DAMAGE METER TEST: DEFENSIO VS RUINA

   Dari pertama kali keluar fitur Damage Meter, saya belum pernah membuat artikelnya sama sekali. Damage Meter ini sebenernya berguna untuk melihat seberapa besar DPS kita di Nest, sehingga kita bisa mencari tahu mana Gear yang bagus untuk Char kita. Selain itu kita bisa melihat skill mana yang memiliki Damage tertinggi pada Gameplay kita. Atau jika kalian memiliki banyak char, bisa juga membandingkan DPS untuk masing-masing Char. Hanya syaratnya kalian harus mengusahakan Gear yang digunakannya setara, agar perbandingannya lebih adil. Nah point terakhir ini yang akan saya lakukan seakrang.
    Beberapa orang di Blog sering bertanya mana yang paling bagus antara Defensio dan Ruina. Jujur saja, sejak awal Machina keluar saya sudah jatuh cinta dengan Defensio. Saya bukan jatuh cinta dengan DPS nya karena pasti akan kalah dengan Ruina. Yang paling saya suka adalah Gameplaynya + Beyond The Wall EX + Repair-nya. Hanya saja saya juga penasaran sebenarnya seberapa jauh perbedaaan DPS antara Defensio dengan Ruina. Oleh karena itu, saya akan mencoba melakukan Damage Meter Test untuk Defensio dan Ruina.


Gear Char
Seperti yang saya katakan di awal, hal pertama yang paling penting untuk membandingkan DPS job adalah Gear/Equip. Kalian harus mengusahakan Gear-nya setara. Beda-beda sedikit tidak apa-apa. Gear itu meliputi Armor, Weapon, Ring, Talisman, Heraldry dan Costume. Saya mengusahakan Gear antara Defensio dan Ruina-nya setara, walaupun berbeda tapi tidak terlalu jauh. Kalian bisa liat di Screen Shot di bawah ini:

Defensio



Ruina



Jika dilihat dari Gearnya, PATK Defensio saya lebih besar dibandingkan dengan Ruina. Sedangkan Ruina saya mempunyai Critical lebih besar dibandingkan Defensio. Perbedaannya itu mungkin efek dari Heraldry dan Talisman yang agak berbeda.

Setelah Gear Check, selanjutnya adalah melakukan tes Damage Meter

Damage Meter
Hal yang perlu dilakukan ketika tes Damage Meter adalah:

Pastikan Gameplay kita sudah Stabil
Gameplay adalah salah satu hal yang cukup penting ketika tes Damage Meter. Jangan sampai kita melakukan Run Nest dengan Gameplay yang berbeda-beda, karena hasilnya pasti akan berbeda juga.

Memeriksa Komputer dan Koneksi Internet

Ini juga sangat diperlukan. Kalian tidak boleh lag atau Freeze ketika melakukan tes Damage Meter, karena bisa membuat hasilnya akan lebih kecil. Jika ditengah jalan lag/freeze sebaiknya diulang lagi sampai benar-benar stabil.

Lakukan 3x Ulangan
Dalam percobaan, minimal kita harus melakukan 3x Ulangan, agar bisa dihitung rataan. Kebetulan Nest di Cap 90 mempunyai Limit 3x Run, jadi kalian bisa lakukan test sampai Nest Limit.

Memilih Nest
Nest yang saya pilih adalah ABN dan Manti Normal, karena lebih gampang untuk solo.

Cara MenghitungKali ini saya tidak hanya asal klik start dan stop saja. Start dan Stop harus dilakukan pada waktu yang sama untuk setiap kali test. Start biasanya saya tekan ketika pertama kali Hit Boss Stage 1, sedangkan Stop saya tekan ketika Boss Utama mati (tanpa menunggu pilihan Box ya). Jika kalian menekan tombol Start terlalu cepat atau Stop terlalu lama, maka hasil DPS-nya akan lebih kecil.

Hasil
ABN Normal 

Defensio
Ulangan 1

Ulangan 2

Ulangan 3

Skill M:10001O1922 itu adalah Beat Down INS

Ruina
Ulangan 1

Ulangan 2

Ulangan 3

Setelah melakukan 3x Run ABN Normal dapat dilihat bahwa DPS Ruina lebih unggul dibandingkan dengan Defensio. Perbedaan DPSnya lumayan jauh juga sekitar 500rb Point. Setelah saya amati, perbedaan itu dikarenakan oleh Boss Terakhir. Ketika menggunakan Defensio, saya gagal membunuh Boss Akhir sebelum dia mengeluarkan Mekanik Poison Wall. Kegagalan itu lumayan memakan waktu sekitar belasan detik, sehingga hasil DPSnya menjadi lebih kecil. (Mungkin nanti saya akan melakukan test lagi, sampai bisa melewati mekanik Poison Wall untuk Defensio. Supaya point DPS Defensio-nya bisa lebih besar lagi.)

MANTI Normal 

Defensio
Ulangan 1

Ulangan 2
Ulangan 3


Ruina
Ulangan 1

Ulangan 2

Ulangan 3

Hasil yang berbeda didapatkan dari Test di Manti Normal. Defensio  memiliki DPS lebih besar dibandingkan dengan Ruina. Hal ini bisa dikarenakan Boss di Manti Normal lebih mobile atau rajin bergerak, terutama Boss pada Stage 1. Pergerakan Boss ini lah yang membuat DPS Ruina menjadi agak berkurang, karena akan lebih sulit mendapatkan Overcharge Full Hit. 

Sampai disini dulu ya laporan Damage Meter Denfensio dan Ruina saya. Kalian bisa juga Share seberapa besar DPS Meter Char kalian di kolom komentar. Saya juga akan tetap Update perminggu-nya, sampai mendapatkan hasil yang benar-benar Maksimal.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

19 comments:

  1. Weeh mantap sekali kak. Thanks atas updatenya. Untuk situasi tertentu, defensio bisa ngalahin ruina juga yah. Hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap situasi2 kalau ukuran boss kecil dan sering bergerak

      Delete
  2. Gaya bermaen defena sy, mirip dengan gaya bermaen nya ruina. Entah knapa seperti dps nya lbh gede juga rasa nya. Setelah beat kemdian kombo skill normal itu sakit banget. Apalagi klo defena kan bs beat ins, abis itu bs disambung skill normal. Klo mungkin sampe charging, tpi klo gak mungkin cm sampe hit ke 5.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi ada repair gan buat ngurangin cd, abis beat down instan trus beatdow lagi terus repair terus beatdown lagi bisa ampe 3 kali

      Delete
    2. Hooh.. bisa naek turun trus kalau Defena.

      Delete
  3. silver hunter kapan ada di dn ina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gak tau mas.. coba aja tunggu beberapa bulan lg

      Delete
  4. gan mau nanya kalo plate heraldy yang nambahin 20% damage itu gimana ya ? misalnya damage flame locust 2017%, kalo pake plate, damagenya jdi 2420% atau jdi 2037% ?
    sama satu lagi, terus kan kalo flame locust EX itu nambah damage 200%, kemudian dikasih plate heraldy damage yang nambah 20%, apakah damagenya jdi 2017 X 3 X 1.2 = 7261.2 % ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sah nggak sih kalok defensio condong ke dps ? menurut ane defensio lebih mending build tanker dan semi DPS ..

      Delete
    2. 2017% x 1.2 = 2420% (plate damage)

      2017 x 3 x 1.2 = 7261% (Ex + plate)

      Bener kok kamu

      Delete
    3. Defensio itu punya potensi DPS yang gede loh, sayang kalau dijadiin tanker. Soalnya Shield dia itu kadang2 suka error dan susah kenain semua party. Urusan Tanker lebih baik serahkan ke Guardian saja.

      Dan Defensio mending ke DPS..

      Delete
    4. siip makasih gan, bener tuh defensio yang bikin gede dpsnya skill repairnya yang imba ngurangin cd 7 detik gan. ulti aja jadi cepet banget kalo pake repair terus terusan

      Delete
  5. tergantung gan, kalo hp dan armor ente udh tebel bisa aja build dps. munngkin kalo ente mau solo nest bisa aja build dps

    ReplyDelete
  6. cara lihat meter demagenya dimana sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tombolnya da di gambar naga itu loh yang deket bar skill nomor 12
      Nah posisinya ada di sebelah Explore/Remote Quest

      Delete
  7. Bro bisa buat tutor Vidio buat combonya Defensio ama Ruina?
    kok susah banget maximalin damage "Leap Over". kebanyakan terbang gak karuan dah kalo pas "Leap Over" (srry Defensio ane masih lvl 50)

    ReplyDelete