Pertama kali saya mendapatkan info akan ada Job baru di Dragon Nest, saya agak sedikit kecewa karena lagi-lagi gendernya perempuan. Populasi Hode akan meningkat lagi nih di dunia per DN-an. Ketika Update di DN INA, banyak juga yang tanya-tanya tentang Machina ini. Pertanyaan standar sih "Mana yang paling bagus antara Ruina dan Defensio (Defena)" dan saya pun bingung jawabnya. Soalnya saya belum membaca atau mencari tahu info tentang Machina. Yang saya tahu sih jika ingin menjadi DPS lebih baik pilih Ruina, sedangkan Support DPS pilih Defensio.
Awalnya saya kira akan mudah menghitung Potensi DPS Ruina, tetapi kenyataannya benar-benar rumit. Kerumitannya itu karena banyakannya efek penambahan skill + kombo. Skill yang lumayan merepotkn adalah Over Charging. Menghitung Potensi DPS Over Charging tidak semudah melihat keterangan skill. Selain itu, ada pula beberapa penambahan damage yang tidak sesuai dengan keterangan Skillnya. Saya sarankan untuk posting Ruina Skill Build Level 90 ini, kalian harus baca baik-baik agar bisa tahu penjelasannya.Saya juga meminta kalian untuk mengkoreksi kesalahan-kesalahan di Post ini.
Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT
Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate
Potensi DPS
Berhubung Ruina adalah Job baru, saya perlu menjelaskan sedikit langkah-langkah pembuatan Buildnya. Pertama saya pasti mengasumsikan dulu PATK Ruinanya adalah 50000. Selanjutnya bisa menganalisis masing-masing Skill Treenya.
Machina Skill Tree
Dari Tabel di atas, saya akan membahas 5 Skill saja yaitu Body Check, Fly By, Knuckle Charge, Charging Gear dan Pivot Gun Shot.
Body Check
Potensi DPSnya paling besar jika kalian hanya spam special attack (klik kanan) saja. Sedangkan Ruina memerlukan kombo dan rotasi skill, bukan hanya Spam satu Skill saja. Oleh karena itu, saya mencoret Body Check dari pilihan skill DPS saya.
Fly By
Pengguna Ruina mungkin heran kenapa Fly By bisa memiliki Potensi yang cukup besar. Spam Fly By setiap 2.5 detik bisa memiliki Potensi yang lumayan besar juga. Maksimal hit yang saya dapatkan selama uji coba di BDN/GDN itu 7 Hit. Lagi-lagi Spam Fly By juga bukan menjadi pilihan terbaik untuk Ruin. Saya lebih sering menjadikannya sebagai Skill Blink saja.
Charging Gear
Skill pasif ini memiliki potensi DPS yang lumayan besar juga. Normal Hit + Charging Gear memiliki damage 5.8x PATK kalian. Sama halnya dengan Body Check dan Fly By, Spam Normal Hit + Charging Gear bukan pilihan DPS terbaik. Okelah jika DPSnya besar, itupun hanya menduduki peringkat ke 4 atau 5 (LOL). Lagi pula ketika Ruina sedang mengaktifkan Over Boost, Charging Gear tidak akan bisa di Cast.
Knuckle Charge vs Pivot Gun Shot
Saya agak sedikit bimbang ketika menganalisis kedua Skill ini. Pivo Gun Shot memiliki DPS yang lebih stabil dibandingkan Knuckle Charge. Hal tersebut dikarenakan Knuckle Charge memiliki casting time yang lebih lama dan terdiri dari banyak Hit. Jika kalian tidak menggunakn Fly By terlebih dahulu, maka Knuckle Charge tidak akan mendapatkan penambahan 50% damage dan potensinya bisa berbeda sedikit dengan Pivot Gun Shot. Setelah melihat Knuckle Charge level 6++ yang bisa digunakan untuk menarik monster/mobbing, saya akhirnya memilih Knuckle Charge saja.
Patrona Skill Tree
Nah yang ini bakal mulai ribet penjelasannya.
Supaya nyambung, saya beri info tentang Ducking, Over Howl dan Over Boost dulu ya..
Ducking
Dapat mengurangi Cooldown dari Gear Step Skill yaitu Rock Away, Step Up dan Foot Stomping (Saya beri warna biru). Kenaikan level Ducking akan membesar pemotongan cooldownnya. Pada level 6 (MAX) cooldown Gear Step dikurangi sebesar 90%.
Bagaimana mengaktifkannya?
Simpelnya kalian dapat menekan Spasi (lompat) ketika menggunakan Gear Step Skill.
Overhowl
Buff untuk meningkatkan Final Damage 10%. Final Damage disana bukan FD dari Plate/Equip dll, tapi Out Put Damage kamu. Misalkan salah satu skill kalian damagenya 100.000 (tanpa Buff), setelah menggunakan Over Howl maka damagenya akan menjadi 110.000 atau 1.1x damage.
Overboost
Buff ini baru bisa digunakan ketika jumlah Steam kalian mencapai 30. Steam ini bisa kalian dapatkan dari penggunaan Gear Step (Class Mastery I) atau menggunakan skill Overclocking. Setelah mengkonsumi semua Steam, maka akan muncul Buff Overboost selama 160 detik. Fungsi Buffnya adalah:
- Heal 16% HP
- Reset Cooldown Ducking
- Final Damage +50%
- Mengurangi waktu Charging untuk Skill Overcharging
Perhitungan Final Damage Overboost stacking dengan Overhowl, sehingga ketika menggunakan keduanya damage kalian bisa meningkat 1.6x. Ducking awalnya memiliki cooldown 5 detik, namun ketika menggunakan Overboost akan menjadi no cooldown (selalu reset).
Mari kita bahas Potensi DPS Gear Step Skill (Rock Away, Step Up dan Foot Stomping)
Rock Away + Step Up + Foot Stomping
Ketiganya termasuk ke dalam Skill Gear Step (Warna Biru pada Tabel). Potensi DPSnya tidak terlalu besar jika kalian hanya melakukannya secara biasa saja (Normal). Ketika kalian menaikan Ducking MAX, maka Potensi DPSnya bisa naik 2.5x lipat. Hal tersebut dikarenakan kalian ada efek pengurangan cooldown Gear Step Skill sebesar 90%. Belum cukup sampai disana, Potensinya bisa naik lagi jika kalian menggunakan Overboost. Hasil uji coba, Gear Step Skill bisa digunakan setiap 2 detik ketika Overboost aktif. Sayangnya menggunakan Gear Step terus menerus tidak efektif untuk DPS Ruina. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk tidak menaikan satu pun dari Gear Step Skill ke level Max.
Follow Up vs Follow Through
Kalian bisa menggunakan kedua Skill ini langsung dari menekan Skillnya atau bisa menggunakan kombo. Damagnya akan berbeda antara menekan langsung dengan kombo skill. Jika kalian menggunakannya tanpa kombo maka potensi DPSnya akan seperti Tabel di atas. Dengan hasil menunjukan bahwa Follow Up EX lebih unggul daripada Follow Through EX.
Flying Knee Kick vs Kidney Blow
Sama dengan sebelumnya, Flying Knee Kick dan Kidney Blow juga bisa digunakan dengan cara langsung atau melalui kombo. Jika dilihat dari Tabel di atas, Potensi DPS Flying Knee Kick lebih besar dibandingkan dengan Kidney Blow.
Beat Down vs Leaping Over
Leaping over memiliki potensi DPS yang paling besar pada Tabel di atas. Damagenya sangat tergantung pada jumlah Hit yang berhasil mengenai musuh, sejauh ini bisa 20++ Hit (1 Hit = 1x Board Damage). Berbeda dengan Beat Down yang memiliki Board Damagenya besar di level 21 yaitu 2509%. Namun kali ini Damagenya tidak dihitung berdasarkan jumlah Hitya, tetapi murni sebesar 2509% saja. Oleh karena itu pada Tabel di atas, Potensi DPS Beat Down bisa dikalahkan oleh Leaping Over.
Over Heating EX
Sebagai Skill EX level 80, potensi DPSnya tidak terlalu besar.
Sebelumnya saya bilang bahwa Potensi DPS ke-enam skill di atas akan meningkat bila menggunakan kombo.
Kombo Skill (Enhance Command)
Step up > Leaping Over/Beat Down
Leaping Over masih memiliki Potensi DPS yang besar ketika menggunakan kombo skill. Ada yang membuat saya bingung ketika Enhance Command (Kombo) seharusnya damage Leaping Over meningkat 20% (sesuai dengan keterangan skill). Setelah saya uji coba, damagenya malah meningkat sebesar 27.5%. Berbeda dengan Beat Down yang masih sesuai dengan keterangan Skillnya. Sampai disini saya masih bimbang mana yang harus dipilih antara Leaping Over atau Beat Down.
Footing Stomping > Follow Up EX/Follow Through EX
Dari tabel kedua (Patrona Skill Tree) saja sudah jelas kalau Follow Up memiliki Potensi DPS yang lebih besar dibandingkan Follow Through. Bahkan pada Enchance Command (kombo) pun, Potensi DPS Follow Up EX masih lebih unggul. Disinilah saya memutuskan untuk menaikan Follow Up.
Rock Away > Flying Knee Kick EX/Kidney Blow EX
Dilihat dari Potensi DPSnya, Flying Knee Kick EX lebih unggul dibandingkan Kidney Blow EX, sedangkan jika dilihat dari Damagenya Kidney Blow EX lebih unggul. Hal ini dikarenakan Kidney Blow memiliki cooldown lebih lama. Kedua skill ini berhasil membuat saya bingung, kemungkinan besar saya akan menaikan keduanya saja.
Note:
Penambahan damage Enhance Command untuk Footing Stomping dan Rock Away berbeda dengan keterangan Skill. Seharusnya penambahan damagenya sebesar 20% tetapi setelah ditest sebesar 50% damage. Saya tidak tahu apakah ini Bug atau gimana ya, soalnya Damage +50% itu seharusnya ketika Cap 80 lalu.
Over Charging
Ini Skill yang menjadi daya tarik utama bermain Ruina. Perhitungan damagenya pun agak rumit karena berbeda untuk setiap skill. Overcharging bisa digunakan dengan Normal Attack atau setelah skill Follow Up, Flying Knee Kick, Beat Down, Kidney Blow dan Overheating. Hasil perhitungannya seperti ini:
Note: Damage Over Charging sangat berpengaruh pada damage skill sebelumnya,
Beat Down > Over Charging
Berdasarkan tabel di atas, menggunakan Over Charging setelah Beat Down memiliki Potensi DPS tertinggi. Akhirnya saya tidak bingung lagi dan memilih untuk menaikan Beat Down Max.
Flying Knee Kick vs Kidney Blow > Over Charging
Seperti biasa, kedua skill ini memang membuat galau. DPS lebih besar Flying Knee Kick, sedangkan damage lebih besar Kidney Drop. Saya memilih mencari aman saja dengan menaikan keduanya sampai Peak Level.
Follow Up EX > Over Charging
Biasanya Follow Up unggul secara DPS tetapi kali ini tidak. Hal ini dikarenakan Board Damage Follow Up tidak terlalu besar, sehingga damage Over Charging yang dihasilkan juga tidak besar.
Over Heating > Over Charging
Damagenya memang lebih besar dari Follow Up EX. Hanya saja cooldownya terlalu lama untuk dijadikan skill DPS.
Rotasi Skill
Rotasi Skill yang biasa saya gunakan adalah:
- Foot Stomping > Follow Up EX > Over Charging > Step up > Beat Down > Over Charging
- Rock Away > Flying Knee Kick EX > Over Charging > Step up > Beat Down > Over Charging
Kelebihan rotasi skill di atas adalah cooldown masing-masing skillnya cepat. Rotasi Skill ini bisa digunakan setiap 13 detik sekali. Memperpanjang lagi deretan Skillnya, bisa menjadi kurang efektif dan mudah di cancel.
Kalian bisa juga menggunakan Kombo Simpel saya:
- Foot Stomping > Follow Up EX > Ducking > Step up > Beat Down > Over Charging
(Foot Stomping > klik kiri > spasi > klik kiri > klik kiri + tahan)
Skill Build
Setelah penjelasan dan analisis di atas, saya memilih untuk menggunakan Skill Build ini.
Build PVE
Follow Through
Jika kalian baca dari awal mungkin sudah tahu alasannya kenapa saya tidak menaikan Follow Through. Intinya sih karena potensi DPSnya tidak terlalu besar dan tidak bisa dikombo dengan Over Charging.
Leaping Over
Pada dua tabel di atas, Leaping Over bisa menduduki peringkat pertama. Lalu kenapa saya tidak menaikannya? karena potensi DPS Leaping Over tidak sebesar kombo skill Over Charging (silakan cek di atas). Selain itu, perhitungan saya di atas itu jika kamu berhasil mengenai 20x Hit. Jika kurang dari itu, maka DPSnya pasti akan turun lagi.
Beyond The Wall
Saya bisa bilang ini adalah Skill GG untuk Machina. Beyond The Wall max bisa menciptakan Barrier yang berdasarkan 20% HP Machina. Sebelum menggunakan kombo serangan, alangkah lebih baiknya menggunakan Beyond The Wall terlebih dahulu supaya tidak mudah cancel.
Deus Machina EX vs Strike of Martyr (Man-to-Man)
Kedua Ultimate Skill ini sangat berbeda fungsinya. Deus Machina EX lebih ke DPS skill karena memiliki Potensi DPS besar (bisa dilihat pada tabel 2). Strike of Martyr lebih ke Support Skill untuk mengurangi serangan. Saya hanya menaikan Deus Machina EX saja karena fungsi minus damage dll itu urusan Support nanti, sedangkan sebagai DPS Ruina harus tetap mencari Potensi DPS tertinggi.
Build PVP
Sampai hari ini saya belum pernah mencoba PVP dengan menggunakan Ruina. Jika harus membuat Build PVP, mungkin saya akan membuat seperti ini.
Skill Plate
PVE:
- Follow Up (damage)
- Beat Down (damage)
- Kidney Blow (action speed)
- Flying Knee Kick (action speed)
Optional: Over Heating (action speed), Deus Machina EX (damage)
PVP:
- Flying Knee Kick (action speed)
- Body Check (action speed)
- Kidney Blow (action speed)
- Over Heating (action speed)
Optional: Deus Machina EX (cooldown)