Pada post kali ini, saya akan kembali menjawab pertanyaan dari Blog dan Facebook. Pertanyaan yang akan dibahas kali ini tentang Boost Skill. Salah satu pengunjung Blog bertanya tentang mana yang lebih baik Artillery Skill Boost atau
Sniper Skill Boost. Saya tidak bisa menjawab lebih dalam di kolom komentar. Selain itu perlu banyak perhitungannya pula, sehingga saya akan membahasnya langsung di Blog saja
Sejujurnya saya belum pernah mencoba Sniper Boost karena saya hanya bermain di DN SEA dan INA. Sedangkan Update terbaru di DN SEA dan INA hanya sampai Screamer Skill Boost. Jadi saya hanya akan menghitung berdasarkan video-video review Sniper Boost di Youtube saja ya. Kita tahu sendiri, perhitungan DPS disini tidak akan sama dengan yang terjadi di lapangan atau nest. Perhitungan kali ini pun hampir sama dengan
Dragon Nest: DPS Chart, namun saya tidak memperhitungkan Buff atau Debuff masing-masing job.
Artillery Boost vs Sniper Boost?
Kadang saya bingung menanggapi pertanyaan seperti ini, karena pasti akan sulit membandingkannya. Saya juga harus berfikir gimana caranya membuat perbandingan lebih mudah. Selain itu, saya perlu mengecek ulang Board Damage Artillery yang jaman dulu. Untungnya ada sedikit datanya di Blog dan Forum. Biar lebih mudah saya akan membandingkan tiap Skill di Sniper vs Artillery.
PATK Sniper : 37000
MATK Artillery :31695
Charge Shot EX vs Scope Arrow EX
Charge Shot:
Sebelum: 471% + 11736 , CD: 13 detik
Sesudah: 613% + 15270, CD: 10 detik
Koefisien: 1.3
- DPS Sebelum: ((471% x 37000 + 11736)x 1.3)/13 =
18401
- DPS Sesudah: ((613% x 37000 + 15270)x 1.3)/10 =
31470
Peningkatan DPS:
- (31470 - 18401)/18401 =
0.71 atau ~70%
# Bandingkan dengan Scope Arrow EX
- Board Damage: 393% + 9789
- Koefisien: 4
- Cooldown: 13 detik
DPS: ((393% x 31695 + 9789) x 4)/13 =
41339
Walaupun sudah di Boost, Charge Shot EX tetap memiliki DPS lebih rendah dibandingkan Scope Arrow EX.
Aerial Chain Shot EX vs Swift Shot EX
Aerial Chains Shot (Boost): Cooldown berkurang menjadi 15 detik
- Board Damage: 192% + 2565
- Koefisien: 18
DPS sebelum: ((192% x 37000 + 2565) x 18)/18 =
73605
DPS sebelum: ((192% x 37000 + 2565) x 18)/15 =
88326
Peningkatan DPS:
- (88326 - 73605)/73605 =
0.2 atau 20%
# Bandingkan dengan Swift Shot EX
- Board Damage: 585% + 14473
- Koefisien: 8.5
- Cooldown: 10 detik
DPS: ((585% x 31695 + 14473) x 8.5)/10 = 169905
Wah, DPS Swift Shot EX masih unggul hampir 2x lipat dari Aerial Chain Shot EX setelah Boost.
Siege Stance EX vs Rapid Shot EX
Siege Stance:
Sebelum: 581% + 16028 , CD: 45 detik
Sesudah: 755% + 20837, CD: 30 detik
Koefisien: 5
- DPS Sebelum: ((581% x 37000 + 16028)x 5)/45 =
25666
- DPS Sesudah: ((755% x 37000 + 20837)x 5)/30 =
50031
Peningkatan DPS:
- (50031 - 25666)/25666 =
0.95 atau 95%
# Bandingkan dengan Rapid Shot EX
- Board Damage: 209% + 10840
- Koefisien: 6.8
- Cooldown: 13 detik
DPS: ((209% x 31695 + 10840) x 6.8)/13 =
40320
Disini bisa dilihat bahwa Efek Sniper Boost membuat DPS Siege Stance EX lebih besar dibandingkan dengan Rapid Shot EX.
Arrow Shower EX vs Tracking Arrow EX
Arrow Shower:
Sebelum: 58% + 232 , CD: 40 detik
Sesudah: 75% + 302, CD: 30 detik
Koefisien Board Damage: 55
Addtional Damage: 150% x 13 hit
Koefisien EX: 1.3
- DPS Sebelum: ((58% x 37000 + 232) x 55 + (150% x 37000) x 13)) x 1.3 /40 =
62223
- DPS Sesudah: ((75% x 37000 + 302) x 55 + (150% x 37000) x 13)) x 1.3 /30 =
98122
Peningkatan DPS:
- (98122 - 62223)/62223 =
0.58 atau ~60%
# Bandingkan dengan Tracking Arrow EX
- Board Damage: 196% + 4540
- Koefisien: 13
- Cooldown: 16 detik
DPS: ((196% x 31695 + 4540) x 13)/16 =
54163
Full Hit Arrow Shower EX masih tetap unggul dibandingkan dengan Tracking Arrow EX.
Arrow Barrage vs Revolution Ballista
Arrow Barrage:
Sebelum: 126% + 1944 , CD: 125 detik
Sesudah: 152% + 2333, CD: 125 detik
Koefisien: 24
Final Damage +50%
Cooldown: 125 detik
- DPS Sebelum: ((126% x 37000 + 1944) x 24) /125 =
9324
- DPS Sesudah: (((152% x 37000 + 2333) x 24) x 1.5) /125 =
16869
# Bandingkan dengan Revolution Ballista
- Board Damage: 7506% + 111267
- Koefisien: 1
- Cooldown: 125 detik
DPS: ((7506% x 31695 + 111267)/125 =
19922
Arrow Barrage setelah Boost masih memiliki DPS yang kurang dari Revolution Ballista.
Wind Shot vs Fatal Tracking Arrow
Sejujurnya membandingkan dua skill yang castingnya berdasarkan Bubble Kritikal adalah sulit. Saya tidak bisa memastikan cooldown dari Wind Shot dan Fatal Tracking Arrow, karena cooldownya berdasarkan seberapa seringnya serangan kita kritikal. Jadi kali ini saya akan memberikan prediksi saja ya.
1 Hit Wind Shot = 1x Board Damage Charge Shot
Total Hit Wind Shot: 6-30 (tergantung ukuran boss dan ketepatan skill)
Masalah cooldown, mungkin saya asumsikan saja
30 detik. Sesuai dengan cooldown Arrow Shower yang memiliki Total Hit besar, sehinga kemungkinan kritikal juga besar. Masalah selanjutnya adalah total hit Wind Shot, saya terpaksa mengasumsikan ukuran boss sama dengan Boss Pertama TKN, sehingga total hit rata-ratanya
10 Hit.
DPS: ((613% x 37000 + 15270)x 10)/30 =
80693
# Bandingkan degan Fatal Tracking Arrow
Kali ini saya sudah melakukan Test untuk mengetahui seberapa banyak Fatal Tracking Arrow yang dapat saya cast selama 1 menit di Boss pertama TKN. Hasilnya sebagai berikut:
Board Damage: 196% + 4540
Koefisien Board: 20
Jumlah Skill yang dapat di cast: 5x
Durasi: 60 detik
DPS: ((196% x 31695 + 4540) x 20 x 5)/60 =
111104
Pada Boss Pertama TKN, DPS Fatal Tracking Arrow lebih besar dibandingkan Wind Shot. Hal ini karena saya melakukan Test untuk ukuran Boss yang sedang. Jika ukuran boss diganti sebesar Dragon, saya kira Wind Shot akan memiliki DPS lebih besar. Selain itu, Fatal Tracking Arrow memang baik untuk Single Boss. Kekurangannya apabila terdapat banyak monster di sekitar boss, sehingga DPSnya menjadi tidak fokus.
Perbandingan DPS Sniper vs Artillery setelah Boost
Kali ini saya akan jumlahkan semua Perhitungan DPS Sniper dan Artillery diatas, lalu membandingkan mana yang lebih besar.
Charge Shot EX vs Scope Arrow EX =
31470 vs 41339
Aerial Chain Shot EX vs Swift Shot EX =
88326 vs 169905
Siege Stance EX vs Rapid Shot EX =
50031 vs 40320
Arrow Shower EX vs Tracking Arrow EX =
98122 vs 54163
Arrow Barrage vs Revolution Ballista =
16869 vs 19922
Wind Shot vs Fatal Tracking Arrow =
80693 vs 111104
Jika dilihat dari data di atas, Artillery memiliki keunggulan untuk 4 Skill, sedangkan Sniper untuk 2 Skill. Sekarang saya coba lihat perbandingannya.
Sniper: (
31470 + 88326 + 50031 + 98122 + 16869 + 80693) / 6 = 60919
Artillery: (41339 + 169905 + 40320 + 54163 + 19922 + 111104) / 6 = 72792
Perbandingan DPS:
- (72792 - 60919) / 60919 =
0.195 atau ~20%
Dalam perhitungan saya kali ini, Artillery memiliki keunggulan DPS sebesar
20% dibandingkan Sniper. Saya ingatkan sekali lagi, ini hanya perhitungan kasar dan prediksi saja. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi DPS mereka di Nest, misalnya ukuran Boss, ketepatan skill dan Self Buff.