan damage antara level 1 dan 16/max lumayan besar dan jarak serangannya juga jauh (lumayan buat nyicil).

Line of Darkness
Skill yang pedih di PVP terutama bagi Low Def Job, seperti Majesty, Smasher dkk.

Dark Conviction
Sama dengan Ring Strike, Dark Conviction saya gunakan untuk PVE saja, sedangkan untuk PVP lebih baik menggunakan Ring of Energy.


Skill Heraldry
PVE (DPS):
- Chakra Miracle (cooldown)
- Ring Strike (damage)
- Line of Darkness (damage)
- Dark Conviction (damage/cooldown)

PVE (Support):
- Chakra Miracle (cooldown)
- Chakra of Healing (cooldown)
- Chakra of Energy (cooldown)
- Chakra of Cure (cooldown)

Ladder/PVP:
- Chakra Miracle (cooldown)
- Line of Darkness (damage)
- Sunshine Spark (action speed)
- Chakra of Energy (heal rate)

      Penggemar Priest Class (Saint dan Inquisitor) dari kemarin ada yang protes karena Analisis Classnya tidak muncul-muncul. Sesuai urutan awal Cleric Class memang ada di dua terakhir. Kebetulan juga hari ini hasil Vote Skill Build yang memang itu Saint. Jadi sebelum saya membuat Skill Buildnya lebih baik menganalisisnya dulu sebagai pemanasan.
      Saint dan Inquisitor merupakan salah satu job Healer yang popularitasnya naik turun. Priest Class sudah menjadi Healer sejak Cap 24, lalu pada Cap 50 dan 60 Saint berhasil megambil posisi Healer utama di Nest atau Raid. Posisi Saint mulai tergeser dengan kehadiran Light Fury dan memaksa beberapa Saint harus vakum. Pihak Developer sudah berusaha membantu dengan Saint Boost di Cap 80, tetapi pada saat itu masih belum bisa menandingi Light Fury. Patch 90 membangkitkan harapan baru untuk Saint karena Healer Job dibuat lebih imbang. Dari komentar teman-teman di Blog malahan ada yang bilang Saint merupakan job DPS di Cap 90. Penasaran kan kenapa mereka sebut Saint job DPS?
     Inquisitor memiliki nasib yang agak berbeda. Setelah popularitasnya naik di Cap 80 lalu dengan menjadi Support untuk Light Party, karena memiliki Buff, Debuff dan Heal. Bahkan Debuffnya dulu bisa mencapai 60% Light Resist. Sayangnya di Cap 90 maksimal Debuff (Element Resist, Kritikal Resist dan Damage) hanya 20% dan tidak bisa Stacking. Selain itu pengurangan jumlah Heal juga membuat posisi Inquisitor lebih sulit. Saya menduga Developer ingin membuat Inquisitor menjadi DPS job, seperti yang dialami oleh Elestra (Cyromancer). Nah yang jadi pertanyaan adalah apakah Inquisitor memiliki amunisi yang cukup untuk menjadi DPS? mari kita analisis bersama-sama.


     Hujan-hujan gini enaknnya bahas yang panas-dingin. Saya akan kembali membahas tentang Analisis Elemental Lord Class. Elemental Lord terdiri dari dua job yaitu Elestra (Cyromancer) dan Saleana (Pyromancer). Seharusnya Postingan ini selesai kemarin, cuman karena dah pusing liat angka jadi ditunda hari ini.  Saya perhatikan hasil Vote skill build selalu berubah-ubah dan ketat. Saya jadi ingin cepat-cepat menyelesaikan Posting Analisis supaya bisa lebih fokus membuat Skill Build. Apalagi seminggu ke depan akan banyak waktu kosong, karena DN SEA belum Update Cap 90.
     Diantara Elestra dan Saleana, saya lebih sering menggunakan Elestra untuk Raid/Nest biasa. Gara-gara keseringan pakai Sorceress jadi dapat julukan Tante. Kemampuan Ice Stacking yang membuat saya betah pakai Elestra, karena kerjaan saya hanya merotasi skill Freeze saja alias gabut. Pada Cap 80, Elestra hanya membutuhkan HP dan Defence yang besar dan tidak perlu menempa Senjata sampai +10-13-an (Hemat mode). Ketika Patch Note 90 keluar saya Spechless karena skill yang biasa saya pakai untuk Solo Daily/Nest dihapus yaitu Frozen Burst, selain itu Shield ada durasi dan cooldown. Yang paling buruk adalah hilangnya kemampuan Ice Stacking, ice resist debuff dan pengurangan damage dari Freeze Status. Saya tidak membayangkan bagaimana perasaan Elestra saat ini.
     Perubahan di Elestra membuat saya mulai melirik Char Saleana saya yang ada di daftar koleksi Char. Harap maklum ya, terakhir saya memfokuskan Equip untuk Saleana adalah ketika Cap 50, selanjutnya saya jatuh cinta dengan Elestra sampai hari ini (Sebelum DN SEA Patch 90). Melihat Patch Note untuk Saleana, saya melihat ada harapan baru dengan Boost Skill dan Buffnya. Dan lagi-lagi Developer membuat kesal karena dua Skill Pasif utama Saleana di Nerf beberapa bulan setelah Update Cap 90 DN Korea (kayanya DN INA sudah yang versi Nerf). Intinya kedua Job ini membuat saya pesanaran bagaimana nasibnya di Cap 90 ini.


      Ketika melihat hasil Vote kemarin sore saya sempat khawatir karena melihat Inquisitor berada di posisi pertama. Soalnya saya belum mulai ngetik Analisis untuk Priest Class. Untungnya pas bangun pagi tadi Dark Avenger ada di posisi pertama, walaupun saya bingung membuat buildnya. Bagaimana tidak bingung, hampir semua Skill Dark Avenger kena pengurangan (Nerf). Kalau tidak percaya coba lihat beberapa teman yang sudah mulai  curhat masalah Damage DA di kolom komentar Posting Analisis Sword Master Class.
      Kebanyakan pengguna Dark Avenger kecewa dengan penurunan Damage di Cap 90. Saya sih tidak begitu kecewa, toh penurunannya hanya sekitar 30% saja kan. Dark Avenger sudah mengalami penurunan yang lebih parah sebelum Cap 90 yaitu hilangnya  Duplikator +170% Damage dari Doom Blade. Keputusan Developer menghilangankan Duplikator Damage itu karena Bug Doom Blade + Summon Puppet yang bisa menghasilkan Damage Milyaran. Saya pernah iseng hitung pengaruh hilangnya Duplikator Damage untuk DPS DA. Ternyata penghapusan itu menurunkan potensi DPS DA sebesar 40%-an. Jadi kasarnya sih Dark Avenger ketika pertama muncul memiliki potensi DPS lebih besar 70% dibandingkan di Cap 90.
       Daripada meratapi penurunan ini lebih baik kita mencari solusi terbaik untuk memaksimalkan Damage Dark Avenger, misalnya dengan menggunakan Gear, Jade dan Skill Build yang tepat. Disini lah saya akan memberikan masukan tentang Dark Avenger Skill Build Level 90. Saya akan mencoba membahasnya dengan gaya baru (tidak seperti cap 80 lalu). Selain itu, banyak teman yang meminta saya memasukan rekomendasi Jade dan Heraldy.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT
Weapon: FIRE + PATK + VIT
Ring: FIRE + PATK + VIT
Earring + Necklace:STR + VIT

Kenapa tidak menggunakan jade AGI?
Dari Cap 80 saya sudah menggunakan Jade STR dan tidak merkomendasikan AGI untuk Dark Avenger. Alasannya adalah:
1. Skill pasif Dark Mastery yang bisa meningkatkan STR hingga 90%.
2. Kritikal Resist Boss Nest 80 adalah 60%

Di Cap 90, Status Conversion STR mendapatkan peningkatan dari 1 STR = 0.5 PATK menjadi 1 STR = 0.75 PATK, sedangkan 1 AGI = 0.25 PATK.

Update itu membuat penggunaan Jade Wind semakin kurang tepat. Saya akan coba hitung secara kasar saja:
Full STR vs Full AGI
Asumsikan:
STR = 30000
AGI = 30000
PATK:
Full STR = 0.75 x 30000 =  22500
Full  AGI = 0.25 x 30000 = 7500
Anggap kemungkinan kritikal untuk Full AGI adalah 100%, maka:
Full STR; 22500
Full AGI: 7500 x 2 = 15000

Perhitungan di atas masih belum memperhitungkan Pasif Dark Mastery (+90% STR), Critical Damage dan Critical Resist.

Berarti Dark Avenger yang main Kritikal jelek ya?
Saya tidak menyebutkan Dark Avenger tipe Kritikal itu jelek ya, tapi caranya mengejar kritikalnya harus tepat, misalkan menggunakan:
1. Skill Ring Opt Element + Kritikal
2. Heraldry 3rd Opt Kritikal
3. Khusus Ekstrem Player bisa menggunakan Jade STR + Krtikal (No Vit/HP)

Bisa juga memanfatkan Skill Dark Avenger.
Level 4: +3200 Kritikal
Level 5: +6200 Kritikal
Level 6: +11480 Kritikal

Heraldy + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shining (Ironwall), Fatal, Wind/Ultimate.


Skill Build

Build PVE ini yang saya gunakan untuk Cap 90.

Circle Break 
Penjelasannya bisa dibaca di Lunar Knight Skill Build saja ya, hehehehe.

Sebelum memasuki pembahasan Skill di Avenger atau Dark Avenger, mari kita cek dulu tabel dari Postingan  Analisis Sword Master Class:

*Perhitungan di atas ketika berubah menjadi Dark Avenger.

Avenger Force
Skill ini memang sudah kehilangan debuff untuk meningkatkan 28% Damage, tetapi sebagai Dark Avenger tetap wajib menaikannya Max + 1 agar cooldown skillnya lebih cepat.

Graves
Skill ini menjadi Top DPS Skill untuk Dark Avenger di Cap 90. Di Cap 80 kalian tahu kan kalau Grave memiliki 2 mekanisme serangan? cara pertama adalah yang normal dengan 2x klik kiri/kanan, sedangkan cara kedua adalah 1x klik kiri/kanan lalu ditahan.  Perbedaan mekanisme pertama dan kedua adalah damagenya. Mekanisme pertama memiliki 1.5x Board damage, sedangkan kedua 2x Board Damage. Angka DPS Grave di atas adalah untuk mekanisme yang kedua atau 2x Board Damage. Lalu bagaimana jika menggunakan Mekanisme pertama?
- (1096289/2) x 1.5 = 822217
Tetap saja Grave masih memiliki DPS tertinggi kan. Potensi DPSnya bisa semakin besar kalau kalian menaikannya sampai Level 21.

Dark Stinger
Penurunan Damage Dark Stinger di Cap 90 ini membuat Potensi DPSnya dengan Graves menjadi lumayan jauh. Walaupun seperti itu, Dark Stinger masih tetap menduduki posisi ketiga jadi masih layak untuk dinaikan. Selain itu Dark Stinger memiliki Debuff + 20% Damage juga.

Piercing Crescent
Potensi DPSnya menduduki posisi ke 4, tetapi masih meninggalkan permasalahan. Masalahnya adalah agak susah mendapatkan Full Hit Damage (54 Hit). Hal itulah yang membuat damage Piercing Crescent tidak stabil, sehingga membuat beberapa orang hanya menggunakannya untuk mencari Kritikal. Saya sih tetap menaikannya Max, soalnya potensi DPSnya masih lumayan baik.

Doom Blade
Saya sudah bilang di awal posting kalau Doom Blade ini skill yang paling banyak dikurangi. Pertama efek Duplikat Damagenya dihilangkan dan kedua Board Damagenya diturunkan. Hal ini membuat DPSnya turun jauh bila dibandingkan di awal kemuncula Dark Avenger. Berdasarkan tabel di atas, DPS Doom Blade malah menempati posisi 2 terbawah, sehingga saya rasa kurang begitu layak untuk menaikannya.

Vengeance Storm
DPSnya memang tidak begitu besar, tetapi mempertimbangkan Area serangan dan Casting Timenya saya pikir Skill ini tetap layak dinaikan.

Death Knell
Kalian mungkin heran kok bisa DPS Death Knell sebesar itu. Perhitungkan di atas adalah Full Hit Damage, sedangkan Death Knell Full Hit itu sama dengan 21x Board Damagenya (bahkan masih bisa lebih). Potensi DPS yang sebesar itu hanya bisa kalian lakukan di Boss yang berukuran besar. Apabila ukuran Bossnya sedang atau kecil maka DPSnya pasti akan turun.

Dark Riser
Skill yang terlihat biasa saja ini ternyata memiliki DPS yang lumayan besar juga. Setiap kenaikan level Skill maka Cooldown Dark Riser akan berkurang 1 detik. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan DPS maksimal untuk Skill ini kalian bisa menaikannya ke Level 11 (Peak Level).

Dark Suffering
Skill yang mirip dengan Flash Stance (LK) ini sayangnya bukan merupakan Skill INS untuk Dark Avenger. Damagenya meman sudah besar dari Cap 80, tetapi durasi skill untuk Full Hitnya agak lama yaitu 7 detik. Skill ini sangat cocok dipakai pada saat kita tidak sedang berubah menjadi Dark Avenger. Soalnya dengan lama Stance 7 detik, kalian bisa memilih DPS lain yang lebih efektif seperti Graves atau Dark Stinger.

Dark Avenger
Saya sudah bahas kegunaan skill ini untuk mengejar Kritikal di atas.

Dark Crash
Mantan TOP DPS Skill ini harus rela turun ke posisi kedua setelah damagenya dikurangi lumayan besar. Saya sering melihat pengguna DA yang suka menggagalkan Cast Dark Crash ditengah. Sayang sekali padahal damage Full Cast dengan Cancel Cast berbeda 2x lipat. Saya juga kadang-kadang suka Cancel Cast, tapi disaat melihat musuh akan lari dari Area serangan.

Soul Cutter INS
Instant Skill untuk Dark Avenger ini adalah satu-satunya skill yang mendapatkan Boost. Jika menaikan Step Blade level 1, maka kalian bisa melakukan 2x Soul Cutter dalam 25 detik. Sehingga secara DPS skill ini bisa merebut posisi pertama (Jika Graves menggunakan Mekanisme pertama). Lalu kenapa saya menaikannya sampai level 6 saja? masalahnya tentu di Skill Point yang kurang. Damage level 6 tidak begitu beda jauh dengan level 9 (MAX), kecuali kamu niat untuk menaikan skill ini sampai level 11. Jika ingin MAX bisa dengan mengurangi Graves ke Level 16, lalu skill pointnya digunakan untuk menaikan Soul Cutter.


Build terakhir saya adalah tipe PVE dengan sentuhan PVP

Circle Break + Rising Slash + Impact Wave + Swipping Kick Level 6
Keempat Skill itu sangat cocok untuk memperlancar kombo di PVP. Penjelasannya masih sama dengan Lunar Knight Skill Build .

Doom Blade
Berhuung di DN SEA belum Cap 90 dan saya belum sempat Patch DN INA, jadi saya masih belum mencoba damage Doom Blade di Cap 90. Sejauh ini sih Fungsi Doom Blade masih sama dengan Cap 90 yaitu untuk mengankat musuh ke udara. :P


Heraldry Skill
Tipe PVE:
1. Avenger Force (Cooldown)
2. Shadow Focus (Cooldown)
3. Dark Crash (Damage)
Optional: Graves, Dark Stinger, Piercing Crescent (Damage)

Tipe Hybrid
1. Avenger Force (Cooldown)
2. Shadow Focus (Cooldown)
3. Side Kick (Action Speed)
Optional: Dark Riser (Action Speed), Dark Crash (Cooldown)


Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home