BLADE DANCER SKILL BUILD
     Akhirnya, kemarin Blade Dancer saya naik ke Level 80. Pengalaman pertama memakai Blade Dancer level 80 lumayan mengecewakan. Dengan Equip dan Gear yang lumayan, saya masih merasakan DPS dan Damagenya masih kurang. Hanya beberapa Skill saja yang damagenya lumayan besar. 

     Ketika saya mencobanya di Volcano Nest Easy mode (solo), waktu yang dibutuhkan untuk clear masih sangat lama. Tetapi saya tidak menemukan kendala untuk Solo Daily Dungeon level 80, saya masih bisa melakukan Run dengan cepat.      
      Salah satu teman saya bilang, mungkin Skill Buildnya yang salah. Saya menggunakan Blade Dancer Skill Build Level 80 untuk PVE dan Ladder. Skill yang saya naikan sudah sesusai dengan Top 5 DPS skill untuk Blade Dancer (baca: DPS Chart). Dengan beberapa skill yang membuat galau antara naikan MAX atau tidak dan skill untuk Ladder.


Blade Dancer Skill Build
BLADE DANCER SKILL BUILD

Tumble + Aerial Evasion + Dummy Ghost MAX

Spirit Blow lv 16:
Damagenya lumayan sakit dan super armor breaknya besar.


Phantom Guard lv 6:
Ini sebenarnya salah satu skill yang bisa jadi penyelamat kita, karena mengurangi damage yang masuk dan menambah superarmor. Keterangan skill ini kadang membuat beberapa newbie bingung tentang kegunaan skill ini, malah ada yang sempat curhat "kok MP saya abis ya?" karena skill ini. Pengertian gampangnya sih damage yang masuk di diskon 22%, lalu diskon itu dibayar pakai MP dan MP yang dibayar kena diskon lagi yaitu 60%. Nah kalo seharusnya kita kena hit 100k, tapi sesudah pake skill ini damage yang masuk cuman 78k, terus mengurangi MP 8800 (22k di diskon 60%).


MP Recovery lv 5:
Berguna supaya MPnya tidak bocor.


Graze Dance lv 6:
Persyaratan untuk EX. 

Sweet Circle  Vs Twinkle Spin: 
Kalau saya ururtkan secara DPS, Sweet Circle temasuk ke peringkat 7, sedangkan Twinkle Spin di peringkat 6. Kedua skill ini yang membuat saya sedikit bimbang. Secara Area Twinkle Spin lebih unggul, tapi secara damage Twinkle Spin unggul dikit. Keputusan saya pun jatuh ke Twinkle Spin Max + Skill ring. Alasannya sih lebih subjektif ya, tidak tahu kenapa saya kurang suka dengan Sweet Circle (LOL).

Deadly Drill lv 14:
Pada lv 14, cooldown skill ini berkurang dari 16 detik (Lv 1) menjadi 12 detik (lv 16). Damage skill ini juga termasuk besar dan ada iframe juga


Elegant Strom lv 13:
Elegant Strom EX memiliki Damage yang besar. Bahkan kadang saya merasa, damagenya lebih besar dari Hurricane Gust EX.


Breeze Call Dance lv 12 + Breeze Call  lv 1: 
Skill Heal diri sendiri yang berguna sekali, karena dapat meningkatkan damage dan mengurangi serangan yang masuk.


Sinia Turn + Mist Step lv 1:
Supaya bisa lebih lincah bergerak dan pelengkap kombo di PVP.


Estatic Dance Part 1 lv 5:
Skill ini bisa membuat dancer jadi subhealer di Nest dan healnya juga lumayan besar. Selain itu, bisa juga jadi booster damage yang fungsinya sama seperti Bone Crashnya Barbarian dan berguna untuk boss pada awal Bar HP.

Estatic Dance Part 2 lv 4:
Ini skill yang menjadi andalan Dancer pada saat kita Nest/Raid, karena casting ini skill ketika HP bar Monster/Boss kurang dari 50% bisa mendapat tambahan damage 70%.


Stalker + 
Dusk Hunter  + Abolisher lv 1:
Persyaratan saja

Sufi Dancer lv 11:
Damage skill ini sebenarnya sakit kalau kena full hit dan punya paralyze yang lumayan menyusahkan di PVP. Casting skill sufi dancer full hit itu lumayan susah, karena kita harus menempel ke monsternya, itupun kalau ukuran monsternya besar dan tidak sering bergerak . 


General Dunblade lv 12:
Alasan saya menaikan skill ini karena memiliki board damage yang lumayan besar dengan cooldown yang cepat dan termasuk ke dalam Top 5 DPS Blade Dancer. 


Inner Fire lv 2:
Ultimate skill favorite saya di PVP/PVE, karena castingnya lumayan cepet, iframe dan bisa casting dari jauh juga. 


Squall Flaker lv 1:
Kenapa tidak MAX? karena damage skill ini tidak terlalu besar dan areanya juga kecil. Kebiasaan saya hanya memanfaatkan iframenya ketika awal cast skillnya.


Hurricane Gust lv 11:
Skill dengan damage yang besar, tetapi casting timenya agak terlalu lama. Yang paling menyebalkan adalah ketika baru awal cast dan dibatalkan oleh skill boss. Oleh karena itu, diatas saya menyebutkan kalau kadang-kadang Damage/DPS Hurricane Gust masih bisa kalah dengan Elegant Strom EX atau skill lainnya. 



Plate Skill:
Hurricane Gust (+20% Damage)
Deadly Drill (+20% Damage)
Suffi Dancer (+20% Damage)
Elegant Strom (+20% Damage)

Optional: General Dunblade (+20% Damage)

       Hari ini saya akan mencoba membuat Flurry Skill Build Level 80 (PVE). Sejujurnya, membuat Skill Build Flurry tidak sesulit dan membingungkan ketika saya coba membuat Skill Build Sting Breezer. Selain itu, saya sudah dilengkapi dengan data-data seperti Lancea Skill Description dan Damage Comparison. Sehingga data tersebut bisa saya gunakan untuk bahan pertimbangan dalam memilih dan menaikan Skill.
       Berdasarkan data dari Game Master Dragon Nest SEA, pada 2 Minggu peluncuran Lancea di DN SEA. pengguna Flurry lebih sedikit dibandingkan Sting Breezer dengan selisih yang tidak begitu jauh. Flurry yang merupakan job Melle dengan normal attack membuat beberapa orang khawatir mengenai masa depannya di Nest/Raid. Memang diskriminasi job masih melanda dunia per DN-an ini agak mengkhawatirkan. Sebagai Melle Job, Flurry memiliki keunggulan di Buff Party yang hampir permanen yaitu Scar Maker (+40 serangan) dan Wall Maker (-28% serangan yang masuk). Selain itu ada pula Buff sendiri untuk meningkatkan 15% Action/Movement Speed dan 50% Final Damage (Seperti , Cheating Point Sniper).


FLURRY SKILL BUILD





     Sebelumnya, kalian bisa melihat Video Skill Deskripsi dari Flurry. Video ini bisa berguna untuk memaksimalkan DPS kalian.






Flurry Skill Build
Flurry Skill Build

Cross Cutter lv 26:
Pada Lancea Damage Comparison, Cross Cutter lv 26 berhasil menduduki peringkat 5 DPS tertinggi pada Flurry ketika Full Buff. Oleh karena itu, saya tidak memiliki alasan untuk tidak menaikan skill ini.

Hornet Touch lv 1:
Hanya sebagai skill penolong saya ketika dalam keadaan terpojok. Hornet Touch bisa menahan serangan yang masuk ketika kita menggunakannya. Memang durasi Stance/cast Hornet Touch tidak begitu lama, yaitu hanya kurang dari 1 detik. Sehingga kalian perlu menggunakannya pada waktu yang tepat, jika tidak maka akan sia-sia saja.

MP Recovery lv 6:
Kalian boleh tidak menaikannya sampai level MAX. Saya menaikannya MAX hanya karena khawatir terhadap regenerasi MP Flurry di Nest atau Ladder. Mungkin nanti saya akan melakukan test regenerasi MP dengan Equip Low Gear.

Harmonize lv 1:
Buff yang bisa membuat status (INT,STR,AGI) kalian sama rata, sesuai dengan status yang paling besar. Flurry sangat diuntungkan dengan skill ini, karena ATK dan MATKnya akan naik ketika menggunakan Harmonize.

Shutter Bounce lv 19:
Skill ini memiliki cooldown yang cepat dan board damage yang besar. Sehingga bisa masuk ke dalam posisi 6 DPS Skill di Flurry.

Stab Screw lv 1:
Stab Screw EX memiliki kemampuan untuk mengurangi super armor musuh dan kritikal resis. Sayangnya, board damagenya tidak begitu besar, sehingga posisi DPSnya bisa kalah dengan Skill di Sting Breezer Line. Oleh karena itu, saya tidak menaikannya sampai level max.

Spinning Cut lv 16:
Spinning Cut merupakan skill yang membuat saya nyaman solo dungeon menggunakan Flurry. Board Damage dan Areanya sangat besar untuk skill level 24. Kelemahan skill ini adalah memiliki casting time Full Board yang lumayan lama yaitu 3 detik. Namun itu terselematkan oleh Spinning Cut EX yang bisa melakukan Full Board lebih cepat yaitu 2 detik. Caranya adalah dengan melakukan Cast sampai Stage 2 lalu tambahkan Special Attack dan damagenya pun akan sama dengan Full Cast atau Stage 3. Spinning Cut EX S3 atau S2+ menduduki peringkat 2 DPS terbaik di Flurry.

Lollipop Chups lv 15 (+1):
Skill dengan board damage yang besar dan iframe 0.4 detik. Saya menyarankan untuk Flurry harus menggunakan Skill Ring +1 untuk Lollipop Chups. Karena damagenya pada level 16 masuk ke peringkat 4 DPS.

Spinning Swing lv 13:
Saya awalnya jarang sekali menggunakan skill ini, mungkin karena terlalu asik dengan Spinning Cut kali ya. Spinning Swing EX merupakan skill yang lumayan aneh dalam perhitungan Board Damagenya. Jika kalian melakukan Full cast 5x putaran maka kalian hanya akan mendapatkan 5x Board damage dan 5 detik pengurangan cooldown. Sedangkan jika kalian melakukan 4x putaran + menekan Special Attack maka kalian akan mendapatkan 8x Board Damage. Cara kedua yang paling sering saya lakukan, karena mendapatkan ekstra 3x board damage lebih berguna daripada mengurangi 5 detik cooldownya. Oh ya kegunaan lain skill ini yaitu bisa mengumpulkan musuh berukuran mini (seperti Eclipse Swordmaster).

Fling Sky lv 2:
Skill ultimate ini memiliki Board Damage yang tidak terlalu besar. Namun memiliki Debuff yang lumayan berguna yaitu mengurangi 10% Def dan membuat musuh Vulnerable (berguna untuk skill level 45 Flurry). Yang membuat saya sebal adalah durasi debuffnya hanya 5 detik dan itu terlalu
singkat.

Erratic Power lv 6:
Buff untuk meningkatkan Action + Movement Speed dan Final Damage kalian. Final Damagenya tidak masuk ke dalam status, namun damage yang keluar akan ditambahkan.

Scar Maker lv 5 (+1):
Buff untuk meningkatkan Patk dan Matk kalian. Buff ini bisa disebut Permanen Buff bagi Lancea, karena Cooldownnya lebih cepat dibanding durasinya.

Wall Maker lv 5:
Buff untuk mengurangi serangan yang masuk, seperti Transitional Damage Engineer.

Flag lv 1:
Skill ini memiliki Iframe 0.3 detik dan bisa menjadi Ekstra Tumble atau skill serangan fisik. Ekstra Tumble bisa kalian lakukan dengan menekan Special attack setelah cast skill. Sedangkan serangan fisik dengan cara menekan tombol normal attack ketika cast.

Buzz Off lv 1:
Skill Counter Attack untuk Lancea dengan menekan special attack ketika terkena hit musuh.

Rushing Blade lv 1:
Serangan Tumble + Normal attack, damagenya tidak terlalu besar.

Hovering Blade, Spear Hand, Piercing Strike dan Fling-Fling lv 1:
Ke empat Magic Attack skill ini saya jadikan persyaratan saja.  Saya pernah mendengar atau membaca chat mengenai Fling-Fling di Flurry yang katanya skill wajib Max. Saya tidak setuju dengan pendapat itu, karena Sting Breezer saya saja masih berfikir antara menaikannya ke lv 11 atau lv 1. Secara DPS pun Fling-Fling tidak terlalu besar di Sting Breezer apalagi di Flurry.

Dent Blow lv 1:
Skill galau berikutnya. Beberapa teman saya merekomendasi skill ini Max untuk Flurry, katanya DPSnya sangat besar. Oke mari kita lihat kembali Lancea Damage Comparison, pada full buff DPS Dent Blow Max bahkan masih kalah dengan Spear Hand Max. Secara DPS memang Dent Blow lebih unggul dibanding Stab Screw EX. Oleh karena itu, biar adil saya tidak menaikan keduanya dan lebih memilih Cross Cutter Max, karena posisi DPSnya berada di peringkat 5.

Spinning Skewer lv 4:
Pada level 45, mungkin kalian akan bertanya-tanya apa kelebihan Skill ini. Board damagenya tidak begitu besar, namun cooldownnya sangat cepat. Jika kalian baca pada keterangan lanjutannya, maka akan tertulis Damage Spinning Skewer akan bertambah 10x lipat pada musuh yang Vulnerable Status. Saya pun kecewa, karena Vulnerable Status hanya bisa di dapatkan dari Skill Ultimate, itupun hanya 5 detik dengan cooldown 125 detik. Untungnya ada pasif level 65 yang sangat membantu yaitu bisa membuat musuh Vulnurable selama 2 detik dengan kemungkinan 5%. Sehingga membuat Spinning Skewer bisa menjadi Top DPS di Flurry.

Rough Sweep lv 11:
Rough Sweep EX skill yang mirip dengan Hurricane Gust Blade Dancer. Tidak tahu kenapa, saya merasa lebih kesulitan dalam mengatur arah Rough Sweep EX. Secara DPS skill ini memang tidak terlalu spesial, karena hanya berada di posisi 8.


Skill Plate:
1. Lollipop Chups (+20% Damage)
2. Spinning Cut (+20% Damage)
3. Spinning Swing (+20% Damage)
4. Harmonize (-20% Cooldown)
      Saya lupa beberapa hari lalu ada yang request Destroyer Skill Build Level 80. Sebenarnya Buildnya hampir mirip dengan Skill Build di Level 70. Paling hanya ada sedikit tambahan level skill di Warrior dan Destroyer Tree. Bahkan saya memiliki sisa Skill Point 6 yang bingung mau dimasukan kemana. Hal ini dikarenakan saya masih sangat kurang pengalaman dalam menggunakan Destroyer. Destroyer saya saja sampai hari ini masih level 60. Saya tidak memiliki alasan yang kuat untuk leveling Destroyer, karena akhir-akhir ini jarang sekali party nest yang mencari Mercenary.


Destroyer Skill Build
Destroyer Skill Build

Circle Break lv 21:
Circle Break masuk salah satu Top 5 DPS skill di Destroyer (baca: DPS Chart)

MP Recovery lv 1:
Saya rasa Mercenary tidak ada masalah dengan MP.

Relieve lv 6:
Untuk menghilangkan debuff dari musuh/monster.

Stomp + Demolition Fist lv 1:
Persyaratan saja.

Circle Swing Lv 11:
Walaupun areanya tidak seluas Circle Swing EX, tetapi saya rasa damage dan areanya cukup besar untuk mobbing.

Whirlwind Lv 13:
Skill dengan Board Damage yang besar.

Flying Swing Lv 6:
Persyaratan untuk mendapatkan EX, skill ini sangat berguna untuk menahan beberapa serangan boss/musuh yang damagenya besar. Karena damage yang masuk akan dikurangi sebesar 70% ketika cast Flying Swing.

Punishing Swing Lv 1:
Punishing Swing EX yang membuat Destroyer bisa menjadi Tanker, karena skill ini bisa memprovoke boss/monster selama 12 detik. Cooldown skill ini hanya 10 detik dan tidak ada pengurangan cooldown untuk level berikutnya atau MAX. Oleh karena itu, saya hanya menaikannya sampai Level 1 saja.

Ring Bomb Lv 15 (+1):
Berbeda dengan Skill Build Barbarian, pada Destroyer skill ini saya naikan sampai MAX. Hal itu dikarenakan ada versi EXnya dan pada level 16 damagenya besar di PVE/PVP.

Rolling Attack Lv 13:
Rolling Attack EX memiliki ukuran putaran yang lebih besar, sehingga kemungkinan kena full hit lebih besar lagi. Jadi sangat disayangkan jika kita tidak memaksimalkan skill ini.

Crisis Howl Lv 1:
Counter Skill yang menjaga saya tetap berdiri ketika terkena Hit.

Taunting Howl Lv 5:
Board Damagenya memang kecil, tetapi skill ini sangat berguna. Kegunaannya adalah untuk Support karena bisa provoke musuh. Taunting Howl lv 5 memiliki Threat 22800 sehingga bisa memprovoke monster juga. Biasanya saya gunakan jika Punishing Swing gagal di cast atau tidak mengenai boss. Selain itu, kegunaan lainnya adalah dapat mengurangi Physical/Magical damage dan Critical Resist Musuh selama 10 detik dan mengaktifkan Power Master (Skill Pasif Level 65) untuk memberikan tambahan damage 10%.

Battle Howl Lv 5: (+1)
Buff yang wajib dinaikan MAX. Selain itu, buff ini bisa mengaktifkan Power Mastery  untuk memberikan 10% tambahan damage.

Howl Charging lv 5:
Buff yang dapat meningkatkan hampir 100% HP kita, memaksimalkan Super Armor dan mengurangi damage yang masuk. Howl Charging akan membuat skill pasif lain aktif, seperti Toughness dan Power Mastery, sehingga kamu akan mendapatkan 20% patk dari Toughness dan  3% HP recovery setiap 2 detik dari Power Mastery.

Devitalizing Howl Lv 1 :
Kali ini saya naikan Devitalizing Howl ke Level 1. Alasannya karena bisa digunakan pada saat Raid Nest. Kegunaannya untuk menghilangkan Buff Berserk Boss Minotaur di Black Dragon Nest.

Dash Blow + Soccer Kick Combo Lv 1:
Persyaratan dan bisa digunakan untuk kombo.

Toughness Lv 5:
Fungsinya adalah mengurangi damage yang masuk 15% dan bila HP kita dibawah 50% maka jumlah PATK kita akan meningkat sebesar 20% selama 60 detik.

Iron Skin Lv 4:
Buff yang akan meningkatkan super armor kita 100% dan mengurangi damage yang masuk 60%.

Havoc Howl Lv 4:
Ini adalah Howl yang paling berguna di Nest/Raid, karena dapat mengurangi 60% Physical/Magical Damage selama 20 detik. Selain itu, Hacov Howl dapat mengaktifkan Power Mastery juga.

Gigantic Bomb Lv 2:
Ultimate skill dengan damage yang besar, apalagi jika dipakai pada saat full buff.

Breaking Point Lv 4:
Skill pasif yang berguna untuk menghancurkan Super Armor musuh. Namun jika musuhnya memiliki kekebalan terhadap Super Armor Break, maka skill ini akan aktif dalam bentuk kritikal. Setiap kali skill ini aktif akan memulihkan 1% HP kalian.

Maelstrom Howl Lv 11:
Skill Favorit para Destroyer Tanker, karena Tanker pasti lebih fokus pada VIT agar HPnya lebih besar. Nah, bila kita cast skill ini akan mendapatkan penambahan PATK dari 200% jumlah VIT selama 30 detik. Cooldown Maelstrom Howl hanya 32 detik, sehingga hampir mendapatkan permanen Buff Damage. Maelstrom Howl EX memiliki Board damage 2x lipat dan area yang lebih luas dibandingkan non EX.



Skill Plate:
1. Ring Bomb (Damage +20%)
2. Gigantic Bomb (Damage +20%)
3. Rolling Attack (Damage +20%)
4. Maelstrom Howl (Cooldown -20%)
Optional: Taunting Howl (Cooldown -20%), Whirlwind (Damage +20%)
Flurry Sting Breezer Damage Comparison
       Sejak pertama kali Lancea muncul yang jadi pertanyaan orang mana yang lebih baik diantara keduanya. Saya tidak memiliki Ide untuk jawab pertanyaan tersebut, karena masih sama-sama sebagai Newbie untuk Lancea. Beberapa teman meminta saya membuat Flurry Vs Lancea Damage Comparison. Bukan berarti dengan membuat Damage Comparison bisa menjawab pertanyaan itu. Saya hanya membantu menghitung Damage dan DPS Lancea, sehingga bisa terlihat Skill mana yang memiliki Damage dan DPS besar.

        Pada prinsipnya menghitung Damage Comparison untuk Lancea mirip dengan ketika saya membuat Gladiator Vs Moonlord. Hal yang saya lakukan pertama adalah menyamakan Equip/Gear yang dipakai. Sialnya kali ini saya tidak bisa mengakses Web untuk Equip Simulator. Jadi yang saya lakukan adalah terpaksa membuat Flurry dan Sting Breezer, lalu melakukan Gear yang sama rata.
      Perhitungan ini jauh lebih mudah karena saya sudah membuat Lancea Skill Description terlebih dahulu. Sehingga saya hanya perlu memasukan data Physical Attack dan Magical Attack untuk masing-masing Char. Saya juga memcoba metode perhitungan Buff yang baru. Saya mengerti beberapa orang protes karena cara perhitungan Buff di DPS Chart yang terlalu aneh. Memang sangat sulit menghitung Effect Buff pada DPS untuk semua Char sekaligus, karena Buff sendiri memiliki Cooldown dan lama Buff.
       Seperti post Damage Comparison sebelumnya, kalian harus membaca keterangan terlebih dahulu. Sehingga kalian bisa memahami tahap-tahap perhitungan yang saya lakukan. Oh ya, untuk perhitungan Damage Comparison kali ini saya tidak akan masukan langsung ke DPS Chart, karena Simulasi Gear yang saya gunakan sekarang lebih Low Gear (maklum char baru T_T).


Character Equipment

Keterangan:
  • Baju-kaki yang saya gunakan di Flurry itu Equip Sewaan level 70, sedangkan yang digunakan Sting Brezeer adalah Epic biasa level 80. Saya rasa walaupun berbeda, tidak ada pengaruhnya dalam perhitungan Atk/Matk Char. Karena saya menggunakan Equip non SET untuk keduanya.
  • Main dan Second Weapon yang saya gunakan adalah +8 Epic level 70. 
  • Jade yang saya gunakan untuk Flurry Superior Bear Jade level 70, sedangkan untuk Sting Breezer adalah Superior Intellect Jade. Saya tidak menggunakan Life Jade, karena itu tidak berpengaruh dalam perhitungan DPS/Damage.
  • Jade untuk Senjata dan Ring yaitu Destruction untuk Flurry dan Magician untuk Sting Breezer.
  • Ring yang saya gunakan berstatus sama dan tidak memiliki kelebihan di status STR atau INT. 
  • Kenapa saya tidak menggunakan Earring dan Necklace? karena harga Intellect Down Earring atau Necklace lumayan Mahal. Sehingga saya berfikir untuk tidak menggunakan keduanya di masing-masing char.
  • Heraldry yang saya gunakan sama untuk kedua char yaitu Premium Heraldry untuk level 60.
  • Talisman yang saya gunakan hanya Bear dan Destruction untuk Flurry, sedangkan untuk Sting Breezer menggunakan Intellect dan Magician. 

     Lancea memiliki Buff Harmonize untuk menyamakan statusnya , sehingga saya perlu memberikan Screen Shot ketika masing-masing char saya menggunakan Harmonize.

     Flurry dengan Buff Harmonize bisa menaikan ATK dan MATKnya. Karena jumlah AGI bisa mempengaruhi ATK Lancea juga. Sedangkan untuk Sting Breezer, Buff Harmonize hanya berpengaruh pada jumlah ATKnya saja.


Perhitungan Damage:

  • ATK dan MATK yang saya gunakan berdasarkan pada Gambar Char Equipment yang pertama.
  • Flurry memiliki ATK 20.758 dan MATK 9163
  • Sting Breezer ATK 10.397 dan MATK 18.222
  • Semua Koefisien Skill dan Board Damage berdasarkan Lancea Skill Description.
  • Hit Damage yang saya ambil adalah kemungkinan Hit yang tertinggi untuk Skill. 
  • Def musuh yang saya gunakan adalah 29948 atau mengurangi serangan 26%. Defence itu sudah sesuai dengan Def untuk semua Boss di Volcano Nest.
  • Kritikal damage tidak termasuk dalam hitungan.
  • Saya menggunakan Skill Ring +1 untuk beberapa skill agar mencapai Peak Damage.


Flurry Vs Sting Breezer Damage

Sting Breezer
Sting Breezer Chart

Keterangan:

  • Piercing Strike EX + PB EX = Damage Piercing Stike EX ketika ledakan tombaknya dipicu oleh Poking Beehive EX. 
  • Dent Blow EX + AF =  Menambahkan Arcane Focus setelah menggunakan Dent Blow EX.
  • Spinning Cut S3 = Cast Spinning Cut sampai ke Stage 3 (Full Cast)
  • Hovering Blade EX + AF =  Sama dengan Dent Blow EX yaitu Menambahkan Arcane Focus setelah menggunakan Hovering Blade EX.
  • Spinning Swing MH = Kemungkinan Hit terbesar untuk Spinning Swing.



Flurry

Flurry Damage Chart
Keterangan:

  • Spinning Skewer VS = Damage Spinning Swing pada saat musuh mendapatkan Vulnerable Status.
  • Spinning Swing EX MH = Kemungkinan Hit terbesar untuk Spinning Swing EX.
  • Spinning Cut EX S2+ = Damage Spinning Cut EX pada Stage 2 + Special Attack.

(baca: Lancea Skill Description)



Flurry Vs Sting Breezer DPS

Sting Breezer
Sting Breezer DPS Chart
















Keterangan:

  • Pada Piercing Strike EX + PB EX, cooldown yang saya gunakan adalah cooldown Poking Behive EX yaitu 20 detik.
  • Dent Blow EX / Hovering Blade EX + AF, tidak ada cooldown yang terpengaruh, karena cooldown Arcane Focus lebih cepat dangen Debuff/Buff yang permanen.


Flurry
Flurry DPS Chart




Flurry Vs Sting Breezer Damage (Full Buff)

Sting Breezer
Sting Breezer Damage Chart
Keterangan:
  • Harmonize untuk Flurry dan Sting Breezer saya asumsikan Permanen Buff, karena saya membandingkan untuk Class yang sama.
  • Scar Maker dan Erratic Power juga merupakan Buff yang Permanen. Scar Maker memiliki cooldown yang cepat, sedangkan efeknya cukup lama. Sedangkan Erratic Power merupakan skill yang bisa di Aktif/Non aktifkan secara bebas dan tanpa cooldown.
  • Arcane Focus merupakan debuff/buff yang efeknya lebih lama daripada cooldownnya, sehingga saya asumsikan permanen.
  • Champagne adalah satu-satunya skill yang memiliki durasi buff lebih sebentar daripada cooldownya. Tapi kali ini saya menghitung Damage tertinggi, sehingga cooldown Buff Champagne yang super lama tidak berpengaruh.

Flurry

Flurry Damage Chart


Flurry Vs Sting Breezer DPS (Full Buff)

Sting Breezer
Sting Breezer DPS Chart

Keterangan:
  • Sama seperti perhitungan Damage Full buff, kali ini juga saya mengasumsikan Harmonize, Scar Maker, Erratic Power dan Arcane Focus sebagai permanen Buff/Debuff. Walaupun Harmonize memiliki durasi Buff yang lebih sebentar dibandingkan cooldownnya, tetapi saya tetap mengasumsikannya permanen debuf. Hal tersebut dikarenakan saya sedang membandingkan 2 Char pada Class yang sama. 
  • Perbedaan kali ini adalah saya menghitung cooldown Champagne. Kenapa tidak bisa disamakan dengan Harmonize saja? karena Champagne tidak efek untuk pengguna Flurry. Oleh karena itu, agar lebih adil saya menghitung cooldown dan waktu buffnya. Perhitungan kali ini sedikit berbeda dengan perhitungan buff di  DPS Chart. Saya menggunakan cara yang lebih rumit dalam perhitungan (beruntung hanya untuk 1 Buff saja).
  • Champagne memiliki lama Buff 16 detik dan cooldown 125 detik. Efek Buffnya adalah meningkatkan 25% Light Atk, sehingga hanya skill dengan element light saja yang terpengaruh yaitu  skill di Sting Breezer Line.
Cara perhitungannya:
    
     Saya ambil contoh skill yang paling mudah yaitu Arcane Focus yang memiliki cooldown 5 detik. Saya rasa ini akan membuat kalian sedikit bingung dan pusing (LOL).

Tahap 1:
- Champagne Buff  = 16 detik
Berapa kali Arcane Focus yang bisa digunakan pada saat Champagne Buff?
Jawaban: 4 yaitu pada detik 16, 11, 6, 1.

Tahap 2:
Menghitung Damage Arcane Focus pada saat Champagne Buff
Saya asumsikan Damage Arcane Focus tanpa Buff (Normal) adalah 1000
Sehingga Damage pada saat Champagne Buff adalah 1000 x 1.25 (25% Light Atk) = 1250

Menghitung Damage total Arcane Focus pada saat Buff.
1250 x 4 = 5000 (ini merupakan total Damage yang bisa dilakukan AF ketika Champagne Buff)

Tahap 3:
- Champagne Cooldown = 125 detik
Berapa kali Arcane Focus yang bisa digunakan selama 125 detik?
jawaban: 125/5 = 25x Arcane Focus

Berarti ada 25 - 4 (buff) = 21x Arcane Focus yang bisa di cast selama menunggu Cooldown Champagne. 

Tahap 4:
Damage Arcane Focus pada saat Champagne Cooldown adalah 1000 (seperti Tahap 2)
1000 x 21 = 21000 (ini merupakan total Damage yang bisa dilakukan AF ketika Champagne cooldown)

Tahap 5:
Tahap ini agak lebih mudah karena saya hanya menjumlahkan angka pada Tahap 2 dan 4 yaitu:
5000 + 21000 = 26000

Selanjutnya, dibagi dengan jumlah Arcane Focus yang bisa digunakan selama 125 detik.
26000/25 = 1040 (ini merupakan damage rataan Arcane Focus + Champagne Buff)
Sehingga DPSnya adalah 1040/5 detik= 208/detik

Bagaimana jika memaksa menjadikan Champagne Buff permanen?

Damage Arcane Focus tanpa Champagne = 1000
Damage Arcane Focus + Champagne = 1000 * 1.25 (25% light attack) = 1250
DPS Arcane Focus + Champagne = 1250/5 = 250/detik

Lihat saja, perbedaannya lumayan jauh kan?

Bagaimana jika menggunakan metode Buff di post DPS Chart?

Perhitungannya:
- 16 (lama debuff) x 25 (light attack) / 125 detik (Cooldown) = 3.2 light attack/detik

Damage Arcane Focus tanpa Champagne = 1000
Damage Arcane Focus + Champagne = 1000 * 1.032 = 1032
DPS Arcane Focus + Champagne = 1032/5 = 206.4/detik

     Saya sudah tahu, pasti hasilnya akan dibawah metode 1. Jika kita lihat perbedaanya tidak begitu jauh antara 208/detik dengan 206.4/detik. 

     Oleh karena itu, saya menggunakan metode 3 untuk post DPS Chart. Bayangkan saja saya menggunakan metode 1 untuk semua Buff/Debuff di Semua Char, pasti akan kompleks dan sangat rumit.


Flurry
Flurry DPS Chart



    Tenang untuk Flurry Chart tidak akan ada penjelasan tambahan, seperti Sting Breezer. Karena Erratic, Scar Maker dan Harmonize sudah saya Asumsikan tanpa cooldown. 


Flurry Vs Sting Breezer Damage Comparison
FLURRY VS STING BREEZER DAMAGE COMPARISON
    Pada Damage Normal, Flurry lebih unggul dibandingkan Sting Breezer. Namun setelah Full Buff, Sting Breezer berhasil menyusul. Hal ini dikarenakan Sting Breezer memiliki Buff yang lebih banyak yaitu Arcane Focus dan Champagne.


Flurry Vs Sting Breezer DPS Comparison
FLURRY VS STING BREEZER DAMAGE COMPARISON
    Saya rasa pengaruh perhitungan Champagne Buff terasa oleh Sting Breezer di Chart ini. DPSnya berhasil dikalahkan dengan telak oleh Flurry. Jika kalian lihat kembali Gambar DPS Flurry, ada satu skill yang sangat menonjol DPSnya yaitu Spinning Skewer VS (Vulnerable Status). 
      Sting Breezer jangan bersedih, karena Spinning Skewer VS adalah serangan/DPS yang tidak selalu berhasil. Flurry harus memastikan musuh terkena Vulnerable Status setiap 7 detik (cooldown Spinning Skewer). Jika tidak berhasil maka sebenarnya DPS Spinning Skewer hanya menduduki 7 dan itu akan menurunkan DPS Flurry. 
     Vulnerable status bisa didapatkan dari skill pasif level 65 Flurry atau Skill ultimatenya. Jika menggunakan ultimate skill, kamu hanya bisa mendapatkan 5 detik Vulnerable Status dengan cooldown 125 detik (LOL). Sedangkan pasif 65 adalah setiap hit kamu ke musuh memiliki kemungkinan 5% untuk membuat musuh Vulnerable selama 2 detik. Jika Flurry pandai melakukan Hit, saya rasa tidak akan ada masalah dengan Vulnerable Status.


Sniper and Dancer Skill Boost

      Beberapa hari lalu, di Dragon Nest Korea baru saja melakukan Update Sniper dan Dancer Skill Boost. Yah ini merupakan Update yang sudah lama ditunggu oleh para pengguna Sniper. Apalagi popularitas Sniper setelah Artillery Skill Revamp semakin menurun. Saya berharap setelah Update ini Sniper akan lebih populer lagi dan tentunya DPS Sniper akan meningkat. Sedangkan untuk Dancer Skill Boost, tidak ada perubahan yang terlalu berarti. Perubahan hanya untuk beberapa Skill saja. Sekarang tugas pemain Dragon Nest SEA atau INA hanya perlu bersabar untuk menunggu Update ini.

Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home