Setelah pengumuman akan adanya Job baru Lancea di Dragon Nest INA, hampir setiap hari ada saja yang nanya mana yang lebih baik diantara Flurry dan Sting Brezzer? jujur ya saya suka bingung jawabnya, soalnya masing-masing job pasti punya keunggulan. Takutnya kalau saya terlalu memfavoritkan satu job, nanti player lainnya marah-marah (hehehehe). Jadi supaya lebih adil nanti saya akan perbandingkan Flurry dan Sting Breezer dari beberapa segi, seperti PVE, PVP dan lain-lain.
    Sebelumnya saya mau cerita dulu, waktu pertama Lancea keluar di DN SEA saya juga bimbang harus milih yang mana. Apalagi informasi tentang Lancea masih jarang yang bahas, termasuk skill buildnya juga. Pertama membuat Lancea, saya memilih untuk menjadi Sting Breezer. Alasan utamannya karena saya mendapatkan kabar kalau Sting Breezer adalah job yang lumayan jarang. Teorinya kalau jarang ada yang pake berarti kemungkinan diajak party jauh lebih besar. Eh ternyata, berdasarkan data di DN SEA yang buat Sting Breezer lebih banyak dibandingkan Flurry (sekitar 55% : 45% sih). Ini pasti karena Sting Breezer punya masa depan yang bagus di Light Party.


     Setelah Sting Breezer saya level 80, saya lanjut memulai leveling Flurry (untuk koleksi char). Flurry sebenarnya bisa lebih fleksible karena dia non element job, sehingga bisa menggunakan semua jenis ECJ dan masuk ke berbagai jenis party. Oke biar cukup basa-basinya, mari kita langsung membahas keduanya satu persatu.




     Post ini sebenarnya sudah lama, cuman beberapa bulan lalu tidak sengaja ke delete permanen. Dan saya harus menulis ulang lagi, supaya player DN INA bisa membaca info tentang skill-skill Lancea. Menjelang patch Lancea sudah lumayan banyak yang bertanya lebih enak yang mana ya? kalau saya sih mending bikin dua-duanya, biar bisa tahu sendiri mana yang enak. Eh tapi kali ini saya tidak akan membahas Flurry vs Sting Breezer. Saya akan memberi  info tentang skill-skill mereka saja, mulai dari Board Damage, Cooldown, Koefisien, Casting Time dan sedikit mekanisme skillnya. Mari kita mulai dengan melihat video skillnya dolo.
      Halo, akhirnya bisa nge-posting lagi di Blog. Kebetulan event harian di DN SEA baru selesai, jadi ada waktu buat hitung-hitung DPS Chart terbaru dan Post Blog. Maaf ya sampai sekarang masih belum sempat edit post satu persatu, mungkin nanti kali ya. Beberapa hari ini, lumayan banyak yang meminta saya untuk menjelaskan Job Flurry dan Sting Breezer. Ini pasti efek bentar lagi bakal Update Lancea di DN INA. Masalah itu nanti saya akan coba jelaskan menjelang patch saja, sementara yang penasaran bisa lihat Video Preview One Minute DPS Flurry dan Sting Breezer di Facebook.
      Post kali ini saya akan mencoba memberikan Inquisitor Skill Build (PVP). Setiap kali bahas Inquisitor untuk PVP, saya selalu kangen dengan salah satu teman guild yang dulu sempat masuk Top 10 di Coloseum Rank. Perjuangannya dulu memang agak berat sih, karena harus Online hampir 12 jam per-hari untuk PVP. Apalagi tidak ada sistem GB EXP di Captain Mode. Saya sering berdiskusi untuk membuat Skill Build Inquisitor dengan dia. Biasanya diskusinya bakal lumayan alot, karena agak susah untuk menyeimbangkan Skill Heal dan Attack.
     Pengalaman saya membuat Skill Build yang Pure PVP itu sangat kurang sekali, Soalnya saya sudah pernah bilang, kalau saya ini jarang sekali PVP biasa (Respawn,Captain dll). Saya memang sering Ladder, tapi hampir semua char saya menggunakan Skill Build PVE. Oleh karena itu, pada post kali ini saya akan memberikan dua Skill Build yaitu untuk Ladder dan PVP Team (Captain,Respawn dll).



Build Ladder


Build  PVP  Team (Captain,Respawn dll)


Holy Bolt 1v 1:
Skill untuk mengikat musuh selama dua detik.

Heal lv 14:
Wajib MAX untuk semua Cleric

Block lv 5/6:
Block adalah salah satu skill penyelamat ketika posisi terdesak.

MP Recovery lv 0/5:
Build Ladder pasti memerlukan MP Recovery, karena pengalaman saya main Inquisitor di Ladder cukup menguras MP. Build Captain saya tidak menaikan MP Recovery, karena MPnya lebih lama habis.

Lightning Bolt Lv 6:
Saya tidak dapat menaikan skill ini ke level 16 atau MAX, karena ada kendala di Skill Point.

Mind Breaker Lv 1:
Persyaratan EX dan berguna untuk membuat musuh Stun dan mengurangi Light Resistnya.

Chain Lightning lv 17:
Pada kedua Build di atas , saya menaikan Chain Lightning level 17, karena skill ini lumayan merepotkan untuk PVP Team. Efek kesetrumnya sangat mengganggu anggota team musuh di PVP Team. Selain itu, untuk Ladder Chain Lightning sangat berguna untuk melawan musuh dengan Summon banyak seperti Engineer atau Saint.

Detonate lv 11/15:
Detonate sebenarnya masih diperdebatkan antara level 1, 11, aau 16 (15+1). Sebagai skill instan cast yang memiliki damage dan super armor break yang lumayan besar di Ladder atau PVP Team. Saya rasa Detonate masih diperlukan oleh Inquisitor untuk membunuh musuh.

Striking + Blessing of Light MAX:
Buff untuk meningkatkan MATK dan Light Attack kita. Buff ini masih tetap berguna untuk PVP player.

Protection Shell Lv 1/6:
Ini pilihan saja sih, perbedaan Protection Shell antara level 1 dengan 6 adalah 5% minus damage fisik dan magic. Jika kalian merasa kalau 5% itu tidak terlalu besar, maka bisa tidak dinaikan MAX dan sisa skill pointnya bisa dialokasikan ke skill lain.

Avenging Wave lv 1:
Skill counter attack ini sangat dibutuhkan untuk Ladder atau PVP, karena banyak sekali Melee Job yang suka menempel Priest.

First Aid lv 1:
Pasif Heal yang lumayan bermanfaat di PVP dan ada pula buffnya yang bisa mengurangi damage yang masuk.

Grand Cross Lv 1:
Persyaratan saja, karena di PVP tidak ada penambahan damage ketika melakukan Grand Cross di atas Consecration.

Holy Burst lv 11:
Skill yang memiliki damage dan area yang besar di PVP.

Lightning Relic lv 1:
Persyaratan saja

Healing Relic Lv 17:
Sekarang ini, jumlah heal di PVP team/Ladder sangat besar. Healing Relic level 17 bisa menghasilkan 6k-9k/heal. Jangan lupa selalu gunakan Striking setelah Healing Relic berhasil di Cast, karena akan meningkatkan Jumlah Healnya.

Cure Relic Lv 1:
Sangat membantu ketika melawan musuh yang memiliki Racun/Voddo/Time Stop/Elecro. Sedikit tips ketika melawan sesama Inquisitor/Saint, lebih baik sandingkan Healing Relic dengan Cure Relic. Soalnya jika Healing Relic kena Setrum/Electro maka Healnya tidak akan keluar, sehingga diperlukan Cure Relic untuk mencegahnya.

Bind Relic Lv 7/8:
Bind Relic sangat berguna untuk mengikat musuh dan menakut-nakuti musuh yang mendekat. Jumlah HP Bind Relic di PVP/Ladder tidak terlalu besar, sehingga agar tidak cepat ancur lebih baik didekatkan dengan Healing Relic.

Miracle Relic Lv 1:
Skill ultimate ini hanya untuk Suport saja, sehingga tidak perlu untuk dinaikan sampai level 2. Gunakan skill ini secara bijak, misalnya bisa digunakan ketika Force User sedang melakukan Fast Forward atau Paladin sedang melakukan Divine Avatar.

Heavenly Judgement Lv 2:
Di PVP mode, tidak ada efek Invicible untuk skill ini, sehingga kalian perlu berhati-hati ketika menggunakannya.

Shock Transition Lv 1/4:
Kalian bebas mau menaikan level 1 atau MAX. Fungsi di PVP lumayan menganggu karena listriknya bisa menghambat pergerakan musuh ketika di atas Consercration.

Consecration Lv 11:
Sebelum di Nerf, Consecration memiliki damage Last Hit yang besar yaitu sama dengan Full Hit Consecration non EX. Walaupun seperti itu, Consecration bisa digunakan untuk menakuti musuh yang ingin mendekat. Di Ladder, sedikit cara agak Last Hit Consecration EX bisa mengenai musuh (Semoga masih bisa) yaitu dengan melakukan cast Consecration dekat tiang tengah Ladder. Kalian harus memperkirakan bagian tengah Consecration EX sama dengan Tiang Ladder, sehingga nanti Ledakan Last Hitnya akan langsung keluar. Cara ini dulu sering saya gunakan untuk mengagetkan musuh (Hehehehe...)



Skill Plate:
1. Healing Relic (Cooldown -20%)
2. Consecration (Cooldown -20%)
3. Chain Lightning (Damage +20%)
4. Holy Burst (Damage +20%)
Optional: Heal (Heal rate +3%), Bind Relic (Cooldown), Detonate (Damage)
     
   
   Akhirnya ada waktu untuk Post Skill Build lagi, hehehehe. Bagi yang sudah request sabar ya, antri satu persatu, soalnya tidak bisa saya Post sekaligus. Sekarang saya akan memenuhi request untuk Gladiator Skill Build Level 80 (Hybrid). Duh dari dulu tidak tahu kenapa saya kurang nyaman kalau harus membahas Job Warrior, soalnya memang agak jarang menggunakan Job Warrior.
     Gladiator di Cap 80, masih tetap menjadi bayang-bayang Lunar Knight (Moonlord). Kendalanya masih sama yaitu masalah stacking Buff pasif 65. Saya juga masih merasakan kesulitan untuk mempertahankan Buff Pasif 65nya bisa tetap di angka 10. Hal ini yang kadang membuat saya sedikit bimbang antara fokus di PVE atau PVP saja. Solusinya adalah membuat Gladiator Skill Build Level 80 (Hybrid).  Build Hybrid di Cap 80 ini masih mirip dengan Build Cap 70 cuman ada beberapa tambahan dikit.



      




Gladiator Skill Build 




Aerial Evasion/Tumble/Dash: Max


Rising Slash lv 6:

Skill yang biasa saya gunakan untuk mengangkat musuh yang jatuh ke tanah. Selain itu, paralyze skill ini juga lumayan besar dan pada level 6 bisa dikombo dengan skill Aerial Combo.

Circle Break lv 6: 

Hanya untuk mendapatkan versi upgrade skillnya saja, karena memiliki range yang lumayan jauh dan ada Iframe sedikit.

MP Recovery Lv 6:
Saya masih sering kehabisan MP ketika Ladder dan solo dungeon. 

Relieve lv 6:
Bisa menghilangkan 3 buff sekaligus, berguna sekali pada saat kita kena debuff di PVE/PVP.



Triple Slash lv 16:
Skill DPSnya Gladiator baik di PVE maupun PVP, karena memiliki damage yang lumayan besar dan cooldown yang cepat. Apalagi pada versi EXnya ada mekanisme skill yang berguna untuk PVP yaitu dengan Triple Slash + klik kanan, sehingga dapat mengangkat musuh ke udara.

Front Shove lv 1:

Saya membutuhkan banyak SP untuk Warrior skill tree, sehingga dengan terpaksa tidak menaikan skill ini sampai MAX. Selain DPS Front Shove di PVE masih dibawah skill lain di Line Gladiator. Front Shove EX memiliki super armor break yang lumayan besar, iframe yang lebih lama dibandingkan non EX, biasa saya gunakan untuk maju ke depan dan pada mekanikme skill + klik kanan bisa mengangkat musuh ke udara.

Hacking Stance lv 15 (+1):
Skill yang memiliki board damage yang besar dan menjadi TOP DPS Gladiator jika berhasil Full Hit. Kendalanya adalah waktu casting skillnya terlalu lama, sehingga kita perlu mencari waktu yang tepat agar bisa full hit. 

Line Drive/Rage lv 13:
Menurut saya skill ini harus MAX untuk pengguna skill build Hybrid, karena damagenya besar di PVE dan PVP. Walaupun terkadang saya agak kesal, karena damagenya kadang-kadang bisa besar sekali (full hit) dan kecil. Biasanya untuk mendapatkan full hit saya melakukan hit ke arah tembok, dengan syarat musuh ada di samping tembok. Efek EX skill ini juga terkadang berbahaya untuk party, karena membuat skill boss menjadi agak delay. Bayangkan saja bila boss akan stomp lalu teman kamu sudah siap melompat, tetapi karena ada efek Rage EX membuat stompnya agak delay dan membuat party member/kamu terkena stomp. 


Brave lv 9:

Buff damage yang sangat berguna untuk meningkatkan damage kita.

Luring Slash lv 8:

Pada level 8, debuff sudah max yaitu +50% matk dan patk, sehingga tidak perlu untuk MAX lagi.

Eclipse lv 6:
Superarmor break skill ini termasuk besar dan bisa menarik musuh mendekat ke kita.


Counter Exile lv 1:
Menambah satu Aerial Evasion gratis.


Parry stance lv 5:
Skill yang berguna untuk memblock serangan musuh. 


Counter Slash lv 1:
Skill pelengkap ketika menggunakan Parry stance.

Moonlight Splitter lv 1:
Skill yang memiliki  paralyze yang lumayan besar, sehingga sangat berguna di PVP.


Cyclone Slash lv 1:

Pelengkap kombo untuk PVP.

Infinity Edge lv 2:
Ultimate skill ini memiliki Board Damage dan paralyze yang lumayan besar. Kendala terbesar skill ini adalah agak susah untuk Full Hit.


Great Wave lv 2:
Sebagai pengguna Hybrid Build rasanya kurang aja kalau tidak menaikan Great Wave. Damagenya di PVE memang tidak akan sebesar Infinity Edge, namun di PVP lumayan berguna. 


Evasion Slash lv 8:
Skill dengan cooldown yang cepat. Setiap kenaikan satu levelnya maka cooldown skill akan berkurang sebesar 0,5 detik. 

Finish Attack lv 11: 

Skill dengan damage besar jika kita casting pada saat HP bar musuh di bawah 60%. Skill ini juga menjadi alasan utama seorang Gladiator diajak untuk party nest.  Selain itu, skill ini juga memiliki super armor yang besar, sehingga kadang-kadang musuh gagal membatalkannya.


Skill Plate:
1. Triple Slash (Damage +20%)
2. Hacking Stance (Damage +20%)
3. Rage/Line Drive (Damage +20%)

4. Finish Attack (Damage +20%)
Optional: Evasion Slash (Damage +20%), Side Kick (+50% ASPD), 
     
      Dah lebih dari sebulan saya tidak Posting di Blog, soalnya ada kesibukan dan beberapa minggu kurang enak badan. Sebulan ini juga saya jarang sekali Online di DN, terkecuali kalau ada Event. Alasan berikutnya lagi kesal, karena secara tidak sengaja saya mendelete salah Post yang susah buatnya yaitu Lancea Skill Decription. Masalah DPS Chart saya masih berusaha mencari metode pendekatan DPS yang agak lebih REAL. Metode barunya sudah saya dapatkan berdasarkan beberapa saran dari pembaca, nanti akan saya beritahukan.
       Banyak komentar-komentar yang menarik selama sebulan, mulai dari hal dasar sampai ke kritikan yang membangun. Bagi yang Request Skill Build atau pembahasan tertentu, nanti saya akan buatkan ruangan khusus untuk Request, soalnya saya kadang-kadang lupa (hehehe). Semua Skill Build level 80 yang sudah saya post pasti memiliki banyak kekurangan. Saya berterima kasih kepada pembaca yang memberi sarannya, nanti saya akan berusaha untuk mengecek ulang dan mengeditnya. Berhubung saya belum punya waktu banyak, sekarang saya bantu dengan memberi kumpulan post tentang Dragon Nest Skill Build Level 80.



SKILL BUILD LEVEL 80


Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home