FLURRY SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)


       Hari ini saya akan mencoba membuat Flurry Skill Build Level 80 (PVE). Sejujurnya, membuat Skill Build Flurry tidak sesulit dan membingungkan ketika saya coba membuat Skill Build Sting Breezer. Selain itu, saya sudah dilengkapi dengan data-data seperti Lancea Skill Description dan Damage Comparison. Sehingga data tersebut bisa saya gunakan untuk bahan pertimbangan dalam memilih dan menaikan Skill.
       Berdasarkan data dari Game Master Dragon Nest SEA, pada 2 Minggu peluncuran Lancea di DN SEA. pengguna Flurry lebih sedikit dibandingkan Sting Breezer dengan selisih yang tidak begitu jauh. Flurry yang merupakan job Melle dengan normal attack membuat beberapa orang khawatir mengenai masa depannya di Nest/Raid. Memang diskriminasi job masih melanda dunia per DN-an ini agak mengkhawatirkan. Sebagai Melle Job, Flurry memiliki keunggulan di Buff Party yang hampir permanen yaitu Scar Maker (+40 serangan) dan Wall Maker (-28% serangan yang masuk). Selain itu ada pula Buff sendiri untuk meningkatkan 15% Action/Movement Speed dan 50% Final Damage (Seperti , Cheating Point Sniper).


FLURRY SKILL BUILD





     Sebelumnya, kalian bisa melihat Video Skill Deskripsi dari Flurry. Video ini bisa berguna untuk memaksimalkan DPS kalian.






Flurry Skill Build
Flurry Skill Build

Cross Cutter lv 26:
Pada Lancea Damage Comparison, Cross Cutter lv 26 berhasil menduduki peringkat 5 DPS tertinggi pada Flurry ketika Full Buff. Oleh karena itu, saya tidak memiliki alasan untuk tidak menaikan skill ini.

Hornet Touch lv 1:
Hanya sebagai skill penolong saya ketika dalam keadaan terpojok. Hornet Touch bisa menahan serangan yang masuk ketika kita menggunakannya. Memang durasi Stance/cast Hornet Touch tidak begitu lama, yaitu hanya kurang dari 1 detik. Sehingga kalian perlu menggunakannya pada waktu yang tepat, jika tidak maka akan sia-sia saja.

MP Recovery lv 6:
Kalian boleh tidak menaikannya sampai level MAX. Saya menaikannya MAX hanya karena khawatir terhadap regenerasi MP Flurry di Nest atau Ladder. Mungkin nanti saya akan melakukan test regenerasi MP dengan Equip Low Gear.

Harmonize lv 1:
Buff yang bisa membuat status (INT,STR,AGI) kalian sama rata, sesuai dengan status yang paling besar. Flurry sangat diuntungkan dengan skill ini, karena ATK dan MATKnya akan naik ketika menggunakan Harmonize.

Shutter Bounce lv 19:
Skill ini memiliki cooldown yang cepat dan board damage yang besar. Sehingga bisa masuk ke dalam posisi 6 DPS Skill di Flurry.

Stab Screw lv 1:
Stab Screw EX memiliki kemampuan untuk mengurangi super armor musuh dan kritikal resis. Sayangnya, board damagenya tidak begitu besar, sehingga posisi DPSnya bisa kalah dengan Skill di Sting Breezer Line. Oleh karena itu, saya tidak menaikannya sampai level max.

Spinning Cut lv 16:
Spinning Cut merupakan skill yang membuat saya nyaman solo dungeon menggunakan Flurry. Board Damage dan Areanya sangat besar untuk skill level 24. Kelemahan skill ini adalah memiliki casting time Full Board yang lumayan lama yaitu 3 detik. Namun itu terselematkan oleh Spinning Cut EX yang bisa melakukan Full Board lebih cepat yaitu 2 detik. Caranya adalah dengan melakukan Cast sampai Stage 2 lalu tambahkan Special Attack dan damagenya pun akan sama dengan Full Cast atau Stage 3. Spinning Cut EX S3 atau S2+ menduduki peringkat 2 DPS terbaik di Flurry.

Lollipop Chups lv 15 (+1):
Skill dengan board damage yang besar dan iframe 0.4 detik. Saya menyarankan untuk Flurry harus menggunakan Skill Ring +1 untuk Lollipop Chups. Karena damagenya pada level 16 masuk ke peringkat 4 DPS.

Spinning Swing lv 13:
Saya awalnya jarang sekali menggunakan skill ini, mungkin karena terlalu asik dengan Spinning Cut kali ya. Spinning Swing EX merupakan skill yang lumayan aneh dalam perhitungan Board Damagenya. Jika kalian melakukan Full cast 5x putaran maka kalian hanya akan mendapatkan 5x Board damage dan 5 detik pengurangan cooldown. Sedangkan jika kalian melakukan 4x putaran + menekan Special Attack maka kalian akan mendapatkan 8x Board Damage. Cara kedua yang paling sering saya lakukan, karena mendapatkan ekstra 3x board damage lebih berguna daripada mengurangi 5 detik cooldownya. Oh ya kegunaan lain skill ini yaitu bisa mengumpulkan musuh berukuran mini (seperti Eclipse Swordmaster).

Fling Sky lv 2:
Skill ultimate ini memiliki Board Damage yang tidak terlalu besar. Namun memiliki Debuff yang lumayan berguna yaitu mengurangi 10% Def dan membuat musuh Vulnerable (berguna untuk skill level 45 Flurry). Yang membuat saya sebal adalah durasi debuffnya hanya 5 detik dan itu terlalu
singkat.

Erratic Power lv 6:
Buff untuk meningkatkan Action + Movement Speed dan Final Damage kalian. Final Damagenya tidak masuk ke dalam status, namun damage yang keluar akan ditambahkan.

Scar Maker lv 5 (+1):
Buff untuk meningkatkan Patk dan Matk kalian. Buff ini bisa disebut Permanen Buff bagi Lancea, karena Cooldownnya lebih cepat dibanding durasinya.

Wall Maker lv 5:
Buff untuk mengurangi serangan yang masuk, seperti Transitional Damage Engineer.

Flag lv 1:
Skill ini memiliki Iframe 0.3 detik dan bisa menjadi Ekstra Tumble atau skill serangan fisik. Ekstra Tumble bisa kalian lakukan dengan menekan Special attack setelah cast skill. Sedangkan serangan fisik dengan cara menekan tombol normal attack ketika cast.

Buzz Off lv 1:
Skill Counter Attack untuk Lancea dengan menekan special attack ketika terkena hit musuh.

Rushing Blade lv 1:
Serangan Tumble + Normal attack, damagenya tidak terlalu besar.

Hovering Blade, Spear Hand, Piercing Strike dan Fling-Fling lv 1:
Ke empat Magic Attack skill ini saya jadikan persyaratan saja.  Saya pernah mendengar atau membaca chat mengenai Fling-Fling di Flurry yang katanya skill wajib Max. Saya tidak setuju dengan pendapat itu, karena Sting Breezer saya saja masih berfikir antara menaikannya ke lv 11 atau lv 1. Secara DPS pun Fling-Fling tidak terlalu besar di Sting Breezer apalagi di Flurry.

Dent Blow lv 1:
Skill galau berikutnya. Beberapa teman saya merekomendasi skill ini Max untuk Flurry, katanya DPSnya sangat besar. Oke mari kita lihat kembali Lancea Damage Comparison, pada full buff DPS Dent Blow Max bahkan masih kalah dengan Spear Hand Max. Secara DPS memang Dent Blow lebih unggul dibanding Stab Screw EX. Oleh karena itu, biar adil saya tidak menaikan keduanya dan lebih memilih Cross Cutter Max, karena posisi DPSnya berada di peringkat 5.

Spinning Skewer lv 4:
Pada level 45, mungkin kalian akan bertanya-tanya apa kelebihan Skill ini. Board damagenya tidak begitu besar, namun cooldownnya sangat cepat. Jika kalian baca pada keterangan lanjutannya, maka akan tertulis Damage Spinning Skewer akan bertambah 10x lipat pada musuh yang Vulnerable Status. Saya pun kecewa, karena Vulnerable Status hanya bisa di dapatkan dari Skill Ultimate, itupun hanya 5 detik dengan cooldown 125 detik. Untungnya ada pasif level 65 yang sangat membantu yaitu bisa membuat musuh Vulnurable selama 2 detik dengan kemungkinan 5%. Sehingga membuat Spinning Skewer bisa menjadi Top DPS di Flurry.

Rough Sweep lv 11:
Rough Sweep EX skill yang mirip dengan Hurricane Gust Blade Dancer. Tidak tahu kenapa, saya merasa lebih kesulitan dalam mengatur arah Rough Sweep EX. Secara DPS skill ini memang tidak terlalu spesial, karena hanya berada di posisi 8.


Skill Plate:
1. Lollipop Chups (+20% Damage)
2. Spinning Cut (+20% Damage)
3. Spinning Swing (+20% Damage)
4. Harmonize (-20% Cooldown)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

46 comments:

  1. Cara pake Buff Eratic power gimana ya ? Soalnya pas dah hampir 9 Fatique ( Mungkin ) Lamgsung w matiin buff-nya karna -50% M.Speed + Reduce 2% damage-nya

    ReplyDelete
  2. wkwkwwkwwk ya saya juga biasanya gitu
    Cmn kalo di party ada LF atau healer bole di aktifin trus, cmn agak slow aja jalannya..

    BTW, itu bukan reduce damage tp HP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Buat Solo Duge/Nest Gimana ? Apa bagus klo di aktifin trus?

      Delete
    2. Kalo Solo Dungeon, saya biasanya pake cara yg pertama..
      Dipake sampe Fatigue 10, trus matiin tunggu 10 detik dan aktifin lagi.

      Kalau monster biasanya tidak terlalu sulit, saya pake pada saat di mini boss atau boss.. Agar kombo serangannya menjadi lebih sakit

      Delete
  3. rekomendasi kombonya om, saya mau bikin kesimpulan buat kombo ane sendiri enaknya gmna, tapi harus liat/ tau kombo orang lain dulu saya mh wkwk , thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih gaakk yaa..
      Nanti saya Upload deh

      Delete
    2. nanti ya,, nunggu kuota malam.. ;(( ;(( ;((

      Delete
    3. Kombo PVE/PVP ya?
      Soalnya kalau PVE udah ada videonya di Post2 terbaru
      PVP ada Videonya di Facebook

      Delete
    4. coba buka Facebooknya aja nih

      https://www.facebook.com/pages/Dragonesia/914455168582849?ref=hl

      Delete
  4. jd gan buat nest pve baik nya ambil job apa flury atau sting brezer?

    ReplyDelete
  5. skill build dr level kecil ada ga?? :-? :-? :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe,,
      ini pasti Efek leveling ya,,
      Ngasal dulu sebenarnya gpp sih, apalagi di DN INA yang Reset Skill melimpah..

      Pokoknya kalau Lving Sting Breezer naekin Line Flurry dolo tp Max lv 1 aja, kecuali Lollipop Chups yg bole lebih dari 1.

      Delete
    2. om kenapa kok stab screw gak di upgrade tapi kok ngambil exnya? minta infonya lebih jelas hehe
      kalo update stab srew skill lainnya gk bisa lv max ya?

      Delete
    3. Syarat EX levl 55 kan ambil EX xlevel 48, jadi sebenernya gak da hubungan dengan Level Skillnya.

      Stab Screw itu Skill yang paling rendah DPSnya di antara Line Flurry, bisa di Check di Lancea Damage Comparison, peringkat berapa DPS Stab Screw.

      Delete
    4. gan kalo flurry bagusan pake jade bear apa agi? banyak yg bilang full agi. tp gw udh terlanjur full bear. gimana? lebih bagus dan menguntungkan yang mana?

      Delete
    5. Full Bear aja..
      Soalnya 1 Agi cmn nambah 0.25 ATK, Sedangkan 1 Bear 0.5 ATK
      Mungkin mereka yg main AGI mau naikin kritikalnya juga,
      Tapi yah di Cap 80 Kritikal resisnya gede, jadi saya sih lbh milih maen Bear + Element (buat nest)

      Delete
    6. jade elemen ditaruh mana si? weapon sama second weapon apa di ring? pake destruction juga nggak?

      Delete
    7. Kalau ECJ khusus di MAIN Weapon..
      Jade Element biasa kaya Light Jewel dll bisa di Main-2nd Weapon dan Ring..

      Kalau kamu maen ECJ ya gak perlu Destruc..
      Destruc khusus Flurry yang main Pure Atk Power..

      Delete
    8. oh iya iya
      om tanya tanya lagi :D
      LF sama saint/phsycian lebih bagus yg mana?

      Delete
    9. bagus apanya nih
      Kalau support blum ada yg bisa ngalahin LF sampai detik ini..

      Saint vs Physician sih buat healer bagusan Saint, Support DPS bagusan Physician..

      Delete
    10. LF itu bisa jd healer juga kan?
      kalo buat damage LF termasuk gede gak?
      elemennya apa yaa? terimakasih

      Delete
    11. LF itu ya Best Healernya DN..
      Damage sih gede kalau dia maen Full DPS..
      tapi kebanyakan perannya di party kan jadi support

      Elementnya sih Light, kalau saya sih maen Attack power

      Delete
  6. mas skill plate harmonize itu tukar plate pocket lvl berapa?
    1. Lollipop Chups (+20% Damage) plate pocket lv.32
    2. Spinning Cut (+20% Damage) plate pocket lv.24?
    3. Spinning Swing (+20% Damage) plate pocket lv.32
    4. Harmonize (-20% Cooldown) plate pocket lv.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plate untuk level dbawah 16..
      itu yg posisinya paling atas dan pouchnya warna putih

      Delete
  7. Gan, tolong post equip build Lancea Flurry dong, bingung nih ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheehehe Malu ih.. Liat aja di Video Equip saya masih biru2..

      Biasanya sih pake Full Set Asteroid atau Baju-Kaki pake Set Ladder dan Senjata Asteroid..
      Ringnya: Skill RIng atau Destruc Downy
      Ear+Neck: Bear Downy

      Delete
  8. bozz.. menurut km klo flurry ku maen crit bagus kaga di cap 80 ? crit nya udh 50% k atas.. crit resistnya 89% -.- tu full wind jade namun plate 70 crit.. klo 80 plate mnngkn agak gede dikit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow Berarti maen AGI ya..
      Pendapat saya aja ya
      Flurry maen AGI di Cap 80 agak kurang aja, soalnya d NEST 80 Bossnya punya Kritikal Resist 60%. Jadi ntar agak jarang-jarang keluar Kritikalnya.

      Saya sih lebih suka main Full STR + Element, kalau mau ditambah Kritikal bisa dari Ring, Plate atau Set Equip Dll..

      Delete
  9. kapok dah maen AGI kaga ada rasa nya di VN abyss -.- untung jade str masih tersimpan :D hohohohoho udh buat yg laen jdi main AGI jgn besarin Critical ntr buang" gold :v wwokwokwowkwokw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe..
      Itu blum Patch terbaru loh,,
      Patch terbaru 1 STR = 0.75 PATK dan 1 AGI = 0.25 PATK..

      Delete
  10. gan kalo skill build yang bisa buat pve sama pvp gmana yah ? trus herald flurry sama kaya para pemain attck power apa ngga ? butuh herald mana sama mana regen ngga ? jadenya gmana ?

    maap kbanyakan soalnya takut salah beli :v

    ReplyDelete
  11. mas tolong donk build untuk heraldy jade sama talisman nya donk untuk job flury...

    ReplyDelete
    Replies
    1. - JADE -
      Armor: Bear + Life Vit
      Weapon & Ring: Bear + Destruc (Pure Attack) atau Light/Dark (Element Party)
      Ear + Neck: Life Vit

      -Talisman-
      Bear, Destruc, Health, Wind, Life Vit, Ironwall, Tent, Fatal

      Delete
    2. urutan talismannya mas ane lupa hehehe
      makasi sebelumnya :D

      Delete
    3. Bear, Destruc
      Health, Wind
      Life Vit, Ironwall
      Tent, Fatal

      Kalau saya sih gini..

      Delete
  12. sama heraldrynya belom mas ramdan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bear, Destruc, Health, Wind, Life Vit, Ironwall(Shinning), Tent, Fatal

      Delete
  13. gan, punya mods skill flurry ga? biar skill job flurrynya keliatan kuning2nya di badan bukan di kepala? soalnya kalo di kepala susah gan liatnya :( apa lagi kalo ad boss gede, thanks b4

    ReplyDelete
  14. mas, ganti job ke 2 biar nanti Job ke 3 nya flurry apa? itu flurry klau di DN INA namanya apa?

    makasih :D

    ReplyDelete