Sudah hari ke-3 Cap 90  pun saya masih belum semangat leveling. Soalnya ada peluang banjir Gold di awal Cap 90 ini. Saya tidak tahu ini murni kesalahan GM atau memang sistem terbarunya seperti itu. Pokoknya 3 hari ini malah farming Gold bukannya leveling, hehehe (pemain DN SEA pasti ngerti nih). Eits malah bahas masalah sensitif kaya Gold, nanti banyak yang nanya lagi :P.
   Post kali ini saya akan membahas mengenai Barbarian Skill Build Level 90. Char yang saya benci ini tiba-tiba menjadi populer di Cap 80. Bencinya itu lebih ke arah iri hati dan penyesalan (hehehe) karena lihat damage Circe Swing Fury yang luar biasa. Saya menyesal sih tidak pernah memperhatikan/Gear Barbarian karena dari awal lebih fokus ke job tante (Sorceress Class) dan job yang jarang peminat. Saya sih tipikal orang yang tidak mudah terbawa arus (pembelaan diri). Jadi ketika Barbarian sedang Trend, saya malah Gear Up Lancea dan Kali Class.
   Beberapa bulan lalu ada Forum Dragon Nest yang merilis DPS List untuk Cap 90 ini. Barbarian pun berada di Top 5 DPS terbaik. Efeknya banyak Destroyer atau Gladiator yang di Change Job jadi Barbarian. Jujur saya masih merasa DPS Barbarian tidak sebesar apa yang dikabarkan. Mungkin di Cap 80 damage Circle Swing Furynya bisa luar biasa karena efek Buff/Debuff, tapi saya masih belum yakin di Cap 90 ini hasilnya akan sama. Apakah kalian setuju bahwa Barbarian menjadi salah satu Top 5 DPS?
   

Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Wind/Ultimate

Skill Build
Kita lihat Potensi DPSnya dulu yuk
Note: Perhitungan menggunakan Asumsi PATK Barbarian 100k dan tidak Full Buff/Debuff.

Build PVE

Build 2
Build untuk yang suka dengan Punishing Swing

Build 3

Request dari temen Build PVE tanpa Lifesaver (Highlander) dan Crisis Howl


Circle Break
Secara Potensi DPS Circle Break cukup besar dan memiliki Iframe 0.3 detik.

Stomp 
Potensi DPSnya tidak terlalu besar. Saya juga kadang malas melakukan Full Cast (Stomp kedua) untuk skill ini, karena castingnya agak memakan waktu dan damagenya tidak terlalu besar. 

Demolition Fist
Top 2 DPS untuk Barbarian ini wajib untuk dinaikan.

Circle Swing
Skill ini saya sebut paket komplit. Potensi DPS Circle Swing EX paling tinggi, ditambah Circle Swing Fury yang lebih tinggi lagi. Ada bonus tambahan juga Circle Swing INS. Sepertinya Developer kehabisan Skill lain untuk Barbarian :P, semuanya diborong Circle Swing.

Whirlwind
Saya agak sedih karena Whirlwind tidak di Boost lebih besar oleh Developer. Ajaibnya Board Damage Whirlwind lebih kecil bila dibandingkan dengan Circle Swing, belum lagi cooldownnya juga lebih lama. Seperti yang saya bilang sebelumnya, pihak Developer terlalu fokus pada Circle Swing.

Cyclone Axe
Ultimate Skill ini mendapatkan peningkatan yang luar biasa di Cap 90. Berdasarkan Analisis Mercenary Class, damage meningkat 200%-an atau 3x lipat dari damage di Cap 80. Hal ini lah yang menyebabkan Potensi DPSnya bisa melebihi Ultimate Favorit Mercen yaitu Gigantic Bomb. Kelebihan Cyclone Axe adalah kamu tidak dapat di hit (iframe) selama cast dan bisa menyedot musuh yang mendekat (jangan ngarep naga ke sedot). Casting Time untuk Full Hitnya memang agak lama tetapi masih bisa di cancel dengan menggunakan Relieve pada saat cast skill.

Rolling Attack vs Ring Bomb
Berhubung Skill Pointnya terbatas saya hanya bisa memilih antara 2 skill ini yang mana akan dinaikan ke level 11. Berdasarkan tabel di atas, Potensi DPS keduanya tidak berbeda jauh. Dilihat dari kemudahan Full Hitnya, Ring Bomb masih lebih mudah untuk Full Hit daripada Rolling Attack. Ada hal unik lainnya, kadang-kadang Ring Bomb bisa memiliki Damage 2-3x lebih besar dari Normal. Hal itu mirip sekali dengan Applause (Raven + Ripper) dan Binding Shot EX (Tempest). Saya sendiri tidak mengerti bagaimana bisa begitu. Sampai hari ini sih saya selalu bilang itu cuman keburuntungan saja.

Flying Swing + Punishing Swing
Hanya persyaratan saja. Flying Swing + Punishing Swing kalau dihitung punya Potensi DPS yang besar juga, tetapi areanya terlalu kecil.

Bone Crash
Skill yang Wajib Max

Build PVP

Rising Slash + Circle Break 
Semua Warrior Build PVP saya pasti menaikan kedua skill ini untuk kombo.

Stomp 
Stomp wajib dinaikan di PVP karena kenaikan levelnya akan memperlama Debuff Slow untuk musuh. Debuff itu yang membuat saya kadang kesal ketika bertemu Barbarian di Ladder.

Demolition Fist
Skill Pointnya memang tidak ada untuk menaikan skill ini, jadi saya hanya gunakan sebagai pelengkap serangan.

Circle Swing
Area dan damagenya besar terutama untuk musuh dengan Low Def dan menjadi Instan Skill juga, sehingga wajib untuk Max.

Whirlwind
Skill Favorite saya di PVP karena memiliki damage, area dan paralyze yang cukup besar. Saya perhatikan di Ladder, beberapa orang kurang efektif dalam menggunakan skill ini. Mereka menggunakanya setelah cast Bone Crash (ketika masih terpental di udara). Hal itu akan membuat musuh terpantul-pantul ke udara, sehingga damage Whirlwind EX tidak makismal.

Rolling Attack
Saya lihat banyak yang mahir bermain Barbarian di Ladder, sehingga pandai menggunakan Rolling Attack agar bisa Full Hit. Selain pelengkap kombo skill, Rolling Attack juga bisa saya gunakan untuk kabur dari situasi terdesak atau mengejar musuh yang jaraknya lumayan jauh.

Ring Bomb
Super Armor Break, Area dan damagenya lumayan besar. Perasaan saya sih, kadang-kadang Hit Keruntungan(2-3x damage) sering muncul juga di PVP

Flying Swing
Banyak yang lupa atau tidak sadar kalau skill ini memiliki fungsi untuk menahan serangan musuh. Pada saat Cast Flying Swing kita memiliki Super Armor yang lumayan besar dan ada pengurangan damage -70%. Saya biasa gunakan skill ini ketika sedang di Tracking Arrow atau Skill Magic lain yang damagenya besar.

Devitalizing Howl
Saya tidak tahu apa nama skill ini di DN INA, yang jelas skill ini berfungsi untuk menghilangkan Buff dan Silent musuh. Kenaikan levelnya maka akan menghilangkan Buff lebih banyak dan Silent lebih lama. Biasanya saya menggunakan skill ini setelah musuh terkena Bone Crash EX agar tidak bisa escape/counter attack ketika saya melanjutkan kombo dengan Whirlwnd EX.

Bone Crash
Ketika saya melawan Barbarian di Ladder, Skill ini juga termasuk menyebalkan (setelah Stomp EX). Saya sering sudah merasa aman berada di udara, eh ternyata Bone Crash masih bisa menghit saya dari bawah (cuhat mode)

Skill Heraldry
PVE:
1. Whirlwind (damage)
2. Havoc Howl (cooldown)
3. Circle Swing (damage)
4. Taunting Howl (cooldown)
Optional: Cyclone Axe (cooldown), Demolition Fist (CD Reset), Ring Bomb (damage)
*Havoc Howl di DN SEA itu skill yang bisa meningkatkan HP 116%

PVP:
1. Circle Swing (cooldown)
2. Side Kick (action speed)
3. Whirlwind (damage)
4. Cyclone Axe (cooldown)
Optional: Relieve (cooldown)
     Hari ini DN SEA Cap 90 tapi saya masih tidak bisa main gara-gara kuota internet sedang menipis. Rencananya saya akan leveling Soul Eater atau Smasher dulu, buat test damage mereka. Saya masih belum tertarik untuk leveling Shooting Star di minggu-minggu awal ini, karena masih belum ikhlas beberapa skill favorit saya malah dikurangi damagenya (baca: Engineer Class Analisis).
     Shooting star adalah salah satu job DPS yang terkenal di Cap 80. Dulu ketika Reload EX bisa digunakan ketika Mechanic Mode, Shooting Star memiliki DPS yang luar biasa. Dipertengahan Cap 80, Shooting Star mendapatkan Revamp untuk Reload EX yang tidak bisa digunakan di Mechanic Mode dan pengurangan damage Splash sebesar 30%. Update itu membuat beberapa pemain Shooting Star terguncang. Ada yang Change Job ke Gear Master dan ada juga yang pensi dari dunia PVE :P. Melihat kejadian itu, saya jadi merasa bangga sama teman-teman yang mempertahankan Job yang DPSnya tidak begitu besar dan kurang favorit, seperti acrobat dan dancer class.
     Jika dihitung berdasarkan total potensi DPS Skillnya, Shooting Star tidak mendapatkan peningkatan DPS di CAP 90. Hal tersebut dikarenakan dua Skill DPS terbesarnya dikurangi damagenya yaitu Splash dan Mine Thrower (Brainwave Projection). Beruntung developer me-revamp Debuff Biochemical Granade dari Def -20% (+3-5% Damage) menjadi +20% damage. Debuff itu membuat Potens DPS full Buff Shooting Star meningkat. Selain itu, ada peningkatan jumlah peluru dari Splash EX dan cooldown Reload EX. Dibandingkan dengan saudarinya (Gear Master), setidaknya Shooting Star masih lebih baik. Jadi sampai sekarang saya masih belum memiliki alasan kuat untuk tidak Gear Up Shooting Star kesayangan saya.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI atau ECJ/Element + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Note: Penjelasan masalah ECJ di Engineer bisa lihat di  Gear Master Skill Build


Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Mari lihat tabel potensi DPSnya dulu.


Build PVE

Jika dibandingkan dengan membuat Gear Master Skill Build (PVE), Shooting Star tidak begitu dilema. Apalagi kemarin banyak masukan yang keren dari teman-teman di Blog.

Napalm Bomb
Selama main Academic Class, saya sangat jarang sekali menggunakan skill. Sebelumnya ada yang memberi saran untuk menaikan Napalm Bomb Max karena memiliki Board Damage yang lumayan besar juga. Setelah hitung, ternyata benar Potensi DPSnya tidak begitu mengecewakan. Selain itu, Napalm Bomb sangat mudah digunakan dan castingnya cepat pula.

No Stun Granade
Saya mengerti kalau sebagian orang sangat suka sekali dengan Skill ini, khususnya anak-anak dari DN INA. Saya pernah dimarahi ketika membuat Build tanpa Stun Granade di DN INA. Kenapa masih ada yang tidak mengerti kalau Build saya adalah untuk Pure PVE. Dasarnya Build PVE adalah mencari Skill dengan DPS yang baik. Coba bandingkan saja DPS Stun Granade dengan Napalm Bomb, perbedannya hampir 3x lipat. Saya juga tidak pernah mendengar ada Boss di Nest/Raid kena Stun gara-gara Skill ini (LOL) :P.

Pingpong Bomb
Di Cap 80, saya menaikan skill ini Max bahkan sampai level 21. Melihat DPSnya yang dikurangi di Cap 90, saya terpaksa harus menaikannya sampai level 16 saja. Perhatikan saja tabel di atas, Pingpong Bomb EX hanya menempati urutan ke 9. Padahal sebelumnya Pingpong Bomb EX menempati urutan no 4.

Reload
Sangat tidak disangka skill yang biasanya saya spam hanya untuk mencari peluru ini menjadi Top 4 DPS Shooting Star. Kenaikan damagenya di Cap 90 hampir 200% atau 3x lipat dibandingkan cap 80 (baca: Engineer Class Analisis).

Chemical Granade
Damage Chemical Granade memang dinaikan di Cap 90 ini, tetapi tetap saja memiliki DPS yang tidak besar. Kalian harus tetap menaikannya MAX agar Debuff (-20% All Resist) menjadi lebih lama.

Mine Thrower (Brainwave Projection)
Di Cap 80, Mine Thrower sempat mengalahkan Splash menjadi Top DPS Shooting Star. Potensi DPSnya memang besar tapi itu untuk Full Hit. Mine Thrower Full Hit (40 Hit) agak susah dilakukan, kecuali untuk Boss yang berukuran super besar seperti Naga di Raid Nest. Kadang-kadang karena damage Mine Thrower  kurang konsisten, saya menjadi lebih sering spam Biochemical Granade atau Splash.

Biochemical Missile
Biochemical Missile merupakan satu-satunya skill di TOP 3 DPS yang mendapatkan peningkatan damage. Hal yang paling penting adalah Debuff Biochemical Missile akhirnya diganti. Awalnya hanya -20% Defence, sedangkan yang terbaru adalah +20% Damage. Efek keduanya sangat berbeda jauh, Debuff -20% Def (cap 80) hanya akan meningkatan 4-6% Damage saja (tergantung Def musuh), sedangkan yang terbaru benar-benar +20% Damage,

Demolition vs Skyline
Saya agak kurang terbiasa menggunakan Ultimate Skill ini, jadi lebih sering menggunakan Skyline (Ultimate Skill Gear Master)

Mecha Bomber
Yah walaupunn sudah tidak ada Debuff -damagenya lagi, saya mash tertarik dengan potensi damagenya.

Splash
Splash berhasil kembali merebut peringkat 1 DPS untuk Shooting Star. Hal ini dikarenakan ada peningkatan jumlah peluru dari 7x  menjadi 9x peluru. Kalian harus berdekatan atau menempel dengan musuh agar Splash bisa Full Hit (18x Hit).

Alfredo Beam
Skill andalannya Alfredo yang memiliki potensi DPS lumayan besar juga.


Build Hybrid

Build ini bisa digunakan di PVE maupun PVP. Saya menaikan Stun Granade untuk PVP dan ada sisa 4 Skill Point untuk menaikan Bubble. Skill DPS utamanya masih sama dengan Build PVE.

Build PVP

Stun Granade
Skill ini sangat berguna di PVP karena kemungkinan Stunnya. Beberapa orang malah berniat untuk MAX +1 dan Skill Heraldry cooldown. Dengan menambahkan Stun Elixir juga bisa menambah kemungkinan Stun skill ini di Ladder

Bubble
Bisa mengikat musuh selama 2 detik

Force Out
Force Out bisa digunakan untuk ekstra tumble dan memili Iframe sekitar 0.3 detik.

Reload 
Tidak ada pengurangan cooldown untuk setiap peningkatan levelnya. Jadi untuk menghemat MP saya tidak menaikannya Max.

Mine Thrower (Brainwave Projection)
Di PVP skill ini jarang sekali digunakan

Biochemical Missile
Skill kesukaan saya di PVP karena memiliki damage dan area yang besar.

Ice Pump Tower
Pada Level 8, efek Slow menjadi lebih lama dan itu sangat membantu untuk mengurangi pergerakan lawan.

Mecha Silent
Pada Level 6 bisa menghilangkan 2 Buff musuh. Sangat berguna untuk melawan musuh yang memiliki banyak Buff.

Mecha Bomber
Damagenya di PVP cukup besar dan mecha akan Iframe ketika menggunakan Skill ini.

Mechanic Mode
Saya hanya menggunakan untuk Cast MM Ice Pulm Tower

Skill Heraldry
PVE:
1. Transitional Damage (cooldown)
2. Splash (damage)
3. Mine Thrower (damage)
Optional: Biochemical missile/Pingong Bomb (damage), Wax (cooldown)

PVP:
1. Transitional Damage (cooldown)
2. Stun Granade (cooldown)
3. Wax (cooldown)
Optional: Biochemical Missile/Splash (damage), Rocket Jump (cooldown), Dodge (cooldown/reset cooldown)

    Satu hari menjelang Cap 90 di DN SEA, sepertinya akan susah buat Update Skill Build mulai besok. Saya sih akan tetap mengusahakan bisa tetap Update Skill Build, kalau tidak harap maklum ya. Polling sudah saya ganti dengan yang terbaru supaya Votenya tidak menumpuk di Job-Job yang sudah ada Skill Buildnya. Ini menjadi kesempatan baru buat kalian yang Job kesayangannya belum saya bahas Skill Buildnya. Berdasarkan hasil Polling sebelumnya, saya akan membahas mengenai Gladiator Skill Build.
    Gladiator merupakan salah satu Job DPS yang kurang populer di Cap 80. Hal ini dikarenakan Gladiator selalu ada dibayang-bayang Moonlord (Lunar Knight). Beberapa teman saya terpaksa harus lebih fokus ke PVP selama Cap 80, dibandingkan harus sakit hati selalu dikucilkan oleh Party Nest/Raid. Gladiator memiliki skill andalannya yaitu Finish Attack EX. Sayangnya skill tersebut baru berasa damagenya ketika HP musuh dibawah 40%an.
    Gladiator mendapatkan harapannya di Cap 90, karena sebagian besar skillnya ditingkatkan damagenya. Walaupun developer sepertinya masih setengah hati menaikannya, karena setelah saya hitung kenaikannya hanya sekitar 16% dari Cap 80 (baca: Analisis Swordmaster Class). Saya masih merasa peningkatan ini kurang untuk mengalahkan kepopuleran Moonlord (Lunar Knight). Kita tunggu saja Update Skill setiap bulannya, akankah ada Boost lanjutan untuk Gladiator?



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT

Kenapa tidak menggunakan AGI?
1. Konversi 1 STR =  0.75 PATK dan 1 AGI = 0.25 PATK
2. Buff Class Master I (Pasif 65) dapat meningkatkan 60% STR (bukan PATK/AGI ya)

Bermain Kritikal tidak ada salahnya tetapi harus menggunakan Cara yang tepat seperti yang pernah saya jelaskan di Dark Avenger Skill Build.

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate

Skill Build
Setiap Post Skill Build, saya akan memberikan tabel Potensi DPSnya dulu, supaya kalian yang kurang cocok dengan Build PVE saya bisa memilih mana Skill yang punya DPS besar.

Keterangan:
1. Gear Char sama dengan Analisis Swordmaster Class
2. DPS Full Hit dan Buff/Debuff
3. Level Skill Max atau Max +1

Build PVE

Circle Break
Circle Break masih menjadi Skill DPS terbesar diantara semua Skill DPS di Warrior Tree. Skill ini dilengkapi Iframe 0.3 detik juga, sehingga sangat cocok untuk dijadikan Skill DPS.

Dash Kick
Skill ini sangat diperlukan untuk mereset cooldown Line Drive INS


Lunar Knight (Moonlord) Skill
Tadinya saya hanya ingin menaikan Great Wave (Ultimate Skill Moonlord) saja, karena memiliki potensi DPS yang lebih tinggi dibandingkan Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Lalu saya bingung mau membuang 12 Skill Point kemana. Daripada bingung lebih baik saya sekalian menaikan Moonlight Splitter, Cyclone Slash, Crescent Cleave dan Halfmoon Slash level 1. Ke empat skill itu bisa digunakan untuk mengisi kekosangan skill atau kombo dan DPS/damagenya juga lumayan.

Note: saya belum tahu apakah menggunakan Skill di Moonlord Line ini bisa menambah Bubble Pasif 65 (class Mastery I) juga?

Triple Slash
Di tabel Potensi DPS, Triple Slash menduduki peringkat ke 4. Boost damage Triple Slash di Cap 90 memang besar yatu sekitar 91%an (baca:  Analisis Swordmaster Class). Bahkan di Lunar Knight (Moonlord) Skill Build saja saya menaikan skill ini untuk PVE, hehehe.

Deep Straight/Front Shove
Menyusul Triple Slash di posisi ke 4, Front Shove juga memiliki Potensi yang cukup besar. Walaupun terpaut sekitar 60000 poin tetapi masih layak untuk dinaikan Max atau Level 16.

Hacking Stance
Seharusnya jika tidak ada perhitungan Finish Attack (HP 10%), Hacking Stance masih tetap menjadi TOP DPS untuk Gladiator. Syarat agar Hacking Stance menjadi TOP DPS cukup berat. Pertama kalian harus menggunakan Skill Ring +1 agar damagenya meningkat dan cooldownnya berkurang. Kedua, kalian harus melakukan Full Hit (6 detik Stance) atau jangan sampai di cancel, hehehe.

Line Drive
Potensi DPS Line Drive memang masih bisa kalah dengan 3 Skill Lunar Knight, tetapi jangan lupa Line Drive merupakan Skill INS untuk Gladiator. Line Drive INS dapat di cast setelah Dash Kick atau Dash Combo. Jika Dash Kick berhasil mengenai musuh, maka cooldown Line Drive INS akan reset. Itu berarti Line Drive INS bisa digunakan setiap 20 detik sekali atau 16 detik sekali kalau menggunakan Skill Heraldry Dash Kick cooldown.

Brave
Peningkatan level Skilll ini akan menambahkan durasi Buffnya.

Provoking Slam/Luring Slash
Peningkatan level Skill ini tidak akan meningkatkan % Debuffnya tetapi hanya Damagenya saja. Oleh karena itu. saya tidak perlu menaikannya MAX.

Evasion Slash
Potensi DPS Evasion Slash di atas adalah untuk yang menggunakan Skill Ring +1, sehingga cooldownnya lebih cepat 0.5 detik. Jika tidak menggunakan Skill Ring, maka DPSnya akan kalah tipis dengan Triple Slash EX.

Finish Attack
Saya heran kenapa ada orang bilang Finish Attack EX merupakan Skill dengan DPS terbaik di Dragon Nest (pengalaman di DN INA). Saya sih cuman bisa senyum saja mendengarnya. Lihat saja tabel di atas, Potensi DPS Finish Attack disaat musuh Full HP atau 60%+ masih kalah dengan Cyclone Slash level 16 (LOL). Memang untuk Low HP Finish Attack memiliki penambahan Damage yang besar, tetapi tetap saja masih jauh untuk menjadi Skill DPS terbaik (maaf ya fans berat Finish Attack). Yah walaupun seperti itu, Finish Attack tetap wajib MAX.

Build PVP

Rising Slash (6) + Circle Break (6)
Seperti biasa, kedua skill ini menjadi perlengkapan kombo PVP saya. Sebenarnya ingin sekali ditambah Impact Wave level 6, tetapi skill pointnya tidak cukup.

Triple Slash + Front Shove
Saya tidak memaksimalkan kedua skill ini karena untuk menghemat Skill Point dan sedikit MP. Yap, skill yang MAX akan memiliki konsumsi MP yang besar pula. Saya agak malas ketika Ladder lalu kehabisan MP.

Halfmoon Slash
Kali ini saya menaikan Halfmoon Slash sampai level 11. Di PVE saya tidak tertarik menaikan/memaksimalkan skill ini karena potensi DPSnya tidak terlalu besar. Berbeda dengan PVE, Halfmoon Slash memiliki damage yang lumayan besar di PVP sehingga sangat cocok untuk Team PVP atau Ladder.

Great Wave
Ultimate ini biasanya saya gunakan ketika melawan Range Job di Ladder. Biasanya mereka sangat sulit sekali di tempel oleh Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Sedikit tips dari saya, sebelum menggunakan Great Wave kalian pastikan Musuh tidak memiliki Escape Skill atau Aerial Evasion (niat mode).


Skill Heraldry
PVE:
1. Finish Attack (damage/cooldown)
2. Triple Slash (damage)
3. Line Drive (damage)
Optional: Evasion Slash/Front Shove (damage), Hacking Stance, Great Wave, Dash Kick (cooldown)

PVP:
1. Finish Attack (cooldown)
2. Line Drive (damage)
3. Side Kick (action speed)
Optional: Triple Slash, Front Shove, Evasion Slash (damage), Halfmoon Slash (Action Speed)
    Job yang mendapatkan Voting tertinggi kali ini adalah Abys Walker. Saya perhatikan hasil Vote untuk JOB yang sudah ada Skill Buildnya masih tetap tinggi saja. Kasian beberapa Job lain masih sepi yang Vote dan pengguna job itu sudah mulai meminta Skill Build. Saya bukannya cuek dengan permintaan kalian, tetapi masalah keterbatasan waktu dalam membuat Artikel. Apalagi hari selasa nanti DN SEA akan Cap 90 dan pasti saya akan susah membagi waktunya.
     Abyss Walker adalah salah satu job yang akan saya leveling-kan duluan (mungkin setelah Smasher/Soul Eater :P). Saya sangat tertarik sekali dengan Skill Boostnya dan Line of Darkness Instan. Menjelang Cap 90 (H-2) di DN SEA, harga Skill Plate untuk skill Abyss Walker mulai merangkak naik, Padahal nanti di Cap 90 kan Judi Pouch Skill Plate menjadi lebih sedikit membutuhkan Fragment Dimesional Gemnya, hehehe.
     Kenaikan damage hampir semua skill Skill Abyss Walker membuat saya tidak begitu galau membuat Skill Buildnya di Cap 90 (tidak seperti membuat Gear Master Skill Build). Berdasarkan post Analisis Bringer Class, diantara semua skill Abyss Walker hanya Nightfall saja yang mengalami penurunan damage. Ini berarti pada Cap 90, Abyss Walker hanya pelu fokus pada Dark Skillnya alias kembali kejalur yang benar.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: Dark + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Dark Attack vs Physical Attack (PATK)
Jujur saya sudah mulai agak bosan ketika ditanya mana yang lebih baik Dark Attack atau PATK untuk Abyss Walker. Saya selalu menjawab Dark Attack pasti lebih baik, karena semua Skill Abyss Walker itu elemnnya Dark. Sebagai pembuktian mari kita hitung-hitungan seperti di Gear Master Skill Build:
Abyss Walker (PATK)
- PATK: 53081
- Dark Attack: 70% (Full Buff)
Abyss Walker (Dark Attack)
- PATK: 46349
- Dark Attack: 102% (Full Buff)

Hitung Damage salah satu skill yaitu Line of Darkness EX
- Board Damage: 2361%
- Koefisien: 3 Board Damage

Abyss Walker (PATK)
Damage: (53081 x 23.61) x 3 x 1.7 = 6391536

Abyss Walker (Dark Attack)
Damage: (46349 x 23.61) x 3 x 2.02 = 6631457

Nah, sudah jelaskan Abyss Walker yang bermain Dark Atack akan lebih unggul. Bayangkan saja perbedaan Damagenya untuk Abyss Walker yang menggunakan Tough Earring + Necklace (Full Dark), pasti Damagenya akan lebih besar lagi.

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Kali ini saya hanya akan memberikan dua Skill Build saja yaitu PVE dan PVP, tetapi seperti biasa saya akan menyediakan tabel potensi DPSnya terlebih dahulu:

Note: Perhitungan menggunakan Gear/Equip Abyss Walker (Dark) seperti Analisis Bringer Class

Build PVE


Fan of Edge
Beberapa teman saya sudah protes tentang Skill ini. Mereka merasa aneh kenapa saya suka sekali menaikan Fan of Edge. Jawabannya adalah hampir semua Char saya menggunakan Build Pure PVE, termasuk char Assassin juga. Pure PVE berarti saya menaikan Skill yang memiliki DPS besar, salah satunya adalah Fan of Edge. Yah walaupun damagenya dikurangin di Cap 90, tapi saya belum bisa move on atau menemukan pengganti skill DPS lain di Assassin Skill Tree. Bagi yang tidak cocok dengan Gameplay saya, kalian bebas memilih Skill yang kalian suka.

No Ring Strike 
Secara DPS, Ring Strike tidak bisa menandingi Skill Dark lainnya. Padahal perhitungan di atas menggunakan Total 21 Hit, tetapi potensi DPSnya tetap diurutan terbawah. Dengan Build seperti di atas, untuk menaikan Ring Strike Level 1 saya harus mengorbankan 13 Skill Point (10 SP untuk ambil Skill dibawah Chakra Energy dan 3 SP untuk Ring Strike lv 1). Dibandingkan harus membuang SP untuk Skill yang DPSnya tidak besar lebih baik saya alokasikan untuk Skill lainnya saja.

Chakra Cure
Skill ini sangat berguna untuk menghilangkan Debuff Boss, seperti burn, poison dll. Dengan menaikan Skill ini, berarti Abyss Walker bisa menjadi DPS paket komplit, karena memiliki DPS besar, Heal dan Cure.

Illusion Chakra
Abyss Walker level 90 pasti sudah tahu apa kegunaan skill ini. Kegunaannya adalah untuk mengurangi Cooldown Line of Darkness Instant. Jika Illusion Chakra berhasil mengenai musuh maka akan mengurangi Cooldown LOD INS 27 detik. Line of Darkness instant memiliki cooldown 27 detik juga, sehingga jika Illusion Chakra terus berhasil mengenai musuh maka Cooldown LOD INS akan sama dengan Cooldown Illusion Chakra. Illusion Chakra level 10 (MAX) memiliki Cooldown 12 detik, berarti kalian bisa menggunakan LOD INS tiap 12 detik (asal berhasil hit musuh). Saya malah punya rencana untuk menggunakan Skill Ring +1 dan Plate cooldown (niat mode), sehingga cooldownnya bisa 8 detik (dah kaya Setrikaan bolak-balik LOD).

Abyss Walker Skill

Perhatikan saja Tabel Potensi DPS di atas, ke enam Skill di Abyss Walker Line berhasil menguasai peringkat 1-6 DPS Skill. Ini merupakan efek dari Abyss Walker Boost yang saya pernah bahas di Analisis Bringer Class. Dengan Potensi DPS yang hampir merata seperti itu, saya rasa tidak ada salahnya untuk mengembalikan Abyss Walker ke jalan kegelapan. Mungkin nanti ada yang nanya kok Ultimate Skill Abyss Walker (Dark Conviction) bisa berada di Top 2 DPS. Kalian bisa lihat alasannya di Light Fury Skill Build.

Nightfall
Nightfall sempat menjadi TOP DPS Abyss Walker di Cap 80 lalu, Namun di Cap 90 ini, damagenya dikurangi lumayan besar yaitu hampir 50%, bahkan debuffnya juga ikut dikurangi dari +32% menjadi +20% Damage. Saya malah sempat ingin menaikannya sampai level 1 saja karena masalah peningkatan damagenya per-levelnya tidak terlalu besar. Coba saya hitungnya:
Nightfall lv 1: 102% per hit
Nightfall lv 11: 113% per hit
Max Hit: 20x Hit
Mid Hit: 1.5x board damage (posisi monster di tengah Nightfall)
Koefisien: 20 x 1,5 = 30x Board damage

Nightfall lv 1: 102% x 30 = 3060%
Nightfall lv 11: 113% x 30 = 3390%
Peningkatan: 3390% - 3060% = 330%

Tuhkan perbedaan Level 1 dengan 11nya tidak terlalu besar. Coba saya hitung peningkatan DPS antara level 1 dengan 11.
Cooldown: 30 detik
Peningkatan DPS: 330%/30 = 11%/detik (imuth banget)

Dibandingkan Nightfall, peningkatan Fan of Edge dari level 16 ke 26 malah lebih besar yaitu 16%. Atau kalian bisa juga menggunakan 10 SPnya untuk meningkatkan Shadow Hand level 6 yang memiliki peningkatan DPS 26%.

Saya yakin pasti ada yang tidak mengerti dengan maksud saya di atas. Intinya dengan kondisi damage Nightfall di Cap 90, saya agak bimbang dengan 3 pilihan ini;

1. Fan of Edge lv 16 dan Nightfall lv 11 (seperti build di atas)
2. Fan of Edge lv 26 dan Nightfall lv 1
3. Fan of Edge lv 16, Shadow Hand lv 6 dan Nightfall lv 1



Build PVP


Shadow Hand + Triple Edge + Piercing Strike
Seperti biasa ketiga skill ini perlengkapan untuk kombo di PVP.

Ring Strike
Ring Strike punya Iframe di awal Castnya dan bisa juga digunakan untuk mengunci musuh yang terjatuh. Ring Strike juga sangat efektif untuk mengunci musuh di area Nightfall EX.

Chakra of Healing + Healing of Ajna
Saya tidak menaikan kedua Skill ini karena membutuhkan masing-masing 10 Skill Point (Boros sekali). Chakra of Healing juga tidak memiliki kemampuan untuk memulihkan HP, jadi saya rasa tidak terlalu penting juga dinaikan. Lebih baik Skill Pointnya diberikan ke Skill lain yang lebih berguna.

Illusion Chakra
Di PVP tidak ada pengurangan cooldown untuk setiap peningkatan Skill ini, jadi saya rasa percuma juga dinaikan MAX.

Shadow Focus
Saya terpaksa mengurangi Shadow Focus sampai level 6 demi menaikan Ring Strike lv 1. Saya rasa sih perbedaan damagenya juga tidak terlalu jauh di PVP.

Nightfall
Berbeda dengan PVE yang galau antara level 1 atau Max. Di PVP saya lebih memilih untuk MAX karena damagenya di Ladder/PVP lebih besar dan itu berpengaruh untuk mempercepat penurunan HP musuh.

Ring of Energy
Kalian tidak akan mungkin bisa Full Hit menggunakan Skill Ultimate Abysswalker. Skill Ultimate Light Fury (Ring of Energy) lebih mudah kena Full Hitnya dan damagenya juga besar di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Chakra (cooldown)
3. Illusion Strike (damage)
Optional: Nightfall (cooldown), Dark Conviction, Night Exploison, Shadow Focus, Plasma Burst (damage)

PVP:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Strik (damage)
3. Nightfall (action speed)
Optional: Illusion Strike (cooldown), Chakra of Energy (Heal Rate),

      Pemenang Vote selanjutnya adalah Inquisitor. Saya ingatkan bagi yang sudah Vote untuk Lunar Knight (Moonlord), Dark Avenger, Saint dan Gear Master bisa mengganti Votenya ke pilihan lain (yang belum ada SKill Buildnya). Sebelum membahas Skill Build saya juga mohon bantuannya agar mengkoreksi kesalahan-kesalahan Skill Build dan pejelasannya. Soalnya saya membuat Skill Build ini tanpa melakukan Uji Coba lansung, karena DN SEA masih belum Cap 90. Jadi saya membuat Skill Buildnya lebih kepada Potensi DPS dan pengalaman PVE/PVP di Cap 80.
      Sebelumnya, Inquisitor dikenal sebagai job yang memilik Buff, Debuff, Heal dan beberapa Skill DPS. Hal itu berubah drastis semenjak Patch 90 lalu, posisinya sebagai Support saya rasa sudah tidak pas lagi. Melihat beberapa Skill DPSnya ditingkatkan damagenya (baca:Analisis Priest Class), saya rasa sudah sepantasnya Inquisitor masuk ke Job DPS. Saya sih cuman khawatir akan banyak pemain DN yang kurang bisa menerima kenyataan ini.






Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT (Tipe Crit)
Weapon + Ring: LIGHT+ INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Blessed/Ultimate

Skill Build
Sebelum membuat Skill Build mari kita lihat dulu tabel potensi DPSnya:

Note; Gear/Equipnya masih sama dengan Analisis Priest Class

Build 1

Build pertama ini rencananya akan saya gunakan di CAP 90. Saya tidak mau lagi menjadi Support seperti Cap 80 lalu. Sekarang saya akan membiasakan menjadi Inquisitor DPS, hehehe. 

Kenapa saya suka sekali dengan Charge Bolt MAX?
Saya sudah menggunakan Charge Bolt dari Cap 24, lalu mulai Max di Cap 50 sampai sekarang ini. Memang sebagian orang bilang Skillnya tidak efektif karena susah/ribet untuk Full Hit. Sejauh ini, maksimal Hit untuk Charge Bolt yang saya alami adalah 12x Hit. Setiap Hitnya mewakili 0.5 Board Damage, sehingga total Full Hit Damagenya adalah 6x Board Damage (0.5 x 12 hit). Seandainya kalian hanya bisa melakukan 6 Hit saja, DPSnya akan turun di bawah Holy Burst (Consecration).

Kombinasikan Mind Breaker EX dengan Charge Bolt
Di Inquisitor saya biasa mengkombinasikan kedua Skill ini, karena Cooldown keduanya sama-sama 10 detik. Saya yakin Inquisitor pasti akan selalu menggunakan Mind Breaker EX untuk mendapatkan Efek Debuffnya. Mind Breaker EX akan memiliki damage lebih besar jika jarak kita dengan monster sangat dekat karena akan ada tambahan 30% damage. Oleh karena itu, tidak ada salahnya setelah menggunakan Mind Breaker EX langsung disambung dengan Charge Bolt, lagipula casting Charge Bolt tidak terlalu lama.

No Block
DiSaint Skill Build PVE, saya tidak menyebutkan alasannya kurang menyukai Block. Di Cap 90, kalian bisa memblok 18x serangan denga durasi 20 detik. Menghabiskan 18x Block dalam 20 detik itu agak berat (kecuali kena poison missile :P), sehingga jika tidak cepat habis Block itu akan mengganggu keberhasilan Casting Skill kalian. Saya sering melihat orang yang Ultimate Skillnya gagal karena Block.

Lightning Bolt
Saya menaikannya sampai level 16 karena perbedaan damagenya tidak terlalu besar dengan MAX. Selain itu Skill Pointnya juga sangat terbatas. Jika kalian ingin menaikannya sampai MAX +2, maka bisa tidak menaikan Avenging Wave.

Mind Breaker
Siapa yang menyangka Skill yang biasa saya pakai cuman untuk Debuffnya bisa menjadi Top DPS no 4 Inquisitor. Berdasarkan post Analisis Priest Class, kenaikan damage Mind Breaker sampai 300%. Jadi tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai salah satu skill DPS terbaru.

Chain Lightning
Board Damage Chain Lightning ditingkatkan tetapi debuff -15% Light Resistnya dihilangkan di Cap 90. Hal itu membuat Potensi DPSnya tidak meningkat, malahan cenderung menurun dibandingkan cap 80 (baca: Analisis Priest Class). Potensi DPS di atas berlaku untuk Single Target, sedangkan untuk MOB bisa lebih besar lagi karena ada lompatan petirnya.

Detonate
Di Saint Skill Build saja saya menaikannya MAX +1 apalagi untuk Inquisitor. Potensi DPSnya yang tiba-tiba menjadi  besar ini membuat saya tertarik menaikannya MAX +1 untuk PVE Build. Detonate EX juga bisa digunakan untuk mengaktifkan Buff +10% Light Attack dan 5% MATK dari pasif Class Mastery II.

Heavenly Judgement
Ultimate Skill yang wajib dinaikan MAX oleh Inquisitor. Tolong jangan pernah membandingkan DPS Heavenly Judgement ini dengan Miracle Relic (BUG) ya, soalnya nanti kalau sudah di FIX baru ketahuan siapa yang lebih besar damagenya.

Grand Cross
Mantan TOP DPS skill untuk Inquisitor ini agak kurang disukai sebagian orang. Saya maklumi karena memang Casting Time dan pergerakannya lama. Potensi DPS di atas untuk Grand Cross Full Hit. Maksimal Hit untuk Grand Cross adalah 20 Hit dengan masing-masing hit sama dengan 0.2x Board Damage, sehingga total Full Hit damagenya adalah 4x Board damage (0.2 x 20). Ibaratnya seperti ini:
- Jika kamu hanya bisa mendaratkan 5 Hit saja, maka DPSnya berada di bawah Chain Lightning.
- Jika kamu hanya bisa mendaratkan 10 Hit saja, maka DPSnya masih tetap berada di atas Detonate.

Holy Burst
Potensi DPSnya memang tidak terlalu besar tapi ada yang kurang rasanya kalau tidak menaikan skill ini, hehehe.

Consecration
Consecration tiba-tiba muncul menjadi TOP DPS Inquisitor di Cap 90 ini.

Kelamahan Build pertama adalah agak repot ketika digunakan juga untuk Ladder, terutama ketika bertemu Tracking Arrownya Artillery.

Build 2
Build kedua ini untuk Inquisitor untuk Support + DPS

Saya khawatir sebagian orang masih belum menerima kalau Inquisitor sebagai DPS. Bayangkan saja jika teman party kalian menanyakan mana Healing Relic, Cure Relic dan Miracle Relicnya seperti Cap 80 lalu. Bisa-bisa kalian malah ditolak oleh Party. 

Healing Relic
Saya melihat di DN INA durasi Healing Relic masih pakai versi jadul yang 10 detik. Padahal di KDN durasi Healing Relic itu 30 detik dengan cooldown 10 detik, sehingga kalian bisa summon Healing Relic sebanyak 3 buah. Sebenarnya saya malas sekali menaikan Healing Relic di Cap 90, karena jumlah healnnya kecil sekali.

Cure Relic
Inti dari Skill Build kedua adalah mengambil Cure Reli yang berguna untuk menghilangkan Debuff dari Boss Nest/Raid. Masalah utama adalah kadang Cure Relic ini mudah sekali hancur dan areanya Curenya tidak terlalu besar.

Miracle Relic
Sebagai Support tentunya tidak komplit jika tidak menaikan Miracle Relic. Inquisitor saya di DN SEA saja dulu pernah dimarahi oleh Party karena tidak menaikan Miracle Relic. Kebetulan Damage Miracle Relic juga sedang Bug, jadi bisa sekalian untuk Skill DPS juga (LOL).

Grand Cross
Kenapa saya mengorbankan salah satu TOP DPS Inquisitor demi Skill Relic? karena diantara semua DPS Skill Inquisitor, Grand Cross yang paling susah untuk mendapatkan Full Hit.

Kelemahan Build kedua ini tidak ada Avenging Wave sehingga kalian akan lebih mudah jatuh.

Build 3
Build ketiga ini saya gunakan untuk PVP

Divine Combo + Holy Kick + Holy Bolt 
Sama seperti  Saint Skill Build untuk PVP, Inquisitor juga saya lengkapi engan Skill yang sama. Ke empat skill ini berguna untuk membantu kombo di PVP.

Block
Di PVP skill ini sangat diperlukan untuk menahan serangan.

Mind Breaker + Grand Cross
Kemungkinan Full Hit kedua skill ini tidak terlalu besar di PVP. Mind Breaker biasa digunakan untuk men-Stun + Paralyze musuh. Sedangkan Grand Cross memiliki super armor yang cukup besar (tidak mudah cancel) ketika Casting Skill. Biasanya saya cast Grand Cross ketika sedang ditempel oleh Melee Job agar saya tidak cepat terjatuh.

Bind Relic
Saya berharap sisa 2 Skill Point itu bisa dimasukan ke Bind Relic supaya bisa MAX, hehehe. Saya belum tahu apakah Bind Relic di Ladder masih gampang hancur atau tidak.


Skill Heraldry
PVE:
1. Consecration (cooldown)
2. Detonate (cooldown/damage)
3. Chain Lightning (damage)
Optional: Holy Burst/Grand Cross/Lightning Bolt(damage), Heal/Cure Relic (cooldown)
*Khusus Detonate saya belum tahu apakah ada yang Opsi Cooldown, jika ada lebih baik menggunakan Cooldown agar Buff dari Class Mastery bisa lebih sering didapat. 

PVP:
1. Consecration (cooldown)
2. Detonate (damage)
3. Holy Burst (damage)
Optional: Heal (Heal Rate), Half Turn Kick/Holy Kick (Action Speed), Bind Relic (cooldown)
Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home