Satu hari menjelang Cap 90 di DN SEA, sepertinya akan susah buat Update Skill Build mulai besok. Saya sih akan tetap mengusahakan bisa tetap Update Skill Build, kalau tidak harap maklum ya. Polling sudah saya ganti dengan yang terbaru supaya Votenya tidak menumpuk di Job-Job yang sudah ada Skill Buildnya. Ini menjadi kesempatan baru buat kalian yang Job kesayangannya belum saya bahas Skill Buildnya. Berdasarkan hasil Polling sebelumnya, saya akan membahas mengenai Gladiator Skill Build.
    Gladiator merupakan salah satu Job DPS yang kurang populer di Cap 80. Hal ini dikarenakan Gladiator selalu ada dibayang-bayang Moonlord (Lunar Knight). Beberapa teman saya terpaksa harus lebih fokus ke PVP selama Cap 80, dibandingkan harus sakit hati selalu dikucilkan oleh Party Nest/Raid. Gladiator memiliki skill andalannya yaitu Finish Attack EX. Sayangnya skill tersebut baru berasa damagenya ketika HP musuh dibawah 40%an.
    Gladiator mendapatkan harapannya di Cap 90, karena sebagian besar skillnya ditingkatkan damagenya. Walaupun developer sepertinya masih setengah hati menaikannya, karena setelah saya hitung kenaikannya hanya sekitar 16% dari Cap 80 (baca: Analisis Swordmaster Class). Saya masih merasa peningkatan ini kurang untuk mengalahkan kepopuleran Moonlord (Lunar Knight). Kita tunggu saja Update Skill setiap bulannya, akankah ada Boost lanjutan untuk Gladiator?



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT

Kenapa tidak menggunakan AGI?
1. Konversi 1 STR =  0.75 PATK dan 1 AGI = 0.25 PATK
2. Buff Class Master I (Pasif 65) dapat meningkatkan 60% STR (bukan PATK/AGI ya)

Bermain Kritikal tidak ada salahnya tetapi harus menggunakan Cara yang tepat seperti yang pernah saya jelaskan di Dark Avenger Skill Build.

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate

Skill Build
Setiap Post Skill Build, saya akan memberikan tabel Potensi DPSnya dulu, supaya kalian yang kurang cocok dengan Build PVE saya bisa memilih mana Skill yang punya DPS besar.

Keterangan:
1. Gear Char sama dengan Analisis Swordmaster Class
2. DPS Full Hit dan Buff/Debuff
3. Level Skill Max atau Max +1

Build PVE

Circle Break
Circle Break masih menjadi Skill DPS terbesar diantara semua Skill DPS di Warrior Tree. Skill ini dilengkapi Iframe 0.3 detik juga, sehingga sangat cocok untuk dijadikan Skill DPS.

Dash Kick
Skill ini sangat diperlukan untuk mereset cooldown Line Drive INS


Lunar Knight (Moonlord) Skill
Tadinya saya hanya ingin menaikan Great Wave (Ultimate Skill Moonlord) saja, karena memiliki potensi DPS yang lebih tinggi dibandingkan Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Lalu saya bingung mau membuang 12 Skill Point kemana. Daripada bingung lebih baik saya sekalian menaikan Moonlight Splitter, Cyclone Slash, Crescent Cleave dan Halfmoon Slash level 1. Ke empat skill itu bisa digunakan untuk mengisi kekosangan skill atau kombo dan DPS/damagenya juga lumayan.

Note: saya belum tahu apakah menggunakan Skill di Moonlord Line ini bisa menambah Bubble Pasif 65 (class Mastery I) juga?

Triple Slash
Di tabel Potensi DPS, Triple Slash menduduki peringkat ke 4. Boost damage Triple Slash di Cap 90 memang besar yatu sekitar 91%an (baca:  Analisis Swordmaster Class). Bahkan di Lunar Knight (Moonlord) Skill Build saja saya menaikan skill ini untuk PVE, hehehe.

Deep Straight/Front Shove
Menyusul Triple Slash di posisi ke 4, Front Shove juga memiliki Potensi yang cukup besar. Walaupun terpaut sekitar 60000 poin tetapi masih layak untuk dinaikan Max atau Level 16.

Hacking Stance
Seharusnya jika tidak ada perhitungan Finish Attack (HP 10%), Hacking Stance masih tetap menjadi TOP DPS untuk Gladiator. Syarat agar Hacking Stance menjadi TOP DPS cukup berat. Pertama kalian harus menggunakan Skill Ring +1 agar damagenya meningkat dan cooldownnya berkurang. Kedua, kalian harus melakukan Full Hit (6 detik Stance) atau jangan sampai di cancel, hehehe.

Line Drive
Potensi DPS Line Drive memang masih bisa kalah dengan 3 Skill Lunar Knight, tetapi jangan lupa Line Drive merupakan Skill INS untuk Gladiator. Line Drive INS dapat di cast setelah Dash Kick atau Dash Combo. Jika Dash Kick berhasil mengenai musuh, maka cooldown Line Drive INS akan reset. Itu berarti Line Drive INS bisa digunakan setiap 20 detik sekali atau 16 detik sekali kalau menggunakan Skill Heraldry Dash Kick cooldown.

Brave
Peningkatan level Skilll ini akan menambahkan durasi Buffnya.

Provoking Slam/Luring Slash
Peningkatan level Skill ini tidak akan meningkatkan % Debuffnya tetapi hanya Damagenya saja. Oleh karena itu. saya tidak perlu menaikannya MAX.

Evasion Slash
Potensi DPS Evasion Slash di atas adalah untuk yang menggunakan Skill Ring +1, sehingga cooldownnya lebih cepat 0.5 detik. Jika tidak menggunakan Skill Ring, maka DPSnya akan kalah tipis dengan Triple Slash EX.

Finish Attack
Saya heran kenapa ada orang bilang Finish Attack EX merupakan Skill dengan DPS terbaik di Dragon Nest (pengalaman di DN INA). Saya sih cuman bisa senyum saja mendengarnya. Lihat saja tabel di atas, Potensi DPS Finish Attack disaat musuh Full HP atau 60%+ masih kalah dengan Cyclone Slash level 16 (LOL). Memang untuk Low HP Finish Attack memiliki penambahan Damage yang besar, tetapi tetap saja masih jauh untuk menjadi Skill DPS terbaik (maaf ya fans berat Finish Attack). Yah walaupun seperti itu, Finish Attack tetap wajib MAX.

Build PVP

Rising Slash (6) + Circle Break (6)
Seperti biasa, kedua skill ini menjadi perlengkapan kombo PVP saya. Sebenarnya ingin sekali ditambah Impact Wave level 6, tetapi skill pointnya tidak cukup.

Triple Slash + Front Shove
Saya tidak memaksimalkan kedua skill ini karena untuk menghemat Skill Point dan sedikit MP. Yap, skill yang MAX akan memiliki konsumsi MP yang besar pula. Saya agak malas ketika Ladder lalu kehabisan MP.

Halfmoon Slash
Kali ini saya menaikan Halfmoon Slash sampai level 11. Di PVE saya tidak tertarik menaikan/memaksimalkan skill ini karena potensi DPSnya tidak terlalu besar. Berbeda dengan PVE, Halfmoon Slash memiliki damage yang lumayan besar di PVP sehingga sangat cocok untuk Team PVP atau Ladder.

Great Wave
Ultimate ini biasanya saya gunakan ketika melawan Range Job di Ladder. Biasanya mereka sangat sulit sekali di tempel oleh Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Sedikit tips dari saya, sebelum menggunakan Great Wave kalian pastikan Musuh tidak memiliki Escape Skill atau Aerial Evasion (niat mode).


Skill Heraldry
PVE:
1. Finish Attack (damage/cooldown)
2. Triple Slash (damage)
3. Line Drive (damage)
Optional: Evasion Slash/Front Shove (damage), Hacking Stance, Great Wave, Dash Kick (cooldown)

PVP:
1. Finish Attack (cooldown)
2. Line Drive (damage)
3. Side Kick (action speed)
Optional: Triple Slash, Front Shove, Evasion Slash (damage), Halfmoon Slash (Action Speed)
    Job yang mendapatkan Voting tertinggi kali ini adalah Abys Walker. Saya perhatikan hasil Vote untuk JOB yang sudah ada Skill Buildnya masih tetap tinggi saja. Kasian beberapa Job lain masih sepi yang Vote dan pengguna job itu sudah mulai meminta Skill Build. Saya bukannya cuek dengan permintaan kalian, tetapi masalah keterbatasan waktu dalam membuat Artikel. Apalagi hari selasa nanti DN SEA akan Cap 90 dan pasti saya akan susah membagi waktunya.
     Abyss Walker adalah salah satu job yang akan saya leveling-kan duluan (mungkin setelah Smasher/Soul Eater :P). Saya sangat tertarik sekali dengan Skill Boostnya dan Line of Darkness Instan. Menjelang Cap 90 (H-2) di DN SEA, harga Skill Plate untuk skill Abyss Walker mulai merangkak naik, Padahal nanti di Cap 90 kan Judi Pouch Skill Plate menjadi lebih sedikit membutuhkan Fragment Dimesional Gemnya, hehehe.
     Kenaikan damage hampir semua skill Skill Abyss Walker membuat saya tidak begitu galau membuat Skill Buildnya di Cap 90 (tidak seperti membuat Gear Master Skill Build). Berdasarkan post Analisis Bringer Class, diantara semua skill Abyss Walker hanya Nightfall saja yang mengalami penurunan damage. Ini berarti pada Cap 90, Abyss Walker hanya pelu fokus pada Dark Skillnya alias kembali kejalur yang benar.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: Dark + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Dark Attack vs Physical Attack (PATK)
Jujur saya sudah mulai agak bosan ketika ditanya mana yang lebih baik Dark Attack atau PATK untuk Abyss Walker. Saya selalu menjawab Dark Attack pasti lebih baik, karena semua Skill Abyss Walker itu elemnnya Dark. Sebagai pembuktian mari kita hitung-hitungan seperti di Gear Master Skill Build:
Abyss Walker (PATK)
- PATK: 53081
- Dark Attack: 70% (Full Buff)
Abyss Walker (Dark Attack)
- PATK: 46349
- Dark Attack: 102% (Full Buff)

Hitung Damage salah satu skill yaitu Line of Darkness EX
- Board Damage: 2361%
- Koefisien: 3 Board Damage

Abyss Walker (PATK)
Damage: (53081 x 23.61) x 3 x 1.7 = 6391536

Abyss Walker (Dark Attack)
Damage: (46349 x 23.61) x 3 x 2.02 = 6631457

Nah, sudah jelaskan Abyss Walker yang bermain Dark Atack akan lebih unggul. Bayangkan saja perbedaan Damagenya untuk Abyss Walker yang menggunakan Tough Earring + Necklace (Full Dark), pasti Damagenya akan lebih besar lagi.

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Kali ini saya hanya akan memberikan dua Skill Build saja yaitu PVE dan PVP, tetapi seperti biasa saya akan menyediakan tabel potensi DPSnya terlebih dahulu:

Note: Perhitungan menggunakan Gear/Equip Abyss Walker (Dark) seperti Analisis Bringer Class

Build PVE


Fan of Edge
Beberapa teman saya sudah protes tentang Skill ini. Mereka merasa aneh kenapa saya suka sekali menaikan Fan of Edge. Jawabannya adalah hampir semua Char saya menggunakan Build Pure PVE, termasuk char Assassin juga. Pure PVE berarti saya menaikan Skill yang memiliki DPS besar, salah satunya adalah Fan of Edge. Yah walaupun damagenya dikurangin di Cap 90, tapi saya belum bisa move on atau menemukan pengganti skill DPS lain di Assassin Skill Tree. Bagi yang tidak cocok dengan Gameplay saya, kalian bebas memilih Skill yang kalian suka.

No Ring Strike 
Secara DPS, Ring Strike tidak bisa menandingi Skill Dark lainnya. Padahal perhitungan di atas menggunakan Total 21 Hit, tetapi potensi DPSnya tetap diurutan terbawah. Dengan Build seperti di atas, untuk menaikan Ring Strike Level 1 saya harus mengorbankan 13 Skill Point (10 SP untuk ambil Skill dibawah Chakra Energy dan 3 SP untuk Ring Strike lv 1). Dibandingkan harus membuang SP untuk Skill yang DPSnya tidak besar lebih baik saya alokasikan untuk Skill lainnya saja.

Chakra Cure
Skill ini sangat berguna untuk menghilangkan Debuff Boss, seperti burn, poison dll. Dengan menaikan Skill ini, berarti Abyss Walker bisa menjadi DPS paket komplit, karena memiliki DPS besar, Heal dan Cure.

Illusion Chakra
Abyss Walker level 90 pasti sudah tahu apa kegunaan skill ini. Kegunaannya adalah untuk mengurangi Cooldown Line of Darkness Instant. Jika Illusion Chakra berhasil mengenai musuh maka akan mengurangi Cooldown LOD INS 27 detik. Line of Darkness instant memiliki cooldown 27 detik juga, sehingga jika Illusion Chakra terus berhasil mengenai musuh maka Cooldown LOD INS akan sama dengan Cooldown Illusion Chakra. Illusion Chakra level 10 (MAX) memiliki Cooldown 12 detik, berarti kalian bisa menggunakan LOD INS tiap 12 detik (asal berhasil hit musuh). Saya malah punya rencana untuk menggunakan Skill Ring +1 dan Plate cooldown (niat mode), sehingga cooldownnya bisa 8 detik (dah kaya Setrikaan bolak-balik LOD).

Abyss Walker Skill

Perhatikan saja Tabel Potensi DPS di atas, ke enam Skill di Abyss Walker Line berhasil menguasai peringkat 1-6 DPS Skill. Ini merupakan efek dari Abyss Walker Boost yang saya pernah bahas di Analisis Bringer Class. Dengan Potensi DPS yang hampir merata seperti itu, saya rasa tidak ada salahnya untuk mengembalikan Abyss Walker ke jalan kegelapan. Mungkin nanti ada yang nanya kok Ultimate Skill Abyss Walker (Dark Conviction) bisa berada di Top 2 DPS. Kalian bisa lihat alasannya di Light Fury Skill Build.

Nightfall
Nightfall sempat menjadi TOP DPS Abyss Walker di Cap 80 lalu, Namun di Cap 90 ini, damagenya dikurangi lumayan besar yaitu hampir 50%, bahkan debuffnya juga ikut dikurangi dari +32% menjadi +20% Damage. Saya malah sempat ingin menaikannya sampai level 1 saja karena masalah peningkatan damagenya per-levelnya tidak terlalu besar. Coba saya hitungnya:
Nightfall lv 1: 102% per hit
Nightfall lv 11: 113% per hit
Max Hit: 20x Hit
Mid Hit: 1.5x board damage (posisi monster di tengah Nightfall)
Koefisien: 20 x 1,5 = 30x Board damage

Nightfall lv 1: 102% x 30 = 3060%
Nightfall lv 11: 113% x 30 = 3390%
Peningkatan: 3390% - 3060% = 330%

Tuhkan perbedaan Level 1 dengan 11nya tidak terlalu besar. Coba saya hitung peningkatan DPS antara level 1 dengan 11.
Cooldown: 30 detik
Peningkatan DPS: 330%/30 = 11%/detik (imuth banget)

Dibandingkan Nightfall, peningkatan Fan of Edge dari level 16 ke 26 malah lebih besar yaitu 16%. Atau kalian bisa juga menggunakan 10 SPnya untuk meningkatkan Shadow Hand level 6 yang memiliki peningkatan DPS 26%.

Saya yakin pasti ada yang tidak mengerti dengan maksud saya di atas. Intinya dengan kondisi damage Nightfall di Cap 90, saya agak bimbang dengan 3 pilihan ini;

1. Fan of Edge lv 16 dan Nightfall lv 11 (seperti build di atas)
2. Fan of Edge lv 26 dan Nightfall lv 1
3. Fan of Edge lv 16, Shadow Hand lv 6 dan Nightfall lv 1



Build PVP


Shadow Hand + Triple Edge + Piercing Strike
Seperti biasa ketiga skill ini perlengkapan untuk kombo di PVP.

Ring Strike
Ring Strike punya Iframe di awal Castnya dan bisa juga digunakan untuk mengunci musuh yang terjatuh. Ring Strike juga sangat efektif untuk mengunci musuh di area Nightfall EX.

Chakra of Healing + Healing of Ajna
Saya tidak menaikan kedua Skill ini karena membutuhkan masing-masing 10 Skill Point (Boros sekali). Chakra of Healing juga tidak memiliki kemampuan untuk memulihkan HP, jadi saya rasa tidak terlalu penting juga dinaikan. Lebih baik Skill Pointnya diberikan ke Skill lain yang lebih berguna.

Illusion Chakra
Di PVP tidak ada pengurangan cooldown untuk setiap peningkatan Skill ini, jadi saya rasa percuma juga dinaikan MAX.

Shadow Focus
Saya terpaksa mengurangi Shadow Focus sampai level 6 demi menaikan Ring Strike lv 1. Saya rasa sih perbedaan damagenya juga tidak terlalu jauh di PVP.

Nightfall
Berbeda dengan PVE yang galau antara level 1 atau Max. Di PVP saya lebih memilih untuk MAX karena damagenya di Ladder/PVP lebih besar dan itu berpengaruh untuk mempercepat penurunan HP musuh.

Ring of Energy
Kalian tidak akan mungkin bisa Full Hit menggunakan Skill Ultimate Abysswalker. Skill Ultimate Light Fury (Ring of Energy) lebih mudah kena Full Hitnya dan damagenya juga besar di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Chakra (cooldown)
3. Illusion Strike (damage)
Optional: Nightfall (cooldown), Dark Conviction, Night Exploison, Shadow Focus, Plasma Burst (damage)

PVP:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Strik (damage)
3. Nightfall (action speed)
Optional: Illusion Strike (cooldown), Chakra of Energy (Heal Rate),

      Pemenang Vote selanjutnya adalah Inquisitor. Saya ingatkan bagi yang sudah Vote untuk Lunar Knight (Moonlord), Dark Avenger, Saint dan Gear Master bisa mengganti Votenya ke pilihan lain (yang belum ada SKill Buildnya). Sebelum membahas Skill Build saya juga mohon bantuannya agar mengkoreksi kesalahan-kesalahan Skill Build dan pejelasannya. Soalnya saya membuat Skill Build ini tanpa melakukan Uji Coba lansung, karena DN SEA masih belum Cap 90. Jadi saya membuat Skill Buildnya lebih kepada Potensi DPS dan pengalaman PVE/PVP di Cap 80.
      Sebelumnya, Inquisitor dikenal sebagai job yang memilik Buff, Debuff, Heal dan beberapa Skill DPS. Hal itu berubah drastis semenjak Patch 90 lalu, posisinya sebagai Support saya rasa sudah tidak pas lagi. Melihat beberapa Skill DPSnya ditingkatkan damagenya (baca:Analisis Priest Class), saya rasa sudah sepantasnya Inquisitor masuk ke Job DPS. Saya sih cuman khawatir akan banyak pemain DN yang kurang bisa menerima kenyataan ini.






Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT (Tipe Crit)
Weapon + Ring: LIGHT+ INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Blessed/Ultimate

Skill Build
Sebelum membuat Skill Build mari kita lihat dulu tabel potensi DPSnya:

Note; Gear/Equipnya masih sama dengan Analisis Priest Class

Build 1

Build pertama ini rencananya akan saya gunakan di CAP 90. Saya tidak mau lagi menjadi Support seperti Cap 80 lalu. Sekarang saya akan membiasakan menjadi Inquisitor DPS, hehehe. 

Kenapa saya suka sekali dengan Charge Bolt MAX?
Saya sudah menggunakan Charge Bolt dari Cap 24, lalu mulai Max di Cap 50 sampai sekarang ini. Memang sebagian orang bilang Skillnya tidak efektif karena susah/ribet untuk Full Hit. Sejauh ini, maksimal Hit untuk Charge Bolt yang saya alami adalah 12x Hit. Setiap Hitnya mewakili 0.5 Board Damage, sehingga total Full Hit Damagenya adalah 6x Board Damage (0.5 x 12 hit). Seandainya kalian hanya bisa melakukan 6 Hit saja, DPSnya akan turun di bawah Holy Burst (Consecration).

Kombinasikan Mind Breaker EX dengan Charge Bolt
Di Inquisitor saya biasa mengkombinasikan kedua Skill ini, karena Cooldown keduanya sama-sama 10 detik. Saya yakin Inquisitor pasti akan selalu menggunakan Mind Breaker EX untuk mendapatkan Efek Debuffnya. Mind Breaker EX akan memiliki damage lebih besar jika jarak kita dengan monster sangat dekat karena akan ada tambahan 30% damage. Oleh karena itu, tidak ada salahnya setelah menggunakan Mind Breaker EX langsung disambung dengan Charge Bolt, lagipula casting Charge Bolt tidak terlalu lama.

No Block
DiSaint Skill Build PVE, saya tidak menyebutkan alasannya kurang menyukai Block. Di Cap 90, kalian bisa memblok 18x serangan denga durasi 20 detik. Menghabiskan 18x Block dalam 20 detik itu agak berat (kecuali kena poison missile :P), sehingga jika tidak cepat habis Block itu akan mengganggu keberhasilan Casting Skill kalian. Saya sering melihat orang yang Ultimate Skillnya gagal karena Block.

Lightning Bolt
Saya menaikannya sampai level 16 karena perbedaan damagenya tidak terlalu besar dengan MAX. Selain itu Skill Pointnya juga sangat terbatas. Jika kalian ingin menaikannya sampai MAX +2, maka bisa tidak menaikan Avenging Wave.

Mind Breaker
Siapa yang menyangka Skill yang biasa saya pakai cuman untuk Debuffnya bisa menjadi Top DPS no 4 Inquisitor. Berdasarkan post Analisis Priest Class, kenaikan damage Mind Breaker sampai 300%. Jadi tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai salah satu skill DPS terbaru.

Chain Lightning
Board Damage Chain Lightning ditingkatkan tetapi debuff -15% Light Resistnya dihilangkan di Cap 90. Hal itu membuat Potensi DPSnya tidak meningkat, malahan cenderung menurun dibandingkan cap 80 (baca: Analisis Priest Class). Potensi DPS di atas berlaku untuk Single Target, sedangkan untuk MOB bisa lebih besar lagi karena ada lompatan petirnya.

Detonate
Di Saint Skill Build saja saya menaikannya MAX +1 apalagi untuk Inquisitor. Potensi DPSnya yang tiba-tiba menjadi  besar ini membuat saya tertarik menaikannya MAX +1 untuk PVE Build. Detonate EX juga bisa digunakan untuk mengaktifkan Buff +10% Light Attack dan 5% MATK dari pasif Class Mastery II.

Heavenly Judgement
Ultimate Skill yang wajib dinaikan MAX oleh Inquisitor. Tolong jangan pernah membandingkan DPS Heavenly Judgement ini dengan Miracle Relic (BUG) ya, soalnya nanti kalau sudah di FIX baru ketahuan siapa yang lebih besar damagenya.

Grand Cross
Mantan TOP DPS skill untuk Inquisitor ini agak kurang disukai sebagian orang. Saya maklumi karena memang Casting Time dan pergerakannya lama. Potensi DPS di atas untuk Grand Cross Full Hit. Maksimal Hit untuk Grand Cross adalah 20 Hit dengan masing-masing hit sama dengan 0.2x Board Damage, sehingga total Full Hit damagenya adalah 4x Board damage (0.2 x 20). Ibaratnya seperti ini:
- Jika kamu hanya bisa mendaratkan 5 Hit saja, maka DPSnya berada di bawah Chain Lightning.
- Jika kamu hanya bisa mendaratkan 10 Hit saja, maka DPSnya masih tetap berada di atas Detonate.

Holy Burst
Potensi DPSnya memang tidak terlalu besar tapi ada yang kurang rasanya kalau tidak menaikan skill ini, hehehe.

Consecration
Consecration tiba-tiba muncul menjadi TOP DPS Inquisitor di Cap 90 ini.

Kelamahan Build pertama adalah agak repot ketika digunakan juga untuk Ladder, terutama ketika bertemu Tracking Arrownya Artillery.

Build 2
Build kedua ini untuk Inquisitor untuk Support + DPS

Saya khawatir sebagian orang masih belum menerima kalau Inquisitor sebagai DPS. Bayangkan saja jika teman party kalian menanyakan mana Healing Relic, Cure Relic dan Miracle Relicnya seperti Cap 80 lalu. Bisa-bisa kalian malah ditolak oleh Party. 

Healing Relic
Saya melihat di DN INA durasi Healing Relic masih pakai versi jadul yang 10 detik. Padahal di KDN durasi Healing Relic itu 30 detik dengan cooldown 10 detik, sehingga kalian bisa summon Healing Relic sebanyak 3 buah. Sebenarnya saya malas sekali menaikan Healing Relic di Cap 90, karena jumlah healnnya kecil sekali.

Cure Relic
Inti dari Skill Build kedua adalah mengambil Cure Reli yang berguna untuk menghilangkan Debuff dari Boss Nest/Raid. Masalah utama adalah kadang Cure Relic ini mudah sekali hancur dan areanya Curenya tidak terlalu besar.

Miracle Relic
Sebagai Support tentunya tidak komplit jika tidak menaikan Miracle Relic. Inquisitor saya di DN SEA saja dulu pernah dimarahi oleh Party karena tidak menaikan Miracle Relic. Kebetulan Damage Miracle Relic juga sedang Bug, jadi bisa sekalian untuk Skill DPS juga (LOL).

Grand Cross
Kenapa saya mengorbankan salah satu TOP DPS Inquisitor demi Skill Relic? karena diantara semua DPS Skill Inquisitor, Grand Cross yang paling susah untuk mendapatkan Full Hit.

Kelemahan Build kedua ini tidak ada Avenging Wave sehingga kalian akan lebih mudah jatuh.

Build 3
Build ketiga ini saya gunakan untuk PVP

Divine Combo + Holy Kick + Holy Bolt 
Sama seperti  Saint Skill Build untuk PVP, Inquisitor juga saya lengkapi engan Skill yang sama. Ke empat skill ini berguna untuk membantu kombo di PVP.

Block
Di PVP skill ini sangat diperlukan untuk menahan serangan.

Mind Breaker + Grand Cross
Kemungkinan Full Hit kedua skill ini tidak terlalu besar di PVP. Mind Breaker biasa digunakan untuk men-Stun + Paralyze musuh. Sedangkan Grand Cross memiliki super armor yang cukup besar (tidak mudah cancel) ketika Casting Skill. Biasanya saya cast Grand Cross ketika sedang ditempel oleh Melee Job agar saya tidak cepat terjatuh.

Bind Relic
Saya berharap sisa 2 Skill Point itu bisa dimasukan ke Bind Relic supaya bisa MAX, hehehe. Saya belum tahu apakah Bind Relic di Ladder masih gampang hancur atau tidak.


Skill Heraldry
PVE:
1. Consecration (cooldown)
2. Detonate (cooldown/damage)
3. Chain Lightning (damage)
Optional: Holy Burst/Grand Cross/Lightning Bolt(damage), Heal/Cure Relic (cooldown)
*Khusus Detonate saya belum tahu apakah ada yang Opsi Cooldown, jika ada lebih baik menggunakan Cooldown agar Buff dari Class Mastery bisa lebih sering didapat. 

PVP:
1. Consecration (cooldown)
2. Detonate (damage)
3. Holy Burst (damage)
Optional: Heal (Heal Rate), Half Turn Kick/Holy Kick (Action Speed), Bind Relic (cooldown)
      Hasil vote mulai nakal lagi ya, saya kira setelah Saint Skill Build itu Abysswalker atau Inquisitor. Hasilnya malah Gear Master yang menempati urutan berikutnya.  Berbicara tentang Gear Master, kita semua sudah pasti tahu bahwa job ini mempunyai Potensi DPS yang tinggi di Cap 80. Sayangnya, Gear Master mendapatkan penurunan Damage untuk beberapa Skillnya yang menyebabkan Potensi DPSnya ikut turun. Saya sudah mulai mendengar Gear Master yang akan berubah Job gara-gara penurunan itu.
       Padasaat membuat Build Gear Master di Cap 80, saya merasa bingung karena kekurangan Skill Point. Sedangkan di Cap 90 Skill Point yang tersedia banyak, tetapi saya malah bingung memilih Skillnya. Hal ini disebabkan pengurangan damage untuk beberapa Skill (baca: Analisis Engineer Class). Selain itu, saling bentroknya Skill Reload dengan Mechanic Mode juga membuat penyusunan Skill menjadi semakin sulit. Rasanya benar-benar campur aduk banget membuat Skill Build Gear Master ini. Sekarang tugas saya adalah mengumpulkan orang-orang bingung untuk berdiskusi tentang Gear Master Skill Build Level 90.
   




Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Bagaimana dengan Light, Dark atau Ice Gear Master?
Saya uji coba dengan menggunakan Status Char Gear Master saya saja.
PATK Gear Master
PATK: 47343
Light Gear Master
PATK: 40183
Light Attak: 11.69%

Langkah berikutnya adalah ambil salah satu Skill sebagai contoh. Saya ambil TOP DPS Skillnya saja yaitu Chain Saw Tower.
Board Damage: 3150%
Koefisien: 7x Board Damage
Cooldown: 17 detik

PATK Gear Master
DPS: ((31.5 x 47343) x 7)/17 = 614068

Light Gear Master
DPS: ((31.5 x 40183) x 7 x 1.1169)/17 = 591252
*DPS di atas belum termasuk Debuff -20% Resist dari Chemical Granade
Chemical Granade
- 591252 x 1.2 = 709502

Jadi untuk ECJ Gear Master harus memperhatikan hal berikut:
1. Persentase Elementnya minimal 5% dan jangan sampai minus
2. Sering-seringlah mengeluarkan Skill Chemcal Granade

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Sebelum membuat Skill Build mari kita lihat dulu tabel potensi DPSnya:

Dengan melihat dan mempertimbangkan hasil perhitungan di atas, maka saya memutuskan membuat dua Skill Build PVE (bahasanya berat :P).

Build 1

Build 2

Kalian bingung kan dengan keputusan saya menaikan Reload Max, apalagi Reload dengan Mechanic Mode tidak bisa digunakan bersamaan. Ketika membuat Skill Build ini, saya sudah pasrah akan kembali mengalami kram jari karena merotasi Mechanic Mode dan Reload.

Build 3
Seorang tanpa nama memberi saran untuk menaikan Napalm Bomb di PVE. Saya rasa itu ide yang cukup bagus, karena DPSnya lumayan besar juga. Di Build ini juga saya peruntukan orang yang males senam jari dan lebih fokus untuk Tower + Mechanic Mode saja.


Wax 
Skill yang wajib Max.

Force Out
Pada level 6 skill ini bisa menjadi ekstra tumble dan memiliki iframe juga. Jika kalian tidak terbiasa menggunakan bisa menaikannya sampai level 1 saja dan skill pointnya dimasukan ke Stun Granade.

Stun Granade
Semoga pencinta Stun Granade tidak ada yang protes lagi. Jika kalian perhatikan semua Skill Aktif di Academic Skill Tree tidak ada yang memiliki DPS yang besar. Jadi Stun Granade ini saya naikan hanya untuk menutupi kekurangan Persyaratan Skill Point saja.

Tower Skill
Gatling Gun Tower 
Berdasarkan tabel potensi DPS di atas, Gatling Gun Tower (Mechanic Mode) memiliki DPS yang besar. Lalu kenapa saya tidak menaikannya? tentunya karena Teori tidak seindah di lapangan. Gatling Gun sangat sulit untuk Full Hit, karena kalian harus memastikan posisinya sangat dekat/menempel dengan Boss. Jika tidak berdekatan maka DPSnya akan sangat kecil.

Cannon Tower
Di Cap 80, Mechanic Mode Cannon Tower adalah favorit saya, karena memilik Board damage yang besar. Walaupun Board Damagenya dikurangi cukup besar di Cap 90, saya tetap menaikannya MAX karena DPS MM Cannon masih lumayan besar.

Ice Pump Tower
Dulu alasan saya menaikan ini sampai level 8 karena Debuff -30% Ice Resistnya (soalnya saya Ice Gear Master). Revamp Buff berhasil menghapus Debuff andalan saya itu (T_T) dan menyisakan hanya efek Slow. Peningkatan Level Ice Pump Tower meningkatan Board Damage dan durasi Slow saja. Dilihat dari DPSnya yang menempati urutan terbawah, jadi tidak perlukan untuk menaikan Tower ini Max.

Mecha Skill
Mecha Duck
Setiap peningkatan level untuk Mecha Duck tidak meningkatkan jumlah HPnya. Selain itu, peningkatan Board Damagenya juga tidak terlalu besar.

Mecha Shock
Salah satu Skill DPS terbaik untuk para bebek dan berhasil masuk ke posisi ke 9.

Mecha Siren
Daridulu Skill ini tidak memiliki Board Damage yang besar.

Mecha Bomber
Top DPS Skill untuk para bebek. Kalian boleh menaikannya sampai level 11, karena board damagenya tidak terlalu berbeda jauh dengan Max.

Skill Line Shooting Star
Pingpong Bomb
Damagenya dikurangi jadi saya kurang berminat menaikannya.

Reload
Skill ini malah masuk ke dalam Top 10 DPS Gear Master. Tujuan utama saya menaikannya adalah agar saya bisa lebih cepat mengumpulkan peluru. Kalian bebas menaikannya skill ini disesuaikan dengan seberapa sering kalian menggunakannya. Setiap kenaikan 1 Level skill maka Cooldownnya berkurang 0.5 detik (silakan sesuaikan dengan kecepatan jari masing-masing).

Chemical Granade
Saya sudah membicarakan Skill ini dibagian analisis Jade. Bukan hanya pengguna ECJ Gear Master saja yang wajib menaikan skill ini, tetapi PATK Gear Master juga.

Mine Thrower atau Biochemical Missile
Saya hanya memberi satu pilihan karena dua-duanya membutuhkan jumlah peluru yang sama (2x Reload). Secara DPS Mine Thrower memang lebih besar namun agak sulit mendapatkan Full Hit damagenya (40 Hit), terutama ketika ukuran monsternya kecil dan sedang. Biochemical Missile memiliki DPS yang lebih konsisten karena Full Hitnya hanya 1x Hit dan areanya luas pula. Sekarang terserah kalian mau memilih yang mana atau kalian bisa tidak menaikan keduanya dan menaikan Skill DPS lain yang menurut kalian besar juga.

Gear Master Skill
Chainsaw Tower
Top DPS Skill jadi tidak perlu ditanya lagi ya

Big Mecha Bomber
Big Mecha Bomber memang tidak termasuk ke Top 5 DPS Gear Master, karena memiliki Cooldown yang lebih lama dibandingkan Skill di atasnya. Di Cap 90, kalian akan sering menggunakan skill ini karena memiliki Debuff tambahan +20% Damage selama 10 detik.

Force Out INS
Instant Skill yang suram untuk DPS Job. Apalagi diaktifkannya setelah skill Flashbang, berarti itu harus kena Hit dulu dong. Efek Force Out INS sudah otomatis seperti Force Out Level 6++ yang memiliki Iframe (tidak bisa dihit). Jadi kalian boleh saja tidak menaikan Force Out sampai Level 6. 

Skill Build PVE memang membuat saya galau. Setidaknya saya mempunyai pilihan lain yaitu Skill Build PVP.

Build PVP


Vending Machine
Di INA sering disebut Kulkas alias Skill untuk mengeluar Potion. Di Ladder saya selalu menggunakan Skill Ring +1 untuk Skill ini, agar jumlah Potionnya lebih banyak. Walaupun kadang-kadang itu bisa menjadi malapetaka ketika musuh berhasil menguasai Area Potion. 

Stun Granade
Skill wajib dan sangat berguna di PVP. Kalau perlu kalian bisa menggunakan Skill Ring +1 agar kemungkinan Stunnya semakin besar. Di Ladder bisa juga mengunakan Elixir/Potion untuk meningkatan kemungkinan Stun dan hasilnya pasti membuat "pusing pala barbie" musuh :P

Wax
Wajib max juga agar musuh lebih mudah terpeleset

Bubble
Bisa mengikat musuh selama 2 detik.

Reload
Di PVP, peningkatan level skill ini tidak berpengaruh untuk cooldownnya, jadi level 1 saja cukup.

Chemical Granade
Area serangannya dan damagenya cukup besar, ditambah ada Debuffnya pula.

Mine Thrower (Brainwave Projection) vs Biochemical Missile
Di PVP saya lebih memilih Biochemical Missile karena memiliki area dan damage yang besar. 

Ice Pump Tower
Saya naikan sampai Level 8 agar durasi Debuffnya Maksimal. Walaupun Debuffnya hanya untuk membuat musuh Slow/lambat saja, tetapi itu sangat berguna di PVP.

Mecha Duck 
Masih tetap level 1 karena kenaikan levelnya tidak meningkatkan jumlah HPnya,

Mecha Shock
Paralyzenya dan Areanya lumayan besar, skill ini sangat mengganggu di PVP. Akan lebih baik jika sudah mengganggu damagenya besar pula.

Mecha Siren 
Menaikan Skill ini sampai level 6 supaya Buff yang dihapuskan menjadi 2 Buff. Penghapusan Buff itu sangat berguna ketika melawan musuh yang memiliki Buff banyak seperti Cleric Class.

Mecha Bomber
Banyak yang tidak tahu bahwa bebek akan Iframe (tidak bisa di Hit) ketika sedang cast Mecha Bomber. Skill ini selalu menjadi penyelamat saya ketika melawan musuh yang hobi nempel-nempel. Tips menggunakan Mecha Bomber adalah selalu sisakan 1 Bebe didekat kamu lalu Cast Mecha Bomber (walaupun musuh tidak ada di dekatmu). Lalu fungsinya apa? nanti ketika musuh mendekat si Bebek tadi akan otomatis Cast Mecha Bomber dan itu jarang sekali diduga. (Koreksi kalau saya salah)


Skill Heraldry
PVE:
1. Chainsaw Tower (cooldown)
2. Transitional Damage (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Big Mecha Bomber (cooldown/damage)
Optional: Mine Thrower/Biochemical Missile (damage)

PVP:
1. Chainsaw Tower (cooldown)
2. Transitional Damage (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Stun Granade (cooldown)
Optional: Rocket Jump (cooldown), Tumble (reset cooldown), Biochemical Missile (damage)

     Pemenang Vote berikutnya adalah Saint. Job Healer ini tiba-tiba menjadi populer di Cap 90. Sepertinya kepopulerannya meningkat karena Damage Miracle Relic yang sedang Bug/Error. Gara-gara Bug/Error itu banyak player yang bilang Saint termasuk Job Healer yang memiliki DPS besar. Perlu diingat yang namanya Bug/Error itu suatu saat akan diperbaiki, nah ketika sudah diperbaiki kalian jangan sampai menyesal ya. Lagian Miracle Relic (Bug) tidak memiliki DPS sebesar Shock Relic kok :P.
     Sebagai Healer banyak yang mempertanyakan apakah Saint lebih baik dari Light Fury. Hmm gimana ya, saya masih menjagokan Light Fury sebagai Healer. Tetapi bila digabungkan dengan kemampuan Debuff dan Potensi DPSnya, Saint bisa lebih unggul. Yang terpenting adalah Saint sudah kembali bangkit dan siap bersaing di Cap 90 ini. Saya juga senang ketika para Saint yang vakum mulai kembali bermunculan.
   



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + Crit (Tipe Kritikal)
Weapon + Ring: Light + INT
Earring + Necklace: INT + VIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate/Wind.


Skill Build
Build ini saya peruntukan untuk Pure PVE player.


Build PVE + Lightning Bolt
Berdasarkan saran dari Ronny Setiawan, saya jadi punya ide Skill Build PVE yang menaikan Lightning Bolt. 

Seperti biasa, saya tidak akan membahas Skill Build tanpa menggunakan Data Potensi DPSnya.

Note: Gear/Equip sama dengan yang saya gunakan di Analisis Priest Class yaitu Saint tipe Light.

Charge Bolt
Saya sudah hitung-hitung semua Skill Aktif di Cleric Skill TRee dan DPSnya tidak ada yang bisa menandingi Charge Bolt (Full Hit). Skill lain yang DPS agak mendekati Charge Bolt adalah Divine Combo level 26 (Full Hit), tetapi Full Hit-nya sama susahnya dengan Charge Bolt. Jadi untuk PVE saya masih memilih Charge Bolt.

No Block
Saya tetap konsisten dari Cap 50 untuk Build PVE Saint tidak menggunakan Block. Jika kamu butuh Block bisa mengarungi Charge Bolt ke Level 16.

Chain Lightning
Berdasarkan tabel di atas, Chain Lightning menduduki posisi 4 Skill DPS Saint. Kelebihan Chain Lightning Max adalah lompatan petirnya bisa 10x dan itu berguna sekali untuk PVE.

Detonate
Di Cap 90, Detonate mendapatkan Boost Damage yang lumayan besar, sehingga menjadi Top 3 DPS skill untuk Saint. Detonate sangat cocok jika dikombo dengan Chain Lightning MAX. Agar Damage Detonate lebih besar lagi, kalian harus menggunkan Skill Ring +1.

Grand Cross
Full Hit Grand Cross adalah 20 Hit dengan damage tiap Hit adalah 0.2x Board damage, sehingga total Full Hit damagenya adalah 4x Board Damage.Saya tidak memasukan Skill ini di Tabel Skill DPS Saint, walaupun potensi DPS skill ini lebih besar daripada Detonate. Selama menggunakan Grand Cross (Inquisitor), saya baru mendapatkan total Full Hit Damage ketika melawan Basilisk di Saint Haven Defence. Pergerakan Grand Cross yang lambat membuat semakin sulit untuk Full Hit, apalagi untuk Boss yang aktif bergerak.

Holy Burst
Secara DPS memang skill ini tidak begitu besar, tetapi area serangan cukup besar dan berguna untuk PVE.

Lightning Relic
Sebagian orang menyarankan untuk memaksimalkan Lightning Relic, terutama setelah ada Mini Relic. Saya masih kurang berminat untuk memaksimalkan Lightning Relic, karena untuk mendapatkan damage yang besar kalian harus bisa mendapatkan posisi yang tepat. Kaliah haru mengusahakan Lightning Relic menempel dengan Boss/musuh dan berharap Boss/musuh itu tidak bergerak. Alasan lainnya adalah Debuff dari mini relic yang +10% Damage sudah dihilangkan, sehingga saya hanya menggunakan Lightning Relic + Mini Relic hanya untuk Shock Relic, bukan menjadi skill DPS utama.

Bind Relic
Bind Relic EX memiliki Debuff +20% damage, sehingga saya menaikannya max agar durasi relicnya lebih lama dan cooldownnya lebih cepat. Kalian bisa mendapatkan permanen Debuff itu jika menggunakan Skill ring +1 dan Skill plate Cooldown.

Miracle Relic
Jujur ya, Ultimate Skill ini bukan merupakan Skill DPS. Jadi untuk kalian yang berubah Job atau Full Gear Saint karena melihat Damage Miracle Relic, saya sarankan untuk tidak melakukannya. Memang seperti yang saya pernah jelaskan di  Analisis Priest Class kalau Miracle Relic memiliki damage besar. Itu semua dikarenakan memang Damagenya sedang Bug/Error. Lalu bagaimana jika Bug/Error itu diperbaiki? ya tinggal lihat saja di atas seberapa besar Potensi DPS Miracle Relic (Normal) :P.

Shock Relic
Sebelum ada Mini Relic saya sudah menaikan Skill ini Max, walaupun sempat diprotes oleh teman Guild. Sekarang saya kira tidak ada alasan untuk tidak menaikan Shock Relic Max, karena menjadi Top DPS skill untuk Saint. Pada Potensi di atas saya asumsikan setiap 15 detik (cooldown SR) kamu bisa melakukan Summon sebanyak 11 Relic yang terdiri dari 2x Healing, 1x Cure/Bind, 2x Light Relic dan 6x Mini Relic.


Build PVP
Build ini bisa kalian gunakan untuk PVE dan PVP juga.

Perbedaan Build pertama dan kedua hanya pada susunan Skill di Cleric Skill Tree dan menaikan Dual Ultimate. Sayangnya saya tidak memiliki Dual Skill Build sehingga tidak bisa mencoba langsung Build alias tetap setia dengan Build pertama.

Divine Combo + Holy Kick 
Saya merasa aneh ketika pertama kali melihat Saint bermain kombo tendang-tendang. Semakin hari malah semakin banyak Saint yang bermain tendangan dan itu membuat saya tertarik.  Divine Combo memiliki Super Armor Break yang besar dan sangat membantu untuk menjatuhkan musuh yang mendekat atau mengangkat musuh yang terjatuh ke tanah. Holy Kick level 6 memiliki Area tendangan yang lebih panjang dan memiliki kemungkinan Stun. Di Ladder Cap 80, Crusader saya menggunakan Jade, Ring  dan Plate Stun (Shock/Impact) agar Holy Kick lebih sering stun. Nah saya belum pernah mencobanya untuk Saint, apakah ada yang pernah mencoba?

Block
Saya rasa di PVP Block sangat berguna apalagi ketika sedang dikeroyok atau ditempel oleh Job Melee.

Holy Bolt
Skill untuk mengikat musu selama 1 detik.

Skill Heraldry
PVE (DPS):
- Miracle Relic (cooldown)
- Shock Relic (damage)
- Detonate (damage)
Optional:  Bind Relic/Lightning Relic (cooldown)

PVE (Support):
- Miracle Relic (cooldown)
- Heal (Heal Rate)
- Cure Relic (cooldown)
Optional: Bind Relic (cooldown)

Ladder/PVP:
- Miracle Relic (cooldown)
- Detonate (damage)
- Bind Relic (cooldown)
Optional: Half Turn Kick/Holy Kick (Action Speed), Holy Burst (Damage) dan Holy Shield (cooldown)

        Horeee..akhirnya sampai juga di Analisis Class terakhir. Terimakasih ya buat teman-teman yang sudah setia menunggu giliran, hehehe. Setelah ini saya bisa lebih fokus lagi membuat Skill Build. Tolong jangan meminta saya membuat DPS Chart untuk Cap 90 ya, karena sudah tidak sanggup lagi. Semua Posting Analisis Class bukan untuk mencari siapa DPS terbaik, tetapi untuk mengetahui berapa peningkatan/pengurangan Potensi DPS terbesar untuk masing-masing Skill per Job. Dengan itu kalian bisa melihat Skill apa yang memiliki Potensi DPS besar di Cap 90, sehingga bisa membantu kalian merancang Skill Build sendiri.
        Kembali ke pembahasan awal, Class terakhir yang saya akan analisis adalah Screamer (Dark Summoner dan Soul Eater). Kedua job ini sudah mulai jarang saya jumpai di dunia per PVE-an. Berbeda dengan dunia PVP, selama 3 bulan ini saya perhatikan jumlah Soul Eater dan Dark Summoner meningkat di Ladder DN SEA. Apakah mereka memang asli tukang santet atau hanya dukun musiman. Yang pasti setelah mendapatkan kabar bahwa salah satu Screamer Class mendapatkan Boost cukup besar di Cap 90, saya jadi lebih sering melihat tukang santet ditengah kota. Disinilah nikmatnya memiliki semua Job, saya tidak perlu menjadi player musiman yang sangat niat sampai Change Job.
       Diantara semua Kali Class, saya paling suka dengan Dark Summoner sejak pertama muncul. Saya sangat menyukai Dark Summoner dari gameplay PVPnya bukan PVE. Soalnya di PVE damagenya memang kurang terasa atau teman guild saya bilang "cuman buat potong kuku boss doang" T_T. Sempat di Boost besar-besaran tidak membuat Dark Summoner menjadi Top DPS atau mengalahkan DPS mainstream lainnya. Malahan Boost itu memperburuk kondisi DS di dunia PVE, karena masalah Buff terbarunya yang sangat Boros MP. Dark Summoner saya pun harus saya istirahatkan sampai Developer melakukan pengurangan konsumsi MP untuk Buffnya itu. Kabar gembira itu datang di Patch Note 90 yang lalu, saya melihat jumlah konsumsi MPnya dikurangi. Saya ingin uji coba konsumsi MPnya, tapi apa daya malas leveling DS di DN INA. (Buat yang sudah mencobanya boleh kasih info dong)
      Dark Summoner masih lebih beruntung dibandingkan Soul Eater. Sejak cap 50-80, Soul Eater belum mendapatkan Boost yang berarti/besar. Lebih menyedihkan lagi, ketika banyak player yang masih tidak tahu tentang Buff, Debuff dan Skill dari Soul Eater. Saya pun harus menjelaskan kelebihan dari Soul Eater hanya untuk diterima di Party, walaupun beberapa kali tetap tidak berpengaruh banyak. Patch Note Awal di DN Korea membuat saya kecewa, karena peningkatan damage Soul Eater masih nanggung. Kesabaran pengguna Soul Eater membuahkan hasil dengan patch Soul Eater Boost beberapa bulan kemudian. Saya yakin pengguna Soul Eater akan terpuaskan dengan peningkatan damagenya.



     Awalnya saya kira Saint akan memangkan Vote untuk hari ini, tapi secara tiba-tiba Light Fury berhasil menyusul. Kasusnya mirip ketika membuat Skill Build Dark Avenger, padahal beberapa jam sebelum Vote untuk Inquisitor lebih unggul. Beberapa orang bilang agar saya lebih cepat mengupdate Skill Buildnya. Mimpi saya sih ketika bangun tidur tiba-tiba semua Post Skill Build sudah ada di Blog (hehehehe). Intinya saya harap teman-teman sedikit bersabar karena membuat Post Skill Build/Analisis itu butuh waktu. Saya takut salah membuat Skill Build seperti kemarin, sampai ada yang kerugian Reset Skill.
      Saya sarankan jangan langsung percaya sama Skill Build yang saya Share. Kalian harus mengecek ulang lagi terutama masalah kecocokan Gameplay. Jika merasa ragu-ragu baca sampai komentar-komentarnya, biasanya disana sering ada saran-saran dari player lain. Saya berterimakasih juga buat teman-teman yang sudah bantu koreksi atau memberi masukan. Cukup curhatannya mari kita bahas Light Fury.
    Light Fury merupakan salah satu Healer unggulan di Cap 80. Bagaimana tidak disebut unggulan, LF memiliki buff damage, minus damage, element dan Heal yang besar. Itu dulu tapi sekarang (cap 90), beberapa Buff dan Healnya yang dikurangi (baca: Bringer Class Analysis). Hal ini membuat pengguna LF merasa khawatir posisinya akan digantikan oleh Saint (gantian dong). Dalam pembahasan Skill Build kali ini saya akan memberikan data DPS Skill dan beberapa pilihan Skill Build.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: ATK + AGI atau Light + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build

Build ini saya peruntukan untuk Pure PVE player.

Kenapa saya menyisakan 30 Skill Point?
Karena saya akan memberikan kalian pilihan Skill DPS-nya

Saya tidak mau asal-asalan merekomendasikan DPS Skill yang bagus di Cap 90. Oleh karena itu, saya akan memberikan Daftar perhitungan DPS Skill:

Equip/gear yang saya gunakan masih sama dengan postingan Bringer Class Analysis yaitu untuk Light Fury Tipe PATK.

Keterangan:
1. Biru = Skill di Assassin Tree
2. Orange = Skill dengan Light Attack
3. Ungu = Skill dengan Dark Attack

Mari kita mulai berdongeng...

Fan of Edge vs Piercing Strike vs Shadow Hand (Level 26)

Fan of Edge
Beberapa hari lalu ada yang bertanya Skill DPS apa yang mengalahkan Fan of Edge di Assassin Skill Tree? secara Full Hit DPS tentunya tidak ada yang mengalahkan Fan of Edge, tapi jangan lupa itu hanya perhitungan di atas kertas. Kenyataan dalam Nest, beberapa orang kesulitan untuk melakukan Full Hit FoE karena posisi kita harus berdekatan dengan musuh. Jika kalian sudah biasa dan lihai dalam menggunakan Fan of Edge, saya sarankan tetap menaikan Fan of Edge. Full Hit Fan of Edge adalah 6 Hit dan masing-masing hit sama dengan Board damagenya. Saya akan memperinci perhitungan DPSnya:
- 1 Hit = 14.491
- 2 Hit = 28.982
- 3 Hit = 43.473
Nah, kena 3 Hit saja DPSnya hampir sama dengan Piercing Strike Full Hit. Oleh karena itu, saya selalu menempatkan Fan of Edge sebagai pilihan pertama di Assassin Skill Tree.

Piercing Strike
Piercing Strike bisa menjadi pilihan berikutnya jika kamu merasa kurang cocok dengan Fan of Edge. Damagenya memang tidak terlalu besar tapi mekanik skillnya jauh lebih mudah. Kalian tidak perlu harus berdekatan dengan Boss untuk Full hit, yang perlu kalian lakukan hanya melempar Shuriken dari jauh.

Shadow Hand
Di Cap 80, Shadow Hand memiliki DPS yang lebih baik dibandingkan Cap 90. Sayangnya nerf/pengurangan DPS juga dialami oleh Shadow Hand. Pada level 6, Shadow Hand mendapatkan tambahan 25% damage, namun DPSnya tetap tidak bisa mengalahkan Piercing Strike dan Fan of Edge.

Kenapa tidak menaikan MP Recovery?
Hmm, Saya fikir Light Fury bukan Job yang boros MP


Outbreak vs Illusion Strike vs Night Exploison vs Plasma Burst vs Shadow Focus

Inilah alasan saya menyisakan 30 Skill Point, karena masih bingung bin galau memilih mana yang paling enak digunakan untuk Skill DPS. Saya harus memilih 2 Skill dari 5 Skill di atas

Outbreak 
Saya sempat optimis karena Outbreak mendapatkan peningkatan Board Damage, tapi ternyata tidak dapat mendongkrak posisinya ke TOP 5 DPS. Ironisnya Potensi DPS Outbreak malah kalah dengan semua skill di Line Abyss Walker.

Illusion Strike
Siapa yang menyangka Top DPSnya Abysswalker bisa menjadi TOP DPS juga untuk Light Fury (tipe PATK). Walaupun skill ini memiliki Potensi DPS yang besar, saya masih ragu-ragu. Alasannya adalah Illusion Strike lebih efektif untuk Single Target (satu musuh).

Shadow Focus
Ingin tahu kenapa Shadow Focus bisa berada di posisi ke 4, karena cooldownnya menjadi sangat cepat yaitu 5 detik. Ini berarti jika kamu menggunakan skill ini setiap 5 detik maka potensi DPSnya akan sama dengan yang di atas.  Dibandingkan dengan lllusion Strike, Shadow Focus memiliki Area yang lebih luas. Tugas kamu hanya harus pintar merotasi skill yang memiliki Dark Burn, agar Shadow Focus bisa diguanakan setiap 5 detik. Satu hal yang perlu diingat, jika kamu memilih Shadow Focus maka kamu harus menggunakan Skill Ring +1 agar Damagenya lebih maksimal.

Night Exploison vs Plasma Burst
Jujur sampai artikel ini dibuat pilihan saya tertuju antara Night Exploison dan Plasma Burst. Keduanya memiliki area serangan yang lumayan luas dan Casting time yang cepat. Plasma Burst malahan memiliki Iframe dan sering saya gunakan untuk menghindari serangan musuh. tetapi DPSnya berbeda lumayan jauh dengan Night Explosion.

Masih galau? mari kita analisis lebih dalam lagi untuk Dark Skill di atas



Dari data di atas, saya mempunyai tiga pilihan:
1. Night Explosion + Plasma Burst (Prioritas utama)
2. Night Explosion + Shadow Focus
3. Night Explosion + Illusion Strike

Kenapa saya terus memberi kalian pilihan?
Karena saya lebih menyukai diskusi masalah Skill Build dibandingkan saya harus langsung memberikan Skill Buildnya.

Summon Shadow
Bayangan ini memang sudah berada di Top 3 DPS Light Fury sejak cap 80. Sebagain besar pengguna Bringer tidak mengetahui sebenarnya berapa damage dari Shadow ini. Berdasarkan informasi dari forum KDN,  damage terbesar Summon Shadow adalah 1980% (Dark Damage) + 5432% (Light Damage). Angka tersebutlah yang saya masukan dalam perhitungan di atas.

Ring Strike EX
Pada Cap 80, Ring Strike bisa menjadi TOP DPS skill untuk Light Fury. Damagenya berdasarkan pada jumlah Hitnya. Pada tabel di atas saya menggunakan total 20x Hit (nilai rata-rata). Saya belum yakin berapa Total Hit maksimal dari Ring Strike, karena dibeberapa percobaan saya pernah sampai 26 Hit. Jika kamu berhasil menggunakan Ring Strike sampai 24-26 setiap kali cast, maka skill ini akan tetap menjadi TOP DPS Light Fury. Jangan lupa menggunakan Skill +1 untuk Ring Strike ya.

Line of Darkness
DPSnya memang tidak begitu besar tapi dari cap 80 saya sudah biasa menggunakannya.

Pact of Ajna
Summon yang satu ini agak sulit menghitung potensi damagenya, karena skillnya sangat kompleks. Beberapa orang bilang kalau Izuna Drop Cat = 1x Board Damage dan melempar Shuriker = 2.5x Board Damage. Saya pernah mencoba menghitung potensi damagenya dengan cara menghitung damage total yang bisa Ajna lakukan dalam 1 menit. Setelah uji coba sebayak 3x , saya mendapatkan perkiraan DPS Pact of Ajna lv 1 adalah {(1.5 x PATK) x Dark Attack}. Mungkin ada di antara kalian yang pernah uji coba?

Dark Conviction
Saya heran dengan Board Damage skill ini di Cap 90 yaitu 3128%. Apakah pihak developer lupa kalau Dark Conviction Full hit = 12.5x Board damagenya. Berarti potensi damage terbesarnya adalah 3128% x 12.5 = 39100%, waduh melebihi Bug Miracle relic :P.

Sunshine Spark
Skill yang Potensi DPSnya di diskon lebih dari 60%. Kecewa sih, karena Sunshine Spark adalah skill andalan saya untuk PVE di Cap 80. Berharap pihak developer terketuk pintu hatinya untuk menaikan kembali Damagenya,

Akhirnya Dongeng Build pertama selesai..

Build Pure PVE sudah, sekarang saat memberikan Skill Build kedua..


Build ini saya gunakan untuk PVE + Ladder/PVP

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar untuk Build ini, soalnya energi sudah terkuras oleh Build pertama.

Triple Edge + Shadow Hand (6) + Piercing Strike (6) + Dirty Trick (6)
Perlengkapan Skill untuk kombo di PVP. Shadow Hand (Level 6) memiliki Super Armor Break besar, Piercing Strike 2x (Level 6) bisa digunakan untuk menjatuhkan lawan atau mencicil dari jauh, Triple Edge bisa dikombo dengan Piercing Strike dan Dirtry Trick (Level 6) bisa mengangkat musuh yang terjatuh.

Ring Strike 
Peningkatan damage Ring Strike per-level di PVP memang tidak terlalu besar, tapi saya gunakan build ini untuk PVE juga. Oleh karena itu, saya tetap menaikannya sampai MAX untuk membantu DPS di PVE.

Healing of Ajna
Jumlah healnya memang menjadi imut-imut yaitu 0.4% HP per 2 detik, tapi di PVP lumayan berguna untuk membantu Heal dan menghalau serangan musuh seperti Tracking Arrow dll.

Illusion Strike
Kalian bisa memilih antara Illusion Strike, Night Explosion dan Plasma Burst. Dari Cap 80, saya selalu menaikan Illusion Strike level 16/max untuk Bringer PVP.  Perbedaan damage antara level 1 dan 16/max lumayan besar dan jarak serangannya juga jauh (lumayan buat nyicil).

Line of Darkness
Skill yang pedih di PVP terutama bagi Low Def Job, seperti Majesty, Smasher dkk.

Dark Conviction
Sama dengan Ring Strike, Dark Conviction saya gunakan untuk PVE saja, sedangkan untuk PVP lebih baik menggunakan Ring of Energy.


Skill Heraldry
PVE (DPS):
- Chakra Miracle (cooldown)
- Ring Strike (damage)
- Line of Darkness (damage)
- Dark Conviction (damage/cooldown)

PVE (Support):
- Chakra Miracle (cooldown)
- Chakra of Healing (cooldown)
- Chakra of Energy (cooldown)
- Chakra of Cure (cooldown)

Ladder/PVP:
- Chakra Miracle (cooldown)
- Line of Darkness (damage)
- Sunshine Spark (action speed)
- Chakra of Energy (heal rate)

      Penggemar Priest Class (Saint dan Inquisitor) dari kemarin ada yang protes karena Analisis Classnya tidak muncul-muncul. Sesuai urutan awal Cleric Class memang ada di dua terakhir. Kebetulan juga hari ini hasil Vote Skill Build yang memang itu Saint. Jadi sebelum saya membuat Skill Buildnya lebih baik menganalisisnya dulu sebagai pemanasan.
      Saint dan Inquisitor merupakan salah satu job Healer yang popularitasnya naik turun. Priest Class sudah menjadi Healer sejak Cap 24, lalu pada Cap 50 dan 60 Saint berhasil megambil posisi Healer utama di Nest atau Raid. Posisi Saint mulai tergeser dengan kehadiran Light Fury dan memaksa beberapa Saint harus vakum. Pihak Developer sudah berusaha membantu dengan Saint Boost di Cap 80, tetapi pada saat itu masih belum bisa menandingi Light Fury. Patch 90 membangkitkan harapan baru untuk Saint karena Healer Job dibuat lebih imbang. Dari komentar teman-teman di Blog malahan ada yang bilang Saint merupakan job DPS di Cap 90. Penasaran kan kenapa mereka sebut Saint job DPS?
     Inquisitor memiliki nasib yang agak berbeda. Setelah popularitasnya naik di Cap 80 lalu dengan menjadi Support untuk Light Party, karena memiliki Buff, Debuff dan Heal. Bahkan Debuffnya dulu bisa mencapai 60% Light Resist. Sayangnya di Cap 90 maksimal Debuff (Element Resist, Kritikal Resist dan Damage) hanya 20% dan tidak bisa Stacking. Selain itu pengurangan jumlah Heal juga membuat posisi Inquisitor lebih sulit. Saya menduga Developer ingin membuat Inquisitor menjadi DPS job, seperti yang dialami oleh Elestra (Cyromancer). Nah yang jadi pertanyaan adalah apakah Inquisitor memiliki amunisi yang cukup untuk menjadi DPS? mari kita analisis bersama-sama.


     Hujan-hujan gini enaknnya bahas yang panas-dingin. Saya akan kembali membahas tentang Analisis Elemental Lord Class. Elemental Lord terdiri dari dua job yaitu Elestra (Cyromancer) dan Saleana (Pyromancer). Seharusnya Postingan ini selesai kemarin, cuman karena dah pusing liat angka jadi ditunda hari ini.  Saya perhatikan hasil Vote skill build selalu berubah-ubah dan ketat. Saya jadi ingin cepat-cepat menyelesaikan Posting Analisis supaya bisa lebih fokus membuat Skill Build. Apalagi seminggu ke depan akan banyak waktu kosong, karena DN SEA belum Update Cap 90.
     Diantara Elestra dan Saleana, saya lebih sering menggunakan Elestra untuk Raid/Nest biasa. Gara-gara keseringan pakai Sorceress jadi dapat julukan Tante. Kemampuan Ice Stacking yang membuat saya betah pakai Elestra, karena kerjaan saya hanya merotasi skill Freeze saja alias gabut. Pada Cap 80, Elestra hanya membutuhkan HP dan Defence yang besar dan tidak perlu menempa Senjata sampai +10-13-an (Hemat mode). Ketika Patch Note 90 keluar saya Spechless karena skill yang biasa saya pakai untuk Solo Daily/Nest dihapus yaitu Frozen Burst, selain itu Shield ada durasi dan cooldown. Yang paling buruk adalah hilangnya kemampuan Ice Stacking, ice resist debuff dan pengurangan damage dari Freeze Status. Saya tidak membayangkan bagaimana perasaan Elestra saat ini.
     Perubahan di Elestra membuat saya mulai melirik Char Saleana saya yang ada di daftar koleksi Char. Harap maklum ya, terakhir saya memfokuskan Equip untuk Saleana adalah ketika Cap 50, selanjutnya saya jatuh cinta dengan Elestra sampai hari ini (Sebelum DN SEA Patch 90). Melihat Patch Note untuk Saleana, saya melihat ada harapan baru dengan Boost Skill dan Buffnya. Dan lagi-lagi Developer membuat kesal karena dua Skill Pasif utama Saleana di Nerf beberapa bulan setelah Update Cap 90 DN Korea (kayanya DN INA sudah yang versi Nerf). Intinya kedua Job ini membuat saya pesanaran bagaimana nasibnya di Cap 90 ini.


      Ketika melihat hasil Vote kemarin sore saya sempat khawatir karena melihat Inquisitor berada di posisi pertama. Soalnya saya belum mulai ngetik Analisis untuk Priest Class. Untungnya pas bangun pagi tadi Dark Avenger ada di posisi pertama, walaupun saya bingung membuat buildnya. Bagaimana tidak bingung, hampir semua Skill Dark Avenger kena pengurangan (Nerf). Kalau tidak percaya coba lihat beberapa teman yang sudah mulai  curhat masalah Damage DA di kolom komentar Posting Analisis Sword Master Class.
      Kebanyakan pengguna Dark Avenger kecewa dengan penurunan Damage di Cap 90. Saya sih tidak begitu kecewa, toh penurunannya hanya sekitar 30% saja kan. Dark Avenger sudah mengalami penurunan yang lebih parah sebelum Cap 90 yaitu hilangnya  Duplikator +170% Damage dari Doom Blade. Keputusan Developer menghilangankan Duplikator Damage itu karena Bug Doom Blade + Summon Puppet yang bisa menghasilkan Damage Milyaran. Saya pernah iseng hitung pengaruh hilangnya Duplikator Damage untuk DPS DA. Ternyata penghapusan itu menurunkan potensi DPS DA sebesar 40%-an. Jadi kasarnya sih Dark Avenger ketika pertama muncul memiliki potensi DPS lebih besar 70% dibandingkan di Cap 90.
       Daripada meratapi penurunan ini lebih baik kita mencari solusi terbaik untuk memaksimalkan Damage Dark Avenger, misalnya dengan menggunakan Gear, Jade dan Skill Build yang tepat. Disini lah saya akan memberikan masukan tentang Dark Avenger Skill Build Level 90. Saya akan mencoba membahasnya dengan gaya baru (tidak seperti cap 80 lalu). Selain itu, banyak teman yang meminta saya memasukan rekomendasi Jade dan Heraldy.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT
Weapon: FIRE + PATK + VIT
Ring: FIRE + PATK + VIT
Earring + Necklace:STR + VIT

Kenapa tidak menggunakan jade AGI?
Dari Cap 80 saya sudah menggunakan Jade STR dan tidak merkomendasikan AGI untuk Dark Avenger. Alasannya adalah:
1. Skill pasif Dark Mastery yang bisa meningkatkan STR hingga 90%.
2. Kritikal Resist Boss Nest 80 adalah 60%

Di Cap 90, Status Conversion STR mendapatkan peningkatan dari 1 STR = 0.5 PATK menjadi 1 STR = 0.75 PATK, sedangkan 1 AGI = 0.25 PATK.

Update itu membuat penggunaan Jade Wind semakin kurang tepat. Saya akan coba hitung secara kasar saja:
Full STR vs Full AGI
Asumsikan:
STR = 30000
AGI = 30000
PATK:
Full STR = 0.75 x 30000 =  22500
Full  AGI = 0.25 x 30000 = 7500
Anggap kemungkinan kritikal untuk Full AGI adalah 100%, maka:
Full STR; 22500
Full AGI: 7500 x 2 = 15000

Perhitungan di atas masih belum memperhitungkan Pasif Dark Mastery (+90% STR), Critical Damage dan Critical Resist.

Berarti Dark Avenger yang main Kritikal jelek ya?
Saya tidak menyebutkan Dark Avenger tipe Kritikal itu jelek ya, tapi caranya mengejar kritikalnya harus tepat, misalkan menggunakan:
1. Skill Ring Opt Element + Kritikal
2. Heraldry 3rd Opt Kritikal
3. Khusus Ekstrem Player bisa menggunakan Jade STR + Krtikal (No Vit/HP)

Bisa juga memanfatkan Skill Dark Avenger.
Level 4: +3200 Kritikal
Level 5: +6200 Kritikal
Level 6: +11480 Kritikal

Heraldy + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shining (Ironwall), Fatal, Wind/Ultimate.


Skill Build

Build PVE ini yang saya gunakan untuk Cap 90.

Circle Break 
Penjelasannya bisa dibaca di Lunar Knight Skill Build saja ya, hehehehe.

Sebelum memasuki pembahasan Skill di Avenger atau Dark Avenger, mari kita cek dulu tabel dari Postingan  Analisis Sword Master Class:

*Perhitungan di atas ketika berubah menjadi Dark Avenger.

Avenger Force
Skill ini memang sudah kehilangan debuff untuk meningkatkan 28% Damage, tetapi sebagai Dark Avenger tetap wajib menaikannya Max + 1 agar cooldown skillnya lebih cepat.

Graves
Skill ini menjadi Top DPS Skill untuk Dark Avenger di Cap 90. Di Cap 80 kalian tahu kan kalau Grave memiliki 2 mekanisme serangan? cara pertama adalah yang normal dengan 2x klik kiri/kanan, sedangkan cara kedua adalah 1x klik kiri/kanan lalu ditahan.  Perbedaan mekanisme pertama dan kedua adalah damagenya. Mekanisme pertama memiliki 1.5x Board damage, sedangkan kedua 2x Board Damage. Angka DPS Grave di atas adalah untuk mekanisme yang kedua atau 2x Board Damage. Lalu bagaimana jika menggunakan Mekanisme pertama?
- (1096289/2) x 1.5 = 822217
Tetap saja Grave masih memiliki DPS tertinggi kan. Potensi DPSnya bisa semakin besar kalau kalian menaikannya sampai Level 21.

Dark Stinger
Penurunan Damage Dark Stinger di Cap 90 ini membuat Potensi DPSnya dengan Graves menjadi lumayan jauh. Walaupun seperti itu, Dark Stinger masih tetap menduduki posisi ketiga jadi masih layak untuk dinaikan. Selain itu Dark Stinger memiliki Debuff + 20% Damage juga.

Piercing Crescent
Potensi DPSnya menduduki posisi ke 4, tetapi masih meninggalkan permasalahan. Masalahnya adalah agak susah mendapatkan Full Hit Damage (54 Hit). Hal itulah yang membuat damage Piercing Crescent tidak stabil, sehingga membuat beberapa orang hanya menggunakannya untuk mencari Kritikal. Saya sih tetap menaikannya Max, soalnya potensi DPSnya masih lumayan baik.

Doom Blade
Saya sudah bilang di awal posting kalau Doom Blade ini skill yang paling banyak dikurangi. Pertama efek Duplikat Damagenya dihilangkan dan kedua Board Damagenya diturunkan. Hal ini membuat DPSnya turun jauh bila dibandingkan di awal kemuncula Dark Avenger. Berdasarkan tabel di atas, DPS Doom Blade malah menempati posisi 2 terbawah, sehingga saya rasa kurang begitu layak untuk menaikannya.

Vengeance Storm
DPSnya memang tidak begitu besar, tetapi mempertimbangkan Area serangan dan Casting Timenya saya pikir Skill ini tetap layak dinaikan.

Death Knell
Kalian mungkin heran kok bisa DPS Death Knell sebesar itu. Perhitungkan di atas adalah Full Hit Damage, sedangkan Death Knell Full Hit itu sama dengan 21x Board Damagenya (bahkan masih bisa lebih). Potensi DPS yang sebesar itu hanya bisa kalian lakukan di Boss yang berukuran besar. Apabila ukuran Bossnya sedang atau kecil maka DPSnya pasti akan turun.

Dark Riser
Skill yang terlihat biasa saja ini ternyata memiliki DPS yang lumayan besar juga. Setiap kenaikan level Skill maka Cooldown Dark Riser akan berkurang 1 detik. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan DPS maksimal untuk Skill ini kalian bisa menaikannya ke Level 11 (Peak Level).

Dark Suffering
Skill yang mirip dengan Flash Stance (LK) ini sayangnya bukan merupakan Skill INS untuk Dark Avenger. Damagenya meman sudah besar dari Cap 80, tetapi durasi skill untuk Full Hitnya agak lama yaitu 7 detik. Skill ini sangat cocok dipakai pada saat kita tidak sedang berubah menjadi Dark Avenger. Soalnya dengan lama Stance 7 detik, kalian bisa memilih DPS lain yang lebih efektif seperti Graves atau Dark Stinger.

Dark Avenger
Saya sudah bahas kegunaan skill ini untuk mengejar Kritikal di atas.

Dark Crash
Mantan TOP DPS Skill ini harus rela turun ke posisi kedua setelah damagenya dikurangi lumayan besar. Saya sering melihat pengguna DA yang suka menggagalkan Cast Dark Crash ditengah. Sayang sekali padahal damage Full Cast dengan Cancel Cast berbeda 2x lipat. Saya juga kadang-kadang suka Cancel Cast, tapi disaat melihat musuh akan lari dari Area serangan.

Soul Cutter INS
Instant Skill untuk Dark Avenger ini adalah satu-satunya skill yang mendapatkan Boost. Jika menaikan Step Blade level 1, maka kalian bisa melakukan 2x Soul Cutter dalam 25 detik. Sehingga secara DPS skill ini bisa merebut posisi pertama (Jika Graves menggunakan Mekanisme pertama). Lalu kenapa saya menaikannya sampai level 6 saja? masalahnya tentu di Skill Point yang kurang. Damage level 6 tidak begitu beda jauh dengan level 9 (MAX), kecuali kamu niat untuk menaikan skill ini sampai level 11. Jika ingin MAX bisa dengan mengurangi Graves ke Level 16, lalu skill pointnya digunakan untuk menaikan Soul Cutter.


Build terakhir saya adalah tipe PVE dengan sentuhan PVP

Circle Break + Rising Slash + Impact Wave + Swipping Kick Level 6
Keempat Skill itu sangat cocok untuk memperlancar kombo di PVP. Penjelasannya masih sama dengan Lunar Knight Skill Build .

Doom Blade
Berhuung di DN SEA belum Cap 90 dan saya belum sempat Patch DN INA, jadi saya masih belum mencoba damage Doom Blade di Cap 90. Sejauh ini sih Fungsi Doom Blade masih sama dengan Cap 90 yaitu untuk mengankat musuh ke udara. :P


Heraldry Skill
Tipe PVE:
1. Avenger Force (Cooldown)
2. Shadow Focus (Cooldown)
3. Dark Crash (Damage)
Optional: Graves, Dark Stinger, Piercing Crescent (Damage)

Tipe Hybrid
1. Avenger Force (Cooldown)
2. Shadow Focus (Cooldown)
3. Side Kick (Action Speed)
Optional: Dark Riser (Action Speed), Dark Crash (Cooldown)


Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home