TIPS LEVELING LANCEA (DRAGON NEST INA)

     Tiga hari ini saya Full Online di Dragon Nest INA. Niatnya sih cuman iseng Leveling Lancea sambil isi waktu aja. Eh ternyata malah terima banyak curhatan di DN INA, terutama masalah Leveling. Kebanyakan sih bertanya, kok saya bisa leveling ngebut padahal tidak online lebih dari 20 Jam. Kejadian unik sih, pas saya disuruh cerita cara levelingnya, malah dibilang bohong T_T. Strategi dasar levelingnya sih hampir sama seperti Leveling Lancea di DN SEA, cuman ditambah sedikit modifikasi.
     Saya perhatikan juga, kebanyakan para pembuat Lancea belum memahami cara penggunaan skill yang baik. Contoh kasusnya ada beberapa anak Guild yang bertanya apa skill DPSnya Mystic Lance (Sting Breezer), ketika saya jawab Piercing Strike EX malah pada bingung. Ini bukan salah mereka juga sih, soalnya Piercing Strike EX memang tidak memiliki damage besar jika tidak dikombinasikan dengan Poking Beehive EX. Sedangkan Poking Beehive EX baru didapatkan setelah Level 80. Oleh karena itu, sebelum menggunakan Lancea kalian harus benar-benar mengerti mekanisme penggunaan Skillnya dulu di  Lancea Skill Description.



Level 1-16

Perkenalkan dulu, ini Lancea saya di Dragon Nest INA, Server Altea.




     Baru membuat char baru di Dragon Nest INA, saya sudah kena tipu GM. Ini karena memang saya malas baca pengumuman patch DN INA sih, jadinya saya tidak tahu kalau Returnee Heroes Versi INA itu tidak ada EXP dan Drop Rate Tittle. Padahal saya sangat berharap itu ada di DN INA, soalnya bagi player yang ingin leveling tanpa modal (seperti saya), EXP dan Drop Rate Tittle sangat membantu. Setidaknya saya bersyukur, dapet Senjata Epic Gratis sampai level 70, tambahan Buff Atk 10%, Pet dan Trading House Tiket Sebulan.  Tahu kelebihan Senjata Epic dari Returnee Heroes? damagenya lebih besar daripada Epic Biasa/Set yang sama Levelnya.



   Masalah Returnee Heroes selesai, selanjutnya adalah mencari Guild yang bersedia menerima kalian leveling. Saya harus menunggu hampir setengah jam untuk mencari Guild lv 25++ dan akhirnya ada juga yang bersedia. Setelah mendapatkan Tittle dan EXP Scroll (dari masuk guild), agar lebih cepat saya menggunakan Premium Gwarnet sehingga ada tambahan EXP lagi. Persiapan awal selesai dan saatnya memulai leveling, biasanya urutannya seperti ini:
  • 1-5 Frost Wind Valley
  • 5-8 Frost Wind Forest
  • 8-10 Hall of Marian
  • 10-16 Sigh Canyon
Note: Leveling 1-16 tidak perlu Gear Equip, cukup pakai Tittle saja. Setelah level 16, langsung lakukan Quest berubah Job, NPC Questnya ada di dekat Merchant May.


Level 16-24

     Masih sama dengan sebelumnya, saya melakukan leveling di Fairystar Magic Laboratory (Master Mode) sampai level 24. Kalian perlu sedikit Gear Up yaitu  Armor dan Second Weapon minimal Magic (Hijau) dan ditempa sampai +6.  Senjata bisa menggunakan pemberian dari perubahan job dan ditempa sampai +6 juga. Jika merasa tidak kuat, cobalah bermain hati-hati atau mencari teman Duet. Hasil dari Leveling itu (Jika Solo), kalian akan mendapatkan lumayan banyak Rough Agate yang bisa kalian jual untuk modal.


Level 24-32

     Disini lah Gameplay untuk Player tanpa modal akan diuji. Ujian pertama adalah membuat Equip 24, saya memutuskan untuk menggunakan Elf dari Kepala sampai kaki dan Senjata Epic dari Returnee Heroes. Semua Equipnya tidak saya tempa, karena harga Rough Altheumnya sangat mahal untuk Newbie. Selanjutnya lakukanlah Leveling di Flooded Down Stream (Master Mode). Beberapa teman Guild saya tidak percaya, bagaimana Equip yang tidak di tempa bisa kuat di FOD Master? ingat ya, Equip Epic Returnee Heroes memiliki damage lebih besar dari Epic Biasa. Selain itu, pengalaman Leveling dan Gameplay kalian sangat penting. Sebenarnya Flooded Down Stream (Master Mode) tidak terlalu sulit untuk Lancea, karena pada level 24 Lancea sudah memiliki Spinning Cut yang damage dan areanya sangat besar.


Level 32-40

      Saatnya kalian memulai melakukan Leveling di Abyss Mode. Dungeon yang saya pilih masih sama dengan sebelumnya yaitu  Flooded Down Stream (Abyss Mode). Kenapa? karena EXPnya sama saja dengan Gate to Death City (Master Mode). Pastinya kalian merasa khawatir, karena tidak mungkin melakukan Leveling dengan Equip tanpa ditempa. Itulah gunanya saya melakukan Solo Flooded Down Stream (Master Mode), karena dari sanalah ada kemungkinan Equip level 32 Rare (Biru) akan Drop. Dan itu bisa kalian manfaatkan untuk leveling di tahap ini. 
     Strategi saya adalah menggunakan Kepala,Baju dan Celana Rare (Biru) Level 32 dan ditempa sampai +3 (Hemat Agate). Kaki dan tangan masih menggunakan Elf tanpa ditempa hanya untuk mendapatkan Bonus Set saja. Sedangkan senjata bisa menggunakan Epic 32 dari Returnee Heroes atau menempa senjata Rare (Biru) level 32 sampai +6. Saya sih milih senjata Biru, karena kebetulan ketika leveling dari 24-32 dapat senjata biru itu. Selain itu, saya tidak mempunyai Ordinary Altheum dan harganya juga mahal di TH.
    Setelah semua persiapan selesai, persiapkan Gameplay terbaik kalian dan berdoalah. Semoga saja akan sering Gold Bunny dan Drop Skill Plate untuk Lancea. Jangan lupa, bawalah Key of Dimesional minimal 20-40 buah agar bisa mengumpulkan Fragment Dimensional Gem. Bagi player yang ingin menjadi Mystic Lance, saya sarankan untuk tidak meningkatkan Skill Magicnya dulu. Skill Spear Maiden, sangat berguna untuk menyelesaikan tahap ini (calon-calon reset skill). Biar lebih meyakinkan saya berikan Videonya.




Level 40-46
     
     Saya yakin dari Leveling Tahap sebelumnya kalian sudah mendapatkan Modal yang cukup banyak, seperti High Plate level 32 dan Ordinary Altheum. Jangan buang sia-sia Altheum kalian untuk menempa di Tahap ini. Saya hanya mengganti sepatu dan tangan dengan Set Manticore (Ditempa +3) sehingga akan sedikit lebih aman untuk Leveling. Sedangkan senjata menggunakan Epic dari Returnee Heroes dan ditempa sampai +6 (Jika kalian bukan Returnee Heroes, bisa membeli Senjata Epic di Wonderful Theme Park Shop). 
      Dungeon yang saya pilih adalah Gate to Death City (Abyss Mode). Jangan pernah merasa putus asa dan pesimis kalau tidak akan kuat leveling disana. Kalau saya saja bisa seharusnya kalian juga pasti bisa melakukannya. Saya leveling hanya sampai Level 46 dan selanjutnya pergi ke Lotus Marsh untuk berubah Job. Jangan lupa ambil Jade atau Heraldy yang kalian butuhkan.


Level 46-50
    
     Pada tahap ini, kalian sudah pindah kota ke Lotus Marsh untuk mengambil Quest Perubahan Job. Jangan lupa mengambil semua Quest yang tersedia di Lotus Marsh, termasuk Daily Questnya. Kalian hanya perlu Fokus menyelesaikan Quest Perubahan Job dengan memasukin Dungeon Master Mode. 
Lancea hanya akan disuruh melakukan 3x Quest di Dungeon Master yaitu Dragon Follower Base, Ancient Library dan West Ancient Armory. Setelah berubah job, kalian hanya perlu melanjutkan menyelesaikan Daily Quest dengan masuk ke dua dungeon sisanya. Biasanya dengan cara ini kalian akan mencapai level 48-49. Sangat nanggung bukan? berhubung saya agak malas balik ke  Gate to Death City (Abyss Mode). Saya memilih Refreshing Leveling di Wonderful Theme Park sampai level 50, sekaligus mencari kupon untuk menukar senjata Epic (Saya gunakan untuk level 60).


Level 50-60
     
      Persiapan untuk Leveling dari 50 ke 60 adalah  mengganti Kepala, Baju dan Celana dengan Epic Set Level 50 (Biasanya Totem) dan ditempa sampai +3-4 (hemat mode). Senjata menggunakan Epic dari Returnee Heroes/Wonderful theme park shop. kemudian ditempa sampai +6 (Untung harga Altheumnya murah meriah). Jangan lupa mengisi Equip kalian dengan Jade level 40/50, soalnya itu sangat membantu kalian Leveling.
      Dungeon yang saya pilih adalah Riverworth Ruin (Abyss Mode).  Bagi Spear Maiden (Flurry) Leveling di tahap ini tidak terlalu sulit, karena memang memiliki banyak skill serangan yang damagenya besar. Lalu bagaimana nasib Mystic Lance (Sting Breezer)? saya sedikit prihatin sih, cuman para Mystic Lance harus tetap berusaha. Saya berikan Tips ketika di Bossnya saja ya, soalnya saya lupa membuat Videonya.

Spear Maiden
  • Spear Maiden hanya perlu menggunakan Ultimate Skillnya (Fling Sky) + Skill level 45 (Spinning Skewer). Dengan kombinasi dua skill itu saja, HP boss sudah berkurang banyak, 
  • Jangan gunakan skill dengan Casting Time lama, seperti Full Cast Spinning Cut. Khawatir nanti malah kena skill boss dan dipukul banyak monster. Sebaiknya untuk Spinning Cut bisa menggunakan fungsi EXnya yaitu dengan menggunakan klik kanan.
  • Lollipop Chups bisa digunakan untuk menghindari skill Boss, karena memiliki Ifram 0.3 detik, misalnya Time Stop.
Mystic Lance

  • Di post Lancea Damage Comparison, kalian bisa lihat kalau Mystic Lance Level 50an belum memiliki 3 TOP DPS skillnya (minimal level 60). Oleh karena itu, saya sarankan sebelumnya untuk meningkatkan Lollipop Chups MAX di Line Spear Maiden.
  • Agar Damage Lollipop Chups lebih besar, sebaiknya gunakan langsung setelah cast Buff Harmonize.
  • Jangan lupa menggunakan kombo Hovering Blade EX + Arcane Focus.
  • Susunan kombo yang saya lakukan biasanya seperti ini, Scar Maker - Erratic Power - Hovering Blade EX -  Arcane Focus - Champaigne (Ulimate Skill) - Piercing Strike (Arahkan ke tengah) - Harmonize - Poking Beehive - Lollipop Chups - Dent Blow.
  •  Panjang kan kombonya? memang seperti itulah nasib Mystic Lance awal-awal, apalagi Low Gear pula. 

Level 60-70
 
     Saya sebut tahap ini adalah Instan Leveling. Kalian ingat tidak dengan Wonderful Kupon yang saya simpan pada Leveling 46-50? Nah sekarang saatnya menukarkan Kupon itu (kalau masih ada sih), jika sudah habis digunakan kalian harus mencari party Dufan (Wonderfull Theme Park) untuk mengumpulkan kupon. Kenapa harus mencari kupon? karena kalian perlu menukar Full Equip Epic Level 60 untuk leveling. Usahakan mengganti Baju, Celana dan Senjata terlebih dahulu, lalu ditempa sampai minimal +3 untuk Baju/Celana dan +6 untuk Senjata
      Persiapan sudah selesai, sekarang saatnya kalian pergi melakukan Sparta Goblin di Wonderfull Theme Park. Kemarin sih, saya bisa naik sampai level 66 hanya menyelesaikan Sparta Goblin saja. Saya juga sangat kaget bisa naik sampai level segitu, soalnya di DN SEA paling hanya 3-4 level saja. Sepertinya semua EXP Boost (Premium Gwarnet, Kostum Guild, Combine Skill dan Buff EXP Guild) berpengaruh untuk Sparta Goblin. Setelah 7x Run, kalian bisa menukarkan kuponnya dengan Equip, Jade, Heraldry, Earring, Necklace dan Ring. Menukarkan Heraldy disesuaikan dengan kebutuhan saja, misalnya Mystic Lance hanya menukar Wise dan Magician plate.
*note: Usahakan koneksi stabil saat Sparta Goblin, karena kalau DC akan dihitung Clear.
      Dungeon untuk leveling selanjutnya adalah Mutant Habitat (Abyss Mode). Banyak yang masih ragu-ragu apakah mereka kuat leveling disana? Memang terlihat agak berat untuk Low Gear seperti saya, tapi saya tetap berusaha untuk mengumpulkan Fragment Dimensional Gem. Biasanya kendala utamanya adalah masalah MP dan HP. Berdoa lah semoga Monster drop banyak HP/MP potion. Pengalaman saya selama leveling dari 66-70 sih hanya mati 1x. Biar tidak sering mati, kalian harus bisa memperbaiki Gameplaynya dan Bermain aman.
      Secara teori, Spear Maiden atau Mystic Lance tidak akan kesulitan dalam menghadapi Bossnya. Sayangnya itu tidak berlaku untuk Low Gear. Player dengan Low Gear haru benar-benar bermain super aman dengan menghindari serangan Boss sambil melakukan serangan. Spear Maiden harus berdoa agar Pasif Level 65nya keluar setiap 7 detik sekali. Sedangkan Mystic Lance masih bernasib sama dengan sebelumnya, dia harus repot mengeluarkan kombo mautnya.
     Jika kalian mengikuti Alur leveling sampai level 70 (tanpa DC), maka kalian bisa mendapat sekitar 3000 Fragment Dimensional Gem. Gunakan Fragment tersebut untuk Judi Pouch Skill Plate dan berharap bisa seberuntung saya :P

 
     Hehehe, saya dapat Piercing Spike dan Hovering Blade. Dua hari ini saya Check di TH untuk Hovering Blade masih 700 Gold, sedangkan Piercing Spike belum ada yang jual (harga sekitar 5000-7500 Gold). Sedangkan Lollipop Chups bisa dijual juga dengan harga 2000 Gold. Lumayan kan? tanpa modal dari Char lain saya malah mendapatkan banyak keuntungan. Itu belum termasuk Skill Plate lainnya dari Gold Bunny loh. ^^


Level 70-80

     It's time to NEKAD LEVELING, hehehee. Pada tahap ini saya benar-benar nekad demi penghematan gold. Saya leveling dengan menggunakan Armor Level 60 dan senjata Level 70 dari Returnee Heroes. Saya sarankan ini untuk yang memiliki koneksi stabil ya, karena LAG bisa mengakibatkan kematian. Bagi player yang ragu-ragu dan males main aman, bisa menukar Equip 70 dengan  Medals di Coloseum. Medals bisa kalian dapatkan dari jasa 999 Kombo (biasanya sekitar 30-50 gold atau gratis).
     Kalian sudah pasti tahukan dungeon tempat leveling 70-80 yaitu Abyss Heat dan Wailling Wall (Hard Mode). Abys Heat biasanya untuk Level 70-75, sedangkan Wailling Wall untuk level 75-80. Jangan lupa menukarkan 10x Fragment Wondering Soul dengan EXP Scroll +70%.  Biar tidak dikira bohong, saya akan kasih videonya lagi.



Setelah 80, saya langsung menempa Full Gear Rare (Biru) untuk test drive ke Abyss of Heat (Abyss Mode), hehehehe nekat lagi. Beginilah hasil Videonya:



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

63 comments:

  1. Niat bgt bos mainnya wkwkkwkwkw seruuu... yg sambil nyari poin lama bgt jdinya..

    ReplyDelete
  2. kwkw ane 2 hari mas bro (y) kejar"an level sama MrsTeary :3 << Reinnka / Luki Fenca pasti kenal kan yak ? wkwkw btw udh ga main dn ina lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwkwkkw, kan kamu yang dluan 80..
      Sering Online sih, emang gak pernah Online barengan aja kale..

      Delete
    2. kwkw udah ga buka lancea sih :3 cuma daily aja mungkin lagi buat WW + LK :3

      Delete
    3. Tuhkan emang kamunya aja jarang OL

      Delete
  3. thanks min info nya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  4. btw misi ny gimana? dibiarin gitu aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehee..
      Saya gak ambil Quest.. T_T

      Delete
    2. oke oke saya coba dulu. tq info ny min :)

      Delete
  5. Senjata Epic Returnee Heroes dapet dari mana min? Kok saya gk dapet ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah check di Mail? atau kamu Returnee sebelum patch Lancea?

      Delete
    2. udah tak cek tapi gk ada. Level brapa baru dapet min?
      yg pertanyaan kedua gk ngerti maksudnya [-(

      Delete
    3. Equip itu dari awal juga udah dapet..
      Dari Box yang warna warni Pink gt.

      Pertanyaan kedua itu maksudnya, kamu Returneenya pas kapan..
      Sebelum Patch Lancea atau Sesudahnya?
      Kan Patch Lancea itu tnggal 9 juli

      Delete
    4. gak ada box sama skali min

      pas tgl 9 itu baru buat lancea trus tak biarin

      Delete
    5. Returnee Heroes itu, kamu gak login di ID itu selama 1 bulan..
      baru bisa dapet..

      Delete
    6. waduh ane login terus tiap hari :-s
      oke deh tq min

      Delete
    7. (10x Fragment Wondering Soul dengan EXP Scroll +70%) ini dapet dari mana min?

      Delete
    8. Fragment wondering Soul dapet dr Dungeon 70 itu Abyss Heat dkk..

      Delete
  6. Itu leveling spam dungeon ya gan? Lebih cepet mana gan, spam dungeon atau ngequest ya? Btw thx tips nya bermanfaat bngef

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan gan, itu berapa hari leveling ya?

      Delete
    2. Yap Spam Dungeon + Quest papan aja..
      Kalau Full Main/Side Quest dari Lv 1-80 bisa lama banget lvingnya, karena harus bulak balik kota dan cari" NPC..

      Leveling ini bisa lebih cepet lagi sih, kalau di kombinasikan sama Side Quest tp untuk level 50-60 saja ya..

      Ini kalau di itung jam sih kurang sekitar 20-23 jam.
      Tapi karena mainnya di beda" hari jadi jatuhnya 2 hari..

      Delete
    3. Sehari kira2 agan OL full 12 jam ya? :o mantep gan

      Delete
    4. Enaknya solo lving itu,,, bisa AFK kapan aja..
      Saya udah gak sanggup alias bosen leveling...
      Jadinya gak bisa itu leveling Full 12 jam.
      Biasanya 4 jam, 4 jam dan 4 jam..
      Biar bisa istirahat..

      Delete
  7. gan itu serius di dn ina returned heronya gk dapet bonus exp ama drop buff?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap serius,,
      Coba aja, sapa tau kemren saya eror.. @@

      Delete
  8. Gan request abyss walker sama light fury damage comparison dong, ane pengen tau perbandingannya
    Sorry gan kalo oot / salah masuk post..

    ReplyDelete
  9. bang nanya ni
    lanceaku kok krasanya mp boros banget y?
    ato emang char lancea ini boros mp kalo maen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew masa boros?
      Mystic Lance ato SPear Maiden?
      trus PVE atau PVP?

      Delete
    2. itu mungkin karna skill harmonize mungkin. kalo yang lain sih kayanya ga bikin jebol mp deh

      Delete
    3. Harmonize kan cmn keliatanny aja boros..
      soalnya efek Buffnya di Spear Maiden bikin MP seolah-olah abis..

      Delete
  10. Bang buatin Damage comparasion untuk semua job terbaru dong udah pengin liat urutan DPS dengan element apakah jauh lebih baik dari job bermain non element sekian terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang proses nih.. masih blum ada waktu buat lanjut hitung.. T_T

      Delete
    2. Semangat ya bang ^^ udah gak sabar DPS Terbaru Gimana urutan nya ^_^ Sekalian Penjelasan Thx

      Delete
  11. gue udah level 46 nih. tapi ga ada quest buat ganti job nya di lotush mars T_T

    ReplyDelete
  12. kenapa pas lv 32 gak pake heardly mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwkw kan gak buka box lepeling + hemat gold..

      Delete
  13. ada kok exp nya mz..klo title returner nya dipake..meski buat cover titel jg ngefek exp n drop rate 100%.. :D
    btw ak jg altea..kenalan donk sma char nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih saya gak dapet Tittle Returnee Heroesnya..
      Tapi pas dicoba di char lain ternyata dapet.. Hadeh

      Wkwkwk char saya nuubh banget, malu ah..
      OL di INA juga bulan ini pasti jarang, soalnya SEA lg ada Event sebulan penuh..

      Delete
  14. Gan kalo judi pouch skill plate itu gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu ngumpulin fragment dimensional dari Abyss Dungeon..
      Kalau sudah sampai 800, 1000, atau 1200 bisa di tuker dengan Pouch Skill Plate di NPC Heraldry.

      Delete
  15. mau nanya bro ane.....

    wonderfull theme park itu limitnya 7 kali kan?? itu utk 1 karakter 7 kali msk atau dalm 1 hari hanya 7 kali bs msk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disana kan banyak Wahananya kaya (Boss Rush, Sparta, Monas dll)
      Masing Wahana bermain punya limit 7x (Selama seminggu) untuk setiap char..
      Jadi kalau sehari dah 7x masuk, ya nunggu reset minggu depannya/hari sabtu pagi.

      Delete
  16. mau tanya ni,,
    abys heat dmn ya bro ??
    hehe maklum masi baru main

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari SH masuk ke Anu Arendel Map..
      Lalu liat map, ada portal di kiri Map Arendel..
      Nah itu tempat masuk Abyss Heat

      Delete
  17. weapon returnee gratis dpt dari mana gan? dan ngambilnya dimna :3 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuman dapet, kalau kamu Gak login 1 Bulan..
      Nanti kamu dapet Returnee Heroes yang isinya Weapon" Epic dari 24-70, Tittle EXP dan Drop +100%, dll..

      Delete
  18. Bang ini bisa dipake buat SEA juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane ko DTMI nya gak ada di blizzard plain? Gimana caranya? Ane baru lvl 16

      Delete
    2. Bisa" kok..
      Ow dah pindah ke Gray Ruin

      Delete
    3. Ya makasih bang, ini baru pertama main masih belum terlalu ngerti. Untung nemu blog ini, masih pusing tapi diikutin aja sedikit-sedikit.

      Delete
  19. Bang mau tanya, ana baru maen dari kemaren siih n udah lv 45 sekarang, mau nanya cara buka dungeon tingkat Abyss gimana yaa? Dari kemaren gak pernah ada T.T jadi terpaksa Master terus, mohon pencerahannya bang, thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh ini kan Guide jadul, jadi sekarang AByss udah gak bisa dimasukin lagi kecuali Dungeon level 90. Leveling di Master aja dah cepet kok sekarang

      Delete
  20. di ubdate lagi tips lvlingnya, karena memang tidak ada drob batu lagi. saya hunt sampai lvl 32 aja cuma dapat 20 batu. untung dapat title burning +500 atk jadi mayan cepet. hunting lvl 1-15 selalu naik lvl. 15-28 selalu naik lvl. selanjutnya 2-3x hunting

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sh emang agak beda lvingya, cmn jalurnya hampir sama sih. bedanya gk bsa Abyss aja T_T

      Delete
  21. Kk flood down stream dmn kok aku cari gk aga

    ReplyDelete
  22. bre mau nanya returnee heroes item darimana ya? gw udah coba ulang lancea ga ada2 juga tuh item

    ReplyDelete