Halo-halo, sorry ya saya telat lagi buat Artikel tentang Analisis Class. Minggu ini, saya berencana akan memposting dua analisis yaitu Paladin dan Dancer. Sekarang kita bahas tentang Paladin Class terlebih dahulu yuk. Seperti yang sudah kita ketahui, Paladin Class terdiri dari Crusader dan Guardian. Kedua Job ini bersaing sangat ketat untuk merebut hati para player.
    Pada cap 80 ini, Crusader sedang unggul dibandingkan dengan Guardian. Hal ini karena Crusader memiliki DPS yang lebih besar dibandingkan Guardian. Saya merasa Cap 80 ini, Guardian malah menjadi Tanker/Support yang lumayan nanggung. Bayangkan saja sih, Crusader dan Guardian memiliki Buff dan Debuff sama dan secara DPS keduanya terpaut  jauh (apalagi Crusader tipe Ekstrem STR INT). Sehingga keunggulan Guardian hanya ada pada Guardian Force dan beberapa skill Block. Sayangnya, cap 80 ini lebih banyak party yang Run Nest di Easy Mode, sehingga posisi Tanker masih kurang dibutuhkan. Oleh karena itu, saya berharap di Patch terbaru nanti, Guardian bisa benar-benar menjadi Tanker dan Crusader bisa lebih fokus ke DPS saja.


Jangan Lupa, lihat Update Analisa terbaru untuk:
- Engineer Class
- Force User Class
- Bowmaster Class

- Chaser Class






     Jumpa lagi dengan Posting Analisis Class Minggu ini. Class yang saya pilih sekarang adalah Force User (Majesty dan Smasher). Dari awal main Dragon Nest sekitar 4 tahun lalu, Force User sudah menjadi Job Favorit saya. Pada Level Cap 50-60, Smasher banyak diminati di Party/PVP, karena Laser Cutternya yang memiliki Damage Besar. Musibah terjadi di awal Cap 70, Smasher mendapatkan pengurangan damage 50% untuk hampir semua skillnya. Hal ini membuat dunia Per PVP-an terguncang, saya sendiri merasa Hopeless ketika melihat damage Smasher di Ladder. 
     Berbanding terbalik dengan saudaranya, Majesty pada Cap 70 mendapatkan Boost yang luar Biasa. Damage Switch Gravity dinaikan berkali-kali lipat, ditambah dengan Pasif 65nya. Update ini yang membuat banyak Smasher yang Change Job menjadi Majesty (untungnya saya punya semua job). Semenjak itu, saya pun jarang sekali menggunakan Smasher (paling cuman untuk Ladder saja). Harapan kembali muncul, ketika saya melihat Patch Note Cap 90. Smasher sepertinya mendapatkan Boost yang luar biasa, sedangkan beberapa Skill Majesty malah di Nerf. Sedih sih karena saya sudah terbiasa menggunakan Majesty, tetapi kesedihan saya sudah agak terobati dengan Update Terbaru Majesty Bosst pada 30 September 2015 lalu. Saya rasa cukup Curhatannya, sekarang saya analisis saja langsung.



     Hai.. sorry telat updatenya, karena weekend kemaren padat merayap banget jadwalnya. Bahasannya masih sama dengan minggu-minggu sebelumya yaitu tentang Analisis Cap 90 (semoga tidak bosan). Class yang saya pilih adalah Mercenary (Barbarian dan Destroyer). 
     Pengguna Destroyer sepertinya menunggu-nunggu Update ini. Mereka berharap Patch Cap 90 nanti bisa memperbaiki nasib Destroyer yang semakin terasingkan. Berbanding terbalik dengan Barbarian yang lagi ngeTOP dengan Circle Swing  x10nya.
     Saya sih berharap ada keseimbangan Class, karena kondisi Destroyer sudah benar-benar mengkhawatirkan. Di Party Nest pun, secara logika orang akan memilih Barbarian yang memiliki Damage luar biasa dan Howl. Melihat Patch note Cap 90, saya sedikit bingung sih karena banyak yng dirombak Buff/Howlnya. Beberapa Skill dinaikan Board Damagenya dan ada beberapa yang dikurangi juga. Biar lebih jelasnya mari kita lihat satu per satu.



       Halo, jumpa lagi di Post mingguan tentang Analisis Class. Kali ini yang akan saya bahas adalah Bow Master Class (Artillery dan Sniper). Sejak cap 24, saya sudah menyukai Artillery dari segi gameplay. Sniper memang memiliki damage yang sangat besar, namun DPSnya masih kurang stabil.
     Saya kadang agak sedikit kesal ketika menggunakan Sniper pada musuh yang rajin bergerak. Selain itu, beberapa Skill DPSnya seperti Aerial Chain Shot, Arrow Shower dan Wind Shot sangat tergantung pada ukuran Boss/Monster. Bayangkan saja jika melawan Boss yang berukuran kecil dan terus bergerak, alhasil DPSnya bisa turun drastis.
    Artillery juga memiliki kendala dalam Stabilitas DPS, seperti sulitnya Full Hit Swift Shot, Rapid Shot dan Frag Arrow. Namun semua itu terselamatkan oleh Cooldown dan Casting Time Skill  yang cepat. Sehingga secara DPS Artillery bisa lebih konsisten dibandingkan Sniper. Lalu, bagaimana dengan Cap 90 nanti? secara sekilas sih Sniper akan mendapatkan peningkatan Damage. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya mari kita analisis.



       Semenjak saya melakukan analisis untuk Academic Class. Beberapa orang mulai meminta saya melakukan Analisis untuk Job/Class lain. Saya lupa bilang, kalau analisis ini akan saya post setiap seminggu sekali. Keinginan saya sih bisa seminggu 2-3 Class, tapi kayanya waktunya masih belum memungkinkan.
      Class yang akan saya analisis kali ini adalah Chaser. Chaser terdiri dari 2 Job yaitu Raven dan Ripper. Permusuhan diantara keduanya sudah ada sejak Job ini muncul. Kebanyakan orang memperdebatkan tentang Siapa yang memiliki DPS terbaik. Padahal jawabannya sudah jelas, Raven memiliki DPS lebih Stabil untuk segala jenis Boss.
     Pada Update Cap 90, banyak skill yang di Boost/Nerf. Dari patch note yang diberikan Developer, saya akan kembali menganalisis tentang bagaimana kondisi DPS untuk Chaser Class. Apakah semuanya di Nerf atau Boost?


Update: New Chaser Boost  (Makasih udah dikasih tahu)

Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home