LUNAR KNIGHT (MOONLORD) SKILL BUILD LEVEL 90

    Terimakasih yah teman-teman yang sudah Vote. Pemenang Vote untuk Postingan Skill Build pertama ini adalah Lunar Knight (Moonlord). Persaingannya sih lumayan ketat, tapi di detik-detik terakhir Lunar Knight berhasil unggul. Berhubung Skill Build Lunar Knightnya akan saya Posting, jadi bagi teman yang sudah Vote untuk Lunar Knight bisa mengganti pilihannya ke Job lain.
    Berdasarkan Analisis DPS Swordmaster Class, Lunar Knight seperti tidak akan mengalami penurunan DPS di Cap 90 ini. Sehingga kemungkinan posisinya sebagai DPS masih akan tetap diperhitungkan. Supaya tidak membingungkan pembaca, saya informasikan kalau Analisis itu sudah disesuaikan dengan Board Damage Skill paling terbaru di DN Korea. Jadi jika di ada perbedaan dengan DN INA, berarti DN INA belum melakukan Update sampai Lunar Knight Boost. Walaupun saya sendiri kecewa sih, kenapa harus Lunar Knight yang di Boost (ngarepnya sih Gladiator).
     Back to topik, pada Postingan kali ini saya akan memberikan dua Skill Build yang akan saya gunakan di Cap 90. Seperti biasa, saya lebih suka ke Build yang Pure PVE dan ada sentuhan PVPnya juga untuk Ladder. Kalian jangan terpaku bahwa Skill Build saya berikan ini 100% bener. Jika merasa ada yang kurang cocok, kalian bebas memodifikasi Skill Buildnya atau memberi saran. Soalnya saya sendiri belum mencoba Skill Build ini, karena di DN SEA belum Cap 90 T_T


Jade
Armor: INT + VIT
Weapon: MATK + INT + VIT
Ring: MATK + INT + VIT
Earring + Necklace: INT + VIT

Kenapa Magic Attack?
Revamp 3R Buff/Debuff yang bikin pusing dunia Party Element. Sampai hari ini saya belum menghitung potensi dari Element Party di Cap 90. Contohnya saja Light Party yang kehilangan Banyak Buff dan Debuff. Dengan kondisi yang tidak menentu ini, saya memutuskan sementara pakai Magic Attack dulu (cari aman).

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Iron Wall (Shinning), Fatal, Ultimate/Blessed/Wind.


Moonlord Skill Build

Build 1

    Build pertama lebih saya peruntukan untuk PVE dengan bantuan beberapa Skill DPS. Build ini saya buat berdasarkan dari Posting sebelumnya tentang Analisis DPS Swordmaster Class.

Breaking Point
Buff terbaru di Warrior Tree ini wajib kalian ambil untuk meningkatan 10% MATK.

Circle Break vs Impact Wave
Seperti biasa, kedua skill ini selalu membuat saya dilema. Jika kalian ingat Build saya di Cap 80, saya lebih memilih Impact Wave dibandingkan Circle Break. Alasannya adalah Impact Wave memiliki Board Damage berdasarkan MATK dan lebih besar pula. Bagaimana dengan Cap 90? Lunar Knight bisa bernafas lega karena Board Damage Skill Cap 90 sudah disesuaikan dengan Status Utama Karakter. Jadi baik Impact Wave atau Circle Break damagenya berdasarkan MATK Lunar Knight kita. Dengan begitu saya bisa membandingkan langsung saja ya:
Board Damage
Circle Break lv 25: 446%, CD 11 detik
Impact Wave lv 26: 354%, CD 13 detik
Hasilnya sudah jelaskan, Circle Break lv 25 lebih unggul. Kelebihan lain dari Circle Break adalah kita mendapatkan bonus Iframe (kondisi dimana Char tidak dapat di Hit) selama 0.3 detik. Jadi untuk Cap 90, jika kamu dihadapkan antara 2 skill ini, saya sarankan untuk mengambil Circle Break.

Triple Slash vs Front Shove vs Hacking Stance vs Line Drive
Sebelumnya saya sudah jelaskan kalau Skill Fisik untuk Lunar Knight akan dihitung berdasarkan MATK. Jadi tidak ada salahnya bukan untuk menaikan salah satu dari Skill di Line Gladiator. Nah yang jadi pertanyaan adalah Skill mana yang DPS dan Castingnya paling baik. Mari kita analisis lebih lanjut:
Board Damage
Triple Slash lv 16: 1887%
Front Shove lv 16: 1465%
Hacking Stance lv 16: 415%
Line Drive lv 11: 2042%
Dilihat dari Board Damagenya Line Drive memang lebih unggul, tapi jangan lupa menghitungkan Damage Full Hitnya ya.
Full Hit
Triple Slash lv 16: 1887%
Front Shove lv 16: 1465%
Hacking Stance lv 16: 415% x 14 = 5810%
Line Drive lv 11: 2042%
Waw ternyata Hacking Stance unggul jauh sekali ya. Selanjutnya mari kita hitung DPSnya,
DPS
Triple Slash lv 16: 1887%/12 = 157%
Front Shove lv 16: 1465%/13 = 113%
Hacking Stance lv 16: 5810%/20 = 291%
Line Drive lv 11: 2042%/27 = 76%
Saya ambil dua Skill terbaik saja ya antara Triple Slash atau Hacking Stance. Kenapa di Skill Build saya memilih Triple Slash? pengguna warrior pasti sudah tahu bahwa Hacking Stance itu membutuhkan Casting Time yang lebih lama untuk Full Hit. Casting selama 6 detik ini bisa mengganggu rotasi untuk Skill Lunar Knight lain. Selain itu, Area serangan Hacking Stance (non EX) pun sangat kecil sehingga untuk Full Hit harus dekat dengan musuh (tentunya itu beresiko bukan?).

Brave
Peningkatan level untuk Brave membuat waktu Buffnya lebih lama, oleh karena itu saya naikan MAX.

Provoking Slam (Luring Slash)
Berbeda dengan Brave, peningkatan level untuk skill ini hanya akan meningkatkan damagenya saja, sedangkanya buffnya masih tetap. Jadi tidak perlu MAX kan?

Moonlight Splitter
Kenapa saya tidak MAX? ini kembali ke masalah pribadi sih. Char saya tidak memiliki Chas Weapon/Heraldry Skill +1 untuk Moonlight Splitter. Sehingga sangat rugi jika saya mengambil MAX tetapi tidak bisa mencapai level 21. Hal ini dikarenakan, Peak Damage Skill itu ada di Level 6, 11, 16, 21 dan 26.

Cyclone Slash
Jujur ya, saya agak berat menaikan skill ini. Walaupun damagenya sudah di Boost (cek:Analisis DPS Swordmaster Class), tetapi saya masih kurang nyaman dengan Casting Time untuk Full hit. Jumlah Hit Cyclone Slash itu adalah 16 Hit, sehingga damage Skillnya dibagi 16 selama kurang lebih 5-6 detik. Nah, jika musuh bergerak atau kabur dari Cyclone Slash tentunya damagenya tidak maksimal dan konsisten. Kalian tidak perlu memperdulikan curhatan di atas, toh saya juga menaikannya sampai level 16. Pokoknya berfikir positif dulu saja dan berusaha mencari Timing terbaik agar Damage Cyclone Slash bisa maksimal.

Crescent Cleave + Halfmoon Slash
Saya sarankan untuk Skill Crescent Cleave kalian harus menggunakan Skill +1 agar damagenya lebih maksimal di Level 16. Board Damage kedua skill ini dinaikan di Cap 90, tetapi karena efek perubahan Debuff Luring dan Cyclone Slash EX, DPS kedua skill ini tidak begitu naik signifikan malahan cenderung turun bila dibandingkan Cap 80. (Sumber: Analisis DPS Swordmaster Class)

Great Wave
Sesuai dengan namanya Great, maka kenaikan damage Skill ini di Cap 90 pun sangat besar. Bahkan di Analisis saya sebelumnya, Great Wave merupakan Skill yang mengalami kenaikan DPS terbesar diantara semua skill Lunar Knight.

Moonblade Dance
Top DPS Skill untuk Lunar Knight ini sudah wajib untuk MAX. Apalagi pada Cap 90 Damagenya dinaikan juga, sehingga posisinya sebagai TOP DPS tidak tergoyahkan.

Flash Stance
Saya gembira ketika melihat Skill ini di Boost juga, namun setelah di analisis lebih dalam ternyata DPSnya hanya berbeda sedikit dengan Cap 80.

Flash Stance INS
Nah ini adalah alasan saya memaksimalkan Flash Stance di Cap 90, karena Lunar Knight bisa melakukan Spam skill ini. Pada Cap 80, saya hanya menggunakan skill ini di PVP saja, namun di Cap 90 saya harus terbiasa melakukan Spam Flash Stance INS. Bagi yang tetap kurang suka melakukan Spam Flash Stance INS, kalian bisa menaikannya sampai level 1 atau 6. Sehingga buildnya menjadi seperti ini:

Build 2

    Seperti yang saya katakan sebelumnya, kalau Build 2 ini hanya untuk player yang tidak suka Spam Flash Stance INS. Kalian bisa melakukan kombinasi seperti ini:
- Flash Stance lv 1 + Circle Break 21 + Impact Wave 6
- Flash Stance lv 6 + Circle Break 21 + Impact Wave 1

Note: Saran saya sih mulai lah membiasakan diri melakukan Spam Flash Stance INS.

Build 3

    Sedikit berbeda dengan Build pertama, pada Build ketiga ini saya lebih mempertimbakan Skill untuk PVE dan PVP.

Circle Break + Rising Slash + Impact Wave lv 6
Ketiga skill ini sangat berguna untuk memperlancar kombo di PVP. Circle Break punya Iframe 0.3 detik dan Super Armor Break yang besar untuk membatalkan skill musuh. Rising Slash bisa mengangkat musuh dan memiliki paralyze yang lumayan. Impact Wave juga memiliki Area dan Super Armor break yang lebih besar, serta bisa mengangkat musuh juga.

Cyclone Slash lv 1 
Di Build pertama agak ragu dengan skill ini di PVE. Berhubung Build ketiga ini saya gunakan untuk PVP juga, jadi saya memilih untuk menaikannya sampai level 1 saja. Sehingga fungsinya di PVE dan PVP hanya Debuff atau Lock musuh.

Flash Stance
Flash Stance ini memiliki damage yang lumayan besar di PVP  dan jarak cukup jauh. Apalagi dengan bantuan Class Mastery II, kita bisa melakukan Spam skill Flash Stance INS. Kebiasaan saya  di Ladder sih mengunakan skill ini untuk mencicil musuh dari jarak jauh.

Sampai Skill Build Ketiga di Posting saya masih bingung mau memasukan kemana Sisa 7 Skill Point itu, mungkin kalian ada masukan?

Heraldy Skill
1. Crescent cleave (Damage)
2. Halfmoon Slash (Action Speed/Damage)

3. Moon Blade Dance (Damage)
Optional: Moonlight Spliter, Great Wave, Triple Slash (Damage) dan Side Kick (Action Speed)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

164 comments:

  1. Tolong kasih info skill Raven / Abyss Walker cap 90 kk ^^
    Sekalian mau tanya, setelah update cap 90 ini, masih besar mana dps nya.
    Raven or Abyys Walker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat DPS sudah jelas di Analisis Bringer,,
      Kalau AW potensi DPSnya lebih besar

      Delete
  2. LK sepertinya diuntungkan dengan class 2 mastery nya.. dimana LK bisa spam flash stance tiap kali tumble..
    utk triple vs hacking.. saya lbh memilih hacking utk burst mode.. tergantung playstyle masing2 sih..
    walau bkn pemain LK, saya kurang tau apa HS non ex bisa cancel di tgh jalan atau tidak seperti versi ex nya.. jika bisa.. saya lbh rekomen HS drpd 3 slash.. kalo gak bisa yah 3 slash lbh diuntungkan karena lbh flexible..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hacking stance bisa dicancel pake klik kanan, tapi gak secepet versi EXnya :3

      Delete
    2. mas ramdan LK tepat nya main element dark apa light ya?? newbie mas... makasih

      Delete
    3. @Exan Pratama Karena namanya Lunar, jadi Saya ambil Light XD

      Delete
  3. Class analisis ny dong buat elemental lord cap 90

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antri ya, soalnya untuk Posting Analisis itu butuh seharian bikinnya T_T

      Delete
  4. Analisis screamer dong kk mumpung jobnya diboost

    ReplyDelete
  5. Build skill pvp ripper dong cap 90 :3

    ReplyDelete
  6. Build pve majesty dong cap 90

    ReplyDelete
  7. Mas, bukannya damage Half Moon di nerf jadi setengahnya? atau mungkin ada boost lagi? :v
    BTW, buatin analisis class acrobat ya, ada job change masih bingung milih apa di archer -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya ga di nerf, justru malah dibost. karna saya pakai LK di DN INA. cuma damagenya ga bisa tmbus 60jt sperti saat cap 80. jadi di cap 90 damage menurun mnurut saya karna tidak bermain element.

      Delete
    2. Diliat dari Board Damagenya sih gak di Nerf kok..
      Cuman berhubung Debuff LK banyak yg dikurangi jdnya hasilnya tidak sebesar cap 80.

      Delete
  8. mas bikinnin skill build bangsa smasher dong di tunggu secepatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya, bukan bermaksud cuek..
      tapi untuk pembuat Skill Build sudah saya putuskan berdasarkan hasil Vote/Polling di Blog..
      Nah nanti Updatenya disesuaikan dengan urutan tersebut..

      Kamu bisa lihat Smasher di urutan berapa, jadi bisa mengira-ngira kapan akan Update Buildnya..

      Bisa cepat di Update Buildnya, asalkan dalam 1-2 hari ke depan bisa menyusul Job lainnya (kecuali LK)

      Delete
  9. keknya dark avenger ada di urutan akhir deh ini.. hahaha... miris lah.. *sigh

    ReplyDelete
  10. Build skill pve saint dong cap 90 ^_^

    ReplyDelete
  11. keknya dark avenger ada di urutan akhir deh ini.. hahaha... miris lah.. *sigh

    ReplyDelete
  12. banyak yg mengeluhkan damage LK di cap 90...
    apa memang kecil damage nya?
    padahal saya baru mau reset barbarian 90 saya ke LK gara2 liat spam flash stance nya... LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya gak sekecil 2 JOb Sword Master yang lain kan :P

      Delete
    2. Memang Benar saya juga mengeluhkan Damage Moonlord di Lv90 ini karena sudah tidak bisa lagi menjadi Hitter DPS sebaik dulu, tapi untuk Flash Stance kali ini peningkatannya sangat drastis, jika anda bisa memainkan Flash Stance dengan Moonlight Blade Dance sangat bagus untuk menjadi Hitter sebagai Moonlord (Tapi memang MBD tidak sebaik dulu)

      Delete
    3. Jika dilihat dari Potensi DPS masing2 sih..
      Moonlord masih tetep oke untuk jadi DPS, hampir semua skillnya juga kan di Boost (Update terbaru). Flash stance + MBD juga keren tuh, cuman jangan lupa Buff/Debuff aja ya karena keasikan spam..

      Delete
  13. Skill Build GM dan Pyscian cap 90'a donk mas ramdan... heheh
    cz bngung GM bwt up apa lg,,, pysqian juga,,, mohon penceran'a :3

    ReplyDelete
  14. saya mau tanya nih gan :D saya bingung mau naikin Line Drive apa Cyclonenya aja :3 kan disitu kayaknya cyclone slash meningkat tapi kalo gak full hit kayaknya agak gimana gitu :/ skalian mau tanya untuk LK set seperti herardly,jewel,talisman it gimana yg bagus? satu lagi itu Flash stance INS gimana ya skillnya bedanya sama Flash stance/ FS EX? *thanks gan sebelumnya maaf kebanyakan nanya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sih masalah damage cyclone kalau gak full hit kurang greget..

      Jade + Talisman sudah saya update di atas

      FS biasa sama FS INS itu bdanya..
      FS biasa lebih lama Stancenya sekitar 6 detik..

      kalau FS INS itu setiap kali Tumble kamu bisa cast FS (tetapi jumlah hitnya tidak sebanyak FS biasa).

      Delete
    2. wah mantap gan sankyuu :D kalo misal cyclonenya tak buat ngisi Line Drive aja gimana ya gan? :/

      Delete
    3. tapi bingung juga wkwkwk cyclone slash naik 200%++ sih diperhitungannya >_< ok gan makasih :D membantu sekali ni blog :D

      Delete
    4. wkwkw dia galau sendiri..
      Sini saya bikin galau lagi
      Board Damage Line Drive sama Cyclone sama2 2k-an..
      Cooldown Cyclonenya lebih cepat 2x lipat dari Line Drive..
      Cyclone sudah pasti di Spam terus karena ada Debuffnya

      Masalahnya cuman di Full Hitnya aja kan.
      Full Hit Cyclone 16 Hit, berarti untuk menyamai DPS Line Drive hanya perlu kena 8 Hit saja..

      Delete
    5. wiihh gitu ya? :v oke gan malah jadi gak galau lagi wkwkwkwk :v

      Delete
    6. nanya lagi gan :D itukan akhirnya yang diambil + dinaikin kan triple slash, trus ambil Hacking stance sama Line drive itu cuman buat tambah skill biar gak kehabisan skill aja apa gimana? :/

      Delete
    7. Ya itu buat skill tambahan aja, kan lumayan Line Drive gak terlalu lama Castingnya

      Delete
  15. mas nnya donk itu knp hacking stance sama frenzied charge di ambil ya kan cmn lvl 1 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjelasannnya udah ada di atas kan..
      Frenzied Charge DPSnya kurang besar
      Hacking Stance Castingnya agak ribet

      Delete
  16. Light Fury nya kk, yg cap 90 .>

    ReplyDelete
  17. Gan update build gladiaotor nya dong :)

    ReplyDelete
  18. gan buat Gear Master dong skill build nya rada bingung neh

    ReplyDelete
  19. Gan buat yang GLADIATOR, jujur meski LK menguasai lv 90, ane tetep setia make GL.

    Btw, GL antrian kbrp gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dilihat di Vote kira2 urutan keberapa

      Delete
    2. Gladiator masih menjadi DPS terbaik kok di Lv90 ini.
      Untuk Moonlord cocok digunakan sambil belajar skill Monster

      Delete
    3. Kalau maksudnya terbaik antara All Job pasti tidak..
      Terbaik di Warrior juga tidak (kalah ma Barbarian)
      Terbaik di Swordmaster juga masih belum karena kalah sama Moonlord

      Delete
  20. Mas Skill Build Gladiator Donk lv 90 Di post juga .

    ReplyDelete
  21. Mas Ramdan maaf mau tanya, kalo LK perlu maen AGI ga ya? soalnya di game banyak yg kasih saran maen AGI juga biar crit gede katanya, sedangkan saya liat di build mas ramdan cuma INT+VIT aja, makasih sebelumnya mas Ramdan.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya bukan Main AGI, tapi main Kritikal..
      Kalau LK main AGI bakal ngerusak DPS, karena Base Status LK itu INT..
      1 INT = 1 MATK, sedangkan 1 AGI = 0.25 PAK..
      Mengorbankan banyak INT demi AGI itu salah banget..

      Jika ingin ngejar Kritikal bisa bermain dari jade INT + Kritikal, 3rd Herald Kritikal, dan Ring Kritikal.

      Delete
  22. Ohh gt ya mas ramdan, oke deh ngerti sekarang, hehehe makasih mas ramdan

    ReplyDelete
  23. mas numpang tanya heraldy great wave ambil cd ap damage ya bagus nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara DPS sih bagusan CD (kalau digunakan setiap kali Cooldown)
      Kalau jarang digunakan sih mendng damage

      Delete
  24. Moonlord tetap tidak bisa jadi DPS sebanding Gladiator, karena damage dari 80 sebelumnya sudah dikurangin banyak. Akan tetapi satu-satunya harapan Moonlord pada skill Flash Stance yang mengalami peningkatan damage dratis.
    Memang Moonlord sangat berpeluang kecil menjadi Hitter terbaik, tetapi masih bisa digunakan untuk kelas-kelas pemula untuk serangan jarak jauhnya sambil mempelajari skill skil monster dalam nest

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek Update terbarunya atau bisa lihat Skill Smulator Terbaru atau cek Post Analisis Swordmasterku..
      Damagenya Moonlord itu malah diboost lebih besar di Cap 90 dibandingkan Gladiator..

      Sebagai posisi Hitter, saya merasa Moonlord mash lebih baik dibandinkan Gladiator. APalagi TOp DPS skill Gladi hanya garang di Low HP bar.

      Delete
    2. menurut saya justru GL yg ga bisa ngimbangi ML di cap 90. saya sudah mencoba di lapangan jadi tau. di DN INA kmarin pas update dapat reset job jadi saya juga memiliki GL dan LK.
      ibaratnya kalo dibuat nest kayak bumi dan langit. dengan equip sama GL terasa geli bahkan FA ga terasa di nest hardcore lv90, ML sndri justru damage dari MBD sangat luar biasa namun HMS jadi geli. kalo dibuat nest lebih mudah menggunakan ML kalau dihitung secara kseluruhan damage ML saya yakin lbih besar dari GL saat bermain PVE karna CD skill ML jg lbih cepat dari GL.

      Delete
  25. klo Dragon Jade nyah Pake STR Gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh LK itu job INT ngapain pake STR..
      Gak guna ntar jadinya

      Delete
  26. kang skill build barbar cap 90 blum ada yah? #putraU

    ReplyDelete
  27. klo abang Suka pake SKill Build Brp

    ReplyDelete
  28. Mas klo mau ngeboost max M.ATT LK, menurut mas gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naikin INT mu sebesar2nya..
      Pake 3rd Heraldry INT juga

      Delete
  29. ok mas, maksih ya
    oh iya klo DEF nya minimal brpa, sma M,attk minimal brpa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya jarang banget perhatian sama itu..
      Asalkan Gearnya Oke, minimal +6 untuk armor
      dan +10 untuk Weapon (Epic). Segitu aja udah cukup

      Delete
  30. Mas knp Skill SW yg di kanan kg di full in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cmn incer Peak Level dan hemat Skill Point aja

      Delete
  31. Skill Heraldry nyah apa ajah nih mas :v

    ReplyDelete
  32. Sekalian ama Minta Nunda SKill nyah dmn ajah mas
    klo blh itu juga :D

    ReplyDelete
  33. Minta Perbandingan dong :D
    ML enaknya maen M.atk+FD/Element+FD makasih :D

    ReplyDelete
  34. ohh iya min sekali lagi Job yg powerfull kalo maen FD job apa yah, Yg Pure DPS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorce diwakili Smasher dan Saleana
      Warrior diwakili ML dan Barbarian
      Machina diwakili Ruina
      Lancea diwakili Flurry
      Archer diwakili Sniper

      Setahuku sih itu semua yang punya Powerfull DPS di Cap 90..
      Tinggal pilih deh

      Delete
    2. ok Thanks Senpai ^_^
      Ohh iya boleh gabung guild ngga :D
      Westwood juga saya heheh

      Delete
    3. Saya nebeng di Guild Gooogle (Guild temen sih), tapi nanti kamu kirim surat aja ke MrsWeasley.. Kasih tau Nicknya.. Soalnya agak jarang online sekarang

      Delete
  35. Hallo ka Ramdan
    mau nanya nih..
    gw msh bingun sama
    jade tipe int vit / int crit
    jade mana yg cck buat dps LK
    soalnya kalo maen int vit LK ga geregt, tapi hp besar
    kalo int crit dmg gereget tapi hp kecil. apa dngan ambil int crit cck buat nest atau raid (rdn) ??
    ngerinya karna terlalu fokus int crit malah cpt dead.karna hp kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu berapa minimal HP untuk Clear RDN, kalau 1jt mungkin bisa sedikit di Campur, misalnya 5 Int Vit dan 2 Int Crit.

      Sisanya mending cari Crit dari Heraldry atau Skill Ring
      Di DN SEA sih enak ada Tittle yang +10% Crit :P

      Delete
    2. Terima kasih Kk ramdan untuk respectnya ^^

      Delete
  36. Kalau lagi Leveling jadenya pake MATK atau PATK?

    ReplyDelete
  37. ML kalau cmn Spam FD malah DPSnya jelek..
    Duh pertanyaannya gini yg bikin saya bingung jawabnya..
    Saya tetep milih ML sih buat DPS, soalnya Barbarian baru Oke pas HP minimal dibawa 60%an

    ReplyDelete
  38. Gan Ramdan Moonlord heraldrynya mending 3rd INT atau M.Attack ya ? Bingung saya pilih mana soalnya kalau full INT bagus buat passive lv 65 tapi kan kalau di raid nest damagenya dibatesin tuh jadi kurang maksimal. Paling enaknya kalo full INT di nest 4 man. Mohon pencerahannya dong gan mending pilih mana antara 3rd INT sama M.Attack. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia yang bikin galau, jika aturan Raid Nestnya masih sama dengan Cap sebelumnya. Berarti untuk Moonlord Raid Nest lebih bagus fokus ke MATK, tapi kalau untuk Nest2 biasa lebih bagus ke INT aja..

      Lebih keren lagi kalau Crit biar kuning2, soalnya dapet info kalau Crit Resist Cap 90 ini gak sebesar Cap 80.

      Delete
    2. Iya nih gan tadinya buat slot heraldry unique mau dipasang yang 3rd Crit karena udah bisa -Crit Ressist dari Cyclone Slash, nah sisanya mau dipasangin Full 3rd INT tapi malah dibikin galau sama aturan Raid Nestnya

      Delete
    3. Hmm, kalau gitu ya enakan Crit sih..

      Delete
  39. Bang Ramdan ane mau nanya rencana kan ane mau build Moon Lord ane sendiri masih lvl kecil msh lvl 40 :3 menurut ente untuk Nest2+PVP pake build yg keberapa ya bang ?? sama dapet reset skill point gratis dapet nya pas lvl brp aja ?? makasih :3

    ReplyDelete
  40. Eq kauda kan cuma ada 1 slot. minta saran buat jade nya bang.
    terus combo yg bagus buat Lk kira2 apa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pake build 1

      Delete
    2. Di atas sudah dikasih sarannya kan..
      Pake INT + VIt atau INT + Crit (sesuaikan dengan tipe LK mu)

      LK gak prlu kombo macem2, asal sering spam Cyclone SLash + MBD juga udah aman.. Jangan keseringan spam FLash Stance ampe lupa DPS lainnya

      Delete
  41. OMG~
    ini class udah OP :v
    sama kek DA semenjak pertama kali keluar~
    MATK sampe 200k hhaha
    ~eN

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow bisa ampe 200k gitu yaa wkwkwk

      Delete
    2. Wkwkwkwkw Di Nest biasa, bisa tembus 200k kalau bener2 Full Gear

      Delete
  42. bang ramdan, ane mau nanya. bagusan pakai meteor atau kauda sih? soalnya kan jade nya beda beda juga slotnya. nahh saran dong bang. 1 lagi ni. kalau mau pvp pake build mana yg bagus. solanya masih labil labil nihh. makasih bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau PVP saya pake build yang PVP juga..

      Meteor atau Kauda itu tergantung kamunya, kalau ada persedian Jade 90 lengkap dan bisa diketok ampe +10 bole2 aja pake Kauda..
      Kecuali senjata masih bisa pake Meteor asalkan +10++

      Delete
  43. Replies
    1. Itu kan pilihan aja..
      Kalau HP kamu dah lebih dari cukup, boleh pake INT + Crit buat kejar Critical mu..

      Tapi kalau HPnya masih kurang banyak, misal buat Raid ya saya saranin sih tetep pake INT + VIT aja dulu..

      Saya sh sering bawa dua2nya, supaya bisa diganti2.. heheh

      Delete
    2. bisa gan pake crit jadi pure DPS
      hanya hati2 saja sekali kena tampol bos bisa langsung tiduran,.


      saran aku sih
      armor [5] Full Int+Crit
      ACCnya [2] baru kasih Int+Vit
      HP kisaran 1,2juta (Kauda +6 rata)

      ~eN

      Delete
    3. Hooh intinya cari batas aman HPnya dulu, kalau udah yakin aman baru biar boost crit pakai jade yang Crit

      Delete
  44. Gan, mau tanya, kenapa Lk pakenya INT+VIT? kenapa gak INT+CRIT?
    Kelebihan dan kekurangannya ap?
    Terus sebenarnya lebih bagus yang mana?
    Mohon penjelasannya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat DPS sih bagus pasti INT + CRIT, tapi buat Survive ya INT + VIT.
      Ini tergantung ke Gear Masing2 char sih, kalau dikira HP sudah cukup aman untuk tidak mati di nest/raid ya bole hajr main INT + Crit.

      Pokoknya jangan sampai gara2 ngejar Crit pake jadenya, eh kamu malah kurang bisa survive di Nest/Raid karna HP kurang besar.

      Delete
    2. Owh, ok", ane paham. Tapi ngomong2 nilai Crit damage sama Hp/Vit berapa ya yang sudah bisa dibilang "OK" untuk LK? Soalnya nilai crit damage ane baru sekitar 90k, dan Hp; 1200k-an, dengan 2 INT+VIT, sisanya INT+CRIT.
      Mohon petunjuknya gan?

      Delete
    3. inget loh, Crit Rate sama Crit Damage itu beda. Crit Rate itu berdasarkan AGI atau Critical kamu, kalau Crit Damage itu berdasarkan INT, STR atau jade/acc + Crit damage.

      LK kan main INT, jadi seharusnya Crit damagenya udah mayan besar. Yang perlu di UP itu Crit Rate sih, usahkan bisa minimal 50-60%.

      Delete
    4. inget loh, Crit Rate sama Crit Damage itu beda. Crit Rate itu berdasarkan AGI atau Critical kamu, kalau Crit Damage itu berdasarkan INT, STR atau jade/acc + Crit damage.

      LK kan main INT, jadi seharusnya Crit damagenya udah mayan besar. Yang perlu di UP itu Crit Rate sih, usahkan bisa minimal 50-60%.

      Delete
    5. Jade/talisman/heraldry utk up crit rate apa ya?

      owya gan, kalo pake RDN set jade yg dipake apa ya? INT+Vit atau INT+Wind?

      Delete
    6. Jade bisa cari MATK + Crit..
      Talisman + Herald cari yang 3rd OPT Crit


      RDN paling aman sih INT + VIT

      Delete
  45. Untuk urusan PVE, DPS cap 90 antara LK dan Light Fury lebih bagus mana?

    ReplyDelete
  46. gan,saya bingung itu di Jade di equipment level 90 kan cuma bisa masang 1 Jade kok
    lo malah bilang "Armor = INT + VIT ?" padahal cuma bisa masang 1 jade doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijin jawab
      kan 1 jade isinya ada yg Int+Vit / Int+Crit. Jade lv.90 udah digabung beda sama level sebelumnya yg masih dipisah2

      Delete
    2. Nah udah di jawab..
      Maksudnya saya itu, pilihan antra INT VIT atay INT CRIT

      Delete
  47. bang @Ramdan, saya mau tanya nih
    kalau Status Effects Critical 134107 (56%) dan Critical Damage 115276 (217%) dan AGI 5243, itu kira2 Critical Rate terhadap musuh sering keluar apa ga yah? mohon dijawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Crit Rate itu berdasarkan Critical kamu yang 56% itu, kalau mau sering keluar buat yang 56% jd 89% atau 210000an critical.

      Critical Damage itu cuman buat naekin damage Critical kamu bukan Kemungkinan Critical ke musuh.

      Delete
    2. bang mau tanya lg, kan critical udah 89% yah. otomatis kan nilai M.att nya ngurangin jd sekitaran 69k yg semulanya 82k, tapi kok setelah saya bandingin dgn yg full M.att lebih berasa yg M.att dibanding yg Critical 89% yah? mohon solusinya bang

      Delete
    3. Coba bandinginnya pake DPS Meter, coba solo Manti Normal.
      DIsitu kamu bisa lihat perbedaannya, seharusnya sih yang crit 89% lebih bagus karna bakal sering crit.

      EMang yang 82k itu brapa % critnya?

      Delete
  48. nama jade MAT+INT+VIT apa ya ====
    sry newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ring, earring, ama necklace, make apa

      Delete
    2. ijin jawab
      kalau saya pribadi pakai ring magician, earring pakai wise, dan necklace pakai tent

      Delete
    3. Nah itu diatas juga sarannya bagus..
      Cuman Neck saya sih pake Neck 80 yang Wise

      Delete
    4. itu heraldy side kik buat apa ya??
      itu gk sala ya

      Delete
    5. Ow Side Kick itu buat Build PVP. Hehehee maaf lupa dipisah

      Delete
  49. Replies
    1. Skill RIng khusus Creascet Cleave aja.. sisanya bebas

      Delete
  50. gan kalo jade a pake crit bsa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bole banget sih, asal jangan ngorbanin HP terlalu banyak ya.

      Delete
  51. gan bagus mana dps moonlord antara main element attack sama magic attack, kan element jade udh ng sebesar dlo lagi pengurangannya, terus perbedaan dpsnya gede ng antara elemental jade ama magic attackjade ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusan maen MATK sekarang, karena Element Resist Boss agak mayan gede. Jadi bikin damage element kena Diskon banyak. Perbedaannya bakal makin jauh tergantng sberapa besar Element Resist musuhnya.

      Delete
  52. mas mau nanya lg ni, DN INA LK cap 90 ap udh di booss ap blum ya mas, mohon pencerahanya, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. LK itu udah di Boost dr awal Cap 90 kok..
      Ke depannya belum ada Boost untuk LK lagi

      Delete
  53. Kak ramdhan, kalau stats dasar LK itu INT, apakah masih baik jika heraldry + talisman di isi dgn WIND (AGI)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke2 aja sebenernya, soalnya Wind(AGI) bisa dipake untuk naikin Critical kamu. Kecuali kamu gak main crit

      Delete
  54. bro.. tanya dong untuk LK full DPS
    bagus stats Crit Damage + Crit Change
    ato stats INT + Crit Damage
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. INT + Crit Damage dengan Crit Chance yang besar juga.
      hehehehe

      Delete
  55. klu pake element attack, LK cocoknya pake element apa ya? damagenya untuk LK lebih besar mana antara light atau dark? masih bingung milih light atau dark.

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejujurnya sih, semua Element itu sama untuk Cap 90 ini, karena Debuff Element Resisnya sudah merata yaitu all element resist -20%. Jadi seharusnya Light/Dark/Fire/Ice itu tidak ada bedanya.

      Tapi Dark punya lebihan yaitu ada Earring + Necklace Tough yang bisa boost dark atk 18%++.

      Jadi, kalau kamu gak berniat main Full Dark. Element apapun hasilnya tidak akan jauh beda/sama.

      Delete
  56. baru maind DN? bingung cara leveling? http://progamingnet.blogspot.com/2016/02/dragon-nest-leveling-guide-1-90.html

    ReplyDelete
  57. mas ramdan, ele resist di momon kan udah d kurangin, apa mending main ele attack aja di LK ?, atau main int + crit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bole main ELement Attack, kalau bisa tetep pake Crit ya.

      Delete
  58. Gw ingin build LK gw tp msh bingung takut ga sampe target, jadi saya mw tanya sama mas ramdan kali aja tw.
    umpama saya build gini :

    Equip : - Kepala Sampai Kaki Pakai Koma +10
    - Weapond & Sec.Weapond Pakai Nightmare +12

    Jade : - Kepala sampai Kaki = Int + vit
    - Weapond & Sec.Weapond = M.ATT INT+CRIT
    - ACC = M.ATT INT+CRIT

    Plate : Sama kayak di mas ramdan blg di atas tapi polos
    Talisman : Sama kayak di atas tapi polos

    kiranya saya build bgtu kira2 udah sampai batas status LK pada umumnya ga ya ?
    apa perlu saya menggunakan plate 3rd Crit ?
    atau ada saran lain mas ?

    atau saya main Element Att :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAlau saran saya sih enakan main Element karna Output damagenya akan lebih besar disaat Party. Cuman main element gak komplit kalau Critical kamu kecil, nah usahakan criticalnya bisa ngejar di 70-80%. Bisa dengan banyak cara kan, misalnya ganti beberapa jade jadi INT+Crit, pakai Earring/Neck dengan opt AGI, tempa jade merah +10, dan pilihan terakhir itu baru Heralrd 3rd Crit.

      Delete
  59. Temenku di DN INA ada yang sampe 4jt++ sih Guardinya..
    Kalau FD agak lupa Maxnya brapa, kalau gk salah sih skitar 6500an

    ReplyDelete
  60. Element + Crit atau MATK + Crit kali ya..
    Bagusan Element + Crit untuk Party karna diuntungkan dengan Debuff -20% Element Resist yg artinya nambah 20% damage gratis. Apalagi Resist monster sudah dihilangkan, jadi makin asik maen element.

    Perbedaannya lumayan jauh kalau pas party ^^

    Nah FD itu tergantung Dana yang kamu punya, kalau ada Goldnya bisa maen FD kalau gak da maen Crit aja dah cukup kok. Soalnya kan Plate FD mahal2

    ReplyDelete
  61. Yap party biasa atau Raid juga sama aja, asalkan ada Job yang punya Debuff -20% Element Resist pasti bisa naikan damage kamu.

    INT kan status dasar mu jd kamu harus tetep naikan.

    Masalah Element sudah saya bilang sebelum2nya, dasarnya sih semua element sama di Cap 90 ini. Cuman Dark emang punya kelebihan karna ada Tough Earring/Necklace. Jadi kalau kamu main Dark tanpa 2 ACC itu sama aja dengan Element lain.

    ReplyDelete
  62. gan mau nanya nih
    cara mentokin crit gimana ya???
    btw kalau LK keras make Light att atw m att???

    ReplyDelete
    Replies
    1. LK bebas bisa pilih elemnt apa aja kok.
      Kalau mentokin crit bsa ganti jade ke INT+Crit dan Earring+Necknya pakai wind

      Delete
  63. bang mau tanya, gimana cara ngakalin crit LK yang kecil, kalo jade saya ubah jadi INT+crit nnti darah saya kecil dan cepet mati.
    solusinya gmn bang? kalo crit 3rd herlady mahal-mahal hahahahha. bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkwkwkwwkwk dilema kan..
      Saya sih nekat aja pake jadi INT+Crit, HP sejuta dah cukup kok buat DDL HC (asal gak lag)

      Kalau mau aman dikit sih, Earring ganti Wind Coma/Felis dan Necklace ganti Wind Benedict dengan jade Wind.

      Gpp ngorbanin INT dikit untuk boost crit, karna hasilnya lbh besar crit juga. Bisa dilihat perbandingannya di Post Smasher vs Majesty

      Delete
  64. urutan skill biar sakit damage nya gimana bang ?
    sekalian untuk skill di hotkey bar trims

    ReplyDelete
  65. gan,menurut agan bagusan mentokin crit atw m.att???btw cara naikin crit di atas 60% gimana ya gan???soalnya udh make jade int+crit rata dri kepala ampe kaki :v di earring ma necklace udh make int+crit :v masih tetep aja critnya 50%???heraldry baru beberapa 3rd crit
    BTW https://www.youtube.com/watch?v=HtPTwdtKgJ0 video ni LKnya critnya brp gan??? ._. jadi pengen LK kayak yang di video
    mohon penjelasannya gan bagaimana cara jadiin char LK gua ke char LK yang di video itu gan :D

    ReplyDelete
  66. Gan mau nanya,kalau LK utk solo player bagusan main crit atw m.att???

    ReplyDelete
  67. Makasih tips nya ya

    http://www.haruhiblog.biz

    ReplyDelete
  68. Bang Ramdan mau minta saran kan LK gua, gua isi 3rd crit, critnya jadi tinggi tpi gua pingin naikin matck/int juga jadi mending full 3rd crit apa campur 3rd int/magic? Makasih sebelumnya bang..

    ReplyDelete
  69. kalo LK Gue di buat lebih balance aja
    Crit 74%( 3plate 3 rd Crit+ 1 plate 3rd AGI) di tambah jade INT CRIT 4 biji, sisa nya INT VIT
    M Att Standart masihan 105k( +13 NM 1 biji, +12 NM 1 Biji, sisa nya rata 11 dan 12 ++)
    Jade masih 5 atau 6 bijian yang dah +10( itu pun mau tak ganti jadi ele biar lebih greget)
    p Deff( PENTING) saya 54% dengan 1 plate 3 rd P deff
    M Deff ( PENTING ) 64% 1 plate Mdeff 3 rd nya
    Sisa slot nya Plate bisa di kasih M Att/INT ( rencana belum ada gold) buat nutupin m Att yng Turun karena ganti main Ele
    ya segitu aja sih aku, dan cukup puas sih dengan itu

    ReplyDelete
  70. jadi dari semua job warior yang paling bagus dpsnya siapa ?

    ReplyDelete
  71. Min minta skill build cap 93nya dong

    ReplyDelete
  72. KK SAYA MAU NANYA, KENAPA SKILL HALF MOON SLASH EZTRA GG BISA DIPAKAI YA? MOHON PENJELASANNYA.

    ReplyDelete
  73. Bro mau tanya ? Lunar Knight itu skill tipe apa ya Light atau apa?

    ReplyDelete
  74. Heraldy skillnya emang 3 itu doang gan?

    ReplyDelete
  75. Min, tolong di update dong min, untuk skill build LK

    Ty

    ReplyDelete