INQUISITOR SKILL BUILD LEVEL 90

      Pemenang Vote selanjutnya adalah Inquisitor. Saya ingatkan bagi yang sudah Vote untuk Lunar Knight (Moonlord), Dark Avenger, Saint dan Gear Master bisa mengganti Votenya ke pilihan lain (yang belum ada SKill Buildnya). Sebelum membahas Skill Build saya juga mohon bantuannya agar mengkoreksi kesalahan-kesalahan Skill Build dan pejelasannya. Soalnya saya membuat Skill Build ini tanpa melakukan Uji Coba lansung, karena DN SEA masih belum Cap 90. Jadi saya membuat Skill Buildnya lebih kepada Potensi DPS dan pengalaman PVE/PVP di Cap 80.
      Sebelumnya, Inquisitor dikenal sebagai job yang memilik Buff, Debuff, Heal dan beberapa Skill DPS. Hal itu berubah drastis semenjak Patch 90 lalu, posisinya sebagai Support saya rasa sudah tidak pas lagi. Melihat beberapa Skill DPSnya ditingkatkan damagenya (baca:Analisis Priest Class), saya rasa sudah sepantasnya Inquisitor masuk ke Job DPS. Saya sih cuman khawatir akan banyak pemain DN yang kurang bisa menerima kenyataan ini.






Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT (Tipe Crit)
Weapon + Ring: LIGHT+ INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Blessed/Ultimate

Skill Build
Sebelum membuat Skill Build mari kita lihat dulu tabel potensi DPSnya:

Note; Gear/Equipnya masih sama dengan Analisis Priest Class

Build 1

Build pertama ini rencananya akan saya gunakan di CAP 90. Saya tidak mau lagi menjadi Support seperti Cap 80 lalu. Sekarang saya akan membiasakan menjadi Inquisitor DPS, hehehe. 

Kenapa saya suka sekali dengan Charge Bolt MAX?
Saya sudah menggunakan Charge Bolt dari Cap 24, lalu mulai Max di Cap 50 sampai sekarang ini. Memang sebagian orang bilang Skillnya tidak efektif karena susah/ribet untuk Full Hit. Sejauh ini, maksimal Hit untuk Charge Bolt yang saya alami adalah 12x Hit. Setiap Hitnya mewakili 0.5 Board Damage, sehingga total Full Hit Damagenya adalah 6x Board Damage (0.5 x 12 hit). Seandainya kalian hanya bisa melakukan 6 Hit saja, DPSnya akan turun di bawah Holy Burst (Consecration).

Kombinasikan Mind Breaker EX dengan Charge Bolt
Di Inquisitor saya biasa mengkombinasikan kedua Skill ini, karena Cooldown keduanya sama-sama 10 detik. Saya yakin Inquisitor pasti akan selalu menggunakan Mind Breaker EX untuk mendapatkan Efek Debuffnya. Mind Breaker EX akan memiliki damage lebih besar jika jarak kita dengan monster sangat dekat karena akan ada tambahan 30% damage. Oleh karena itu, tidak ada salahnya setelah menggunakan Mind Breaker EX langsung disambung dengan Charge Bolt, lagipula casting Charge Bolt tidak terlalu lama.

No Block
DiSaint Skill Build PVE, saya tidak menyebutkan alasannya kurang menyukai Block. Di Cap 90, kalian bisa memblok 18x serangan denga durasi 20 detik. Menghabiskan 18x Block dalam 20 detik itu agak berat (kecuali kena poison missile :P), sehingga jika tidak cepat habis Block itu akan mengganggu keberhasilan Casting Skill kalian. Saya sering melihat orang yang Ultimate Skillnya gagal karena Block.

Lightning Bolt
Saya menaikannya sampai level 16 karena perbedaan damagenya tidak terlalu besar dengan MAX. Selain itu Skill Pointnya juga sangat terbatas. Jika kalian ingin menaikannya sampai MAX +2, maka bisa tidak menaikan Avenging Wave.

Mind Breaker
Siapa yang menyangka Skill yang biasa saya pakai cuman untuk Debuffnya bisa menjadi Top DPS no 4 Inquisitor. Berdasarkan post Analisis Priest Class, kenaikan damage Mind Breaker sampai 300%. Jadi tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai salah satu skill DPS terbaru.

Chain Lightning
Board Damage Chain Lightning ditingkatkan tetapi debuff -15% Light Resistnya dihilangkan di Cap 90. Hal itu membuat Potensi DPSnya tidak meningkat, malahan cenderung menurun dibandingkan cap 80 (baca: Analisis Priest Class). Potensi DPS di atas berlaku untuk Single Target, sedangkan untuk MOB bisa lebih besar lagi karena ada lompatan petirnya.

Detonate
Di Saint Skill Build saja saya menaikannya MAX +1 apalagi untuk Inquisitor. Potensi DPSnya yang tiba-tiba menjadi  besar ini membuat saya tertarik menaikannya MAX +1 untuk PVE Build. Detonate EX juga bisa digunakan untuk mengaktifkan Buff +10% Light Attack dan 5% MATK dari pasif Class Mastery II.

Heavenly Judgement
Ultimate Skill yang wajib dinaikan MAX oleh Inquisitor. Tolong jangan pernah membandingkan DPS Heavenly Judgement ini dengan Miracle Relic (BUG) ya, soalnya nanti kalau sudah di FIX baru ketahuan siapa yang lebih besar damagenya.

Grand Cross
Mantan TOP DPS skill untuk Inquisitor ini agak kurang disukai sebagian orang. Saya maklumi karena memang Casting Time dan pergerakannya lama. Potensi DPS di atas untuk Grand Cross Full Hit. Maksimal Hit untuk Grand Cross adalah 20 Hit dengan masing-masing hit sama dengan 0.2x Board Damage, sehingga total Full Hit damagenya adalah 4x Board damage (0.2 x 20). Ibaratnya seperti ini:
- Jika kamu hanya bisa mendaratkan 5 Hit saja, maka DPSnya berada di bawah Chain Lightning.
- Jika kamu hanya bisa mendaratkan 10 Hit saja, maka DPSnya masih tetap berada di atas Detonate.

Holy Burst
Potensi DPSnya memang tidak terlalu besar tapi ada yang kurang rasanya kalau tidak menaikan skill ini, hehehe.

Consecration
Consecration tiba-tiba muncul menjadi TOP DPS Inquisitor di Cap 90 ini.

Kelamahan Build pertama adalah agak repot ketika digunakan juga untuk Ladder, terutama ketika bertemu Tracking Arrownya Artillery.

Build 2
Build kedua ini untuk Inquisitor untuk Support + DPS

Saya khawatir sebagian orang masih belum menerima kalau Inquisitor sebagai DPS. Bayangkan saja jika teman party kalian menanyakan mana Healing Relic, Cure Relic dan Miracle Relicnya seperti Cap 80 lalu. Bisa-bisa kalian malah ditolak oleh Party. 

Healing Relic
Saya melihat di DN INA durasi Healing Relic masih pakai versi jadul yang 10 detik. Padahal di KDN durasi Healing Relic itu 30 detik dengan cooldown 10 detik, sehingga kalian bisa summon Healing Relic sebanyak 3 buah. Sebenarnya saya malas sekali menaikan Healing Relic di Cap 90, karena jumlah healnnya kecil sekali.

Cure Relic
Inti dari Skill Build kedua adalah mengambil Cure Reli yang berguna untuk menghilangkan Debuff dari Boss Nest/Raid. Masalah utama adalah kadang Cure Relic ini mudah sekali hancur dan areanya Curenya tidak terlalu besar.

Miracle Relic
Sebagai Support tentunya tidak komplit jika tidak menaikan Miracle Relic. Inquisitor saya di DN SEA saja dulu pernah dimarahi oleh Party karena tidak menaikan Miracle Relic. Kebetulan Damage Miracle Relic juga sedang Bug, jadi bisa sekalian untuk Skill DPS juga (LOL).

Grand Cross
Kenapa saya mengorbankan salah satu TOP DPS Inquisitor demi Skill Relic? karena diantara semua DPS Skill Inquisitor, Grand Cross yang paling susah untuk mendapatkan Full Hit.

Kelemahan Build kedua ini tidak ada Avenging Wave sehingga kalian akan lebih mudah jatuh.

Build 3
Build ketiga ini saya gunakan untuk PVP

Divine Combo + Holy Kick + Holy Bolt 
Sama seperti  Saint Skill Build untuk PVP, Inquisitor juga saya lengkapi engan Skill yang sama. Ke empat skill ini berguna untuk membantu kombo di PVP.

Block
Di PVP skill ini sangat diperlukan untuk menahan serangan.

Mind Breaker + Grand Cross
Kemungkinan Full Hit kedua skill ini tidak terlalu besar di PVP. Mind Breaker biasa digunakan untuk men-Stun + Paralyze musuh. Sedangkan Grand Cross memiliki super armor yang cukup besar (tidak mudah cancel) ketika Casting Skill. Biasanya saya cast Grand Cross ketika sedang ditempel oleh Melee Job agar saya tidak cepat terjatuh.

Bind Relic
Saya berharap sisa 2 Skill Point itu bisa dimasukan ke Bind Relic supaya bisa MAX, hehehe. Saya belum tahu apakah Bind Relic di Ladder masih gampang hancur atau tidak.


Skill Heraldry
PVE:
1. Consecration (cooldown)
2. Detonate (cooldown/damage)
3. Chain Lightning (damage)
Optional: Holy Burst/Grand Cross/Lightning Bolt(damage), Heal/Cure Relic (cooldown)
*Khusus Detonate saya belum tahu apakah ada yang Opsi Cooldown, jika ada lebih baik menggunakan Cooldown agar Buff dari Class Mastery bisa lebih sering didapat. 

PVP:
1. Consecration (cooldown)
2. Detonate (damage)
3. Holy Burst (damage)
Optional: Heal (Heal Rate), Half Turn Kick/Holy Kick (Action Speed), Bind Relic (cooldown)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

26 comments:

  1. Mas Ramdan, skill build inqui sya hampir sma dgn build 3 anda ^^. sya masih percaya ada Revamp yg terbaru buat healing relic 0,4 jadi 1% dengan durasi 30s & cd 10s, jdi per 30s dapet 3% heal. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. Skill ku sama persis dengan build 2, dan mirisnya saya sering di kick party gara2 hal itu juga! :') kenyataan emg pahit wkwk

    ReplyDelete
  3. Ask gan emang armor bisa dipasang jade critical?ane jg mw pasang int+crit tpi bisanya int+vit,slotnya ga cocok sm bentuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih masa? INT + Crit sama INT + VIT itu bentuknya sama loh cmn beda opsinya aja

      Delete
  4. Gan special skill heraldy bwt inquisitor bagusnya apaan ya?

    ReplyDelete
  5. Untuk skill build hybird mana ya gan???
    dan satu lagi,ane mau nanya dilihat dari damage DPS gedean inqui atw barbarian gan???
    dan dilihat dari skill full hitnya,damage skill mana yang gede barbarian atw inquisitor????

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau Full Hit, INquist Update Terbaru lebih besr dibanding Barbarian. Cuman yang gitu deh, Skill GG-nya inquist itu Grand Cross yang agak susah buat Full Hit kecuali di Raid Nest.

      Tunggu aja Update Fix Damage Grand Cross nanti bedain damage :P

      Delete
    2. Btw skill hybridnya mana gan ._.

      Delete
    3. dan satu lagi gan,bind relic lvl 6 tu di jadikan lvl 1 gimana???lvl 5 skill bind relic tadi di pindahkan ke mind breaker

      Delete
    4. ya gpp sih, Bind juga sering ancur di PVP

      Delete
  6. Bang klo lightning bolt jdi lvl 1, dan grand cross max, efektif gk di pve??
    Karena saya liat lightning bolt DPS nya terkecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak dua2nya aja di MAx-in, soalnya bagus 2 2nya

      Delete
  7. Mas, alasannya menaikkan sweeping kick lv 6 biar knp? Soalnya rata2 sy lihat skill build job anda sperti itu. Selain damagenya nambah, apa ada nambah action speed sperti side kick?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sweeping Kick bukannya punya warrior ya?
      Perasaan saya naikin level 1 itu skill, soalnya efek skillnya gak berubah kaya Holy Kick.

      Delete
  8. Mas crit untuk inqui minimal berapa persen ya ?

    ReplyDelete
  9. 3rd nya mending crit atau agi atau int atau m.attack ?

    ReplyDelete
  10. klo full suport yg mana ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. full support? salah masuk post kau , sana liat post Saint

      Delete
  11. kalo d build full DPS jadenya bgs int + crit ato int + vit, kalo misal ane milih full DPS kan HP dikit amat

    ReplyDelete
  12. Gan mau nanua gimana inqu pas block nyala trus dia dihit nanti dia mukul tanah(counter) gitu liat di pvp?ty :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. divine combonya +6 um terus pas klik skill itu langsung klik kanan

      Delete