Sejak pertama kali Lancea muncul yang jadi pertanyaan orang mana yang lebih baik diantara keduanya. Saya tidak memiliki Ide untuk jawab pertanyaan tersebut, karena masih sama-sama sebagai Newbie untuk Lancea. Beberapa teman meminta saya membuat
Flurry Vs Lancea Damage Comparison. Bukan berarti dengan membuat Damage Comparison bisa menjawab pertanyaan itu. Saya hanya membantu menghitung Damage dan DPS Lancea, sehingga bisa terlihat Skill mana yang memiliki Damage dan DPS besar.
Pada prinsipnya menghitung Damage Comparison untuk Lancea mirip dengan ketika saya membuat Gladiator Vs Moonlord. Hal yang saya lakukan pertama adalah menyamakan Equip/Gear yang dipakai. Sialnya kali ini saya tidak bisa mengakses Web untuk Equip Simulator. Jadi yang saya lakukan adalah terpaksa membuat Flurry dan Sting Breezer, lalu melakukan Gear yang sama rata.
Perhitungan ini jauh lebih mudah karena saya sudah membuat
Lancea Skill Description terlebih dahulu. Sehingga saya hanya perlu memasukan data Physical Attack dan Magical Attack untuk masing-masing Char. Saya juga memcoba metode perhitungan Buff yang baru. Saya mengerti beberapa orang protes karena cara perhitungan Buff di DPS Chart yang terlalu aneh. Memang sangat sulit menghitung Effect Buff pada DPS untuk semua Char sekaligus, karena Buff sendiri memiliki Cooldown dan lama Buff.
Seperti post Damage Comparison sebelumnya, kalian harus membaca keterangan terlebih dahulu. Sehingga kalian bisa memahami tahap-tahap perhitungan yang saya lakukan. Oh ya, untuk perhitungan Damage Comparison kali ini saya tidak akan masukan langsung ke
DPS Chart, karena Simulasi Gear yang saya gunakan sekarang lebih Low Gear (maklum char baru T_T).
Character Equipment
Keterangan:
- Baju-kaki yang saya gunakan di Flurry itu Equip Sewaan level 70, sedangkan yang digunakan Sting Brezeer adalah Epic biasa level 80. Saya rasa walaupun berbeda, tidak ada pengaruhnya dalam perhitungan Atk/Matk Char. Karena saya menggunakan Equip non SET untuk keduanya.
- Main dan Second Weapon yang saya gunakan adalah +8 Epic level 70.
- Jade yang saya gunakan untuk Flurry Superior Bear Jade level 70, sedangkan untuk Sting Breezer adalah Superior Intellect Jade. Saya tidak menggunakan Life Jade, karena itu tidak berpengaruh dalam perhitungan DPS/Damage.
- Jade untuk Senjata dan Ring yaitu Destruction untuk Flurry dan Magician untuk Sting Breezer.
- Ring yang saya gunakan berstatus sama dan tidak memiliki kelebihan di status STR atau INT.
- Kenapa saya tidak menggunakan Earring dan Necklace? karena harga Intellect Down Earring atau Necklace lumayan Mahal. Sehingga saya berfikir untuk tidak menggunakan keduanya di masing-masing char.
- Heraldry yang saya gunakan sama untuk kedua char yaitu Premium Heraldry untuk level 60.
- Talisman yang saya gunakan hanya Bear dan Destruction untuk Flurry, sedangkan untuk Sting Breezer menggunakan Intellect dan Magician.
Lancea memiliki Buff Harmonize untuk menyamakan statusnya , sehingga saya perlu memberikan Screen Shot ketika masing-masing char saya menggunakan Harmonize.
Flurry dengan Buff Harmonize bisa menaikan ATK dan MATKnya. Karena jumlah AGI bisa mempengaruhi ATK Lancea juga. Sedangkan untuk Sting Breezer, Buff Harmonize hanya berpengaruh pada jumlah ATKnya saja.
Perhitungan Damage:
- ATK dan MATK yang saya gunakan berdasarkan pada Gambar Char Equipment yang pertama.
- Flurry memiliki ATK 20.758 dan MATK 9163
- Sting Breezer ATK 10.397 dan MATK 18.222
- Semua Koefisien Skill dan Board Damage berdasarkan Lancea Skill Description.
- Hit Damage yang saya ambil adalah kemungkinan Hit yang tertinggi untuk Skill.
- Def musuh yang saya gunakan adalah 29948 atau mengurangi serangan 26%. Defence itu sudah sesuai dengan Def untuk semua Boss di Volcano Nest.
- Kritikal damage tidak termasuk dalam hitungan.
- Saya menggunakan Skill Ring +1 untuk beberapa skill agar mencapai Peak Damage.
Flurry Vs Sting Breezer Damage
Sting Breezer
Keterangan:
- Piercing Strike EX + PB EX = Damage Piercing Stike EX ketika ledakan tombaknya dipicu oleh Poking Beehive EX.
- Dent Blow EX + AF = Menambahkan Arcane Focus setelah menggunakan Dent Blow EX.
- Spinning Cut S3 = Cast Spinning Cut sampai ke Stage 3 (Full Cast)
- Hovering Blade EX + AF = Sama dengan Dent Blow EX yaitu Menambahkan Arcane Focus setelah menggunakan Hovering Blade EX.
- Spinning Swing MH = Kemungkinan Hit terbesar untuk Spinning Swing.
Flurry
Keterangan:
- Spinning Skewer VS = Damage Spinning Swing pada saat musuh mendapatkan Vulnerable Status.
- Spinning Swing EX MH = Kemungkinan Hit terbesar untuk Spinning Swing EX.
- Spinning Cut EX S2+ = Damage Spinning Cut EX pada Stage 2 + Special Attack.
(baca:
Lancea Skill Description)
Flurry Vs Sting Breezer DPS
Sting Breezer
Keterangan:
- Pada Piercing Strike EX + PB EX, cooldown yang saya gunakan adalah cooldown Poking Behive EX yaitu 20 detik.
- Dent Blow EX / Hovering Blade EX + AF, tidak ada cooldown yang terpengaruh, karena cooldown Arcane Focus lebih cepat dangen Debuff/Buff yang permanen.
Flurry
Flurry Vs Sting Breezer Damage (Full Buff)
Sting Breezer
Keterangan:
- Harmonize untuk Flurry dan Sting Breezer saya asumsikan Permanen Buff, karena saya membandingkan untuk Class yang sama.
- Scar Maker dan Erratic Power juga merupakan Buff yang Permanen. Scar Maker memiliki cooldown yang cepat, sedangkan efeknya cukup lama. Sedangkan Erratic Power merupakan skill yang bisa di Aktif/Non aktifkan secara bebas dan tanpa cooldown.
- Arcane Focus merupakan debuff/buff yang efeknya lebih lama daripada cooldownnya, sehingga saya asumsikan permanen.
- Champagne adalah satu-satunya skill yang memiliki durasi buff lebih sebentar daripada cooldownya. Tapi kali ini saya menghitung Damage tertinggi, sehingga cooldown Buff Champagne yang super lama tidak berpengaruh.
Flurry
Flurry Vs Sting Breezer DPS (Full Buff)
Sting Breezer
Keterangan:
- Sama seperti perhitungan Damage Full buff, kali ini juga saya mengasumsikan Harmonize, Scar Maker, Erratic Power dan Arcane Focus sebagai permanen Buff/Debuff. Walaupun Harmonize memiliki durasi Buff yang lebih sebentar dibandingkan cooldownnya, tetapi saya tetap mengasumsikannya permanen debuf. Hal tersebut dikarenakan saya sedang membandingkan 2 Char pada Class yang sama.
- Perbedaan kali ini adalah saya menghitung cooldown Champagne. Kenapa tidak bisa disamakan dengan Harmonize saja? karena Champagne tidak efek untuk pengguna Flurry. Oleh karena itu, agar lebih adil saya menghitung cooldown dan waktu buffnya. Perhitungan kali ini sedikit berbeda dengan perhitungan buff di DPS Chart. Saya menggunakan cara yang lebih rumit dalam perhitungan (beruntung hanya untuk 1 Buff saja).
- Champagne memiliki lama Buff 16 detik dan cooldown 125 detik. Efek Buffnya adalah meningkatkan 25% Light Atk, sehingga hanya skill dengan element light saja yang terpengaruh yaitu skill di Sting Breezer Line.
Cara perhitungannya:
Saya ambil contoh skill yang paling mudah yaitu Arcane Focus yang memiliki cooldown 5 detik. Saya rasa ini akan membuat kalian sedikit bingung dan pusing (LOL).
Tahap 1:
- Champagne Buff = 16 detik
Berapa kali Arcane Focus yang bisa digunakan pada saat Champagne Buff?
Jawaban: 4 yaitu pada detik 16, 11, 6, 1.
Tahap 2:
Menghitung Damage Arcane Focus pada saat Champagne Buff
Saya asumsikan Damage Arcane Focus tanpa Buff (Normal) adalah 1000
Sehingga Damage pada saat Champagne Buff adalah 1000 x 1.25 (25% Light Atk) = 1250
Menghitung Damage total Arcane Focus pada saat Buff.
1250 x 4 = 5000 (ini merupakan total Damage yang bisa dilakukan AF ketika Champagne Buff)
Tahap 3:
- Champagne Cooldown = 125 detik
Berapa kali Arcane Focus yang bisa digunakan selama 125 detik?
jawaban: 125/5 = 25x Arcane Focus
Berarti ada 25 - 4 (buff) = 21x Arcane Focus yang bisa di cast selama menunggu Cooldown Champagne.
Tahap 4:
Damage Arcane Focus pada saat Champagne Cooldown adalah 1000 (seperti Tahap 2)
1000 x 21 = 21000 (ini merupakan total Damage yang bisa dilakukan AF ketika Champagne cooldown)
Tahap 5:
Tahap ini agak lebih mudah karena saya hanya menjumlahkan angka pada Tahap 2 dan 4 yaitu:
5000 + 21000 = 26000
Selanjutnya, dibagi dengan jumlah Arcane Focus yang bisa digunakan selama 125 detik.
26000/25 = 1040 (ini merupakan damage rataan Arcane Focus + Champagne Buff)
Sehingga DPSnya adalah 1040/5 detik= 208/detik
Bagaimana jika memaksa menjadikan Champagne Buff permanen?
Damage Arcane Focus tanpa Champagne = 1000
Damage Arcane Focus + Champagne = 1000 * 1.25 (25% light attack) = 1250
DPS Arcane Focus + Champagne = 1250/5 = 250/detik
Lihat saja, perbedaannya lumayan jauh kan?
Bagaimana jika menggunakan metode Buff di post DPS Chart?
Perhitungannya:
- 16 (lama debuff) x 25 (light attack) / 125 detik (Cooldown) = 3.2 light attack/detik
Damage Arcane Focus tanpa Champagne = 1000
Damage Arcane Focus + Champagne = 1000 * 1.032 = 1032
DPS Arcane Focus + Champagne = 1032/5 = 206.4/detik
Saya sudah tahu, pasti hasilnya akan dibawah metode 1. Jika kita lihat perbedaanya tidak begitu jauh antara 208/detik dengan 206.4/detik.
Oleh karena itu, saya menggunakan metode 3 untuk post DPS Chart. Bayangkan saja saya menggunakan metode 1 untuk semua Buff/Debuff di Semua Char, pasti akan kompleks dan sangat rumit.
Flurry
Tenang untuk Flurry Chart tidak akan ada penjelasan tambahan, seperti Sting Breezer. Karena Erratic, Scar Maker dan Harmonize sudah saya Asumsikan tanpa cooldown.
Flurry Vs Sting Breezer Damage Comparison
Pada Damage Normal, Flurry lebih unggul dibandingkan Sting Breezer. Namun setelah Full Buff, Sting Breezer berhasil menyusul. Hal ini dikarenakan Sting Breezer memiliki Buff yang lebih banyak yaitu Arcane Focus dan Champagne.
Flurry Vs Sting Breezer DPS Comparison
Saya rasa pengaruh perhitungan Champagne Buff terasa oleh Sting Breezer di Chart ini. DPSnya berhasil dikalahkan dengan telak oleh Flurry. Jika kalian lihat kembali Gambar DPS Flurry, ada satu skill yang sangat menonjol DPSnya yaitu Spinning Skewer VS (Vulnerable Status).
Sting Breezer jangan bersedih, karena Spinning Skewer VS adalah serangan/DPS yang tidak selalu berhasil. Flurry harus memastikan musuh terkena Vulnerable Status setiap 7 detik (cooldown Spinning Skewer). Jika tidak berhasil maka sebenarnya DPS Spinning Skewer hanya menduduki 7 dan itu akan menurunkan DPS Flurry.
Vulnerable status bisa didapatkan dari skill pasif level 65 Flurry atau Skill ultimatenya. Jika menggunakan ultimate skill, kamu hanya bisa mendapatkan 5 detik Vulnerable Status dengan cooldown 125 detik (LOL). Sedangkan pasif 65 adalah setiap hit kamu ke musuh memiliki kemungkinan 5% untuk membuat musuh Vulnerable selama 2 detik. Jika Flurry pandai melakukan Hit, saya rasa tidak akan ada masalah dengan Vulnerable Status.