Smasher merupakan satu-satunya job yang saya naikan ke level 90 sampai hari ini. Saya masih belum memiliki banyak waktu untuk Leveling dan masih sibuk membuat Update Skill Build. Ketika teman-teman guild sedang leveling, ladder dan nest 90, saya hanya Online untuk test-test skill/damage dan chatting sambil buat Skill Build. Kira-kira saya masih kurang 15 Job lagi untuk dibahas Skill Buildnya. Semoga saja pertengahan bulan bisa selesai dan kembali ke dunia leveling.
    Di Physician Skill Build saya membahas banyak academic yang Change Job menjadi Physician. Kejadian serupa menimpa Smasher, banyak juga Sorceress lain yang tiba-tiba Change Job menjadi Smasher. Sepertinya job yang paling banyak Change Job jadi Smasher adalah Elestra (Cyromancer) dan Majesty. Mau bagaimana lagi, Potensi DPS Smasher dinaikan sangat tinggi di Cap 90 (baca: Analisis Force User Class). Sampai-sampai Char utama saya dari cap 24-60 akhirnya bangkit dari kubur, demi untuk mencoba Potensi DPSnya.
    Dulu Smasher hanya mengandalkan Laser Cutter sebagai TOP DPSnya. Walaupun Laser Cutter bukan Perfect Skill DPS, karena Damagenya terlalu tergantung pada ukuran dan pergerakan Boss. Kini Smasher tidak perlu tergantung 100% dengan Laser Cutter lagi, karena Potensi DPS di Smasher Line sudah merata. Apalagi jika Smasher bisa mengatur penggunaan Spectrum Shower EX dan INS. Pokoknya selamat untuk para Smasher, hari-hari yang mereka tunggu sudah datang. Saya pesankan jangan balas dendam dengan Job lain ya karena Update Skill masih berjalan, khawatirnya nanti Smasher terkena Nerf lagi :P.



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: MATK + INT
Necklace + Earring: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Force User Class
- Damage/DPS Full Hit dan Buff/Debuff


Skill Build

Build PVE

Wheeling Staff vs Void Blast
Dari Cap 80, saya sudah bilang kalau Wheeling Staff memiliki potensi DPS yang besar. Kebanyakan orang tertipu dengan Board Damagenya yang tidak sebesar Void Blast, tetapi jika dihitung Full Hit maka damagenya akan mengalahkan Void Blast. Keunggulan Void Blast ada di jangkau Cast dan lebih mudah untuk Full Hit. Berbeda dengan Wheeling Staff yang harus lebih berdekatan dengan musuh dan lebih sulit untuk Full Hit. Lalu apa keunggulan Wheeling Staff selain Potensi DPSnya? Wheeling Staff merupakan Skill Non Element, sehingga sangat cocok digunakan untuk membantu DPS di Nest 90 yang Bossnya mempunyai Element Resist sangat besar. Selain itu, Skill Point yang dibutuhkan untuk Wheeling Staff MAX lebih sedikit dibandingkan dengan Void Blast Max.

Triple Orb
Skill Plate Triple Orb adalah satu-satunya Skill plate yang tidak pernah saya lepas dari Cap 24. Setelah jadi Smasher pun saya masih setia menaikan Triple Orb sampai level 16. Disaat damage Laser Skill ditingkatkan, Triple Orb masih bisa menduduki posisi 5 DPS. Oleh karena itu, tidak ada salahnya saya tetap menaikan skill ini.

Summon Comet
Saya pikir setelah Board Damagenya dinaikan hampir 4x Lipat, Summon Comet bisa masuk ke Top 5 DPS Smaher. Yah walaupun seperti itu, Summon Comet tetap memiliki damage dan area yang cukup besar. Oleh karena itu, saya menaikannya sampai level 11 saja.

Teleport
Setelah 4 tahun, akhirnya semua Char Force User saya bisa menaikan Teleport lebih dari level 1/Max :P. Selama ini saya hanya menaikannya sampai level 1 + Skill Hrealdy (cooldown).

Linear Ray
Board damage Linear Ray naik sekitar 6x lipat, sangat wajar jika DPSnya melompat dari posisi 3 terbawah menjadi 4 teratas. Kadang-kadang saya masih terganggu dengan Casting Time Full Hitnya yang agak lama, sehingga sering tidak sampai full cast.

Nine Tail Laser
Potensi DPSnya berada diurutan kedua jadi wajib MAX dong

Spectrum Shower
Selain Skill EX, Spectrum Shower juga merupakan INS skill level 90. Setiap 25 detik-an kalian bisa melakukan 3x Spectrum Shower (EX/INS). Pertama kalian harus menggunakan Void Wave + cast Spectrum Shower INS, lalu gunakan Spectrum Shower EX + Spectrum Shower INS lagi. Oleh karena itu Spectrum Shower wajib untuk MAX.

Eraser
Smasher tidak mungkin menggunakan Ultimate Skill Majesty di PVE, walaupun Board Damage Eraser lebih kecil dibandingkan Meteor Storm. Alasannya adalah Eraser lebih Fleksible (bisa di cancel kapan saja) dan ketika cast ada pengurangan damage 75%.

Laser Cutter
Di awal cap 90, Laser Cutter mempunyai Potensi DPS yang hampir 2x lipat dari yang di atas. Developernya keburu sadar kalau Laser Cutternya terlalu OP DPS. Mangkanya pada Update beberapa bulan kemudian Mekanik Skillnya banyak yang dihilangkan, seperti penambahan damage ledakannya. Walaupun seperti itu, tetap saja Laser Cutter memiliki Potensi DPS terbesar di Smasher (kalau Full Hit :P)

Build PVP

Wheeling Staff
Skill ini bisa digunakan untuk mendorong musuh. Biasanya saya kombo saya begini, Time Stop - Laser Cutter - Wheeling Staff.

Poison Missile
Poison Missile sangat bagus untuk mengunci musuh dilantai.

Void Blast
Saya jarang menggunakan Skill ini di PVP, tapi jika kalian ingin menaikannya bisa sampai level 6 saja. Skill Pointnya bisa diambil dengan menurunkan Wheeling Staff ke level 6.

Summon Comet
Saya naikan sampai level 6 hanya untuk mendapatkan ukuran yang lebih besar.

Gravity Ascension
Skill yang sangat berguna ketika melawan musuh yang tidak memiliki Escape, seperti warrior atau cleric. Misalnya ketika Mercenary Iron Skin, kalian bisa menimpanya dengan Skill ini dan tunggu sampai Iron Skin habis :P.

Teleport
Mobilitas itu penting banget di PVP.

Time Stop  + Time Dodge
Dua skill yang berguna di PVP. Saya menaikan Time Dodge level 8 agar musuh diam lebih lama.

Gravity Trap
Slownya sangat bagus untuk menghambat pergerakan musuh. Gunakan skill ini di saat musuh terkunci oleh poison missile supaya pas bangun menjadi slow motion. Gravity Trap juga bisa digunakan untuk menghabiskan Block atau menakut-nakuti musuh :P.

Linear Ray + Nine Tail Laser
Kedua skill ini untuk mencicil musuh dari jarak jauh.

Spectrum Shower
Spectrum Shower EX + INS menjadi skill andalan terbaru untuk Smasher di PVP.

Mana Surge
Bermain Smasher full Arcane tanpa Skill ini pasti akan kehabisan MP.

Laser Cutter
Sangat tidak mungkin ada player yang kena Laser Cutter Full Hit. Oleh karena itu, saya lebih sering bermain-main di dekat tembok supaya ketika musuh mendekat bisa saya Time Stop lalu cast Laser Cutter ke arah tembok.

Skill Heraldry
PVE:
- Arcane (damage)
- Spectrum Shower (damage)
- Laser Cutter(damage)
- Beyond Time/Fast Forward (cooldown)
Optional: Teleport (cooldown), Triple Orb, Linear Ray, Ninetail Laser (damage)

PVP:
- Teleport (cooldown)
- Beyond Time/Fast Forward (cooldown)
- Spectrum Shower (damage)
- Time Stop (cooldown)
Optional: Linear Ray, Laser Cutter (damage)
      Pengalaman membuat Adept Skill Build Level 90 ini tidak terlalu membuat saya galau. Pada Physician Skill Build, saya sudah menceritakan tentang banyak Adept yang secara tiba-tiba Change Job ke Physician. Beberapa orang mungkin tidak percaya kalau DPS Adept bisa dikalahkan oleh Physician. Kalian bisa bandingkan sendiri Tabel Potensi DPS antara Adept dan Physician, karena saya menghitung dengan Gear yang sama hanya Jade Weapon/Ring saja yang berbeda. Disamping itu saya tetap optimis Adept masih mempunyai DPS yang lebih konsisten dibandingkan Physician.
      Di Cap 90 ini, Adept mendapatkan Boost damage yang lumayan besar (baca: Analisis Alchemist Class). Boost yang paling saya sukai adalah penambahan satu tiang di Magma Wall EX. Magma Wall merupakan TOP DPS Skill Adept sejak cap 80 lalu, jadi dengan Boost itu saya pastikan posisinya tidak akan tergeser oleh skill lain. Ada hal yang membuat saya heran, kenapa Developer memindahkan Debuff di Magma Punch EX ke Magma Punch (Non EX). Itu sedikit merugikan posisi Adept karena dengan memindahkan Debuffnya ke Magma Punch (Non EX), maka Physician bisa mendapatkan Debuff itu juga. Selain itu, saya masih belum melakukan Test untuk Debuff terbaru C2H5OH (mungkin yang sudah test bisa di Share).



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: FIRE + INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry
Magician, Wise (Intellect), Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate.

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear sama dengan Analisis Alchemist Class
- Damage Full Hit + Buff/Debuf, kecuali Freeze Effect (Beku)
- Saya tidak menghitung pengaruh dari Skill Plate

Skill Build

Build PVE

Napalm Bomb
Sudah tidak ada pilihan Skill lain untuk Academic Tree. Napalm Bomb memiliki Potensi DPS yang terbaik diantara semuanya.

Dark Skill (Line Physician)
Ada 5 Skill DPS di Line Dark/Phycian yaitu Injector, Disease, Poison Charging, Mixed Infection dan Poison Break. Diantara kelima Skill itu, saya hanya menaikan Poison Break karena memiliki Potensi DPS yang paling tinggi.

Magma Punch
Saya ingin sekali menaikannya sampai MAX (level 19) supaya bisa menaikannya sampai level 21, tapi Skill Point di Alchemist Treenya mentok (145/147). Jika kalian ingin MAX, saya sarankan untuk menurunkan Magma Wave ke level 12.

Icy Punch
Potensi DPSnya tidak terlalu besar.

Icing Mass
Damagenya dinaikan di Cap 90 ini, sehingga Potensi DPSnya bisa mengalahkan Icy Punch EX MAX.

Magma Wall 
Wajib Max dan menggunakan Skill Ring +1 karena Magma Wall merupakan TOP DPS Skill Adept.

Magma Wave
Magma Wave memiliki Potensi DPS yang besar (posisi kedua) jadi harus MAX atau Level 11.

Sacrifice Slime
Healnya memang sangat kecil yaitu 0.4% HP selama 30 detik (14x Heal), jadi 0.4% x 14 = 5.6% setiap 30 detik. Saya rasa Sacrifice Slime bisa membantu kalian/teman Party Nest/Raid. Jika kurang setuju boleh saja tidak menaikannya dan Skill Point sisanya bisa digunakan untuk menaikan Magma Punch MAX, Poison Break MAX dll.

Icicle Expression
Saya tidak akan merekomendasikan kalian untuk menaikan Ultimate Skill Physician kan?

C2H5OH
Nasibnya sama dengan Love Virus Physician, setiap peningkatan Levelnya tidak mempengaruhi besar dan durasi Debuffnya. Jujur sampai hari ini saya belum Test Fungsi "Miss" itu, jadi tolong kasih saya Info dong tentang Debuff barunya.

Ice Beam
Ice Beam menjadi Skill INS Level 90 dan Potensi DPSnya juga lumayan besar.

Build PVP

Stun Granade 
Stun Granade memang sangat cocok untuk PVP, kalau perlu kalian bisa menggunakan Skill Ring  +1.

Bubble + Force Out
Bubble utnuk mengikat musuh selama 2 detik dan Force Out level 6 memiliki Iframe dan Tumble ke belakang.

Mixed Infection
Di Physician Skill Build saya sudah memberitahu kalau Mixed Infection memiliki Damage yang lebih besar di PVP.

NO Sacrifice Slime
Alasannya saya masih sama dengan Physician Skill Build yaitu Healnya terlalu kecil di PVP.

C2H5OH
Skill ini memiliki Damage yang lebih baik di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
1. Ice Beam (cooldown)
2. Magma Wave (damage)
3. Icicle Expression (damage)
4. Magma Punch (cooldown)
Optional: Wax. Ice Palm (cooldown), Icing Mass, Napalm Bomb, Poison Break (damage)

PVP:
1. Ice Beam (cooldown)
2. Magma Wave (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Stun Granade (cooldown)
Optional: Poison Break, Ice Palm, Mixed Infection, Icicle Expression (cooldown)

    Wah maaf baru bisa buat Skill Build Physician hari ini, kemarin soalnya saya keluar kota jadi tidak sempat. Awalnya saya kira membuat Physician Skill Build Level 90 itu tidak terlalu sulit, karena banyak pilihan DPSnya. Ternyata malah membuat saya bingung bin galau membuat Buildnya. Apalagi setelah saya coba hitung potensi DPS masing-masing skill yang biasanya saya naikan.
    Banyak yang bilang Physician merupakan salah satu Job yang mempunyai DPS yang baik. Hal itulah yang membuat banyak Engineer atau Adept tiba-tiba change job ke Physician. Untungnya saya sudah menjadikan Physician sebagai Main Char sejak cap 80 lalu, jadi tidak terlalu heboh melihat Potensi DPSnya. Dulu saya sudah pernah 2x membuat DPS Chart mulai dari yang Rataan 5 Skill DPS tertinggi dan Skenario DPS selama 125 detik. Hasil keduanya tetap sama, Potensi DPS Physician selalu di atas Adept. Apalagi Di Cap 90, beberapa Skill DPS Physician di Boost (baca: Analisis Alchemist Class).
    Saya selalu menganggap Physician adalah Job paket komplit. Secara Potensi DPS besar, mempunyai Buff/Debuff dan Heal. Buff andalannya adalah Heal Shower (Heal 30% HP, +20% Element Attack dan -30% Damage), sedangkan Debuffnya adalah Magma Punch (-20% Element Resist) dan Love Virus (+20% MATK/PATK Damage). Ketiga Buff itu bisa membantu DPS Physician + Party. Oleh karena itu, wajar jika banyak Job Academic Class lainnya yang ingin mengganti Job menjadi Physician.


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: MATK + INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Kenapa saya masih menggunakan jade MATK?
Agar Damagenya merata antara Skill Element dan Non Element, karena saya masih menggunakan Dual Line Skill DPS (Fire dan Dark).

Heraldry
Magician, Wise (Intellect), Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate.

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear sama dengan Analisis Alchemist Class
- Damage Full Hit + Buff/Debuf
- Saya tidak menghitung pengaruh dari Skill Plate

Skill Build
Ini adalah Build Dasar Physician saya dengan menyisakan 41 Skill Point. Saya bingung sekali ingin memasukan 41 SP itu ke Skill apa. Pilihannya adalah Icing Mass (Level 11) + Mixed Infection (Level 6), Ice Palm (Level 16) dan Magma Punch (Level 16). Saya bahas satu persatu deh..

Icing Mass + Mixed Infection
Kedua Skill ini mempunyai Potensi DPS yang hampir sama. Jika saya lihat dari kemudahan Full Hitnya, Mixed Infection lebih mudah karena hanya memiliki 1 Hit saja. Secara Area pun Mixed Infection masih lebih besar dibandingkan dengan Icing Mass. Kelemahan Mixed Infection adalah jika di Cast saat Bubble kalian tidak 5++, maka DPSnya akan dibawah Icing Mass. Dengan sisa Skill Point itu saya sebenarnya bisa menaikan keduanya yaitu Icing Mass level 11 dan Mixed Infection level 6, tapi saya masih harus menganalisis dua Skill lainnya.

Ice Palm vs Magma Punch
Selama menggunakan Physician saya tidak pernah terfikir sama sekali untuk menaikan kedua Skill ini MAX. Ice Palm memang sudah memiliki DPS yang besar dari Cap 80, tetapi Summonnya terlalu lambat dan tidak stabil. Selain itu, kadang-kadang Ice Palm bisa menghalangi pandangan juga.
Semenjak Post Analisis Alchemist Class, saya sudah mengetahui kalau Magma Punch mendapatkan kenaikan damage. Saya hanya tidak menyangka Magma Punch menjadi pilihan DPS skill saya. Memang tanpa EX, Magma Punch memiliki Area yang kecil, tapi ada Debuff -20% Element Resist membuat saya tertarik. Dengan adanya debuff itu, saya pasti akan sering menggunakan Magma Punch juga. Alangkah lebih baiknya sambil memberikan Debuff ke musuh, saya memberikan Damage Magma Punch yang lebih besar juga dengan menaikannya sampai level 16.

Berhubung masih bimbang, saya akan memberikan tabel peningkatan DPS (Level 1 vs MAX).
Dari tabel di atas, saya memutuskan untuk meningkatan Magma Punch ke level 16. 

Build PVE
Saya masih menyisakan 10 Point untuk kalian masukan ke Skill di Academic/Physician Tree.

Napalm Bomb
Sudah tidak ada pilihan Skill lain untuk Academic Tree. Napalm Bomb memiliki Potensi DPS yang terbaik diantara semuanya.

Magma Wall 
Potensi DPSnya berada di urutan kedua jadi cukup berasalan untuk dinaikan ke level 16 (15 +1)

Magma Wave
Area dan Potensi DPSnya besar, saya rasa Magma Wave masih cocok menjadi Skill DPS Physician.

Injector
Pemain Physician pasti merasa aneh, bagaimana Potensi DPS Injector EX bisa dikalahkan Magma Wall. Alasannya adalah perhitungan saya diatas tidak menggunakan Skil Plate Cooldown, sehingga cooldown yang saya perhitungkan adalah 2.4 detik. Jika menggunakan Skill Plate (cooldown) maka Injector EX bisa tidak memiliki Cooldown atau 1 detik (casting time). Itu pasti akan membuat Potensi DPS Injector EX jauh lebih besar dibandingkan Magma Wall atau Poison Break EX.

Disease
Skill ini memiliki Potensi DPS yang sangat kecil jadi tidak perlu MAX. Kegunaannya hanya untuk status Deseasenya saja yaitu meningkatan 100% damage dari Mixed Infection, Poison Break EX dan Poison Pool.

Poison Charging
DPSnya tidak terlalu besar sih tapi saya lebih sering menggunakan Skill ini. Soalnya Poison Charging adalah Skill untuk mengerluarkan Poison Break INS.

Mixed Infection
Saya senang ketika Mixed Infection masuk ke daftar Skill yang mendapatkan Debuff +100% Damage dari Skill Disease, tetapi Developer malah menurunkan Board Damagenya lebih dari 50%. Itulah yang menyebabkan Potensi DPSnya tidak besar di Cap 90 ini.

Poison Break
Potensi DPS Poison Break berada diurutan pertama. Hal ini dikarenakan Board Damagenya dinaikan 2x lipat di Cap 90. Sayangnya sih Poison Break EX tidak bisa digunakan untuk Heal lagi (diganti dengan Cure).

Poison Pool
Sangat aneh jika Physician dangan Skill Build PVE yang menaikan Ultimate Skill Adept (Icicle Expression), karena DPS Poison Pool jauh diatas Icicle Expression.

Sacrifice Slime
Healnya memang sangat kecil yaitu 0.4% HP selama 30 detik. Setelah saya test, selama 30 detik itu saya mendapatkan 14x Heal. Jadi total Healnya adalah 0.4% x 14 = 5.6% setiap 30 detik. Walaupun Cooldown Sacrifice menjadi 10 detik saja, tetapi Healnya tidak bisa di Stacking.

Love Virus
Peningkatan level hanya menaikan Board Damagenya saja, jadi tidak perlu Max. Toh Potensi DPSnya juga kecil kan.

Build 2
Build ini bagi yang kurang suka Poison Charging MAX. Sisa Skill Pointnya bisa dimasukan ke Mixed Infection (Level 6) + Icing Mass (Level 11) atau Ice Palm (Level 16).

Build PVP

Stun Granade 
Stun Granade memang sangat cocok untuk PVP, kalau perlu kalian bisa menggunakan Skill Ring  +1.

Bubble + Force Out
Bubble utnuk mengikat musuh selama 2 detik dan Force Out level 6 memiliki Iframe dan Tumble ke belakang.

Disease + Mixed Infection
Di Skill Build PVE, saya hanya menaikan kedua Skill ini level 1, sedangkan di PVP MAX. Disease adalah salah satu Skill yang sering saya Cast di PVP, sehingga agar damagenya lebih besar saya naikan MAX. Mixed Infection memiliki Board Damage yang 2x lipat lebih besar di PVP. Sangat jarang ada Skill yang memiliki Board Damage lebih besar di PVP.

NO Sacrifice Slime
Saya hitung-hitung sih, Sacrifice sudah tidak cocok digunakan di PVP. Bayangkan saja, Sacrifice akan Heal sebanyak 0.2% HP kalian selama 30 detik. Misalkan HP kalian 200k, maka Sacrifice hanya akan mengheal 0.2% x 14 x 200000 = 5600 HP. Dengan jumlah Heal segitu setiap 30 detik, saya sih sayang menaikannya, apalagi untuk menaikannya butuh 10 Skill Point. Lebih baik menaikan Skill lain yang lebih bagus di PVP.

Love Virus
Perbedaan damage level 1 dengan MAXnya lumayan terasa di PVP, jadi saya naikan saja sampai MAX.

Skill Heraldry
PVE:
1. Heal Shower (cooldown)
2. Poison Break (cooldown/damage)
3. Injector (cooldown)
4. Poison Pool (cooldown/damage)
Optional: Wax (cooldown), Magma Wave (damage)

PVP:
1. Heal Shower (cooldown)
2. Poison Break (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Stun Granade (cooldown)
Optional: Magma Wave, Poison Pool, Mixed Infection, Injector (cooldown)

    Halo-halo, saya tadinya sempat khawatir tidak bisa melakukan Post ini karena Laptop saya tiba-tiba tidak mau menyala (duh hawa-hawa masuk Rumah Sakit nih Laptop). Nanti jika saya tidak melakukan Posting Harian berarti kemungkinan besar laptop saya sedang diperbaiki ya (harap maklum). Pokoknya selama masih nyala saya akan tetap berusaha Posting tiap hari sampai semua Skill Build selesai.
    Pemenang Polling sebelumnya adalah Artillery. Sejak awal Cap 90, jarang sekali di Blog/Guild/Facebook yang menanyakan tentang Artillery. Kebanyakan orang hanya fokus pada Sniper yang katanya menjadi TOP DPS JOB di Cap 90 ini. Artillery memang mendapatkan peningkatan DPS yang lebih kecil dibandingkan dengan Sniper (baca: Analisis Bow Master Class), tetapi masih lebih konsisten untuk segala jenis boss. Kebetulan saya belum leveling Char ke level 90, jadi belum mengetahui kondisi per PVE-an. Saya ingin sekali mengecek apakah Artillery terkena diskriminasi Job juga.
   


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT / INT + CRIT
Weapon + Ring: MATK + INT
Earring + Necklace: INT + VIT / INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed/Wind

Skill Build
Seperti biasa kita lihat tabel Potensi DPSnya dulu:

Note: Gear/Equip yang digunakan sama dengan Analisis Bowmaster Class

Build PVE
Simple Build yang cocok untuk Artillery yang tidak mau terlalu banyak Skill DPS. Buildnya sangat mirip dengan Cap 80 lalu yaitu hanya bermain di Line Artillery + Aerial Chain Shot.

Build 2
Build ini berbeda dengan sebelumnya, saya menaikan beberapa Skill DPS di Line Sniper yang memiliki Potensi DPS tinggi.

Magic Arrow
Sniper Skill Build saja mengambil Magic Arrow masa Artillery tidak :p

Multi Shot 
Bisa kalian gunakan untuk Armor Break.

Swift Shot
Swift Shot masih mempertahankan posisinya di TOP DPS Artillery. Waktu saya membahas Sniper Skill Build, banyak yang heran kenapa Swift Shot memiliki Potensi DPS yang besar. Biar saya beri sedikit gambarannya saja ya.
Full Hit: 9.5x Board Damage (angka ini mustahil didapatkan)
Full Hit dua: 8.5x Board Damage (ini yang lebih mungkin terjadi)
Jumlah Hitnya tergantung dengan posisi kita jadi di Lapangan bisa berbeda-beda tentunya. Rata-rata saya sih bisa 6.5-7.5 Board Damage. Kita misalkan begini:
Full Hit: 7x Board Damage
Board Damage: 592%
Damage: 592% x 7 = 4144%
Cooldown: 10 detik
DPS: 4144%/10 = 414%

Bandingkan saja dengan Siege Stance (Sylph Aid)
DPS: (9 x 830%)/30 detik = 249%

Dengan kata lain, Potensi DPS Siege Stance (SA) di Artillery sama dengan 4.5x Board Damage Swift Shoot (3 Hit Awal + 3 Hit tambahan EX), berarti tidak perlu Full Hit saja sudah besar DPSnya.
Note: Perhitungan untuk Sniper akan berbeda lagi 

Rapid Shot
Beberapa hari lalu, salah satu pengunjung Blog bertanya tentang Skill ini. Apakah mengorbankan Rapid Shot untuk menaikan Siege Stance itu merugikan. Pada saat itu saya belum menghitung Potensi DPSnya, jadi jawabannya masih gantung. Daripada di PHP terus mending saya kasih kepastian. Dilihat dari tabel Potensi DPSnya, Rapid Shot bisa menduduki posisi kedua. Berarti sangat sayang kan mengorbankan Skill DPS no 2 untuk menaikan Skill DPS no 3. Bahkan sampai sekarang saya belum mengetahui berapakan Hit Maksimal Skill ini. Terakhir saya uji coba kemarin di Boss Abyss of Heat, hanya bisa maksimal 24x Hit (12x Board Damage). Ini berarti ada kemungkinan Hitnya akan lebih besar jika saya coba di Boss Raid (GDN/SDN/RDN).

Tracking Arrow (Guided Shot)
Skill yang paling Simpel di Bow Master karena hanya tinggal klik dan serangan akan mengarah langsung ke musuh. Kelemahan Tracking Arrow kalian pasti sudah tahu yaitu jika ada banyak monster Hitnya akan menyebar. Di Build saya hanya menaikannya sampai level 11 karena kekurangan Skill Point. Damagenya memang tidak terlalu jauh sih, tapi Level Skill Tracking Arrow juga mempengaruhi damage dari Fatal Tracking Arrow.

Revolution Balissta
Ultimate Skill yang wajb Max

Mari mulai kebagian galau

Tabel Kenaikan DPS per Level
Aerial Chain Shot vs Siege Stance vs Arrow Shower vs Frag Arrow (Scope Arrow)
Disinilah saya sempat bingung skill mana yang harus dikorbankan. Sebelumnya banyak yang bilang lebih baik mengorbankan Rapid Shot, tapi saya kurang setuju. Setelah melihat tabel Kenaikan DPS untuk keempat Skill itu, saya jadi berfikir untuk mengorbankan Scope Arrow (T_T). Hal tersebut dikarenakan Scope Arrow memiliki potensi DPS yang paling kecil dan kenaikan DPSnya tiap level pun tidak terlalu besar (Lihat dibagian 1 vs 16). Berarti tersisa tiga skill lainnya.

Aerial Chain Shot
Potensi DPSnya oke, perbedaan DPSnya antara level 1 dengn 16 juga lumayan besar. Aerial Chain Shot juga memiliki Casting Time yang lebih cepat dibanding Siege Stance dan Arrow Shower. Jadi saya tetap menaikannya sampai Peak Level yaitu 16.

Siege Stance vs Arrow Shower
Saya hanya bisa memaksimalkan salah satu diantara kedua skill ini atau bisa menaikannya pada level yang sama seperti di Build. Ini semua berdasarkan kalian sendiri, apakah kalian akan menaikan Siege Stance MAX + 1 atau tidak. Jika iya, berarti kalian harus menaikan Siege Stance level 15 dan Arrow Shower level 6. Apakah itu merugikan? mari kita lihat di tabel Kenaikan DPS per Level.
- Kenaikan DPS Siege Stance dari Level 11 menjadi 16 adalah 22050
- Pengurangan DPS Arrow Shower dari Level 11 menjadi 6 adalah 22000 (tidak ada ditabel)
Ini berarti menaikan Siege Stance ke level 16 dan menurunkan Arrow Shower ke level 6 akan memberi keuntungan DPS sebesar 50 point (LOL).

Nah pada Build di atas, saya memang tidak berniat menaikan Siege Stance ke Level 16 jadi hanya mengambil posisi seimbangnya saja. Lagipula saya hanya mendapatkan kerugian 50 point DPS aja, hehehe.

Bulls eye + Stunning Shot
Kenaikan Level Bulls eye tidak menaikan efek Debuffnya. Kenaikan Level Stunning Shot tidak mengurangi Cooldown Skillnya. Jadi saya hanya menaikan sampai level 1 saja. Stunning Shot digunakan untuk Class Mastery II (Level 90), jadi jangan sampai tidak dinaikan ya.

Longbow vs Crossbow Mastery
Saya sudah terbiasa menggunakan Longbow karena cara Hitnya lebih enak dan jaraknya lumayan jauh. Kalian bebas saja memilih diantara keduanya, sesuaikan dengan kebiasaan kalian masing-masing.

Kekurangan Skill Build kedua adalah Siege Stance dan Arrow Shower memiliki Casting Time yang lumayan lama. Arrow Shower memiliki Casting Time sekitar 3-4 detk, sedangkan Siege Stance 10 detik. Casting Time yang lama ini bisa mengganggu rotasi Skill di Artillery Line, karena hampir semua Skill Artillery Line punya cooldown yang cepat. Inilah yang kadang membuat saya khawatir dengan Build ini. Contohnya saja ya, casting time Siege Stance sama dengan cooldown Swift Shot. Istilahnya sih kalian harus melakukan Siege Stance setelah cast Swift Shot agar kalian tidak kehilangan Damage 1x Swift Shot.

Build PVP

Skill di Archer Treenya masih sama dengan Sniper Skill Build. Jika kalian kurang cocok dengan Magic Arrow, maka bisa menguranginya ke Level 6. Lalu cari Skill lain di Archer Tree yang pas dengan kalian di PVP, misal Twin Shot/Multi Shot.

Aerial Chain Shot
Saya tidak akan mungkin Full Hit juga di PVP, jadi level 1 saja sudah cukup.

Siege Stance + Arrow Shower
Damage kedua Skill ini cukup besar di PVP. Kalian harus memastikan musuh tidak bisa bergerak dengan bantuan Ankle Shot dulu.

Scope Arrow
Seperti biasa, saya mengorbankan Skill ini ke level 1.

Swift Shot
Swift Shot memiliki damage yang besar dan Iframe untuk menghindari musuh yang mendekat.

Rapid Shot
Skill ini bisa digunakan untuk mencicil lawan dari jauh dan damagenya lumayan tinggi juga kok.

Tracking Arrow
Skill yang paling menyebalkan untuk Job-job yang tidak memiliki Summon (Relic, Towe dll). Damagenya sangat besar untuk musuh yang memiliki MDEF kecil.

Revolution Ballista
Memang Ultimate Skill ini memiliki Casting Time yang agak lama. Nah supaya bisa mengenai musuh, lebih baik kalian ikat dulu musuhnya dengan Ankle Shot supaya tidak bisa kabur kemana-mana.

Ankle Shot
Selama Cap 24-80, Artillery saya tidak pernah menaikan Ankle Shot di Ladder (ya iyalah Build Pure PVE). Itu sangat capek sekali karena kalian harus Hit and Run sampai-sampai disebut Runner. Menaikan Ankle Shot Max itu sangat membantu terutama ketika melawan musuh yang tidak memiliki Cure, seperti Sorce atau Kali. Kebanyakan orang mengkombo Ankle Shot dengan Arrow Shower atau Siege Stance.

Skill Heraldry
PVE:
1. Swift Shot (damage)
2. Magical Breeze (damage)
3. Rapid Shot (damage)
4. Tracking Arrow (damage)
Optional: Aerial Chain Shot (damage), Revolution Ballista (cooldown)

PVP
1. Swift Shot (damage)
2. Magical Breeze (damage)
3. Ankle Shot (cooldown)
4. Tracking Arrow (damage)
Optional: Aerial Chain Shot, Rapid Shot, Detonating Arrow (damage), Revolution Ballista (cooldown)


     Bersamaan dengan post Raven Skill Build Level 90 ini, saya akan menutup hasil Vote minggu ini dan memilih 5 Job berikutnya. Selanjutnya saya akan membuat Polling baru lagi agar Votenya bisa menyebar ke Job yang belum. Job kesayangan saya saja jarang ada yang milih (sedihnya T_T).
     Raven merupakan salah satu DPS yang terkenal di Cap 80 lalu. Bahkan pernah saya sebut menjadi DPS yang paling konsisten dan cocok untuk segala jenis Boss. Hal tersebut dikarena Raven memiliki Skill dengan casting time yang cepat dan area serangannya lumayan besar. Selain di PVE, Raven juga sangat garang di PVP. Saya saja kadang sebal dengan kombo-kombo mautnya.
      Di Cap 90, potensi DPS Raven berkurang karena ada pengurangan damage beberapa Skill DPSnya (baca: Analisis Chaser Class). Teman-teman saya yang khawatir dengan nasib Raven sudah mulai ada yang Change Job ke Abyss Walker. Saya sih selalu Optimis kalau Raven masih memiliki tempat tersendiri di Dunia Per DPS-an. Saya ingatkan lagi, Update Skill Boost/Nerf itu masih berlangsung tiap bulannya. Jadi masih ada kemungkinan Raven atau Job lain yang DPSnya melemah bakal di Boost lagi. Berdoa saja.. ^^


Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: DARK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Bear

Skill Build
Seperti biasa kita lihat tabel Potensi DPSnya dulu:

Note:
1. Gear/Equip yang digunakan adalah Dark Raven dengan PATK 49000 dan Dark Attack 75%.
2. Applause (2x D) = Applause 2x Damage
3. Umbra EX (SR) = Umbra untuk Musuh yang tidak bisa di Slow
4. Rain Drop Level 16 (15+1)

Build PVE

Fan of Edge
Alasannya masih sama dengan Light Fury atau Abyss Walker Skill Build, karena memang memiliki Potensi DPS yang lumayan tinggi di antara semua skill di Assassin Tree.

Triple Edge
Skill ini untuk mereset cooldown Rake INS

Open Edge 
Perbedaan damage level 16 dengan 19 tidak terlalu jauh dan saya juga tidak ada niat untuk menaikannya sampai level 21. Selain itu, bisa menghemat 3 Skill Point untuk menaikan Level Skill lain.

Applause
Applause ini memiliki Damage yang unik, kadang-kadang bisa 2x Damage (tergantung posisi kita/musuh). Applause 2x Damage masih menjadi Top DPS Raven sejak Cap 80 lalu.

Rake
Skill ini wajib Max karena merupakan INS Skill juga di Level 90.

Rain Drop
Saya tidak menyangka Rain Drop bisa mengalahkan Potensi DPSnya Rake. Jika kamu tidak menaikan Rain Drop ke Level 16, maka Potensi DPSnya akan kalah dikit oleh Rake.

Punishment 
Kecewa sih melihat Potensi DPS Punishment tidak terlalu tinggi, bahkan masih bisa kalah dengan Camouflage. Saya menaikannya sampai level 13 untuk mendongkrak DPSnya agar bisa lebih baik, tetapi kalian boleh saja menurunkannya menjadi level 11.

The End
Tidak akan mungkin Raven menggunakan Skill Ultimatenya Ripper kan? :p

Shift Blow vs Camouflage vs Blade Runner
Diantara semua Skill di Line Ripper, ketiga Skill ini memiliki Potensi DPS yang cukup tinggi. Masing-masing skill memiliki kelebihan dan kekurangan. Camouflage memiliki potensi DPS yang paling tinggi tetapi area serangannya kecil. Shift Blow memiliki area yang agak lebih besar tapi casting timenya lebih lama dikit. Blade Runner tidak saya rekomendasikan karena DPSnya tidak terlalu besar dan damagenya tidak akan keluar jika serangan tidak berhasil mengenai musuh. Setelah dipikir-pikir saya lebih memilih Camouflage saja karena total Hit-nya lebih sedikit dibandingkan Shift Blow (Camou: 2 Hit dan SB: 5 Hit). Sehingga dengan Casting time cepat dan Jumlah Hit lebih sedikit kemungkinan Full Hitnya lebih gampang.

Fade
Di Cap 80, beberapa orang tidak suka dengan Skill ini karena durasi buffnya hanya 5 detik. Posisi Raven sebagai DPS di Cap 90 sudah mulai terancam dan saya rasa Fade harus dinaikan untuk menjadi Damage Booster kalian walau hanya 5 detik.

Umbra
Di Cap 80, saya tidak menaikan Umbra bahkan tidak mengambil EX-nya karena potensi DPSnya terlalu kecil. Melihat Potensi DPS Umbra EX pada musuh yang kebal Slow saya menjadi tertarik untuk menaikannya sampai Max. Jika kalian butuh Skill Point bisa juga menaikannya hanya sampai level 6.

Croocking Deadfall
Potensi DPSnya memang paling kecil diantara semua Skill Dark tetapi saya tetap menaikannya sampai MAX. Saya masih berharap pihak Developer mengembalikan Damagenya seperti semula.

Build 2

Build ini untuk Raven yang ingin menaikan Dedicated Crow (Heal)

The End
Saya terpaksa menurunkan The End ke level 1 karena keterbatasan Skill Point. The End leve 1 dan 2 hanya berbeda 7% damage per Shuriken. Jika dihitung Full Hit maka perbedaanya adalah:
- 7 x  33 hit = 231%
Perbedaanya tidak terlalu besar juga kan.

Umbra
Seperti yang saya bilang sebelumnya, damage Umbra level 6 dengan 8 tidak terlalu beda jauh.


Build 3
Build ini saran dari teman yang kurang cocok dengan Camouflage/Flame Locust. Pilihan berikutnya adalah Mortal Blow.

Mortal Blow
Skill ini memiliki Casting Time yang cepat, CTC 3x dan Iframe. Dibandingkan dengan Camouflage, areanya lebih besar. Yah walaupun secara potensi DPS lumayan kecil, tapi penggunaannya lebih simpel karena kalian tidak perlu Spam skill setiap cooldown selesai. Biasanya saya menggunakan Mortal Blow disaat CTC sudah 3x (54 detik sekali).


Build PVP

Shadow Hand (6) + Piercing Strike (6) + Dirty Trick (6)
Seperti biasa perlengkapan Skill untuk PVP

Open Edge
Demi mencukupi kebutuhan Skill Point, saya terpaksa mengurangi Skill ini ke level 1.

Applause + Rake + Rain Drop + Punishment
Keempat skill ini memiliki Damage yang besar di PVP sehingga saya tetap mempertahankannya sampai Peak Level (6, 11, 16, 21, 26).

Camouflage
Tidak ada pengurangan Cooldown untuk setiap kenaikan levelnya di PVP, jadi tidak perlu Max.

Mortal Blow
Skill untuk kombo dan memiliki Iframe juga. Saya menaikannya sampai level 11 agar bisa 3x CTC.

Izuna Drop
Potensi DPSnya di PVE memang tidak besar, tetapi damagenya di PVP lumayan besar.

Dedicated Shadow
Saya perhatikan masih banyak Raven yang kurang bisa menggunakan Skill ini di Ladder/PVP. Heal hanya bisa didapatkan jika kalian terkena serangan Magic saja. Kalian harus menunggu musuh mengeluarkan Skill baru menabrakan diri ke Skillnya, misalnya Poison Missile (Toxic Spray) Sorce atau Lightning Zap Paladin dll. Alasannya supaya kalian bisa mendapatkan 1-2x Heal. Jangan pernah menabrakan diri untuk Skill yang memiliki damage besar ya. Saya suka tertawa ketika memakai Saleana (Pyromancer) di Ladder, ada Chaser yang menabrakan diri ke Rolling Lava EX (Itu sih namanya tekor/rugi) ;P.

Umbra 
Tidak ada satupun Char yang memiliki Resist Slow di PVP. Selain itu sangat jarang juga ada musuh yang menunggu ditengah sampai Umbra EX meledak. Oleh karena itu, saya menaikannya sampai level 1 hanya untuk menakuti musuh, membuat Slow dan menghilangkan Block para Cleric,

Skill Heraldry
PVE:
1. Rake (damage)
2. Rain Drop (cooldown)
3. Punishment (cooldown)
4. Applause (cooldown)
Optional: The End, Open Edge, Umbra (damage)

PVP:
1. Izuna Drop (cooldown)
2. Rain Drop (cooldown)
3. Punishment (cooldown)
4. Applause (cooldown)
Optional: Rake (damage) Open Edge, The End (cooldown)

     Saya sudah bilang sebelumnya, kalau DN SEA Cap 90 bakal lebih susah untuk Update Blog. Sampai sekarang saja saya masih belum sempat Leveling. Kayanya sih mulai Leveling selasa atau kamis depan. Saya juga sadar kalau masih banyak Skill Build yang belum saya bahas di Blog, tapi sampai sekarang hanya sanggup bahas 1 Skill Build/hari berdasarkan hasil Polling. Itu saja di beberapa Skill Build terakhir ngetiknya buru-buru dan dipersingkat dan pasti akan banyak salahnya. Oleh karena itu, saya terima kasih kepada teman-teman yang mengkoreksi dan memberikan saran untuk setiap Skill Build.
     Pemenang hasil Polling kali ini adalah Sniper. Job ini kabarnya menjadi TOP DPS di Cap 90 ini. Saya juga setuju sih, tetapi Sniper juga memiliki DPS yang kurang konsisten. Damagenya akan berbeda cukup jauh untuk setiap ukuran boss. Hal tersebut dikarenakan Skill DPS utamanya yaitu Wind Shot sangat bergantung pada ukuran boss. Selain Wind Shot, dua Skill DPS lainnya pun lumayan tergantung pada ukura boss seperti Arrow Shower dan Aerial Chain Shot. Dengan ketidak konsistenan DPS Sniper ini, job lain tidak perlau khawatir atau berbondong-bondong membuat Sniper. Saya memberi saran sih, jangan selalu mencari Job dengan DPS terbaik tapi carilah Job yang membuat kalian nyaman bermain.

Camping sebelum Leveling

Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI / ECJ
Earring + Necklace: AGI + VIT

Note: Di DN SEA, High Grade ECJ sudah -15% Element. Jika kalian menggunakan ECJ dan % Elementnya lebih dari 20% maka menggunakan ECJ juga tidak masalah.

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Bear

Skill Build
Seperti biasa kita lihat tabel Potensi DPSnya dulu:
Note:
1. Gear/Equip yang digunakan sama dengan Analisis Bowmaster Class
2. Critical Break tidak diperhitungkan

Build PVE

Magic Arrow
Magic Arrow memiliki DPS lebih baik dibandingkan dengan Twin Shot. Potensi DPSnya masih bisa lebih besar lagi jika musuh berukuran besar/sangat besar.

Multi Shot 
Bisa kalian gunakan untuk Armor Break.

Charge Shot
Skill ini Wajib Max karena akan mempengaruhi besar/kecilnya damage Wind Shot kamu.

Aerial Chain Shot
Damage level 18 dengan 16 tidak terlalu jauh, jadi tidak perlu Max.

Siege Stance
Skill dengan DPS terbaik di Line Sniper. Siege Stance juga merupakan INS Skill di Level 90. Saya sarankan untuk menggunakan Skill Ring +1 agar damagenya lebih besar lagi.

Arrow Shower
Sama denan Aerial Chain Shot, damagenya level 13 dengan 11 tidak berbeda jauh.

Arrow Barrage vs Revolution Ballista
Potensi DPS di atas itu sudah Full Buff termasuk +50% damagenya. Tetap saja DPS Arrow Barrage tidak bisa mengalahkan Revolution Ballista (Artillery). Sudah kalah potensi DPS, Arrow Barrage juga masih kalah di Area Serangan. Oleh karena itu, saya rasa Revolution Ballista lebih cocok untuk PVE.

Swift Shot vs Guided Shot (Tracking Arrow)
Kedua Skill Artillery ini memiliki Potensi DPS terbaik diantara yang lainnya. Sebagian orang lebih menyukai Guided Shot karena lebih simpel dan tidak perlu mencari-cari posisi, tetapi saya lebih menyukai Swift Shot. Secara DPS Swift Shot unggul 4x lipat dibandingkan dengan Guided Shot. Hanya saja kalian perlu mencari posisi yang tepat dalam menggunakannya. Kalian harus benar-benar berdekatan dengan Musuh untuk mendapatkan Hit yang lebih banyak. Tentunya itu sangat beresiko, terutama bagi yang belum terbiasa menggunakannya (bisa-bisa kena pukul Musuh).

Bulls Eyes
Kenaikan Level Skill tidak menambah persantase Debuffnya, jadi cukup hanya level 1 saja.

Ankle Shot
Potensi DPS Ankle Shot terlalu kecil untuk membantu DPS Sniper, sehingga saya memutuskan untuk tidak menaikannya. Lagipula ini adalah Build PVE jadi Ankle Shot agak kurang diperlukan di Nest atau Raid.

Stunning Shot
Ini Build Sniper PVE bukan Artillery PVE jadi tidak butuh Stunning Shot.

Cheating Point
Cheating Point memiliki DPS yang rendah sekali. Alasan saya MAX supaya Buff Final Damagenya lebih lama.

Build Hybrid
Build yang digunakan untuk PVE atau PVP


Sniper Line
Saya masih memfokuskan DPS Skill di Sniper Line dengan pengurangan level beberapa Skill seperti Charge Shot dan Aerial Chain Shot.

Tracking Arrow vs Swift Shot
Pada Build Pure PVE mungkin Swift Shot bisa menang jauh, tetapi untuk Hyrbid saya lebih memilih Tracking Arrow.

Ankle Shot
Kali ini Ankle Shot saya naikan karena saya berguna di PVP.

Build PVP

Buildnya hampir mirip dengan Hybrid tetapi ada beberapa perbedaan

Magic Arrow
Rasanya terlalu berlebihan menaikan Magic Arrow level 21 di PVP. Ide saya sedang buntu untuk mengalokasikan Skill Point kemana lagi.

Willow Kick
Pada level 6 akan ada mini tornado di sekitar kita dan bisa menarik musuh yang terjatuh/diam di dekat kita untuk diangkat ke udara.

Charge Shot 
Skill ini memiliki damage dan area yang besar di PVP. Bisa digunakan untuk mencicil musuh dari jauh.

Aerial Chain Shot
Dengan ukuran Char yang kecil, saya rasa tidak akan mungkin untuk bisa Full Hit di PVP. Selain itu, Skill Pointnya bisa digunakan untuk Skill yang lebih berguna di PVP.

Siege Stance
Sama dengan Charge Shot, jangkauan skillnya sangat jauh sehingga bisa digunakan untuk menyerang musuh dari jauh.

Arrow Shower
Sebenarnya Arrow Shower juga tidak mungkin bisa Full Hit, tetapi perbedaan damage antara level 1 dan 11 di Ladder lumayan terasa. Skill ini biasanya saya gunakan jika Angkle Shot berhasil mengenai musuh.

Tracking Arrow
Di PVP, Tracking Arrow lumayan mengesalkan untuk Job-Job yang tidak memiliki Tower, Relic atau Summon lainnya.

Stunning Shot
Berguna untuk men-stun musuh. Biasanya setelah terkena Stun langsung Cast Charge Shot atau Ankle Shot.

Skill Heraldry
PVE:
1. Cheating Point (cooldown)
2. Aerial Chain Shot (damage)
3. Charge Shot (action speed)
4. Critical Break (activation rate)
Optional: , Arrow Shower, Swift Shot (damage), Revolution Ballista (cooldown), Sylph Aid

Note: Banyak perubahan untuk Skill Heraldry, tolong koreksi saya jika ada yang salah ya.

Hybrid:
1. Cheating Point (cooldown)
2. Charge Shot (action speed)
3. Aerial Chain Shot (damage)
4. Critical Break (activation rate)
Optional: , Arrow Shower, Tracking Arrow (damage), Revolution Ballista, Ankle Shot (cooldown), Sylph Aid

PVP
1. Cheating Point (cooldown)
2. Charge Shot (action speed)
3. Ankle Shot (cooldown)
4. Critical Break (activation rate)
Optional: , Arrow Shower, Tracking Arrow (damage), Revolution Ballista (cooldown)
   Sudah hari ke-3 Cap 90  pun saya masih belum semangat leveling. Soalnya ada peluang banjir Gold di awal Cap 90 ini. Saya tidak tahu ini murni kesalahan GM atau memang sistem terbarunya seperti itu. Pokoknya 3 hari ini malah farming Gold bukannya leveling, hehehe (pemain DN SEA pasti ngerti nih). Eits malah bahas masalah sensitif kaya Gold, nanti banyak yang nanya lagi :P.
   Post kali ini saya akan membahas mengenai Barbarian Skill Build Level 90. Char yang saya benci ini tiba-tiba menjadi populer di Cap 80. Bencinya itu lebih ke arah iri hati dan penyesalan (hehehe) karena lihat damage Circe Swing Fury yang luar biasa. Saya menyesal sih tidak pernah memperhatikan/Gear Barbarian karena dari awal lebih fokus ke job tante (Sorceress Class) dan job yang jarang peminat. Saya sih tipikal orang yang tidak mudah terbawa arus (pembelaan diri). Jadi ketika Barbarian sedang Trend, saya malah Gear Up Lancea dan Kali Class.
   Beberapa bulan lalu ada Forum Dragon Nest yang merilis DPS List untuk Cap 90 ini. Barbarian pun berada di Top 5 DPS terbaik. Efeknya banyak Destroyer atau Gladiator yang di Change Job jadi Barbarian. Jujur saya masih merasa DPS Barbarian tidak sebesar apa yang dikabarkan. Mungkin di Cap 80 damage Circle Swing Furynya bisa luar biasa karena efek Buff/Debuff, tapi saya masih belum yakin di Cap 90 ini hasilnya akan sama. Apakah kalian setuju bahwa Barbarian menjadi salah satu Top 5 DPS?
   

Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Wind/Ultimate

Skill Build
Kita lihat Potensi DPSnya dulu yuk
Note: Perhitungan menggunakan Asumsi PATK Barbarian 100k dan tidak Full Buff/Debuff.

Build PVE

Build 2
Build untuk yang suka dengan Punishing Swing

Build 3

Request dari temen Build PVE tanpa Lifesaver (Highlander) dan Crisis Howl


Circle Break
Secara Potensi DPS Circle Break cukup besar dan memiliki Iframe 0.3 detik.

Stomp 
Potensi DPSnya tidak terlalu besar. Saya juga kadang malas melakukan Full Cast (Stomp kedua) untuk skill ini, karena castingnya agak memakan waktu dan damagenya tidak terlalu besar. 

Demolition Fist
Top 2 DPS untuk Barbarian ini wajib untuk dinaikan.

Circle Swing
Skill ini saya sebut paket komplit. Potensi DPS Circle Swing EX paling tinggi, ditambah Circle Swing Fury yang lebih tinggi lagi. Ada bonus tambahan juga Circle Swing INS. Sepertinya Developer kehabisan Skill lain untuk Barbarian :P, semuanya diborong Circle Swing.

Whirlwind
Saya agak sedih karena Whirlwind tidak di Boost lebih besar oleh Developer. Ajaibnya Board Damage Whirlwind lebih kecil bila dibandingkan dengan Circle Swing, belum lagi cooldownnya juga lebih lama. Seperti yang saya bilang sebelumnya, pihak Developer terlalu fokus pada Circle Swing.

Cyclone Axe
Ultimate Skill ini mendapatkan peningkatan yang luar biasa di Cap 90. Berdasarkan Analisis Mercenary Class, damage meningkat 200%-an atau 3x lipat dari damage di Cap 80. Hal ini lah yang menyebabkan Potensi DPSnya bisa melebihi Ultimate Favorit Mercen yaitu Gigantic Bomb. Kelebihan Cyclone Axe adalah kamu tidak dapat di hit (iframe) selama cast dan bisa menyedot musuh yang mendekat (jangan ngarep naga ke sedot). Casting Time untuk Full Hitnya memang agak lama tetapi masih bisa di cancel dengan menggunakan Relieve pada saat cast skill.

Rolling Attack vs Ring Bomb
Berhubung Skill Pointnya terbatas saya hanya bisa memilih antara 2 skill ini yang mana akan dinaikan ke level 11. Berdasarkan tabel di atas, Potensi DPS keduanya tidak berbeda jauh. Dilihat dari kemudahan Full Hitnya, Ring Bomb masih lebih mudah untuk Full Hit daripada Rolling Attack. Ada hal unik lainnya, kadang-kadang Ring Bomb bisa memiliki Damage 2-3x lebih besar dari Normal. Hal itu mirip sekali dengan Applause (Raven + Ripper) dan Binding Shot EX (Tempest). Saya sendiri tidak mengerti bagaimana bisa begitu. Sampai hari ini sih saya selalu bilang itu cuman keburuntungan saja.

Flying Swing + Punishing Swing
Hanya persyaratan saja. Flying Swing + Punishing Swing kalau dihitung punya Potensi DPS yang besar juga, tetapi areanya terlalu kecil.

Bone Crash
Skill yang Wajib Max

Build PVP

Rising Slash + Circle Break 
Semua Warrior Build PVP saya pasti menaikan kedua skill ini untuk kombo.

Stomp 
Stomp wajib dinaikan di PVP karena kenaikan levelnya akan memperlama Debuff Slow untuk musuh. Debuff itu yang membuat saya kadang kesal ketika bertemu Barbarian di Ladder.

Demolition Fist
Skill Pointnya memang tidak ada untuk menaikan skill ini, jadi saya hanya gunakan sebagai pelengkap serangan.

Circle Swing
Area dan damagenya besar terutama untuk musuh dengan Low Def dan menjadi Instan Skill juga, sehingga wajib untuk Max.

Whirlwind
Skill Favorite saya di PVP karena memiliki damage, area dan paralyze yang cukup besar. Saya perhatikan di Ladder, beberapa orang kurang efektif dalam menggunakan skill ini. Mereka menggunakanya setelah cast Bone Crash (ketika masih terpental di udara). Hal itu akan membuat musuh terpantul-pantul ke udara, sehingga damage Whirlwind EX tidak makismal.

Rolling Attack
Saya lihat banyak yang mahir bermain Barbarian di Ladder, sehingga pandai menggunakan Rolling Attack agar bisa Full Hit. Selain pelengkap kombo skill, Rolling Attack juga bisa saya gunakan untuk kabur dari situasi terdesak atau mengejar musuh yang jaraknya lumayan jauh.

Ring Bomb
Super Armor Break, Area dan damagenya lumayan besar. Perasaan saya sih, kadang-kadang Hit Keruntungan(2-3x damage) sering muncul juga di PVP

Flying Swing
Banyak yang lupa atau tidak sadar kalau skill ini memiliki fungsi untuk menahan serangan musuh. Pada saat Cast Flying Swing kita memiliki Super Armor yang lumayan besar dan ada pengurangan damage -70%. Saya biasa gunakan skill ini ketika sedang di Tracking Arrow atau Skill Magic lain yang damagenya besar.

Devitalizing Howl
Saya tidak tahu apa nama skill ini di DN INA, yang jelas skill ini berfungsi untuk menghilangkan Buff dan Silent musuh. Kenaikan levelnya maka akan menghilangkan Buff lebih banyak dan Silent lebih lama. Biasanya saya menggunakan skill ini setelah musuh terkena Bone Crash EX agar tidak bisa escape/counter attack ketika saya melanjutkan kombo dengan Whirlwnd EX.

Bone Crash
Ketika saya melawan Barbarian di Ladder, Skill ini juga termasuk menyebalkan (setelah Stomp EX). Saya sering sudah merasa aman berada di udara, eh ternyata Bone Crash masih bisa menghit saya dari bawah (cuhat mode)

Skill Heraldry
PVE:
1. Whirlwind (damage)
2. Havoc Howl (cooldown)
3. Circle Swing (damage)
4. Taunting Howl (cooldown)
Optional: Cyclone Axe (cooldown), Demolition Fist (CD Reset), Ring Bomb (damage)
*Havoc Howl di DN SEA itu skill yang bisa meningkatkan HP 116%

PVP:
1. Circle Swing (cooldown)
2. Side Kick (action speed)
3. Whirlwind (damage)
4. Cyclone Axe (cooldown)
Optional: Relieve (cooldown)
     Hari ini DN SEA Cap 90 tapi saya masih tidak bisa main gara-gara kuota internet sedang menipis. Rencananya saya akan leveling Soul Eater atau Smasher dulu, buat test damage mereka. Saya masih belum tertarik untuk leveling Shooting Star di minggu-minggu awal ini, karena masih belum ikhlas beberapa skill favorit saya malah dikurangi damagenya (baca: Engineer Class Analisis).
     Shooting star adalah salah satu job DPS yang terkenal di Cap 80. Dulu ketika Reload EX bisa digunakan ketika Mechanic Mode, Shooting Star memiliki DPS yang luar biasa. Dipertengahan Cap 80, Shooting Star mendapatkan Revamp untuk Reload EX yang tidak bisa digunakan di Mechanic Mode dan pengurangan damage Splash sebesar 30%. Update itu membuat beberapa pemain Shooting Star terguncang. Ada yang Change Job ke Gear Master dan ada juga yang pensi dari dunia PVE :P. Melihat kejadian itu, saya jadi merasa bangga sama teman-teman yang mempertahankan Job yang DPSnya tidak begitu besar dan kurang favorit, seperti acrobat dan dancer class.
     Jika dihitung berdasarkan total potensi DPS Skillnya, Shooting Star tidak mendapatkan peningkatan DPS di CAP 90. Hal tersebut dikarenakan dua Skill DPS terbesarnya dikurangi damagenya yaitu Splash dan Mine Thrower (Brainwave Projection). Beruntung developer me-revamp Debuff Biochemical Granade dari Def -20% (+3-5% Damage) menjadi +20% damage. Debuff itu membuat Potens DPS full Buff Shooting Star meningkat. Selain itu, ada peningkatan jumlah peluru dari Splash EX dan cooldown Reload EX. Dibandingkan dengan saudarinya (Gear Master), setidaknya Shooting Star masih lebih baik. Jadi sampai sekarang saya masih belum memiliki alasan kuat untuk tidak Gear Up Shooting Star kesayangan saya.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI atau ECJ/Element + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Note: Penjelasan masalah ECJ di Engineer bisa lihat di  Gear Master Skill Build


Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Mari lihat tabel potensi DPSnya dulu.


Build PVE

Jika dibandingkan dengan membuat Gear Master Skill Build (PVE), Shooting Star tidak begitu dilema. Apalagi kemarin banyak masukan yang keren dari teman-teman di Blog.

Napalm Bomb
Selama main Academic Class, saya sangat jarang sekali menggunakan skill. Sebelumnya ada yang memberi saran untuk menaikan Napalm Bomb Max karena memiliki Board Damage yang lumayan besar juga. Setelah hitung, ternyata benar Potensi DPSnya tidak begitu mengecewakan. Selain itu, Napalm Bomb sangat mudah digunakan dan castingnya cepat pula.

No Stun Granade
Saya mengerti kalau sebagian orang sangat suka sekali dengan Skill ini, khususnya anak-anak dari DN INA. Saya pernah dimarahi ketika membuat Build tanpa Stun Granade di DN INA. Kenapa masih ada yang tidak mengerti kalau Build saya adalah untuk Pure PVE. Dasarnya Build PVE adalah mencari Skill dengan DPS yang baik. Coba bandingkan saja DPS Stun Granade dengan Napalm Bomb, perbedannya hampir 3x lipat. Saya juga tidak pernah mendengar ada Boss di Nest/Raid kena Stun gara-gara Skill ini (LOL) :P.

Pingpong Bomb
Di Cap 80, saya menaikan skill ini Max bahkan sampai level 21. Melihat DPSnya yang dikurangi di Cap 90, saya terpaksa harus menaikannya sampai level 16 saja. Perhatikan saja tabel di atas, Pingpong Bomb EX hanya menempati urutan ke 9. Padahal sebelumnya Pingpong Bomb EX menempati urutan no 4.

Reload
Sangat tidak disangka skill yang biasanya saya spam hanya untuk mencari peluru ini menjadi Top 4 DPS Shooting Star. Kenaikan damagenya di Cap 90 hampir 200% atau 3x lipat dibandingkan cap 80 (baca: Engineer Class Analisis).

Chemical Granade
Damage Chemical Granade memang dinaikan di Cap 90 ini, tetapi tetap saja memiliki DPS yang tidak besar. Kalian harus tetap menaikannya MAX agar Debuff (-20% All Resist) menjadi lebih lama.

Mine Thrower (Brainwave Projection)
Di Cap 80, Mine Thrower sempat mengalahkan Splash menjadi Top DPS Shooting Star. Potensi DPSnya memang besar tapi itu untuk Full Hit. Mine Thrower Full Hit (40 Hit) agak susah dilakukan, kecuali untuk Boss yang berukuran super besar seperti Naga di Raid Nest. Kadang-kadang karena damage Mine Thrower  kurang konsisten, saya menjadi lebih sering spam Biochemical Granade atau Splash.

Biochemical Missile
Biochemical Missile merupakan satu-satunya skill di TOP 3 DPS yang mendapatkan peningkatan damage. Hal yang paling penting adalah Debuff Biochemical Missile akhirnya diganti. Awalnya hanya -20% Defence, sedangkan yang terbaru adalah +20% Damage. Efek keduanya sangat berbeda jauh, Debuff -20% Def (cap 80) hanya akan meningkatan 4-6% Damage saja (tergantung Def musuh), sedangkan yang terbaru benar-benar +20% Damage,

Demolition vs Skyline
Saya agak kurang terbiasa menggunakan Ultimate Skill ini, jadi lebih sering menggunakan Skyline (Ultimate Skill Gear Master)

Mecha Bomber
Yah walaupunn sudah tidak ada Debuff -damagenya lagi, saya mash tertarik dengan potensi damagenya.

Splash
Splash berhasil kembali merebut peringkat 1 DPS untuk Shooting Star. Hal ini dikarenakan ada peningkatan jumlah peluru dari 7x  menjadi 9x peluru. Kalian harus berdekatan atau menempel dengan musuh agar Splash bisa Full Hit (18x Hit).

Alfredo Beam
Skill andalannya Alfredo yang memiliki potensi DPS lumayan besar juga.


Build Hybrid

Build ini bisa digunakan di PVE maupun PVP. Saya menaikan Stun Granade untuk PVP dan ada sisa 4 Skill Point untuk menaikan Bubble. Skill DPS utamanya masih sama dengan Build PVE.

Build PVP

Stun Granade
Skill ini sangat berguna di PVP karena kemungkinan Stunnya. Beberapa orang malah berniat untuk MAX +1 dan Skill Heraldry cooldown. Dengan menambahkan Stun Elixir juga bisa menambah kemungkinan Stun skill ini di Ladder

Bubble
Bisa mengikat musuh selama 2 detik

Force Out
Force Out bisa digunakan untuk ekstra tumble dan memili Iframe sekitar 0.3 detik.

Reload 
Tidak ada pengurangan cooldown untuk setiap peningkatan levelnya. Jadi untuk menghemat MP saya tidak menaikannya Max.

Mine Thrower (Brainwave Projection)
Di PVP skill ini jarang sekali digunakan

Biochemical Missile
Skill kesukaan saya di PVP karena memiliki damage dan area yang besar.

Ice Pump Tower
Pada Level 8, efek Slow menjadi lebih lama dan itu sangat membantu untuk mengurangi pergerakan lawan.

Mecha Silent
Pada Level 6 bisa menghilangkan 2 Buff musuh. Sangat berguna untuk melawan musuh yang memiliki banyak Buff.

Mecha Bomber
Damagenya di PVP cukup besar dan mecha akan Iframe ketika menggunakan Skill ini.

Mechanic Mode
Saya hanya menggunakan untuk Cast MM Ice Pulm Tower

Skill Heraldry
PVE:
1. Transitional Damage (cooldown)
2. Splash (damage)
3. Mine Thrower (damage)
Optional: Biochemical missile/Pingong Bomb (damage), Wax (cooldown)

PVP:
1. Transitional Damage (cooldown)
2. Stun Granade (cooldown)
3. Wax (cooldown)
Optional: Biochemical Missile/Splash (damage), Rocket Jump (cooldown), Dodge (cooldown/reset cooldown)

Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home